Bahan Penyegar

Disampaikan pada kuliah KIMIA PANGAN Oleh : Yusdianto, STP

Bahan penyegar biasanya selalu memiliki aroma. bau dan rasa yang khas dari tiap-tiap komoditasnya. . Selain ditinjau dari komponen aktifnya.Definisi Bahan Penyegar merupakan sebutan bagi bahan yang memiliki kandungan alkaloid yang mampu memberikan stimuli berupa peningkatan kerja jantung bagi pemakainya. bahan penyegar juga memiliki ciri khas tersendiri.

Kafeina ‡ Terdapat Pada : Kopi.Komponen Aktif ‡ Senyawa Alkaloid : adalah sebuah golongan senyawa basa bernitrogen yang kebanyakan heterosiklik dan terdapat di tumbuhan (tetapi ini tidak mengecualikan senyawa yang berasal dari hewan). Coklat dan Teh . ‡ Senyawa Alkaloid pada Bahan Penyegar Teobromina atau xanteosa.

membuatnya homolog. dan pahit. kristalina. Teobromina memiliki efek yang serupa dengan kafein meskipun lebih kecil.Teobromin ‡ Teobromin ada di tumbuhan kakao. . ‡ Teobromina adalah bubuk tak larut air. ‡ Warnanya bisa disebut putih ataupun tak berwarna.

Zat psikoaktif adalah zat yang mempengaruhi aktivitas mental dan perilaku. seperti kopi. merupakan obat perangsang sistem pusat saraf pada manusia dan dapat mengusir rasa kantuk secara sementara.Kafein ‡ Kafeina. ‡ Kafeina merupakan zat psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia. ia berperan sebagai pestisida alami yang melumpuhkan dan mematikan serangga-serangga tertentu yang memakan tanaman tersebut ‡ Kafeina Minuman yang mengandung kafeina. atau lebih populernya kafein. teh. ialah senyawa alkaloid berbentuk kristal dan berasa pahit yang bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif. dan minuman ringan. . sangat digemari. ‡ Kafeina dijumpai secara alami pada bahan pangan seperti biji kopi dan daun teh. Kafeina merupakan zat psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia. ‡ Pada tumbuhan.

TEH .

TEH( Camellia sinensis) Pohon kecil. daunnya berbentuk jorong atau bulat telur. tumbuh di alam bebas. pucuknya dilayukan dan dikeringkan untuk dibuat minuman Dipanen mulai umur 3-50 tahun Digunakan sebagai minuman penyegar (stimulating drinks ) Kuncup atau peko dan daun muda : mutu teh lebih baik dari pada daun teh tua .

. minyak atsiri dan vitamin. Rhizopus. kafein. Minyak atsiri menentukan aroma teh Tanin menentukan warna. kekeruhan dan rasa kesat atau sepet. pati.Flavour Dan Aroma Teh Daun teh mengandung 75-82% air dan bahan organik seperti tanin. Penicillium. Dapat dirusak oleh kapang Aspergillus. protein. pektin.

(p+4) . dan pucuk burung dengan beberapa daun tua.b+2m. (P+1 atau p+1m) Petikan medium : apabila pucuk yang dihasilkan terdiri dari pucuk peko dengan dua daun. tiga daun muda serta pucuk burung dengan dua atau tiga daun. atau pucuk burung dengan satu daun daun muda.Jenis Petikan Petikan halus : Apabila pucuk yang dihasilkan terdiri dari pucuk peko dengan satu daun.b+3m) Petikan kasar : apabila pucuk yang dihasilkan terdiri dari pucuk peko dengan empat daun atau lebih. p+3m. (p+1.

Teh tanpa fermentasi (teh hijau) . Teh fermentasi (teh hitam) 2.JENIS TEH 1. Teh semi-fermentasi (teh oolong) 3.

Pengolahan Teh Fermentasi (teh hitam) Penyediaan daun pucuk segar Pelayuan Penggulungan Pengilingan .1.