KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa senantiasa kami hadirkan atas segala kasih sayang yang telah kami terima, sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan baik, tanpa hambatan yang berarti. Makalah yang berjudul TUA MENGIRINGI KESUKSESAN Pelajaran. Penulis hanya mampu berdoa, semoga Tuhan Yang Maha Esa berkenan ini disusun dalam DOA ORANG Mata

Menyelesaikan Tugas

menerimanya sebagai amal kebaikan. Dalam menyelesaikan makalah ini, penulis telah berupaya semaksimal mungkin untuk menghindari kesalahan, kiranya patut penulis mintakan kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca, Penulis sadar bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, kritik dan saran yang konstruktif sangat diharapkan dari pembaca. Dan penyusun berharap semoga makalah ini dapat bermanfa at bagi kita semua. Amin

Tulungagung, 27 Mei 2011

Penulis

i

. . . ... i ii 1 1 3 3 5 7 11 11 13 ii .DAFTAR ISI DAFTAR ISI KATA PENGANTAR BAB I PENDAHULUAN Makna Sukses/ Kesuksesan BAB II Meraih Kesuksesan Kesuksesan Dunia Dan Akhirat Doa Orang Tua Pada Anaknya BAB III PENUTUP Kesimpulan DAFTAR PUSTAKA . . .

ternyata dalam suatu buku yang membahas tentang sukses. sukses itu bukanlah hal yang perlu kita takuti. kadang-kadang hal ini sudah membuat anda takut. Sukses. Kesuksesan itu ada d i depan mata kita setiap detiknya. Sebagian orang memang ada yang hidupnya terus mendapatkan kesuksesan. Pertanyaan itulah yang terkadang ada di benak saya. saya berkata begitu bukan berarti tidak ada orang yang sukses. bagi kebanyakan orang hanyalah impian saja atau hanya sebuah angan-angan dan hal itu jauh dari pikiran. Berbagai hal disekitar kita yang seringkali menghalangi kita untuk sukses adalah urusan- iii . Namun nanti dulu. Saking pengennya saya ini sukses kadang-kadang muncul juga pertanyaan kenapa ya saya belum sukses ? apakah kurang usaha saya selama ini ?.BAB I PENDAHULUAN Makna Sukses | Kesuksesan Sering sekali kita mendengar kata sukses atau sebuah kesuksesan. kita sering disibukkan oleh berbagai hal yang terjadi di sekitar diri kita yang justru hal tadi menjauhkan kita dari kesuksesan tadi. kapankah saya bisa sukses seperti si X? . Padahal. sering bertanya kepada hati saya sendiri. Hanya saja. sesuatu yang sangat besar dan sangat sulit untuk diraih. Karena sepertinya makna dari kesuksesan dan sukses tadi sangat amat mendalam sehingga banyak orang takut bergerak ke jalan kesuksesan tadi. Kalau Saya sendiri.

Yuk kita kejar kebahagiaan hati kita masing-masing !!! entah itu dapat earning banyak. 10 perusahaan dan 10 mobil tapi dibalik semua kekayaannya itu belum tentu terdapat kesuksesan didalamnya.urusan yang seharusnya tidak begitu penting kita jadikan menjadikannya sebagai urusan penting. tidak pernah mendapatkan sebuah kedamaian dan kebahagiaan dalam hidupnya. iv . Kesuksesan menurut saya bukan hanya punya rumah sepuluh buah. Kesuksesan sendiri jika menurut saya adalah saat kita dapat menemukan sebuah kedamaian dan kebahagian dan saat kita melakukan hal-hal yang kita cintai. Karena banyak juga kita temui bagaimana orang yang punya 10 perusahaan dan 10 rumah serta 10 mobil. Namun jika anda merasa tersiksa dengan apa yang anda lakukan. Banyak orang menganggap si X sukses dikarenakan memiliki 10 rumah. Hal itulah yang seringkali membuat kesuksesan kita yang di depan mata menjadi melayang entah kemana. entah itu dalam bentuk anda menulis uneg-uneg anda di blog anda yang penting adalah saat ini Happy dulu. Nah sekarang apakah anda masih takut untuk mengejar kesuksesan ? Kesuksesan sebenarnya terletak saat hati kita bahagia karena sesuatu hal. Orang sukses tidak selalu orang kaya dan banyak uang. disana sulit sekali menggali kesuksesan. Didalam kebahagiaan tersimpan sejuta kesuksesan. tiap bulan mendapatkan 10 cek dengan nilai 4 sampai dengan 5 digit atau punya 10 mobil dalam garasi rumah kita.

benar-benar bekerja dan bermanfaat.BAB II MERAIH KESUKSESAN Setiap orang pasti ingin meraih kesuksesan tetapi hal ini tidak mudah didapatkan karena memang dibutuhkan perjuangan keras. Biasanya mereka bisa mengetahui nilai-nilai dan tujuan-tujuan yang ingin mereka raih. Orang yang sudah meraih kesuksesan. v . simak berikut ini. Hal pertama yang membuat orang sukses terlihat mengagumkan adalah tingkat pemahaman mereka atas diri mereka sendiri. Untuk mewujudkannya. Karena mereka begitu bergairah. biasanya memiliki tujuan yang tertulis mulai dari apa yang harus mereka lakukan dalam 30 hari hingga program 10 tahun. sebaiknya anda ikuti trik dibawah ini agar anda bisa meraih kesuksesan. Sehingga mereka merasa nyaman dengan pilihan yang sudah mereka buat dalam kehidupannya. Mereka juga memiliki tujuan internal dan eksternal yang dinyatakan secara detail sebagaimana tujuan profesional mereka. Tidak menutup kemungkinan mereka juga akan melakukan kesalahan tetapi mereka mampu berdamai dengan kesalahan yang telah dibuatnya. Jadi jika anda ingin meraih kesuksesan maka anda harus mulai menuliskan tujuan anda. percaya diri dan opt imis dalam memandang masa depannya.

anda harus memahami jaringan hubungan teman dan kolega anda. cerdas dan penuh rasa ingin tahu. membaca surat kabar. mengisi hidup ini dengan penuh tujuan dan makna atau meraih sebuah mimpi. vi . Bagi orang yang luar biasa sukses. biasanya mereka selalu seimbangkan idealisme mereka. Karena mereka selalu fokus pada pemecahan masalah. menyumbangkan sesuatu dan menolong orang lain. Mereka menginginkan caracara yang praktis untuk membantu mereka sendiri dalam meraih tujuan. Faktor yang cukup menonjol dari orang sukses adalah idealisme mereka karena mereka selalu ingin melakukan suatu perubahan.Untuk menjadi sukses. Karena biasanya mereka yang sukses memberikan penghargaan pada rekan yang telah atau pernah mengajari mereka segala sesuatunya. Mereka sangat berterimakasih dan menghargai bahwa kesuksesan merupakan buah dari jalinan kemitraan dengan banyak orang yang berbeda selama bertahun-tahun. Mereka yang sudah meraih kesuksesan biasanya mengobservasi budaya. informasi dan ketrampilan untuk meraih tujuan-tujuan yang terpenting. menggunakan tehnologi. membaca tentang industri mereka dan berusaha mempelajari semua hal yang ada di sekitar mereka. Mereka dimotivasi dengan gairah untuk menciptakan dunia yang lebih baik. Sebagian besar mereka yang telah meraih kesuksesan bukan ahli dibidang yang mereka geluti tetapi mereka sangat terdidik. Biasanya mereka tidak tertarik pada teori atau mempertahankan pilihan masa lalu dan tradisi tua.

Biasanya saat mereka berbicara tentang usia. usia hubungan.Disiplin pribadi. namun sejatinya untuk menggapai hal tersebut bukanlah perkara gampang. Dalam berkomunikasi mereka sangat mudah untuk diajak bicara dan jelas. Kesuksesan dunia dan akhirat Kesuksesan dunia dan akhirat merupakan impian dan damban bagi setiap insan. restu ridho dan do'a dari orang tua kita terutama ibu kita sangat memberikan influence pada setiap langkah kita dalam menggapai kesuksesan. ridho. mereka tidak ingin membuang-buang waktu dan membohongi diri mereka sendiri. Ketrampilan diatas bisa anda pelajari untuk meraih kesuksesan. jika memang anda ingin meraih kesuksesan maka anda harus yakin pada kemampuan diri anda. Menjadi sukses. Karena mereka tidak membesar-besarkan atau mengecilkan masalah dan tidak menggeneralisir. kesabaran dan disiplin untuk mencapai hasil yang luar biasa. Semoga anda bisa meraih kesuksesan. kerja keras. dollar dan sen. do'a dari kedua orang tua kita terutama ibu kita. detil sangat penting bagi mereka. do'a yang selalu kita panjatkan kepadaNya serta restu. Dibutuhkan totalitas dan konsistenitas yang intens. usaha atau impian -impian mereka maka angka dan tanggal. Tapi semua ini tergantung dari diri anda sendiri. anda harus mengetahui apa yang anda inginkan dan menggunakan hubungan mereka. keluarga atau keberuntungan hanyalah sebagian kecil dari kesuksesan. segampang membalikkan telapak tangan. Bakat. Ya benar. hubungan. vii .

Walau demikian usaha untuk tetap istiqomah kepadaNyapun tak memberikan efek apapun. Dengan penuh rasa penyesalan diapun langsung mengunjungi ibunya dan menceritakan semua problematika yang tengah dihadapinya. namun dalam prakteknya usaha yang tengah digelutinya itu ternyata tidak memberikan profit apapun dalam kurun waktu tertentu. restu dan do'a kepada ibunya tersebut hingga ibunya pun merestui dan mendo'akan setiap langkahnya sampai akhirnya diapun jadi pengusaha sukses. viii . hingga suatu ketika diapun ingat akan ibunya yang hampir-hampir terlupakan karena kesibukannya tersebut. Akhirnya dengan setengah putus asa. dia pun meminta ridho. pengusaha itupun berusaha untuk tetap berdiri dan tetap istiqomah dijalanNya.Suatu ketika ada seorang pengusaha yang tengah merintis salah satu jenis usahanya yang secara logis akan memberikan profit yang banyak dengan beberapa analisa yang telah dilakukan.

Syaikh Al Albani katakan bahwa hadits ini hasan). Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu. Jika ortu mendoakan jelek pada anaknya. Abu Daud no. Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda. Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua. Juga dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu. 1536. Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang yang dizholimi. doa orang yang bepergian (safar) dan doa orang yang dizholimi. Tidak doa yang tidak tertolak yaitu doa orang tua. Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini shahih sebagaimana dalam As Silsilah Ash Shahihah no. doa orang yang berpuasa dan doa seorang musafir. Sehingga ortu mesti hati-hati dalam mendoakan anak. doa orang yang bepergian (safar) dan doa baik orang tua pada ix .Do'a Orang Tua Pada Anaknya. Jika ortu ingin anaknya menjadi sholeh dan baik. Al Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Dalam dua hadits ini disebutkan umum. maka doakanlah mereka karena doa ortu adalah doa yang mudah diijabahi. 1797). Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu. Nabi shallallahu al aihi wa sallam bersabda. Doa mereka sungguh ajaib jika itu ditujukan pada anak-anak mereka. maka itu pun akan terkabulkan. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda. Satu Dari Do'a Mustajab untuk kesuksesan anaknya Ini adalah pelajaran yang mesti diketahui setiap orang tua (ortu). artinya mencakup doa orang tua yang berisi kebaikan atau kejelekan pada anaknya. (HR. Namun ingat sebenarnya doa yang dimaksudkan di sini mencakup doa baik dan buruk dari orang tua pada anaknya. (HR.

(Diriwayatkan oleh Al Bukhari dalam Al Adabul Mufrod no. : ! : . tidak diragukan lagi. Hal itu dibuktikan dalam kisah Juraij berikut ini. . : : ! . Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan). Muhammad bin Isma il Al Bukhari membawakan dalam kitab Al Adabul Mufrod beberapa riwayat mengenai doa orang tua. Terdapat seorang penggembala yang menggembalakan sapinya di lereng gunung tempat peribadatannya dan seorang wanita dari suatu desa menemui penggembala itu (untuk berbuat mesum dengannya). : : : . : . Hadits ini menunjukkan bahwa doa jelek orang tua pada anaknya termasuk doa yang mustajab. : : : . Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda. 24). Beliau lalu bersabda. Di antara riwayat tersbeut.anaknya. yaitu doa orang yang dizalimi. Abu Hurairah berkata. : : : . Kisah ini menunjukkan bahwa doa jelek ibunya pada Juraij terkabul. ] : ! Tidak ada bayi yang dapat berbicara dalam buaian kecuali Isa bin Maryam dan Juraij Lalu ada yang bertanya. Wahai Juraij. : . Dikatakan hasan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Al Adabul Mufrod no. Riwayat ini menyebutkan bahwa doa baik orang tua pada anaknya termasuk doa yang mustajab. Abu Hurairah berkata. . : : : . . 32. Ibnu Majah no. Apakah x . 3862. (HR. : : : : : . : . Juraij lalu bertanya dalam hatinya. Wahai Rasulullah siapakah Juraij? . [ : : . doa orang yang bepergian dan doa kejelekan kedua orang tua kepada anaknya. Ada tiga jenis doa yang mustajab (terkabul). : [1]. (Suatu ketika) datanglah ibu Juraij dan memanggilnya ketika ia sedang melaksanakan shalat. Kisah ini dibawakan pula oleh Al Bukhari dalam Al Adabul Mufrod. Juraij adalah seorang rahib yang berdiam diri pada rumah peribadatannya (yang terletak di dataran tinggi/gunung). Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda.

Ibunya lalu memanggil untuk yang kedua kalinya. Jangan . Juraij bertanya. Semoga Allah tidak mewafatkanmu. (Saya tertawa) karena suatu perkara yang telah aku ketahui. Dia (wanita tadi) berkata bahwa anaknya adalah hasil hubungan denganmu. Raja lalu bertanya padanya. Muslim: 45-Kitab Al Birr wash Shilah wal Adab. Juraij bertanya lagi dalam hatinya. Juraij lalu menemuinya dan bertanya pada bayi itu. Juraij menjawab. 48-Bab Wadzkur fil kitabi Maryam . Yang terbaik. jawab Juraij. tanya sang raja. 25).[3] Wanita yang menemui penggembala tadi dibawa menghadap raja dalam keadaan telah melahirkan seorang anak[4]. Hasil dari (hubungan dengan) siapa (anak ini)? Dari Juraij? . jawab wanita itu. yaitu terkabulnya do a ibuku terhadap diriku. (Diriwayatkan oleh Al Bukhari dalam Al Adabul Mufrod no. Raja itu bertanya kepada wanita tersebut. wahai Juraij sampai wajahmu dipertontonkan di depan para pelacur? [2] Lalu ibunya pun pergi meninggalkannya. jawab wanita itu. Bangunlah seperti semula. 7-8] Maka sungguh amat bahaya jika keluar dari lisan orang tua doa jelek pada anaknya sendiri karena doa seperti itu bisa terkabul sebagaimana dapat kita lihat dalam kisah Juraij di atas. Dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Al Adabul Mufrod no. Raja lalu bertanya lagi. 33. hal. Ketika sudah tidak menjawab panggilan. Juraij lalu bertanya. Mengapa engkau tersenyum? Juraij menjawab. Siapa ayahmu? Bayi itu menjawab. Ibuku atau shalatku? Rupanya dia mengutamakan shalatnya. Raja berkata. Lalu dari apa kami akan bangun rumah ibadahmu? . Di tengah perjalanan Juraij dilewatkan di hadapan para pelacur.[5] Ketika melihatnya Juraij tersenyum dan para pelacur tersebut melihat Juraij yang berada di antara manusia. Tidak perlu . Juraij balik bertanya. jawab wanita itu. Ibunya memanggil untuk kali ketiga. Juraij menjawab. lbuku atau shalatku? Rupanya dia tetap mengutamakan shalatnya. Siapa yang engkau maksud? Raja berkata. Kontan sang raja berkata. Ayahku si penggembala sapi. Lihat [Bukhari: 60Kitab Al Anbiyaa. Hancurkan rumah peribadatannya dan bawa dia kemari. Raja lalu bertanya. ibunya berkata. Apakah perlu kami bangun kembali rumah ibadahmu dengan bahan dari emas. Apakah dia yang tinggal di tempat peribadatan itu? Benar . Kemudian Juraij pun memberitahukan hal itu kepada mereka. Orang-orang lalu menghancurkan tempat peribadatannya dengan kapak sampai rata dan mengikatkan tangannya di lehernya dengan tali lalu membawanya menghadap raja. Siapa ini menurutmu? . Ataukah dari perak? lanjut sang raja. Juraij kembali bertanya di dalam hati. hendaklah orang tua mendoakan anaknya dalam kebaikan dan moga anaknya menjadi sholeh serta berada di jalan xi . (Itu) di pangkuan (ibu)nya. Di mana bayi itu? Orang-orang lalu menjawab. Apakah engkau telah berkata begitu? Benar .aku harus memenuhi panggilan ibuku atau meneruskan shalatku? Rupanya dia mengutamakan shalatnya.

Ingatlah sekali lagi bahwa di saat marah lalu keluar doa jelek dari lisan ortu.yang lurus. Jika kita sebagai anak. Al Furqan: 74) Moga Allah memperkenankan doa kita sebagai orang tua yang berisi kebaikan kepada anak-anak kita. jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. Ibrahim: 35) Lihatlah sifat ibadurrahman (hamba Allah) yang berdoa. sehingga kita pun akan didoakan oleh bapak dan ibu kita. Lihatlah contoh Nabi Ibrahim alaihis salaam di mana beliau berdoa. Ketika marah karena kenakalan anaknya. Ya Tuhanku. janganlah sampai durhaka pada orang tua. Hendaklah orang tua mencontoh para nabi dan orang sholeh yang selalu mendoakan kebaikan pada anak keturunannya. dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala. (QS. jadikanlah negeri ini (Mekah). perkenankanlah doaku. Banyak-banyaklah berbuat baik pada mereka. dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (QS. xii . Ibrahim: 40) Ya Tuhanku. Dan orang-orang yang berkata: Ya Tuhan Kami. hendaklah amarah tersebut ditahan. maka bisa jadi doa jelek itu terwujud. Ya Tuhan Kami. negeri yang aman. isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami). (QS. anugrahkanlah kepada kami. Moga anak-anak kita berada dalam kebaikan dan terus berada dalam bimbingan Allah di jalan yang lurus.

.. Namun untuk mendapatkan ridho dan do'a dari kedua orang tua secara tulus dan ikhlas tentu sebagai anak haruslah senantiasa berbakti kepadanya. * Saat berumur 1 tahun ibu menyuapi dan memandikan anaknya dan dibalas dengan suara tangisan sepanjang malam. * Saat berumur 2 tahun bunda mengajari berjalan dan dibalasnya dengan kabur saat bunda memanggil... memberikan yang terbaik untuknya. Walaupun demikian setiap perilaku baik kita terhadap orang tua (terutama ibu) kita.. hingga berdampak pada kesuksesan atau kegagalan dari usaha yang dijalankan. terutama ibu kita. memberikan kebanggan tersendiri untuknya dan senantiasa mendo'akannya. tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan segala sesuatu yang telah diberikannya untuk kita. itu karena memang ridhonya Allah adalah ridhonya orang tua dan murkanya Allah juga murkanya kedua orang tua.. kenapa tidak.BAB III PENUTUP Sungguh dahsyat restu. ridho dan do'a dari kedua orang tua kita. xiii .. "anak mendo'akan orang tua dan orang tuapun mendo'akan anaknya". Di sini terjadi semacam simbiosis mutualisme.

. * Saat berumur 4 tahun ibu memberikan pensil dan spidol hingga balasannya dengan mencoret-coret dinding rumah dan kamar.. Mintalah restu dan do'a darinya untuk setiap jejak langkah kita. walaupun saat ibu kita telah beranjak tua dan berpenyakit lalu dengan tulus dan ikhlas kita merawatnya.* Saat berumur 3 tahun bunda membuat masakan kesukaan anaknya dengan penuh cinta dan hanya dibalas dengan membuang piring berisi makanan ke lantai. karena "Barang siapa ingin dipanjangkan umurnya. Itu real adanya dan itu hanya saat kita berumur 1 sampai 5 tahun. * Dan saat berumur 5 tahun ibu membelikan pakaian bagus dan mahal.. itupun belum cukup karena kadang kala kita melakukannya sembari menunggu kematiannya.... dewasa dan bahkan beranjak tua????? tetap saja kita selalu merepotkan dan menyusahkannya??? Sungguh besar jasa-jasa yang telah diberikannya untuk kita hingga tidak dapat dibalas dengan apapun...R. sementara ibu kita merawat kita sembari mengharap kehidupan kita. lalu bagaimana saat kita masih berada diperutnya. sebagai balasannya si anak bermain di kubangan lumpur penuh kotoran. dan ditambah rezekinya. menginjak remaja. Ahmad). Namun demikian tetap berbuat baiklah kepada ibu dan bapak kita dengan berbakti kepadanya dan senantiasa mendo'akannya.. xiv . maka hendaknya ia berbakti kepada kedua orang tuanya dan menyambung tali persaudaraanya " (H..

com/2010/03/dahsyatnya-ridho-dan-doa-dariorang-tua.co.html http://anjar-kluwut.html http://www.com/read/2011/05/20/12708 -doa-orang-tua-pada-anaknyasatu-dari-doa-mustajab.com/makna-sukses-kesuksesan/ http://www.id xv .google.bayumukti.blogspot.Daftar Pustaka http://arrahmah.