P. 1
Tabloid PC Mild_18

Tabloid PC Mild_18

|Views: 683|Likes:
Published by Muharruddin
Majalah Komputer PC Mild
Majalah Komputer PC Mild

More info:

Published by: Muharruddin on Jun 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/01/2013

pdf

text

original

TABLOID KOMPUTER TERLARIS DI INDONESIA

POWERED BY

Edisi 18/2009 • 3-16 September 2009

PLUS CD
Freeware, Patch, PCMAV 2.1 + Build1, Media Player
Rp12.000 (Jawa-Bali-Lampung) • Rp13.000 (Luar Jawa-Bali-Lampung)

PLUS 4 Halaman
Hardware & Software Komputer Forensik
5 unit MicroSD card VENOMRX 512 MB VENOMRX untuk 5 orang pemenang

Sponsored by: Asiaraya Computronics

Fujitsu Celsius Ultra

CARA PRAKTIS BERKARAOKE DI KOMPUTER
MSI X58 PLATINUM
Seri tertinggi Platinum dari MSI

Siap Memasuki Pasar Komputer Gaming

Logitech Harmony 900
Satu Remote untuk Semua

Microsoft Outlook

Mematikan Komputer Lewat Outlook

Adobe Flash CS3

Gecube HD4890 1GB
Dengan harga lebih bersahabat
MS Paint Versi Flash

Redaksional Editorial/Surat Pembaca Aktual
Selamat Datang...Welcome...Huãnyíng Guãnglín...Yõkoso...Hwangyong-hamnida!
Beberapa waktu lalu, kami mendapat laporan bahwa PCMAV 2.1x (yang terdapat di CD edisi ini) teridentifikasi ditumpangi kode virus bernama Induc. Tidak perlu khawatir, karena kode yang berasal dari komponen third-party Delphi tersebut HANYA bisa aktif di komputer yang terinstal compiler Delphi versi 4-7, yang biasa digunakan di kalangan developer/programmer Delphi. Dengan kata lain, di komputer pada umumnya, virus ini tidak dapat aktif. Bagi Anda yang kebetulan memiliki compiler Delphi versi 4-7 di komputernya, silakan men-download PCMAV Express for Induc untuk mengatasi virus ini dengan tuntas, dan baca keterangannya di www.virusindonesia.com. Sekali lagi, tidak perlu khawatir secara berlebihan. Apa yang kami sampaikan di Editorial ini sekaligus menjadi pemberitahuan secara resmi dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Beralih ke sajian PC Mild edisi ini, seperti biasa kami akan menyajikan berbagai tip, trik, dan langkah-langkah seputar software yang bisa Anda ikuti dengan mudah. Sambil menunggu datangnya waku berbuka puasa, silakan menikmati sajian dari tabloid komputer terlaris di Indonesia ini.

PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNG JAWAB Anton R. Pardede REDAKTUR EKSEKUTIF Rully Novrianto SIDANG REDAKSI Alexander P.H. Jularso, Denie Kristiadi, Joko Nurjadi, Sasongko R.A. Prabowo, Sonny Ardi, Suherman, Supriyanto, Wawa Sundawa, Yanuar Ferdian REDAKTUR SENIOR Effendy Kho, Rusmanto Maryanto KONTRIBUTOR Basuki Rahmat, Bonafacius S. Ryanto, Gunung Sarjono, Lili, Muhammad Imansyah, Rini Asmara, Salman Faisal, Tri Haryati, Windra Swastika PRA PRODUKSI & BAHASA Arie Ishami (Koord.), Renny Fitriastuti TATA LETAK & DESAIN Dhany Sudharmanto (Koord.), Lely Yulaena, Mardiana

Anton R. Pardede
Group Chief Editor

Anton R. Pardede

SEKRETARIAT REDAKSI Evawani U. Putri IKLAN & KOMERSIAL Indran B. Sapto (Account Executive), Febriyanti (Sekretariat) KEUANGAN Deetje Monoarfa (Manajer), Albert Sulistyo, Ngafiv, Tety Winarni, Untung PERSONALIA & UMUM Ekawati (Koord.), Suhaedin, Supandi PENERBIT Mario Alisjahbana, PT Dian Digital Media, Jakarta MAU NGASIH UNDANGAN/MASUKAN/PERTANYAAN? Gedung Warta Lt. 4 Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430 Telp: (021) 315-3731 ext. 127-131. Fax: (021) 315-3732 E-mail: pcmild@pcmedia.co.id INGIN BERIKLAN/BEKERJA SAMA? Gedung Warta Lt. 2 Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430 Telp: (021) 315-3731 ext. 105-107. Fax: (021) 315-3732 E-mail: iklan@pcmedia.co.id INGIN MENJADI AGEN? Sirkulasi Pinpoint Publications (DPKU) Jl. Rawagirang No. 8, Kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur-13930 Telp: (021) 4682-6816, 7079-6499. Fax: (021) 4682-8919 E-mail: sirkulasi@pcmedia.co.id INGIN MENCARI EDISI LAMA? Prima Buku, layanan pesan-antar buku & majalah: Gd. Warta Lt. 1, Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430 Telp: (021) 3190-4075. Fax: (021) 390-8883. SMS: 0813-115-23230 E-mail: pesan@primabuku.co.id PENCETAK PT Dian Rakyat, Jakarta
Tabloid PC Mild diterbitkan dwi-mingguan oleh Pinpoint Publications. Pinpoint Publications juga menerbitkan majalah komputer bulanan PC Media, majalah opensource & network bulanan InfoLINUX, seri Extra, Buku PC Media dan Buku InfoLINUX. Dilarang mereproduksi seluruh atau sebagian materi di media ini dalam bentuk dan dengan tujuan apapun. Pinpoint Publications tidak terafiliasi dengan perusahaan atau produk yang diuji coba di tabloid PC Mild. Seluruh staf tabloid PC Mild tidak memiliki investasi pada perusahaan atau produk yang diuji coba. Hasil uji coba produk yang dimuat di tabloid PC Mild tidak terkait dengan iklan atau hubungan bisnis perusahaan/produk tersebut dengan tabloid PC Mild. Kecuali disebutkan, uji coba dilakukan tabloid PC Mild pada produk dan layanan yang tersedia pada saat ini. Pinpoint Publications menjunjung tinggi nilai integritas dan kode etik wartawan Indonesia, untuk itu dalam menjalankan tugasnya seluruh staf kami tidak dibenarkan menerima atau meminta imbalan dalam bentuk apapun dari relasi/narasumber.

Software untuk Melihat Suhu Motherboard
Dimana saya bisa mencari software untuk mengetahui suhu processor dan motherboard, saat saya menjalankan Windows XP? Herman via e-mail Di bonus CD edisi 16 kemarin, bisa Anda temukan software-nya.

sama. Tapi kalau teknologi yang digunakan jelas beda. Karena beda platform sehingga skema penggunaan hardware-nya berbeda. 2. Mobo Anda menggunakan soket AM2 yang secara teori bisa dipasangi processor AM2+. Tapi menurut info di http://bit.ly/6OhjQ, mobo Anda belum mendukung 7850.

Alamat Update Antivirus
1. Mengapa task manager di komputer saya tidak dapat dimunculkan? 2. Tolong beritahu alamat untuk meng-update antivirus Avira, Avast, dan AVG 8.0. Thanks. Reza Lukmana via e-mail 1. Ada kemungkinan terkena virus. 2. www.softpedia.com/get/Others/Signatures-Updates/.

Solusi Error di PCMAV
Beberapa kali saya mencoba mengintegrasikan file PCMAV dengan ClamAV selalu saja gagal, dan muncul banyak sekali warning seperti error => cl_init, dan seterusnya. Setelah saya coba telusuri, kayaknya ada file yang kurang update pada folder ClamAV, yaitu file clamav-win32-0.94.2, seharusnya kan sudah update ke clamavwin32-0.95.2. Setelah saya download dan diintegrasikan dengan ClamAV terbaru, ternyata masalah saya terselesaikan. Sekedar masukan, semoga berguna bagi semua. Desrianza via e-mail Bagus sekali, Anda pasti membaca dengan baik file readme.txt PCMAV. Buat pembaca lain yang memiliki kasus sama, inilah solusinya.

Biar Pertanyaan Dijawab
Bagaimana caranya agar pertanyaan kita bisa tampil di PC Mild? Ricky Wahyudi via e-mail Tidak ada cara apa-apa, yang penting sopan dan pertanyaannya tidak neko-neko. Cuma harus kami akui bahwa tidak semua email bisa kami jawab atau dimuat, karena keterbatasan personil dan tempat.

Penipuan via E-mail
Saya ingin menanyakan perihal e-mail di Gmail. Akhir-akhir ini saya sering menerima penawaran via e-mail tentang dana rekening tidur, terutama dari bank di Afrika dan Timur tengah mengenai kerja sama pencairan dana rekening yang ditinggal meninggal pemiliknya, dan bila berhasil saya dapat 40% dan mereka 60%. Apakah itu benar? Satu lagi, terkadang ada email datang yang menyatakan bahwa saya menjadi pemenang undian lotere e-mail, apakah itu benar? Nur Hadi via e-mail Penipuan seperti itu dikenal dengan nama “Nigerian scam”. Mengenai undian lotere itu, sepertinya juga tidak benar.

Harga Jangan Naik Lagi!
1. Lebih bagus apa, antara processor AMD Athlon II X2 250 dengan Intel Core 2 Duo E7400? 2. Kalau bisa harga PC Mild jangan naik lagi dong, soalnya saya hanyalah mahasiswa yang uang bulanannya pas-pasan. Danu Prawiro via e-mail 1. Intel Core2 Duo E7400. 2. Kami berupaya keras tidak menaikkan harga. Tapi bila suatu saat nanti ada kondisi yang mengharuskan kami menaikkan harga, maka dengan berat hati kami terpaksa menaikkannya.

Hadiah Dikirim
Kenapa hadiah bagi pmenang tidak diantarkan saja ke alamat pemenang? Banyak rumahnya yang jauh, bagaimana cara mengambil hadiah itu? Zen via e-mail Silakan Anda hubungi pihak sekretariat kami. Infomasinya bisa dilihat di rubrik kuis.

Review Bonus CD
Kami harapkan dari empat halaman tambahan ini tersedia review tentang aplikasi yang disertakan dalam bonus CD, walaupun hanya satu halaman. Jadi, tidak hanya notepad berbahasa Inggris yang biasanya disertakan sebagai penjelasannya. Karena untuk aplikasi yang tidak umum, agak kesulitan memilih mana aplikasi yang sebenarnya kami cari, apa kelebihan serta kekurangannya dibanding aplikasi sejenis lain. Abdul Ritno via e-mail Aplikasi yang ada di bonus CD itu sifatnya opsional. Dan apabila kami sertakan review-nya di tabloid, nanti bakalan rancu dengan rubrik freeware yang sudah ada. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya sebenarnya gampang, instal saja semua aplikasi yang ada. Anda bisa menginstalnya di sebuah virtual PC sehingga tidak akan mengganggu sistem yang sudah ada. Atau Anda bisa menginstalnya di Mojopac, seperti yang baru kita bahas di edisi 17.

Beda Game PC dengan PS
1. Apakah ada perbedaan antara game untuk PC dengan game PS2/PS3? 2. Saya mempunyai komputer dengan motherboard DFI NFIIM2. Apakah motherboard itu bisa di-upgrade processornya ke AMD ATHLON X2 7850? Ahmad Subki via e-mail 1. Kalau yang Anda tanyakan adalah gameplay-nya, biasanya

2

18/2009

How It Works Aktual

Baju Digital

untuk mendengarkan musik atau menghitung denyut nadi sehabis berolah raga. Baju digital ini ditengarai akan menjadi puncak dari per-gadget-an portabel high-tech.

Kain Digital
Sebagaimana pakaian lainnya, baju digital pastilah berbahan dasar benang. Benang-benang yang kita kenal selama ini, seperti katun, polyester, atau rayon, tidak dapat menghantarkan arus listrik yang dibutuhkan untuk pembuatan pakaian digital. Meski demikian, benang metalik sebenarnya bukanlah barang baru dalam industri mode. Para peneliti pada Media Lab MIT (Massachusetts Institute of Technology) menggunakan sutra organza, kain unik yang telah digunakan untuk membuat pakaian di India selama paling tidak satu abad terakhir. Sutra organza ini merupakan bahan yang ideal untuk pembuatan baju digital karena terbuat dari dua serat yang bisa menghantarkan listrik. Serat pertama merupakan benang sutra biasa. Sementara serat kedua, yang ditenun berlawanan arah dengan serat pertama, adalah sutra yang dibungkus dengan copper foil (kertas tembaga) yang sangat tipis. Copper foil inilah yang memberikan sutra organza kemampuan untuk menghantarkan listrik. Menurut para peneliti dari MIT, benang metalik ini didesain menyerupai inti kabel telepon. Jika kabel telepon yang bergulung seperti mie instan itu dipotong, kita

Tak terasa, dua minggu ke depan kita akan menyongsong hari raya Idul Fitri. Sudahkah Anda menyiapkan baju baru untuk menyambut hari kemenangan tersebut? Meski beum tersedia di pasaran, tidak ada salahnya untuk menilik baju yang satu ini: baju digital. Apa dan bagaimana baju digital tersebut? Ikuti pembahasan dalam rubrik How It Works kali ini.

Ada sebuah kecenderungan dalam industri komputer dan elektronika, yakni mengembangkan perangkat yang bisa dikenakan di tubuh penggunanya (wearable). Kecenderungan ini dikenal dengan istilah era post-PC. Saat ini, kita tengah berada di permulaan era ini, dan beberapa perangkat wearable ini

telah siap diluncurkan ke pasaran. Fase berikutnya dari era post-PC adalah mengintegrasikan komputer dan perangkat elektronika lainnya ke dalam baju yang kita kenakan! Dalam beberapa tahun ke depan, lemari kita mungkin dijejali dengan baju digital atau smart shirt yang bisa membaca detak jantung dan napas kita, atau jaket musikal yang dilengkapi dengan keypad berbahan kain (baca Fabric PC, PC Mild 17/2009). Monitor light-emitting diode (LED) kecil mungkin juga ditanamkan pada baju untuk menampilkan teks atau gambar digital. Dengan pakaian terkomputerisasi ini, kita tidak lagi membutuhkan kabel yang melilit tubuh, atau memenuhi saku baju dengan MP3 player atau gadget lainnya hanya

akan menemukan konduktor yang terbuat dari helaian tembaga yang membungkus benang inti dari nylon atau polyester. Karena dapat bertahan pada temperatur yang tinggi, benang metalik ini dapat dijahitkan atau dibordirkan pada kain. Bukan hanya menjadi penghantar listrik yang baik, serat-serat pada sutra organza dapat ditenun terpisah sehingga menjadi penghantar listrik terpisah (individual). Secarik kain sutra organza akan berfungsi seperti kabel IDE (yang berbentuk pita atau disebut juga ribbon cable) yang digunakan untuk menghubungkan harddisk dengan controller pada motherboard. Begitu kain digital ini dipotong mengikuti pola baju, komponenkomponen lainnya (seperti resistor, kapasitor, dan kumparan) akan disematkan di atas potongan kain. Komponen-komponen tersebut akan dijahitkan langsung pada kain. Komponen tambahan seperti LED, kristal, dan komponen piezoelektrik lainnya, bila perlu disolderkan langsung pada benang metalik. Sementara perangkat elektronika lainnya dapat dikancingkan pada kain menggunakan kancing khusus yang menembus benang metalik untuk menciptakan kontak elektris. Jenis perangkat terakhir ini dapat dengan mudah dilepaskan, bila baju tersebut akan dicuci. Lain MIT, lain pula GT (Georgia Institute of Technology). Para peneliti dari GT telah mengembangkan jenis benang lain untuk membuat smart shirt. Baju komputer dari

Georgia ini terbuat dari serat optik plastik, dan serat khusus lainnya yang ditenun ke dalam kain. Serat konduktif listrik dan optikal ini memungkinkan baju digital dan perangkat lain berkomunikasi secara wireless, mentransfer data dari sensor yang disematkan pada baju.

E-Wardrobe Masa Depan
Pengembangan benang digital ini membuka peluang bagi munculnya industri baju digital. Dalam satu dekade ke depan, kita mungkin akan menemukan banyak pakaian digital yang dipajang di rak-rak pusat perbelanjaan. Beberapa perusahaan seperti IBM, Levi, Philips, Nike, dan SensaTex, telah menjajal kemungkinan membawa kita ke era e-wardrobe. Di Eropa, Levi’s bahkan telah memasarkan jaket musikal yang dikembangkan oleh Media Lab MIT. Jaket musikal dari Levi’s ini terbuat dari sutra organza, yang dilengkapi dengan keypad yang semuanya terbuat dari benang digital. Keypad kapasitif ini sangat fleksibel, tahan lama, dan responsif terhadap sentuhan. Tertarik untuk menggunakan jaket musikal ini di hari raya nanti? Hmm... silakan hubungi teman atau saudara Anda yang sedang berada di Eropa sekarang! MI
Informasi Lebih Lanjut

• http://computer.howstuffworks. com/computer-clothing.htm • http://opera.media.mit.edu/levis

18/2009

3

Aktual Aneka Ragam/News in 60 Seconds

Inilah Definisinya!
Google Chrome
Browser open source yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa.

Word Haram di AS
Pengadilan Distrik Texas mengeluarkan perintah agar Microsoft berhenti menjual aplikasi kerja populernya, yakni Microsoft Word. Keputusan tersebut dibuat setelah paket software tersebut melanggar hak paten yang dimiliki oleh sebuah perusahaan asal Kanada, i4i. i4i telah mengajukan tuntutannya kepada Microsoft sejak lima tahun lalu. Tuduhannya, Microsoft telah melanggar paten mereka yang dibuat pada tahun 1998 untuk sistem dokumen yang menempelkan format kode otomatis. Hakim Leonard Davis memutuskan bahwa Microsoft melanggar paten milik i4i, dan meminta mereka membayar ganti rugi sebesar 200 juta dolar AS.

Ia juga mengeluarkan larangan bagi Microsoft untuk menjual Word atau produk lainnya yang menggunakan teknologi itu di Amerika Serikat. Sebagai tambahan, Microsoft juga diperintahkan untuk membayar 40 juta dolar AS akibat pelanggaran yang disengaja, serta 37 juta dolar AS sebagai bunga. Meski begitu, pengadilan juga memberikan waktu 60 hari pada Microsoft untuk mengajukan keberatan.
Info: www.cnet.com

Office Web Alergi Chrome dan Opera
Jika lebih sering memakai browser Google Chrome atau Opera, maka mungkin tidak bisa berharap banyak dari hadirnya Office Web Apps dari Microsoft, yang dijadwalkan akan hadir bersama Office 2010 di tahun depan. Tahun lalu, ketika Microsoft mengumumkan akan adanya kompetisi browser di Google Docs dan Spreadsheet, maka Office Web Apps

Java
Bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai computer, termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems, dan diterbitkan tahun 1995. Bahasa pemrograman Java lahir dari The Green Project. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling, dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems.

dipastikan akan kompatibel hanya untuk browser web yang “familiar”. Sementara itu, Microsoft tidak familiar dengan Google Chrome ataupun Opera, Internet Explorer 6 ataupun Apple Safari versi Windows. Menurut Microsoft, kesemua browser tersebut tidak ada di daftar browser yang mendukung Office Web Apps. Official support untuk Office Web Apps hanya terbatas untuk browser Internet Explorer 7 dan 8, Firefox 3.5 di Windows, Mac, dan Linux, juga Safari 4 di Mac. Berita ini juga sempat mengecewakan pihak Opera, yang kemudian berniat memperluas supportnya untuk menyambut Web Apps tersebut.
Info: www.softpedia.com

Aplikasi Office versi web Microsoft tinggalkan Chrome dan Opera Akhirnya Microsoft kena batunya

MySQL
Sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

Cina Batalkan Software Sensor
Pemerintah Cina akhirnya membatalkan upaya menyensor Internet secara massal. Mereka tak lagi mewajibkan semua komputer di negeri itu menggunakan software sensor yang disebut Green Dam Youth Escort. Software sensor itu, kata

pejabat Cina, tidak wajib digunakan pengguna komputer. Setelah menginstal software itu, Anda bisa menggunakannya atau bisa Anda putuskan untuk tak menggunakannya. Ketika Anda membeli komputer dilampirkan floppy disk atau CD berisi software itu, dan hak untuk memilih terserah pada orangtua dan masyarakat. Keputusan itu mengakhiri rencana kontroversial yang mencuat Juni lalu. Waktu itu, pemerintah Cina mewajibkan semua pengguna komputer menginstal software tersebut, dan mendatangkan kemarahan di Cina dan netter di berbagai belahan dunia. Mereka menuduh pemerintah berusaha meningkatkan kontrol terhadap Internet. Cina pun lalu sibuk membela diri, namun akhirnya keputusan itu resmi dibatalkan.

Facebook Terapkan Aturan Baru
Facebook berencana menerapkan perubahan pada Terms of Service mereka. Perubahan kali ini akan mencakup, antara lain hal-hal yang terlarang untuk dituliskan pengguna Facebook pada baris status mereka. Perubahan aturan itu akan melarang status pengguna yang sifatnya komersial. Dengan demikian, pengguna Facebook yang menjual update statusnya ke pemasang iklan akan dianggap melanggar peraturan. Secara umum, profil pribadi pengguna Facebook akan dilaraDilarang berjualan di Facebook

ng digunakan untuk mendapatkan keuntungan komersial. Rancangan peraturan baru itu berbunyi: “You will not use your personal profile for your own commercial gain (such as selling your status update to an advertiser)”. Saat ini, aturan tersebut baru diajukan Facebook melalui blog resmi mereka, dan bisa dilihat di Facebook Site Governance. Jika tak ada keberatan, Facebook akan menerapkan rancangan ini sebagai aturan baru yang harus dipatuhi semua anggotanya.
Info: www.techcrunch.com

Software sensor tidak wajib digunakan Info: www.dailytech.com

Skype
Sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat di-download gratis), dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan Internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut).

Sun Regional Open Jive
Sun Microsystems baru-baru ini membuka Grand Final Open Jive Regional Challenge 2009 yang pertama. Satu kompetisi yang menghasilkan ide dan aplikasi terbaik yang dibuat oleh para mahasiswa di Asia Selatan, berdasarkan teknologi open source. Kejuaraan regional ini

menampilkan tim-tim pemenang dari Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, dan Filipina. Sun memperluas jangkauan Java Jive hingga teknologi open source

di luar Java, termasuk JavaFX, NetBeans IDE, OpenSolaris, MySQL, GlassFish, dan banyak lainnya. Dengan tema “Project Change Tomorrow”, mencakup berbagai aplikasi. Seperti aplikasi 3D guna memastikan bahwa pembeli menLima tim bersaing dalam Open Source Technology Challenge

dapatkan ukuran yang tepat saat membeli pakaian secara online, serta situs yang mempromosikan aktivitas daur ulang dan ramah lingkungan. Ide dan aplikasi kreatif tersebut meningkatkan atau mengubah cara orang bekerja, bermain, belanja maupun berkolaborasi melalui Internet. Setelah putaran final lokal selama sebulan, tim terbaik dari setiap negara dipilih untuk menunjukkan proyeknya kepada tim penilai dan penonton yang terdiri dari para pengembang profesional. DK

News in 60 Seconds
Microsoft, Yahoo!, dan Amazon kepincut untuk melebur dalam koalisi bernama Open Book Alliance. Koalisi ini menilai kesepakatan Google dengan penulis dan penerbit buku dalam pembuatan e-book adalah anti-kompetitif. Kesepakatan tersebut mereka nilai membatasi kompetisi di ranah buku digital. Sebentar lagi, para pengguna Twitter akan dimanjakan lewat layanan baru. Para twitterer bisa menambahkan informasi lokasinya lewat tweet yang mereka tulis. Fitur ini berisikan informasi mengenai garis bujur dan garis lintang lokasi si pengguna Twitter. Enam kabel fiber optik bawah laut yang rusak akibat Topan Morakot menerjang Taiwan akan diperbaiki pada pertengahan September mendatang. Demikian pernyataan provider telekomunikasi terbesar di Taiwan, Chunghwa Telecom. Kabel tersebut membawa traffic komunikasi dan Internet dari Amerika Serikat dan sebagian wilayah Asia. Google merilis browser Chrome 64-bit untuk pengguna Linux. Hal ini disebutkan oleh teknisi Google Chrome, Dean McNamee, dalam sebuah forum developer. Engine V8 JavaScript yang menjadi inti Chrome tidak di-compile dalam Windows versi 64-bit. Pengembangan pertamanya akan dibuat di Mac dan Linux. Karamnya Pirate Bay ternyata tidak mengakhiri riwayat torrent dengan koleksi arsip yang banyak ini. Sebuah kembaran situs BitTorrent bahkan telah muncul. Beralamatkan di btarena.net, situs ini menyediakan layanan ilegal mirip dengan Pirate Bay, walaupun beberapa link ke konten yang terkait tidak tersedia. Yahoo! kembangkan layanan berbasis teknologi cloud computing dan akan membangun pusat data center berbasis teknologi tersebut di Taiwan, yang akan merombak semua sistem data center di seluruh dunia yang pernah ada, dan dimulai dari Yahoo! Kimo (Yahoo Taiwan). Diperkirakan pusat data center ini rampung tahun 2010 mendatang.

4

18/2009

Aneka Ragam Aktual

120 Hari Gratis Windows 7
Seperti pendahulunya, Windows 7 dapat digunakan gratis sampai dengan 120 hari, tanpa harus mengaktifkan kunci produk aktivasi. Walaupun Microsoft tetap memberikan batasan 30 hari penggunaan agar pengguna mengaktivasi copy Windows 7, ada sedikit jalan yang didesain untuk para administrator perusahaan untuk mereset hitungan mundur kunci aktivasi sampai tiga kali. Belum lama ini, Windows Secret merilis panduan lengkap bagaimana caranya menggunakan single-line

command untuk menambah 90 hari masa penggunaan Windows 7 dari normalnya 30 hari. Microsoft mengizinkan pengguna untuk menginstal dan menjalankan versi Windows 7 apapun selama 30 hari, tanpa harus mengaktifkan kunci produk. Menurut Woody Leonard, editor Windows Secrets, dengan menjalankan perintah “slmgr-rearm” pada command prompt Windows 7, pengguna dapat me-reset waktu penggunaan sampai 3 kali. Microsoft mengonfirmasi bahwa pengguna dapat menjalankan metode “rearm” sebanyak tiga kali untuk menghindari aktivasi kunci produk, jadi total 120 hari penggunaan tanpa mengaktivasi.
Info: www.computerworld.com

Telepon Hemat ala Google
Selain Skype, yang sudah lebih dulu populer, Google menawarkan layanan panggilan via Internet alias voice over Internet protocol lewat layanan Google Voice. Kelebihan layanan ini adalah bisa menggabungkan semua telepon di bawah satu nomor, dan bisa menerima beberapa panggilan sekaligus. Google Voice juga memiliki banyak fitur dan cukup mudah diaktifkan. Apalagi jika sudah memiliki account Google. Ketika

mendaftar, Anda akan mendapat satu nomor telepon. Setelah itu, masukkan semua nomor telepon yang Anda miliki, seperti nomor seluler, telepon kantor, dan telepon rumah. Dengan cara ini, setiap

panggilan dari nomor mana pun akan masuk ke ponsel. Layanan ini dilengkapi fitur yang memungkinkan pengguna mengatur menerima panggilan tertentu saja atau menyeleksi panggilan masuk dengan memeriksa identitas si penelepon lebih dulu. Kemampuan lain layanan ini adalah menyimpan pesan suara, mengirim pesan pendek, serta menerima atau menelepon beberapa panggilan sekaligus.
Info: www.softpedia.com

Telepon hemat dengan berbagai keuntungan

Office Gandeng Nokia
Microsoft dan Nokia mengumumkan kerja sama mereka untuk menyediakan Microsoft Office pada ponsel-ponsel Nokia. Kerja sama ini merupakan upaya dari Microsoft untuk memperluas software produktivitasnya di platform ponsel, tak hanya sebatas komputer PC. Pasalnya, Office adalah salah satu produk vital yang cukup berpengaruh pada kesehatan fiskal Microsoft. Sebelumnya, Microsoft memang telah mengungkapkan rencananya untuk memperluas versi Office, termasuk ke versi baru yang

berbasis browser. Dengan versi baru itu, Microsoft Word, PowerPoint, Excel, maupun OneNote, akan tetap bisa diakses oleh perangkat Apple (iPhone atau iPod Touch), karena dapat berjalan di browser Safari. Bahkan untuk kali pertamanya Microsoft Office bakal bisa diakses oleh komputer berbasis Linux, karena software ini juga dapat berjalan di browser Firefox. Kerja sama Microsoft dan Nokia juga mempertajam kompetisi ponsel-ponsel pintar
Nokia makin lengket dengan Microsoft

Nokia dengan Windows Mobile. Sebab selama ini banyak pengguna memilih Windows Mobile, karena Office adalah salah satu kelebihan yang dimilikinya.
Info: www.cnet.com

Bebas digunakan selama 120 hari

18/2009

5

Aktual Around the World/Fast Fact

Inggris

Cina

Asia

Amerika Serikat

Pelaku Cyberbully Pertama yang Dipenjarakan
Di pengadilan Worcester, Inggris, seorang gadis berusia 18 tahun dijatuhi hukuman penjara selama tiga bulan, setelah terbukti bersalah mem-posting ancaman pembunuhan di Facebook. Peristiwa ini dianggap sebagai kali pertamanya di Inggris, seorang warga dijebloskan ke dalam tahanan karena aksi cyberbullying. Di halaman Facebook-nya, gadis yang bernama Keeley Houghton tersebut menulis bahwa dia akan membunuh seorang gadis lain bernama Emily Moore yang rupanya masih temannya sendiri di sekolah. Keeley berkilah bahwa posting-an di halaman Facebook-nya itu dilakukan saat ia dalam keadaan mabuk. Tapi polisi menemukan setelah 24 jam berlalu, posting-an tersebut masih ada di Facebook milik Keeley. Selain terkena hukuman 3 bulan, Keeley juga mendapat surat perintah yang melarang dia untuk melakukan kontak dengan Emily, baik secara langsung melalui Internet atau melalui cara lain selama 5 tahun. Jadi hatihatinya kalau memasang status di Facebook. Info: dailymail.co.uk

Kasus Modifikasi Windows XP
Empat warga Cina dipenjara karena menciptakan dan mendistribusikan Windows XP yang sudah dimodifikasi sehingga sistem otentifikasinya dan sistem sertifikasinya sudah dimatikan. Salah seorang warga yang bernama Hong Lei itu juga berperan sebagai pencipta website berjuluk Tomato Garden yang mendistribusikan XP bajakan itu. Alhasil, Hong Lei diganjar hukuman penjara 3,5 tahun, dan denda 146 ribu dollar. Cina dituduh sebagai negara yang paling banyak menggunakan software bajakan. Walaupun banyak pihak yang juga mengatakan masalah pemabajakan software lebih parah lagi di negara-negara industri. Menurut salah seorang senator Amerika yang baru-baru ini berkunjung ke Beijing, upaya pemerintah Cina dalam menghentikan pelanggaran HAKI dinilai lemah dan tidak efektif. Karena menurutnya, pemerintah Cina hanya bicara saja, tapi kurang dalam implementasi. Sebab masih banyak website yang menyediakan link dan download ke materimateri favorit bajakan, seperti film, musik, dan game. Info: v3.co.uk

Uji Coba Layanan Pos dengan RFID
Penyelenggara jasa layanan pos dari beberapa negara di Asia, seperti India, Korea, Malaysia, dan Singapura, turut serta berpartisipasi dalam rangka proses percobaan layanan sistem monitoring pos yang menggunakan teknologi RFID (Radio-frequency identification). Percobaan ini akan berlangsung mulai dari awal Agustus sampai dengan akhir Desember 2009. Sistem yang dikembangkan oleh Universal Postal Union (UPU) dan Global Monitoring System (GMS) ini bertujuan untuk mengukur kualitas layanan pos lokal dalam mengantarkan surat. Sebab sebelum adanya sistem ini, kualitas layanan diukur secara manual. Sehingga prosesnya berlangsung lama dan tidak akurat. Dalam percobaan ini akan dilibatkan sekitar 24 ribu surat yang dikirim oleh 530 penguji independen dari 38 negara. Tiap surat itu memiliki RFID tag yang per-unitnya seharga 0,3 dollar. Penggunaan teknologi RFID di bidang pos sudah bukan barang baru lagi. Finlandia sudah mengadopsi sistem ini sejak tahun 2008 lalu. Info: zdnetasia.com

Pusat Rehabilitasi Pecandu Internet
Bukan hanya narkoba, miras, dan judi, Internet juga bisa menjadi candu apabila kita tidak membatasi interaksi kita dengan dunia maya itu. Bila hal itu terjadi, maka Anda bisa mengunjungi pusat rehabilitasi kecanduan Internet, seperti yang ada di Washington, AS. Pusat rehabilitasi yang bernama reStart Internet Addiction Recovery Program ini bertugas membantu orang yang kecanduan teknologi melalui proses penarikan diri, dan menolong mental mereka agar bisa berhubungan dengan dunia nyata secara positif. Sebab pada umumnya, pecandu Internet susah berinteraksi dengan orang lain, dan kekurangan kemampuan sosial seperti memulai percakapan atau memahami bahasa tubuh orang lain. Pusat rehabilitasi semacam ini sebelumnya sudah ada di Cina, namun dengan metode yang lebih ekstrem. Nah, buat Anda yang ingin mengetahui apakah Internet sudah menjadi candu bagi Anda, coba kunjungi http://psychcentral. com/netaddiction/. Jika hasilnya menunjukkan positif, segera kurangi aktivitas online Anda. Info: hothardware.com

Fast Fact
479 juta pengguna layanan telekomunikasi sudah berhasil dicapai di India. Menurut data dari Telecom Regulatory Authority of India, pengguna layanan telekomunikasi meningkat dari 464,82 juta di bulan Juni, menjadi 479 juta di akhir Juli, dan 441 juta diantaranya adalah pengguna layanan seluler. Bagaimana dengan di Indonesia? Menurut data dari The Mobile World yang dikutip oleh cellularnews.com, pada kuartal pertama tahun ini jumlah pelanggan seluler di Indonesia sudah mencapai 144,64 juta. Telkomsel, Indosat, dan XL adalah tiga operator teratas yang menguasai pasar seluler di
Indonesia. (techtree.com & cellularnews.com)

9 juta lebih Microsoft Xbox 360
terjual di wilayah Eropa, dan terus menunjukkan pertumbuhan yang positif tahun ini. Menurut eksekutif Microsoft wilayah Eropa, Chris Lewis, 9 juta lebih itu setara dengan 27% dari seluruh pasar konsol di Eropa. Tapi, konsol yang merajai penjualan di seluruh dunia masih tetap dipegang oleh Nintendo Wii. (news.softpedia.com) teksi ada di sebuah website beralamat di aladel.net. Sementara di websitewebsite lain yang terdeteksi oleh

Norton, rata-rata memiliki sekitar 18.000 ancaman malware. Hal ini disampaikan oleh Symantec melalui proyeknya yang bernama Norton Safe Web dalam daftar “Top 100 Dirtiest Web Sites of Summer 2009”. Fakta lainnya lagi adalah 48% dari 100 website itu adalah website jorok alias website yang berisi konten porno. Sedangkan virus menjadi jenis ancaman terbesar ketimbang jenis malware lain. (safeweb.norton.com/dirtysites)

bertugas mengumpulkan informasi di permukaan bulan, dan mengirimkan datanya kembali ke bumi. (physorg. com)

69% pasar penjualan musik digital
masih tetap dikuasai oleh Apple melalui iTunes Store-nya, yang diikuti oleh AmazonMP3 dengan angka 8%. Uniknya di Amerika, penjualan CD masih memegang porsi terbanyak sebesar 65%, dan penjualan secara digital meraih 35%. Kesuksesan iTunes ini sedikit banyak bisa mengancam keberadaan toko CD dan manufakturnya. Untuk mengatasi hal ini, Apple di bulan Juli lalu telah menawarkan bundel musik digital dengan konten

lainnya dalam sebuah proyek bernama Cocktail. Cocktail adalah metode yang ditawarkan Apple agar pihak perusahaan rekaman bisa mendapat pemasukan lebih baik dari penjualan musik digital, dan mendorong konsumen agar membeli keseluruhan album. (dailytech.com)

2 GB menjadi kapasitas yang ditawarkan oleh photoshop.com milik Adobe untuk meng-upload, dan men-sharing video. Cuma sayang, sepertinya Adobe tidak memberikan kelebihan apa-apa selain kapasitasnya ini. Video yang di-upload ke sana tidak bisa diedit, dan tidak bisa di-embed seperti pada YouTube. (lifehacker.com)

461 GB data per hari sanggup ditrans56.371 ancaman malware terde- misikan oleh Lunar Reconnaissance
Orbiter (LRO) milik NASA yang berada di bulan atau sekitar 238 ribu mil dari bumi. LRO adalah robot pemandu yang

6

18/2009

Hardware Aktual

Galaxy GTX 295 OC Edition
Untuk kalangan gamer, nVIDIA GeForce GTX 295 dengan dual graphic core yang terpasang pada sebuah PCB merupakan sebuah graphic card idaman dengan kinerja yang mengesankan. Tidak heran banyak produsen ternama menghadirkan produk flagship untuk graphic card yang satu ini. Galaxy X 295 Overclocking Edition adalah salah satunya. Meski dari gambar masih menggunakan solusi pendingin yang sa-

Versi overclock nVIDIA GeForce GTX 295

ma dengan yang digunakan pada reference card dari nVIDIA, Galaxy GTX 295 Overclocking Edition hadir dengan core clock 650 MHz, VRAM GDDR3 1792 MB bekerja pada memory clock 2300 MHz. MSI mengklaim komponen graphic card ini sekelas dengan standar perangkat militer. Graphic card

memory clock 2200 Mhz, dan shader clock 1499 MHz. Bandingkan reference card nVIDIA GeForce GTX 295 dengan core clock 576 MHz, memory clock 2016 MHz, dan shader clock 1242 MHz. Graphic card dengan dua graphic core GT200b, dilengkapi dengan 240 shader unit. Masingmasing graphic core juga memiliki interface memory 448-bit, dan masing-masing mengakses dedicated memory 896 MB sehingga total menjadi 1792 MB. Graphic card card ini menudukung DirectX 10 dan kompatibel dengan teknologi nVIDIA CUDA dan Nvidia PhysX.
Info: xtreview.com

Club3D Green Edition
Green technology dipandang memiliki nilai jual oleh Club3D sehingga belum lama ini vendor yang cukup dikenal di Eropa ini memperkenalkan jajaran graphic card Green Edition. Sesuai dengan namanya, graphic card seri Green Edition juga didominasi dengan warna hijau. Tentunya selain fisik dengan warna hijau, Club3D Green Edition menjanjikan penghematan konsumsi daya pada tiga graphic card ini. Green Edition versi GeForce GTS250 diklaim dapat menghemat energi 20% dibandingkan versi reference card. Sedangkan Green Edition versi GeForce 9800GT dapat menghamat 30%, dan Clun3D GeForce 9600GT Green Edition dapat menghemat konsumsi daya 40%.

Hal ini dimungkinkan dengan menggunakan graphic core yang dibuat dengan teknologi proses manufaktur 55 nm, dan mengoptimalkan rancangan pada PCB yang digunakan. Demikian juga dengan pilihan solusi pendingin yang digunakan, selain lebih efisien dalam penggunaan daya, juga dapat bekerja dengan tingkat kebisingan yang lebih minim.
Info: www.club3d.nl

MSI N275GTX Lightning
MSI N275GTX Lightning baru diluncurkan secara resmi belum lama ini. Sesuai dengan namanya, MSI N275GTX Lightning merupakan graphic card dengan graphic core nVIDIA GeForce GTX 275. Berbeda dengan reference card graphic card nVIDIA GeForce GTX275, MSI N275GTX Lightning dilengkapi dengan spesifikasi yang berbeda. MSI N275GTX Lightning bekerja pada core clock 700 MHz.

Diklaim lebih cepat dibanding GeForce GTX285

ini menggunakan solusi pendingin Twin Frozr II, dengan dual fan berukuran 80 mm, dan lima heatpipe berdiameter 8 mm. MSI N275GTX Lightning juga dilengkapi fitur kemudahan untuk overclocking. Seperti V-Check Points, untuk fungsi monitoring tegangan listrik graphic core dan memory. MSI N275GTX Lightning juga disertai software Lightning Afterburner untuk memudahkan fungsi overclocking frekuensi dan tegangan baik untuk graphic core maupun VRAM.
Info: www.msi.com

Lebih hijau dan hemat energi

18/2009

7

Aktual Hardware

Inilah Definisinya!
GDDR5
Graphics Double Data Rate versi 5 (GDDR5) adalah tipe VRAM (video RAM) penerus dari GDDR4. Namun belum digunakan dalam produk akhir sebuah VGA card. Dengan bandwidth 20 GB/s, bus 32-bit per IC. Artinya, untuk konfigurasi 8 IC untuk VRAM 1 GB akan menghasilkan bandwidth 160 GB/s dengan bus 256-bit.

Asus AT3N7A- I A330
Motherboard Asus AT3N7A- I A330 adalah motherboard form factor mini ITX dengan platform nVIDIA ION. Dilengkapi dengan processor Intel Atom 330 dual core yang bekerja pada clock 1,6 GHz. Dilengkapi dengan dua slot DIMM DDR2-800, dan sebuah slot PCI. Motherboard ini memiliki ketersediaan konektor yang cukup lengkap. Untuk konektivitas tersedia port Gigabit Ethernet dan Bluetooth. Motherboard Asus AT3N7A- I A330 ini juga dilengkapi dengan konektor D-Sub, dan HDMI untuk output video dan port audio 7.1 channel. Selain port USB, ia juga dilengkapi dengan port eSATA untuk media penyimpanan eksternal. Dengan processor dual core, gra-

Buffalo TeraStation III
Network attached storage (NAS) dapat menjadi pilihan solusi media penyimpanan jaringan yang ideal untuk lingkungan kerja. Penggunaan dan pengoperasian yang mudah, dan

Motherboard ION dari Asus

Heatspreader
Pada RAM, sebuah heatspreader adalah pembungkus tambahan yang ditujukan untuk membantu proses pelepasan panas. Hal ini dimungkinkan dengan memperluas luas permukaan, dari IC memory dengan luas permukaan yang relatif kecil panas disebarkan ke heatspreader dengan luas permukaan yang lebih besar. Biasanya heatspreader terbuat dari bahan alumunium. RAM yang dilengkapi dengan heatspreader buasanya ditujukan untuk penggunaan overclocking.

phic controller yang bertenaga, ia cukup dapat diandalkan untuk memainkan file multimedia dengan resolusi HD. Form factor yang ringkas juga memungkinkannya untuk dapat dijadikan sebagai platform yang ideal untuk home theater PC (HTPC).
Info: news.softpedia.com

harga NAS yang semakin terjangkau membuatnya menjadi pilihan ideal. Kini, NAS menawarkan pilihan kapasitas yang semakin besar. Seperti Buffalo TeraStation III yang menyediakan pilihan kapasitas 2 TB dengan kisaran harga US$1.299,99, US$1.799,99 untuk 4 TB, US$2.299,99 untuk 6 TB, dan $2.999,99 untuk 8 TB. Selain dengan pilihan kapasitas yang besar, NAS juga semakin hemat konsumsi daya. Buffalo TeraStation III memungkinkan beragam konfigurasi harddisk, mulai dari JBOD juga RAID 0, 1, 5, 10. Dilengkapi dengan dua port Gigabit Ethernet, membuat kecepatan aksesnya pada jaringan cukup menjanjikan. Juga dilengkapi dengan software Memeo AutoBackup untuk membuat backup data yang penting.
Info: www.buffalotech.com

Chip LucidLogix Hydra
Meski belum diluncurkan secara resmi dan masih dalam tahap pengembangan, motherboard yang satu ini cukup menarik perhatian. Terutama karena dikabarkan akan menggunakan chip LucidLogix Hydra. Chip LucidLogix Hydra ini adalah sebuah chip yang dapat memungkinkan konfigurasi multi graphic card dari AMD ATi dan nVIDIA secara bersamaan.

LightScribe
Teknologi pada optical disc drive untuk label media disc (CD/DVD), yang memanfaatkan lapisan khusus pada media CD atau DVD, dan membentuk teks atau gambar dengan proses mirip burning CD atau DVD. Label dengan LightScribe adalah salah satu alternatif selain menggunakan spidol atau menggunakan media disc yang dapat dicetak. LightScribe dapat membuat gambar greyscale. Media LightScribe awalnya berwarna keemasan, kemudian muncul pilihan warna background merah, hijau, kuning dan oranye.

Motherboard MSI P55 Big Bang menggunakan chipset Intel P55 untuk processor Intel dengan socket LGA 1156. Namun berbeda dengan motherboard MSI G9P55-DC, chip NF200 digantikan dengan chip LucidLogix Hydra pada motherboard P55 Big Bang yang sedang dikembangkan ini. Pembagian beban kerja pada chip LucidLogix Hydra dikabarkan berbeda dengan konfigurasi CrossFire ataupun SLI. Beban kerja langsung dibagikan oleh chip LucidLogix Hydra sehingga memungkinkan konfigurasi multi graphic card yang lebih fleksibel. Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut mengenai cara kerja mendetail ataupun perkiraan ketersediaan produk dengan chip LucidLogix Hydra di pasar luas.
Info: www.iopanel.net

Tersedia pilihan kapasitas NAS hingga 8 TB

MSI 740GTM-P21 & 740GTM-P25
Kedua motherboard ini bukanlah sebuah motherboard untuk sistem dengan processor terkini. Baik motherboard MSI 740GTM-P21 dan MSI 740GTM-P25 adalah motherboard yang menggunakan socket processor AM2+. Yang membuat kedua motherboard ini istimewa adalah ketersediaan graphic controller yang terintegrasi dengan GPU Radeon HD2100. Sesuai dengan namanya, keduanya menggunakan kombinasi chipset AMD 740G dan SB710. Kedua motheboard tersebut juga dilengkapi dengan fitur teknologi Active Phase Switching (APS) untuk mengoptimalkan konsumsi daya. Motherboard 740GTM-P21 dan 740GTM-P25 memiliki banyak kesamaan. Dilengkapi dengan dua slot DIMM yang mendukung

DDR2-1066MHz, ia juga dilengkapi dengan sebuah slot PCI Express 16x untuk pengguna yang ingin menambahkan graphic card tambahan untuk kinerja yang lebih baik. Perbedaannya, motherboard MSI 740GTM-P21 menggunakan controller 10/100 Ethernet, sedangkan MSI 740GTM-P25 dengan dukungan Gigabit Ethernet.
Info: xtreview.com

LucidLogix Hydra akankah mengakhiri CrossFire dan SLI?

Motherboard dengan GPU Radeon HD2100 terintegrasi

Buffalo Blu-ray Disc Burner
NAS
Perangkat NAS (Network Attached Storage) adalah sebuah server dengan system operasi yang dikhususkan untuk melayani kebutuhan data dile. NAS dapat diakses langsung melalui local area network (LAN) dengan protocol seperti TCP/IP.

Reference Card
Pada produk motherboard atau VGA card, istilah referensi atau reference card sering didengar. Adalah acuan produk yang dibuat oleh produsen chipset pada motherboard dan/ atau graphic core pada VGA card. Referensi biasanya dibuat dalam bentuk fisik, menjadi sebuah produk jadi. Termasuk beberapa setting yang digunakan.

Jika kapasitas DVD single layer 4,7 GB atau DVD dual layer sekitar 9 GB per keping masih belum memadai dan Anda membutuhkan optical disc drive untuk kapasitas yang lebih besar, Blu-ray Disc (BD) burner adalah pilihannya. Buffalo memperkenalkan dua produk optical disc drive (ODD) BD burner, BR-H1016FBS-BK sebuah BD burner internal dengan kisaran harga US$300, dan BR-H1016SU2 sebuah BD burner eksternal dengan kisaran harga US$360. Kedua produk tersebut memiliki spesifikasi kecepatan yang kurang

lebih sama, yaitu kecepatan write 10x BD-R, 8x BD-R DL, 6x BDR LTH, 2x BD-RE dan 2x BD-RE DL, sedangkan kecepatan read BDROM 10x. Untuk BR-H1016SU2 dilengkapi dua jenis konektor USB 2.0 dan eSATA, kecepatan maksimal dapat dihasilkan dengan memanfaatkan interface eSATA.
Info: www.cdrlabs.com

Mushkin Copperhead
Dikenal sebagai produsen DIMM ternama, khususnya di kalangan overclocker, Mushkin dikabarkan memperkenalkan produk terbarunya. Mushkin Copperhead adalah produk RAM DDR3 yang akan dikemas dalam dual channel dan triple channel memory kit, sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sesuai dengan namanya, Mushkin Copperhead dilengkapi dengan heatspreader yang terbuat dari bahan tembaga. Dibandingkan dengan bahan

alumunium yang banyak digunakan pada heatsink RAM kebanyakan, bahan tembaga secara teori dapat menghantarkan panas dengan lebih sempurna dibandingkan dengan alumunium. Namun bahan alumunium lebih banyak dipilih, antara lain karena harganya yang jauh lebih ekonomis dibanding penggunaan tembaga. Sayangnya, sampai berita ini diturunkan belum ada informasi mengenai kisaran harga untuk Mushkin Copperhead ini. Demikian juga informasi untuk spesifikasi lengkapnya.
Info: www.nordichardware.com

Dilengkapi heatsink dengan bahan tembaga ODD dengan kemampuan BD burner

8

18/2009

Hardware Aktual

EVGA P55 FTW
Dengan dominasi warna hitam, baik pada PCB dan heatsink yang digunakan pada motherboard EVGA P55 FTW. Motherboard high end dengan chipset Intel P55 memang ditujukan untuk kalangan overclocker sehingga pilihan warna gelap sangat cocok. Untuk mendukung kebutuhan para pelaku overclocking, motherboard ini dilengkapi dengan dua buah konektor power 8-pin.

Ia dilengkapi dengan 17 power phase, 12 di antaranya digunakan untuk memasok daya ke processor. Motherboard ini dilengkapi dengan 3 slot PCI Express 16x yang mendukung penggunaan multi graphic card dengan konfigurasi CrossFire maupun SLI. Motherboard EVGA P55 FTW ini juga dilengkapi dengan indikator LED untuk debug POST, triple BIOS juga tombol khusus untuk fungi Power, Reset dan Clear CMOS. Membuatnya semakin cocok untuk kebutuhan overclocker.
Info: www.anandtech.com Harga: US$250

Fujitsu Celsius Ultra
Sebuah sistem PC yang dikhususkan untuk kalangan gamer enthusiast belum lama ini diperkenalkan. Fujitsu Celsius Ultra dengan spesifikasinya tentunya menjadi idaman para gamer hardcore manapun di dunia. Dimulai dari penggunaan processor tercepat yang sekarang tersedia, yaitu processor Intel Core i7 975 Extreme Edition. Dilengkapi dengan RAM 12 GB DDR3 1333 MHz, dan dapat ditambahkan hingga maksimal 24 GB RAM yang terpasang. Penggunaan dua graphic card EVGA nVIDIA GeForce GTX 295 1792 MB. Untuk media penyimpanan menggunakan dua

buah harddisk 1 TB 7.200RPM, ditambah sebuah harddisk 150 GB 10.000RPM, juga sebuah optical disk drive Blu-ray drive. PC yang dikhususkan untuk gamer enthusiast ini mengandalkan power

supply unit dengan kapasitas 1000 W, dan dilengkapi dengan sound card Creative Sound Blaster X-Fi Titanium untuk dapat menghasilkan tata suara maksimal, yang mendukung kebutuhan bermain game dengan kinerja terbaik.
Info: ts.fujitsu.com/rl/celsiusultra/en/index.html

Idaman para gamer

Vertex3D Radeon HD4870
Sebagai pendatang baru, Vertex3D atau juga dikenal dengan singkatan VTX3D melakukan gebrakan dengan menghadirkan graphic card yang berbeda dengan reference card dari AMD ATi. Pada produk Vertex3D Radeon HD4870, dihadirkan dengan dominasi warna merah. Mulai dari kemasan paket penjualan, PCB, hingga solusi pendingin yang digunakan.

Menggunakan graphic core RV 770 yang bekerja pada core clock 770MHz, produk ini dilengkapi

Motherboard EVGA P55 FTW untuk overclocker

DVD Burner Lite-On
Meski bukan sebuah jenis media optikal terkini dengan pilihan kapasitas per keping terbesar, DVD tetap menjadi media yang masih banyak dipilih pengguna PC. LiteOn sebagai sebuah nama yang cukup dikenal untuk optical disk drive (ODD) juga masih memperkenalkan DVD burner terbarunya. Kali ini berupa sebuah ODD eksternal dengan ukuran yang ringkas, dan bentuk yang menarik.

Cukup ideal untuk dipertimbangkan melengkapi kebanyakan netbook yang memang tidak dilengkapi dengan ODD. Lite-On eTDU108 adalah sebuah drive eksternal DVD-ROM. LiteOn eSAU108 adalah sebuah DVD burner. Sedangkan Lite-On eSAU208 juga sebuah DVD burner yang dilengkapi dengan fitur teknologi LightScribe. Ketiga model ini adalah seri Lite-On, eTDU108 memiliki bobot yang ringan, hanya sekitar 350 gram, dan tanpa memerlukan sebuah power adaptor tambahan, cukup mengandalkan USB powered.
Info: www.liteonit.com

VRAM GDDR5 1 GB dengan memory clock 3.600 MHz. Solusi pendingin yang digunakan adalah Turbo Pro dari Arctic Cooling dengan dua fan berukuran 92 mm. Graphic card Vertex3D Radeon HD4870 berukuran tebal, dan akan menghabiskan tempat tiga slot. Seperti graphic card Radeon HD4870 lainnya, Vertex3D Radeon HD4870 juga sudah mendukung DirectX 10.1, Shader Model 4.1, UVD2 dan CrossFireX. Sayangnya, belum ada informasi untuk perkiraan harga produk yang satu ini.
Info: www.fudzilla.com

Dilengkapi dengan dual fan 92 mm

EVGA GTX 295 CO-OP! Edition
Tiga pilihan model graphic card nVIDIA GeForce GTX 295 diluncurkan EVGA GTX 295 CO-OP! Edition. Graphic card ini dilengkapi dengan VRAM 1782 MB GDDR3. Dilengkapi dengan 480 processing cores, menggunakan slot PCIe 2.0 bus, dilengkapi dua output DVI-I, dan adapter untuk HDMI 1.3a. Edisi ini sudah mendukung DirectX 10, Shader Model 4.0, CUDA, PureVideo HD, PhysX, dan konfigurasi Quad SLI. Versi flagship GTX 295 CO-

OP FTW bekerja pada core clock 684 MHz, memory clock 2160 Mhz, dan shader clock 1476 MHz. Berikutnya adalah graphic card EVGA GeForce GTX 295 CO-OP Superclocked dengan core clock 602 MHz, memory clock 2052 Mhz, dan shader clock 1296 Mhz. Model ketiga adalah EVGA GeForce GTX 295 CO-OP Hydro Copper, menggunakan solusi pendingin berbasis water cooling, dilengkapi water block yang sudah terpasang. EVGA GeForce GTX 295
Tersedia dengan pilihan overclock dan solusi pendingin yang berbeda

CO-OP Hydro Copper bekerja pada core clock 600 MHz, memory clock 2106 Mhz, dan shader clock 1296 MHZ.
Info: www.evga.com

ODD eksternal, ideal untuk melengkapi netbook

18/2009

9

Aktual Mobile & Komunikasi

Inilah Definisinya!
Baterai Li-ion
Baterai Lithium-ion atau disingkat Liion adalah salah satu dari tipe baterai rechargeable. Lithium-ion bergerak dari anode (kutub positif) ke katode (kutub negatif) saat digunakan. Dan Lithium-ion agak bergerak kembali dari katode ke anode saat dilakukan proses charging. Baterai jenis ini banyak digunakan pada consumer electronic. Kepopuleran baterai ini dikarenakan beberapa alasan, seperti baterai jenis ini portabel, dengan ratio energi banding berat yang baik, minim memory effect, dan lain sebagainya.

Gigabyte TouchNote T1028X
Sebelum processor Intel Atom diperkenalkan, tablet PC dengan harga terjangkau hampir menjadi sesuatu mimpi yang jauh dari kenyataan. Dengan hadirnya processor Intel Atom, kini beberapa produsen mulai memperkenalkan

RJ-45
Registered Jack-45 adalah jenis konektor yang digunakan Ethernet, terhubung dengan delapan kabel.

tablet PC menggunakan processor Intel Atom ini sehingga harganya dapat lebih terjangkau. Salah satunya adalah Gigabyte TouchNote T1028X ini. LCD touch screen 10,1 incinya dapat diputar layaknya sebuah tablet PC, dan dapat menampilkan resolusi 1366 x 768 pixel. Menggunakan pilihan processor Intel Atom N280 1,66 GHz atau N270 1,6 GHz, dilengkapi dengan 1 GB RAM, dan harddisk 160 GB. Sedangkan pada graphic controller menggunakan Intel GMA 950. Tablet PC dengan berat sekitar 1,5 kilogram ini menggunakan sistem operasi Windows XP. Untuk konektivitas nirkabel, tersedia dukungan WiFi dan Bluetooth 2.1. Berbeda dengan netbook, Gigabyte TouchNote T1028X menyediakan slot Express Card.
Info: www.gigabyte.com.tw

ASUS RT-N13U

Sebagai sebuah wireless router, Asus RT-N13U memiliki bentuk yang terbilang menarik. Dengan warna putih mengkilap, membuatnya tampil sesuai dengan laptop, ataupun all-in-one PC terkini. Dengan rancangan tanpa antena, membuatnya juga tampil sedikit lebih rapi, meski kenyataannya pada saat digunakan tetap membutuhkan untuk terpasang dengan kabel power supply, dan minimal satu kabel Ehernet RJ-45 terhubung deInfo: www.asus.com ngan Internet. Namun Asus mengklaim pengDengan rancangan tanpa antena eksternal

gunaan rancangan antena internal ini lebih optimal daripada penggunaan antena eksternal. Untuk spesifikasi terbilang cukup memuaskan. Mendukung konektivitas nirkabel IEEE 802.11b/g/n. Menggunakan EZ UI sebagai antarmuka untuk pengguna, yang memudahkan proses pengendalian dan pengoperasian untuk produk ini. Tersedia sebuah slot USB 2.0 yang dapat digunakan sebagai print server atau dihubungkan dengan removable storage dengan interface USB, dan berbagi pakai dengan pengguna yang terhubung jaringan Asus RT-N13U ini.

Dengan processor Intel Atom

Kohjinsha EX Series
Tablet PC
Awalnya, Ultra-Mobile PC (UMPC) mengacu pada proyek Origami, yang dipelopori oleh Microsoft, Intel, dan Samsung untuk sebuah tablet PC berukuran ringkas. Variasi berikutnya dari konsep UMPC ini adalah Mobile Internet Device (MID) yang dikembangkan oleh Intel. Namun, istilah UMPC makin berkembang penggunaannya, mengacu pada sebuah mobile PC yang ringkas, biasa dengan ukuran layar tidak lebih besar dari 10 inci.

TDP
Thermal Design Power atau Thermal Design Point (TDP) adalah besaran maksimal dari panas yang dilepaskan CPU, tanpa merusak komponen didalamnya. Biasanya, TDP tidak menggambarkan daya maksimal yang dibutuhkan saat CPU dalam keadaan full load. TDP hanya dapat menjadi acuan daya yang dibutuhkan dengan load CPU dalam kondisi normal, dari load aplikasi yang sehari-hari digunakan.

Selain Gigabyte, Kohjinsha juga memanfaatkan platform processor Intel Atom menjadi tablet PC yang ditawarkannya. Dengan display touch screen 11,6 inci, tablet PC ini memiliki ukuran keyboard yang cukup nyaman digunakan. Ini juga memungkinkan tablet PC Kohjinsha EX Series ini dilengkapi dengan optical disk drive DVD burner. Layar 11,6 inchi tersebut mampu menampilkan resolusi 1366 x 768 pixel. Spesifikasi lain Kohjinsha EX Series ini antara lain menggunakan processor Intel Atom N270 1,6GHz, dengan pilihan penggunaan RAM hingga 2 GB. Selain DVD burner, Kohjinsha EX Series menggunakan media penyimpanan

harddisk kapasitas 160 GB. Konektivitas nirkabel untuk dukungan WiFi dan Bluetooth juga tersedia. Tablet PC dengan sistem operasi Windows XP ini juga dilengkapi dengan fingerprint sensor, dan webcam resolusi 3MP yang membuatnya semakin berbeda dibanding netbook kebanyakan.
Info: www.geekstuff4u.com

Lenovo IdeaPad U450p
Sebuah laptop dengan platform processor Intel CULV belum lama ini diperkenalkan. Lenovo IdeaPad U450p adalah notebook dengan layar 14 inci yang tersedia menggunakan pilihan processor Intel Pentium SU2700 1,3 GHz 2 MB cache, FSB 800 MHz dengan maksimum TDP 10W atau processor Intel Core 2 Solo SU3500 1,4 GHz 3MB cache, FSB 800 Mhz, dan TDP maksimum 5,5 W.

Dilengkapi dengan memory RAM terpasang 3 GB, membuat kinerjanya cukup menjanjikan. Sedangkan untuk media penyimpanan, tersedia pilihan harddisk kapasitas 250 GB atau 320 GB, dan tambahan sebuah optical disk drive DVD burner. Layar 14 inci mampu menampilkan resolusi 1366 x 768 pixel, dari graphic controller Intel GMA X4500. Lenovo IdeaPad U450p dengan sistem operasi Windows Vista Home Premium akan dilengkapi dengan baterai lithium ion 6 cell. Belum diketahui daya tahan baterai untuk notebook yang satu ini.
Info: www.gizmodo.com

Juga menggunakan processor Intel CULV

Dilengkapi dengan DVD burner terintegrasi

USB 2.0
Interface yang digunakan kebanyakan UFD terkini. Secara teori, koneksi dengan interface ini mampu mentransfer data secepat 480 Mbps. Namun untuk UFD kecepatan transfer data tidak akan melebihi USB2.0, dikarenakan keterbatasan flash NAND yang digunakan.

WiFi
Wi-Fi adalah sebutan populer dari teknologi wireless yang digunakan pada jaringan nirkabel. Penggunaannya kini meluas selain pada PC, juga mulai digunakan pada handset mobile phone, video game console, PDA, dan perangkat portabel lainnya.

membuat rancangan notebook yang lebih tipis, dan lebih menarik untuk dilihat. Platform processor Intel CULV jugalah yang digunakan Dell untuk notebook seri Inspiron Z. Selain penggunaan tegangan renPlatform notebook menggunakan dah yang dapat membuat desain laptop semakin tipis, processor processor Intel CULV dengan penggunaan tegangan rendah, memung- Intel CULV juga memungkinkan kinkan platform ini dimanfaatkan penggunaan konsumsi daya baterai para parancang notebook untuk dapat lebih bertahan lama. Salah satu contoh notebook yang sudah menggunakan processor Intel CULV Notebook terkini adalah notebook Acer makin tipis Timeline dengan daya tahan dan dengan baterai yang mengesankan. baterai Seri Dell Inspiron Z akan hadir tahan lama dengan pilihan layar 11,6 inci, 14 inci, dan 15 inci. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai perkiraan harga dan spesifikasi lengkapnya.

Dell’s Inspiron Z

Nokia Booklet 3G
Nokia siap masuk ke wilayah pasar komputer dengan mengumumkan kehadiran netbook terbarunya dengan nama Nokia Booklet 3G. Spesifikasi yang kami peroleh antara lain processor Intel Atom 1,6 GHz Z530, layar 10 inci HD, port HDMI, bobot 1,25 kg, dan tebal 2 cm. Netbook tersebut juga diberi fitur seperti smartphone Nokia yaitu modem broadband, WiFi, Bluetooth, dan AGPS. Untuk sistem operasinya sendiri, dikabarkan akan menggunakan Windows 7 yang sudah dirampingkan. Namun yang paling mengesankan adalah daya tahan baterainya yang diklaim bisa dipakai hingga 12 jam. Sebenarnya, sebelumnya Nokia pernah memproduksi komputer. Tapi divisi tersebut dihentikan pada tahun 1991, saat Nokia mulai berfokus di wilayah ponsel. Saat tulisan ini dibuat, belum ada spesifikasi dan detail resmi dari Nokia mengenai produk ini, baik itu mengenai harga atau waktu peluncurannya. Dari rumor yang beredar, kemungkinan Nokia akan merilisnya pada kuartal keempat tahun ini. (zdnetasia.com)

Info: xtreview.com

10

18/2009

Audio/Video/Foto Aktual

Nikon D300s
Nikon meluncurkan satu lagi produk anyarnya, Nikon D300s. Kamera digital jenis SLR ini adalah versi pembaruan dari Nikon D300. Nikon D300s adalah kamera dengan sederet pembaruan. Antara lain, peningkatan fitur D-Movie atau perekaman video dengan kemampuan merekam video definisi tingPengganti seri gi (HD) dengan terdahulunya, resolusi 720p, dan dengan kecepatan 24 frabanyak me per detik (fps), pembaruan resolusi 12,3 me-

gapixel dengan CMOS sensor dan sistem autofokus hingga 51 poin, serta fasilitas continuous shooting hingga 7 fps. Dari segi resolusi foto, sebenarnya tak ada perubahan antara D300 dan D300s. D300s juga menggunakan sensor format DX, seperti yang dimiliki D300, yang membuatnya menjadi model kamera yang fleksibel. Karena itu, D300s disasar untuk dari yang cuma penggemar kegiatan fotografi hingga fotografer profesional, sampai jurnalis foto. D300s juga dilengkapi sistem audio berkualitas tinggi dengan input mikrofon stereo-eksternal guna mendukung kemampuan merekam video definisi tinggi. Ia juga memungkinkan pengguna mengedit rekaman video panjang dengan cepat, dan mengatur autofokus di layar LCD tiga inci 920.000 dpi.
Harga: N/A Info: www.nikon.com

Empat Multimedia Proyektor Canon
Canon meluncurkan empat multimedia proyektor terbarunya, yaitu Canon LV-7375, LV-7370, LV-7275, dan LV-8300 yang memiliki 1.2x zoom lens. Proyektor seri LV terbaru dari Canon hanya membutuhkan 3.1 m untuk menghasilkan proyeksi gambar sebesar layar 100 inci. Dengan fungsi clever screen colour correction, memberikan tampilan presentasi yang memukau walaupun menggunakan layar proyeksi yang kurang layak. Trio Canon LV-7375, LV-7370 dan LV-7275 beresolusi XGA (1024 x 768), memiliki kekuaProyektor dengan lensa zoom untuk segala ruangan

tan masing-masing sebesar 3500, 3000, dan 2600 lumens. Dengan DVI-I interface, video dan gambar yang dihasilkan pasti terbebas dari flicker, yakni garis-garis kabur dan permasalahan warna yang dihasilkan. Ketiganya bisa dihubungkan ke peranti HDCP (Highbandwidth Digital Content Protection) compliant. Jajaran proyektor seri LV dengan desain baru yang lebih ergonomis dan user friendly. Control Panel dan remote, dirancang untuk memberikan kemudahan dalam pengoperasiannya. Cover yang bisa dilepas memberikan opsi tambahan untuk mounting, serta mempermudah perawatan lampu proyektor.
Harga: US$1.450-US$2.100 Info: www.datascrip.com

Inilah Definisinya!
DPI
Ukuran titik densitas untuk pencetakan atau video, biasanya jumlah titik individual disebutkan dalam bentuk inci (2,54 cm). Nilai dpi berhubungan dengan resolusi gambar. Gambar yang disimpan dalam bentuk digital tidak memiliki dimensi fisik pasti, hanya disebutkan dalam ukuran centimeter atau inci. Beberapa gambar digital merekam gambar dengan nilai dpi atau ppi (pixels per inch).

FTP
Fitur smart face recognition pada kamera ini juga sanggup mendeteksi hinga 20 wajah. Pengguna juga bisa langsung meng-upload hasil jepretan ataupun rekamannya ke Facebook, YouTube, Google Picasa, ataupun Samsung Imaging. Rencananya, ketiga kamera 12 megapixel itu akan tersedia mulai September 2009. TL220 (dengan layar sentuh 3 inci) tersedia di kisaran harga 300 dolar AS, sementara TL225 yang memiliki LCD 3,5 inci harganya sekitar 350 dolar AS. Seri high end CL65 sendiri harganya tidak jauh berbeda, yakni di kisaran 400 dolar AS.
Harga: US$300-US$400 Info: www.samsung.com

Fuji Xerox DocuPrint C1190 FS
Fuji Xerox merilis printer terbaru DocuPrint C1190 FS yang ditujukan untuk pasar usaha kecil dan menengah. Printer ini termasuk kategori multifungsi karena mendukung fungsi pencetakan, faksimile, dan scanner, yang bisa saling terkoneksi. Sebuah fitur bernama Direct Fax ditanamkan untuk memperlancar distribusi dokumen. Dengan fitur scan to e-mail, pengguna bisa mengirimkan secara langsung hasil scan ke e-mail tertentu. Demikian pula jika ingin mengirimkan hasil scan itu ke jaringan server melalui fitur scan to FTP. Kecepatan cetak

DocuPrint C1190 FS untuk modus warna adalah 12 halaman per menit. Adapun untuk mode hitam-putih, kecepatannya adalah 16 halaman per menit. Dengan teknologi Direct Transfer, printer berbanderol US$699 ini menghasilkan gambar lebih tajam, dengan warna akurat. DocuPrint C1190 FS mencetak warna dengan resolusi hingga 600 x 600 dpi. Sedangkan untuk scanner, resolusinya hingga 9.600 dpi. Printer ini juga sudah dilengkapi dengan memory internal sebesar 384 MB yang terbesar di kelasnya.
Harga: N/A Info: www.fujixerox.com

Seri Kamera Samsung Terbaru
Samsung meluncurkan jajaran kamera DualView untuk pengguna jejaring sosial, yaitu kamera seri TL225, TL220, dan CL65. Selain dua layar LCD, baik TL225 dan TL220, memiliki fitur smart gesture user interface, dengan sensor gravitasi yang bisa diaktifkan hanya dengan menyentuh layar LCD depan. Untuk CL65, meski tak memiliki dua layar LCD, tetapi dilengkapi fitur teknologi canggih, seperti geo-tagging, Bluetooth 2.0, kompatibilitas DLNA, dan Wi-Fi.

File Transfer Protocol adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antarmesin dalam sebuah internetwork. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan download, dan upload berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.

HDCP
Standard proteksi pada HDMI. Player atau monitor yang tidak HDCP certified, tidak akan bisa mengeluarkan resolusi HD1080p (1920x1080). HDCP ini adalah bagian dari Image Constraint Token (ICT) yaitu proteksi digital yang sudah disetujui studiostudio besar penghasil film di dunia. Tanpa ada HDCP ini, Blu-ray atau HD DVD player tidak akan mengeluarkan signal 1080p.

Mencetak cepat, dengan kualitas baik

iPod Docking & Mini Hi-Fi
TDK Life on Record luncurkan dua model iPod docking entertainment system, yaitu iCubic, iSlim, dan mini hi-fi NX-4CD. Produk ini didesain dan dilengkapi dengan dual speaker, alarm clock, dan radio built-in untuk memenuhi kebutuhan para konsumen, terutama yang mengikuti perkembangan teknologi. iPod docking TDK Life on Record dibuat untuk iPod, termasuk iPod

Touch, Nano (generasi keempat), Classic, dan banyak lainnya. Namun, produk ini berfungsi bagi alatalat non-iPod yang memiliki koneksi jack audio-in 3.5 mm. Hal ini dimampukan karena produk didukung dengan format MP3/WMA. Khusus untuk NX-4CD, produk ini dilengkapi dengan CD Audio, USB driver, dan slot kartu SD/ MMC. Selain itu, juga dapat merekam hingga 30 jenis stasiun FM radio, sedangkan tipe lainnya hanya dapat merekam hingga 20 stasiun FM radio. Terdapat pula fitur lain, preset equalizer setting untuk jenis musik classic rock, pop, jazz dan flat, dimana pengaturannya dapat dilakukan dengan wireless remote control.
Harga: N/A Info: www.datascrip.com

Kamera digital bagi yang aktif surfing web

Picasa
Perangkat lunak aplikasi penyunting foto digital. Pembuat sebenarnya adalah Idealab, dan sekarang dimiliki oleh Google. Di bulan Juli tahun 2004, Google mengakuisisi Picasa, dan menjadikan Picasa gratis untuk di-download. Aplikasi ini berjalan di Windows XP, Windows Vista, Linux, dan Mac OS X yang dapat di-download melalui Google Labs.

wajah, mengatur komposisi gambar, serta mengambil foto untuk Anda. Aksesoris kamera Party-shot menggunakan image processor BIONZ yang terdapat pada kamera, lengkap dengan fitur face detection dan smile Sony luncurkan aksesoris kamera shutter untuk mengambil gambar, Party-shot yang bisa melakukan se- tanpa perlu ada interaksi dari pengmuanya secara otomatis, termasuk guna untuk menekan tombol. memutuskan kapan waktunya untuk Perangkat ini memudahkan pengmengambil gambar. Dudukan IPT- guna untuk mengambil momenDS1 personal photographer camera momen dengan ekspresi alami, tandapat berputar 360 derajat secara pa perlu meminta bantuan untuk horizontal, dan 24 derajat vertikal. mengambilkan gambar untuk Anda. Lalu kamera yang dipasang di sana Kompatibel dengan kamera digital dapat secara otomatis mendeteksi DSC-WX1 dan DSC-TX1 Cybershot, Partyshot dapat Aksesoris mengambil unik dengan foto sampai sentuhan 11 jam.

Sony Party-shot

Server
Sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan processor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system. Umumnya, di atas sistem operasi server terdapat aplikasiaplikasi yang menggunakan arsitektur klien/server.

teknologi

Docking juga dapat digunakan pada media player selain iPod

Harga: N/A Info: www. sony.com

18/2009

11

Aktual Gadget

Inilah Definisinya!
Acrylic
Bahan berwarna transparan dengan warna yang jernih. Berbeda dengan kaca, dengan ketebalan tertentu akan menimbulkan efek warna kehijauan, acrylic tetap berwarna bening dan jernih meski setebal apapun. Polimer plastik ini juga mudah dibentuk, membuat acrylic digunakan pada penutup kabin pesawat tempur dan pada jendela pesawat komersial, atau pada aquarium besar. Dengan ketebalan 32 mm, acrilyc dapat digunakan menjadi kaca anti-peluru. Nama lainnya adalah Plexiglas, Vitroflex, Limacryl, R-Cast, Per-Clax, Perspex, Plazcryl, Acrylex, Acrylite, Acrylplast, Altuglas, Polycast, Oroglass, Optix atau Lucite, tergantung produsennya.

Logitech Harmony 900
Televisi, Blu-Ray player atau DVD player ataupun perangkat audio Anda, setidaknya ada dua remote control yang sering digunakan. Belum lagi jika Anda berlangganan TV berbayar yang membutuhkan sebuah set top box tambahan dengan remote control tersendiri. Jika diperhatikan, cukup banyak remote control yang digunakan di kamar. Logitech Harmony 900 dapat meminimalkan penggunaan beberapa perangkat dengan remote control tunggal. Remote control universal ini da-

pat mengendalikan hingga 15 perangkat dengan jarak hingga 30 meter. Pada Logitech Harmony 900 tersedia database untuk 225.000 perangkat elektronik dari 5.000 merek yang berbeda, dan LCD touch screen berwarna yang semakin memudahkan penggunaannya. Namun semua yang ditawarkannya harus ditebus dengan harga yang sesuai. Dalam paket penjualannya, remote control ini dilengkapi antara lain rechargeable battery, charging dock, kabel USB, IR blaster, dan dua mini blaster untuk dihubungkan ke perangkat yang akan dikendalikan.
Info: www.logitech.com Harga: US$399,99

CM Storm Sentinel
Cukup banyak gaming mouse yang diperkenalkan dalam waktu yang hampir bersamaan. Kali ini dari produsen yang lebih dikenal untuk produk PC case, dan power supply unit (PSU) oleh para pengguna PC di Indonesia. Seperti kebanyakan gaming mouse, Cooler Master Sentinel juga memiliki spesifikasi sensitivitas mouse 5600

dpi yang cukup menjanjikan. Cooler Master baru memperkenalkannya dengan nama CM Storm Sentinel. Menggunakan teknologi laser dari Philip, yang membuatnya mampu memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi, ditambah dengan dengan lampu OLED di bagian atas yang dapat diubah tampilannya dengan memanfaatkan software yang disertakan pada paket penjualannya. Mouse gaming ini juga dilengkapi dengan 8 tombol tambahan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Dilengkapi dengan lapisan karet dan pemberat yang dapat disesuaikan dengan kenyamanan penggunanya, mouse yang dapat berpendar dengan warnawarni yang menarik ini patut dipertimbangkan, khususnya untuk kalangan gamer.
Info: www.cmstorm.com

Satu remote untuk semua

Razer Naga
Mouse Razer Naga ini adalah sebuah mouse untuk kalangan gamer pemain MMOG (Massively Multiplayer Online Gaming). Ada 17 fungsi tombol khusus untuk pemain MMOG, termasuk 12 tombol yang dapat diakses dengan mudah menggunakan ibu jari oleh pengguna mouse yang menggunakan tangan kanan.
Ke-12 tombol dapat diakses dengan ibu jari

eSATA
External SATA (eSATA) adalah pilihan interface terbaru untuk media penyimpanan eksternal. Diperkenalkan pada tahun 2004, awalnya untuk pilihan interface media penyimpanan eksternal hanya FireWire atau USB. Namun kedua interface tersebut mengakibatkan bottleneck pada kemampuan transfer, selain bridge yang digunakan menyebabkan fungsi SMART pada harddisk tidak dapat dimanfaatkan. eSATA dapat mengatasi semua kendala tersebut.

Penggunanya dapat meng-customize tombol tersebut dengan AddOns yang tersedia untuk beberapa judul game MMOG yang terkenal, seperti World of Warcraft, Warhammer Online: Age of Reckoning, dan lainnya, lengkap dengan video tutorial pada situs resminya. Selain tambahan tombol dan bentuknya yang ergonomis, mouse ini juga memiliki keistimewaan yang lebih menonjolkan fungsinya sebagai mouse gaming. Dengan dimensi 116 x 69 x 41,6 mm, mouse laser ini memiliki sensitivitas mouse hingga 560 dpi. Ia juga dilengkapi dengan lapisan teflon untuk pergerakan mouse yang lebih lancar. Ditambah dengan pendaran warna biru yang akan menambah tampilannya yang menarik.
Info: www.razerzone.com Harga: US$79,99

CM Sentinel dari Cooler Master

Freecom USB Memory
Jika USB flash disk (UFD) dengan kapasitas besar belum dapat menjadi pilihan yang ideal untuk penyimpanan portabel yang dibutuhkan dari sisi harga, maka produk yang satu ini dapat dipertimbangkan. Freecom USB Memory memiliki ukuran yang mirip seluas kartu kredit ataupun kartu ATM yang kebanyakan ada di dompet Anda, hanya saja sedikit lebih tebal dibandingkan kartu tersebut. Dengan dimensi 82 x 59 mm, membuatnya cukup ringkas untuk dibawa penggunanya sehari-hari. Namun untuk urusan kapasitas yang mampu ditampung media penyimpanan yang ringkas ini cukup mengesankan. Tersedia pilihan kapasitas 120 GB dan 160 GB. Kapasitas sebesar ini dimungkinkan,

Tersedia dengan pilihan kapasitas 120 GB dan 160 GB

Form Factor 1,8 inci
Form factor harddisk yang mulai digunakan pada mobile PC, juga beberapa perangkat portabel lainnya. Form factor harddisk lain yang sering dijumpai adalah form factor 3,5 inci yang sering digunakan pada kebanyakan desktop PC. Sedangkan form factor 2,5 inci juga masih sering digunakan pada notebook.

mengingat Freecom USB Memory ini menggunakan media penyimpanan harddisk dengan form factor 1,8 inchi. Ini yang membuat harganya cukup menarik. Untuk kapasitas 120 GB seharga 109 euro, sedangkan untuk kapasitas 160 GB seharga 129 euro.
Info: www.freecom.com

Corsair Flash Voyager GT 128GB
Belum lama ini, Corsair memperkenalkan produk terbaru dari jajaran terbaik USB flash disk (UFD) terbaiknya. Kali ini, hadir Corsair Flash Voyager dengan kapasitas 128 GB. Meski kapasitas UFD ini terbilang besar, dimensinya tetap ringkas, hanya 102 x 39 x 18 mm, sudah termasuk lapisan karet

Mouse Laser
Mouse optikal menggunakan lightemitting diode (LED), dan photodiode sebagai sensor pergerakan dari permukaan yang dilaluinya. Mouse optikal lebih baik dibandingkan jenis mouse mekanik yang masih menggunakan bola karet untuk membaca pergerakan mouse. Mouse laser masih termasuk bagian dari mouse optikal, dengan menggunakan laser sebagai sinar yang dibaca oleh sensor photodiode.

pelindung dari benturan. Spesifikasi yang ditawarkan juga cukup menjanjikan. Dengan read speed maksimal 32 MB/sec dan write speed maksimal 28 MB/sec. Terbilang cepat, mengingat keterbatasan kecepatan transfer yang dimungkinkan untuk perangkat dengan interface USB 2.0 yang tidak akan secepat eSATA. Pelapis karet pada Corsair Flash Voyager juga menjanjikan UFD ini dapat terisolasi dan bertahan dari air. Namun perlu diingat, UFD ini tahan air jika penutupnya terpasang. Jadi, usahakan jangan sampai penutup UFD yang satu ini tertinggal atau hilang.
Info: www.corsair.com

Logitech Anywhere Mouse MX
Logitech Performance Mouse MX dan Logitech Anywhere Mouse MX adalah dua mouse terbaru Logitech, menggunakan teknologi yang mereka sebut sebagai teknologi Darkfield Laser Tracking. Dengan teknologi tersebut, memungkinkan mouse optikal ini dapat digunakan di hampir semua jenis permukaan, bahkan di atas kaca atau acrylic, dan permukaan mengkilap lainnya yang cukup sulit dilakukan kebanyakan mouse optikal lainnya. Perbedaan antara kedua produk terbaru ini, utamanya adalah segmen pengguna yang dituju. Performa Mouse MX lebih ditujukan untuk pengguna desktop PC, dengan ukuran standar, dan memilik bentuk yang

ergonomis untuk pengguna mouse dengan tangan kanan. Sedangkan Anywhere Mouse MX lebih ditujukan untuk pengguna laptop ataupun notebook, dengan ukuran mouse yang lebih ringkas, dengan bentuk yang juga lebih ditujukan untuk pengguna non-kidal. Kedua produk mouse optical nirkabel ini dilengkapi transceiver berukuran kecil yang ringkas, yang disebut Logitech Unifying Receiver.
Info: www.logitech.com

UFD
Singkatan dari USB flash disk. Adalah sebuah flash disk dengan interface USB. Sering juga disebut sebagai pendrive, USB drive, thumb drive, dan lain sebagainya

Corsair Flash Voyager GT kini tersedia dengan pilihan kapasitas 128 GB

Dengan teknologi Darkfield Laser Tracking

12

18/2009

Game Aktual

Stalin vs Martian

Stalin vs Martians adalah game parodi real time strategy yang dikembangkan oleh Black Wing Foundation, Dreamlore, dan N-Game. Game ini menjadikan game strategy World War II sebagai lelucon. Jika Spesifikasi Minimum: Windows XP/Vista, Anda menginginkan game real time Processor Pentium 4 @ 1.5 GHz, Memory 2 GB, strategy yang tidak terlalu serius, ini Video Memory 256 Mb (GeForce 6800 atau lebih adalah pilihan yang tepat. Sekilas plot bagus), Sound Card DirectX kompatibel, DirectX cerita terlihat cukup mengesankan 9.0c, Harddisk Space 2 GB dengan setting tahun 1942 di musim Harga: $39,99 panas, dimana kaum martian tiba Genre: Real time strategy tiba mendarat di suatu tempat di Info: www.stalinvsmartians.com/ Siberia, dan menyerang orangorang Rusia. Situasi sangat kacau balau sehingga komandan Stalin mengambil alih operasi militer anti-alien di bawah kendalinya. Operasi tersebut adalah misi top secret dan secara virtual, tidak seorang pun tahu mengenai fakta intervensi bangsa extraterrestial ini. Namun kesan cerita yang serius ini dalam sekejap akan berubah, begitu Anda memainkan game-nya. Misi penyelamatan bumi dari pasukan alien

Penggambaran versi kartun dari alien dan Stalin justru terlihat menggelikan. Andalah yang ditugaskan untuk mengatasi serangan para alien tersebut, dan memukul mundur mereka kembali ke planet asalnya. Pada awal setiap misi, Anda akan menerima surat singkat dari Stalin berisi penjelasan seluruh misi yang harus Anda selesaikan.

Grey’s Anatomy
Siapa yang tak kenal dengan serial televisi populer ini. Cerita-cerita menarik bertema medis antara dokter dokter magang dan para mentornya di rumah sakit fiktif Seattle Grace menjadi daya tarik utama film seri ini, diselingi dengan romansa dan kehidupan pribadi karakter karakter utama. Game Grey’s Anatomy terbagi menjadi tiga mode permainan, challenges, choices, dan surgeries. Dua mode pertama dieksplorasi melalui beberapa tipe mini game yang harus diselesaikan dalam hitungan batas waktu. Game-game ini menunjukkan navigasi keadaan psikologi masing-

masing karakter, dan kebanyakan berhubungan dengan kepribadian mereka. Plot cerita utama berfokus pada berjangkitnya penyakit difteri di rumah sakit Seattle Grace. Beberapa subplot mengenai beberapa karakter, seperti Cristina Yang dan Alex Karev juga dikembangkan di sini. Pada game ini, pemain akan berinteraksi dengan wajah-wajah yang sudah Anda kenal dari film, namun juga dilakukan penambahan beberapa karakter baru yang bersifat eksklusif untuk video game. Anda dapat memilih bermain sebagai karakter favorit Anda, Meredith Grey, Derek, Isobel, dan sebagainya, dengan model karakter 3D berdasarkan penampilan asli mereka.
Spesifikasi Minimum: Windows XP/Vista, Processor Pentium 4 @ 3 GHz, Memory 2 GB, Video Memory 256 Mb, Sound Card DirectX kompatibel, DirectX 9.0c Harga: $39,99 Genre: Simulation Info: www.greysanatomyvideogame. com/

Inilah Definisinya!
Martian
Dalam film atau karya sci-fi, istilah ini merujuk pada alien yang disebutkan datang dari planet Mars. Dengan atmosfer tipis dan spekulasi adanya kandungan air di planet Mars, banyak penelitian telah dilakukan untuk memastikan terdapat kehidupan di planet Mars. Penelitian ini seringkali diangkat dalam film-film bertema fiksi ilmiah yang menggambarkan kehidupan di planet Mars sebagai organisme yang memiliki cara hidup, dan struktur tubuh yang berbeda dengan manusia pada umumnya.

Parodi
Cerita adaptasi yang diciptakan dengan mengambil tema dari film atau novel populer yang telah memiliki kesan mendalam bagi para penggemarnya, namun dikemas dalam genre humor. Parodi adalah imitasi dari karya asli dengan perbedaan yang kritikal sehingga mengshasilkan impresi yang berbeda.

Gunakan mouse untuk melakukan sejumlah langkah pembedahan rumit

Still Life
Game adventure awal besutan Microids. Setelah dirilis pada tahun 2005, Microids melanjutkan sekuelnya pada tahun 2009. Semenjak itu, game ini telah terjual sebanyak 240.000 kopi di seluruh dunia. Menceritakan investigasi agen khusus Victoria McPherson dalam menyelidiki sejumlah pembunuhan berantai yang brutal di Chicago. Identitas sang pembunuh tidak pernah terungkap, Victoria beberapa kali berhadapan dengannya dalam pengejaran, namun tidak dapat melihat sosok di balik topengnya. Game ini sempat menimbulkan kontroversi karena akhir cerita yang menggantung. Still Life berakhir tanpa membuka kedok si pembunuh.

The Whispered World
Dengan setting di dunia fantasi berlatar cantik, seorang pemuda sederhana bermimpi sesosok misterius memberitahunya bahwa dunia akan hancur, dan hanya dia yang dapat menyelamatkannya. Begitu terbangun, Sadwick segera berkemas dan memulai perjalanannya melewati hutan-hutan musim gugur, pulau, dan berbagai tempat. Dalam perjalanan, banyak hal-hal menarik yang ia temui, juga orang-orang dengan profesi yang tak pernah diduganya, seperti para pencuri pengetahuan yang berkelana menjelajahi dunia untuk mencuri pengetahuan.

Dari segi grafis, game ini dilukiskan dengan detail yang menarik. Efek pencahayaan dan tekstur yang tepat memberi kesan yang sempurna. Untuk jalan cerita dan karakter, game ini telah mengalami banyak perubahan besar dibandingkan dengan konsep aslinya. Tokoh utama pada awalnya dirancang berpenampilan kekanakan dengan kostum cerah. Namun untuk memperluas cakupan usia pemain, karakter ini dirancang ulang. Kini Sadwick tidak lagi terlihat seperti anak anak, dengan penampilan dan kostum berwarna tanah yang membuatnya terlihat sedikit dewasa. Demikian pula dengan alur cerita yang lebih serius sehingga orang dewasa yang memainkan game ini tidak akan merasa seperti anak anak.
Spesifikasi Minimum: Windows XP/Vista, Processor Pentium 4 @ 2.6 GHz, Memory 1 GB, Video Memory 256 Mb, Sound Card DirectX kompatibel, DirectX 9.0c Harga: $49,99 Genre: Adventure Info: www.the-whispered-world.de/

Storm-Frontline Nation
Game bergenre turn based strategy dengan alur cerita epik ini digambarkan sesuai situasi pada zaman modern di benua Eropa dan Afrika Utara. Anda dapat menggunakan angkatan bersenjata Amerika atau Eropa. Taktik yang lebih superior akan menunjukkan siapa yang lebih bisa bertahan di medan peperangan. Anda dapat memainkan StormFrontline Nation dalam mode strategic atau tactical. Dengan adanya customize mode game ini, Anda dapat memilih akhir gameplay yang bervariasi. Mode game strategic adalah situasi dimana pemain mengatur produksi, diplomasi, penelitian, dan koordinasi dari angkatan bersenjata. Peta strategis mengandung lebih dari
Medan pertempuran berbentuk heksagon yang interaktif

500 daerah, dan 90 kota di seluruh benua Eropa dan Amerika. Untuk bermain, akan tersedia 45 pemain dari sejumlah negara yang dapat Anda pilih. Mode tactical adalah dimana pertempuran berada. Untuk menang, penyerang harus mengambil bendera musuh atau menghancurkan seluruh unit musuh. Mode ini menawarkan pemain kendali penuh pada unit militer di dalam medan pertempuran. Terdapat sejumlah tipe daerah yang berbeda dikombinasi dengan sistem cuaca yang dinamis, badai, hujan deras, dan badai pasir yang memberi pengaruh yang berbeda.
Spesifikasi Minimum: N/A Harga: $49,99 Genre: Turn based strategy Info: www.stormfrontlinenation.com

Subplot
Alur cerita yang merupakan anak dari cerita utama. Digunakan untuk mendeskripsikan bagian bagian tertentu yang membutuhkan detail. Subplot selalu digunakan dalam karya tulis, skenario bahkan pengembangan game. Terkadang sebuah subplot dapat berdiri sendiri, tidak hanya sebagai bagian pendukung dari keseluruhan cerita.

Petualangan dunia fantasi dikemas dalam grafis yang cantik

Turn Based Strategy
akan digunakan pada game-game yang akan datang dari perusahaan ini.
Spesifikasi Minimum: Windows XP SP2/ Vista, Processor CPU @ 2.4 GHz, Memory 1 GB, Video Memory 128 Mb (mendukung 2.0 shaders), Harddrive Space 3 GB, Sound Card DirectX kompatibel, DirectX 9.0c Harga: $39,99 Genre: Adventure Info: www.syberia-series.com/en/

Syberia III
Direncanakan untuk diluncurkan pada tahun 2010. Sekali lagi berbekal konsep cerita dari pencipta script Syberia 1 dan 2, Benoit Sokai, dan dikembangkan oleh pengembang game asal Prancis, Microids. Kembali mengikuti petualangan Kate Walker, sang pengacara ambisius dari New York. Bagi penggemar game besutan Microids, di game ini Anda juga akan bertemu dengan investigator

Victoria McPherson yang merupakan karakter dalam game Microids yang lain, Still Life dan Still Life 2 Jika Syberia pertama banyak menuai kritik untuk desain grafis dan script yang kurang memuaskan. Maka Syberia 3 diharapkan dapat memenuhi standar para pencinta game sebagai game 3D bersifat real time. Salah satu inovasi baru dari game ini adalah adanya kolaborasi online di antara pemain PC dan PS3, dengan menggunakan pertukaran data dan sharing antara dua platform yang berbeda. Kolaborasi antara pemain ini memungkinkan para pemain untuk

memanfaatkan kemampuan pemain lain. Microid sebagai pengembang juga menyatakan bahwa gaya gameplay dengan kolaboratif gaming

Sub genre game yang merupakan pengembangan dari game strategy. Pada umumnya, digunakan dalam jenis war game yang membutuhkan aksi strategis dalam pertempuran, dan penyerbuan kubu musuh. Tema yang diambil biasanya diangkat dari sejarah nyata, seperti Perang Dunia I dan II. Dalam game turn based strategy, pada umumnya melibatkan beberapa negara.

Detail grafis Syberia 3 menggunakan artwork sama dengan sebelumnya, dengan tambahan inovatif

18/2009

13

Aktual Freeware

Inilah Definisinya!
Cache
Suatu tempat untuk menyimpan sesuatu secara sementara, atau mekanisme untuk mempercepat transfer data dengan cara menyimpan data yang telah di akses di suatu buffer, dengan harapan jika data yang sama akan diakses, akses akan menjadi lebih cepat. Dalam Internet, sebuah proxy cache dapat mempercepat proses browsing dengan cara menyimpan data yang telah diakses di komputer yang berjarak dekat dengan komputer pengakses.

Yahoo! Messenger Hider 1.3.2
Untuk penggunaan aplikasi tertentu, salah satunya Yahoo! Messenger, pastinya akan merasa tidak nyaman bila orang lain mengetahui ataupun mengganggu chat pribadi Anda dengan melihat jendela Yahoo! Messenger yang sedang terbuka. Adakalanya dalam situasi tertentu Anda ingin menyembunyikan Yahoo! Messenger, biar tidak dilihat orang lain. Salah satu aplikasi yang dapat menjadi solusi adalah Yahoo! Messenger Hider. Aplikasi ini dapat menyembunyikan semua jendela Yahoo! Messenger bahkan icon tray. Anda hanya perlu mengingat dan menggunakan tombol keyboard tertentu saja. Aplikasi ini berjalan pada proses startup Windows, tanpa menambahkan icon shortcut aplikasi, baik pada

start menu Windows ataupun pada desktop. Pastikan .Net Framework versi 2 telah diinstal sebelum mempergunakan aplikasi ini.
Harga: Gratis Ukuran File: 457 KB Download: http://pc-software.ro/data/soft/ yh_v_1_3_2.zip

BitFinder 1.12
Tanpa disadari, user sering melakukan copy dan paste file/folder ke dalam drive ataupun direktori tertentu dengan tujuan backup. Seringnya aktivitas tersebut dilakukan tentunya akan menyulitkan user dalam mengetahui keberadaan file yang di copy-paste tersebut, dan

Disertakan di CD edisi 18/2009

mana yang isinya merupakan update terbaru. Mencari ataupun menelusuri satu per satu drive/folder tentunya akan menyita waktu, dan tentu bukan pilihan tepat dalam mengatasinya. Cara cepat yang dapat Anda pilih adalah menggunakan aplikasi BitFinder. Aplikasi ini dapat membantu Anda menemukan file yang terduplikasi dengan memasukkan kata pencarian. Output pencarian ditampilkan pada jendela BitFinder, dan operasi file yang dapat diterapkan bagi file-file tersebut diantaranya copy, delete, dan move.
Harga: Gratis Ukuran File: 653 KB Download: http://diacreations.net/ public/releases/BitFinder1.12Alpha.exe

Cookies
Sarana penyimpan informasi yang dibuat oleh suatu Web site untuk menyimpan informasi tentang user yang mengunjungi situs yang bersangkutan

Disertakan di CD edisi 18/2009 Menemukan file yang terduplikasi dengan cepat Menyembunyikan Yahoo! Messenger dengan mudah dan cepat

KDE
K Desktop Environment adalah lingkungan desktop (desktop environment) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech. KDE berjalan pada banyak ragam sistem Unix, termasuk Linux, BSD, dan Solaris. Terdapat pula versi KDE untuk Mac OS X dengan bantuan lapisan X11 dan untuk Microsoft Windows dengan bantuan Cygwin. Keunggulan utama KDE adalah kemudahan pemakaian, fleksibilitas, portabilitas, dan kekayaan fitur. KDE dikembangkan sejalan dengan KDevelop, paket pengembangan perangkat lunak, dan KOffice, paket aplikasi office.

Scott’s Gmail Alert 2.7
Bagi Anda pengguna Gmail pastilah tahu bahwa Gmail masih memiliki kekurangan atas fitur e-mail alert yang berfungsi memberitahukan Anda bila e-mail baru telah masuk mailbox. Cukup melelahkan bila harus login terus-menerus atau tiap waktu

Skype
Program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program gratis, dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara.

jika untuk memeriksa apakah ada email baru yang masuk, terlebih bila Anda memiliki lebih dari satu Gmail account. Scott’s Gmail Alert bisa memonitor terhadap Gmail account Anda sampai lima account. Anda hanya perlu login Gmail account pada aplikasi ini sehingga Anda dapat me-reply-nya secara langsung e-mail yang masuk dengan mengklik tombol pada jendela notifikasi yang datang, tanpa harus login kembali pada Gmail. Tak hanya itu, Anda pun dapat membuat pesan baru tanpa harus login pada Gmail. Aplikasi ini mendukung sistem operasi Windows XP/Vista dan 7. Untuk menggunakannya, pastikan sistem operasi Anda memiliki.Net Framework versi 3.5.
Harga: Gratis Ukuran File: 817 KB Download: http://ga.graphicport.net/Scotts_ Gmail_Alert_2.7.zip

SNS-Resizer 1.7.0

Melakukan proses yang sama dan berulang tentunya akan lebih mudah bila dilakukan secara otomatis dan Harga: Gratis simultan. Salah satu proses yang Ukuran File: 853 KB dapat dikerjakan serentak, misalnya Download: www.mmj.pl/~snibisz/SNS-Resizer/ melakukan penambahan watermark SNS-Resizer-800.exe pada gambar/foto, me-resize uku- Disertakan di CD edisi 18/2009 ran gambar/foto, penambahan tanggal, penambahan frame, copy metadata, serta penajaman gambar/foto. Proses ini dikonfigurasikan ke dalam sebuah file batch. Salah satu aplikasi yang dapat melakukan proses batch terhadap beberapa jenis proses tersebut adalah SNS-Resizer. Aplikasi ini tidak membutuhkan instalasi, dengan kata lain Me-resize banyak foto dengan mudah dan cepat

dapat langsung digunakan. Dengan SNS-Resizer, Anda dapat dengan mudah me-resize foto, drag dan drop file foto atau folder yang berisikan file foto ke dalamnya. Aplikasi ini membutuhkan .Net Framework versi 2.

Monitoring kehadiran e-mail baru yang masuk inbox

Disertakan di CD edisi 18/2009

CPUID TMonitor 1.01 Beta
Processor merupakan salah satu komponen penting pada sebuah PC. Terdapat dua istilah yang se-

Visio
Aplikasi komputer yang yang dirilis oleh Microsoft dansering digunakan untuk membuat diagram, diagram alur (flowchart), brainstorm, dan skema jaringan. Aplikasi ini menggunakan grafik vektor untuk membuat diagram-diagramnya.

Family Database 2009 2.1.0.975
Memiliki keluarga atau menjadi bagian dari keluarga tentunya harus mengenal satu sama lain dan hubungan yang tetap terjalin, meskipun tidak bertempat tinggal yang sama. Untuk mengenal harus mengetahui informasi masing-masing dari anggota keluarga. Adapun informasi tersebut diantaranya nama lengkap, tanggal lahir, telepon rumah, nomor handphone, nomor faks, alamat tempat tinggal, kode pos, dan alamat e-mail. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk memudahkan pencatatan informasi anggota keluarga adalah Family Database. Aplikasi ini menyimpan informasi dalam sebuah database yang terorganisasi. User dapat mudah melakukan pencarian data, mencetak informasi ke kertas ataupun mengeksport ke dalam je-

nis file xml, html, dan csv untuk keperluan lain. Terdapat beberapa tampilan Family Database yang terbagi dalam tab, salah satunya adalah Calender. Pada tampilan Calender, Anda dapat mengklik tanggal dan bulan tertentu untuk melihat tanggal lahir dari anggota keluarga yang tersimpan dalam database dengan cepat.
Harga: Gratis Ukuran File: 10,6 MB Download: www.familydatabase.net/files/ fdb2009f.exe

Yum
Aplikasi manajemen paket berbasis paket .RPM yang kini digunakan pada distro berbasis Fedora (Dimulai dari Fedora 5). Sama dengan APT, YUM juga mendukung pengambilan paket dari beberapa media seperti CD-ROM, DVD-ROM maupun Internet.

Disertakan di CD edisi 18/2009

ring terdengar pada processor, antara lain clock dan thread. Thread merupakan instruksi-instruksi yang diterima oleh processor, sedangkan clock itu sendiri mengarah pada kecepatan processor dalam menangani thread. Proses yang terdapat dalam processor terkait dengan dua istilah tersebut dapat divisualisasikan agar mudah dimengerti dengan menggunakan software atau utilitas tertentu, salah satunya adalah CPUID TMonitor. Aplikasi ini dapat menampilkan clock aktif bagi masing-masing thread sebuah procesor secara real time dengan refresh rate 20 kali per detik. Aplikasi ini pun dapat mendeteksi mekanisme seperti Intel Turbo Boost, serta memvisualisasikannya secara jelas pengaruhnya pada kinerja processor.
Harga: Gratis Ukuran File: 569 KB Download: www.cpuid.com/download/tmonitor/ TMonitor_101.zip

Disertakan di CD edisi 18/2009 Mengorganisasi data pribadi anggota keluarga Memahami proses kerja processor melalui visualisasi GUI

14

18/2009

Freeware Aktual

Sonarca Sound Recorder Free 3.0.2
Merekam suara dapat dilakukan menggunakan software komputer. Tentunya PC tersebut harus dileng-

kapi komponen lain ataupun perangkat audio pendukung, salah satunya adalah microphone. Softwaresoftware tersebut memiliki keunikan tersendiri, seperti halnya pada Sonarca Sound Recorder. Aplikasi ini dapat membantu Anda melakukan perekaman suara yang berasal dari berbagai sound

input serta mendukung file audio/ video playback, CD player, line in, microphone, Internet radio, modern sound cards: multi-channel/ professional/external USB sound card bahkan tape/kaset VHS, dan lain sebagainya. Output dari rekaman tersebut dapat berupa file format wav dan mp3. Aplikasi ini dalam prosesnya cukup cepat dan ringan, tanpa menghasikan file temporary. Informasi detail mengenai sound device dapat dicetak ataupun didiagnosis oleh aplikasi ini. Semua event tersimpan dalam log untuk keperluan diagnosis di kemudian hari.
Harga: Gratis Ukuran File: 1,32 MB Download: www.accmeware.com/Files/ FreeRecorderSetup.exe

Rising PC Doctor 6.0.0.54
Berbagai ancaman malware, virus, trojan, DoS, dan lainnya, perlu diwaspadai. Aktivitas browsing ataupun transaksi online biasanya sudah menjadi sasaran empuk bagi serangan aplikasi berbahaya tersebut. Untuk antisipasi, ada baiknya Anda memiliki anti-spyware, antivirus, system and application update, utilitas cleaner, serta firewall. Salah satu aplikasi yang dapat berperan dalam analisis malware, proteksi akses terhadap malicious website, proteksi browser, block download

trojan, serta mampu memperbaiki kerusakan browser Internet Explorer maupun Windows akibat malicious software adalah Rising PC Doctor. Aplikasi ini memang didesain menjadi sebuah tool keamanan yang cerdas dan profesional bagi para penggunanya. Secara otomatis, aplikasi ini melakukan scanning terhadap malware yang potensial berjalan saat Windows startup. USB device storage kesayangan Anda pun dapat diimunisasikan menggunakan aplikasi ini.
Harga: Gratis Ukuran File: 9,2 MB Download: http://down.rising-global.com/ for_down/09globalver/RPCDOC.EXE

Disertakan di CD edisi 18/2009

Merekam suara dari berbagai sound input

Disertakan di CD edisi 18/2009

OfficeIns v1.05
Terdapat beragam aplikasi perkantoran saat ini. Salah satunya adalah produk Microsoft Office, termasuk didalamnya Word, Excel, Outlook, Powerpoint, Project, Visio, dan Frontpage. Seiring dengan perkembangan kebutuhan user, hadirlah add-ons aplikasi-aplikasi tersebut. Add-ons ini dapat di-enable ataupun di-disable. Untuk memudahkan pengaturan terhadap add-ons tersebut, dapat dipergunakan utilitas kecil yang dikenal dengan OfficeIns. Utilitas ini tidak membutuhkan proses instalasi ataupun .dll tam-

bahan untuk dapat berjalan. Anda hanya perlu mengekstak file download ke sebuah folder baru, dan segera dapat dijalankan. Seleksi salah satu atau lebih item add-ons yang tampil pada jendela OfficeIns, kemudian pilih change start mode - disabled untuk mendisable item. Setiap konfigurasi

OfficeIns tersimpan dalam file .cfg, tidak lagi pada registry Windows. Aplikasi ini pun mendukung opsi command line.
Harga: Gratis Ukuran File: 35 KB Download: www.nirsoft.net/utils/officeins.zip

Disertakan di CD edisi 18/2009

Mengamankan PC dari serangan malware

Mengoptimalkan penggunaan add-ons

BleachBit 0.6.1
Apabila memiliki kapasitas harddisk yang tidak besar, maka user harus pandai-pandai memanfaatkan ruang harddisk tersebut agar optimal penggunannya. Secara berkala user harus melakukan pembersihan filefile yang tidak terpakai atau filefile sampah yang dihasilkan oleh proses aplikasi atau sistem operasi, termasuk didalamnya file log, file temporary, broken shortcut, Internet history, cache, cookies, dan lain sebagainya. Untuk solusi masalah tersebut,

ThGCube 0.99.0
Salah satu objek yang tiap waktu dilihat oleh user bahkan sejak startup Windows adalah desktop. Tampilan desktop dapat di-customize, baik itu menggunakan fitur standar Windows ataupun menggunakan software tambahan lainnya. Salah satu aplikasi yang termasuk di dalamnya adalah ThGGube. Aplikasi ini dapat menghiasi desktop Anda dengan koleksi gambargambar yang berotasi pada sisi

kubus 3D. Ukuran, posisi, dan kecepatan rotasi dapat ditentukan oleh Anda sendiri. Secara otomatis, bila ada gambar baru akan segera ditam-

bahkan atau terintegrasi di dalam kubus ini. Tentukan direktori dimana Anda meletakan koleksi gambar, dan dengan segera aplikasi ini menggunakan gambar-gambar di dalamnya pada sisi kubus. Rotasi dapat diatur menggunakan mouse dengan event mouse yang berbeda tentunya.
Harga: Gratis Ukuran File: 1,63 MB Download: www.thgsoft.ch/ThGCube.zip

user dapat mempergunakan aplikasi yang dikenal dengan BleachBit. Aplikasi ini dapat menghapus filefile yang tidak diperlukan sehingga didapati ruang kapasitas harddisk yang lebih memadai. Anda dapat mempergunakannya pada sistem operasi Windows maupun Linux. Aplikasi ini mampu menghapus file-file sampah yang dihasilkan oleh beberapa aplikasi, seperti Internet Explorer, Firefox, OpenOffice.org, Opera, Safari, Skype, Yum, Flash, Adobe Reader, KDE, dan lain sebagainya.
Harga: Gratis Ukuran File: 7,05 MB Download: http://bit.ly/TmoPu

Disertakan di CD edisi 18/2009 Menampilkan koleksi gambar pada sisi-sisi kubus 3D

Disertakan di CD edisi 18/2009

Pernyataan CD
Penggantian CD
Bila mendapatkan CD yang rusak saat pembelian, silakan hubungi redaksi PC Mild di Gedung Warta Lt. 4, Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430. Telp: (021) 315-3731 ext. 127-131. Fax: (021) 315-3732. E-mail: pcmild@pcmedia.co.id. Untuk yang berdomisili di Jakarta, kami sarankan datang langsung ke redaksi dengan membuat perjanjian terlebih dahulu. Pelanggan yang berada di luar Jakarta, silakan kirim CD yang rusak ke alamat di atas. Cantumkan alamat lengkap serta nomor telepon Anda. Batas pengembalian CD minimal dua minggu setelah kami menerima CD Anda. hui lebih lanjut tentang penggunaan program tersebut, silakan kunjungi website pembuat program atau membaca file Help yang biasanya sudah disertakan masing-masing program.

Dukungan Teknis
PC Mild tidak memberikan dukungan teknis atau panduan terhadap program yang ada di dalam CD. Jika memiliki masalah atau ingin mengeta-

Bebas Virus
CD PC Mild sudah melalui proses pemeriksaan virus yang terpercaya dan bebas dari bentuk malware lain seperti spyware, adware, dan lain-lain.
Mengoptimalkan penggunaan ruang harddisk

18/2009

15

Aktual Patch/Security Update

Inilah Definisinya!
Hosting
Atau biasa disebut juga sebagai web hosting, adalah jasa yang diberikan oleh sebuah perusahaan yang menyediakan ruang (space) untuk dokumen website agar dapat diakses melalui Internet. Dengan kata lain, web hosting menyewakan ruang hard disk untuk website pada komputer server yang terhubung dengan Internet.

Restaurant Empire II Patch 1.01 Beta
Beragam bentuk usaha yang dapat diselami saat ini, salah satunya yang banyak digeluti adalah usaha restoran. Mempelajari pengelolaan restoran dapat dimulai melalui game simulasi restoran, yaitu Restaurant Empire 2. Dalam game ini, pemain dapat menyajikan menu terbaik, mendesain

pakaian staf, serta mengorganisasikan penampilan restoran dengan menghiasi restoran menggunakan interior dan theme yang berjumlah banyak. Adapun hidangan yang disajikan diantaranya masakan Italia, Prancis, AS, dan Jerman. Menanggapi kabar atas masalah game ini pada kompatibilitas PC yang memilih lebih dari dua core CPU, dirilislah patch terbaru dengan versi 1.01. Patch ini pun mendisable bayangan ketika dideteksi adanya inkompatibilitas kartu grafis 3D untuk menghindari crash di kala permainan sedang berjalan.
Spesifikasi Minimum: Windows 2000, Processor 1 Ghz, RAM 512 MB, Ruang hardisk 2 GB Ukuran File: 9,46 MB Nama File: re2.exe Nama Pembuat: Paradox Interactive Download: www.strategyinformer.com/pc/ restaurantempireii/patch/32725.html

Safari 4.0.3
Banyaknya browser saat ini, memberikan banyak pilihan dan fitur bagi user. Namun yang terpenting dalam pemilihan browser adalah tetap memperhatikan sisi keamanan, performa, serta stabilitasnya. Salah satu browser yang mendukung sistem Perbaikan atas penanganan data grafis pada website tertentu operasi Mac maupun Windows adalah Safari. grafis yang berasal dari sebuah wePada versi sebelumnya, pada brow- bsite, serta penanganan string teks ser ini didapati berbagai kelemahan, yang panjang. baik pada versi Windows maupun Mac, dan saat ini rilis terbarunya, Spesifikasi Minimum: Windows XP, Processor yaitu versi 4.0.3 telah hadir sebagai 500 Mhz, RAM 256 MB solusinya. Ukuran File: 27,20MB Kelemahan tersebut, dua diantara- Nama File: SafariSetup.exe nya merupakan bug yang didapati Nama Pembuat: Apple secara khusus pada versi Windows, Download: www.apple.com/safari/download/ antara lain pada penanganan data Disertakan di CD edisi 18/2009 bagai theme untuk mempercantik bentuk dan tampilan. Tentunya dengan memiliki pengetahuan web programming, Anda dapat mendesain sendiri theme yang diinginkan. Bentuk dari pengembangan WordPress itu sendiri, salah satunya online shopping yang terintegrasi didalamnya. Belum lama ini, telah terdengar celah keamanan yang menjengkelkan user pengguna WordPress, meskipun tidak membiarkan tindakan remote access. Seseorang dapat melakukan reset password sebuah account WordPress yang tidak memiliki sebuah key dalam database, biasanya account admin, dan password baru dikirimkan via e-mail ke pemilik account WordPress. Menangani kondisi tersebut, tim WordPress merilis update terbarunya, yaitu versi 2.8.4.
Spesifikasi Minimum: Apache/IIS, database MySQL Ukuran File: 2,2 MB Nama File: latest.zip Nama Pembuat: Wordpress Download: http://wordpress.org/latest.zip

Open Source
Perangkat lunak yang menyertakan kode sumber (source code) dalam pendistribusiannya kepada umum. Sehingga setiap orang bebas memodifikasi software tersebut dan menyebarluaskan kembali hasil modifikasinya, baik secara gratis maupun komersial namun harus tetap menyertakan source code yang telah dimodifikasi. Alasan penggunaan open source adalah bisa mempelajari isi sebuah program. Selain itu alasan lainnya adalah Free/bebas. Bebas disini tidak selalu gratis. Perangkat lunak yang gratis (yang bisa didapatkan tanpa membayar) belum tentu Free Software/Open Source. Sedangkan perangkat lunak yang Free Software/Open Source juga belum tentu gratis (bisa didapatkan tanpa membayar). Sebagai contoh, Winamp adalah freeware, dapat di-download secara gratis tetapi bukanlah Free/Open Source Software. Sebaliknya, distribusi Linux seperti Redhat Enterprise Linux adalah Free/ Open Source Software, tetapi tidak didapatkan secara gratis.

Disertakan di CD edisi 18/2009 Disable bayangan untuk atasi crash inkompatibiltas kartu grafis 3D

WordPress 2.8.4
Tidak sulit untuk dapat segera memiliki blog. Berbagai free hosting, tool, dan template telah tersedia dari banyak sumber. Salah satu tool blog yang dapat digunakan secara gratis serta bersifat open source adalah WordPress. Tool ini dapat menggunakan ber-

Penumbra Overture ATI Hotfix
Salah satu game action petualangan 3D yang menghadirkan horor adalah Penumbra: Overture. Game ini menawarkan gameplay yang intuitif dan menantang, menggunakan interaksi pergerakan mouse yang jenisnya belum pernah digunakan sebelumnya pada sebuah game. Pemain akan leluasa menggerakan objek pada game layaknya seperti dunia nyata. Sama dengan game lainnya, game ini pun demi perbaikan telah merilis sebuah hotfix yang dikenal dengan ATi Hotfix. Adapun hotfix ini dikhususkan untuk perbaikan error pada kartu grafis ATi bagi semua game Penumbra, termasuk Penumbra Collection. Error tersebut mengakibatkan hilangnya jendela di saat

menggunakan terminal komputer, hilangnya dinding/objek serta tekstur yang flicker. Untuk instalasi, pastikan Anda mengikuti panduan instalasi secara benar.
Spesifikasi Minimum: Windows XP, Processor 1 Ghz, RAM 256 MB, harddisk 1 GB, ATi Radeon 8500 Ukuran File: 1,23 MB Nama File: penumbra_all_ati_hotfix.7z Nama Pembuat: Frictional Games Download: www.strategyinformer.com/pc/ penumbraoverture/patch/32719.html

Disertakan di CD edisi 18/2009

Phishing
suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi sensitif, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti e-mail atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (‘memancing’), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.

Mengatasi masalah reset password Perbaikan error kartu grafis ATi

Disertakan di CD edisi 18/2009

Waspada Terhadap Notification Comment
Banyaknya aplikasi pendukung pada Facebook belum tentu aman untuk digunakan. Beberapa diantaranya telah direspons oleh Facebook karena mengganggu privasi user Facebook bahkan baru-baru ini telah didapati aplikasi-aplikasi berbahaya yang bukan bagian dari Facebook pun terinstal pada user Facebook akibat tindakan phishing berupa notifikasi komentar baru. User Facebook yang menjadi korban awalnya akan tertipu dengan notifikasi tersebut, dan mengklik link yang disertakan pada notifikasi tersebut yang mengarah pada sebuah situs phishing domain “fucabook.com” yang menampilkan login Facebook, serta instalasi salah satu dari aplikasi-aplikasi berbahaya. Setelah aplikasi berbahaya tersebut terinstal, teman-teman dari user Facebook tersebut akan menjadi korban spamming. Menanggapi serius akan hal tersebut, Facebook segera melakukan disable terhadap aktivitas aplikasi-aplikasi berbahaya tersebut, yang sering teridentifikasi dengan “Friends”, “Friends Gifts”, “Matching”, “Poke”, dan “Your Photos”. (news.cnet.com)

Games for Windows LIVE Setup 3.0
Biaya komunikasi real time yang mahal melalui telepon, kini dapat disiasati dengan mempergunakan aplikasi chat. Tentunya, user harus terhubung dengan Internet sebagai perantara. Masing-masing aplikasi chat memiliki fitur tambahan tersendiri, ada yang sudah terintegrasi secara langsung, namun adapula yang mewajibkan penggunanya melakukan instalasi paket tambahan. Salah satunya adalah service game online pada Windows Live. Dengan keberadaan paket ini game Windows standar maupun perangMenikmati game pada Windows Live

kat lain, seperti Xbox dapat terkoneksi satu sama secara online. Adapun versi terbarunya saat ini, yaitu versi 3, telah menambahkan sesuatu yang baru pada in-game marketplace, account management tools, piracy protection, dan theme.
Spesifikasi Minimum: Windows XP SP2 Ukuran File: 29,4 MB Nama File: gfwlivesetupmin.exe Nama Pembuat: Microsoft Download: http://bit.ly/10jmQ1

Disertakan di CD edisi 18/2009

Xbox
Konsol permainan video generasi ke6 buatan Microsoft, dan merupakan konsol permainan video pertama bagi perusahaan Microsoft. Pertama kali dirilis tanggal 15 November 2001 di Amerika Utara, tanggal 22 Februari 2002 di Jepang, dan 14 Maret 2002 di Eropa. Xbox adalah pendahulu dari konsol Xbox 360.

16

18/2009

Blog Aktual

Cinta Peternakan
Tahukah Anda bahwa konsumsi protein hewani rata-rata penduduk Indonesia masih jauh dari standar yang dikeluarkan FAO? Rata-rata konsumsi protein hewani perkapita kita baru mencapai 4,1 gram per hari, padahal standar minimal per kapita yang ditetapkan FAO adalah 6 gram per hari. Ironisnya, untuk mencukupi kebutuhan yang masih di bawah standar minimal tersebut, kita masih

mengandalkan pasokan dari luar negeri. Kemana potensi peternakan dalam negeri? Bagaimana cara mencapai swasembada pangan, khususnya protein hewani? Temukan jawabannya di blog Kami Cinta Peternakan. Bahasan blog ini cukup komprehensif. Anda bisa menemukan artikel mulai dari nutrisi, produksi, sosial ekonomi, hingga teknologi hasil peternakan. Di sini, Anda juga bisa men-download e-book dan jurnal tentang peternakan atau yang berkaitan dengan perkuliahan di fakultas peternakan.
Info: http://kamicintapeternakan.blogspot.com

WordPress Feed
Anda pengguna WordPress? Ingin mencari tahu “makanan” buat WordPress? Bila ya, arahkan saja web browser Anda ke blog WordPress Feed. Blog ini menyajikan beragam informasi khusus untuk mereka yang masih lapar dengan berbagai aplikasi tambahan dan theme spesialis untuk WordPress. Aplikasi tambahan dan theme spesialis yang dimaksud adalah plugin dan theme untuk menjadikan

WordPress sebagai blog atau website khusus, misalnya plugin dan theme e-commerce, photoblog, videoblog, dan lain-lain. Bukan hanya itu, blog ini juga menyediakan berita-berita anyar seputar blogware gratis ini. Selain membahas plugin dan theme, blog ini juga menyediakan kanal khusus untuk mengupas WordPress MU (multiuser). Bila ingin membuat website yang memberikan layanan gratis bagi penggunanya untuk membuat blog dengan WordPress, Anda harus membaca posting di kanal ini.
Info: http://wpfeed.com

Inilah Definisinya!
Blogware
Weblog software. Aplikasi yang dirancang untuk memudahkan pembuatan dan pemeliharaan blog. Sebagai content management system (CMS) spesialis, aplikasi ini mendukung penulisan, pengeditan, dan pempublikasian posting blog dan komentar, dengan fungsi khusus untuk manajemen image, sindikasi web, serta moderasi posting dan komentar.

IM
Instant Messaging. Bentuk komunikasi pesan singkat antara dua orang atau lebih menggunakan teks yang diketik. Teks dikirim melalui komputer yang terhubung melalui sebuah jaringan, LAN atau Internet. Teknologi IM diciptakan untuk menutupi kelemahan e-mail yang dinilai kurang efisien dan tidak realtime. Sebagian besar software IM terdiri dari dua komponen: software server dan client. Sebagian program IM dapat dioperasikan melalui web browser, namun kebanyakan membutuhkan instalasi software client di PC.

Menuju swasembada protein hewani

Dunia Unik
Saat bosan mulai menyergap di selasela rutinitas kerja atau pikiran tibatiba menjadi buntu, mungkin Anda membutuhkan penyegaran kembali. Singkirkan sejenak tumpukan kerja, dan segarkan kembali otak Anda dengan melihat hal-hal unik yang disajikan blog Keunikan Dunia. Beragam hal-hal unik yang sebagaian memancing tawa tertuang di sini. Memang, sebagian besar kon-

ten blog ini diambil dari sumber lain di WWW, namun tidak seperti blogger malas yang hanya meng-copypaste, Anda akan menemukan teks pengantar meski hanya satu atau dua kalimat. Sayangnya, terlalu banyak JavaScript yang di-embed di setiap halaman blog cukup mengganggu penampilan blog ini. Bila merasa terganggu dengan iklan afiliasi yang tersebar di setiap halaman, Anda bisa menonaktifkan JavaScript atau memblok konten iklan dengan plugin khusus di web browser.
Info: http://inumarulez.blogspot.com

Menyediakan makanan untuk WordPress dan WordPress MU

True Muslimah
Tidak terasa, kita telah memasuki minggu kedua bulan Ramadhan tahun ini. Sudah sampai di mana bacaan Al Quran Anda? Apakah ada rencana untuk meng-khatamkan Al Quran di bulan ini? Atau, mungkin Anda ingin menambah jumlah hapalan surat-surat dalam Al Quran? Mumpung kita masih berada di momen yang sangat baik, bulan ketika Al Quran diturunkan untuk

menjadi petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa. Ayo, kita kembali membaca dan mengkaji Al Quran. Bila perlu, buatlah rencana hapalan Al Quran dan hadits seperti yang ada pada blog Learn to Be A True Muslimah. Blog ini mengajak kita untuk menjadi penghapal Al Quran. Di sini, Anda bisa membaca metode menghapal Al Quran, dalil-dalil yang menunjukkan keutamaan para penghapal Al Quran, dan beritaberita keislaman lainnya, khususnya yang berhubungan dengan hapalan Al Quran.
Info: http://nikenpuspitasari.wordpress.com

PR
PageRank. Algoritma analisis link milik Google yang memberikan bobot numerik (skor) dari 0 sampai 10 pada halaman web di WWW yang memiliki hyperlink (baik link masuk maupun keluar). Nilai PR tersebut menentukan derajat kepentingan atau relevansi sebuah halaman web dalam hubungannya dengan halaman web lainnya. Semakin tinggi nilai PR sebuah halaman web, semakin penting halaman tersebut di mata Google.

Keunikan dunia yang mengundang tawa dan rasa penasaran

Belajar Online
Layanan di Internet terus berkembang. Hampir setiap hari, selalu saja ada hal baru. Sedikit saja lalai meng-update pengetahuan, Anda pasti akan tertinggal informasi. Nah, bila tidak ingin ketinggalan informasi baru dan tren yang sedang berkembang di Internet, silakan buka blog Belajar Online. Blog ini berisi artikel, tutorial, serta tip-tip sederhana seputar laya-

nan online. Sebagaian besar konten blog ini membahas layanan yang sedang berkembang di WWW, seperti Facebook, blog, sharing file, SEO, dan lain-lain. Sebagian lainnya membahas aplikasi desktop seperti software IM Yahoo! Messanger. Blog ini menyediakan banyak posting bagi peminat blog monetizing (mencari uang melalui blog, biasanya dengan menampilkan iklan afiliasi atau menjual backlink untuk meningkatkan rating PR). Tertarik untuk “menguangkan” blog Anda? Pelajari caranya di sini.
Info: http://gemar-belajar-online.blogspot.com

Ayo membaca, mengkaji, dan menghapal Al Quran

SEO
Search Engine Optimization. Seperangkat metode yang bertujuan untuk menaikkan peringkat website dalam SERP, dan dapat dianggap sebagai bagian dari SEM. Istilah SEO juga mengacu kepada “search engine optimizer”, sebuah industri konsultan yang menjalankan proyek optimasi mewakili situs client mereka.

WordPress 2.8.4: Security Release
Anda menggunakan WordPress versi 2.8.3? Bila ya, segera update ke versi 2.8.4, sebab versi 2.8.3 menyimpan bug yang memungkinkan seseorang me-reset password admin hanya dengan mengetikkan URL di web browser, tanpa request memasukkan alamat e-mail seperti pada versi-versi sebelumnya. Pada WordPress 2.8.3, seseorang cukup mengetikkan URL http://domain-anda.com/wp-login. php?action=rp&key[]= di web browser, dan password admin akan te-reset. Memang, password baru akan dikirimkan ke e-mail admin, namun tetap saja aktivitas “iseng” ini dirasa mengganggu. Pengembang WordPress sendiri telah merilis versi 2.8.4 untuk menutup celah ini dengan mengubah sebaris kode PHP untuk menguji input yang dikirimkan untuk me-reset password bukanlah sebuah array. [Info: www.theregister.co.uk]

Theme
Sekumpulan file PHP (atau bahasa server-side scripting lainnya), HTML, dan CSS yang bertugas menjadi interface antara blogware atau CMS dengan pengunjungnya. Apa yang tampil dan Anda lihat ketika mengakses sebuah website ditentukan oleh theme. Dengan kata lain, theme adalah mekanisme untuk mendefinisikan tampilan website.

Membahas perkembangan dan tren layanan online

18/2009

17

Aktual Bookmark

Inilah Definisinya!
CMS
Content Management System. Sekumpulan tool yang didesain untuk membuat, memodifikasi, mengorganisasi informasi dari sebuah website. Untuk menggunakan CMS, seseorang dituntut untuk memahami seluk beluk HTML dan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sebuah website. Saat ini, banyak aplikasi CMS yang disediakan secara cumacuma, misalnya Joomla!, Mambo, osCommerce, WordPress, dan lainlain.

Fuel Economy
Diakui atau tidak, kehidupan kita sekarang sangat tergantung dengan energi. Bayangkan, betapa menderitanya bila satu hari saja tidak tersedia aliran listrik di kota kita. Atau, apa yang akan terjadi di sebuah kota atau negara bila pasokan bahan bakar minyak (BBM) tiba-tiba terhenti? Malangnya, ketergantungan terhadap sumber energi berbahan minyak bumi ternyata berdampak buruk

bagi ekonomi dan lingkungan hidup. Selain dunia industri, kendaraan bermotor adalah penyumbang terbesar konsumsi BBM. Lantas, upaya apa yang bisa dilakukan untuk menekan ketergantungan ini? Website Fuel Economy menawarkan solusinya, yakni mengajak kita memilih kendaraan bermotor (khususnya mobil) yang tidak rakus BBM. Di sini, Anda bisa menemukan perbandingan MPG berbagai tipe dan merek mobil. Website ini juga mengajak kita untuk menghitung MPG kita masing-masing.
Info: www.fueleconomy.gov

Food Network
Bulan puasa identik dengan makanan dan minuman yang lezat. Padahal, saat berpuasa, makanan dan minuman yang biasa pun terlihat menggiurkan. Tapi tetap saja hidangan saat berbuka pastilah tidak biasa. Aneka makanan dan minuman khas daerah biasanya menjadi pelengkap saat berbuka. Bila ingin mencoba hidangan yang baru, Anda bisa mencoba berbagai re-

sep masakan yang ada di website Food Network. Berbeda dengan kebanyakan website resep lainnya, di sini Anda bisa menyaksikan video bagaimana bahan-bahan mentah diolah menjadi masakan yang siap disantap. Bagi yang ingin menyajikan masakan dengan cepat dan mudah, Anda bisa mengakses kanal Quick & Easy. Bagi yang mengutamakan masakan yang sehat namun tetap memanjakan lidah, Anda bisa membuka kanal Healthy Eating. Bagaimana? Siap bereksperimen untuk menu sahur dan berbuka hari ini?
Info: www.foodnetwork.com

Copyleft
Olok-olok dan permainan kata dari copyright (hak cipta). Copyleft merupakan praktik penggunaan undangundang hak cipta untuk meniadakan larangan dalam pendistribusian salinan dan versi yang telah dimodifikasi dari suatu karya kepada orang lain, dan mengharuskan kebebasan yang sama diterapkan dalam versi-versi selanjutnya kemudian. Copyleft diterapkan pada hasil karya seperti software, dokumen, musik, dan seni. Dalam pengertian awam, copyleft adalah lawan dari copyright.

Selamatkan ekonomi dan lingkungan dengan menghemat BBM

Japanese Element
Berbeda dengan mempelajari bahasa komputer, mempelajari bahasa manusia tidak bisa dilepaskan dari aspek seni, budaya, adat istiadat penggunanya. Dengan kata lain, mempelajari bahasa manusia tidak cukup dengan mengupas isi buku gramatika saja, melainkan juga harus mengenal sisi sosial penuturnya. Keterikatan inilah yang ditekankan

dalam website Japanese Element Symbols. Website ini didedikasikan bagi siapa saja yang tertarik untuk mempelajari seni, budaya, serta adat istiadat Jepang, di samping bahasanya tentu saja. Terdapat empat kategori di website ini, yakni Kanji Symbols, Japanese Alphabet, Japanese Culture, dan Japanese Food. Selain mencerna posting-posting seputar bahasa dan budaya, Anda juga bisa berinteraksi dengan pengelola website atau sesama peminat studi Jepang di sini.
Info: http://hararie-japan-tokyo-tokyo.com

Video resep masakan yang cepat, mudah, dan sehat

PC Help Forum
Anda memiliki masalah dengan komputer, dan ingin mendapatkan solusi langsung dari ahlinya? Bila demikian, kemukakan masalah komputer Anda di website PC Help Forum. Sebelum mengajukan pertanyaan, sangat dianjurkan untuk mencari jawaban atas permasalahan Anda di database. Hal ini dimaksudkan untuk meng-

hindari pertanyaan berulang. Website yang dijalankan oleh 30 ahli komputer dan relawan dari seluruh dunia ini melayani pertanyaan komputer dari berbagai level, mulai dari pengguna awam hingga pengguna ahli yang ingin mendiskusikan masalahnya. Selain forum tanya jawab, website ini juga menyajikan konten lain, seperti berita dan artikel seputar komputer, serta tutorial. Dalam waktu dekat, website ini juga akan menyediakan link download freeware serta review hardware dan software.
Info: www.pchelpforum.com

GNU GPL
GNU General Public License. Lisensi free software yang aslinya ditulis oleh Richard Stallman untuk proyek GNU. Lisensi GPL memberikan penerima salinan perangkat lunak hak dari free software dan menggunakan copyleft untuk memastikan kebebasan yang sama diterapkan pada versi berikutnya dari karya tersebut. Berdasarkan beberapa survei, GPL merupakan lisensi free software dan open source yang paling banyak digunakan.

Belajar bahasa Jepang dan seni, budaya, serta adat istiadatnya

Physics Games
Ayo, apa yang Anda lakukan saat menunggu waktu imsak dan adzan Subuh, atau menantikan waktu berbuka puasa? Daripada menonton tayangan yang dikritik banyak pihak karena tidak sejalan dengan semangat bulan puasa, lebih baik mengasah kemampuan fisika Anda dengan bermain game online. Ingin tahu di mana Anda bisa men-

MPG
Miles per gallon. Satuan hitung untuk mengukur berapa mil jarak yang dapat ditempuh sebuah kendaraan dengan satu galon bensin. Satuan ini digunakan di Amerika Utara dan Inggris, meski ukuran galon di kedua wilayah berbeda. Di negara lain, termasuk Indonesia, digunakan satuan km/L (kilometer per liter) untuk mengukur efisiensi kendaraan dalam mengonsumsi BBM.

dapatkan game seperti itu? Arahkan saja web browser Anda ke website Physics Games. Website ini berisi kumpulan game-game online kecil berbasis Flash dengan tema fisika. Jangan pikirkan sederet rumus gerak, gaya, atau energi yang dihasilkan benda-benda. Game ini tidak mengajak Anda mengulik rumus-rumus fisika yang menegangkan, melainkan mengajak bersantai dengan menemukan cara memanfaatkan hukum-hukum fisika dalam mengakhiri satu level permainan.
Info: www.physicsgames.net

Database permasalahan dan solusi komputer

Get Rid of Things
Berbeda dengan kebanyakan website howto yang menyediakan kiat-kiat membuat sesuatu, website How to Get Rid of Things menyajikan kebalikannya: bagaimana mengenyahkan sesuatu! Ingin menyingkirkan sesuatu yang mengganggu di kehidupan Anda? Temukan cara-caranya di sini. Website ini menyajikan kiat dan saran mengatasi hama dan binatang pengganggu di rumah (kecoa, tikus,

nyamuk, dan lain-lain), masalahmasalah kesehatan fisik (seperti jerawat, kotoran telinga, bau badan dan mulut), kesehatan mental, peralatan rumah tangga, komputer, dan masih banyak lagi. Semuanya disajikan dalam gaya humor yang terkadang sarkastis. Meski demikian, kiat-kiat yang tersaji di sini tetap bisa dipraktikkan, loh. Ingin mencari bagaimana cara menghilangkan gangguan pada diri Anda? Silakan telusuri peta website ini pada kolom di sisi kiri halaman index.
Info: www.getridofthings.com

osCommerce
Singkatan dari open source Commerce. CMS khusus e-commerce dan manajemen online store yang dibangun dengan PHP, serta dukungan database server MySQL. osCommerce dipublikasikan di bawah GNU GPL.
Mencari solusi permainan dengan hukum-hukum fisika Kiat dan saran menyingkirkan hal-hal yang mengganggu

18

18/2009

Bookmark Aktual

David Hartanto
Ingat kasus Sarah Balabagan, tenaga kerja wanita Filipina yang divonis hukuman mati oleh pengadilan Uni Emirat Arab, yang mendapatkan reaksi dari pemerintah Filipina? Perjuangan pemerintah Filipina untuk membebaskan warganya dari hukuman tembak tersebut pun akhirnya membuahkan hasil. Pada 1 Agustus 1996, Sarah kembali ke negaranya, dan dibebaskan dari vonis mati. Kasus di atas menggambarkan dengan nyata bahwa negara tetangga kita tersebut telah menjalankan fungsinya sebagai pelindung jiwa dan kehormatan warganya. Hasilnya, bukan saja jiwa Sarah yang terselamatkan, melainkan juga martabat Filipina sebagai negara ikut terselamatkan. Namun, lain padang lain pula ilalang. David Hartanto, warga negara kita yang “terbunuh” di

Singapura, tak sempat memperoleh perlindungan dan pembelaan seperti Sarah Balabagan. David bukan tenaga kerja Indonesia, melainkan mahasiswa berprestasi asal negeri kita. Kematiannya yang janggal di negara tetangga mengundang berbagai kecurigaan dan spekulasi. Anda mungkin pernah mendengar atau membaca berita seputar kasus David. Bila Anda ingin mendapatkan informasi yang valid, langsung dari tim verifikasi independen dan keluarganya, dapat membuka website David Hartanto Widjaja. Di sini, pihak keluarga dan tim berusaha mengungkapkan fakta sesungguhnya di balik kematian sang mahasiswa jenius. Jika termasuk orang yang peduli dengan kasus ini, dan ingin berpartisipasi membela kehormatan David, Anda bisa ikut menandatangani petisi online yang tersedia di sini. Cepat atau lambat, kebenaran pasti akan terungkap. Selamat jalan, David!
Info: www.davidhartanto.com

Creative Solutions Award
Anda memiliki angan-angan yang bisa untuk diwujudkan dan diterapkan dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai solusi kreatif dari berbagai persoalan di masyarakat? Bila ya, jangan biarkan angan-angan tersebut mengendap begitu saja dalam benak Anda. Wujudkan angan-angan Anda dalam bentuk artikel singkat di website Creative Solutions Award (CSA). Website yang dikelola oleh PT. Aplikanusa Lintasarta ini mengajak para pemikir muda Indonesia untuk mengembangkan ide-ide kreatif penggunaan TIK, seperti Internet, hosting, video conference, dan lain-lain, agar menjadi solusi yang dapat membawa pengaruh positif dan manfaat pada berbagai bidang kehidupan dan beragam industri di Tanah Air. Semua warga negara Indonesia yang berusia minimal 16 tahun pada saat berlangsungnya CSA (terhitung sejak dimulainya program ini pada 20 Agustus 2009) boleh menjadi peserta, baik sebagai pemberi ide, dukungan suara, maupun komentar. Setiap peserta yang idenya dipilih oleh juri untuk tampil di website pada edisi sebelumnya, semangat netter Tanah Air untuk bertransaksi secara online memang luar biasa. Namun sayang, semangat tersebut tersalur pada media-media yang sedianya tidak ditujukan untuk menggalang transaksi online. Katakanlah Multiply atau Facebook yang kini diramaikan dengan konten-konten perdagangan ritel dan grosir online. Bisa jadi karena belum ada website khusus yang menyediakan layanan perdagangan online yang userfriendly, dan tentu saja gratis. Tapi kini telah ada beberapa website yang memberikan layanan perdagangan online yang
Mal maya menjembatani penjual dan pembeli online

CSA akan mendapatkan hadiah langsung berupa T-Shirt, dan sertifikat partisipasi CSA. Pada setiap bulan akan ditentukan dua orang pemenang, satu pemenang dwi-minggu pertama ditentukan oleh dewan juri, dan satu pemenang dwi-minggu kedua ditentukan oleh hasil dukungan suara terbanyak. Pemenang bulanan ini akan mendapatkan hadiah masingmasing 1 unit netbook dan sertifikat pemenang CSA. Anda tertantang? Silakan kunjungi website CSA untuk keterangan lebih lanjut [Info: www. creativesolutionsaward.com] mudah dan grratis. Salah satunya adalah Tokopedia. Ibarat mal di dunia nyata, website ini merupakan tempat bertemunya para penjual dan pembeli di dunia maya. Para penjual bisa membuat account khusus, dan menjajakan barang dagangannya di etalase. Laiknya interaksi yang biasa terjadi antara calon pembeli dan penjual, website ini juga menyediakan media untuk bertanya jawab bagi kedua belah pihak. Bila telah terjadi kesepakatan, transaksi dapat dilakukan melalui website ini sebagai perantara dan penjamin (escrow) bahwa transaksi telah terjadi. Jadi, tunggu apa lagi? Segera buka lapak Anda di mal maya ini.
Info: www.tokopedia.com

Tokopedia
Ingin punya toko online sendiri, tapi tidak ingin dipusingkan dengan proses coding CMS dan customize theme, pengaturan metode pembayaran, dan sebagainya? Bila ya, Anda mungkin bisa memanfaatkan layanan toko online gratis dari Tokopedia. Seperti yang telah disinggung

Kebenaran pasti akan terungkap

BELI SEGERA
CA R A K O N K R I T J A G O S E K U R I T I P C

WINDOWS XP SECURITY
Khusus mengupas tentang keamanan di sistem operasi Windows XP dan disertai dengan tutorial-tutorial singkat, padat, berisi untuk memproteksi PC dari berbagai serangan

• Memberantas Virus • Mengatur Registry • Mengamankan Dokumen Penting • Membentengi PC dengan Firewall • Kiat Mencegah Penyusup Internal • Sistem Operasi XP Stabil dengan SP3 • Mengandalkan Enkripsi • Ancaman Internal • Mengusir Spam • Memproteksi WiFi • Berinternet Secara Aman

Ekstra:
CD berisi 36 freewares untuk mengamankan dokumen, data, folder, jaringan, dan sistem operasi Windows XP. Plus antivirus PCMAV terbaru untuk perlindungan maksimal terhadap berbagai serangan virus.

DAPATKAN SEGERA DI TOKO-TOKO BUKU TERDEKAT!
Untuk pesan langsung hubungi: Prima Buku Telp: (021) 3190-4075 Faks: (021) 390-8883 SMS: 0813-11523230 E-mail: pesan@primabuku.co.id Untuk beriklan hubungi: Indran BS Telp: (021) 313-3731 ext. 105-107 Email: iklan@pcmedia.co.id

18/2009

19

Aktual Linux & Open Source

Inilah Definisinya!
Google Summer of Code
Program global yang menawarkan beasiswa bagi pelajar, untuk menuliskan code bagi beberapa proyek open source. Sejak awal tahun 2005, program ini sukses membawa 2.500 peserta siswa, dan 2.500 mentor dari 98 negara di seluruh dunia. Lewat Google Summer of Code, aplikasi siswa yang diterima dikaji kembali oleh para mentor atau mentor dari peserta proyek, untuk menggali skenario pengembangan software yang lebih nyata, dan kesempatan untuk menjadi pegawai dalam area yang berhubungan dengan jurusan masing-masing.

Bantuan Dana dari Google
Google yang dikenal sangat mendukung komunitas open source, telah memberikan bantuan sebesar US$ 300.000 kepada Open Source Lab. Oregon State University. Dana tambahan ini akan mendukung upaya mereka dalam menyediakan layanan hosting yang digunakan oleh banyak proyek dan komunitas open source. Chris DiBona, Open Source Prog-

rams Manager Google, menerangkan bahwa Oregon State University (OSU) telah memberi sumbangsih ke dunia open source. Hal ini menjadikan OSU sebagai pemimpin global dalam pendidikan Tahun ini, OSU juga turut berpartisipasi sebagai penasehat organisasi dalam Google Summer of Code Program. Kontribusi yang diberikan Google merupakan bagian dari kampanye untuk OSU, yakni sebuah kampanye penggalangan dana yang dipublikasikan pada 2007. Kampanye ini bertujuan untuk mendapatkan US$ 625 juta, yang akan digunakan untuk biaya beasiswa, penelitian, fasilitas belajar baru, dan sebagainya.
Info: www.kval.com

VMware Akuisisi SpringSource
VMware mengakuisisi SpringSource, sebuah perusahaan manajamen dan pengembangan aplikasi web dan enterprise, untuk mengembangkan sebuah Platform as a Service. VMware akan mengeluarkan biaya setidaknya US$ 420 juta untuk pro-

PaaS
Platform as a Service (PaaS) merupakan sebuah kumpulan platform dan solusi sebagai sebuah layanan. PaaS memfasilitasi pengembangan aplikasi tanpa biaya dan kerumitan pembelian dan memanajemen dasar layer software dan hardware, serta menyediakan semua fasilitas yang dibutuhkan untuk mendukung life cycle development, dan mengantarkan aplikasi web dan layanan yang lengkap dan tersedia dari Internet, tanpa perlu men-download software.

Google terus mendukung open source

Web Anti-malware Open Source
Web Anti-malware Remediation Dasient telah dirilis oleh Dasient sebagai open source. Ini merupakan sebuah modul Apache yang menjanjikan operator-operator website, web hosts, maupun pengembang, untuk bisa mendapatkan URL mereka kembali setelah dirusak oleh malware. Software ini untuk memonitor dan mengidentifikasi percobaan infeksi malware online sebelum merusak pada URL yang diproteksi. Malware dikarantina untuk mencegah mereka menyerang lebih luas lagi. Sebagai tambahan, paket yang ditawarkan juga membantu pemilik URL untuk membuat daftar black list oleh penyedia jasa keamanan dan mesin pencari.

ses akuisisi ini. Perjanjiannya telah disepakati oleh SpringSource, dan diharapkan akan ditutup pada kuartal ketiga. Langkah akuisisi ini akan memajukan VMware dalam komunitas FOSS, karena model dasar framework aplikasi dan tool management SpringSource adalah open source. VMware dan SpringSource berencana untuk mengembangkan solusi Platform as a Service (PaaS) yang dapat diletakkan pada pusat data pengguna atau oleh provider layanan lainnya. Produk ini membolehkan pengguna untuk membangun aplikasi web dan enterprise baru. SpringSource merupakan kontributor kunci ke Apache Tomcat, yakni sebuah aplikasi server Java, yang diklaim dapat memberikan perbaikan bug sebesar 95%. SpringSource juga mengembangkan Groovy, yakni sebuah bahasa pemrograman, dan Grails, sebuah framework aplikasi web untuk Ruby on Rails.

VMware, semakin berkembang di dunia cloud computing Info: www.linuxinsider.com

Slideshow Saat Instalasi Ubuntu
Melindungi website dari ancaman malware

Pidgin
Pidgin atau yang dulu dikenal dengan nama Gaim, adalah aplikasi instant messaging yang dibuat berdasarkan library libpurple. Libpurple sudah mendukung banyak protocol instant messaging yang banyak digunakan oleh pengguna sehingga memudahkan pengguna untuk dapat login ke berbagai macam layanan dengan hanya menggunakan satu aplikasi. Baik Pidgin maupun libpurple dilisensikan ke dalam lisensi GNU GPL.

Dr. Neil Daswani, salah satu dari tiga co-founder Dasient mengatakan pada situs resminya, kini para pemilik situs dapat lebih mementingkan pengembangan pertahanan yang dapat dijalankan pada skala dan kecepatan yang dibutuhkan sesuai dengan masalahnya. Siapa pun yang men-download dan menginstalasi versi freeware dari Dasient akan diberikan sebuah percobaan gratis yang fiturnya terbatas, dibandingkan dengan layanan berbayar.
Info: https://blogs.eweek.com

Canonical mendesain lagi installer Ubuntu yang disebut sebagai Ubiquity menjadi lebih menarik. Dalam Ubuntu 9.10 Alpha 4 Ubiquity memiliki tombol Quit selama tahaptahap instalasi, jadi pengguna dapat menghentikan installer kapan saja. Paket yang akan dihadirkan oleh para pengembang didesain untuk sebuah slideshow bercitra Ubuntu untuk installer Ubiquity. Slideshow ini akan menampilkan beberapa konten setiap 20 detik. Khususnya dibuat untuk memperkenalkan kepada pengguna baru tentang sistem operasi Ubuntu ketika dalam proses instalasi. Konten Ubiquity slideshow masih
Menyertakan informasi saat proses instalasi

sedang dipikirkan, namun telah dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu beberapa teks sederhana tentang beberapa aplikasi beserta fungsinya, serta original content dengan paragraf normal tentang sistem operasi Ubuntu, dan beberapa aplikasi yang termasuk didalamnya. Kedua kategori tersebut akan menyertakan slide pesan selamat datang, menjelajah web dengan Firefox, tetap terhubung dengan Pidgin IM, kemampuan akses dalam Ubuntu, kontrol pekerjaan dengan Evolution, tahap menginstalasi software tambahan, dan sebagainya.
Info: www.softpedia.com

Dapatkan di Toko dan Kios Majalah Terdekat!

EDISI 09/2009 DENGAN DVD 8 GB

Open Source di Bidang Kesehatan
Melalui ARRA (American Recovery and Reinvesment Act 2009), sebanyak US$19 miliar akan didedikasikan untuk teknologi di bidang kesehatan dalam waktu lima tahun ke depan. Keseluruhan program ini dikenal sebagai HITECH. Jika teknologi ini bersifat open source, maka teknologi ini akan memiliki standar EHR (Electronic Health Record) yang terbuka.

VistA
Pada tahun 1996, Chief Information Office memperkenalkan Veterans Health Information Systems and technology Architecture (VistA). VistA merupakan fasilitas kesehatan yang mendukung kegiatan seharihari di Departemen of Veteans Affair (VA). VistA dibangun dengan arsitektur client-server, dengan menghubungkan Workstation dan PC bersama-sama dengan GUI pada fasilitas Veterans Health Administration (VHA), yakni sebuah software yang dikembangkan oleh staf fasilitas kesehatan lokal.

Sistem EHR open source dibangun di atas VistA (Veterans Health Information Systems and Technology Architecture, domain publik EHR US Veterans Administration). Inti dari kode open source VistA disebut WorldVista. Seperti Linux dengan Canonical dan Novell, WorldVista dikomersialkan oleh ISVs (independent software vendors). Yang paling dikenal adalah Medsphere’s OpenVista. Software WorldVista dibuat dengan Linux yang minimum, bahasa GT.M (sebuah implementasi Massachusetts General Hospital Utility MultiProgramming System), EsiObjects (sebuah MUMPS object extension), dan VistA. Catatan kesehatan yang ada saat ini mungkin berserakan. WorldVista menjanjikan sebuah cara yang universal untuk menangani EHR.
Info: www.computerworld.com

Membuat rekaman medis menjadi lebih rapi

20

18/2009

Liputan Harga Pasar

Aktual
Harga
48 51 97 98 114 111 68 53 286 385 229 73 255 65 118 75 235 68 164 235 348 160 275 106 53 465 127 150 103 115 146 153 168 190 196 161 144 224 215 220 269 283 200 215 68 54 52 63 186 92 103 122 125 308 152 162 142 147 180 165 68 71 71 71 81 82 302 116 363 310 380 145 88 125 69 79 145 150 169 125 145 140 155 53

Daftar Harga Komputer & Periferal
Produk Spesifikasi PROCESSOR Harga Produk
ASROCK G31M-S ASROCK N73V-S ASROCK P45DE ASROCK P45TS ASROCK P45XE ASROCK Penryn1600SLI-1100DB ASROCK Wolfdale 1333-GLAN ASROCK Wolfdale1333-D667 ASROCK X48TurboTwins-WiFi ASUS Maximus Extreme ASUS Maximus II Gene ASUS P5B-MX ASUS P5E ASUS P5GC-MX ASUS P5GD2-X ASUS P5GZ-MX ASUS P5K Premium WIFI ASUS P5KPL-AM ASUS P5Q ASUS P5Q Deluxe ASUS P5Q Premium ASUS P5Q Pro ASUS P5Q3 Deluxe/WiFi ASUS P5QL SE ASUS P5VD2-VM SE ASUS Striker II Extreme DFI Blood Iron P45-T2RS DFI DK X38-T2R DFI LP DK P35-T2 DFI LP DK P35-T2RS DFI LP DK P45-T2RS Elite DFI LP DK P45-T2RS Plus DFI LP DK P45-T3RSB PLUS DFI LP DK X48-T2RS DFI LP DK X48-T2RSB PLUS DFI LP JR GF9400-T2RS DFI LP JR-P45-T2RS DFI LP LT X48-T3RS DFI LP UT P45-T2RS DFI LP UT P45-T3RS DFI LP UT X48-T2R DFI LP UT X48-T3RS 117 83 69 112 77 87 75 143 52 103 112 105 152 144 224 63 77 67 133 52 74 78 122 69 113 84 122 118 114 205 93 DFI LT X38-T2R DFI LT X48-T2R ECS 945PT-A2/1333 ECS GF7050VT-M5 ECS P4M900T-M FOXCONN G31MX-K FOXCONN Mars GIGABYTE GA-EP31-DS3L GIGABYTE GA-EP41-UD3L GIGABYTE GA-EP43-DS3L GIGABYTE GA-EP43-UD3L GIGABYTE GA-EP45-DQ6 GIGABYTE GA-EP45-DS3LR GIGABYTE GA-EP45T-UD3LR GIGABYTE GA-EP45-UD3L GIGABYTE GA-EP45-UD3LR GIGABYTE GA-EP45-UD3P GIGABYTE GA-EP45-UD3R GIGABYTE GA-G31M-ES2C GIGABYTE GA-G31M-ES2L GIGABYTE GA-G31M-S2C GIGABYTE GA-G31M-S2L GIGABYTE GA-P31-ES3G GIGABYTE GA-P31-S3G GIGABYTE GA-P35T-DQ6 GIGABYTE GA-P43-ES3G GIGABYTE GA-X48-DQ6 GIGABYTE GA-X48-DS4 GIGABYTE GA-X48T-DQ6 INTEL DB43LD INTEL DG35EC/B INTEL DG41MJ INTEL DG41RQ/B 104 136 115 52 50 61 82 50 66 86 46 INTEL DG41TY INTEL DG45FC INTEL DG45ID INTEL DP45SG INTEL DQ43AP/B INTEL DQ45CB INTEL DQ45CB/B INTEL DQ45EK/B MANLI MCP73V

Kurs US$1 = Rp10.150 per 25 Agustus 2009
Spesifikasi

AMD
AMD Athlon 64 X2 5200+ (AM2) AMD Athlon 64 X2 5600+ (AM2) AMD Athlon 64 X2 7750 AMD Athlon 64 X2 7750 Black Edition AMD Athlon 64 X2 7850 Black Edition AMD Athlon II X2 245 AMD Athlon II X2 250 AMD Phenom II X2 550 Black Edition AMD Phenom II X3 720 Black Edition AMD Phenom II X4 940 Black Edition AMD Phenom II X4 955 Black Edition AMD Phenom X3 8650 AMD Phenom X4 9500 AMD Phenom X4 9600 AMD Phenom X4 9650 AMD Phenom X4 9850 Black Edition AMD Phenom X4 9950 Black Edition Clock Speed 2.6GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB x2, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2, (Box) Clock Speed 2.8GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB x2, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2, (Box) Clock Speed 2.7GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB, HyperTransport FSB up to 16Gb/s, Socket AM2+ Clock Speed 2.7GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB, HyperTransport FSB up to 16Gb/s, Socket AM2+ 2.8GHz, Dual Core, Socket AM2 2.9GHz, FSB 2000MT/s, 2MB L2 Cache, Socket AM3 3GHz, FSB 2000MT/s, 2MB L2 Cache, Socket AM3 3.1GHz, 6MB L3 Cache, Socket AM3 2.8GHz, 1.5MB L2 Cache, Socket AM3 3.0GHz, 2MB Cache, Quad Core, Socket AM2+ 3.2GHz, 6MB L3 Cache, Socket AM3 2.3 GHz, 3 x 512KB Cache, Triple Core, Socket AM2+ 2.2GHz, 4MB Cache, Quad Core, Socket AM2 2.3GHz, 4MB Cache, Quad Core, Socket AM2 2.3 GHz, 4 x 512KB Cache, Quad Core, Socket AM2+ 2.5 GHz, 4 x 512KB Cache, Quad Core, Socket AM2+ 2.6GHz, 4 x 512KB Cache, Quad Core, Socket AM2+ 1.8 GHz, FSB 800 MHz, 512Kb Cache, Dual Core, Socket LGA 775 2.33 GHz, FSB 1333 MHz, 4 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 [TRAY] 2.66 GHz, FSB 1066 MHz, 3MB Cache, Dual-Core, Socket LGA775 2.8 GHz, FSB 1066 MHz, 3MB Cache, Dual-Core, Socket LGA775 (Tray) 2.8 GHz, FSB 1066 MHz, 3MB Cache, Dual-Core, Socket LGA775 2.93 GHz, FSB 1066 MHz, 3MB Cache, Dual-Core, Socket LGA775 3.06 GHz, FSB 1066 MHz, 3MB Cache, Dual-Core, Socket LGA775 3.0 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 3.16 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 3.3 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 3.2 GHz, FSB 1600 MHz, 12 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA771 (No HSF) 2.33 GHz, FSB 1333 MHz, 4 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.5 GHz, FSB 1333 MHz, 4 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.66 GHz, FSB 1333 MHz, 4 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.66 GHz, FSB 1333MHz, 6MB Cache, Quad-Core, Socket LGA 775 2.83 GHz, FSB 1333 MHz, 12 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 3 GHz, FSB 1333 MHz, 12 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.66 GHz, w/o QPI, w/o HT, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1156 2.80 GHz, w/o QPI, HT, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1156 2.93 GHz, w/o QPI, HT, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1156 2.66 GHz, QPI 4.8, HT, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1366 2.93 GHz, QPI 4.8, HT, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1366 3.06 GHz, QPI 4.8, HT, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1366 3.20 GHz, QPI 6.4, HT, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1366 3.30 GHz, QPI 6.4G, HT, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1366 2.0 GHz, FSB 800 MHz, 1 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 2.2 GHz, FSB 800 MHz, 1 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 2.5 GHz, FSB 800 MHz, 2 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 (Tray) 2.5 GHz, FSB 800 MHz, 2 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 2.6 GHz, FSB 800 MHz, 2 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 2.8 GHz, FSB 1066 MHz, 2 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 71 75 68 85 78 73 83 110 139 180 210 87 203 243 119 135 140 51 149 113 113 114 124 149 173 203 283 1.549 175 206 175 199 245 339 235 315 595 299 585 595 1.15 1.199 62 62 65 68 75 115

Intel
INTEL Celeron E1400 INTEL Core 2 Duo E6550 INTEL Core 2 Duo E7300 INTEL Core 2 Duo E7400 INTEL Core 2 Duo E7400 INTEL Core 2 Duo E7500 INTEL Core 2 Duo E7600 INTEL Core 2 Duo E8400 INTEL Core 2 Duo E8500 INTEL Core 2 Duo E8600 INTEL Core 2 Extreme QX9775 INTEL Core 2 Quad Q8200 INTEL Core 2 Quad Q8300 INTEL Core 2 Quad Q8400 INTEL Core 2 Quad Q9400 INTEL Core 2 Quad Q9550 INTEL Core 2 Quad Q9650 INTEL Core-i5 750 INTEL Core-i7 860 INTEL Core-i7 870 INTEL Core-i7 920 INTEL Core-i7 940 INTEL Core-i7 950 INTEL Core-i7 Extreme 965 INTEL Core-i7 Extreme 975 INTEL Pentium E2180 INTEL Pentium E2200 INTEL Pentium E5200 INTEL Pentium E5200 INTEL Pentium E5300 INTEL Pentium E6300

MOTHERBOARD

AMD Soket AM2
ASROCK A780FullDisplayPort ASROCK A780FULLHD ASROCK A780GM-LE ASROCK A790GXH/128MB ASROCK ALiveNF7G-FullHD ASROCK ALiveXFire-eSATA2 ASROCK AM2NF6G-VSTA ASROCK M3A790GXH/128M ASROCK N68-S ASUS M3A ASUS M3A78 BIOSTAR TA790GX128M DFI LP DK 790FXB-M2RS DFI LP JR 790GX-M2RS DFI LP UT 790FX-M2R ECS A740GM-M ECS A780GM-A ECS A780VM-M3 ECS A790GXM-A ECS GeForce 6100PM-M2 ECS GF8200A GIGABYTE GA-M52L-S3 GIGABYTE GA-M57SLI-S4 GIGABYTE GA-M61PME-S2P GIGABYTE GA-M78SM-S2H GIGABYTE GA-MA74GM-S2H GIGABYTE GA-MA770-UD3 GIGABYTE GA-MA78GM-DS2H GIGABYTE GA-MA78GM-US2H GIGABYTE GA-MA790GP-UD4H MSI K9AG Neo2 Digital AM2+, AMD 780G Chipset, FSB HTB 2600MHz, USB 2.0, Audio, LAN AM2+, AMD 780G + SB700 Chipset, Integrated AMD RV610 graphics, FSB HTB 2600MHz, USB 2.0, Audio, LAN AM2+, AMD 780G/SB700 Chipset, Integrated AMD Radeon HD 3200 graphics, FSB HTB 2600MHz, USB 2.0, Audio, LAN AM2+ / AM2,AMD Phenom™ FX ,DDR2 Dual Channel, SATA II, US 2.0, Audio AM2+, NVidia GeForce 7050 Chipset, FSB HT 1000MHz, USB 2.0, Audio AM2, AMD 480X CrossFire, FSB 1000, PCIe x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 800, Dual Channel AM2, NVIDIA nForce 405, FSB 1000, PCIe x16, SATAII 300, RAID, NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 800, Dual Channel AM3, AMD 790GX, FSB 5200MT/S, DDR3 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio AM2+, NVidia 7025, FSB 1000MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio, RAID AM2, AMD 770, HyperTransport™2000 / 1600 MT/s, USB 2.0, Audio, Dual Channel AM2, AMD 770 Chipset, FSB 5200/2000MT HyperTransport, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio AM2+, AMD 790GX, Dual Channel DDR2, SATA II, RAID, Audio, USB 2.0 AM2+, AMD 790FX Chipset, FSB Hyper Transport 3.0 & 1.0, DDR2, SATA, RAID, USB 2.0 940 AM2+, AMD 790GX Chipset, FSB Hyper Transport 3.0 & 1.0, DDR2 667/800/1066 MHz, SATA RAID 0, RAID 1 and RAID 0+1, USB 2.0 940, AMD 790FX Chipset, FSB Hyper Transport 3.0 & 1.0, Dual Channel DDR2 800, SATA 300 RAID, USB 2.0, FireWire AM2, AMD 740G Chipset, USB 2.0, Audio, Dual Channel DDR2, SATA II 300, RAID AM2, AMD 780G, FSB 5200MT/s, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio AM2, AMD 780V, FSB 5200MT/s, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, SATA, RAID, Audio AM2+, AMD 790GX, FSB 5200MT/s, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, SATA, RAID, Audio AM2+, NVidia GeForce 6100, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, SATA, RAID, Audio AM2+, GeForce 8200, FSB 5200MT/s, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, SATA, RAID, Audio AM2, NVIDIA® nForce 520LE, Dual Channel, USB 2.0, Audio AM2, NVIDIA nForce 570 SLI, PCIe x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel AM2, NVidia GeForce 6100, FSB 1333/1066MHz, SATA 300, USB 2.0, Audio, Dual Channel AM2, NVIDIA GeForce 8200 Chipset, FSB 5200/2000 MT/s, Dual Channel DDR2, USB 2.0, RAID, Audio, LAN AM2, AMD 740G Chipset, FSB 5200/2000 MT/s, Dual Channel DDR2, USB 2.0, RAID, Audio, LAN AM2+, AMD 770, FSB 5200/2000MT/s, DDR2 Dual Channel SATA II, RAID, FireWire, USB 2.0, Audio AM2, AMD 780G Chipset, FSB 5200/2000 MT/s, Dual Channel DDR2, USB 2.0, Audio, LAN, FireWire AM2+, AMD 780G, FSB 5200/2000 MT/s, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio AM2+, AMD 790GX, FSB 5200/2000 MT/s, DDR2 Dual Channel, SATA, RAID, FireWire, USB 2.0, Audio AM2, AMD 690G, FSB 2000 HyperTransport, PCI-Express X16, VGA, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, DDR2 800, Dual Channel LGA775, ATI RS600, FSB 1333, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 6400, Dual Channel, Intel Core 2 Duo & Core Quad Support LGA 775, Intel P35, FSB 1600/1333/1066/800 MHz, DDR2 & 3 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P35, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR3/DDR2 Dual Channel Memory, USB 2.0, Audio LGA775, Intel 865GV, FSB 800, AGP 8x, VGA, SATA 150, NIC, USB 2.0, Audio, DDR400, Dual Channel LGA775, Intel 945G, FSB 1066, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 667, Dual Channel, Intel Core 2 Duo & Conroe Support LGA775, Intel 945GC A2, FSB 1333, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 5300, Dual Channel, Intel Dual Core & Core 2 Duo Support LGA775, Intel 945G, FSB 1333, PCI Express x16, VGA, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 667, Dual Channel LGA775, Intel 945G, FSB 1066, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, RAID, GbE, USB 2.0, Audio, DDR2 667, Dual Channel LGA775, Intel 945PL, FSB 800, PCI Express x16, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 533, Dual Channel LGA775, Intel 945P, FSB 1066, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, GbE, USB 2.0, Audio, DDR2 667, Dual Channel LGA775, Intel G31, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio (BULK)

Intel Socket LGA775
ASROCK 4Core1333-FullHD ASROCK 4Core1600P35-WIFI ASROCK 4Core1600Twins-P35 ASROCK 775i65GV ASROCK 945G-DVI ASROCK ConRoe1333-D667 R1.0 ASROCK ConRoe1333-DVI/H ASROCK ConRoe945G-DVI ASROCK ConRoe945PL-GLAN ASROCK ConRoeXFire-eSATA2 ASROCK G31M-GS

LGA775, Intel G31, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA 775, NVidia GeForce 7050, FSB 1333/1066/800, DDR2 Memory, SATA, Audio, USB 2.0 LGA 775, Intel P45, Dual Channel DDR2, FSB 2000/1600/1333/1066/800MHz, SATAII, RAID, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45, FSB 2000/1600/1333/1066MHz, DDR2 & 3 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45, Dual Channel DDR2, FSB 2000/1600/1333/1066/800MHz, SATAII, RAID, USB 2.0, Audio LGA 775, NVidia nForce 650i SLI, 1600/1333/1066/800 FSB, DD2, Dual Channel Memory, Audio, USB 2.0 LGA 775, Intel 945GC, 1333/1066/800/533MHz FSB, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel 945GC A2, FSB 1333/1066/800/533 MHz, DDR2 Dual Channel Memory, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel X48, FSB 1600/1333MHz, DDR3 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel X38 Chipset, DDR3 Dual Channel, SATA II, USB, Audio, 2.0, RAID LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/1800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, FireWire, eSATA, Audio LGA775, Intel 946GZ, FSB 800, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 667, Dual Channel Intel X38 Chipset, LGA 775, Cross Fire, ATX Factor, Dual Channel 800MHz LGA775, Intel 945GC, FSB 800, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 533, Dual Channel LGA775, Intel 915P, FSB 800, PCI-e x16, SATA 150, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 667, Dual Channel (BULK) LGA775, Intel 945GZ, FSB 800, PCI-e x16, VGA, SATA 300, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 553, Dual Channel (BULK) LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, Dual GbE, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 1066, Dual Channel LGA 775, Intel G31, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45 Chipset, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Dual Channel Memory, USB 2.0, Audio, Express Gate LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Dual Channel Memory, USB 2.0, Audio, Express Gate LGA 775, Intel P45, 1600/1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, RAID, Audio LGA 775, VIA P4M900, FSB 1066MHz, DDR2 Dual Channel, Audio, USB 2.0, FireWire LGA 775, NVIDIA nForce 790i Ultra SLI, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR3, USB 2.0, FireWire, Audio LGA 775, Intel P35 Express, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, SATA, RAID LGA 775, Intel X38 Chipset, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, Dual Channel, SATA II 300 LGA 775, Intel P35 Express, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, Dual Channel, SATA II LGA 775, Intel P35 Express, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, Dual Channel, SATA II LGA775, Intel P45, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID 0, RAID 1, RAID 0+1 and RAID 5, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P45, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0 LGA775, Intel P45, FSB 1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, SATA II, RAID 0, RAID 1, RAID 0+1 and RAID 5, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel X48 Express, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, Raid, USB 2.0 LGA 775, Intel X48 Express, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, Raid, USB 2.0, FireWire LGA 775, NVIDIA GeForce 9400 chipset, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, DDR2 Dual Channel, SATA, Raid, LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel X48, FSB 1600/1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, SATA II 300, RAID LGA775, Intel P45, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio, Firewire LGA775, Intel P45, FSB 1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, SATA II, RAID 0, RAID 1, RAID 0+1 and RAID 5, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel X48 Express, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, FireWire LGA 775, Intel X48, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, USB 2.0, Audio, SATA II, RAID, Firewire LGA 775, Intel X38, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, FireWire, Dual Channel, Audio LGA 775, Intel X48 Express chipset, FSB 1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR2 800, SATA II 300, USB 2.0, FireWire, Audio LGA 775, Intel 945, FSB 1333/1066/800/533 MHz, Dual Channel, 6-Channel High Definiton Audio, USB 2.0 LGA 775, NVidia GeForce 7050, FSB 1333/1066/800/533MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, RAID, USB 2.0, Audio LGA 775, VIA P4M900, 1066/800 FSB, PCI-e X16, USB 2.0, Micro ATX form LGA775, Intel G31, FSB 1333/1066/800 MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P35 Chipset, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P31, FSB 1333, PCIe x16, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, DES ( Dynamic Energy Saver ), Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel LGA775, Intel G41, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, Audio, SATA II 300 LGA775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 774, Intel P45 Chipset, FSB 1600/1333/1066, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066MHz, Dual Channel DDR2, USB 2.0, Audio, SATA, RAID LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, RAID, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P45 Chipset, FSB 1333/1066/800MHz, SATA, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, RAID, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, RAID, USB 2.0, FireWire, Audio LGA 775, Intel G31, FSB 1600(O.C)/1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR2, Audio, USB 2.0, SATA LGA775, Intel G31, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel G31, FSB 1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR2, Audio, USB 2.0, SATA LGA 775, Intel G31 Chipset, FSB 1333/1066/800Mhz, Audio, USB 2.0, VGA, LAN, 6x SATA Controller LGA 775, Intel P31, FSB 1333/1066/800 MHz, Dual Channel DDR2, USB 2.0, Audio, SATA, RAID LGA 775, Intel P31, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P35, PCIe x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR3 1333, Dual Channel LGA775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel X48 Chipset, FSB 1600/1333/1066/800MHz, SATA 300, Dual Channel, USB 2.0, Audi LGA 775, Intel X48, FSB 1600/1333/1066MHz, Dual Channel DDR2, USB 2.0, Audio, SATA, RAID LGA 775, Intel X48, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR3, USB 2.0, Audio, SATA, RAID LGA775, Intel B43, FSB 1333, PCIe x16, VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, 6x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support LGA775, Intel G35, FSB 1333, PCIe X16, DVI+VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, 6x USB 2.0, Firewire, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support [BULK] LGA775, Intel G41, FSB 1333, VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, 8x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support LGA775, Intel G41, FSB 1333, PCIe X16, VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, 4x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support [BULK] LGA775, Intel G41, FSB 1333, PCIe X16, VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, 4x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support LGA775, Intel G45, FSB 1333, HDMI, VGA, GbE NIC, 8-ch Audio, 6x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support LGA775, Intel G45, FSB 1333, PCIe X16, HDMI+DVI, GbE NIC, 8-ch Audio, RAID, 6x USB 2.0, Firewire, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support LGA775, Intel P45, FSB 1333, 2x PCIe-2.0 X16, GbE NIC, 8-ch Audio, RAID, 6x USB 2.0, Firewire, DDR3-1333 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad/ Core2 Extreme support LGA775, Intel Q43, FSB 1333, DVI+VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, 6x USB 2.0, Firewire, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support [BULK] LGA775, Intel Q45, FSB 1333, PCIe X16, DVI-I+DVI-D, GbE NIC, 6-ch Audio, RAID, 12x USB 2.0, Firewire, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support LGA775, Intel Q45, FSB 1333, PCIe X16, DVI-I+DVI-D, GbE NIC, 6-ch Audio, RAID, 12x USB 2.0, Firewire, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support [BULK] LGA775, Intel Q45, FSB 1333, PCIe X16, DVI-I+DVI-D, GbE NIC, 6-ch Audio, RAID, 10x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support [BULK] LGA 775, NVidia nForce 610i MCP Chipset, GeForce 7050 GPU, DDR2 Single Channel, USB 2.0, Audio, RAID

18/2009

21

Aktual
Produk
MSI G31M3-LS V2 MSI G41M4-F MSI P43 Neo-F MSI P45 Neo2-2FR MSI P45 Neo3-FR MSI PM8M3-V

Liputan Harga Pasar
Spesifikasi
LGA775, Intel G31, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA775, Intel G41, DSB 1333/1066/800Mhz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel Memory, USB 2.0, Audio, SATA, RAID LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, FireWire, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel Memory, USB 2.0, Audio, SATA, RAID LGA775, VIA P4M800, FSB 800, AGP 8x, SATA 150, NIC, USB 2.0, Audio, DDR400 (BULK)

Harga
63 77 92 154 120 52

Produk
POINT OF VIEW GeForce GTS250 Arctic Cooling POINT OF VIEW GeForce GTX 260 Premium 216 55nm POINT OF VIEW GeForce GTX 280 POINT OF VIEW GeForce GTX 285 POINT OF VIEW GeForce GTX 295 POINT OF VIEW GeForce GTX275 SPARKLE GeForce 9400GT 512MB SPARKLE GeForce 9500GT SPARKLE GeForce 9600GT 512MB SPARKLE GeForce 9800GT 1GB SPARKLE GeForce 9800GT 512MB SPARKLE GeForce GTS 250 SPARKLE GeForce GTX260 SPARKLE GeForce GTX275 OC SPARKLE GeForce GTX285 Plus ZOTAC 8400 GS 512MB ZOTAC 9600 GT 512MB Synergy ZOTAC GeForce 8500GT 512 ZOTAC GeForce 8600GT 512MB ZOTAC GeForce 9400GT ZOTAC GeForce 9500GT 512MB DDR2 ZOTAC GeForce 9500GT 512MB DDR3 ZOTAC GeForce 9600GT Supreme ZOTAC GeForce GTX 275

Spesifikasi
GeForce GTX250, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0, 55nm Technology GTX 280, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX 285, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX 295, 1792MB DDR3, 896-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce GTX275, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, Dual DVI, HDCP, HDMI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce 9600GT, 512MB GDDR3, 256-bit, DVI, HDMI, HDCP, HDTV GeForce 9800GT, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce GTS 250, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce GTX260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce GTX275, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce GTX285, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce 8400GS, 512MB GDDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 GeForce 9600 GT, 512MB GDDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, PCIe x16 GeForce 8500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 GeForce 8600GT, 512MB DDR2, SLI, DVI, TV-Out, HDTV, PCIe x16 GeForce 9400GT, 512MB DDR2, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce GTX 275, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4650, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4670, 1GB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4830, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV Output, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4350, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 HD4650, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4650, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 HD2400Pro, 256MB DDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 HD4650, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 X1650, 512MB DDR2 HD4350, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4670, 1GB DDR3, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4770, 512MB DDR5, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD3650, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, CrossFireX HD4650, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4650, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0, TURBO HD3650, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 HD3650, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 HD3850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 X1650PRO, 512MB DDR2, Dual DVI, TV-Out, PCIe x16 HD 2400 PRO, 512MB DDR2, VGA, TV out, DVI-I, UVD, Blu-Ray, HDMI, HDCP, HD Audio, PCI-e x16 HD 3850, 256 MB GDDR 3, 256 bit, DVI-TV-Output, PCI-e x16 2.0 HD 4870, 512MB DDR5, 256-Bit, Dual DVI-I, HDTV, HDMI, HDCP, PCI-e x16 2.0

Harga
165 236 360 375 515 275 50 60 112 150 120 155 185 275 392 35.50 100 43.50 47 52 61.50 69.50 105 277 80 110 147 215 318 318 295 37 58 65 76 135 30 65 164 237 262 38 49 97 106 211 190 308 296 135 49 60 67 88 165 208 232 265 82 92 152 212 309 53 35 114 295 40 51 198 68 81 90 128 110 199 240 299 28 140 257 210 30 40 46 70 185

VIDEO CARD

NVIDIA PCI Express
ASUS EN 8500GT SILENT/HTP/512M GeForce 8500GT, 512MB DDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 ASUS EN8600GT MAGIC/HTP/512M GeForce 8600GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 ASUS EN9400GT/DI/512M GeForce 9400GT, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 ASUS EN9500GT MAGIC/DI/512M GeForce 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 ASUS EN9600GSO GeForce 9600 GSO, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 MAGIC/HTDP/512M ASUS EN9800GT GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP HDTV, PCI-e x16 2.0 HYBRIDPOWER/HTDI/512M ASUS EN9800GTX+/HTDP/512M GeForce 9800GTX, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 ASUS ENGTS250/DK/HTDI/512M GeForce GTS 250, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ASUS ENGTX285/HTDP/1GD3Â GeForce GTX 285, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 ASUS ENGTX295/2DI/1792MD3 GeForce GTX 295, 1792MB DDR3, 896-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE GeForce 7200GS, 256MB DDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 GeForce 7200GS 256MB DIGITAL ALLIANCE GeForce 7300 GT, 256MB DDR3, Dual DVI, TV-Out, PCIe x16 Geforce 7300GT Sonic DIGITAL ALLIANCE Geforce 7950 GT GeForce 7950 GT, 512MB DDR3, Dual DVI, TV-Out, PCIe x16 (BULK) DIGITAL ALLIANCE GeForce 8400GS GeForce 8400GS, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE GeForce 8500 GT, 256MB DDR3, DVI, TV-Out, SLI, PCIe x16 Geforce 8500GT Sonic 256MB DIGITAL ALLIANCE GeForce 9400GT GeForce 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE GeForce 9500GT GeForce 9500GT, 1GB DDR2, 128-bit DIGITAL ALLIANCE GeForce 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce 9500GT Super DIGITAL ALLIANCE GeForce 9600GT GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE GeForce 9600GT, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce 9600GT Sonic 1GB DIGITAL ALLIANCE GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce 9600GT Sonic 512 DIGITAL ALLIANCE GeForce 9800GT GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE GeForce 9800GT GeForce 9800GT, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE GeForce GTS 250, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce GTS 250 Green DIGITAL ALLIANCE GeForce GTX 275 GeForce GTX 275, 896MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE GeForce GTX 285 GTX 200, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE GTS 250 GTS 250, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 DIGITAL ALLIANCE GTX 260, 1792MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX 260 216SP Sonic DIGITAL ALLIANCE GTX 295 GTX 200 x2, 1792MB DDR3, 896-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GeForce 9500GT DDR3 GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-N250ZL-1GI GeForce GTS 250, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-N26-896H-B GeForce GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-N26OC-896H-B GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-N295-18I-B GeForce GTX 295, 1792MB DDR3, 2x 448-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-N94TOC-1GH GeForce 9400GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-N95TD3-512H GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-N96TZL-512i GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-N98TOC-1GH GeForce 9800 GT, 1GB DDR3, 256Bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-N98XPZL-1GH GeForce 9800 GTX+, 1GB DDR3, 256Bit, DVI, TV-Out, HDPC, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-NX84G256H GeForce 8400GS, 256MB DDR2, DVI, TV-Out, SLI, PCIe x16 GIGABYTE GV-NX86S256H GeForce 8600GTS, 256MB GDDR3, Dual DVI, TV-Out, SLI, PCIe x16 GIGABYTE GV-NX88S512H-B GeForce 8800GTS, 512MB GDDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-NX96T512H GeForce 9600GT, 512MB GDDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 GIGABYTE GV-NX98X512H-B GeForce 9800GTX, 512MB GDDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDTV, HDCP, PCI-e x16 2.0 LEADTEK WINFAST GeForce GTS 250 GeForce GTS 250, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 LEADTEK WINFAST GeForce GTX 275 GeForce GTX 275, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 LEADTEK WINFAST GeForce GTX 285 GeForce GTX 285, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 LEADTEK WINFAST GeForce GTX 295 GeForce GTX 295, 1792MB, 896-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 LEADTEK WINFAST GTX 280 GTX 280, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 LEADTEK WINFAST GeForce 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, PCI-e x16 2.0 PX 9500GT 512 DDR2 LEADTEK WINFAST GeForce 7200 GS, 256MB DDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 PX7200GS TDH 256MB LEADTEK WINFAST GeForce 8400GS, 512MB GDDR2, DVI, TV-Out, Fan, PCIe x16 PX8400GS 512MB LEADTEK WINFAST PX8500GT 512MB GeForce 8500GT, 512MB DDR2, DVI, TV-Out, Heatpipe, PCIe x16 LEADTEK WINFAST PX8600GT 256MB GeForce 8600GT, 256MB DDR3, Dual DVI, TV-Out, PCIe x16 LEADTEK WINFAST GeForce 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, PCI-e x16 2.0 PX9400GT 512 DDR2 LEADTEK WINFAST GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, PCI-e x16 2.0 PX9500GT 512 DDR3 LEADTEK WINFAST PX9600GT GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI, PCI-e x16 LEADTEK WINFAST PX9800 GT GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 LEADTEK WINFAST PX9800 GTX+ GeForce 9800GTX, 512MB DDR3, 256-bit MANLI GeForce 7200GS GeForce 7200GS, 256MB DDR2, 64-bit, DVI, TV Out, PCI-e x16 MANLI GeForce 9400GT GeForce 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 MANLI GeForce 9500GT GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 MANLI GeForce 9600GT GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, Dual DVI, TV-Out, PCI-e x16 MANLI GeForce GTS 250 GeForce GTS 250, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 MANLI GeForce GTX 260 GeForce GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, PCI-e x16 2.0 MANLI GeForce GTX 275 GeForce GTX 275, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 MANLI GeForce GTX 285 GTX 285, 1GB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 MANLI GeForce GTX 295 GTX 295, 1792MB DDR3, 896-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 8400GS GeForce 8400GS, 256MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 PIXELVIEW GeForce 8400GS 512 GeForce 8400GS, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 PIXELVIEW GeForce GeForce 8500GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Output, HDMI, PCI-e x16 8500GT 1GB HDMI PIXELVIEW GeForce 8500GT 256 GeForce 8500GT, 256MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 PIXELVIEW GeForce 8500GT 512 GeForce 8500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 PIXELVIEW GeForce 8600GT GeForce 8600GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 PIXELVIEW GeForce 8800GT GeForce 8800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 8800GT Ultra GeForce 8800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 9400GT GeForce 9400GT, 512MB DDR2, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 9500GT GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 9600GT GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 9600GT 1GB GeForce 9600GT, 1GB DD3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 PIXELVIEW GeForce 9800GT GeForce 9800GT, 512MB DD3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 POINT OF VIEW GeForce 7200GS GeForce 7200GS, 256MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 POINT OF VIEW GeForce 8400GS GeForce 8400GS, 256MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 POINT OF VIEW GeForce 9400GT 1GB GeForce 9400GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 POINT OF VIEW GeForce 9500GT 1GB GeForce 9500GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 POINT OF VIEW GeForce 9600GT GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI HDTV, PCI-e x16 2.0 POINT OF VIEW GeForce 9600GT EXO GeForce 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 POINT OF VIEW GeForce 9800GT GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 69 80 65 85 98 181 248 186 415 560 29 48 303 36 56 47 65 60 100 132 117 120 137 152 269 364 157 270 502 98 226 365 302 565 70 90 134 179 224 44 102 253 129 233 180 290 410 535 395 67 27 41 64 88 58 73 110 125 145 28 50 69 99 154 217 275 365 515 38 45 84 55 65 97 207 212 56 103 147 197 177 27 36 54 69 105 111 125

ATI PCI Express
ASUS EAH4650/DI/1GD2 ASUS EAH4670/DI/1GD3 ASUS EAH4830/HTDP/512MD3 ASUS EAH4850/HTDI/512M ASUS EAH4870 DK/HTDI/1GD5 ASUS EAH4870/HTDI/512M ASUS EAH4890/HTDI/1GD5 BIOSTAR HD4350 BIOSTAR HD4650 BIOSTAR HD4650 BIOSTAR HD4670 BIOSTAR HD4850 DIGITAL ALLIANCE HD2400Pro Sonic DIGITAL ALLIANCE HD4650 DIGITAL ALLIANCE HD4870 DIGITAL ALLIANCE HD4890 DIGITAL ALLIANCE HD4890 Sonic DIGITAL ALLIANCE X1650 512 GIGABYTE GV-R435OC-512i GIGABYTE GV-R467D3-512I GIGABYTE GV-R467ZL-1GI GIGABYTE GV-R485OC-1GH GIGABYTE GV-R485ZL-512H GIGABYTE GV-R487D5-1GD GIGABYTE GV-R489-1GH-B GIGABYTE HD4770 HIS HD3650 512MB HIS HD4650 HIS HD4650 HIS HD4670 ICEQ DDR3 HIS HD4850 IceQ4 Turbo HIS HD4870 IceQ4+ 512MB HIS HD4870 IceQ4+1GB HIS HD4890 Turbo POWERCOLOR HD3650 POWERCOLOR HD3650 Extreme POWERCOLOR HD3850 POWERCOLOR HD4850 POWERCOLOR HD4870 PCS+ POWERCOLOR X1650Pro 512MB SAPPHIRE HD 2400 1GB HM SAPPHIRE HD 3850 256MB SAPPHIRE HD 4870 TOXIC 512MB Vapor Chamber SAPPHIRE HD3450 512 HM SAPPHIRE HD3650 512 SAPPHIRE HD3870 Toxic SAPPHIRE HD4550 SAPPHIRE HD4650 1GB SAPPHIRE HD4670 SAPPHIRE HD4770 SAPPHIRE HD4830 SAPPHIRE HD4850 1GB SAPPHIRE HD4870 1GB SAPPHIRE HD4890 SAPPHIRE RADEON X1550 SAPPHIRE Vapor X HD4850 SAPPHIRE VAPOR-X HD 4890 HDMI 1GB SAPPHIRE Vapor-X HD4870 SAPPHIRE X1550 SAPPHIRE X1650 PRO 512MB DDR2 XFX HD4350 XFX HD4650 XFX HD4870XXX512MB

HD3450, 512MB DDR2 HyperMemory 1GB HD3650, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 HD3870, 512MB GDDR4, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, HDCP, PCI-e x16 2.0 HD4550, 512MB DDR3, 64-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4650, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4770, 512MB DDR5, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4830, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 X1550, 256MB DDR2 (HyperMemory 1GB), DVI, TV-Out, PCI-e x16 HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI. HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-Bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0, Vapor Chamber Fan Cooler HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 X1550, 256MB DDR2, 128-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 X1650, 512MB DDR2, 128 bit, DVI, TV-Out, PCIe x16 HD4350,5121GB DDR2, HDTV, TV Out, DVI, D-Sub, PCIe x16 HD4650, 512MB DDR2, HDTV, TV Out, Dual-Link DVI, PCIe x16 HD4870, 512MB GDDR5, HDTV, TV Out, Dual-Link DVI, Cross Fire, PCIe x16

MEMORY

DDR 2
A-DATA 1GB DDR2 800 Gaming Gaming Series, 1GB, DDR 800 PC2-6400 A-DATA 1GB Kit DDR2 800 Extreme Extreme, 2x 512MB, DDR2 800 PC-6400 A-DATA 2GB Kit DDR2 800 Extreme Extreme, 2x 1GB, DDR2 800 PC-6400 A-DATA 2GB Kit DDR2 800 Gaming Gaming Series, 1GB x2, DDR2 800 PC2-6400 A-DATA 4GB Kit DDR2 800 Extreme Extreme, 2x 2GB, DDR2 800 PC-6400 A-DATA DDR2-800X 1GB Kit X Series, 2x 512MB, PC2-6400 A-DATA DDR2-800X-2GB Kit X Series, 2x 1GB, PC2-6400 CRUCIAL Ballistix 2GB Kit PC-6400 2x 1GB DDR2 800, PC-6400, BL2KIT12864AA80A CRUCIAL Ballistix 4GB Kit PC-6400 2x 2GB DDR2 800, PC-6400, BL2KIT25664AA80A ELIXIR 2GB-6400 2GB DDR2 800 PC-6400 ELIXIR 512MB-5300 512MB DDR2 667 PC-5300 KINGSTON KHX6400D2K2/4G 4GB Kit DDR2 800, PC-6400, HyperX KINGSTON KVR1066D3N7/1G 1GB DDR3 1066 PC-8500, Value RAM KINGSTON KVR667D2N5/1G 1024MB DDR2 667 PC-5300, Value RAM KINGSTON KVR667D2N5/2G 2048MB DDR2 667 PC-5300 KINGSTON KVR667D2N5/512 512MB DDR2 667 PC-5300, Value RAM KINGSTON KVR667D2N5K2/1G 2x 512MB DDR2 667 PC-5300, Value RAM KINGSTON KVR667D2N5K2/2G 2x1GB DDR2 667 PC-5300, Value RAM KINGSTON KVR800D2N5/1G 1024MB DDR2 800 PC-6400, Value RAM KINGSTON KVR800D2N5/2G 2GB DDR2, PC-6400 19 22 36 33 57 28 46 70 100 26 8 72 58 19 29 12 22 34 19 28

22

18/2009

Liputan Harga Pasar
Produk
KINGSTON KVR800D2N5/512 MCPRO 1GB PC-5300 MCPRO 2GB PC-5300 MCPRO 512MB PC-5300 MUSHKIN 990991 MUSHKIN 991470 MUSHKIN 991496 MUSHKIN 991497 MUSHKIN 991500 MUSHKIN 991501 MUSHKIN 996522 MUSHKIN 996603 MVM 1024MB PC-5300 MVM 1024MB-PC 6400 MVM 2048MB - PC 6400 MVM 2048MB PC-5300 MVM 512MB PC-5300 MVM 512MB PC-6400 PATRIOT PDC22G6400LLK PATRIOT PDC22G9200ELK PATRIOT PDC24G6400LLK PATRIOT PDC24G8500ELKR2 PATRIOT PSD21G5332H PATRIOT PSD21G80082H PATRIOT PSD22G8002H PATRIOT PSD22G800KH PATRIOT PSD24G800KH PATRIOT PSD251253381 PATRIOT PVS22G8500ELK PATRIOT PVS24G8500ELKR2 TEAM TEDD1024M800HC5 TEAM TEDD2048M800HC5DC TEAM TEDD4096M800HC5DC TEAM TEDDD2048M800HC5 TEAM TXDD2048M1066HC5DC-D TEAM TXDD2048M1200HC5DC TEAM TXDD2048M800HC4DC-D TEAM TXDD4096M1066HC5DC-D TEAM TXDD4096M1066HC6DV-D TEAM TXDD4096M800HC4DC-D V-GEN 1024MB PC-4200 V-GEN 1024MB PC-5300 16IC V-GEN 1024MB PC-6400 V-GEN 2GB PC-5300 V-GEN 2GB PC-6400 V-GEN 512MB PC-4200 V-GEN 512MB PC-5300 V-GEN 512MB PC-6400 VISIPRO 1GB PC-5300 VISIPRO 1GB PC-6400 VISIPRO 2GB PC-5300 VISIPRO 2GB PC-6400 VISIPRO 512MB PC-5300

Aktual
Harga
80 268 27 48 80 24 25 44 52 92 125 145 175 167 125 136 222 238 228 51 50 86 120 65 75 96 110 325 150 175 Rp. 265,000 Rp. 465,000 Rp. 285,000 Rp. 470,000 75 137 46 133 36 24 42 51 78 64 60 45 34 51 47

Spesifikasi
512MB DDR2 800 PC-6400, Value RAM 1GB DDR2 667 PC-5300 2GB DDR2 667 PC-5300 512MB DDR2 667 PC-5300 256MB DDR SDRAM PC-3200, HP Series 512MB DDR2 800 PC-6400, XP Series 512MB DDR2 533 PC-4200 1GB DDR2 533 PC-4200 512MB DDR2 667 PC-5300 1GB DDR2 667 PC-5300 2x 512MB DDR2 800 PC-6400, XP Series 2x 1GB DDR2 800 PC-6400, HP Series 1024MB DDR2 667 PC-5300 1024MB DDR2 667 PC-6400 2048MB DDR2 667 PC-6400 2048MB DDR2 667 PC-5300 512MB DDR2 667 PC-5300 512MB DDR2 800 PC-6400 Blade, 2x 1GB DDR2 800, PC-6400 Low Latency Kit Blade 2GB Kit, 2x 1GB DDR2 1150, PC-9200 Enhanced Latency Kit Blade 4GB Kit, 2x 2GB DDR2 800, PC-6400 Low Latency Kit Blade, 2x 2GB DDR2 1066, PC-8500 Enhanced Latency Kit Signature Line 1GB DDR2 533, PC-4200 with Heatspreader Signature, 1GB DDR2 800, PC-6400 with Heatspreader 2GB DDR2 800, PC-6400 2x 1GB DDR2 800 PC-6400, Premium Heatsink 2x 2GB DDR2 800 PC-6400, Premium Heatsink Signature, 512MB DDR2 533, PC-4200 2x 1GB DDR2 1066, PC-8500 Enhanced Latency Kit 2x 2GB DDR2 1066, PC-8500 Enhanced Latency Kit 1GB DDR2 800 PC2-6400, Elite, CL 5, Heat Spreader 2x 1GB DDR2 800 PC2-6400, Elite, CL 5, Heat Spreader 4GB Kit 800 (2 x 2GB) PC2-6400, Elite, CL5, Heat Spreader 2GB DDR2 800 PC2-6400, Elite, CL 5, Heat Spreader 2x 1GB DDR2 1066 PC2-8500, Xtreem Dark, CL5, Heatspreader 2x 1GB DDR2 1200 PC2-9600, Xtreem, CL 5, Heat Spreader 2x 1GB DDR2 800 PC2-6400, Xtreem Dark, CL 4, Heat Spreader 4GB Kit (2x 2GB), DDR2 1066 PC2-8500, Xtreem Dark, CL5, Heat Spreader 4GB Kit (2x 2GB) DDR2 1066 PC-8500, Xtreem Dark, CL6, Heat Spreader 4GB Kit (2x 2GB) DDR2 800 PC2-6400, Xtreem Dark, CL4, Heat Spreader 1024MB DDR2 533 PC-4200, 16 IC 1024MB DDR2 667 PC-5300, 16 IC 1024 MB DDR2 800 PC-6400, 16 IC 2GB DDR2 533 PC-5300, 16 IC 2GB DDR2 PC-6400, 16 IC 512MB DDR2 533 PC-4200, 8 IC 512MB DDR2 667 PC-5300, 8 IC 512MB DDR2 800 PC-6400, 8 IC 1GB DDR2 667 PC-5300, 8 IC 1GB DDR2 800 PC-6400, 16 IC 2GB DDR2 667 PC-5300, 16 IC 2GB DDR2 800 PC-6400 512MB DDR2 667 PC-5300

Harga
14 15 25 10 18 34 15 19 16 20 49 53 15 15.50 26 25 11 11 39 81 60 115 16 21 31 34 55 17 48 80 20 35 60 32 50 135 40 84 64 74 Rp. 198.000 Rp. 199.000 Rp. 198.000 Rp. 318.000 Rp. 318.000 Rp. 110.000 Rp. 138.000 Rp. 138.000 Rp. 190.000 Rp. 190.000 Rp. 340.000 Rp. 340.000 Rp. 140.000

Produk

Spesifikasi
X-Series DDR3, 1GB x 2, DDR3 1600 PC3-12800, CL7 X-Series DDR3, 2GB x 2 DDR3 1600, PC3-12800 1GB DDR3 1333 2GB Kit DDR3 1333 Blade, 4GB Kit DDR3 1333, PC-10666, Low Latency Kit Signature Line 1GB DDR3 1066, PC-8500 Signature Line 1GB DDR3 1333, PC-10600 Signature, 2x 1GB DDR3 1333, PC-10600 with Heatspreader Signature, 3x 1GB DDR3 1066, PC-8500 with Heatspreader Signature, 3x 2GB DDR3 1066, PC-8500 with Heatspreader Viper, 2x 1GB DDR3 1600, PC-12800 Low Latency Kit 2x 1GB DDR3 1866, PC-15000 Low Latency Kit Viper, 2x 1GB DDR2 2000, PC-16000 Low Latency Kit Viper, 2x 2GB DDR3 1600. PC-12800 Low Latency Kit Viper, 3x 1GB DDR3 1600, PC-12800 Enhanced Low Latency Kit, XMP Ready, Core i7 Ready Viper, 3x 1GB DDR 1600, PC-12800 Low Latency Kit, XMP Ready, Core i7 Ready Viper, 3x 2GB DDR3 1600, PC-12800 Enhanced Low Latency Kit, XMP Ready, Core i7 Ready Extreme Performance, 3x 2GB DDR3 1600, PC-12800 2x 2GB DDR3 1800, PC-15000 Low Latency Kit 2GB Kit DDR3 1333 PC-10600, Elite, CL9, Heat Spreader 3GB Kit (1GBx3) DDR3 1333, PC-10600, Elite, Heat Spreader 4GB Kit (2x2GB) DDR3 1333, PC-10600, Elite, Heat Spreader 6GB Kit DDR3 1333 PC-10600, Elite, CL 9, Heat Spreader 2x 1GB DDR3 1600 PC3-12800, Xtreem, CL 7, Heat Spreader 2x 1GB DDR3 1866 PC3-15000, Xtreem, CL 8, Heat Spreader 3GB Kit (3x 1GB) DDR3 1600 PC-12800, Xtreem Dark, CL8, Heat Spreader 3GB Kit (3x 1GB) DDR3 1866 PC-15000, Xtreem, CL9, Heat Spreader 4GB Kit DDR3 1800MHz PC3-14400, CL8, Heat Spreader 6GB Kit (3x 2GB) DDR3 1600 PC-12800, Xtreem Dark, CL8, Heat Spreader 6GB Kit (3x 2GB) DDR3 1866 PC-15000, Xtreem, CL9, Heat Spreader 1GB DDR3 PC-10600, 8IC 2GB DDR3 PC10600, 16 IC 1GB DDR3 1333 PC-10600 2GB DDR3 1333 PC-10600

DDR 3
A-DATA 2GB Kit-1600X A-DATA 4GB Kit-1600X KINGSTON KVR1333D3N9/1G KINGSTON KVR1333D3N9K2/2G PATRIOT PDC34G1333LLK PATRIOT PSD31G10662 PATRIOT PSD31G13332 PATRIOT PSD32G1333KH PATRIOT PSD33G1066KH PATRIOT PSD36G1066KH PATRIOT PVS32G1600LLK PATRIOT PVS32G1866LLK PATRIOT PVS32G2000LLKN PATRIOT PVS34G1600LLK PATRIOT PVT33G1600ELK PATRIOT PVT33G1600LLK PATRIOT PVT36G1600ELK PATRIOT PVT36G1600LLK PATRIOT Viper 4GB Kit DDR3 1800 LLKN TEAM TED32048M1333HC9DC TEAM TED33072M1333HC9TC TEAM TED34096M1333HC9DC TEAM TED36144M1333(H)C9TC TEAM TXD32048M1600HC7DC TEAM TXD32048M1866HC8DC TEAM TXD33072M1600HC8TC TEAM TXD33072M1866HC9TC TEAM TXD34096M1800HC8DC TEAM TXD36144M1600HC8TC TEAM TXD36144M1866HC9TC V-GEN 1GB PC-10600 8IC V-GEN 2GB DDR3 PC-10600 VISIPRO 1GB DDR3 PC-10600 VISIPRO 2GB DDR3 PC-10600 ASUS My Cinema - U3000 Hybrid HAUPPAUGE WinTV Theatre (498) HAUPPAUGE WinTV USB (691) HAUPPAUGE WinTV-PVR-150 KWORLD PlusTV Analog Stick (305UDE) KWORLD PVR-TV 878RF KWORLD TV Box 1680ex KWORLD VS-PVR-TV 303U LEADTEK WINFAST DTV2000 H LEADTEK WINFAST TV PalmTop Plus LEADTEK WINFAST TV Pro 1680 LEADTEK WINFAST TV2000 XP Global PIXELVIEW Play TV Extreme PIXELVIEW Play TV Global USB PIXELVIEW PlayTV USB 415

TV TUNER
Hybrid - Digital/Analog External TV Tuner, USB 2.0 Internal TV Tuner + FM + Remote External TV Tuner (USB) Internal TV Tuner + Remote + MPEGI/II recording function USB 2.0 TV Tuner PlusTV Analog PCI External TV Tuner, Analog, Remote, Built-in speaker, 1080i HD Support PlusTV Analog Pro Stick TV Tuner External TV Tuner, NTSC, PAL, FM Tuner, USB 2.0 External Analog TV Tuner Internal TV - FM Tuner Internal TV/FM Tuner for PC External TV Tuner External, USB 2.0

—Harga diambil dari bhinneka.com. Harga dapat berubah sewaktu-waktu. Kurs US$ diambil dari klikbca.com

BELI SEGERA!
Majalah PC MILD EXTRA PHOTOSHOP
Mengupas tip dan trik ampuh Adobe Photoshop, kumpulan tutorial seputar digital imaging, review sejumlah pilihan software gratis pengolah image, dan tanya-jawab tentang problem olah foto digital. Cara konkrit jago Photoshop secara otodidak.

Majalah

Kupas tuntas paket aplikasi open-source OpenOffice.org 3.1.0. Tutorial lengkap dan praktis penggunaan Writer, Calc, Impress, Draw, Math, dan Base untuk keperluan aktivitas kantor:
Membuat Label Alamat Surat Membuat Slideshow Menggunakan Bagan Membuat Tabel Grafik 3D Membuat PDF Membuat Database Teks Membuat Label CD

Masih ditambah tip & trik cara menggunakan OpenOffice.org lebih efisien. Panduan yang komplet dalam satu kemasan.

Bonus:

Ekstra:
CD berisi 405 cliparts, 146 fonts, dan 100 extensions gratis untuk OpenOffice.org 3.1.0. Installer untuk tiga platform: Linux, Windows, & MacOS X.
Untuk pesan langsung hubungi: Prima Buku Telp: (021) 3190-4075 Fax: (021) 390-8883 SMS: 0813-115-23230 pesan@primabuku.co.id Untuk beriklan hubungi: Indran BS (021) 313-3731 ext 105-107 iklan@infolinux.co.id

CD berisi software gratis digital imaging, font, plugins, dan galeri

Dapatkan segera di toko-toko buku terdekat
Untuk pesan langsung hubungi: Prima Buku Telp: (021) 31904075 Fax: (021) 3908883 SMS: 0813-115-23230 pesan@primabuku.co.id Untuk beriklan hubungi: Indran BS (021) 3133731 ext 105-107 iklan@pcmedia.co.id

DAPATKAN SEGERA DI TOKO-TOKO BUKU TERDEKAT!

18/2009

23

Hardware Tes: Motherboard
GIGABYTE EX58-UD4
Side Speaker Out S/PDIF Rear Speaker PS2 CoaxialPort Firewire Mini Firewire Out LineIn Mouse Port LAN Port Port

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai

Performa
PCMark05 Rating PCMark05 CPU Test Suite PCMark05 Memory Test Suite PCMark05 Harddisk Test Suite Quake 4 HOCdemo Medium Quality (800x600) Total Bobot Performa 8.40% 3.40% 3.40% 3.40% 6.40% 25.00% 2.50% 1.67% 1.67% 2.92% 0.83% 0.83% 1.25% 2.08% 3.75% 0.83% 0.42% 2.08% 0.83% 1.67% 0.83% 0.83% 1.67% 3.33% 30.00% 10.00% 10.00% 5.00% 5.00% 5.08% 4.92% 10.00% 3.00% 2.00% 5.00% 15.00% 8767.00 6372.00 8209.00 4370.00 15.21 Total Nilai Performa 3x PCI, 1x PCIe x1, 2x PCIe x16 Gigabit Ethernet dual PCI Express 6 / DDR3 / 24GB 1 / onboard 0/12 / 8 Onboard + 4 Pinheader 2 8 Port, 4 Kabel SATA / eSATA bracket 1 / 1, Jenis Biasa Tidak 4 / Windows+VIsta Ya Tidak Ada 8 Kanal Ya / Tidak Ada Kabel Optical + Coaxial / 4 LED, backpanel I/O shield, Total Nilai Perlengkapan Ya, Baik Total Nilai Overclock Hardware / Software Total Nilai Energy Saving Biasa Biasa Total Nilai Handling 3 Tahun Feature, gambar, driver,BIOS, manual, troubleshooting,where to buy di indonesia Total Nilai Service Total Nilai Harga 31.57 13.32 13.11 13.28 22.49 93.78 3.70 2.78 4.17 9.17 1.53 0.00 3.77 6.94 9.26 0.83 0.00 4.63 2.78 0.00 2.78 0.00 5.56 6.11 64.00 80.81 80.81 54.51 54.51 41.45 33.68 75.13 36.00 40.00 76.00 50.78

Harga: US$365 Info: Nusantara Eradata (021) 601-8218 www.gigabyte.co.id

PS2 S/PDIF Keyboard Port USB Port

Microphone Center & Bass Out LineOut

Interkoneksi

Perlengkapan
Dual PCIe x16, CrossFire, SLI, 8-phase power Harga masih tinggi

roduk Gigabyte kali agak dalam hal penamaannya, karena menggunakPkata-kata UD4 yanginidapat membingungkan an diartikan dengan Ultra Durable 4. Namun ternyata mainboard ini masih menggunakan Ultra Durable 3 Classic. Produk ini diperkuat dengan dual PCIe X16, dan sudah mendukung teknologi AMD Crossfire dan nVIDIA SLI, kemudian untuk memory DDR3 triple channel sudah disediakan slot DIMM sebanyak enam buah dengan kapasitas total 24 GB. Produk dari Gigabyte ini sepertinya memang

lebih ditujukan untuk overlocking. Memang untuk pengadaan CPU power phase hanya disediakan sebanyak delapan set saja, namun jika kita lihat dari implementasi proses produksi dan penggunaan komponen berkualitas, serta heatsink heatpipe. Beralih ke performa produk, rata-rata performa produk ini memang masih belum maksimal, baik itu untuk performa sintetic test, gaming test ataupun energy saving. Namun, tetap penawaran sisi teknologi dan dukungannya menjadi pilihan tersendiri.

Jumlah Slot LAN Card OnBoard Konfigurasi Multi-Video Card Jumlah / Tipe / Max Memory Jml. Port Serial & pemasangannya Jml. Port Paralel & pemasangannya Jml. Port USB (integrasi/pinheader) Jml. Port FireWire (integrasi/pinheader) Jml. Port SATA & Kabel / Port eSATA & Bracket Jml. Kabel IDE/Floppy & jenis kabel Konektor Game Port / IR Jml. & jenis Software/Driver Tersedia RAID Controller Video card OnBoard Konfigurasi Channel Audio Audio pinheader Bracket Panel Depan & Kabel Port SPDIF & Kombinasi SPDIF Indikator & extra Lainnya Total Bobot Perlengkapan

Overclock
Tersedia Paket pengaturan OverClock Total Bobot Overclock

Spesifikasi
Model Manufaktur CPU Support FSB Support Chipset Memory Graphic Interface Slot / Port Storage RAID Controller Paket Penjualan On-Board Audio On-Board LAN BIOS Form Factor GIGABYTE EX58-UD4 GIGA-BYTE TECHNOLOGY CO., LTD Intel Core i7, Soket LGA1366 6.4GT/s Intel X58 + ICH10R 6x DDR3 2000+/1333/1066 / 24GB PCI Express x16 2.0 2x PCI Express x16 slots, running at x16 x16, 1x PCI Express x4 slot, 1x PCI Express x1 slot, 3 x PCI slots 8 x USB 2.0/1.1 ports, 6 x audio jacks SATA RAID Motherboard Utility DVD, User’s Manual, Quick Installation Guide, IDE & Floppy Disk Cables, 4x SATA Cables, SATA Bracket, I/O Shield Realtek ALC888 codec 7.1-channel Realtek 8111D chips (10/100/1000 Mbit) Award BIOS 1024 Mb 305mm x 245cm

Energy Saving
Tersedia Fitur Energy Saving Total Bobot Energy Saving

Handling Buku Manual
Kualitas buku manual

Handling Operasional
Handling operasional Total Bobot Handling

Service
Garansi Fasilitas yang tersedia di Website Total Bobot Service

Harga
Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100.00%

Total Nilai Keseluruhan

72.38

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

72.38
US$365

Spesifikasi Pengujian: Intel Core i7 Extreme 965, GeForce 8800 GT, DDR3-1333 (Triple Channel Total 6GB), WD Raptor 74GB, Microsoft Windows 7 RC Build 7100 (Ultimate x64)

MSI X58 PLATINUM
PS2 Mouse LAN Port

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai

Performa
PCMark05 Rating PCMark05 CPU Test Suite PCMark05 Memory Test Suite PCMark05 Harddisk Test Suite Quake 4 HOCdemo Medium Quality (800x600) Total Bobot Performa 8.40% 3.40% 3.40% 3.40% 6.40% 25.00% 2.50% 1.67% 1.67% 2.92% 0.83% 0.83% 1.25% 2.08% 3.75% 0.83% 0.42% 2.08% 0.83% 1.67% 0.83% 0.83% 1.67% 3.33% 30.00% 10.00% 10.00% 5.00% 5.00% 5.08% 4.92% 10.00% 3.00% 2.00% 5.00% 15.00% 9131.00 6472.00 8310.00 4474.00 16.54 Total Nilai Performa 2x PCI, 3x PCIe x1, 2x PCIe x16 Dual Gigabit Ethernet dual PCI Express 6 / DDR3 / 24GB 1 / pin header 0/12 / 8 Onboard + 4 Pinheader 2 8 Port, 4 Kabel SATA / 1 / 1, Jenis Biasa Tidak 1 / Windows+VIsta Ya Tidak Ada 8 Kanal Ya / Tidak Ada Kabel Optical / 3 LED, backpanel I/O shield, CrossFire Bridge Total Nilai Perlengkapan Ya, Baik Total Nilai Overclock Hardware / Software Total Nilai Energy Saving Biasa Biasa Total Nilai Handling 3 Tahun Feature, gambar, driver,BIOS, manual, troubleshooting,where to buy di indonesia Total Nilai Service Total Nilai Harga 32.88 13.53 13.27 13.60 24.46 97.74 4.17 4.17 4.17 9.17 1.53 0.00 3.77 6.94 9.26 0.83 0.00 3.24 2.78 0.00 2.78 1.39 4.31 7.50 65.99 87.26 87.26 50.95 50.95 36.27 46.63 82.90 36.00 40.00 76.00 68.75

Harga: US$250 Info: Alfa Artha Andhaya (021) 6220-0000 www.msi.com.tw

PS2 Keyboard

Firewire Port

Clear Cmos

USB Port

Interkoneksi

Perlengkapan
-Performa memuaskan, harga bersaing -

ini buah slot PCIe Produkyang dilengkapi duateknologi AMD X16 mendukung Crossfire. Untuk memory sudah menggunakan DDR3 triple channel sebanyak enam slot, maksimal penggunaan memory total adalah 24 GB, dan rentang tegangan memory pada BIOS adalah 1,2v~2,8v. Produk Platinum dari MSI ini sudah dilengkapi heatsink khusus yang menggunakan heatpipe. Namun, heatpipe yang digunakan hanya paralel di antara kedua chipset saja, sedangkan MOSFET hanya dilindungi heatsink

yang bertuliskan DrMOS saja. Untuk power phase, produk dari MSI ini hanya dipersenjatai empat set CPU power phase, dan dirasa kurang untuk penggunaan overclocking pada produk ini. Beralih ke tabel performa, untuk sintetic test PCMark Vantage memang didapat hasil lumayan memuaskan, terutama pada Memory Test Suite yang berhasil memperoleh skor penuh di 100%. Untuk gaming test Far Cry 2 diperoleh nilai yang bisa dibilang lumayan, walau masih belum yang terbaik.

Jumlah Slot LAN Card OnBoard Konfigurasi Multi-Video Card Jumlah / Tipe / Max Memory Jml. Port Serial & pemasangannya Jml. Port Paralel & pemasangannya Jml. Port USB (integrasi/pinheader) Jml. Port FireWire (integrasi/pinheader) Jml. Port SATA & Kabel / Port eSATA & Bracket Jml. Kabel IDE/Floppy & jenis kabel Konektor Game Port / IR Jml. & jenis Software/Driver Tersedia RAID Controller Video card OnBoard Konfigurasi Channel Audio Audio pinheader Bracket Panel Depan & Kabel Port SPDIF & Kombinasi SPDIF Indikator & extra Lainnya Total Bobot Perlengkapan

Overclock
Tersedia Paket pengaturan OverClock Total Bobot Overclock

Spesifikasi
Model Manufaktur CPU Support FSB Support Chipset Memory Graphic Interface Slot / Port Storage RAID Controller Paket Penjualan On-Board Audio On-Board LAN BIOS Form Factor MSI X58 PLATINUM Micro-Star International Co., Ltd. Intel Core i7, Soket LGA1366 6.4GT/s Intel X58 + ICH10R 6x DDR3 1600(O.C.)/1333/1066 / 24GB PCI Express x16 2.0 2x PCI Express gen2 x16 slots, 3x PCI Express gen2 x1 slots, 2x PCI slot support 3.3V/5V PCI bus Interface 8 x USB 2.0 ports, 2 x RJ45 LAN Jacks SATA RAID 3x Utility CD, 2x User Guide, Quick Guide, 4x SATA Cables, 2x SATA Power Adapters, IDE Cable, Floppy Cable, SATA Bracket, I/O Shield, 2x Crossfire Bridges, MSI M-Connector Chipset integrated by Realtek® ALC888 8-channel audio Dual PCI Express LAN 10/100/1000 Fast Ethernet by Realtek 8111C AMI BIOS 2048 Mb 305mm x 245cm

Energy Saving
Tersedia Fitur Energy Saving Total Bobot Energy Saving

Handling Buku Manual
Kualitas buku manual

Handling Operasional
Handling operasional Total Bobot Handling

Service
Garansi Fasilitas yang tersedia di Website Total Bobot Service

Harga
Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100.00%

Total Nilai Keseluruhan

77.91

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

77.91
US$250

Spesifikasi Pengujian: Intel Core i7 Extreme 965, GeForce 8800 GT, DDR3-1333 (Triple Channel Total 6GB), WD Raptor 74GB, Microsoft Windows 7 RC Build 7100 (Ultimate x64)

24

18/2009

Tes: Video Card Hardware
Gecube HD4890 1GB
Performa
1280 x 1024 (noAA+noAF)
Harga: US$265 Info: AMTEC (021) 3000-5417 www.gecube.com

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai

Hasil 3D Mark06 Score Splinter Cell Chaos Theory Lighthouse
Interkoneksi

7.50% 5.00% 5.00% 7.50% 5.00% 5.00% 35.00% 2.00% 4.00% 1.00% 3.00% 2.00% 3.00% 1.00% 2.00% 1.00% 1.00% 20.00% 0.50% 0.50% 1.00% 0.25% 0.75% 0.50% 1.50% 5.00% 2.70% 2.30% 5.00% 35.00%

15830.00 222.44 52.90 10170.00 115.99 52.00 Total Nilai Performa 1024 MB GDDR5 1,1ns 256-bit Ekstra Cooler Dua DVI, S-Video out Tidak ada TV-Out - HDTV Adapter, VGA - DVI Adapter, TV-Out - Video-Out Adapter, 1x Crossfire Bridge Tidak ada Tidak ada Total Nilai Perlengkapan Tidak Tidak Memerlukan ruang dua slot Mudah Biasa Biasa Ya Total Nilai Handling 1 Tahun Download Driver, Manual, List Distributor/retail Total Nilai Service Total Nilai Harga

19.88 11.68 12.00 14.83 8.63 11.79 78.81 10.00 20.00 5.00 15.00 10.00 15.00 0.00 10.00 0.00 0.00 85.00 10.00 10.00 10.00 5.00 10.00 10.00 20.00 75.00 18.00 46.00 64.00 77.69

Quake 4 Benchmark Ultra Quality 2048 x 1536 (4xAA+16xAF) Hasil 3D Mark06 Score

Harga bersahabat

Tidak ada power adapter

Splinter Cell Chaos Theory Lighthouse Quake 4 Benchmark Ultra Quality Total Bobot Performa

dinamakan GC-HD4890XG5F3 dalam HD4890XT GDDR5 Produk ini kategorireference card. PCB yang series, dan masih pure digunakan masih sama persis dengan reference sampel AMD, termasuk kecepatan masing-masing clock GPU dan GDDR5 yang masih berjalan standar. Paket produk dari GeCube ini lumayan banyak melengkapi berbagai utility card. Seperti beberapa adapter sudah disertakan walau belum lengkap karena tidak adanya power adapter. Juga untuk Crossfire bridge juga sudah disertakan wa-

lau hanya satu buah saja. Mengingat produk ini dapat mengaktifkan Crossfire-X hingga empat buah card, jadi akan membutuhkan tiga buah Crossfire bridges. Beralih ke performa produk, pencapaian skor memang tidak terlalu berbeda dengan pencapaian skor pada reference sampel dari AMD. Memang untuk rata-rata skor sintetic test 3DMark06 di resolusi 1280 x 1024 cukup tinggi mencapai 93%, namun sayangnya begitu memasuki sintetic test 3DMark06 pada resolusi 2048 x 1536 skor langsung anjlok jauh ke-69%.

Perlengkapan
Kapasitas Memory Tipe Memory Access Time Memory Bus Width Cooling System Konektor VIVO Adapter dan Kabel Software Game Total Bobot Perlengkapan

Handling

Spesifikasi
Model Manufaktur GPU Interface Connector Kapasitas RAM Jenis RAM Core Clock Memory Clock Paket Penjualan Memory Interface RAMDAC Konfigurasi Core Multi-Video card General Optimizations DirectX & OpenGL Version Max FSAA Mode Gecube HD4890 1GB GECUBE AMD ATI Radeon HD 4890 (RV 790XT, 55nm) PCI Express x16 2.0 1024 MB GDDR5 850MHz 3900MHz CD Driver, User Manual, TV-Out - HDTV Adapter, VGA - DVI Adapter, TV-Out - Video-Out Adapter, 1x Crossfire Bridge 256-bit Dual 400MHz 800 SP, 40 TMU, 16 ROP Ya, CrossFire Shader Model 4.0, HDR, ATI AVIVO DirectX 10.1 / OpenGL 2.1 14x

Kebisingan saat keadaan ‘idle’ Kebisingan saat keadaan ‘full-load’: menggunakan 3D Mark 06 Instalasi Hardware Instalasi Driver Kualitas Buku Manual Deskripsi pada chapter Instalasi di Buku Manual Pengaturan Driver Option Total Bobot Handling

Service
Garansi Fasilitas yang tersedia di Website Total Bobot Service

Harga
Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100.00%

Total Nilai Keseluruhan

78.73

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

78.73
US$265

Spesifikasi Pengujian: Intel Core 2 Extreme QX6800 2.93GHz, ASUS P5W DH Deluxe, 2X 1GB DDR2 PC-6400, WD Raptor 74 GB, Windows XP Professional Build 2600 + SP2

HIS HD4890 1GB
Performa
Harga: US$275 Info: Asiaraya Computronics (021) 601-9408 www.hisdigital.com/id/

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai

Interkoneksi

Bundling lengkap, kinerja sesuai standar

yang HIS kali ini. keseluruhan produk Tidak banyak halUntuk berbeda pada produk benar-benar mengikuti reference design dari AMD ATI. Yang berbeda di sini hanya labelnya saja yang diganti menjadi merek dagang milik HIS. Untuk kecepatan clock GPU dan GDDR5 juga masih sama seperti standarnya. Kelengkapan produk bisa dibilang hampir sempurna, seluruh adapter sudah ada dalam paketnya. Begitu juga dengan power adapter 6-pin yang ternyata juga sudah ada dalam paketnya. Sayang, Crossfire bridge hanya di-

berikan satu buah saja, dan untuk software tambahan ataupun game juga tidak diberikan pada paketnya. Hal ini sepertinya dilakukan untuk menekan harga. Beralih ke performa produk. Skor yang agak menonjol di sintetic test 3DMark06 pada resolusi rendah yang mencapai 92%, namun sayang jika dibandingkan dengan skor pada resolusi tinggi yang ternyata lumayan jauh perbedaannya. Pada gaming test Quake4, perbedaan skor pada resolusi rendah dan tinggi hanya berbeda 0,5 fps.

1280 x 1024 (noAA+noAF) Hasil 3D Mark06 Score Splinter Cell Chaos Theory Lighthouse Quake 4 Benchmark Ultra Quality 2048 x 1536 (4xAA+16xAF) Hasil 3D Mark06 Score Splinter Cell Chaos Theory Lighthouse Quake 4 Benchmark Ultra Quality Total Bobot Performa

7.50% 5.00% 5.00% 7.50% 5.00% 5.00% 35.00% 2.00% 4.00% 1.00% 3.00% 2.00% 3.00% 1.00% 2.00%

15738.00 224.12 52.50 10189.00 116.21 52.10 Total Nilai Performa 1024 MB GDDR5 1,1ns 256-bit Ekstra Cooler Dua DVI, S-Video out Tidak ada VGA - DVI Adapter, HDMI - DVI Adapter, TV-Out - HDTV Adapter, TV-Out - Video-Out Adapter, 6-pin Power Adapter, Crossfire Bridge Tidak ada Tidak ada Total Nilai Perlengkapan Tidak Tidak Memerlukan ruang dua slot Mudah Biasa Biasa Ya Total Nilai Handling 1 Tahun Download Driver, Manual, List Distributor/retail Total Nilai Service Total Nilai Harga

19.77 11.77 11.90 14.85 8.64 11.81 78.76 10.00 15.00 5.00 15.00 10.00 15.00 0.00 10.00

Perlengkapan
Kapasitas Memory Tipe Memory Access Time Memory Bus Width Cooling System Konektor VIVO Adapter dan Kabel

Software Game Total Bobot Perlengkapan

1.00% 1.00% 20.00% 0.50% 0.50% 1.00% 0.25% 0.75% 0.50% 1.50% 5.00% 2.70% 2.30% 5.00% 35.00%

0.00 0.00 80.00 10.00 10.00 10.00 5.00 10.00 10.00 20.00 75.00 18.00 46.00 64.00 76.59

Spesifikasi
Model Manufaktur GPU Interface Connector Kapasitas RAM Jenis RAM Core Clock Memory Clock Paket Penjualan Memory Interface RAMDAC Konfigurasi Core Multi-Video card General Optimizations DirectX & OpenGL Version Max FSAA Mode HIS HD4890 1GB Hightech Information System Ltd. AMD ATI Radeon HD 4890 (RV 790XT, 55nm) PCI Express x16 2.0 1024 MB GDDR5 850MHz 3900MHz CD Driver, VGA - DVI Adapter, HDMI - DVI Adapter, TV-Out - HDTV Adapter, TV-Out Video-Out Adapter, 6-pin Power Adapter, Crossfire Bridge, Multilingual Manual. 256-bit Dual 400MHz 800 SP, 40 TMU, 16 ROP Ya, CrossFire Shader Model 4.0, HDR, ATI AVIVO DirectX 10.1 / OpenGL 2.1 14x

Handling
Kebisingan saat keadaan ‘idle’ Kebisingan saat keadaan ‘full-load’: menggunakan 3D Mark 06 Instalasi Hardware Instalasi Driver Kualitas Buku Manual Deskripsi pada chapter Instalasi di Buku Manual Pengaturan Driver Option Total Bobot Handling

Service
Garansi Fasilitas yang tersedia di Website Total Bobot Service

Harga
Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100.00%

Total Nilai Keseluruhan

77.32

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

77.32
US$275

Spesifikasi Pengujian: Intel Core 2 Extreme QX6800 2.93GHz, ASUS P5W DH Deluxe, 2X 1GB DDR2 PC-6400, WD Raptor 74 GB, Windows XP Professional Build 2600 + SP2

18/2009

25

Workshop Membuat Karaoke

Inilah Definisinya!
ID3
Salah satu bentuk metadata yang biasanya digunakan oleh format MP3. Di dalamnya berisi informasi seperti judul, artis, album, nomor track, dan berbagai informasi lain yang disimpan langsung di dalam file MP3 itu sendiri.

LAME
Aplikasi yang dipakai untuk mengencode audio ke dalam format MP3. LAME merupakan singkatan dari LAME Ain’t an MP3 Encoder, karena pada awal pengembangannya LAME memang bukan sebuah encoder. LAME mulai dikembangkan pada pertengahan 1998, dan menggunakan model lisensi GNU LGPL.

Media Player Classic
Media player compact untuk Windows yang tampilannya mirip dengan Windows Media Player 6.4, tapi dilengkapi dengan fitur dan berbagai opsi yang ada di media player modern. Media Player Classic awalnya dikembangkan oleh seorang programer berjuluk Gabest. Awalnya dikembangkan sebagai aplikasi close source tapi kemudian diubah menjadi free software di bawah lisensi GNU GPL. Karaoke, salah satu bentuk hiburan yang awalnya berkembang di Jepang, kini sudah bisa Anda temui dimana-mana. Mulai dari yang menggunakan koin, sampai yang memiliki fasilitas rekaman dan ruangan mewah.

D P

i beberapa forum Internet dan dari beberapa surat pembaca yang masuk, selalu ada pengguna komputer yang menanyakan bagaimana cara menghilangkan vokal dari sebuah lagu. Sehingga nantinya dia bisa turut bernyanyi alias karaokean dengan lagu yang diinginkan. Sejujurnya, membuat sebuah lagu karaoke hanya dengan menggunakan

komputer saja sebenarnya hampir tidak mungkin. Hal ini dikarenakan file audio atau MP3 yang biasa kita dengar sehari-hari adalah sebuah file analog yang dimana seluruh track didalamnya sudah bercampur. Yang dimaksud track di sini adalah jalur suara yang berisi masing-masing instrumen musik termasuk vokal. Jika track tersebut sudah bercampur, maka akan sulit sekali memisahkannya, kecuali Anda seorang ahli dalam bidang audio. Oleh karena itu, nanti hasil lagu yang Anda dapat tidak akan sesempurna lagu aslinya. Tapi daripada tidak ada sama sekali, maka tidak ada salahnya kita mencoba beberapa trik yang akan dibahas ini.

Hanya Audio
ada bagian ini kami akan menjelaskan cara membuat karaoke dalam bentuk audio saja. Yang artinya hasil yang nanti Anda dapat adalahkan sebuah lagu minus vokal. Kita akan membahasnya, mulai dari yang paling mudah dipraktikkan.

MIDI
Singkatan dari Musical Instrument Digital Interface. Sebuah standar yang diadopsi oleh industri musik elektronik untuk mengontrol alat layaknya synthesizer atau sound card. Standar MIDI sudah didukung oleh banyak synthesizer, jadi suara bisa diciptakan dalam satu synthesizers dan dimanipulasi pada synthesizers lain. Banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk mengolah MIDI ini, salah satunya adalah Cakewalk.

Karaoke Online Berkat keajaiban Web 2.0, kini Anda bisa menikmati berbagai kegiatan offline secara online, termasuk karaoke. Ada banyak website yang menyediakan fitur karaoke secara online. Yang dibutuhkan hanya mic, browser yang sudah dilengkapi flash player dan koneksi Internet aktif tentunya. Salah satu website untuk karaoke ini adalah www.karaokeparty.com. Kita akan coba menjelaskannya untuk Anda: www.karaokeparty.com. 1Jalankan browser, dan buka lagu yang diinginkan, 2Pilihklik Sing it. lalu jendela klik 3PadaAllow. peringatan yang muncul,

1Pastikan Winamp sudah terinstal lebih dahulu. Jalankan installer Vocal Remover, dan 2C:\Program Files\Winamp\Plugins\.arahkan instalasinya ke folder

Subtitle
Teks dari dialog film yang ditampilkan di bawah layar. Subtitle dapat berupa terjemahan dialog dalam bahasa asing, atau berupa dialog dalam bahasa yang sama tapi ditambahkan informasi tertentu yang ditujukan buat penonton tuna rungu.

3Setelah proses instalasi Vocal Remover selesai, jalankan Winamp, dan tekan + untuk membuka jendela Preferences. item kali pada AnalogX Remover. 4Di dalamnya, pilih VocalPlug-ins, DSP/Effect, kemudian klik dua

Windows Movie Maker
Aplikasi video editing yang disertakan secara default dalam Microsoft Windows. Berisi berbagai fitur seperti efek, transisi, narasi dan sebagainya. WMM mulai diperkenalkan di tahun 2000 melalui Windows ME, tapi kalah bersaing dengan iMovie dari Apple. Versi terbaru WMM adalah versi 2.6 yang disertakan dalam Windows Vista.

4Di kotak pertama pilih Instrumental, pasang mic Anda, lalu Start. 5Tunggu proses loading lagunya hingga selesai, dan akan muncul tampilan karaoke-nya.
Winamp + Vocal Remover Yang kita butuhkan di sini adalah Winamp, yang pastinya Anda sudah punya dan familiar dengan aplikasi ini. Yang kedua adalah plugin Winamp bernama Vocal Remover yang bisa Anda download di www.winamp.com/plugins/ details/54368, dengan file berukuran 177 KB.

26

18/2009

Membuat Karaoke Workshop
mainkan sebuah la5Cobakemudianketarik slider gu, Vocal Remover nilai yang Anda inginkan. Semakin tinggi nilainya, maka vokalnya semakin tidak terdengar. Tapi musik yang mengiringinya juga akan terganggu sehingga terdengar agak berbeda dengan aslinya. File MP3 aslinya tidak akan diutak-atik oleh Vocal Remover ini. Jadi, Anda tidak perlu khawatir. Terus Anda mungkin bertanya, liriknya bagaimana? Karena bukan karaoke namanya kalau tidak ada liriknya. Untuk lirik, silakan baca artikel di bawah lebih lanjut. Audacity + Lyrics Plugin Meningkat ke yang agak susah, kali ini kita akan mencoba menghilangkan vokal secara manual dari file MP3 yang biasa kita dengar sehari-hari. Setelah itu, liriknya akan muncul secara otomatis di layar. Untuk melakukan aksi ini, kita butuh Audacity yang bisa di-download gratis dari audacity.sourceforge.net dengan ukuran file 7,6 MB atau dari CD PC Mild edisi 12/2009. Sedangkan untuk menampilkan liriknya, kita butuh Lyrics Plugin untuk Winamp yang bisa di-download dari www.lyricsplugin.com, dengan ukuran file 63 KB. Dan tidak lupa koneksi Internet aktif: biasa. 1Instal Audacity seperti Au2Setelah ,selesai, jalankanpilih lagunya.dijadikan karaoke. Klik dacity, dan load MP3 yang ingin . Lalu, menu mat MP3 bisa dilakukan jika Anda sudah menginstal LAME MP3 encoder yang bisa di-download dari http://lame.buanzo. com.ar/. Setelah bereksperimen dengan beberapa file MP3, kami mendapati bahwa tidak semua MP3 bisa diperlakukan dengan cara seperti ini. Ada lagu yang vokalnya hampir hilang dengan sempurna, dan ada lagu yang masih terdengar jelas vokalnya. Setelah lagunya ada, sekarang tinggal liriknya: Untuk berkaraoke dengan MIDI, Anda bisa menggunakan Anvil Studio yang bisa di-download dari www.anvilstudio.com/ mstudioZ.exe, dengan file berukuran 3,73 MB:

1Instal Anvil Studio seperti biasa.

1Instal Lyrics Plugin ke lokasi C:\Program Files\ Winamp\Plugins\. 2Jalankan Winamp, tekan + untuk masuk ke Preferences. Di pilih pada Lyrics 3kaliitem Plug-ins,Plugin.General Purpose, dan klik dua

2Setelah diinstal, jalankan Anvil Studio, dan klik menu , .

muncul jendela baru me4Akan yang bisa yang nampilkan lirik lagu sedang dimainkan saat itu di Winamp. Lirik akan muncul selama ada koneksi Internet aktif, dan ID3 file MP3 tersebut diisi lengkap dan detail, terutama di bagian Artist dan Title.

Pilih fi MIDI dijadikan karaoke. File 3ini bisaledenganyang inginAnda cari dengan bantuan MIDI mudah www. musicrobot.com.

4Jika ada peringatan yang muncul, klik Yes.
ada di 3Di tanda panah yang Stereo track, pilih Split Track. menjadi 4Trackleftakan berubahSekarang, dua, dan right. klik track Right atau yang bawah, pilih menu Effect, Invert. susunan track yang ada di dalam MIDI 5Akan terlihat bernamaadalah menghilangkan trackvolumenya tersebut. Tujuan kita vokalnya. Pilih track yang vocal, lalu geser slider Karaoke Menggunakan MIDI Bila Anda perhatikan, lagu-lagu dalam format MP3 yang sudah diutak-atik dengan metode-metode di atas tadi, nadanya pasti berubah. Tidak lagi seperti aslinya. Jika Anda menginginkan sebuah lagu karaoke yang setelah vokalnya dihilangkan tapi nadanya tidak berubah, maka jangan gunakan MP3, tapi gunakan MIDI. Tidak seperti MP3, file MIDI pada umumnya terdiri dari beberapa track yang dipisah. Jadi bila dibuka dengan aplikasi yang tepat, Anda bisa melihat track khusus untuk vokal, gitar, bas, drum, dan lain-lain. Track-track tersebut bisa dimatikan sesuai dengan yang kita mau atau dalam hal ini karena untuk karaoke, maka track vokal yang dihilangkan. Cuma saja, musik dalam format MIDI terdengar kurang merdu, karena MIDI adalah audio dalam bentuk digital. hingga ke angka 0.

kedua menjadi Mono. pa5Berikutnya, ubahKlik tandatrack nahnya, dan pilih Mono.

6

Sekarang coba mainkan lagunya. Jika berhasil, maka vokalnya tidak akan terdengar lagi.

menyimpannya, klik pada menu 7UntukEdit metadata-nya, , . lalu klik OK. na 8Selanjutnya berilam ma, dan simpan da format WAV. Penyimpanan dalam for-

. 6Untuk menyimpannya, klik menu , MIDI tersebut, maka vokalnya 7Sekarang, coba dengarkan perubahan nada di musiknya. sudah hilang dan tidak ada Sedikit tip, trik ini juga bisa dipakai buat Anda yang sedang berlatih alat musik, apakah itu gitar, bass, drum, dan sebagainya. Jika ingin berlatih gitar, maka tinggal matikan track yang berisi suara gitar. Jadi, Anda tidak perlu memiliki sebuah band jika ingin melatih permainan gitar Anda dalam sebuah lagu. Dan satu lagi, seandainya di dalam daftar track itu tidak ada namanya, maka Anda harus mencari satu per satu track mana yang ingin dimatikan.

18/2009

27

Workshop Membuat Karaoke

Audio & Video
etelah tadi kita sudah membahas cara mudah membuat sebuah lagu karaoke tanpa visual, sekarang kita akan membuatnya dengan tambahan visual seperti yang ada di tempat-tempat karaoke pada umumnya. Aplikasi yang kita butuhkan di sini cukup banyak, tapi semuanya gratis. Cuma tidak seperti karaoke pada umumnya, tulisan teks lagu yang muncul warnanya tidak bisa berubah mengikuti kata yang seharusnya dinyanyikan saat itu. Teksnya cuma muncul seperti layaknya subtitle pada film. Menggabung Audio dan Video Siapkan lagu dan video yang ingin digabungkan menjadi karaoke. Untuk lagu, file-nya bisa berupa MP3. Lalu, praktikkan trik di atas yang menggunakan Audacity.

S
1

pada menu 3Lalu klik. video yang belum di-, Pilih video karaokenya. Pilihlah edit sehingga kata-katanya masih terdengar jelas. contoh, lirik dalam jadikan 4Sebagaivideo yang kamiini. lagu percobaan adalah seperti Sekarang, posisikan slider di akhir kata “room” diucapkan. Lalu, klik tombol End subtitle. Saat

10Beri nama dan lokasi penyimpanan sesuka Anda. Settings, dan pilih 11Pilih opsi MoreLalu, klik Publish. kualitas video yang diinginkan.

bisa berupa WMV. 2Untuk videonya,video YouTubeAVI atau melalui Anda bisa men-download yang dibutuhkan YouTube. Cara men-download dari sudah pernah kami jelaskan di edisi 14/2009. Usahakan lagu dan videonya memiliki durasi waktu yang sama. buka Movie 3Sekarang,menuWindowsKlik tomMaker dari Start. bol Import Media. tombol itu ditekan, timing-nya akan muncul di kolom Hide, dan akan langsung otomatis berpindah ke baris berikutnya. Klik kembali tombol End Subtitle. Lakukan aksi ini 5Sekarang, posisikan slider di akhir kata “bunker” diucapkan. seterusnya sampai lagunya selesai atau per bait. Terserah Anda. kata “this” pertama yang diucapkan. Klik baris nomor 1, 6Sekarang posisikan slider di awaldan klik tombol Set start time.

4Lalu, pilih file lagu dan video yang sudah disiapkan.

selesai. Proses tergantung dari kualitas video yang 12Tunggu prosesnya hingga Anda pilih daninikemampuan komputer Anda.

bawah. 5Drag file video dan lagu ke dalam timeline yang ada di Membuat Subtitle Sekarang, Anda sudah memiliki sebuah video karaoke. Yang kurang hanya tampilan lirik di video tersebut. Untuk menambah lirik ke dalam video, kita membutuhkan aplikasi Subtitle Workshop yang bisa di-download dari www.urusoft. net/downloads/subtitleworkshop251.zip dengan ukuran file 1,03 MB. Tidak lupa, siapkan juga lirik lagu yang ingin ditaruh di video tersebut. Di sini Anda akan membutuhkan kejelian dalam membaca timing kapan kata akan diucapkan. Proses ini baru proses membuat subtitle-nya saja, belum proses penggabungan ke video.

6

Lalu, klik menu , . Geser slider-nya ke bagian Audio/ Music. Aksi ini bertujuan agar suara yang muncul difokuskan ke suara dari lagu, bukan dari videonya.

1Instal Subtitle Workshop seperti biasa. 2Jalankan Subtitle Workshop, klik menu

,

. ke baris lagi slider awal kata “this” yang diucapkan. Lalu, tombol 7Pindah keduaaksinomor 2, posisikan kliklagunyadiSet start time. Lakukan ini seterusnya sampai selesai atau per bait. nomor 1, lalu tulis kata 8Klik kembali baris“thistersedia.room”. lirik ataukami, yang muncul di kotak yang Dalam contoh lirik yang muncul adalah grey

Sekarang, Play dan mainkan antara lagu dan video sama, 7Jika durasiklikkeduanya pasti sudahvideonya.pasti tidak ada masalah. Karena sinkron.

8Untuk menyimpannya, klik menu , 9Selanjutnya, pilih opsi This Computer

. , dan klik Next.

28

18/2009

Membuat Karaoke Workshop
ke baris contohnya ke 9Pindah bunker”.dua, tulis lagi lirik yang muncul,seperti ini. 4Sekarang, jalankan VirtualDub. Lalu, pilih menu File, 7Kembali pastikanjendela “this Sehingga hasil akhirnya akan Open video file. Pilih video yang sudah siap untuk utama VirtualDub, di menu Video, opsi Full processing mode dipilih. Lalu, klik Compression. Anda inginkan lalu 8Pilih codec ,yang OK. ditambahkan teks.

mainkan videonya. teks-nya 10Coba di bagian sini. Apakah kemunculan edit lagi sinkron dengan lagunya. Bila tidak sinkron, timing-nya

Lanjutkan dengan mengklik menu Video, Filters. Klik Add , arahkan ke TextSub , dan klik OK.

5

9Di menu Audio, pastikan opsi Direct stream copy dipilih. 11Lalu, simpan dalam format SubRip.
klik menu File, 10Terakhir, namaSave as AVI. Beri dan

Dari sini, sebenarnya prosesnya sudah hampir jadi. Jika Anda taruh video karaoke dan subtitle ini di dalam folder yang sama dengan nama yang sama , maka saat dimainkan dengan lokasinya sesuka Anda.

6
Windows Media Player Classic, sudah mirip dengan karaoke yang sebenarnya. Menggabungkan Audio + Video dengan Teks Agar lebih afdol, langkah terakhir yang akan kita lakukan ini adalah menggabungkan semua komponen. Tujuannya adalah agar saat video ini dimainkan di berbagai perangkat multimedia, teksnya juga ikut muncul. Sebab jika antarteks dan videonya masih terpisah, jika videonya dimainkan di perangkat tertentu, misalnya PSP atau iPhone, teksnya tidak akan muncul. Aplikasi yang dibutuhkan adalah VirtualDub dari http:// virtualdub.sourceforge.net dengan file berukuran 1,5 MB atau dari CD PC Mild edisi 12/2009. Aplikasi kedua adalah VobSub dari www.afterdawn.com/software/video_software/subtitle_tools/ vobsub.cfm dengan ukuran file 716 KB. Lalu pastikan juga berbagai codec, terutama XviD, sudah terinstal di komputer Anda: download VirtualDub ke folder sesuka 1Ekstrak hasilsifatnya portabel. Bisa langsung dipakai Anda. VirtualDub tanpa ada instalasi. VobSub, 2Instal“TextSubdan pastikan opsi “VobSub for VirtualDub” dan for VirtualDub and AviSynth” juga turut dipilih di bagian plugins. jendela VirtualDub. sesuaikan dengan folder Anda 3Masih dalam Lokasinyainstalasi VobSub, tentukan lokasi mengekstrak VirtualDub.

Akan muncul jendela lagi, klik Open , dan arahkan ke subtitle yang tadi sudah kita buat. Klik OK.

di-render, proses rendering 11Video akan dari durasidan lamanyadan kemampuan tergantung videonya komputer Anda.

CATATAN: Bila Anda membutuhkan aplikasi untuk meng-convert format WMV ke AVI, MP4 ke AVI, WAV ke MP3 dan lain-lain, PC Mild pernah menyertakan sekumpulan aplikasi media converter di CD edisi 10/2009. Anda bisa menggunakan Any Video Converter atau Format Factory.

18/2009

29

Windows Vista

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
Default
Merujuk pada pengaturan atau value yang secara otomatis diaplikasikan pada sebuah software, program komputer atau peralatan tertentu, di luar campur tangan user. Beberapa setting juga disebut presets, khususnya pada peralatan elektronik. Pada umumnya, barang-barang elektronik tertentu memiliki tombol atau langkah-langkah tertentu untuk mengembalikan seluruh pengaturan ke default seperti setting awal.

Windows Vista
Mematikan Laptop secara Otomatis
Ketika Anda sedang terburu-buru, setiap hal sepele yang harus Anda kerjakan sebelum pergi akan terasa sangat menyita waktu. Proses mematikan laptop yang sedang aktif pun terasa lebih lama dibandingkan biasanya.

nu 4Setelahdimasuk ke melink tersebut, perhatikan yang ada sebelah kiri, klik pilihan yang bertuliskan Choose what closing the lid does. Di sini, Anda akan dihadapkan dengan sejumlah opsi, klik menu drop down pada pilihan When I Close the Lid. Pilih Shut Down.

5

Cara tercepat untuk mematikan laptop Anda dengan praktis tentu saja dengan menutup laptop tersebut. Namun pada umumnya, setting default laptop ketika ditutup adalah sleep. Untuk melakukan perubahan, gunakan langkah-langkah berikut ini:

Drop Down
Bentuk menu yang menurun ke bawah pada tampilan Graphical User Interface. Serupa dengan list box, yang memungkinkan user memilih salah satu opsi dari list yang tersedia. Ketika drop down list tidak aktif, maka yang ditampilkan adalah nilai tunggal.

1 Home, Anda akan melihat icon 2Pilih tampilan Control PanelSystem and Maintenance.
Klik menu Start-Control Panel.

6Kliklah padadantombol , tutup jendela Control Panel.
Kini jika Anda menutup laptop, komputer akan shutdown secara otomatis.

NTFS
Sistem file standar dari Windows NT yang disertakan pada versi-versi terakhir sistem operasi Windows, seperti Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Server 2008, Windows Vista dan Windows 7. NTFS memiliki sejumlah pengembangan dibandingkan tipe sistem file sebelumnya, FAT dan HPFS (High Performance File System). Salah satunya adalah dukungan untuk metadata dan penggunaan data struktur yang meningkatkan performa, realibilitas, dan utilisasi ruang pada disk. Disertakan pula sejumlah tambahan seperti ACL (Access Control List) dan file system journaling.

3Klik ganda icon tersebut, kemudian scroll mouse hingga Anda melihat menu Power Options.

Windows Vista
Menghilangkan Fitur Kompresi File
Pada Windows Vista Home Premium, Business dan Ultimate, Windows Explorer memiliki kemampuan untuk memperlakukan folder yang dikompresi seperti layaknya folder biasa, dan melihat isi file di dalamnya dengan cara yang sama.

Pada jendela notepad, ketik perintah berikut ini: [-HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{E88DCCE0B 7 B 3 - 1 1 d 1 - A 9 F 0 - 0 0 A A 0 0 6 0 F A 3 1 } ] [-HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{0CD7A5C0-9F37-11CE-AE6508002B2E1262}]

3

Spell Check
Program aplikasi dalam dunia komputer yang berfungsi untuk menandai kata-kata yang salah dalam sebuah dokumen, dan kemungkinan tidak dieja dengan benar. Spell Check bisa berupa aplikasi yang berdiri sendiri atau sebagai bagian dari aplikasi yang lebih besar, seperti aplikasi word processor, e-mail client, kamus elektronik atau search engine.

Jika Anda telah memiliki program third party khusus kompresi, seperti WinZip, 7-Zip dan sebagainya, maka Anda tidak terlalu memerlukan fitur ini. Untuk membuangnya, lakukan langkah-langkah berikut ini: Buka Ex menekan shortcut Win bahwa kompresi di 1hatikanWindowsfolderplorer denganbaca layaknya folder biasa.dows-E. Per2Ketik notepad pada kolom Start-Start Search.

4Kemudian, klik menu FileSave As. 5Simpan file tersebut dengan nama zip.reg.

6Klik kanan pada file, dan pilih Open With-Registry Editor.
Syntax
Dalam bahasa pemrograman, merujuk pada bentuk bahasa buatan yang berfungsi untuk menunjukkan dan memberi perintah pada sistem secara matematis dan logis. Contoh syntax adalah perintah perintah yang diketikkan pada command prompt atau kode dalam bahasa pemrograman. Setiap bahasa pemrograman memiliki cara penulisan syntax yang berbeda.

ketika Anda 7Restart komputer,akan nampakmasuk ke Windows Explorer. Folder yang dikompresi tidak lagi.

30

18/2009

Tip & Trik

Windows Vista

Windows Vista
Memperbaiki Spell Checking Error
Windows Mail secara default memiliki fasilitas empat bahasa, yaitu English, France, German, dan Spanish yang tersedia. Fasilitas bahasa ini memungkinkan Anda mengetik email dalam bahasa asing, dan melakukan Spell Check dalam empat bahasa tersebut.

Anda key registry lagi, kanan pada 5Navigasikan kursorkosong,kedan pilih Newberikut ini: HKEY_ 8Sekalikosong,klik Vapilih NewCURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows Mail. area dan Klik kanan pada area - DWORD (32- DWORD (32-bit) lue. bit) Value. dua buah value, dan beri na 9Ciptakanma masing-masing, Spell Dont IgnoreProtect, SpellIgnoreURLs dan SpellLangID. ganda pada 10KlikValue Data. kedua value tersebut, masukkan 1 sebagai Klik . Terakhir, pilih New 11nama SpellLangID,, dan String Value beri masukkan nilai 9 pada kolom , dan Value Data. Klik tutup tab registry. Sekarang, jika mem buka kembali tab 12pada WindowsAndaSpel-ling Mail, empat bahasa telah muncul pada menu drop down.

Ketika suatu kali fitur tersebut tidak Spell Check, bisa digunakan dengan munculnya pesan error “This language is no longer available for spell checking”, jangan keburu panik. Gunakan tip berikut ini untuk memperbaikinya: Windows dengan key 1Buka mengetikkanMailword Windows Mail di kolom Start-Start Search. jendela Windows 2Ketika telah terbuka, klik Mail menu Tools-Options.

6

Ulangi langkah di atas beberapa kali untuk menciptakan sejumlah value dengan nama berikut: SpellDontIgnoreDBCS, SpellDontAlwaysSuggest, SpellCheckOnSend, SpellCheckOnType, SpellIgnoreUpper dan SpellIgnoreNumbers.

Klik tab Spelling, Anda tidak akan menemukan pilihan bahasa lain selain English.

3

ganda masing-masing value, dan pada 7Klik kolom Value Data. Klik OK. *8.tifmasukkan nilai 0

4Untuk memperbaikipakondisi ini, ketik regedit da kolom Start-Start Search.
Windows Vista
Menghilangkan Opsi Show Hidden Files
Pada sistem operasi Windows, terdapat fitur untuk menampilkan hidden files dan folder yang disembunyikan demi alasan sekuritas. Opsi ini secara default diaktifkan oleh Windows Vista yang dapat Anda akses dari Tools-Folder Options-Show hidden files and folders.

Value Type 3Jikadapat diareasana, tidak ter klik kanan pada kosong, dan pilih New-String Value, ketik Type, dan tekan . menambahkan opsi Hidden Files 4Untuk ketik Group, and Folders, dan klik OK. membiarkan hidden 5Untukfile tetap hilang, biarkan kolom Value Data tetap kosong.

7Klik tab View, opsi Show Hidden files and folders telah menghilang.

Untuk tindakan pengamanan lebih lanjut, Anda dapat menghilangkan sama sekali pilihan untuk menampilkan file tersembunyi tersebut:

Windows Ex1Buka Start Menu, ketik regedit, dan tekan . plorer, 6Masuk kedan buka menu . Di jendela regedit, masuk ke key registry: HKEY_ 2LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\ CurrentVersion\explorer\Advanced\Folder\Hidden. Di panel sebelah kanan, klik kanan di value Type, dan klik Modify.

Windows Vista
Mengganti Tipe File Fat32 dengan NTFS
Pada sejumlah tipe flash disk, kebanyakan masih menggunakan tipe file lama FAT32, Untuk mengubahnya menjadi Windows NT File System (NTFS), biasanya Anda harus terlebih dahulu memformat drive tersebut.

Klik 2lih opsi kananas pada icon Command Prompt, dan pi Run Administrator. ini 3Ketik syntax berikutter:pada jendela command prompt convert drive let / fs:ntfs dimana Drive Letter adalah penanda drive yang ingin Anda ubah. Misalnya convert e: /fs:ntfs. Tekan . Ketika konversi ke file NTFS telah selesai, Anda akan menerima pesan sukses berikut ini.

Namun sekarang, dengan syntax sederhana dari command prompt, Anda dapat mengubahnya menjadi system file dengan sangat mudah:

1

Buka Elevated Command Prompt dari tombol Start, dan ketikkan keyword command pada kolom Start Search.

4

pilih 5Klik kanan drive tersebut, danNTFS.Properties, tipe file system akan berubah menjadi

18/2009

31

Office

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
Batch
Eksekusi sekumpulan program pada komputer tanpa adanya interaksi dari manusia. Batch sudah diatur sebelumnya, dan semua data input diatur dengan menggunakan script atau parameter tertentu. Konsep batch sangat berbeda dengan program interaktif yang membutuhkan input dari penggunanya.

Microsoft Excel
Membedakan Irisan pada Grafik Pie
Pada waktu memberi nama grafik pie yang mempunyai dua irisan berukuran besar, irisan lain yang kecil-kecil sulit dilihat. Anda bisa menampilkan irisan grafik pie yang kecil ke dalam bentuk grafik batang horisontal sehingga lebih mudah dilihat dan diberi nama.

kanan 6KlikAdd lagigrafik,k,dan kemudian klik Data Labels. Klik kanan grafi dan sekarang klik Format Data Labels.

Untuk melakukannya:

Grafik Batang
Dikenal juga dengan nama bar chart. Berguna untuk menampilkan perubahan data dalam periode waktu tertentu, atau untuk mengilustrasikan perbandingan di antara dua hal. bar chart fungsinya sama persis seperti column chart. Perbedaannya hanya di bentuknya saja. Pada column chart, grafiknya ditampilkan secara vertikal, sedangkan pada bar chart ditampilkan secara horizontal.

berisi contoh 1Misalkan worksheet pada gambar. Pilihdata seperti yang tampak sel A1:B5.

2 3Klik Legend grafik, dan kemudian tekan [Delete].
Pada tab Insert, di grup Chart, klik Pie, dan kemudian klik Bar of Pie.

tanda centang Value, beri 7Hilangkandan kemudian pada tanda centang Category Name dan Percentage. Tempatkan label di Center. . Irisan yang kecil dan Klik nama sekarang bisa dilihat lebih jelas.

Grafik Pie
Dikenal juga dengan nama Pie Charts atau circular chart. Fungsinya menampilkan besarnya sebuah item dalam satu kumpulan data, dan berapa besar proporsi dari keseluruhan jumlah. Nama pie digunakan karena bentuknya yang memang mirip dengan kue pai. Pie chart banyak dipakai untuk menampilkan statistik dalam dunia bisnis atau media massa, tapi sangat jarang digunakan dalam data berisi sains atau yang bersifat teknis.

kanan grafik, 4Klik kemudian Sedan klik Format Data ries. ries by Value. 5Pilih Split seMasukkan 60 pada boks Second plot contains all values less than. Angka 60 di sini merupakan jumlah dari tiga contoh data yang kecil-kecil. Klik .

Margin
Batas atas, bawah, kanan, dan kiri kertas kerja pada aplikasi Microsoft Office.

Page Layout
Proses penempatan dan pengaturan teks dan gambar pada sebuah halaman. Page layout juga menunjuk ke halaman beserta komposisinya.

Microsoft Excel
Windows Calculator di Quick Access Toolbar
Jika Anda suka menggunakan Windows Calculator untuk melakukan perhitungan cepat ketika di dalam Excel, Anda bisa menghemat waktu dengan memasukkanya ke Quick Access Toolbar.

Page Setup
Fitur pengaturan halaman dokumen, orientasi, ukuran margin, ukuran kertas, dan sebagainya.

Quick Access Toolbar
Berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternatif penggunaan perintah yang sering digunakan. Sebagai contoh, tool Open merupakan shortcut dari Office Button>Open, atau tool Save merupakan shortcut dari Office Button>Save.

Untuk memasukkan Windows Calculator ke Quick Access Toolbar Excel: Klik di ujung kanan 1mudianpanahMoreToolbar, dan Quick Access ke klik Commands. panel di kiri pilih Commands Not 2Padamenu dropsebelah Choose commands from.in the Ribbon dari down Klik Calculator pada bawahnya. untuk 3memasukkannya ke Quick daftar diToolbar. Klik Access Sekarang Anda punya 4Klik di .Quick Access Toolbar.icon Calculator yang siap untuk digunakan 18/2009

Rules and Alerts
Fitur yang mengizinkan user untuk mengaplikasikan berbagai aksi terhadap pesan e-mail yang masuk dan dipicu oleh berbagai kondisi. Contohnya, sebuah rule bisa dipakai untuk memindahkan sebuah e-mail ke folder tersendiri di-saat e-mail tersebut memenuhi kondisi yang sudah ditetapkan sebelumnya.

32

Tip & Trik

Office

Microsoft Outlook
Mematikan Sistem lewat Outlook
Outlook tidak hanya untuk sekedar menerima e-mail dan mengatur jadwal. Anda bisa menggunakannya untuk mematikan atau me-restart komputer dari jauh.

3Pada kotak dialog Rules and Alerts, klik New Rule.
Rule pertama yang hendak kita buat adalah untuk mematikan sistem. Pada kotak dialog Rules Wizard, klik Check messages when they arrive, dan kemudian klik Next. Supaya lebih aman, kita ingin pastikan bahwa rule hanya diproses jika subjek berisi kata tertentu dan pada account e-mail yang telah ditentukan. Beri tanda centang with spesific words in the subject dan trough specified account. specified boks bagian bawah. 6Klikaccount e-maildi yang Pilih ingin dicek, dan kemudian klik OK.

application. Klik application di boks bagian bawah.

9Pada kotak dialog Select an Application to Execute, pilih All Files,
pilih file batch yang telah kita buat sebelumya, dan kemudian klik Open.

4 5

Kita lihat bagaimana melakukannya: Pertama, kita buat file batch untuk setiap tindakan. Jalankan Notepad, dan kemudian ketik perintah berikut: shutdown –s –t 00. Ketika disimpan, ketik namanya dalam tanda kutip supaya disimpan dengan ekstension .bat. Sebagai contoh, misalnya “shutdown.bat”. Untuk me-restart sistem, buat file batch

1

10Klik Next.lagi. Klik Next

Klik specific words di bawahnya. ingin digunakan, misalnya ShutdownSistem. Klik Add. Klik . berisi perintah berikut: shutdown –r –t 00. Klik Next. Tindakan yang ingin kita lakukan adalah menjalankan suatu file batch. Oleh karena itu, beri tanda centang start

7 8 3

Ketik subjek yang Beri nama rule, dan kemudian klik Finish. Ketika ada e-mail datang dengan subjek ShutdownSistem, maka file Shutdown.bat akan dijalankan, dan komputer akan dimatikan. Ulangi langkah 3 sampai 10 untuk membuat rule RestartSistem.

2

Sekarang, kita buat rule pada Outlook. Pada menu Tools, klik Rules and Alerts.

Microsoft PowerPoint
Menganimasi Grafik pada Presentasi
Animasi bisa membuat grafik lebih menarik. Anda mungkin tidak tahu bahwa bisa menganimasi grafik pada presentasi. Sebagai contoh, misalnya Anda ingin menyorot penjualan produk pada setiap kuartal. Dengan menganimasi grafik ditambah informasi tambahan lainnya, maka informasi bisa lebih efektif.

Secara default, PowerPoint akan menganimasi grafik secara keseluruhan. Untuk menganimasi grafik secara per bagian, klik panah pada efek Wipe di task pane Custom Animation, dan kemudian klik Effect Options.

Untuk menganimasi grafik pada presentasi: dan kemudian pada tab 1Klik grafik, di grup Animations, klik Animations, Custom Animation. klik Add Effect, pilih Entrance, dan 2Sebagai contoh,kemudian klik Wipe More (jika Anda tidak melihatnya, klik Effects).

4Pada kotak dialog Wipe (di sini kita menggunaka efek Wipe), klik tab Chart
Animation. Ca5Pilih Bydroptegory dari daftar down Group chart. Klik OK. Page Setup, klik 3Pada kotak dialog Line Numbers. Pada kotak dialog 4tanda Numbers,Add Line beri centang line numbering. Anda bisa mengatur jarak antara teks dan nomor baris, mulai dari nomor berapa dan urutan penomoran. Setelah selesai mengatur setting, klik OK. lagi pada kotak dialog Page 5Klik pada dokuSetup.AnSekasudah rang, margin men da dinomori. Tiap bagian grafik akan sekarang akan dianimasi sendiri-sendiri.

Microsoft Word
Memasukkan Nomor Baris di Margin Word
Jika termasuk orang yang suka dengan nomor baris, Anda bisa memasukkannya ke dokumen Word hanya dengan beberapa langkah.

Untuk melakukannya: dokumen Anda, 1Bukakemudian klik tab dan Page Layout.

2

Klik Line Numbers di grup Page Setup, dan kemudian klik Numbering Options.

18/2009

33

Adobe Flash CS3

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
Button
Button merupakan salah satu jenis symbol yang dapat dikatakan sebagai bentuk movieclip yang memiliki 4 frame (Up, Over, Down, Hit) dan berjalan berdasarkan keadaan pointer mouse. 3 frame pertama mendefinisikan tampilan pada keadaan tidak terlewati pergerakan mouse, dilewati kursor mouse, dan diklik mouse. Sedangkan frame keempat mendefinisikan daerah aktif dari button.

Adobe Flash CS3
Menjalankan Video Eksternal dengan FLVPlayback
Fitur video di Flash dapat diintegrasikan dengan beberapa cara, dan yang paling mudah diantaranya adalah dengan menggunakan predefined component FLVPlayback, untuk menjalankan file video eksternal dengan format FLV dari dalam sebuah Flash movie.

sebuah kotak dengan player control di bawahnya. FLVPlayback ada stage klik 8Klikdiobjek tadi, kemudianyang menu > > untuk memunculkan panel parameter dari komponen.

Class
Dalam bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP), class dapat diibaratkan sebagai sebuah blueprint yang terdiri atas methods dan properties, dan digunakan untuk membuat Object-object unik berdasarkan blueprint tersebut.

Di antara kelebihan menjalankan video menggunakan komponen FLVPlayback, antara lain sudah tersedianya fitur-fitur dasar yang umum ada pada video player (seperti tombol play/pause, tombol stop, tombol mute, volume bar, seek bar), memiliki koleksi tampilan skin yang dapat diubah sesuai keinginan, objek video dapat digeser dengan mudah pada stage saat authoring mode, dan dengan menggunakan komponen ini kita menjaga file SWF tetap berukuran kecil karena video dijalankan secara dinamis dari file lain yang bertipe FLV. Di sini, akan kita uraikan langkah-langkah membuat Flash movie SWF yang akan menjalankan sebuah file video eksternal: siapkan terlebih dahulu video dengan format FLV 1Pertama-tama, menjadi FLV dengan FlashfileVideo Encoder yangkita dapat yang akan dimainkan pada movie. Jika format file-nya berbeda, meng-convert-nya biasanya sudah terinstal bersama dengan Flash: Start Menu > All Programs > ..... > Flash Video Encoder.

parameter nisikan source file yang akan dijalankan adalah parameter contentPath. 9Salah satu FLVsebelah dari komponen FLVPlayback yang mendefidengan Klik pada kolom kanan parameter tersebut, kemudian isikan nama file FLV yang kita sediakan di awal.

FLA
Merupakan format file yang menyimpan source dari sebuah Flash movie. File FLA dapat diedit menggunakan software Flash dan dicompile menjadi sebuah file SWF yang dapat dijalankan oleh Flash Player

dari video player 10Untuk melihat preview ini, mari kita lakukan Test Movie: > .

FLV
Flash Video Files merupakan sebuah format yang digunakan untuk menyimpan content video dan audio yang disupport Flash Player. Format ini diperkenalkan pertama kali oleh Macromedia pada Flash 6 dan menjadi format embedded video yang banyak digunakan di berbagai situs web video sharing populer seperti YouTube.

11

Jika file FLV dapat dijalankan dari Flash player, maka kita telah berhasil :)

Simpan file 2folder baru. FLV tersebut dengan nama “flashvideo.flv” di dalam sebuah 12Pada gambaran video seek bar, dan tombol mute. Ini adalah fitur player di atas, kita hanya melihat tombol play, Buat sebuah file Flash baru dengan fitur ActionScript 2.0: minimal karena FLVPlayback memiliki banyak template skin lain yang lebih 3File > New > Flash File (ActionScript 2.0) lengkap. Ketika memilih skin, maka akan muncul file SWF dari skin yang kita gunakan. Sebagai contoh di atas setelah dilakukan Test Movie, maka pada folder tempat kita menyimpan file FLA dan FLV tadi, selain muncul file “Video.swf”, muncul pula “SteelExternalPlaySeekMute.swf”.

Save terlebih dahulu file akan kita buat dengan nama yang sama dengan 4“Video.fla”,>pada folderFLA dari Flash yangtempat kita menyimpan file FLV tadi: .

Frame
Seperti layaknya film, sebuah animasi dalam Flash membagi panjangnya dalam frame-frame. Dalam timeline, isi dokumen diatur dan dikendalikan dalam masing-masing frame atau banyak frame.

Instance Name
Untuk mengendalikan sebuah symbol yang dirujuk dengan sebuah instance di ActionScript, kita perlu memberikan symbol tersebut sebuah instance name yang unik.

Untuk memilih-milih skin, kita dapat melakukannya dengan mengubah parameter skin pada panel Parameters. Untuk parameterparameter lain, silakan mempelajari lewat dokumentasi manualnya.
Disertakan di CD edisi 18/2009

13

Movieclip
Salah satu jenis symbol yang dapat menjalankan animasi dalam aplikasi Flash, dan dapat dikendalikan menggunakan fungsi dari class MovieClip.

Buka panel 5sidebar sebelah komponen (pada workspace normal biasanya ada di kanan). Jika panel tersebut belum tersedia, klik menu > . komponen default, di 6Pada panel FLVPlayback terdapat antara sekian banyak component predefined lain, di dalam tree Video components. FLVPlayback ke 7Dragsehingga menjadi tengah stage berbentuk

Paint Bucket Tool
Paint bucket tool berfungsi untuk mengisi area kurva tertutup dengan suatu warna atau mengubah warna yang telah ada pada area.

34

18/2009

Tip & Trik

Adobe Flash CS3

Adobe Flash CS3
MS Paint Versi Flash
Class MovieClip memiliki beberapa fungsi menggambar, yang diistilahkan dengan Drawing API, seperti beginFill(), beginGradientFill(), clear(), curveTo(), endFill(), lineTo(), lineStyle(), moveTo(), yang memungkinkan untuk menghasilkan perpaduan kurva, garis, dan warna pada stage hanya dengan menuliskan beberapa baris script.

pada 7Setelah menjadi Movie Clip, klikname panel Properties, untuk Movie Clip kemudian berikan instance pensil tersebut dengan nama pensil_mc.

biru_btn.onRelease = function() { warna = “0x003366”; } merah_btn.onRelease = function() { warna = “0xFF0000”; } hijau_btn.onRelease = function() { warna = “0x339900”; } kuning_btn.onRelease = function() { warna = “0xFFFF00”; } var mouseListener:Object = new Object(); mouseListener.onMouseDown = function() { canvas_mc.lineStyle(5, warna, 100); canvas_mc.moveTo(_xmouse, _ymouse); isDrawing = true; }; mouseListener.onMouseMove = function() { if (isDrawing) { canvas_mc.lineTo(_xmouse, _ymouse); updateAfterEvent(); } };

Pada kesempatan ini, kita akan coba membuat sebuah movie serupa program MS Paint sederhana (untuk kerennya, kita sebut saja FlashPaint) yang dapat menggambar bebas, memilih warna, dan menghapusnya. Dengan fitur Drawing API, semua itu dimungkinkan untuk dilakukan ketika SWF berjalan:

yang 8Lakukan halsebagai sama pada objek penghapus, pilihkan tipe simbol button, dan berikan instance name penghapus_btn.

1Buat sebuah file Flash baru dengan fitur ActionScript 2.0: File > New > Flash File (ActionScript 2.0)

Impor sebuah objek gambar pensil dan penghapus ke dalam library: File > Import > Import to Library

2

Dengan menggunakan Oval Tool, buat empat buah lingkaran berwarna biru, merah, hijau, dan kuning disusun berjajar. keempatnya se10Jadikanbutton, caranya bagai klik kanan pada masing-masing lingkaran, kemudian pilih menu Convert to Symbol, dan pilihkan tipe simbol sebagai button.

9

mouseListener.onMouseUp = function() { isDrawing = false; }; Mouse.addListener(mouseListener);

14Untuk melihat preview hasilnya, mari lakukan Test Movie: > . 15Selamat menggambar!
Disertakan di CD edisi 18/2009

11 3Drag objek gambar yang diimpor tadi ke stage. tidak mempunyai fi gambar pensil 4Jika objek tersebut dapatlemembuat sendiri dan penghapus, kita kedua dengan menggunakan
Line Tool untuk menggambar outline , dan Paint Bucket Tool untuk memberikan warna.

Pada bagian Properties, berikan instance name keempat button tersebut dengan nama biru_btn, merah_btn, hijau_ btn, dan kuning_btn.

12Klik kanan pada frame, pilih menu Actions.

5Seleksi objek pensil, klik kanan, pilih menu Convert to 13Setelah panel Actions muncul, tuliskan script berikut: Symbol.
Mouse.hide(); pensil_mc.onMouseMove = function() { this._x = _xmouse; this._y = _ymouse; updateAfterEvent(); }; this.createEmptyMovieClip(“canvas_mc”, 999); var isDrawing:Boolean = false; var warna:String = “0xFF0000”; penghapus_btn.onRelease = function() { canvas_mc.clear(); };

to Symbol, 6Pada window Convert simbol sebagaiberikan sebuah nama, kemudian pilihkan tipe Movie Clip.

18/2009

35

Freeware

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
Background
Aplikasi yang berjalan di belakang (background) dan tidak terlihat secara langsung oleh pengguna. Dengan aplikasi yang berjalan di background, memungkinkan pengguna menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu.

Namexif 1.5
Ganti Nama File Foto Berdasarkan Tanggal
Bingung mengetahui kapan file gambar/foto dihasilkan? Anda dapat mengetahuinya dengan mengambil informasi EXIF metadata yang tersimpan pada file foto, lalu menambahkannya pada nama file foto dengan cepat menggunakan Namexif.

Checkbox
Sebuah field pilihan ganda yang biasa disediakan pada form isian, misalnya data pribadi ataupun quesioner. Checkbox sama dengan radio button, perbedaannya hanya terletak pada bentuknya dan metode pemilihan. Checkbox memungkinkan Anda dapat memilih daftar lebih dari satu, sedangkan radio button hanya mengijinkan memilih satu dari daftar. Checkbox maupun radio button banyak dikenal di lingkungan pemrograman visual seperti HTML ataupun Visual Basic. Checkbox dapat disusun secara vertikal ataupun horizontal.

Foto digital memiliki EXIF metadata yang dapat memberikan informasi file foto, termasuk didalamnya adalah waktu pembuatan photo atau dikenal dengan timestamp. Pada umumnya, kamera digital akan memberikan nama seperti DSCxxxx, atau IMGxxxx. Ini tentu membingungkan apabila kita ingin menyortirnya secara langsung berdasarkan tanggal pengambilan gambar. Dengan Namexif, kita bisa langsung mengubah nama file-nya berdasarkan tanggal pengambilan gambar. Nama file dapat berupa 2009-08-24-New Year’s.jpg ataupun 2009-0815.jpg. Bila tidak didapati informasi EXIF pada file entah akibat manipulasi ataupun editing, maka Namexif tidak akan melakukan perubahan apapun pada nama file foto tersebut. Namexif di-download dari www.digicamsoft. com/Namexif.exe dengan file berukuran 700 KB. Aplikasi ini dapat langsung dijalankan tanpa instalasi:

Tentukan pilihan format nama file yang tersedia pada pilihan radio button dan checkbox. YYYY mewakili informasi tahun, MM untuk bulan, DD untuk hari, HH untuk jam, MM untuk menit, dan SS untuk detik. Pilihan checkbox bersifat optional, jadi tidak diharuskan.
Disertakan di CD edisi 18/2009

3

EXIF
Merupakan kependekan dari Exchangeable Image File. Format file yang sering digunakan oleh kamera digital. Ketika sebuah kamera digital merekam gambar dalam salah satu format gambar, misalnya bentuk JPEG, maka akan terekam pula metadata di dalamnya, seperti tanggal pembuatan, jenis kamera, ketajaman foto, resolusi, dan informasi lainnya mengenai gambar. Format EXIF dibuat oleh Japan Electronic Industry Development Association (JEIDA).

4Klik Next. Perubahan nama file segera terlihat. 1Download, dan jalankan file Namexif.exe. folder yang berisikan file koleksi 2Tambahkan file ataupunAdd Files atau Add Dir. fotoKlik Next.Anda dengan mengklik tombol

JEIDA
Japan Electronic Industry Development Association atau Shadan-hjin Nihon Denshi Kgyo Shink Kyka, adalah badan yang mengatur standar, pengembangan dan riset elektronik di Jepang. JEIDA digabung dengan EIAJ (Electronic Industries Association of Japan) untuk membentuk JEITA (Japan Electronics and Information Technology Industries Association) pada tanggal 1 November 2000.

LockHunter 1.0
Menghapus File yang Tidak Mau Dihapus
Sewaktu ingin menghapus sebuah file, Windows menguncinya dengan alasan sedang digunakan dengan proses lain sehingga file tersebut tidak bisa dihapus.

file yang status 4TerhadapAnda dapatle/folder terkunci, leluasa untuk menghapus fi dengan mengklik tombol , menutup akses terhadap file tersebut dengan mengklik tombol , menutup aplikasi yang sedang menggunakan file tersebut dengan mengklik tombol Other, kemudian pilih Close locking processes. File yang

Metadata
Disebut juga data about data. Metada adalah deskripsi atau definisi dari sebuah data elektronik. Metadata memuat informasi tentang bagaimana struktur dan aturan kalkulasi sebuah data elektronik, dan informasi tambahan seperti kualitas data, transformasi, tanggal update terakhir, user access privileges, dan lain-lain.

Kesulitan menghapus file biasanya ditemui pada file yang sedang digunakan oleh proses tertentu, entah itu aplikasi yang diketahui ataupun bahkan yang tidak diketahui dan bersifat berbahaya, yaitu malware, termasuk virus. Biasanya proses yang menggunakan file tersebut bekerja secara background sehingga tanpa diketahui user bahkan menggunakan nama proses yang menyerupai proses standar dari sistem operasi. Untuk menyingkirkan file ataupun proses yang terkait dengan mudah dan cepat, Anda dapat mencoba LockHunter, yang dapat di-download di http://lockhunter.com/ lockhuntersetup32.exe, dengan file berukuran 1,12 MB:

telah dihapus akan dapat Anda restore kembali, bila masih tersimpan dalam recycle bin.
Disertakan di CD edisi 18/2009

Radio Button
Elemen pada graphical user interface yang memberikan 1 pilihan saja. Anda tidak diperkenankan memilih lebih dari satu pilihan. Istilah radio button diambil dari tombol pada radio mobil.

1 Pilih folder 2Jalankan aplikasi LockHunter. aplikasifile, drive ataupun (...). untuk mengetahui adakah proses atau yang sedang menggunakan file tersebut sehingga berstatus terkunci dengan mengklik tombol Jika

Download dan jalankan file lockhuntersetup32.exe untuk memulai instalasi.

file ataupun folder tidak ada satu pun proses yang menguncinya, maka akan tampil pesan seperti ini.

secara langsung apakah 3Anda pun dapat the file.melaluimengidentifikasi sebuah filememilih sedang digunakan atau tidak Windows Explorer, dengan What is locking

36

18/2009

Tip & Trik: Ubuntu 9.04

Linux & Open Source

Ubuntu 9.04
Ripping DVD dengan Avidemux
Ingin menjadikan koleksi DVD Anda sebagai format file di dalam harddisk? Ripping saja dengan Avidemux.

setelah proses 9Jika ditanyadigunakan,index, Anda tentang file Audio yang ingin pilih Audio dari track video yang akan di-rip. kita akan mengonfi 10Berikutnya,kesulitanDVD. Andagurasi frame rate, karena Avidemux biasanya membaca frame rate yang dimiliki oleh dapat melakukan pengaturan frame rate secara manual dari menu Video | Frame Rate. Bagian terpenting di sini adalah apabila frame rate tidak sesuai, maka video dan audio tidak akan sinkron/sesuai. Di sini, kita akan gunakan frame rate dengan nilai 23.970. Lanjutkan 11bagianmenudengan konfigurasi video. Pada sebelah kiri Avidemux, pilih Video, dan klik Copy. Pada parameter ini, sudah tersedia beberapa pilihan konversi video yang dapat digunakan. Namun sebagai latihan, pilih opsi MPEG-4 AVC (x264). MPEG-4 AVC (x264), 12Setelah memilih opsi klik Configure. Setelah masuk ke halaman x264 Configuration, klik tab Motion & Misc. Pada bagian Motion Estimation, pada opsi Partition Decision, ubah pilihan ke 7 - RD on all frames. Pada opsi Method, ubah pilihan ke Exhaustive Search. Pada bagian Misc. Options, ubah opsi Noise Reduction menjadi bernilai 2. Setelah selesai, klik OK. opsi Audio, klik 13Pada inginpilih format Copy, dan audio yang digunakan. Pada opsi ini, dipilih opsi AAC (FAAC). opsi Format pilihan format hasil dapat dipilih. Namun dalam 14Pada penulisrip yangjuga tersedia beberapa bentuk contoh ini, menginginkan format dalam file AVI. Untuk itu, pilih AVI.

Inilah Definisinya!
AAC
Advanced Audio Encoding (AAC) merupakan format standar, lossy compression, dan encoding scheme untuk digital audio. Format ini dirancang sebagai penerus format MP3. AAC biasanya memiliki kualitas yang lebih baik daripada MP3 pada bit rate yang sama. AAC telah mendapat standardisasi oleh ISO dan IEC, sebagai bagian dari spesifikasi MPEG-2 dan MPEG-4. Standardisasi MPEG-2 terdiri atas beberapa metode code audio, termasuk skema code MP3. AAC juga dikenal sebagai default format audio untuk Apple iPhone, iPod, iTunes, dan format yang digunakan untuk semua audio di iTunes store.

alasan backup atau rekan, melakukan proses ripping DVD dapat menjadi salah satu pilihan. Pada platform 1Karena9.04, sudah tersedia ingin berbagi film kepada editor yang dapat Ubuntu beberapa aplikasi video dipilih. Salah satunya adalah Avidemux. memulai proses ripping DVD, masukan keping film DVD yang ingin drive. keping 2UntukAnda ripping ke dalam DVD-ROMotomatisTak berapa lama,Ubuntu film DVD tersebut akan terdeteksi secara dalam sistem 9.04.

Avidemux
Aplikasi video editor dan pemroses video berbasiskan C/C++ yang bersifat free dan open source software. Aplikasi ini tersedia di hampir semua distro Linux, yang memiliki dukungan terhadap C/C++, GTK+, dan engine script SpiderMonkey ECMAScript. Selain tersedia untuk platform Linux, paket aplikasi ini juga tersedia untuk platform Windows, Mac OS X, FreeBSD, NetBSD, dan OpenBSD. Untuk fungsionalitas, Avidemux dapat disetarakan dengan VirtualDub, yang terkenal sebagai aplikasi video ripping di platform Windows.

sebuah Home Directory ini, membuat Copy-kan seluruh isi DVD 3Buatpenulis folder dalamfolder MOVIE). Ubuntu Anda (dalam contoh yang telah dimasukkan, ke dalam folder MOVIE yang terdapat di Home Directory.

Ripping
Proses meng-copy isi audio atau video ke dalam harddisk. Isi audio ini biasanya berasal dalam bentuk CD/DVD. Ripping biasa dikenal juga sebagai digital audio extraction, yang merujuk ke proses ripping audio CD. Ripping merupakan bentuk sederhana dari proses copy file, dimana sumber audio/video tidak hanya dibuat sebagai bentuk kemudahan filesystem komputer. Sebagai contoh, hierarki file yang terdapat dalam DVD, dapat diencode ke dalam sebuah file avi saja.

4

Selanjutnya, instalasikan paket Avidemux. Dari halaman Terminal, ketikan perintah berikut untuk menginstalasi Avidemux:

$ sudo apt-get install avidemux

Terakhir, untuk memulai proses pembuatan file rip, klik Save. Berikan nama file dengan diberi ekstensi *.avi (misalnya: the-holiday.avi). Setelah itu, proses Encoding/ripping akan segera dimulai. Tunggu beberapa saat hingga proses ripping ini selesai berlangsung. ripping selesai, Anda 16Setelah proses klikdapat langsung mendobel file hasil ripping untuk melihat hasilnya. Jika hasilnya belum sesuai keinginan, silakan di sesuaikan kembali parameter video/audio yang digunakan untuk membuat video ripping.

15

5 6

Setelah Avidemux selesai terinstalasi, jalankan aplikasi Avidemux dari menu Applications | Sound & Video | Avidemux (GTK+).

VOB
Video Object (VOB), merupakan format file yang biasa terdapat dalam media DVD-Video. Dalam file VOB, sudah terdapat video, audio, subtitle, dan isi menu, yang digabungkan bersama ke dalam sebuah file. Format VOB biasanya berbasiskan pada format MPEG-2 Program stream, tetapi dengan tambahan keterbatasan dan spesifikasi dalam format file private. Jika dianalogikan dengan MPEG-2 Program stream, file VOB dapat terdiri atas video MPEG-2 Part 2 atau MPEG-1 Part2, MPEG-1 Audio Layer II, tetapi penggunaan format kompresi dalam file VOB memiliki keterbatasan dibandingkan MPEG-2 Program stream.

Dari halaman Avidemux, klik File | Open, dan cari isi DVD yang telah di salin ke direktori MOVIE, dan pilih file VTS_01_ 1.VOB. Klik Open.

berapa akan tampil 7Tak memintalamaAndaAvidemux halaman konfirmasi yang untuk melakukan index. Klik Yes, dan Avidemux akan secara otomatis mendeteksi file VOB lainnya. Anda akan kembali diminta untuk menambahkan file VOB yang dideteksi. Klik saja Yes, dan proses penambahan akan berlangsung tergantung banyaknya file yang di index.

8

18/2009

37

Pemrograman

Tip & Trik: Visual Basic .net

Inilah Definisinya!
ByVal
Keyword yang mengindikasikan bahwa sebuah argumen dilewati sedemikian rupa, sehingga prosedur pemanggilan atau propertinya tidak bisa mengubah nilai dari variabel yang berada di dalam argumen.

Visual Basic .net
Pemanfaatan Rekursif untuk Proses Memindah Folder
Teknik pemrograman rekursif merupakan suatu teknik pemrograman yang cukup unik, yaitu subrutin yang memanggil dirinya sendiri. Bagi mahasiswa semester awal yang berurusan dengan algoritma dan pemrograman, seringkali konsep rekursif ini membingungkan dan tidak jelas kegunaannya.

modul tambahan, yaitu 5Modul di atas membutuhkan status pada lvHistory: AddHistory yang digunakan untuk menuliskan Private Sub AddHistory(ByVal sAction As String, _ ByVal sSource As String, _ ByVal sDestination As String) Dim s As String s = “ -> “ If sSource = “” Or sDestination = “” Then s = “ “ ListBox1.Items.Add(s) End If ListBox1.Items.Add(sAction & “ “ & sSource & s & sDestination) End Sub

Class
Dalam pemrograman berorientasi objek (OOP), class adalah bahasa pemrograman yang digunakan sebagai sebuah blueprint yang terdiri atas methods dan properties, dan digunakan untuk membuat object.

Pada tip kali ini, kita akan membuat salah satu pemanfaatan rekursif untuk melakukan proses memindahkan folder. Proses rekursif diperlukan untuk menjelajah hingga semua folder yang ada di dalam folder sumber berhasil dikunjungi, dan dipindahkan file-nya. Langkah-langkah untuk membuatnya adalah:

End If
Menandai akhirnya struktur If. Setiap langkah If harus memiliki End If pada struktur program yang sama.

Kita dulu mewakili asal 1untukbuat terlebihfolder sebuah form yang terdiri dari dua buah textbox 6Terakhir adalah pencegatan event untuk button btnMoveFiles: dan tujuan (masing-masing bernama txtOriginalPath dan txtDestinationPath), sebuah listbox bernama lvHistory untuk menampilkan status, dan dua buah button bernama btnCopyFiles dan btnMoveFiles untuk memulai aksi pengopian atau pemindahan. Bentuk form seperti pada gambar. *01 Private Sub btnMoveFiles_Click(ByVal sender As System. Object, _ ByVal e As System.EventArgs) _ Handles btnMoveFiles.Click MOVE_STATE = “MOVE” PreProcess() End Sub Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, _ ByVal e As System.EventArgs) _ Handles btnCopyFiles.Click MOVE_STATE = “COPY” PreProcess() End Sub Private Sub PreProcess() ‘ **** validasi. If Directory.Exists(txtOriginalPath.Text) = False Then MessageBox.Show(“The from path is invalid”) txtOriginalPath.Focus() Exit Sub End If If Directory.Exists(txtDestinationPath.Text) = False Then MessageBox.Show(“The to path is invalid”) txtDestinationPath.Focus() Exit Sub End If ‘ *** HISTORY. AddHistory(MOVE_STATE & “ started...”, “”, “”) ‘ *** pastikan path diakhir dengan ‘\’. If Trim(txtOriginalPath.Text().EndsWith(“\”)) = False _ Then txtOriginalPath.Text += “\” If Trim(txtDestinationPath.Text().EndsWith(“\”)) = False _ Then txtDestinationPath.Text += “\” ‘ Informasi folder sumber. Dim dir As New DirectoryInfo(txtOriginalPath.Text) Dim fsi() As FileSystemInfo fsi = dir.GetFileSystemInfos ‘Pindahkan file MoveFiles(0, fsi, txtDestinationPath. Text) ‘ *** tambah ke history. AddHistory(MOVE_ STATE & “ completed...”, “”, “”) End Sub End Class contoh tampilan yang 7Berikut adalahdidapatkan:
Disertakan di CD edisi 18/2009

End Sub
Harus diawali dengan Sub, berfungsi seperti subrutin pernyataan yang disebut dengan prosedur atau subprogram, yang dipanggil oleh statement CALL.

Inherits
Fitur ini yang membuat VB.NET menjadi bahasa yang true OOP, karena di VB6 kita tidak bisa melakukannya. Dengan inheritance, maka sebuah class bisa dijadikan sebagai base class yang berguna sebagai template general untuk class-class yang dibentuk berdasarkan class tersebut. Jika sebuah class inherits dari suatu class maka proses tersebut biasanya diistilahkan dengan subclassing. Child class yang terbentuk akan mewarisi semua member yang terdapat di base class nya. Di VB.NET kita hanya bisa melakukan single inheritance, artinya sebuah class hanya bisa inherits dari satu class saja, tidak bisa lebih dari itu.

2 3

Lalu, deklarasikan library System karena nantinya akan menggunakan proses operasi file untuk memindahkan file:

Imports System Imports System.IO
Untuk class Form1, deklarasi awalnya adalah sebagai berikut:

Public Class Form1 Inherits System.Windows.Forms.Form Private MOVE_STATE As String proses ini adalah sebagai 4Modul utama dariberikut:pemindahan file yang dilakukan secara rekursif Private Sub MoveFiles(ByVal FileCount As Integer, _ ByVal fsi() As FileSystemInfo, _ ByVal DestPath As String) Try If fsi(FileCount).Extension = “” Then Dim di As DirectoryInfo = CType(fsi(FileCount), DirectoryInfo) Directory.CreateDirectory(DestPath & di.Name) AddHistory(“Creating directory:”, DestPath & di.Name, “”) Dim fsi2() As FileSystemInfo fsi2 = di.GetFileSystemInfos MoveFiles(0, fsi2, DestPath + di.Name + “\”) ‘ Delete original directory if performing a MOVE. If MOVE_STATE = “MOVE” Then fsi(FileCount).Delete() Else ‘ If file Dim fi As FileInfo = CType(fsi(FileCount), FileInfo) ‘ *** HISTORY AddHistory(MOVE_STATE & “:”, fi.FullName, DestPath & fi.Name) ‘ *** Perform move/copy. If MOVE_STATE = “MOVE” Then File.Move(fi.FullName, DestPath & fi.Name) Else File.Copy(fi.FullName, DestPath & fi.Name) End If End If ‘ Process next. If FileCount < fsi.GetUpperBound(0) Then MoveFiles(FileCount + 1, fsi, DestPath) End If Catch e As System.IndexOutOfRangeException ‘ *** HISTORY AddHistory(“Error:”, “No files or folders at this location”, “”) MessageBox.Show(“The path is empty”) End Try End Sub

Listbox
Widget yang mengijinkan user untuk memilih satu item atau lebih dari daftar bersifat statik. User mengklik item di dalam box untuk memilihnya.

Rekursif
Dikarakterisasikan oleh proses yang berulang secara terus menerus untuk menghasilkan output. Contohnya seperti algoritma yang membuat cabang dan subdivisi.

Textbox
Field yang digunakan untuk memasukkan teks. Text box dapat dibiarkan kosong dan pengisiannya diserahkan sepenuhnya kepada user, atau diprogram untuk mengisi teks-teks tertentu sesuai dengan pilihan pengguna.

38

18/2009

Tip & Trik: PHP

Pemrograman

PHP
Membuat Jadwal Pelajaran
Bulan-bulan ini merupakan tahun ajaran baru atau semester baru bagi siswa sekolah menengah ataupun mahasiswa. Tahun ajaran baru berarti jadwal pelajaran yang baru pula. Membuat jadwal pelajaran baru tidak harus dilakukan pada selembar kertas, tapi bisa juga di-upload ke sebuah server sehingga dapat diakses sewaktu-waktu.

3

Pembuatan tabel dilakukan berdasarkan inisialisasi yang dilakukan pada langkah sebelumnya:

$html = “<table width=\”100%\” bgcolor=\”#000000\” cellspacing=\”1\” cellpadding=\”0\”>\n”; // judul tabel if ( isset($options[“title”]) ) { $cell_style = “background-color: #000000; color: #ffffff;”; $cell_style .= $options[“title_style”]; $html .= “<tr>\n <th colspan=\”8\” style=\”$cell_style\”>”.$options[“title”]. “</th>\n </tr>\n”; } $cell_style = “background-color: #c0c0c0; color: #000000;”; $cell_style .= $options[“dayheader_style”]; $html .= “<tr style=\”$cell_style\”>\n <th>&nbsp;</th>\n”; foreach ($days_arr as $day){ $html .= “<th>$day</th>\n”; } $html .= “</tr>\n”; $cur_time = $options[“start_time”]; while ($cur_time < $options[“end_time”]) { $format_time = date(“g:ia”, strtotime(substr($cur_time, 0, strlen($cur_time) - 2).”:”.substr($cur_time, -2, 2))); $cell_style = “background-color: #c0c0c0; color: #000000;”; $cell_style .= $options[“time_style”]; $html .= “<tr bgcolor=\”#ffffff\”>\n <td align=\”right\” width=\”2%\” style=\”$cell_style\”><b>$format_time</b></ td>\n”; for ($cur_day = 0; $cur_day < 7; $cur_day++) { if ($days_norow[$cur_day] > 0) { $days_norow[$cur_day]--; continue; } if ( isset($classes_arr[$cur_day][$cur_time]) ) { $class_interval = intval($classes_arr[$cur_ day] [$cur_time][“interval”]); if ( $class_interval == 0 ) $class_interval = 60; // round to nearest interval $class_span = intval($class_ interval / $options[“row_ interval”]); $days_norow[$cur_day] += $class_span - 1; if ( isset($classes_arr[$cur_ day] [$cur_time][“style”]) ) $cell_style = $options[“class_globalstyle”].”; “.$classes_arr[$cur_ day][$cur_time][“style”]; else $cell_style = $options[“class_globalstyle”]; $html .= “<td width=\”14%\” rowspan=\”$class_span\” style=\”$cell_style\”>”. $classes_arr[$cur_day][$cur_

time][“html”].”</td>\n”; } else { $html .= “<td width=\”14%\”>&nbsp;</td>\n”; } } $html .= “</tr>\n”; $cur_time += $options[“row_interval”]; if ($cur_time % 100 >= 60) $cur_time = $cur_time - $cur_time % 100 + 100; }; $html .= “</table>\n”; return $html; } ?>

Pada tip kali ini, kita akan membuat jadwal pelajaran dengan terlebih dulu membuat class di PHP. Dengan menggunakan sebuah class, maka akan lebih mudah untuk menerapkannya ke dalam berbagai macam jadwal pelajaran, tanpa repot memrogram ulang. Langkah-langkah untuk membuatnya adalah: Kita buat terlebih dulu sebuah class yang bernama schedule.inc.php. Class ini merupakan class utama dalam pembuatan jadwal pelajaran yang diawali dengan menginisialisasikan interval waktu, dan waktu awal dari jadwal:

1

4Setelah class selesai dibuat, berikutnya adalah jadwal dalam memanfaatkan class tersebut untuk membuat sebuah file baru, schedule.php:
<?php require ‘schedule.inc.php’; $classes_arr = array( 1 => array( 800 => array( “html” => “<b>Konsep Sistem Informasi</b> <br>Lab Ole”, “style” => “background-color: #66CCCC”, “interval” => 120)), 3 => array( 1300 => array( “html” => “<b>Pemrograman Internet</b> <br>Lab Krysten”, “interval” => 120)) ); $options = array( “title” => “Jadwal Mengajar Semester Gasal 2009”, “title_style” => “font-family: verdana; font-size: 14pt;”, “time_style” => “font-family: verdana; font-size: 8pt;”, “dayheader_style” => “font-family: verdana; font-size: 10pt;”, “class_globalstyle” => “background-color: #c0c0c0; font-family: verdana; font-size: 8pt; text-align: center;”, ); echo schedule_generate($classes_arr, $options); ?>

<?php function schedule_generate($classes_arr, $options) { // gunakan default 30 menit interval jika interval tidak ditentukan if ( intval($options[“row_interval”]) == 0 ) $options[“row_interval”] = 30; // default Pk.08.00 sebagai awal jika start_ time tidak ditentukan if ( ! isset($options[“start_time”]) ) { $options[“start_time”] = 800; } else { $time_hour = ($options[“start_time”] – $options[“start_time”] % 100) / 100; $time_min = $options[“start_time”] % 100; $time_totalmins = $time_hour * 60 + $time_ min; if ( $time_totalmins % $options[“row_ interval”] > 0) $time_totalmins = $time_totalmins – $time_totalmins % $options[“row_interval”]; $options[“start_time”] = ($time_totalmins – $time_totalmins % 60) / 60 * 100 + $time_totalmins % 60; }

2

Kode berikutnya adalah mendefinisikan akhir dari jadwal. Jika tidak ditentukan, jadwal akan berakhir pada Pk. 22.00:

// default Pk. 22.00 if ( ! isset($options[“end_time”]) ) { $options[“end_time”] = 2200; } else { // change to the nearest row interval hour down. $time_hour = ($options[“end_time”] – $options[“end_time”] % 100) / 100; $time_min = $options[“end_time”] % 100; $time_totalmins = $time_hour * 60 + $time_ min; if ( $time_totalmins % $options[“row_ interval”] > 0) $time_totalmins = $time_totalmins – $time_totalmins % $options[“row_ interval”]; $options[“end_time”] = ($time_totalmins – $time_totalmins % 60) / 60 * 100 + $time_totalmins % 60; } $days_arr = array(“Minggu”, “Senin”, “Selasa”, “Rabu”, “Kamis”, “Jumat”, “Sabtu”); $days_norow = array(0, 0, 0, 0, 0, 0, 0);

5Berikut adalah contoh tampilan yang didapatkan:
Disertakan di CD edisi 18/2009

18/2009

39

Software

Komputer Forensik

Komputer Forensik dan Investigasinya
Crime Scene Investigation (CSI) merupakan salah satu drama serial televisi yang banyak digemari. Dirilis kali pertama tahun 2000, sekarang CSI telah memasuki season ke-9. Kisahnya menjadi menarik karena misteri pembunuhan berhasil dipecahkan oleh tim forensik yang mempunyai berbagai spesialisasi (misalnya ahli entimologi, ahli cipratan darah, ahli rambut dan serat, ahli barang material dan sebagainya).

Namun penanganan E-evidence tidaklah dapat disamaratakan. Prosedur umum berlaku untuk proses forensik secara umum, sedangkan pada kasus-kasus khusus akan dibutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak yang khusus pula. Memahami Bagaimana Penyimpanan Data Ketika sebuah file dihapus, file tidaklah benar-benar dihapus. Yang dilakukan oleh sistem operasi adalah hanya menandai pada file management bahwa area tersebut merupakan cluster yang tidak lagi digunakan oleh file apapun. Cara ini cukup efisien untuk melakukan penghapusan secara logis, namun secara fisik sebenarnya file masih terletak pada cluster tersebut. Jika dilakukan pelacakan, maka file yang telah terhapus dapat direkonstruksi ulang, dan disimpan untuk menjadi file utuh lagi. Model penghapusan seperti ini dimanfaatkan oleh beberapa software forensik untuk melacak file-file yang telah terhapus seperti WinUndelete atau bahkan mengumpulkan kepingan data biner pada suatu unallocated space seperti EnCase. Windows Registry Windows registry merupakan sebuah basis data kompleks yang berusia 20 tahun. Dalam Windows registry tersimpan berbagai macam informasi yang dapat diekstrak, dan digunakan untuk analisis. Data yang dapat ditemukan pada registry, antara lain informasi password (sebagian besar username dan password dalam keadaan terenkripsi, namun dengan menggunakan software third-party dimungkinkan untuk mendapatkan username dan password), startup application, storage device hardware, wireless network, informasi Internet (URL yang pernah dikunjungi), unread e-mail (jumlah e-mail yang belum terbaca pada Ms-Outlook). Aplikasi Paraben’s Registry Analyzer memungkinkan untuk membaca dan menganalisis registry dengan lebih nyaman dibandingkan regedit Windows.

i bidang komputer, analisis dan pengujian terhadap suatu sistem komputer untuk mencari barang bukti dari tindakan kriminal diistilahkan dengan Komputer Forensik (yang jika ditekuni, juga tak kalah menariknya dengan serial CSI). Sejak pertumbuhan world wide web di tahun 1991, kejahatan komputer berkembang melalui Internet. Jenis kejahatan yang dilakukan berupa penyebaran virus, pembobolan sistem (hacking), pemakaian kartu kredit secara ilegal (carding), sabotase terhadap perangkat digital, pencurian informasi suatu organisasi hingga cyberterrorism. Kejahatan melalui Internet ini berakibat bahwa kejahatan tersebut dapat dilakukan tanpa terbatas jarak dan waktu. Pelaku kejahatan dapat melakukan kejahatannya di belahan benua lain dalam waktu kapan pun dia mau. Penanganannya kejahatan komputer ini pun tidak dapat disamakan dengan penanganan untuk kejahatan di dunia nyata. Dalam dunia nyata, penyelidikannya dapat diacu dari “crime scene” atau tempat kejadian perkaranya (yang seringkali dipasang garis polisi berwarna kuning dan bertuliskan “Do not cross/dilarang melintas”). Namun, tidak demikian untuk kejahatan komputer. Karena kejahatan komputer ini umumnya meninggalkan “jejak digital”, maka para ahli forensik komputer akan mengamankan barang bukti digital atau biasa disebut sebagai e-evidence (dan tanpa perlu membuat garis polisi berwarna kuning). E-evidence dapat berupa komputer, ponsel, kamera digital, harddisk, USB Flash disk, memory card, dan sebagainya. Dalam penanganan E-evidence ini, diperlukan perlakukan khusus karena hampir semua informasi digital yang tersimpan di media dapat dengan mudah berubah dan diubah dan sekali terjadi perubahan, akan sulit untuk dideteksi atau dikembalikan dalam keadaan awalnya (kecuali telah dilakukan upaya-upaya untuk mencegah perubahan). Hal yang sering dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah menghitung nilai hash kriptografik yang berfungsi sebagai validasi keaslian data. Beberapa perlakuan untuk menangani E-evidence yang lazim dilakukan adalah: - Memberikan write-blocker terhadap media yang hendak dianalisis sehingga tidak memungkinkan terjadinya penulisan/ penambahan atau modifikasi data terhadap media tersebut. - Membuat image duplikat media tersebut (dan nantinya analisis dapat dilakukan terhadap image file yang dihasilkan). - Merekam semua chain of custody atau tindakan-tindakan yang dilakukan terhadap E-evidence yang ada. - Menggunakan perangkat yang telah diuji dan dievaluasi untuk memastikan akurasi dan reabilitasnya.

D

Mengenal Metadata pada Dokumen Menangani dokumen forensik akan berurusan dengan metadata dokumen. Yang dimaksud dengan metadata adalah data tentang data. Sebuah dokumen yang dihasilkan dari software pengolah kata, umumnya mempunyai metadata seperti author (pembuat dokumen), organizations, revisions, previous authors (daftar nama yang telah melakukan akses terhadap dokumen tersebut), template (jenis template yang digunakan dokumen), computer name, harddisk (menunjukkan lokasi dari file tersebut), network server (sebagai informasi perluasan dari harddisk), time, time stamps (bergantung dari sistem operasi, dan umumnya mencakup tanggal pembuatan, tanggal akses atau kapan file kali

40

18/2009

Komputer Forensik
terakhir dibuka tapi tidak dilakukan perubahan, dan tanggal modifikasi, yaitu ketika ada perubahan di dalam file) , dan printed (kapan dokumen terakhir kali dicetak). untuk dipalsukan), To (tujuan yang juga dengan mudah disamarkan), Subject dan Date (terekam dari komputer pengirim, namun menjadi tidak akurat jika tanggal dan jam pada komputer pengirim diubah). Untuk mendapatkan informasi yang lebih detail, header pada e-mail perlu diekstrak. Dari header tersebut bisa didapatkan informasi IP Lokal dari pengirim, ID unik yang diberikan oleh server e-mail, dan alamat server pengirim. Umumnya, software e-mail client/server (seperti MsOutlook, Eudora atau ThunderBird) telah menyediakan fasilitas untuk melihat header secara lengkap, namun beberapa software forensik mampu membaca dan mengekstraksi header untuk keperluan analisis lebih lanjut, seperti EnCase atau FTK. Dengan software forensik ini, analisis untuk melakukan pencarian, ekstrak header, pencetakan ke printer, dan pengelompokan e-mail menjadi lebih mudah dilakukan. Lalu, bagaimana dengan

Software

Beberapa metadata pada dokumen dapat dilihat secara langsung, namun beberapa metadata harus diekstrak untuk dapat melihatnya. Sebagai contoh, dokumen Ms-Word dapat menampilkan metadata secara langsung melalui menu Properties.

seperti FTK atau EnCase dapat berguna untuk mempercepat pencarian. Misalkan mencari suatu pesan yang mengandung Roesmianti@12345.com, maka teks tersebut dapat dimasukkan sebagai dasar pencarian pada sebuah software forensik, dan diatur agar pencarian dilakukan hanya untuk file HTML. Software forensik akan menjelajah isi harddisk, dan berusaha menemukan file (atau potongan file) dengan kriteria yang telah disediakan. Penutup Komputer forensik adalah bidang yang tergolong baru, dan saat ini dibutuhkan banyak profesional di bidang ini. Seperti lazimnya perkembangan suatu teknologi, selain dampak positif, muncul pula dampak negatifnya. Dalam usaha mencegah pengumpulan data untuk keperluan analisis, muncul program dan aplikasi yang disebut dengan anti-forensik. Program antiforensik ini dirancang agar semua jejak digital benar-benar hilang dan tidak mungkin untuk dilacak, misalnya dengan melakukan perubahan pada header suatu file, melakukan perubahan pada metadata suatu dokumen dan sebagainya. Intinya adalah jika suatu data atau dokumen dapat dimodifikasi, maka data/ dokumen tersebut tidak dapat dijadikan bukti di pengadilan.

Untuk melakukan ekstrak metadata dengan lebih detail dibutuhkan alat bantu seperti Metadata Analyzer (www. smartpctools.com) atau iScrub (www.esqinc.com). Alat bantu semacam ini dapat menampilkan informasi metadata yang tidak nampak. Sekilas Tentang E-mail Forensik Dari sudut pandang forensik, e-mail dengan sistem client/server memudahkan dalam menemukan informasi (untuk kepentingan analisis) karena semua pesan di-download, dan disimpan dalam komputer lokal. Dengan mendapatkan akses ke komputer lokal, maka analisis terhadap e-mail akan jauh lebih mudah. Dua bagian e-mail yang dijadikan sebagai sumber pengamatan adalah header dan body. Yang paling umum dilihat dari sebuah header adalah From (nama dan alamat pengirim yang mudah

investigasi untuk web-based e-mail, seperti Yahoo! atau Gmail? E-mail yang pernah terbaca melalui web browser, tentunya tidak disimpan di komputer lokal seperti halnya e-mail dengan sistem client/server. Ketika e-mail dibaca pada sebuah komputer, sistem operasi meng-cache isi website tersebut pada harddisk. Cara terbaik untuk melacak e-mail yang pernah terbaca adalah melalui area temporary file, seperti file swap atau file cache, atau jika temporary file telah terhapus, pelacakan dapat difokuskan pada area tempat lokasi file temporary sebelum dihapus. Ekstraksi untuk melakukan ini akan membutuhkan lebih banyak usaha dibandingkan ekstraksi untuk e-mail dengan sistem client/server, karena penelusuran difokuskan untuk mencari file HTML di antara kumpulan ratusan atau mungkin ribuan halaman-halaman HTML. Software forensik

18/2009

41

Hardware

Komputer Forensik

Membuat Sistem Komputer Forensik: Spesifikasi Hardware dan Software yang Dibutuhkan
There is no branch of detective science which is so important and so much neglected as the art of tracing footsteps. (Sherlock Holmes, 1888)

B

agaimanapun ahlinya Sherlock Holmes, detektif legendaris yang dipopulerkan melalui novel karangan Sir Arthur Conan Doyle, tetaplah dia memerlukan peralatan dalam melakukan investagsi. Seorang komputer forensik, dalam mempertahankan keaslian atau melakukan analisis terhadap eevidence, memerlukan sistem komputer, yaitu hardware dan software yang khusus dalam melakukan analisisnya. Tanpa menggunakan sistem komputer yang memadai, seorang ahli forensik tidak dapat banyak melakukan analisis. Fungsi-fungsi dasar yang dapat dilakukan dari sebuah sistem komputer forensik adalah: - Membuat sebuah kopi yang akurat dari harddisk ke harddisk lainnya atau ke dalam sebuah image file. - Membuat sebuah kopi yang akurat dari harddisk ke sebuah media penyimpanan yang sifatnya removable atau portabel. - Melakukan analisis terhadap suatu media atau image file.

FRED menggabungkan hampir segala macam interface pada sebuah workstation sehingga tidak perlu membongkar-pasang perangkat saat melakukan analisis. Selain itu, beberapa paket software yang ditawarkan adalah EnCase, FTK, Parabean’s P2, dan banyak lainnya. - WiebeTech Forensic Field Kit, yang ditawarkan oleh WiebeTech, sebenarnya merupakan beberapa kumpulan perangkat yang “handy” dan berdaya guna dalam melakukan analisis. Sebut saja USB Writeblocker , yang digunakan untuk

Rekomendasi Hardware Dalam hardware inilah seluruh proses analisis akan dilakukan. Spesifikasi motherboard yang diperlukan untuk membuat sebuah sistem komputer forensik adalah sebagai berikut: - Sebuah processor Pentium IV dual core dengan hyper treading (3.2 GHz) atau processor AMD Athlon 5000+. Sangat direkomendasikan untuk membeli processor 64-bit. - Pastikan motherboard menggunakan jenis socket terbaru. Sebagai contoh, pada saat socket AMD 939 beredar banyak di pasaran dan muncul kecenderungan untuk beralih ke socket AM2, maka sebaiknya perlu dipertimbangkan untuk membeli processor dengan socket AM2 ketimbang socket AMD 939. - Tiga hingga lima slot PCI. - Slot PCI Express x16. - Dua port controller EIDE ATA/100 atau ATA/133. - Port controller untuk disk drive 3.5”. - Dua serial port. - Satu paralel port SPP/EPP/ECP. - Setidaknya dua port USB 2.0. - Card Adaptec FireWire atau dengan kualitas yang sama. - Port controller serial ATA - Koneksi network Gigabit. - Motherboard yang dengan auto-sensing BIOS yang mendukung LBA, dan mode harddisk C/H/S. Untuk spesifikasi casing dapat digunakan full ATX tower dengan lima sampai dengan delapan slot untuk harddisk berukuran 5¼ inci. Juga diperlukan adapter 2½ inci – 3½ inci yang digunakan untuk mengonversi harddisk laptop agar sesuai dengan standar IDE kabel 40pin. Rekomendasi harddisk sebesar 160 GB untuk sistem operasi dengan menggunakan dual sistem operasi (Windows dan Linux). Masing-masing sistem operasi dapat diletakkan pada sebuah harddisk serial ATA. Peripheral seperti sebuah DVD burner dengan kecepatan standar dapat ditambahkan untuk melakukan burning, serta perangkat pembaca media penyimpan untuk berbagai media seperti memory sticks, compact flash, secure digital, dan sebagainya. Dan yang tak kalah pentingnya adalah , harddisk blocker yang berfungsi sebagai perangkat fisik yang menjembatani antara drive yang hendak yang dianalisis dengan komputer. Perangkat ini akan mencegah segala bentuk penulisan terhadap harddisk yang hendak dianalisis. Beberapa situs yang menawarkan harddisk blocker ini adalah: www.digitalintel.com, www.vogon.us, www.encase.com, www. mykeytech.com, www.wiebetech.com, www.blackbagtech.com, www.ics-iq.com, www.acard.com. Beberapa paket perangkat yang dapat digunakan untuk menunjang proses analisis lainnya adalah: - Forensic Recovery of Evidence Device (FRED), sebuah workstation forensik dari Digital Intelligence yang menawarkan sistem terintegrasi untuk keperluan analisis data pada komputer forensik.

mencegah terjadinya penulisan terhadap USB Flash disk yang hendak dianalisis, 8 TrayFree™ SATA bays , yang

face (USB 2.0, eSATA, FireWire 800) atau Drive erazer™ yang berguna untuk menghapus seluruh isi harddisk tanpa menggunakan komputer. - Logicube, menawarkan sebuah perangkat transfer disk-to-disk dan disk-to-image yang tercepat di pasaran. Dengan semakin bertambahnya kapasitas penyimpanan, maka transfer dengan kecepatan 6 GB per menit akan dapat menghemat waktu kerja. Beberapa produk yang menjadi andalan dari Logicube adalah SuperSonix® , OmniSAS

digunakan untuk memudahkan dalam memasang harddisk SATA, Forensic Ultradoc™ v4 , yang digunakan untuk membuat image serta mencegah penulisan terhadap media yang hendak dianalisis dengan berbagai macam inter-

yang memungkinkan untuk menggandakan harddisk ke lima target sekaligus, dan OmniWipe yang digunakan untuk

menghapus isi tiga harddisk sekaligus dengan tipe yang berbeda-beda. Software-software yang Menunjang Sistem Komputer Forensik Sebenarnya, analisis terhadap data dapat dilakukan hanya bermodalkan hex-editor yang mampu menjelajah ke bagianbagian harddisk yang terdalam. Namun untuk alat-alat bantu berupa software analisis diperlukan untuk mempermudah pekerjaan, dan meningkatkan akurasi analisis. Softwaresoftware ini dapat digolongkan menjadi beberapa kategori, yaitu software untuk duplikasi drive, software untuk pemroses citra, dan software untuk keperluan lain-lain. Produk software yang dikhususkan untuk keperluan komputer forensik adalah: EnCase EnCase telah digunakan oleh banyak organisasi dan menjadi standar dalam investigasi komputer forensik. Merupakan suatu paket software produksi Guidance Software yang terdiri dari 18/2009

42

Komputer Forensik
EnCase Enterprise ,

Software

EnCase Forensic Edition

, EnCase eDiscovery

(untuk

dan relatif tidak mahal. Beberapa fitur umum dari software FTK ini adalah: - Pembuatan image, melakukan analisis registry, mendekripsi file, mengidentifikasikan adanya pesan dalam suatu citra (steganografi), dan memberikan pelaporan. - Kemampuan dalam mengembalikan password untuk lebih dari 80 aplikasi dengan memanfaatkan waktu idle CPU. - Engine pencarian data dalam suatu media yang mendukung regular expression. - Pra-dan-post proses untuk mengontrol secara penuh bagaimana image file hasil akan diproses. - Multidata view yang memungkinkan untuk melakukan analisis suatu data dengan tampilan heksa, teks ataupun difilter. - Report dapat dilaporkan dalam bentuk HTML, PDF, XML ataupun RTF. Selain Forensik Toolkit, beberapa produk software dari AccessData ini adalah AccessData eDiscovery , AccessData

software analisis perangkat mobile, seperti PDA, handphone, iPhone ataupun GPS. Beberapa kemampuan Device Seizure adalah: - Melihat history SMS. - Menghapus SMS. - Mengeksplorasi phonebook yang ada di SIM card atau phone card. - Melihat call history (received calls, dialed number, missed call, call dates, dan durasi). - Eksplorasi file (file sistem, file multimedia, file Java, data yang

melakukan pencarian data tertentu pada suatu media), dan juga disediakan EnCase Lab Edition. Tool EnCase Script

Enterprise

, dan MobilePhone Examiner.

untuk kebutuhan dalam melakukan otomatisasi saat proses analisis. Metode operasi yang dilakukan oleh EnCase adalah membuat image file untuk media, seperti harddisk, CD atau RAM.

Device Seizure Tool forensik buatan Paraben Corporation ini bersaing ketat dengan dua pengembang software sebelumnya. Yang menjadi unggulan dari Paraben Corporation adalah fokusnya pada arena forensik untuk mobile devices. Device Seizure merupakan

terhapus, dan quicknotes). - Eksplorasi PDA Database. - Mengeksplorasi registry untuk Windows Mobile Device. Penutup Beberapa produk untuk melakukan duplikasi yang dapat dipertimbangkan adalah Byte Back (www.toolsthatwork.com), Ghost (www.symantec.com), ProDiscover (www.techpathways. com), SafeBack (www.forensics-intl.com), dan SMART (www. asrdata.com). Sedangkan tool untuk menampilkan citra atau teks yang mungkin dibutuhkan saat proses analisis adalah ACDSee (www.acdsee.com), Conversion Plus (www.dataviz. com), Firehand Ember (www.firehand.com), dan Key View Pro (www.keyview.com). Penulis, Windra Swastika, adalah dosen Sistem Informasi, Universitas Ma Chung, Malang
Informasi Lebih Lanjut

Image yang dihasilkan tersimpan dalam format khusus serta mempunyai uji-keaslian (authentification) menggunakan MD5 atau checksum SHA-1. Image file yang terbentuk adalah duplikat yang serupa persis dari aslinya untuk kemudian dianalisis menggunakan tool standar seperti hex-editor. Setelah melakukan analisis, file-file yang dibutuhkan untuk pemrosesan lebih lanjut, dapat disimpan lengkap dengan checksum dan metadata yang lain sebagai E-evidence. Forensic Toolkit (FTK) AccessData, sebuah pengembang software telah membuat software forensik yang amat mudah dalam pengoperasiannya

• http://www.cftt.nist.gov/. • http://www.computerforensicsworld.com/.

18/2009

43

Kuis

TTS
Kupon Kuis TTS PC MILD 18/09

Mendatar 1. Sebelum hadirnya PCI-E 4. Top level domain untuk kepulauan Heard and McDonald 5. Mudah dibawa kemana-mana 8. Distributed Component Object Model 9. Selain encode 10. Top level domain untuk Liechtenstein 11. Fitur desktop di Vista 13. Notebook 14. Menaikkan frekuensi clock dari standarnya 15. Top level domain untuk Estonia 17. Top level domain untuk Komoro 19. Program yang berjalan otomatis saat browser dijalankan 20. Bahasa pemrograman yang paling umum untuk web 22. Fitur di Excel untuk membuat grafik 23. Telecommunication network Menurun 1. Fitur di Windows Mail yang menyimpan alamat e-mail 2. Yang membuat sebuah program 3. Nama lain Visual Basic Scripting Edition 4. Perangkat untuk mendengar suara di MP3 player 6. Top level domain untuk Oman 7. Top level domain 10. Yang selalu menggunakan alamat IP 127.0.0.1 12. Kategori hacker yang melakukan hal ilegal 16. Error Correction Code 18. Sejenis dengan SD card 19. Ball Grid Array 21. Domain untuk institusi militer

Setelah TTS dilengkapi dengan benar, susunlah huruf dari kotak-kotak berwarna kuning secara berurutan sesuai abjad yang tersedia di bawah ini. Susun menjadi
Logika yang banyak diterapkan di sirkuit digital:
A B C D E F G H I

[A]

CARA MENJAWAB (Pilih Salah Satu): Pelanggan Indosat (Matrix, IM3, Mentari, StarOne); Telkomsel (Halo, Simpati, As); XL (Xplor, Bebas, Jempol); Flexi; Mobile-8 (Fren); Esia kirim SMS ke 7669: MILD<spasi>18<spasi>JAWABAN<spasi>NAMA Contoh: MILD 18 KOMPUTER BUDI

Redaksi PC [B] Untuk kartu pos dikirim kekupon kuisMILD,diJl. Kramat IV No.11, TTS pojok kanan atas. Jakarta 10430, sertakan SMS dan kartu pos diterima selambat-lambatnya 17 September 2009. Nama pemenang diumumkan pada PC Mild 20/2009 yang terbit 8 Oktober 2009. Tarif premium Rp2.000++ per SMS. Gunakan pulsa Anda secara bijak. Jawaban TTS edisi 16/2009 Mendatar 1. DISTRO 4. SQL 5. AUDIOCD 7. SM 8. LB 9. FM 10. ZIPDRIVE 11. RECYCLEBIN 14. VSAT 16. SK 17. HDDVD 18. CELERON Menurun 1. DBASE 2. THIRDPARTY 3. VIM 4. SILVERLIGHT 6. COPROCESSOR 7. SAFARI 10. ZA 12. BOLD 13. NTLDR 15. SLEEP 19. ET PENGUMUMAN PEMENANG EDISI 16/2009 Jawaban: OPENSTEP Masing-masing pemenang mendapatkan 1 unit Memory Stick ProDuo VENOMRX 512 MB yang dipersembahkan oleh Asiaraya Computronics: William Sigit Aribowo William 081272276xxx 085245728xxx 08154056xxx

Dapatkan!
5 Unit MicroSD card VenomRX 512 MB untuk 5 orang pemenang yang dipersembahkan oleh Asiaraya Computronics

Asiaraya Computronics: Mangga Dua Mall Lt 4 A-62, Telp: 021-6019408 www.alamraya.co.id

Pemenang harap menghubungi sekretariat PC Mild di Telp. 0213153731 ext. 127 atau e-mail ke evawani.putri@pcmedia.co.id untuk konfirmasi pengambilan hadiah paling lambat 3 Oktober 2009. Hadiah yang tidak diklaim dinyatakan hangus.

44

18/2009

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->