GEN-GEN YANG DIPENGARUHI JENIS KELAMIN

TUJUAN 1. Untuk mengetahui adanya jenis kelamin pada gen autosomal yang mempengaruhi panjang pendeknya jari telunjuk. 2. Menetapkan genotip diri sendiri berdasarkan pada ukuran jari telunjuk. 3. Mengetahui peran gen yang dipengaruhi oleh jenis kelamin.

LANDASAN TEORI
Beberapa sifat keturunan yang ditentukan oleh gen autosomal ada yang dipengaruhi oleh seks ( jenis kelamin ). Sifat tersebut dapat tampak kedua jenis seks, tetapi pada salah satu seks ekspresinya lebih besar disbanding seks lainnya. Kepala botak, panjang jari telunjuk merupakn contoh dari kasus ini. Jari telunjuk yang lebih pendek dari jari manis ditentukan oleh gen dominan pada laki-laki, sedangkan pada wanita bersifat resesif. Kebotakan dapat disebabkan faktor eksternal seperti makanan dan gangguan penyakit pada kulit kepala. Namun dapat juga disebabkan oleh faktor genetik. Biasanya kepala botak baru akan Nampak pada usia 30 tahun. Diwaktu kanak-kanak atau remajanya ia masih berambut normal. Gen pembawa sifat botak adalah salah satu contoh gen yang dipengaruhi oleh jenis kelamin. Gen adalah faktor penentu yang menentukan sifat-sifat fisik makhluk hidup. Gen diturunkan oleh orang tua kepada anaknya. Pada kasus kepala botak, gen yang membawa sifat kepala botak ekspresinya dipengaruhi oleh jenis kelamin. Artinya orang yang membawa gen kepala botak tidak dengan sendirinya menjadi botak – tergantung jenis kelaminnya. Kepala botak pada perempuan hanya terjadi bila si perempuan memiliki sepasang gen kepala botak yang didapat dari ayah dan ibunya. Sedangkan pada laki-laki akan botak cukup dengan satu gen saja. Genotip adalah sifat dasar pada individu yang tidak tampak dan tidak berubah-ubah karena faktor lingkungan (misalnya gen kepala botak genotipnya adalah BB atau Bb). Fenotip adalah sifat keturunan yang dapat dilihat warna, bentuk dan ukurannya (misalnya seorang laki-laki dengan genotip Bb & BB memiliki fenotip kepala botak). Alel adalah anggota dari sepasang gen yang membawa sifat berlawanan. Misalnya alel B (huruf besar) memiliki pengaruh kepala botak, sedangkan alel b (huruf kecil) membawa sifat kepala normal. Maka B dan b adalah sepasang alel.

Jadi gen kepala botak (B) bersifat dominan pada lakilaki.Gen kepala botak dipengaruhi oleh jenis kelamin. Seorang laki-laki yang memiliki pasangan gen BB dan Bb akan berkepala botak. sedangkan pada perempuan bersifat resesif (kalah dominan daripada gen b) Seorang laki-laki botak dengan genotip Bb bila kawin dengan perempuan normal dengan genotip bb akan memiliki anak dengan peluang genotip Bb (50%) dan bb (50%). sehingga peluang anak laki-laki untuk botak adalah 50% dan anak perempuan botak 0 %. Peluang untuk kebotakan karena faktor genetik lebih besar pada laki-laki dibanding pada perempuan. Namun seorang perempuan baru akan botak bila memiliki pasangan gen BB. .

tetapi salah satu jenis kelamin menampakkan ekspresi yang lebih besar dibandingkan dengan jenis kelamin lainnya. keadan yang demikian disebut dengan “sex influence genes” yaitu panjang jari telunjuk. ekspresi gen ini pada laki-laki dan perempuan berbeda . Sifat akan tampak dikedua jenis kelamin. Ekspresi yang paling mudah dilihat adalah kepala botak dan panjang jari telunjuk.Selain gen-gen yang terdapat pada kromosom kelamin dikenal pula gen-gen yang yang dipengaruhi oleh jenis kelamin. Tabel genotip panjang jari telunjuk : Genotip TT Tt tt Laki-laki Pendek Pendek Panjang Perempuan Pendek Panjang Panjang .

Meletakkan tangan pada kertas yang telah diberi garis horizontal 2. 4. .buku. 3. Meletakkan jari manis pada garis tersebut (menyinggung garis). Mengamati panjang jari telunjuk disbanding dengan jari manis.dll ).ALAT DAN BAHAN 1. Apabila jari telunjuk di bawah garis horizontal maka jari telunjuk pendek. 2. Menulis hasil pengamatan. Tangan kiri atau tangan kanan. Alat untuk meletakkan tangan ( kertas. PROSEDUR 1.

didapat hasil yaitu Hane memiliki jari telunjuk pendek sehingga genotipnya adalah LL. Apabila jari telunjuk lebih panjang dari jari manis maka jari telunjuk itu disebut panjang. Jadi gen jari telunjuk pendek (L) bersifat dominan pada laki-laki. sedangkan Hidayah memiliki jari telunjuk panjang sehingga genotipnya adalah Ll / ll. Apabila jari telunjuk lebih pendek dari jari manis maka jari telunjuk itu disebut pendek. Ll dan ll X ♀ ll ( telunjuk panjang) l. Sedangkan pada perempuan bersifat resesif (kalah dominan daripada gen l). Contoh persilangan Seorang laki-laki telunjuk pendek dengan genotip Ll bila kawin dengan perempuan normal dengan genotip ll akan memiliki anak dengan peluang genotip Ll (50%) dan ll (50%). Sifat-sifat diatas dapat keluar pada laki-laki maupun perempuan. Sehingga peluang anak laki-laki untuk telunjuk pendek adalah 50% dan anak perempuan telunjuk pendek 0%. Seorang laki-laki akan memiliki pasangan gen LL / Ll akan mempunyai telunjuk pendek. ll.l Ll.l Keterangan: . Namun seorang perempuan baru akan memiliki jari telunjuk pendek bila memiliki pasangan gen LL. Setelah dilakukan percobaan. Penentuan panjang pendeknya telunjuk adalah dengan cara dibandingkan dengan jari manis. Contohnya disini yang kami lakukan percobaan adalah panjang jari telunjuk.DATA PENGAMATAN Tabel Hasil Pengamatan Nama Hane Citera Hidayah Genotip LL Ll / ll Fenotip Telunjuk Pendek Telunjuk Panjang PEMBAHASAN Beberapa sifat keturunan yang ditentukan oleh gen autosomal ada yang ekspresinya dipengaruhi oleh seks (jenis kelamin). P ♂ Ll (telunjuk pendek) Gen F1 L.

washingtonpost. 01 Desember 2009. Perempuan dan laki-laki dengan pasangan gen ll memiliki fenotip jari telunjuk panjang.Pola-Pola Hereditas. 4.- 50% genotip Ll (fenotip telunjuk pendek pada laki-laki dan telujuk panjang pada perempuan). - 50% genotip ll (fenotip telunjuk panjang pada perempuan dan laki-laki). 19.2009. Perempuan dengan pasangan gen Ll / ll memiliki fenotip jari telunjuk panjang. 5.Penuntun Praktikum Genetika.32 wib Muzajjanah. Perempuan dengan pasangan gen LL memiliki fenotip jari telunjuk pendek.diunduh dari : http://media3.html Senin 23 November 2009.52 wib . 20.dkk. Terdapat gen autosomal yang dipengaruhi oleh seks (jenis kelamin).Jakarta : FMIPA UNJ Mynameistya. Laki-laki dengan pasangan gen LL / Ll memiliki fenotip jari telunjuk pendek.diunduh dari : http://www.Genetika.2007. 18. Finger-length Ratios and Your Sexual Orientations.blogspot. 3.com/wpdyn/content/graphic/2006/10/16/GR2006101601457.slideshare.com/2007/04/gen-yang-dipengaruhi-jenis-kelamin. 6.13 wib Suryo. KESIMPULAN 1. Panjang jari telunjuk dipengaruhi oleh gen yang ekspresinya dipengaruhi oleh seks.2008.diunduh dari : http://duniashinichi. DAFTAR PUSTAKA Ismail.Gen Yang Dipengaruhi Jenis Kelamin.2001.net/fizh/pola-pola-hereditasismail Selasa. 2.gif Senin 23 November 2009.Yogyakarta: Gajah Mada University Press Undil.