TABLOID KOMPUTER TERLARIS DI INDONESIA

POWERED BY

Edisi 24/2009 • 03-16 Desember 2009

PLUS CD
Freeware, Patch, PCMAV 2.2a + Build2, Free Antivirus + Update, Top Game Collection

Rp12.000 (Jawa-Bali-Lampung) • Rp13.000 (Luar Jawa-Bali-Lampung)

CARA MUDAH BIKIN DISTRO LINUX SENDIRI

Kuis TTS Berhadiah 1 buah printer dan 2 buah Refill Kit untuk 1 orang pemenang
Sponsored by: DataPrint

Matrox M9188 Octal

Output ke 8 Display Sekaligus

Imation Pro WX
+ 4 HALAM

AN Perbedaan Arsitektur 32-bit deng an 64-bit
Harddisk Eksternal Wireless

Microsoft Excel

A-data Vitesta Extreme Edition 4GB
Kompatibilitas dan kinerja yang tinggi
Hadirkan Informasi Saham Secara Langsung di Worksheet

VenomRX Boomslang 700W Hemotoxin
Tampil premium dengan warna titanium dan kabel modular

BlueScreenView v1.15

Melacak Informasi Blue Screen of Death

Redaksional Editorial/Surat Pembaca Aktual
Selamat Datang...Welcome...Huãnyíng Guãnglín...Yõkoso...Hwangyong-hamnida!
Beberapa tahun lalu dan bahkan sampai sekarang, Linux menjadi seperti sebuah hal yang menakutkan bagi pengguna komputer yang sudah terbiasa dengan Windows. Entah itu karena interface-nya yang dianggap asing, proses instalasinya yang dianggap susah, dan berbagai alasan lainnya. Tapi itu dulu. Sekarang, Linux telah menjadi sebuah sistem operasi yang tidak perlu ditakuti lagi. Sebab Linux sudah menjelma menjadi sebuah sistem operasi yang user-friendly, dan siapapun bisa menggunakannya dengan mudah. Sebegitu mudahnya, kini pun Anda bisa membuat distro sendiri, tanpa harus menguasai yang namanya coding, programming, dan sebagainya. Yang dibutuhkan hanya koneksi Internet, dan sebuah perangkat CD/DVD burning untuk membakar distro yang dibuat ke dalam CD menjadi sebuah Live CD. Penasaran, dan ingin tahu caranya? Simak di halaman 26 dalam rubrik Workshop. Masih mengenai Linux, karena Ubuntu 9.10 (Karmic Koala) baru saja dirilis, maka di rubrik Tip Trik Linux edisi ini, sudah mulai menggunakan distro terpopuler tersebut. Di tutorial pertama, tentu saja akan dipaparkan secara singkat bagaimana cara instalasinya. Jadi, selamat menikmati sajian bernuansa khusus Linux di edisi ini.

PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNG JAWAB Anton R. Pardede REDAKTUR EKSEKUTIF Rully Novrianto SIDANG REDAKSI Alexander P.H. Jularso, Aditya Wardhana, Denie Kristiadi, Gamal Rizaldi, Joko Nurjadi, Suherman, Supriyanto, Wawa Sundawa, Sylvia Inamora, Tri Waluyo, Zaky Abdurrahman REDAKTUR SENIOR Effendy Kho, Rusmanto Maryanto KONTRIBUTOR Basuki Rahmat, Bonafacius S. Ryanto, Gunung Sarjono, Lili, Muhammad Imansyah, Rini Asmara, Salman Faisal, Tri Haryati, Windra Swastika PRA PRODUKSI & BAHASA Arie Ishami TATA LETAK & DESAIN Dhany Sudharmanto (Koord.), Lely Yulaena, Mardiana SEKRETARIAT REDAKSI Evawani U. Putri IKLAN & KOMERSIAL Indran B. Sapto (Account Executive), Febriyanti (Sekretariat) KEUANGAN Deetje Monoarfa (Manajer), Albert Sulistyo, Ngafiv, Tety Winarni, Untung PERSONALIA & UMUM Ekawati (Koord.), Suhaedin, Supandi PENERBIT Mario Alisjahbana, PT Dian Digital Media, Jakarta MAU NGASIH UNDANGAN/MASUKAN/PERTANYAAN? Gedung Warta Lt. 4 Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430 Telp: (021) 315-3731 ext. 127-131. Fax: (021) 315-3732 E-mail: pcmild@pcmedia.co.id INGIN BERIKLAN/BEKERJA SAMA? Gedung Warta Lt. 2 Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430 Telp: (021) 315-3731 ext. 105-107. Fax: (021) 315-3732 E-mail: iklan@pcmedia.co.id INGIN MENJADI AGEN? Sirkulasi Pinpoint Publications (DPKU) Jl. Rawagirang No. 8, Kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur-13930 Telp: (021) 4682-6816, 7079-6499. Fax: (021) 4682-8919 E-mail: sirkulasi@pcmedia.co.id INGIN MENCARI EDISI LAMA? Prima Buku, layanan pesan-antar buku & majalah: Gd. Warta Lt. 1, Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430 Telp: (021) 3190-4075. Fax: (021) 390-8883. SMS: 0813-115-23230 E-mail: pesan@primabuku.co.id PENCETAK PT Dian Rakyat, Jakarta
Tabloid PC Mild diterbitkan dwi-mingguan oleh Pinpoint Publications. Pinpoint Publications juga menerbitkan majalah komputer bulanan PC Media, majalah opensource & network bulanan InfoLINUX, seri Extra, Buku PC Media dan Buku InfoLINUX. Dilarang mereproduksi seluruh atau sebagian materi di media ini dalam bentuk dan dengan tujuan apapun. Pinpoint Publications tidak terafiliasi dengan perusahaan atau produk yang diuji coba di tabloid PC Mild. Seluruh staf tabloid PC Mild tidak memiliki investasi pada perusahaan atau produk yang diuji coba. Hasil uji coba produk yang dimuat di tabloid PC Mild tidak terkait dengan iklan atau hubungan bisnis perusahaan/produk tersebut dengan tabloid PC Mild. Kecuali disebutkan, uji coba dilakukan tabloid PC Mild pada produk dan layanan yang tersedia pada saat ini. Pinpoint Publications menjunjung tinggi nilai integritas dan kode etik wartawan Indonesia, untuk itu dalam menjalankan tugasnya seluruh staf kami tidak dibenarkan menerima atau meminta imbalan dalam bentuk apapun dari relasi/narasumber.

Anton R. Pardede
Group Chief Editor

Anton R. Pardede

CD Edisi 22 Ada Virusnya!
Saya mendapati installer ExtremeCopy 1.4.0 pada CD PC Mild edisi 22/2009 sudah terinveksi virus Sality.E & D. Padahal saya sudah menggunakan antivirus SMADAV untuk mendeteksi, saat diinstal. Tapi setelah diinstal, ternyata terdeteksi virus. Sekarang komputer saya terinfeksi virus semua. Saya menginstalnya langsung dari CD. Kali pertama tahun CD ini terkena virus, yaitu saat membuka K-Lite Codec, tetapi tidak bisa. Keterangannya “Runtime Error”. Anonimus via e-mail Kami sudah mencoba seperti yang Anda ceritakan. Kami melakukan scanning, baik itu langsung ke CD-nya ataupun ExtremeCopy yang sudah diinstal. Antivirus yang kami gunakan untuk scanning saat itu antara lain: 1. PCMAV 2.2a + Build1. 2. SmadAV 2009 Rev 7.2. 3. NOD32 Antivirus 4. 4. Microsoft Security Essential 1.0. 5. AVG 9.0. 6. Avira 9.0. Semua antivirus sudah menggunakan update terbarunya . Hasilnya, kami tidak menemukan satu virus pun di dalam CD maupun di ExtremeCopy yang sudah diinstal. Dan menurut Softpedia, installer ExtremeCopy tidak mengandung malware. Lihat infonya di www.softpedia.com/get/System/File-Management/ ExtremeCopy.shtml . Mengenai runtime error saat menjalankan Klite Codec, hal ini disebabkan karena ada bug dari Klite itu sendiri. Silakan upgrade ke K-Lite Codec Pack 5.4.4 Full untuk mengatasinya. Info bisa dilihat di www.free-codecs.com/download/K_Lite_Codec_Pack.htm.

Semoga artikel Workshop edisi 23 kemarin memuaskan keingintahuan Anda tentang Facebook.

Blue Screen (1)
1. Ketika menjalankan banyak aplikasi, pada komputer saya keluar layar biru, dan berisi tulisan untuk masuk ke safe mode, dan meminta restore system ulang? Spek komputer saya Intel (R) pentium 4 CPU 3.00 GHz, dan RAM 256 GB2. 2. Saya sarankan bagaimana kalau jawaban TTS PC Mild dikirimkan lewat e-mail saja? Rahmat Ismail via e-mail 1. Banyak penyebab terjadinya blue screen. Agar bisa memahaminya, silakan gunakan aplikasi BlueScreenView v1.15 yang kami bahas di edisi ini. 2. Sepertinya hal ini tidak memungkinkan.

Blue Screen (2)
Saya baru saja membeli notebook dengan sistem operasi Linux di dalamnya. Karena tidak mengerti Linux, jadi saya instal sistem operasi Windows XP. Masalahnya, pada saat booting hardwere dan mau masuk harddisk, tiba-tiba muncul blue screen. Saya ulangi, tetap selalu saja begitu. Lalu saya mencoba Windows Vista, dan ternyata bisa. Hal serupa juga terjadi pada notebook milik teman saya. Mengapa bisa begitu? Doni Septu via e-mail Kemungkinan ada masalah kompatibilitas hardware. Gunakan BlueScreenView v1.15 di rubrik Tip & Trik untuk mengetahui masalahnya.

Rakit PC 10 Juta
1. Dengan dana 10 juta, saya bisa membeli motherboard, video card, dan processor merek apa? karena kalau saya langsung beli, takut salah. Saya ingin tahu merek video card apa yang paling bagus dan cepat, saat ini? Karena tujuan saya untuk komputer gaming. 2. Apakah Windows 7 lebih berat daripada Windows Vista? Yusuf Budiman via e-mail 1. FYI, di setiap edisi PC Media ada rubrik yang namanya PC Market Express. Rubrik tersebut menampilkan daftar komponen PC rakitan yang disesuaikan dengan budget. Coba lihat dari situ. 2. Dari apa yang kami coba, Windows 7 terasa lebih ringan dibanding Vista.

Beda 32-bit & 64-bit
Tolong jelaskan mengenai Windows 32-bit dan 64-bit. Lalu, apakah semua aplikasi program Windows 64-bit bisa berjalan di Windows 32-bit? Mengapa demikian? Triyono via e-mail Silakan pelajari jawabannya di rubrik Extra edisi ini.

Bikin Installer
Bagaimana cara membuat file *.CAB (Cabinet), beserta file *.EXE-nya. Misalnya “Setup.exe, Data1.cab, Data2.cab, Data3. cab. Apa saja tool-nya? Lebih baik lagi jika freeware. Jemi via e-mail Jika yang Anda maksud adalah membuat sebuah installer, maka gunakan NSIS (Nullsoft Scriptable Install System). Infonya bisa lihat di http://nsis.sourceforge.net/. Tapi kalau untuk membuat file CAB, gunakan Cab File Maker 2.0 dari www.tonysfreeware.com/ download/MS.Cab.Maker.exe.

PCMAV Tidak Bisa Digabung
Saya menggunakan PCMAV 2.0c. Namun ternyata setelah digabung dengan database ClamAV sebagaimana biasa, engine tidak mampu membaca data ClamAV-nya. Bagaimana ini? Ade Sugianto via e-mail Pastikan cara penggabungannya sesuai dengan yang ada di file readme.txt. Bila tidak bisa juga, coba gunakan PCMAV versi terbaru.

Bikin Kuis di Facebook
Apakah PC Mild bisa membahas cara membuat aplikasi, kuis, dan blog di Facebook? Mawardi via e-mail

2

24/2009

How It Works Aktual

Kompresi File

Apa jadinya bila teknologi kompresi file belum ditemukan? Entahlah, yang jelas aktivitas pertukaran data di Internet tidak semudah sekarang. Bayangkan bila Anda harus mendownload sebuah aplikasi yang terdiri dari ratusan file yang tidak terkompresi. Tak terkira waktu dan bandwidth yang tersita di sana.

ini sebenarnya sangat sederhana: membuang pengulangan.

Mencatat Pengulangan
Sebagian besar tipe file digital mengandung pengulangan. File-file tersebut memiliki informasi yang sama yang ditampilkan secara berulang. Aplikasi kompresi file membuang pengulangan-pengulangan tersebut. Alih-alih menampilkan potongan informasi yang sama secara berulang, aplikasi kompresi mencatat informasi tersebut satu kali saja, dan akan menduplikasikannya kembali saat file diekstrak. Sebagai contoh, perhatikan tipe

informasi yang sangat akrab dengan kita berikut ini: kata. “Jangan tanya apa yang negara berikan pada Anda. Tanya apa yang Anda berikan pada negara.” (terjemahan kutipan dari Presiden AS, John F. Kennedy). Kutipan tersebut memiliki 15 kata, yang terdiri dari 74 karakter, 14 spasi, dan 2 titik. Jika setiap huruf, spasi, dan tanda baca mengambil satu unit memory komputer, kita mendapatkan file dengan ukuran 93 unit. Untuk memperkecil ukuran file tersebut, kita harus memperhatikan pengulangan yang terjadi. Sekejap kita mendapatkan data berikut: • “tanya” muncul 2 kali • “apa” muncul 2 kali • “yang” muncul 2 kali • “negara” muncul 2 kali • “berikan” muncul 2 kali • “pada” muncul 2 kali • “Anda” muncul 2 kali Secara kasar, setengah dari kutipan JFK di atas adalah pengulangan. Tujuh kata (tanya, apa, yang, negara, berikan, pada, Anda) memberikan hampir semua informasi keseluruhan kutipan. Untuk membangun setengah kutipan bagian akhir, kita hanya menunjuk kata-kata yang ada pada setengah kutipan bagian awal, dan mengisinya dengan spasi.

Sepintas hal ini terdengar seperti mustahil. Bagaimana mungkin komputer yang telah memperkecil (dengan mengurangi jumlah bit dan byte data) sebuah file bisa mengembalikannya tanpa perubahan apapun? Padahal ide dasar di balik teknologi

Algoritma Pengulangan
Kebanyakan aplikasi kompresi menggunakan variasi algoritma dictionary-based LZ (yang diambil dari dua nama penemu algoritma ini, Lempel dan Ziv) untuk mengecilkan file. Sistem ini membuat semacam

katalog dengan deretan angka. Kembali ke kutipan JFK di atas, kita bisa membuat katalognya sebagai berikut: 1. Tanya. 2. Apa. 3. Yang. 4. Negara. 5. Berikan. 6. Pada. 7. Anda. Dari katalog di atas, kita dapat merumuskan kutipan JFK menjadi: “Jangan 1 2 3 4 5 6 7. 1 2 3 7 5 6 4.” Itulah algoritma pengulangan yang digunakan oleh aplikasi kompresi untuk mengecilkan ukuran file, dan merekonstruksinya kembali ke ukuran semula. “Jangan 1 2 3 4 5 6 7. 1 2 3 7 5 6 4.” ditambah daftar kata dalam katalog, tentu lebih pendek daripada “Jangan tanya apa yang negara berikan pada Anda. Tanya apa yang Anda berikan pada negara.” Dari contoh di atas, kita berhasil memampatkan kutipan JFK dari 93 unit menjadi 36 unit untuk kalimat yang terkompresi, dan 54 unit untuk katalog, atau total 90 unit. Ya, kita berhasil menghemat 3 unit! Namun, seperti kata pepatah, “Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit,” proses kompresi file di komputer mengumpulkan yang sedikit itu, namun dalam jumlah yang besar.

dalam sebuah katalog. Bagi kita, ini adalah cara yang paling lazim digunakan untuk menulis kamus, index, atau glosarium. Tapi, sebuah aplikasi kompresi melihatnya sedikit berbeda: algoritma kompresi tidak mengenal kata-kata yang terpisah, melainkan mencari pola atau pattern. Untuk semakin memperkecil ukuran file, aplikasi kompresi memilih pola apa yang harus dimasukkan dalam katalog. Bila melihat kutipan JFK di atas dari sudut pandang ini, kita akan mendapatkan isi katalog yang benar-benar berbeda dari contoh di atas. Aplikasi kompresi memindai kutipan JFK, pengulangan pertama yang dicatat adalah pola huruf “a” dan “n” yang dikuti oleh spasi. Pada frase pertama kutipan tersebut, “Jangan tanya apa yang negara berikan pada Anda.” terdapat empat pola huruf “a” yang dikuti spasi. Dua pola gabungan huruf “an” yang diikuti spasi pada “jangan” dan “berikan”. Dua pola gabungan huruf “ang” pada kata “jangan” dan “yang”, serta pola-pola lain yang mungkin luput dari perhatian kita. Berbekal katalog pola (bukan kata) inilah aplikasi kompresi memampatkan sebuah file hingga 90% bahkan lebih, terutama pada file yang memiliki banyak pola yang berulang, misalnya pada file-file yang di dalamnya terdapat tag (HTML, XML, TIFF, dan lain-lain). [MI]
Informasi Lebih Lanjut

Menemukan Pola
Dari contoh di atas, kita mengambil semua kata yang digunakan berulang dan meletakkannya di

• http://computer.howstuffworks. com/file-compression.htm

24/2009

3

Aktual Aneka Ragam/News in 60 Seconds

Inilah Definisinya!
Komputasi awan
Bahasa Inggris: cloud computing, adalah penggunaan teknologi komputer (“komputasi”) untuk pengembangan berbasis Internet (“awan”). Komputasi awan adalah suatu jenis komputasi yang menyediakan kapabilitas yang terkait dengan teknologi informasi sebagai suatu layanan, yang memungkinkan pengguna mengakses layanan yang disokong teknologi “di awan”, tanpa perlu memiliki pengetahuan, kemahiran atau kendali terhadap infrastruktur teknologi yang menunjang layanan tersebut.

PC Tools Rilis Produk Keamanan
PC Tools merilis portfolio keamanan 2010, termasuk Spyware Doctor dengan AntiVirus 2010, dan PC Tools Internet Security 2010. Produk-produk keamanan PC Tools sudah kompatibel dengan sistem operasi Windows 7.

Uji coba yang dilakukan oleh lembaga independen, yakni AV Test Labs, menyatakan bahwa Spyware Doctor dengan AntiVirus 2010 menawarkan sistem proteksi berupa paket yang andal dan deteksi terbaik. Menggunakan pendeketan keamanan berlapis, PC Tools telah membuat portfolio keamanan untuk konsumen aktif secara digital, yang mengintegrasikan teknologi berlapis untuk menghadang ancaman di setiap entry point. Kepuasan konsumen terhadap produk keamanan disebabkan oleh kemampuan untuk mendeteksi dan memperbaiki file, disusul dengan penyediaan solusi keamanan yang cepat tanggap, dan mudah digunakan. DK
Solusi keamanan berlapis dari PC Tools

Konsol Masa Depan
Konsol game di masa depan, nantinya tidak hanya mengandalkan hard drive sebagai media penyimpanan. Raksasa elektronik Sony akan mengembangkan konsol yang berplatform cloud computing. Adalah Ken Kutaragi, bapak konsol PlayStation, telah memulai usaha pengembangan baru yang didasarkan pada komputasi awan tersebut. Selain itu, Sony Computer Entertainment telah mendirikan perusahaan baru, Cyber Ai Entertainment, Inc. bulan lalu. Perusahaan ini akan fokus pada teknologi jaringan terbaru, dengan menciptakan komputasi awan untuk tujuan hiburan.
Konsol bukan lagi semata-mata untuk hiburan

Kutaragi akan fokus pada jaringan komputasi awan untuk melayani hiburan. Kemungkinan besar cara ini mungkin akan sedikit mirip dengan layanan game Live On yang ditampilkan di Game Developers Conference 2009, beberapa waktu lalu. Kutaragi tentunya berharap konsol berbasis komputasi awan ini akan menggabungkan game dengan layanan video HD. Namun, belum diketahui kapan platform ini akan segera diadopsi, kepopuleran mengingat cloud computing baru saja menanjak.
Info: www.techtree.com

NAND Flash
Sejenis EEPROM yang mengizinkan banyak lokasi memory untuk dihapus atau ditulis dalam satu operasi pemrograman. Istilah awamnya, dia adalah suatu bentuk dari chip memory yang dapat ditulis, tidak seperti chip memory akses acak, dan memegang datanya tanpa membutuhkan penyediaan listrik. Memory ini biasanya digunakan dalam kartu memory, drive flash USB, pemutar MP3, kamera digital, dan telepon genggam.

Audio di Google Translate
Google menambah kemampuan Google Translate, seperti fitur untuk mentranslasikan kata yang tertulis dengan karakter unik, dengan ejaan per karakter. Namun, jika bahasa yang tertampil mengunakan karakter unik yang tidak bisa dikenali, seperti karakter Cina atau Jepang, maka layanan ini hanya menampilkan tulisan bahasa tersebut. Kini, Google Translate dapat membantu pengguna untuk menerjemahkan dari bahasa Inggris ke Cina untuk lafal bicara, dengan menampilkan versi ejaan dari setiap karakter yang diterjemahkan ke karakter Roman biasa. Pengguna dapat menerjemahkan bahasa Inggris ke dalam bahasa Yunani, Arab atau
Google Translate makin kaya fitur

Persia, dan membaca versi ejaan setiap karakter. Selain itu, Google juga menambah fitur dimana karakter yang mudah dibaca seperti karakter dalam versi bahasa Inggris atau Indonesia, untuk dibaca atau dieja dalam bahasa Arab, Persia, atau India. Untuk menerjemahkan bahasa lain ke dalam bahasa Inggris, Google juga menambah link audio untuk kata atau frase dalam bahasa Inggris.
Info: www.softpedia.com

microSD Tidak Laku
Sepertinya tidak ada lagi yang menginginkan kartu memory microSD. Harga microSD pun tercatat 15%-20% lebih rendah dibandingkan harga yang disodorkan oleh vendor chip. Para manufaktur perangkat kini enggan membeli kartu microSD langsung dari produsen chip NAND Flash. Sebab, mereka bisa memperoleh harga yang lebih murah dari pihak ketiga. Upaya untuk mengendalikan harga microSD tetap tinggi pun dilakukan oleh Samsung, dengan cara membatasi jumlah yang dirilisnya. Namun permintaan pasar melemah, dan berdampak pada merosotnya harga jual pengguna sudah bisa menikmati tampilan video di YouTube dengan layar penuh.

microSD. Para produsen chip pun diminta untuk menurunkan harga penawarannya. Kambing hitam dari kemerosotan harga microSD ini adalah SanDisk. SanDisk mulai memasok kartu microSD ke para pembuat perangkat NAND Flash yang bermarkas di Taiwan dengan harga murah. Para produsen perangkat berbasis Flash kemudian memasarkan kartu-kartu itu sebagai mereknya sendiri. Harga rata-rata untuk microSD berkapasitas 1 GB dan 2 GB turun masingmasing 4,51% dan 4,86%.

Windows Mobile
Salah satu sistem operasi yang digunakan pada handphone PDA dengan merek: HTC, Acer, Samsung, dan sebagainya. Jenis-jenis Windows Mobile ini adalah Windows mobile 5.0, 6.1 Standard*, 6.1 Professional**, 6.5 Standard, dan 6.5 Professional.

Info: www.digitimes.com

SanDisk biang keladi turunnya harga microSD

Full HD dari YouTube
Situs video streaming YouTube, kini telah mencapai resolusi full high definition hingga 1080p. Informasi tersebut didapat berdasarkan konferensi yang bertajuk NewTeeVee

Live, bertempat di San Fransisco, AS. Dalam konferensi tersebut, Hunter Walk, selaku Director Product Management YouTube memang memperkenalkan bahwa kini YouTube telah mencapai resolusi Full HD. Sebelumnya, situs sharing video terlaris itu hanya bisa mencapai resolusi HD sebesar 720p. Walk juga mengatakan bahwa nantinya

Lebih lanjut lagi dijelaskan oleh Walk, kini sekitar setengah dari database video di YouTube, sedang dilakukan proses encoding ke resolusi 1080p. Selain itu, di dalam konferensi tersebut YouTube juga mendemokan perihal rencana mereka untuk menjalankan video-streaming berbasis HTML-5.
Info: www.dailytech.com

YouTube semakin terdepan, dengan layanan full HD

News in 60 Seconds
Microsoft dituding melakukan pembicaraan dengan News Corp., untuk menekan dominasi Google. Microsoft dikabarkan membayar News Corp. untuk mendesak Google menghapus konten-konten berita milik News Corp. “Semuanya hanya untuk melukai marjin Google,” ujar seorang sumber, yang dikutip dari Financial Times. Firefox mendapat masalah besar, mengenai penggunaan CPU yang dapat menyebabkan masalah overheating, khususnya laptop ultraportable. Hal ini masuk ke dalam dokumen di halaman support Mozilla. Firefox akan memakan resources CPU secara signifikan untuk download, proses, dan display content web. Google telah merilis source code pengembangan sistem operasi Chrome OS. Bagi yang ingin “mencicipi” Chrome OS, bisa mendapatkan source code-nya secara cuma-cuma. Pengembangan Chrome OS juga akan terus bekerja sama dengan proyek-proyek open source, seperti GNU, Linux Kernel, Moblin, Ubuntu, dan Webkit. YouTube kini dapat menampilkan teks semua percakapan yang ada dalam video. Salah satu manfaatnya adalah pengunjung yang tuna rungu, agar dapat menikmati video secara utuh. Penerjemahan dilakukan dengan teknologi pengenal suara yang kini telah dipakai di layanan manajemen Google Voice. Asosiasi Warung Internet Indonesia (Awari), bekerja sama dengan Telkom, menghadirkan sebuah teknologi anti-porno. Teknologi ini dikatakan sudah memblacklist 5-6 juta situs negatif. Teknologi ini berupa DNS bernama DNS Nawala, yang dapat digunakan secara gratis oleh pengguna Internet seluruh Indonesia. Opera Mobile 10 beta kini sudah tersedia untuk Windows Mobile. Versi beta ini memiliki tampilan mirip Opera 10 versi desktop, dan Opera Mini 5 beta. Opera Mobile 10 beta mencakup Opera Turbo, antarmuka baru, speed dial, manajemen kata sandi, navigasi sentuh, dan menyimpan gambar.

4

24/2009

Aneka Ragam Aktual

Adobe Flash dan AIR Terbaru
Adobe Labs telah merilis 2 versi baru aplikasi mereka di Internet, yaitu Flash Player 10.1 dan AIR (Adobe Integrated Runtime) 2. Flash secara umum digunakan untuk melakukan streaming video, grafis interaktif, serta aplikasi browser game. Sementara AIR dengan Flash built in di dalamnya menjadi pondasi bagi aplikasi dekstop. Perlu dicatat, Flash player 10.1 ini tak hanya mendukung sistem operasi Mac OS X, Windows, Linux, tapi juga beberapa smartphone yang memiliki

kompatibilitas. Kesemuanya itu berbasis decoder hardware populer, H.264 video format, yang diklaim Adobe lebih menghemat baterai, dan meningkatkan performa. versi Flash Player 10.1 bagi smartphone Palm Pre diperkirakan hadir paling lambat akhir tahun ini. AIR 2.0, termasuk Flash Player 10.1, diklaim akan membawa proses integrasi secara lebih ketat dalam komputer. Contohnya dapat digunakan dalam aplikasi layar sentuh, microphone audio data, me-render halaman web dengan HTML5 dan CSS version 3, serta menggunakan UDP networking untuk melakukan chatting dalam game.
Info: www.downloadsquad.com

Yahoo! Go Undur Diri
Yahoo! berencana menghentikan dukungan untuk aplikasi Yahoo! Go pada tahun 2010. Yahoo! Go merupakan aplikasi keluaran Yahoo! untuk ponsel cerdas berbasis sistem operasi Windows Mobile, Blackberry, dan Symbian. Yahoo! Go, yang dikenalkan pada Consumer Electronics Show 2006, memang kali terakhir kali di-upgrade hingga Yahoo! Go 3.0 beta pada Januari 2008. Setelah itu, Yahoo!

memfokuskan diri pada portal webnya, termasuk mobile.yahoo. Yahoo! juga akan melanjutkan merilis aplikasi Yahoo! Mobile untuk sejumlah platform, seperti iPhone dan Blackberry. Pengguna iPhone

nantinya dapat men-download aplikasi seperti Yahoo! Finance atau Yahoo! Fantasy Football. Rencana penghentian Yahoo! Go diperkirakan akan dilakukan pada 12 Januari 2010. Pengguna Yahoo! Go akan mendapatkan e-mail berisi peringatan untuk mengganti aplikasi Yahoo! Go, dan mendorong pengguna untuk mengakses m.yahoo.com.
Info: www.cnet.com

Yahoo! kembali mematikan salah satu layanannya

Chrome OS Resmi Diperkenalkan
Google akhirnya secara resmi memamerkan sistem operasi Google Chrome OS terbaru yang sedang dikembangkannya, dalam konferensi pers di markasnya, Mountain View, California, AS. Namun, jangan harap bisa men-download versi beta software tersebut karena baru konsep dasar yang diperkenalkan. Pada kesempatan tersebut, Google baru memperkenalkan konsep kerja sistem operasi Chrome OS dalam bentuk animasi 2D. Chrome OS merupakan sistem operasi yang dibangun dari platform web Chrome yang sudah dirilis Google. Sistem operasi ini didesain

untuk mewujudkan secara penuh sistem konsep komputasi berbasis web sehingga semua layanan dapat saling terhubung, baik diakses melalui PC, laptop, maupun pe-

rangkat mobile melalui Internet. Nantinya, tampilannya mirip browser Chrome. Di bagian atas adalah tab yang berisi menu program untuk e-mail, musik player, dokumen, instant messaging, dan instant video. Penjelasan tersebut diringkas dalam bentuk animasi yang telah dirilis di YouTube. Animasi tersebut memberi gambaran lebih rinci mengenai konsep Chrome OS.
Info: www.dailytech.com

Flash dan AIR kembali unjuk gigi

Chrome OS segera dirilis

24/2009

5

Aktual Around the World/Fast Fact

Uni Eropa

Singapura

Kanada

Amerika Serikat

Menuju e-Gov yang Lebih Baik
Setelah event Ministerial eGovernment Conference ke-5 yang berlangsung di Malmo Swedia, menteri-menteri dari negara yang tergabung dalam Uni Eropa sepakat untuk meningkatkan kegiatan e-government yang lebih mudah diakses, interaktif, dan terjangkau. Selain itu, mereka juga menandatangani sebuah deklarasi yang berisi kebijakan untuk menghantarkan layanan online untuk publik yang lebih pintar di tahun 2015. Deklarasi ini disambut gembira oleh Komisi Eropa. Sebagai bagian dari perwujudannya, pada pertengahan 2010 nanti akan dilakukan evaluasi, sudah seberapa jauh agenda-agenda yang ada di deklarasi itu dilaksanakan. Dari laporan yang terakhir, tercatat sudah sekitar 71 persen layanan publik bisa diakses melalui portal atau website. Sudah cukup jauh, apabila dibandingkan dengan tahun 2007 yang sebesar 59 persen. Masih dari laporan itu, Inggris, Austria, Portugal, Swedia, dan Slovania berada di posisi terdepan dalam hal layanan publik. Sementara Polandia, Slovakia, Lithuania, dan Latvia sedang berusaha ke jalur yang lebih baik.
Info: theregister.co.uk

Pantau Transportasi Publik lewat Google Maps
Land Transport Authority (LTA) atau badan yang menangani transportasi darat pemerintah Singapura, mengadakan kerja sama dengan Google Maps, dengan harapan menjadikan transportasi publik sebagai pilihan utama, baik untuk penduduk lokal maupun wisatawan. Dalam kerja sama ini, LTA akan menyediakan informasi lalu-lintas dan jalur transit ke Google, yang juga bekerja sama dengan perusahaan lokal bernama Quantum Inventions untuk pengintegrasian data, menyajikan informasi lalu-lintas secara update, tarif Electronic Road Pricing, semuanya melalui Google Maps. Layanan tersebut juga akan menyajikan penunjuk arah untuk pengemudi, pengguna transportasi sampai pejalan kaki. Layanan ini tersedia baik dalam bentuk aplikasi desktop ataupun aplikasi mobile yang bisa diakses siapa saja, kapan saja, dan dari manapun. Dengan membuat informasi semakin mudah diakses, kemungkinan besar akan mengubah perilaku seseorang.
Info: zdnetasia.com

Tunjangan Ditarik Gara-gara Foto di Facebook
Sepertinya kisah-kisah aneh, unik, dan tragis yang menyertai social networking ternama ini tidak ada habisnya. Kali ini kisahnya adalah mengenai seorang wanita di Kanada yang asuransinya ditarik, hanya gara-gara foto ulang tahun. Nathalie Blanchard, 29 tahun, mundur dari pekerjaannya di IBM satu setengah tahun lalu, karena didiagnosis mengalami depresi berat. Waktu itu, Manulife sebagai pihak asuransinya, mulai membayarkan tunjangannya tiap bulan, sampai dia mem-posting sebuah foto yang isinya sedang bersenang-senang di ulang tahunnya sendiri. Setelah itu, pihak asuransi memutuskan untuk menghentikan pembayaran tunjangannya, karena menurut mereka orang yang mengalami depresi berat tidak bisa bersenang-senang atau menunjukkan kegembiraan dalam waktu tertentu. Natalie mengklaim bahwa kegiatannya itu adalah anjuran dari dokternya. Dan menurutnya, menilai keadaan mental seseorang melalui foto di Facebook adalah hal yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Info: arstechnica.com

Sistem Peringatan lewat Konsol Game
Jika ada kota yang benar-benar serius dalam menangani keadaan darurat, mungkin kota tersebut adalah New York, Amerika Serikat. Setelah kejadian 911, pemerintah New York selalu mencari cara untuk meningkatkan keamanan warganya. Salah satu cara yang saat ini sedang dikembangkan adalah pembangunan sistem peringatan yang terhubung ke berbagai jaringan konsol game, seperti Xbox Live, PlayStation Network, dan Wii Connect. Semua itu dirangkum dalam sebuah inisiatif yang diberi nama Empire 2.0. Kenapa bukan melalui TV atau radio? Seperti kita ketahui, sudah banyak orang yang memiliki konsol game. Dan bila sudah bermain, tentu menghabiskan berjam-jam di depan TV sehingga tidak ada kesempatan bagi anggota keluarga lain untuk menonton TV. Di AS, gamer yang konsolnya terhubung ke Internet sudah banyak sekali. Jadi cara ini bisa menjadi salah satu untuk memberikan peringatan dini terhadap warga. Cuma sayangnya, pengguna PC masih belum bisa menikmati sistem ini.
Info: hothardware.com

Fast Fact
100 juta pengguna, sebentar lagi akan diraih oleh Avast Antivirus. Untuk menandai peristiwa ini, Avast mengumumkan sebuah sayembara dimana pengguna ke-100 juta yang melakukan registrasi akan mendapat hadiah jalan-jalan ke markas Avast, di Republik Ceko. Jalan-jalan itu sendiri bernilai 10 ribu dollar. Tertarik? Silakan ikuti infonya di http://bit. ly/5wHF8D. (avast.com) 2,3 juta serangan diterima oleh
website milik militer Cina yang beralamat di www.mod.gov.cn sejak bulan pertama pengoperasiannya di bulan Agustus lalu. Serangan via jalur cyber untuk mencuri informasi operasi militer menjadi aksi yang diwaspadai oleh pihak militer. (internetnews.com)

46 persen pengguna Twitter setidaknya masih mengunjungi website Twitter untuk meng-update Twitternya. Begitulah menurut laporan dari Sysomos, dari studi terbarunya terhadap 500 juta tweet yang diamati dalam waktu lima bulan terakhir. Sisanya, sebesar 8,4 persen memanfaatkan aplikasi TweetDeck, Tweetie, dan Terrific dari iPhone mengikuti dengan 4,4 persen, dan terakhir Seesmic dengan 1,1 persen. Cuma sayangnya, sisa porsi sebesar 37,1 persennya lagi tidak dijelaskan dalam laporan ini. Salah satu alasan terbesar kenapa pengguna

Twitter lebih banyak tidak menggunakan website Twitter, adalah karena keterbukaan Twitter terhadap pengembang pihak ketiga. Layanan Twitter-nya sendiri tetap dipertahankan seminimal mungkin. Tapi, justru fitur-fitur tambahan didapat dari aplikasi dan layanan pihak ketiga tersebut. (news.softpedia. com)

dimulainya industri game. Pong diciptakan oleh Allan Alcorn sebagai bagian dari pelatihan yang ditugaskan oleh Nolan Bushnell, sang pendiri Atari. (computerhistory.org)

1,75 petaflop atau setara dengan
1759 triliun kalkulasi per detik berhasil dicapai oleh komputer super Cray XT5 atau yang dikenal dengan julukan Jaguar. Dengan adanya pencapaian ini, Jaguar akhirnya berhasil mengungguli IBM Roadrunner dengan kemampuan 1,04 petaflop, yang selama lebih dari setahun berada di daftar puncak Top500. Sedangkan komputer super berbasis sistem Cray XT5 lainnya, Kraken, juga berhasil naik ke urutan 3 dari posisi 5 dengan kemampuan 832 teraflop. Top500 adalah sebuah daftar komputer super tercepat yang dirilis setiap enam bulan sekali. (top500. org)

37 tahun lalu atau tepatnya 29 November 1972, Atari merilis game Pong. Di dalam game yang sangat sederhana ini, pemainnya harus menghalangi bola yang memantul dan mengembalikannya ke lawan, persis seperti pingpong. Meskipun sederhana, game ini mendulang sukses besar, dan memicu

26 tahun lalu atau 10 November 1983, Microsoft mengumumkan sebuah produk baru bernama Windows, yang ditujukan untuk bersaing dengan komputer berbasis grafis lainnya, seperti Apple Lisa. Namun, Microsoft baru benar-benar merilisnya ke publik 3 tahun kemudian atau tahun 1985. Fitur-fitur utamanya, antara lain menu pulldown, jendela yang bisa diatur, dukungan mouse, dan fitur multitasking. (computerhistory.org)

6

24/2009

Hardware Aktual

Matrox M9188 Octal
Matrox M9188 Octal video card adalah salah satu pilihan untuk kalangan profesional yang membutuhkan sebuah video card berkemampuan memberikan ke banyak tampilan sekaligus. Fitur serupa yang memiliki fungsi yang mirip adalah Eyefinity, pada video card AMD ATI Radeon terbaru. Delapan tampilan output dapat dihasilkan melalui DisplayPort atau konektor DVI. Masing-masing tampilan da-

pat menampilkan resolusi hingga 2560 x 1600 pixel. Jika 8 tampilan output video masih dirasa kurang, dapat menggabungkan 2 buah video card Matrox M9188 Octal yang menggunakan slot PCI-Express x16 ini sehingga dapat menampilkan 16 output dari sebuah workstation. Video card Matrox M9188 Octal juga dapat digabungkan dengan video card Matrox M9140 atau M9148 untuk mendapatkan tambahan output ke-4 display tambahan. Video card Matrox M9188 Octal memang tidak ditujukan untuk para gamer. Dukungan untuk akselerasi 3D hanya untuk OpenGL 2.0, tidak untuk DirectX. Video card Matrox M9188 Octal dapat memberikan tampilan pada display yang dapat diatur dengan aplikasi PowerDesk Multi-Display, yang disertakan pada paket penjualannya.
Info: www.matrox.com Harga: $1.995

PowerColor Play! HD5770
Video card dengan GPU AMD ATi Radeon HD5770 kembali diperkenalkan. Kali ini, giliran produk Play! HD5770 dari Power Color. Video card PowerColor Play! HD5770 ini bekerja pada core clock 850 MHz. Dilengkapi dengan VRAM 1 GB GDDR5, dengan memory clock 1200 Mhz. Video card PowerColor Play! HD5770 ini dilengkapi dengan konektor output display berupa konektor DVI, HDMI, dan DisplayPort.

Yang membuatnya berbeda dengan reference card, terutama pada solusi pendingin yang digunakan. Video card PowerColor Play! HD5770 menggunakan cooling device Arctic Cooling. Copper base bersentuhan

langsung dengan GPU, dengan fan berukuran diameter 92 mm untuk mengusir panas.
Info: www.powercolor.com Harga: $159

Dengan cooling device dari Arctic Cooling

Accelero Twin Turbo Pro
Belum lama ini, Arctic Cooling memperkenalkan Accelero Twin Turbo Pro, cooling device yang diperuntukkan bagi beragam jenis video card. Arctic Cooling Accelero

Memberikan output pada 8 display sekaligus

Twin Turbo Pro adalah pengembangan dari produk terdahulu Accelero Twin Turbo. Perbedaan mencolok adalah pada penggunaan fan berukuran diameter 92 mm dibandingkan dengan fan 80 mm yang digunakan pada Accelero Twin Turbo. Fan pada Arctic Cooling Accelero Twin Turbo Pro berputar pada kecepatan antara 1000 sampai 2000

RPM. Dengan berat sekitar 446 gram, Arctic Cooling Accelero Twin Turbo Pro dapat mendinginkan video card 120Watt. Ini membuat Arctic Cooling Accelero Twin Turbo Pro dapat digunakan untuk video card AMD ATi Radeon HD5870, HD4890, HD4870, HD4850, HD4830, HD3870, HD3850, bahkan hingga seri X1300. Arctic Cooling Accelero Twin Turbo Pro juga dapat digunakan untuk video card nVIDIA GeForce GTS250, GT240, 9800GTX+, 9600GT atau bahkan GeForce 6600.
Info: www.arctic-cooling.com

Kini dengan fan yang lebih besar

OUT ! NOW

ion 1 Edit
st

MAJALAH KHUSUS BAGI YANG MENGUPAS PAKET APLIKASI MICROSOFT OFFICE LEBIH MENDALAM DAN PENUH DENGAN LANGKAHLANGKAH, TIP&TRIK, DAN SOLUSI.

BELI SEGERA MAJALAH OFFICE THE UNOFFICIAL MAGAZINE EDISI 01 DAN TEMUKAN HIDDEN PROJECT OFFICE LABS DAN BOCORAN TENTANG PAKET TERBARU OFFICE 2010. DISERTAI CD BERISI: - PULUHAN FREEWARE - 999 CLIPARTS - UPDATE KEAMANAN - LANGUAGE PACK

Untuk pesan langsung hubungi:
Prima Buku Telp: (021) 3190-4075 Fax: (021) 390-8883 SMS: 0813-115-23230 pesan@primabuku.co.id
Kumpulan artikel, workshop dan tutorial mengenai Photoshop. Berguna sebagai panduan Anda ketika memodifikasi foto atau grafis secara singkat. Di dalam majalah ini disertakan ratusan plugins untuk Photoshop. Kupas tuntas paket aplikasi open-source OpenOffice.org 3.1.0. Tutorial lengkap dan praktis tentang Writer, Calc, Impress, Draw, Math, dan Base untuk keperluan aktivitas kantor maupun sebagai alternatif MSOffice.

Untuk beriklan hubungi:
Indran BS / Lala (021) 313-3731 ext 105-107 iklan@pcmedia.co.id

SOLD

OUT

Kenali dan pahami keamanan sistem operasi Windows XP agar Anda tidak mudah terserang virus, malware dan penyusup. Majalah ini akan memaparkan secara terotitis disertai praktek langsung.

24/2009

7

Aktual Hardware

Inilah Definisinya!
FSB
Pada microprocessor front side bus (FSB) menghubungkan processor dengan memory utama. FSB digunakan untuk mengomunikasikan antara motherboard dengan komponen lainnya.

AMD Bobcat dan Bulldozer
Bobcat adalah nama sandi untuk processor yang sedang dikembangkan AMD untuk penggunaan processor berukuran ringkas, dengan efisiensi energi yang tinggi. Sedangkan Bulldozer adalah nama sandi processor yang sedang dikembangkan AMD, untuk komputasi kinerja dengan efisiensi tinggi, baik untuk server maupun PC. Informasi terakhir mengenai pengembangan kedua processor dengan segmentasi yang berbeda tersebut, belum lama ini disampaikan AMD. Processor Bobcat agaknya akan meramaikan pilihan processor untuk pasar yang selama ini dikenal dengan sebutan netbook dan nettop, dan sudah lebih dahulu digeluti oleh processor VIA Nano dan Intel Atom. AMD Bobcat diklaim AMD akan memiliki kinerja mendekati mainstream PC, sekitar 90%, dengan konsumsi daya

Memory Kit
Isilah yang sering digunakan untuk paket penjualan memory/RAM. Biasanya terdiri dari 2 keping RAM yang identik, lebih spesifiknya pada batch yang sama. Ini menjamin kompatibilitasnya saat dijalankan secara dual channel. Mengingat dua keping RAM yang identik, akan memiliki kemampuan setting yang relatif sama. Paket penjualan dengan modul kit biasanya dilakukan untuk beberapa produk RAM segmen high end.

QPI
QuickPath Interconnect (QPI) adalah interkoneksi antar processor yang dikembangkan oleh Intel, mulai digunakan pada platfor untuk processor Nehalem, menggantikan penggunaan front side bus (FSB). Sebelumnya dikenal dengan sebutan Common System Interface (CSI). QPI menghubungkan processor dengan chipset dan beragam IO hub lain pada motherboard. QPI dapat memiliki bandwidth mencapai maksimal hingga 32,0 GB/s untuk tiap link QPI.

kurang dari 1 Watt. Procesor AMD Bobcat akan mendukung instruction set SSE3, dan dukungan hardware untuk virtualisasi. AMD Bobcat dijadwalkan akan diluncurkan di tahun 2011, bersamaan dengan diperkenalkannya platform Brazos. Processor AMD Bulldozer meski menjanjikan kinerja tingkat tinggi, juga menjanjikan efisiensi konsumsi daya tingkat tinggi. Hal ini dimungkinkan, antara lain dengan teknologi proses manufaktur 32 nm untuk memproduksi AMD Bulldozer ini. Kemudian tiap core AMD Bulldozer ini akan dilengkapi dengan 2 integer unit, dengan 2 L1 cache yang terpisah, sedangkan untuk L2 dan L3 cache digunakan bersamaan. Dengan tersedianya 2 integer unit, sistem operasi di masa mendatang dapat mengoptimalkan penggunaan tiap core dengan lebih baik. Tiap core AMD Bulldozer juga dilengkapi dengan floating point unit (FPU) 128-bit. Sistem operasi Microsoft Windows 8 dan Windows 9 mendatang juga diinformasikan akan memiliki kernel 128-bit.

Intel H57
Di tahun 2010, Intel dijadwalkan akan memperkenalan processor dengan nama sandi Westmere, yang diperkirakan akan diperkenalkan untuk processor seri Core i3 dan Core i5. Salah satu catatan menarik untuk processor Westmere ini adalah ketersediaan graphic controller yang terintegrasi. Processor Westmere akan diper-

kenalkan dengan menggunakan kemasan socket LGA 1156. Sama seperti saat memperkenal processor terbarunya, Intel juga akan memperkenalkan chipset terbaru untuk mengoptimalkan processor Westmere ini. Chipset yang akan disandingkan dengan processor dual core Westmere tersebut adalah Intel H57. Salah satu informasi mengenai motherboard dengan chipset Intel H57 yang sudah beredar gambarnya di situs berita online adalah motherboard Asus P7H57D-V EVO. Dengan video card terintegrasi, motherboard ini dilengkapi dengan ragam port konektor untuk output video, mulai dari konektor D-sub, DVI, sampai konektor HDMI.
Info: www.xfastest.com

Chipset Intel H57 akan mendampingi processor Westmere

SSD SaberTooth S4
Active Media Product kembali memperkenalkan solid state drive (SSD) yang dikhususkan untuk upgrade Asus Eee PC S101, 900, 900A, 901, dan 1000, dengan nama SaberTooth S4. SSD ini menggunakan pilihan interface konektor mini PCI-Express, dan SATA 3.0 Gbit/s. SSD SaberTooth S4 ini menggunakan controller JMicron JMF602B dikombinasikan dengan flash memory chip MLC, dengan

Slot-in
Sebutan untuk salah satu sistem mekanisme pada drive optik. Tinggal memasukkan sebagian dari media keping, mekanisme slot loading atau slot-in akan menarik sisanya, untuk kemudian dijepit secara magnetis pada spindle. Mekanisme lain adalah tray loading, yang menggunakan sebuah tray (tempat) untuk menaruh media kepingan ini. Pada tray loading, mekanismenya menggerakkan tray yang menjadi jalan keluar masuknya CD/DVD.

AMD Bobcat yang ringkas dan hemat energi, dan AMD Bulldozer dengan 2 integer unit per core

pilihan kapasitas 16 GB, 32 GB, dan 64 GB. SSD SaberTooth S4 diklaim produsennya memiliki write speed 50 MB/s, dan read speed 130 MB/s, atau 5 kali lebih cepat dibandingkan dengan harddisk yang digunakan pada Asus Eee PC. Dibandingkan dengan SSD SaberTooth SS yang lebih cepat, SSD SaberTooth S4 ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau. SSD SaberTooth S4 16 GB seharga $59,95, SSD SaberTooth S4 32 Gb seharga $99,95 dan SSD SaberTooth S4 64 GB seharga $169,95.
Info: www.activemp.com

Intel Nehalem-EX Hexacore
Processor Intel Nehaem-EX adalah processor untuk segmentasi high end dari Intel. Processor Intel NehalemEX octacore atau 8 core processor akan dilengkapi dengan 24 MB L3-cache. Tidak hanya octacore processor yang akan menjadi andalan jajaran processor Intel Nehalem-EX. Diinformasikan juga akan hadir pilihan dengan 6 core atau hexacore untuk processor Intel Nehalem-EX. Processor hexacore Intel Nehalem-EX ini akan memiliki clock processor

yang lebih tinggi jika dibandingkan versi octacore-nya. Dijadwalkan, baik processor octacore dan hexacore Nehalem-EX ini, akan diperkenalkan pada semester pertama tahun 2010 mendatang. Processor Nehalem-EX yang tentunya juga sudah menggunakan interkoneksi QPI menggantikan penggunaan front side bus (FSB) dari arsitektur terdahulu. Intel juga memperkenalkan penggunaan teknologi Ct, yang dapat mengoptimalkan pemrograman berbasis C dan C++ untuk aplikasi multithread, yang akan semakin optimal dengan processor banyak core, ditambah dengan fitur Hyperthreading pada processor Nehalem-EX.

SSD untuk upgrade media penyimpanan Asus Eee PC

Imation Pro WX
Ingin menggunakan sebuah harddisk eksternal, namun tidak ingin direpotkan dengan penataan kabel? Imation Pro WX adalah harddisk eksternal nirkabel yang dapat dipertimbangkan. Harddisk ekstenal Imation Pro WX ini merupakan sebuah harddisk nirkabel yang menggunakan interface USB, dengan transfer rate hinga 15 MB/s. Menggunakan harddisk form factor 3,5 inci, kapasitas

Upgrade Kit
Berbeda dengan PC, Apple Mac adalah sebuah sistem komputer propiertary secara keseluruhan. Mulai dari hardware, sampai dengan sistem operasi dan software. Upgrade kit pada Apple, biasanya mengacu pada komponen hardware untuk upgrade Apple. Tidak seperti PC, khususnya white box (rakitan), yang hampir dapat dipastikan kompatibel dengan komponen upgrade dari produsen lain. Apple tidak menjamin kompatibilitas dengan upgrade komponen, di luar dari upgrade kit yang disediakannya.
Processor Nehalem-EX octacore dan hexacore saling melengkapi

Imation Pro WX ini terbilang besar, yaitu 1,5TB. Sebagai catatan, konektivitas nirkabel yang digunakan adalah konektivitas nirkabel yang dikembangkan Imation, menggantikan kabel USB. Dengan spesifikasi transfer rate 15 MB/s, masih terbilang efisien dibanding transfer rate USB 2.0, yaitu 480 Mbps.
Harga: $449,99 Info: www.imation.com

Harddisk eksternal nirkabel dari Imation

8

24/2009

Hardware Aktual

AMD ATi Radeon HD5970
Untuk para penggemar produk video card dari AMD ATi, maka kehadiran video card AMD ATI Radeon HD5970 adalah salah satu informasi yang dinanti. Video card dual GPU ini memiliki spesifikasi yang membuatnya menjadi idaman untuk video card kinerja tinggi. khususnya bagi para gamer. Spesifikasi yang dimilikinya menjanjikan kinerja yang sangat meyakinkan. Dimulai dari core clock masing-masing GPU yang bekerja pada 725 Mhz. Masih ditambah dengan total 3200 stream processor digabungkan dengan VRAM GDDR5 2 GB yang bekerja pada memory clock 1 GHz, efektif 4 GHz, sehingga total dapat menghasilkan komputasi 4,64 TFlop. Meski menjanjikan kinerja tinggi, video card AMD ATi Radeon HD5970 dual GPU ini memiliki efisiensi konsumsi daya yang optimal. AMD mengklaim video card HD5970 ini memiliki TDP 294Watt dengan full load, dan 42Watt saat idle. Bandingkan dengan 2 buah video card seri

Amex Digital Blu-ray Upgrade Kit
Amex Digital Blu-ray upgrade kit adalah upgrade kit yang lebih di-

tujukan untuk pengguna Mac. Khususnya untuk Mac Mini, yang belum dilengkapi dengan Blu-ray drive. Produsennya, Amex Digital, mengemas upgrade kit ini agar pengguna Mac Mini dapat meng-upgrade sendiri Blu-ray drive ini, seperti yang dilakukan oleh kebanyakan pengguna PC. Blu-ray drive dengan mekanisme slot-in ini menggunakan interface SATA, dengan read speed untuk Blu-ray disc 4x (single layer) atau 2x (dual layer). Blu-ray drive ini juga dapat digunakan untuk melakukan proses read dan write DVD ataupun CD. Untuk proses write DVD, dapat dilakukan pada kecepatan 8x dan 4x untuk dual layer DVD.
Info: www.golem.de

HD5800 dalam konfigurasi CrossFire, saat idle masing-masing card akan membutuhkan daya 27Watt. Graphic card AMD ATI Radeon HD5970 juga menyimpan potensi overclocking yang mengesankan. Diklaim oleh AMD, dengan aplikasi Catalyst Control Center video card ini dapat ditingkatkan hingga core clock 1 GHz dan memory clock menjadi 6 GHz.
Info: www.hardware.info

Upgrade Blu-ray drive untuk Mac Mini

Asus Maximus III Extreme P55
Motherboard Asus Maximus III Extreme P55 adalah motherboard untuk segmentasi high end yang belum lama ini diperkenalkan. Motherboard dengan socket LGA 1156 untuk processor Core i5/i7 ini juga termasuk dalam jajaran produk motherboard Republic of Gamers dari Asus. Motherboard Asus Maximus III Extreme P55 ini didominasi dengan kombinasi warna merah, dan PCB berwarna hitam. Untuk pelaku overclocking, fitur digital PWM 11 phase juga tersedia.

Mengingat PCI Express controller yang terintegrasi pada processor Core i7 dan Core i5 hanya untuk 16 lane, Asus menambahkan chip tambahan untuk dapat melayani kelima slot video card PCI Express yang tersedia pada motherboard ini, seperti terlihat pada gambar.
Info: nordichardware.com

HD5970 dengan potensi overclock yang cukup tinggi

Photofast G-Monster V4
Photofast G-Monster V4 adalah sebuah solid state drive (SSD) dengan form factor 1,8 inci. SSD Photofast G-Monster V4 ini akan menggunakan 3 pilihan interface yang berbeda, menggunakan konektor 40-pin ZIG, 44-pin IDE, dan 50-pin IDE. Interface tersebut adalah interface yang banyak digunakan pada beragam perangkat mobile dan gadget lainnya.

SSD Photofast G-Monster V4 juga akan tersedia dalam pilihan kapasitas yang beragam dan terbilang

besar. SSD yang menggunakan flash memory chip MLC ini akan tersedia dengan pilihan kapasitas mulai dari 32 GB hingga pilihan kapasitas terbesar 256 GB. SSD Photofast G-Monster V4 juga memiliki kinerja yang cukup menjanjikan. Diklaim oleh produsennya, SSD Photofast GMonster V4 ini memiliki read speed 128 MB/s dan write speed 90 MB/s.
Info: www.tcmagazine.info

Dengan kinerja yang cukup menjanjikan

Dengan kombinasi warna merah dan hitam

Kingston
KHX1600C9D3K6/12GX
Kingston KHX1600C9D3K6/ 12GX adalah memory kit DDR3 triple channel dengan kapasitas total 12 GB. Sebelumnya, di pertengahan

tahun 2009 ini, Kingston juga sudah memperkenalkan memory kit triple channel dengan kapasitas total 12 GB, terdiri dari 3 keping modul RAM DDR3 dengan kapasitas per keping 4 GB. Ini membuat harganya terbilang cukup mahal. Sedangkan KHX1600C9D3K6/ 12GX adalah memory kit triple channel dengan kapasitas total 12

GB, yang terdiri 6 keping RAM DDR3. Dengan kapasitas per keping masing-masing 2 GB, membuat harga KHX1600C9D3K6/12GX terbilang lebih terjangkau. Kingston KHX1600C9D3K6/12GX bekerja pada clock 1600MHz dengan timing 9-9-9-27, dan bekerja pada Vdimm 1,65V. Memory kit triple channel KHX1600C9D3K6/

12GX ini tentunya juga sudah mendukung teknologi eXtreme Memory Profiles (XMP) dari Intel.
Info: techpowerup.com

Triple channel memory kit 12 GB, terdiri dari 6 keping RAM DDR3

24/2009

9

Aktual Mobile & Komunikasi

Inilah Definisinya!
DirectX
Adalah API (Application Programming Interface) yang digunakan oleh Microsoft pada sistem operasi Windowsnya, dalam berkomunikasi dengan hardware-hardware untuk PC yang dikendalikannya. Untuk hardware-nya sendiri, diperlukan software driver yang mendukung DirectX tersebut agar dapat digunakan secara optimal.

Apple Tablet
Tablet PC bukan lagi hal baru, namun tidak demikian untuk Apple. Apple Tablet yang direncanakan akan hadir pada semester kedua tahun 2010 mendatang, akan menjadi Apple Tablet pertama yang dihadirkan Apple. Informasi tambahan mengenai Apple Tablet belum lama ini beredar. Untuk ukuran sebuah tablet, Apple

Discrete Graphic Controller
Kebanyakan notebook menggunakan graphic controller yang terintegrasi pada motherboard atau chipset yang digunakan. Discrete graphic controller menyatakan notebook menggunakan video card untuk proses graphic. Ini juga menandakan notebook tersebut memiliki slot untuk video card, dan kemungkinan upgrade video card jika dibutuhkan.

Tablet memiliki ukuran layar yang terbilang besar. Diinformasikan untuk memproduksi Apple Tablet ini pihak Apple telah membuat kontrak dengan Quanta Computer dan Pegatron Technology yang akan memproduksi bagian layar Apple Tablet. Ada dua jenis layar yang dipesan untuk Apple Tablet ini, yaitu 10,6 inci TFT LCD dan 9,7 inci OLED panel. Jika mengacu pada perkiraan biaya panel display yang mencapai sekitar 30% dari harga perangkat, maka dapat diperkirakan harga Apple Tablet saat diluncurkan. Untuk 9,7 inci OLED panel diperkirakan seharga sekitar $500, sehingga Apple Tablet dengan layar 10,6 inci OLED panel diperkirakan tidak akan kurang dari sekitar $1.500.
Info: www.digitimes.com

Lenovo IdeaPad FL5-B3
Netbook agaknya tidak akan menjadi tren sesaat belaka. Setidaknya Intel beranggapan demikian, dengan memperkenalkan platform Intel Atom 2, yang disebut dengan

Eee PC
Sebuah notebook PC ringkas, atau termasuk dalam kategori subnotebook, didesain dan dipasarkan oleh Asus. Ciri khas lainnya, selain ringkas, Eee PC juga memiliki bobot yang ringan, menggunakan solid-state drive, dan ditawarkan dengan harga relatif terjangkau. Menurut Asus, nama Eee adalah singkatan dari slogan pemasarannya, yaitu “Easy to learn, Easy to work, Easy to play”. Eee PC juga termasuk PC yang dikategorikan sebagai netbook.

Apple Tablet akan menggunakan display OLED

platform Pine Trail. Salah satu informasi netbook yang menggunakan platform ini adalah Lenovo IdeaPad FL5-B3. Netbook Lenovo IdeaPad FL5B3 menggunakan processor Intel Atom N450 1,66 GHz single core yang terintegrasi dengan graphic controller. Lenovo IdeaPad FL5-B3 juga menggunakan chipset terbaru Intel NM10 Express. Gabungan processor dan chipset terbaru ini, membuat Intel berani menjanjikan platform Pine Trail lebih efisien dibanding platform Intel Atom terdahulu. Spesifikasi lain Lenovo IdeaPad FL5-B3 adalah menggunakan layar LCD dengan diagonal 10,1 inci yang dapat menampilkan resolusi 1024 x 600 pixel. RAM yang terpasang pada produk ini adalah Samsung DDR2-667 2GB. Sedangkan untuk media penyimpanan, Lenovo IdeaPad FL5-B3 menggunakan harddisk form factor 2,5 inci Seagate 250 GB 5400 RPM.
Info: www.engadget.com

Dell Studio 17
Tidak semua orang mau mengorbankan kinerja dan fitur yang ada pada desktop PC. Untuk Anda yang membutuhkan laptop dengan kemampuan setara desktop PC, dan tidak berkeberatan untuk menyisakan ruang yang tidak sedikit dan beban berat di tas Anda, Dell Studio 17 bisa dijadikan alternatif. Spesifikasi laptop Dell Studio 17 memang tidak kalah dengan kebanyakan desktop PC. Dell Studio 17 menggunakan pilihan processor Intel Core 2 Duo. Dell Studio 17 juga tersedia dengan pilihan RAM DDR3 hingga kapasitas maksimal 4

GB. Pilihan media penyimpanan harddisk kapasitas 1TB dan Bluray drive, membuatnya tidak kalah dengan desktop PC. Demikian juga dengan layar yang digunakan. Sesuai dengan namanya, Dell Studio 17, laptop dengan sistem operasi Windows 7 Home Premium ini dilengkapi dengan layar display 17,3 inci LED backlight multi-touch.
Info: dell.com

Lenovo IdeaPad FL5-B3 dengan platform Pine Trail

AMD ATi Mobility Radeon HD5000
Seiring dengan digunakannya DirectX 11, AMD belum lama ini memperkenalkan jajaran AMD ATi Mobility Radeon HD5000 Series yang diperuntukkan discrete graphic controller untuk mobile PC. Selain mendukung DirectX 11, AMD ATi Mobility Radeon HD5000 Series juga memberikan peningkatan efisiensi penggunaan daya, sehingga dapat meningkatkan

GDDR5
Graphics Double Data Rate versi 5 (GDDR5) adalah tipe VRAM (video RAM) penerus dari GDDR4. Namun belum digunakan dalam produk akhir sebuah video card. Dengan bandwidth 20 GB/s, bus 32-bit per IC. Artinya, untuk konfigurasi 8 IC untuk VRAM 1 GB akan menghasilkan bandwidth 160 GB/s dengan bus 256-bit.

Laptop dengan layar 17,3 inci

daya tahan baterai pada notebook, laptop ataupun mobile PC lainnya. Dijadwalkan akan diperkenalkan secara resmi di awal tahun 2010 mendatang, AMD ATi Mobility Radeon HD5000 Series akan menggunakan 3 jenis chip yang berbeda sesuai segmentasinya. Chip AMD ATI Mobility Radeon HD5000 Series dengan nama sandi Broadway diperuntukkan kalangan high end, Madison untuk performance, sedangkan Park untuk mainstram. AMD ATI Mobility Radeon HD5000 Series akan diproduksi dengan teknologi proses manufaktur 40 nm, dan menggunakan VRAM GDDR5. Faktor tersebut yang juga dapat menekan konsumsi daya, dan meningkatkan daya tahan baterai pada notebook.
Info: www.fudzilla.com

Diproduksi dengan teknologi proses manufaktur 40 nm

ASUS Eee PC 1201N
OLED
Organic light-emitting diode (OLED) memiliki kesamaan dengan lightemitting diode (LED), yaitu pada kemampuan memancarkan cahaya yang kemudian ditangkap oleh lapisan film dari bahan organik. Lapisan ini biasanya terbuat dari bahan polymer, berisi bahan organik tersebut. Bahan organik tersimpan dalam baris dan kolom, membentuk matriks, yang dapat menampilkan warna berbeda untuk masing-masing pixel. OLED dapat digunakan sebagai layar televisi, display monitor PC, juga display pada perangkat portabel (PDA, mobile phone, dan seterusnya). Keuntungan utama OLED dibandingkan dengan LCD adalah OLED tidak memerlukan tambahan sinar backlight, agar tampilan dapat terlihat oleh mata manusia.

Pegatron Smartbook

Tidak semua jajaran Asus Eee PC dapat tepat dikategorikan dalam kelompok netbook. Terutama untuk ASUS Eee PC 1201N ini. Bandingkan dengan spesifikasi netbook kebanyakan terkini, yang memiliki spesifikasi layar 10 inci, resolusi terbatas 1024 x 600, dengan RAM 2 GB. Tidak demikian dengan ASUS Eee PC 1201N. Dimulai dari platform yang digunakan. ASUS Eee PC 1201N ini menggunakan processor Intel Atom 330 dual core digabung dengan chipset nVIDIA ION. Membuat ASUS Eee PC 1201N memiliki tingkat kinerja ekstra, setidaknya untuk memainkan file multimedia. ASUS Eee PC 1201N juga dilengkapi dengan RAM sejumlah 3 GB, dengan pilihan kapasitas harddisk 250 GB atau 320 GB. Layar yang digunakan pada ASUS

Dengan chipset nVIDIA ION

Eee PC 1201N juga terbilang lebih lebar, dengan diagonal 12,1 inci yang mampu menampilkan resolusi WXGA 1366 x 768. Dengan layarnya yang lebar, memungkinkan ASUS Eee PC 1201N memiliki ukuran tombol keyboard yang lebih besar dibandingkan netbook kebanyakan. ASUS Eee PC 1201N juga dilengkapi dengan baterai 6 cell, untuk kapasitas daya tahan baterai yang lama.
Info: www.pclaunches.com

Dimulai dengan Asus memperkenalkan Eee PC, kemudian dilanjutkan dengan mobile PC kategori baru yang disebut Intel sebagai netbook, komputer jinjing berukuran ringkas dengan harga terjangkau semakin meramaikan pasar mobile PC. Dan tentunya ini tidak akan Info: www.electronista.com berhenti sampai di sini. Smartbook agaknya akan menjadi salah satu istilah tamSmartbook bahan yang meramaikan alterberbasis natif pilihan untuk mobile PC processor ARM yang ringkas, dengan harga terjangkau. Salah satunya adalah Pegatron Smartbook yang dijadwalkan akan hadir mulai tahun 2010 mendatang. Berbeda dengan Asus Eee PC dan netbook yang menggunakan processor Intel berbasis x86, Pegatron Smartbook menggunakan pro-

cessor berbasis ARM. Hal ini menjadi salah satu alasan Pegatron Smartbook menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu. Belum ada informasi tambahan mengenai spesifikasi lengkap untuk Pegatron Smartbook ini, kecuali layar display dengan diagonal 10 inci, yang setara dengan netbook terkini. Informasi lain yang menarik adalah Pegatron Smartbook ini direncanakan akan dibanderol dengan harga sekitar $200.

10

24/2009

Audio/Video/Foto Aktual

Ricoh GXR
Dibandingkan Canon atau Nikon, nama Ricoh jelas kalah tenar. Namun perusahaan ini masih sanggup membuat kejutan. Tak lama setelah mengumumkan kamera digital CX1 dan GR Digital III, Ricoh pun menantang para pesaingnya di kancah Micro Four Thirds dengan sajian GXR. Ricoh GXR adalah kamera berdesain sederhana. Daya tariknya terletak pada unit lensa yang bisa dilepas-tukar, mampu berpindah dari CMOS 12 MP (APS-C) besar dengan lensa fast prime ke CCD 10 MP yang kecil, dengan lensa standar 24-70 mm. Menurut Ricoh, inilah kamera terkecil dan teringan yang lensanya bisa dipertukarkan. Pada GXR, lensa kamera bisa dipertukarkan dengan menggunakan sistem slide-in mount yang menempelkan unit kamera ke bodi. Lensa, sensor image, dan mesin pemroses

Olympus E-P2
Olympus akan mengeluarkan kamera digital terbaru seri E-P2, yang diklaim mempunyai kelebihan ketimbang seri sebelumnya, E-P1. Kelebihannya antara lain tambahan port untuk tempat electronic viewfinder (EVF), yang memiliki resolusi tinggi. Lalu adapter mikrofon eksternal dengan dua filter Art. Selain itu, warna hitam yang membalut badan E-P2 terbuat dari stainless steel. Olympus mengatakan produknya ini sebagai kamera 12,3 MP terkecil di dunia. E-P2 memadukan kualitas gambar dari DSLR dengan fitur

Kamera ringan dengan kemampuan maksimal

video high definition, stereo Linear PCM Audio Recording, dan kendali In-Camera Creativity. Port EVF VF-2 dapat dilepas, dan menyajikan pembesaran 1,5 kali dengan sudut pandang 100%. Untuk membantu mengurangi gambar yang kabur pada objek yang bergerak cepat, viewfinder akan menyesuaikan dengan cepat. Viewfinder ini bisa diputar sampai 90 derajat. Hal ini bermanfaat saat membidik objek dari berbagai sudut.
Harga: N/A Info: www.olympus.com

Inilah Definisinya!
APS-C
Advenced Pro System type-C adalah sebuah format sensor gambar yang sama dengan ukuran Advanced Photo System “classic” ukuran negatif film. APS-C banyak digunakan oleh produsen kamera DSLR. Sensor gambar APS-C ukurannya lebih kecil dari standar 35 mm (36 x 24 mm). Pabrikan lensa DSLR dan lensa pihak ketiga banyak yang membuat lensa ukuran APS-C, termasuk Canon, Sony, dan Pentax.

Dilengkapi viewfinder beresolusi tinggi

CCD
Sebuah sensor untuk merekam gambar, terdiri dari sirkuit terintegrasi berisi “array” kapasitor yang berhubungan atau berpasangan. Di bawah kendali sirkuit luar, setiap kapasitor dapat menyalurkan muatan listriknya ke tetangganya. CCD digunakan dalam fotografi digital dan astronomi (terutama dalam fotometri), optikal dan spektroskopi UV, dan teknik kecepatan tinggi.

image terintegrasi di dalam unit kamera, jadi bodi kamera tidak mengandung sensor image. Badan kamera terbuat dari magnesium alloy. Kamera ini dihargai sekitar US$ 600.
Harga: US$600 Info: www.ricoh.com

LG SL80
LG Electronics memperkenalkan produk terbarunya, yaitu Borderless TV, tipe SL80. Televisi ini diklaim sebagai sebuah LCD Full HDTV masa depan yang unik berkonsep baru, yaitu single layer dengan diamond panel. Selain itu, SL80 mengombinasikan desain yang artistik dengan kualitas gambar yang memesona, dan kemudahan dalam menggunakan setiap fiturnya. Desain dari TV ini menggabungkan single layer dan frame-nya menjadi satu. Berbeda dengan TV LCD konvensional, dimana frame masih menonjol dibandingkan dengan layar TV-nya. Dihadirkan pula teknologi Film Lamination, sebuah teknologi yang membantu untuk
Desain single layer dengan lapisan diamond panel

mempertahankan penampilannya, dengan membuat anti-gores, menghilangkan bekas tangan, dan sebagainya. Sementara itu untuk menciptakan kesan ramping, LG Electronics menggunakan teknologi terbaru, yaitu Injection Compression Molding (ICM). Teknologi ini menjamin bahwa TV benar-benar berlayar datar. Dengan menekan polycarbonate resin di dalam cetakan dari bawah, menjadi jaminan untuk memproduksi LCD TV 100% flat screen.
Harga: N/A Info: www.lg.com

Sennheiser HD 800
Sennheiser meresmikan masuknya produk unggulan terbaru mereka, yakni HD 800. Senhheiser HD 800 merupakan headphone premium yang ditujukan bagi pengguna yang membutuhkan highfidelity sound reproduction. Fitur utama produk ini, yaitu 56 mm transducer yang merupakan transducer terbesar di pasar stereo headphone, serta rancangan ear cup yang semakin menambah kenyamanan. Transducer 56 mm yang terdapat di HD 800 merupakan standar desain baru yang memungkinkan

reproduksi suara benar-benar murni dengan detail yang baik. Bagian vibrasi dari diagframa bukan berpermukaan bulat, melainkan berbentuk cincin yang memungkinkan volume udara di sekitar transducer menjadi gerakan yang menghasilkan suara utuh. Desain annular yang dipatenkan oleh Sennheiser untuk kali pertamanya ini mengatasi masalah yang berhubungan dengan standar transducer yang dinamis. Desain ear cup yang digunakan juga memungkinkan gelombang suara langsung ke telinga pengguna. Hal ini menghasilkan pengalaman menikmati suara yang lebih alami.
Harga: N/A Info: www.sennheiser.com

HDTV
Standar televisi digital internasional yang disiarkan dalam format 16:9 (TV biasa 4:3), dan surround-sound 5.1 Dolby Digital. TV yang memiliki resolusi jauh lebih tinggi dari standar lama. Penonton melihat gambar berkontur jelas, dan dengan warnawarna matang. HDTV memiliki jumlah pixel hingga 5 kali standar analog PAL yang digunakan di Indonesia.

Suara jernih seperti aslinya

Headphone
Sepasang pengeras suara kecil yang digunakan sangat dekat dengan telinga. Saat memakainya, kita terhubung dengan frekuensi audio stereofonik, monofonik atau binaural (4573 nop). Sumber sinyalnya bisa berasal dari penguat suara, radio atau pemutar CD. Di dalam konteks telekomunikasi, istilah “headset” ini digunakan untuk merujuk kepada komunikasi dua arah, seperti layaknya telepon. Di sini, kita dapat merasakan hubungan timbal balik. Tidak hanya mengirim, tetapi juga menerima.

Wall of Sound
ini menggunakan sebuah lensa Fish Eye, dengen kecepatan pengambilan gambar dua frame per menit. Kamera ini digunakan para pasien untuk mengingat kejadian-kejadian dalam keseharian. Walau tidak memiliki kualitas yang tinggi, hasil foto yang didapatkan sudah cukup untuk menjadi kunci mendorong otak mengingat kejadian-kejadian keseharian. Alat ini telah diujikan kepada para penderita Alzheimer. Memiliki memory sebesar 1 GB, dengan kualitas foto yang rendah, kamera ini dapat menyimpan 30.000 file foto. Juga dilengkapi sensor yang tertanam, seperti inframerah, panas, denyut jantung, dan tekanan darah untuk merekam data pemantauan kesehatan. Walau belum resmi dijual, kemungkinan SenseCam dijual dengan harga US$800.
Harga: N/A Info: www.research.microsoft.com

SenseCam
SenseCam adalah kamera digital yang dirancang untuk membantu pasien memiliki penyakit lupa ingatan, seperti amnesia atau penyakit alzheimer. SenseCam merupakan sebuah kamera kecil dengan resolusi rendah, sekitar 1/3 MP. Kamera
Kamera unik untuk menimbulkan daya ingat

Wall of Sound (WoS) yang dibuat oleh perusahaan Brothers menjadi speaker eksternal terbesar di dunia untuk iPod. Speaker tersebut lengkap dengan docking iPod-nya. Gambar yang Anda lihat di atas itu bukanlah gambar WOS yang diperbesar, tetapi itu adalah gambar sebenarnya dengan perbandingan iPod di sampingnya. iPod terlihat sangat mungil karena memang WOS berukuran sangat besar, apalagi sebagai docking station. Ukurannya mencapai 95 x 125 x 300 cm, dengan berat 102 kg.
Docking raksasa dengan suara hebat

Tentu ini bukan docking yang bisa Anda bawa ke mana-mana. Di dalamnya terdapat 28 speaker dengan jenis berbeda, dan bisa menghasilkan frekuensi 40 Hz-20.000 kHz. Banderol untuk sebuah speaker eksternal iPod ini sangat mahal, sekitar US$4.495.
Harga: US$4.495 Info: www.thewosexperience.com

Inframerah
Radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang. Lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio. Namanya berarti “bawah merah” (dari bahasa Latin infra, “bawah”). Merah merupakan warna dari cahaya tampak dengan gelombang terpanjang. Radiasi inframerah memiliki jangkauan tiga “order”, dan memiliki panjang gelombang antara 700 nm dan 1 mm.

24/2009

11

Aktual Gadget

Inilah Definisinya!
BlackBerry
Awalnya, BlackBerry diperkenalkan pada tahun 1999 sebagai two-way pager, sebuah perangkat text messaging yang populer di America serikat, dengan tampilan monochrome. Baru pada tahun 2002, BlackBerry mulai memperkenalkan produk smartphone dengan layar berwarna yang menarik, yang tentu saja berfungsi sebagai mobile telephone, mendukung push e-mail, SMS, internet faxing, web browsing, dan lainnya. Dikembangkan oleh Research In Motion (RIM), sebuah perusahaan asal Kanada, ia juga memiliki dukungan layaknya PDA, seperti address book, calendar, to-do lists, dan seterusnya. Model terkininya lebih dikenal dengan kemampuan mengirim dan menerima e-mail, Blackberry Messenger, dan keyboard QWERTY terintegrasi.

RaidSonic Icy Box IB-MP102
RaidSonic Icy Box IB-MP102 adalah sebuah media player portabel yang terbilang memiliki fungsi hiburan multimedia yang lengkap, dan memiliki fitur-fitur yang cukup menarik. Dimulai dari layar LCD yang cukup lebar, dengan diagonal 3,5 inci, RaidSonic Icy Box IB-MP102 dilengkapi slot memory card untuk SD card hingga kapasitas 32 GB, sebagai media penyimpanan utama. Sebuah port miniUSB juga tersedia, untuk dihubungkan ke PC ataupun mengakses file dari
Media player portabel dilengkapi dengan TV tuner DVB-T terintegrasi

USB Flash Disk (UFD) dalam mode USB host. Format multimedia yang didukung cukup beragam, antara lain mp3, wav, dan wma, dan dengan format mpg, dat, vob and avi (XviD, DivX4.0/5.0, MPEG4 ASP). Selain itu, RaidSonic Icy Box IB-MP102 dilengkapi dengan AV output. Keunikan RaidSonic Icy Box IBMP102 adalah dilengkapi dengan TV tuner DVB-T yang terintegrasi untuk dapat menikmati, dan bahkan dapat merekam siaran TV ke media penyimpanan SD card.
Info: www.raidsonic.de

AMP Wink
Produk yang satu ini memiliki nama yang cukup unik. Wink adalah USB Flash Disk (UFD) yang diperkenalkan oleh Active Media Product (AMP).
UFD dengan ukuran yang mungil

Selain memiliki nama yang unik, UFD AMP Wink ini memiliki bentuk yang sangat mungil, dengan dimensi hanya 30 x 12 x 2,5 mm. UFD dengan ukurannya yang sangat ringkas dan tipis ini dimungkinkan dengan desain PCB yang juga ringkas. AMP Wink menggunakan lapisan dari bahan karet polymer, yang memberikan perlindungan dari benturan ringan sekaligus dari percikan air dan debu. UFD AMP Wink ini tersedia dengan pilihan kapasitas 2 GB, 4 GB, 8 GB, dan 16 GB, dengan harga kisaran antara US$8 sampai US$38. Dengan bentuknya yang ringkas, membuat produk memiliki risiko hilang, tertinggal atau terselip dibanding UFD dengan ukuran normal. Untuk itu, UFD AMP Wink ini juga dilengkapi dengan tali dan gantungan kunci dalam paket penjualannya.
Info: www.activemp.com

Digital SLR
Single-lens reflex (SLR) camera adalah jenis kamera yang memungkinkan penggunanya dapat melihat apa yang akan ditangkap sensor melalu viewfinder. Sesuai dengan namanya, sistem ini dimungkinkan dengan membelokkan sinar yang terpantul dari cermin, melalui prisma yang terletak di antara sensor dan viewfinder. Cermin akan bergerak membuka cahaya masuk ke dalam sensor, saat shutter ditekan. Isitilah digital mengacu pada penyimpanan data gambar secara digital. Jika pada SLR “analog” menggunakan sensor film, maka pada D-SLR menggunakan sensor CMOS atau CCD.

Razer Abyssus
Belum lama ini, Razer memperkenalkan gaming mouse terbarunya, yaitu Razer Abyssus. Desain Razer Abyssus sederhana, hanya dilengkapi dengan dua tombol selektor di bagian bawah, untuk setting refresh rate dan sensitivitas mouse. Dengan desain ini, memungkinkan Razer Abyssus dapat

digunakan baik bagi pengguna yang kidal. Namun spesifikasi yang ditawarkan Razer Abyssus ini tidak kalah dengan gaming mouse kebanyakan. Dengan sensitivitas mouse hingga 3.500 dpi maksimal dan response time 1 ms, membuatnya memiliki sensitivitas tingkat tinggi dan respons cepat, yang sangat dibutuhkan bagi para gamer. Mouse optical ini memiliki dimensi 115 x 63 x 40 mm, dilengkapi kabel dengan interface sepanjang 2 m. Di bagian bawah mouse Razer Abyssus, khususnya yang bersentuhan langsung dengan mouse pad, dilapisi dengan bahan Teflon. Razer Abyssus sudah mendukung sistem operasi Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP.
Info: razerzone.com Gaming mouse yang tampil sederhana

Arctic Cooling C1 dan C2
Semakin banyak ragam gadget yang menggunakan port untuk charge dengan konektor USB ataupun varian lainnya, seperti miniUSB ataupun micro-USB. USB charger pun menjadi pilihan yang ideal. Cukup dilengkapi kabel USB dengan konektor yang tepat untuk gadget yang digunakan, maka USB charger tersebut dapat dimanfaatkan untuk proses charge pada beragam perangkat. Belum lama ini, Arctic Cooling memperkenalkan produk Arctic Cooling C1 dan C2. Arctic Cooling C1 dan C2 adalah USB charger. Pe r bedaannya Arctic Cooling C1 adalah USB charger dengan 1 port USB, sedangkan Arctic Cooling C2 de-

ngan 2 port USB untuk melakukan proses charge ke dua perangkat sekaligus. Gadget USB charge dari Arctic Cooling yang satu ini dilengkapi dengan 4 pilihan jenis colokan untuk beragam power outlet yang digunakan di seluruh penjuru dunia. Anda yang sebelumnya sudah mengenal dan fanatik dengan merek Arctic Cooling, mungkin dapat mempertimbangkan USB charger yang satu ini.
Info: www.tcmagazine.com

USB charger dari Arctic Cooling

SD Card
Secure Digital Card diperkenalkan tahun 2001, oleh SanDisk Corporation, Matsushita (Panasonic), dan Toshiba. Dikembangkan dari MMC, sehingga memiliki banyak kesamaan. Dengan dimensi 32 × 24 × 2,1 mm (kurang lebih seukuran perangko), berat sekitar 2 gram. Kapasitas 16 MB hingga 4 GB.

Infinit Solar Charging Backpack
Penggemar tas punggung dan pengguna gadget kini memiliki solusi untuk mengatasi masalah daya tahan baterai pada gadget yang digunakan. Hal ini dapat diatasi dengan memanfaatkan Infinit Solar Charging Backpack. Infinit Solar Charging Backpack unik karena tersedianya solar panel pada tas punggung ini. Di siang hari, saat tas ini terpapar dengan sinar matahari, tas ini mengumpulkan energi, dan disimpan dalam baterai yang terintegrasi. Dari daya baterai yang tersimpan dapat dimanfaatkan proses charge untuk gadget atau perangkat lain yang menggunakan konektor mini-USB, micro-USB ataupun konektor power lain. Kapasitas baterai yang dapat menyimpan energi dari sinar matahari ini terbilang cukup besar. Diklaim

oleh produsennya, jika dalam keadaan kapasitas penuh, Infinit Solar Charging Backpack dapat melakukan proses charge setara untuk 2 buah iPhone, atau 3 buah BlackBerry, atau 4 buah iPod NanoSetidaknya 7 adaptor untuk port yang beragam disertakan pada produk ini.
Info: www.speedlink.com

Super Talent CF Card
Memory card jenis CompactFlash (CF) bukan lagi menjadi jenis memory card yang banyak digunakan pada gadget terkini. Hanya beberapa jenis digital SLR yang masih menggunakan slot CF card untuk media penyimpanannya. Belum lama ini, Super Talent

USB Charger
Beberapa perangkat portabel yang sudah menggunakan rechageable baterai, proses charging dapat dilakukan dengan menghubungkannya pada port USB pada PC yang sedang beroperasi. Bagaimana jika ingin melakukan charge baterai tanpa PC? USB charger yang melakukannya. USB charger tidak bedanya dengan power supply adapter. Mengubah tegangan dari power outlet, di Indonesia 220V AC, menjadi catuan daya seperti standar USB, yaitu 5V DC.

memperkenalkan CF card terbarunya. Dikhususkan untuk pengguna CF card yang membutuhkan akses kecepatan data yang cepat, dengan spesifikasi kecepatan mulai dari 450x, 533x dan 600x. Cukup ideal untuk pengguna digital SLR dengan resolusi gambar yang besar saat pengambilan gambar burst terusmenerus, sehingga membutuhkan CF card yang dapat melakukan proses write yang cepat. CF card dari Super Talent ini akan tersedia dalam pilihan kapasitas 8 GB, 16 GB, 32 GB, dan 64 GB. Sebagai catatan, CF card Super Talent dengan kapasitas 8 GB hanya tersedia untuk speed 450x.
Info: www.supertalent.com

Tas punggung yang dapat menyimpan dan charge beragam gadget

Supert Talent CF card dengan kecepatan 600x

12

24/2009

Game Aktual

Scivelation
Dengan setting masa depan, dunia yang ditampilkan pada Scivelation adalah dunia kehancuran yang penuh dengan konflik dan peperangan. Pemerintahan diktator yang dikenal sebagai Regime, membangun kekuasaannya dengan cara militer yang kejam. Secara agresif melakukan pencarian dan membunuh semua pihak yang mengancam kedudukannya sebagai pemerintah tiran. Tentu saja, terdapat sejumlah orang yang berani menolak untuk mengikuti visi global

Regime, dikenal dengan nama “the Resistance”. Kelompok pejuang ini berusaha membebaskan dunia dari pemerintahan Regime. Dalam gameplay, dua kisah karakter secara individu akan diperkenalkan. Mikhail Ivanov, tentara yang tangguh sekaligus kapten ke-

lompok resistance Moscow, dan Elisha Amano, ilmuwan yang menyimpan dendam terhadap pemerintahan global. Masing-masing karakter memiliki sejumlah senjata yang dapat di-upgrade dengan sejumlah variasi cara. Ketika memainkan karakter Mi-

khail, Anda dapat mengubah status karakter dari mode menyerang ke defensif, yang akan mengakibatkan karakter bergerak lebih lambat, namun dapat menerima kerusakan lebih banyak. Mengendalikan karakter Elisha berarti fokus ke penyamaran, tindakan tersembunyi, dan pembunuhan. Kemampuan Elisha untuk membuat dirinya relatif tidak terlihat akan sangat berguna untuk menyerang.
Spesifikasi Minimum: Windows XP/Vista, Processor Pentium 4 @ 3.0 GHz tau ekivalen, RAM 1 GB, Video Memory 128 MB. Sound Card DirectX kompatibel. Harga: $ 49.99 Genre: Third Person Shooter Info: N/A

Inilah Definisinya!
Co-op Teamplay
Salah satu fitur utama dalam video game yang memungkinkan beberapa pemain bekerja sama sebagai rekan satu tim. Cooperative gameplay biasanya dimasukkan pada mode single player, dan dimodifikasi untuk menambahkan pemain tambahan. Bahkan alur cerita pada game juga seringkali dimodifikasi dengan level kesulitan yang meningkat, tergantung jumlah pemain pada game. Pemain akan memandu rekan setimnya dengan berbagai cara.

Anda dapat mengubah status ketika sedang terancam, menyerang atau bertahan

Layer
Istilah ini umum dikenal dalam dunia digital image editing sebagai tool yang berfungsi untuk menyeparasi elemen-elemen atau image yang berbeda. Layer dapat dibandingkan dengan efek transparan dimana berbagai image ditempatkan di atas atau di bawah image lainnya, namun masih tetap terlihat.

Trainz Simulator 2010
Bagi Anda penggemar game simulator, mungkin tidak asing lagi dengan nama game berikut ini. Game train simulator 3D ini kali pertama diciptakan oleh developer Australia, Auran. Sejak itu telah mendapat rating yang cukup tinggi dalam komunitas gaming. Dengan konten berisi gameplay menarik dan engine yang telah disempurnakan, sejauh ini Trainz Simulator 2010 adalah game simulasi kereta api terbaik dalam sejarah

Trainz, dengan rute dan sesi yang menyediakan detail menakjubkan. Anda dapat menciptakan item menu sendiri untuk setiap rute dan sesi. Terdapat tiga mode dalam game ini, Driver, Surveyor, dan Railyard. Istimewanya lagi, diperkenalkan tool baru pada mode Surveyor, yaitu tool Layer, seperti yang dapat Anda temukan pada berbagai aplikasi grafis umum. Anda dapat melakukan berbagai aksi, seperti menambahkan objek bangunan atau track baru pada sesi yang sedang Anda mainkan. Anda juga dapat menyembunyikan dan mengunci layer untuk menghilangkan objek atau mencegah objek berpindah.
Spesifikasi Minimum: Windows XP/Vista, Processor Pentium 4 @ 2.6 GHz atau ekivalen, RAM 1 GB, Video Memory 128 MB, Sound Card DirectX kompatibel. Harga: $ 39.99 Genre: Train Simulation Info: www.ts2010.com

The Settlers 7
Seperti umumnya game berseri, game ini memiliki gameplay serupa dengan seri The Settlers yang sebelumnya, dengan sejumlah tweak baru pada mekanisme game. Bahkan pihak musuh akan diberikan perbaikan dari segi Artificial Intelligence sehingga menyelesaikan game ini tidak akan semudah game terdahulu. Anda akan membangun kerajaan, dimulai dari sebuah desa kecil, dan lambat-laun memperluasnya sektor demi sektor, mengoptimisasi dan meng-upgrade kerajaan dengan rantai produksi dan sistem transportasi. Anda akan diberikan pilihan tiga metode untuk menyelesaikan game, yaitu military, science, dan trade. Military adalah metode tradisional dimana pemain berfokus pada aspek
Perlahan, kembangkan desa kecil Anda menjadi sebuah kerajaan yang besar

militer, menyusun pasukan untuk menaklukkan, dan menghancurkan musuh. Science berfokus pada aspek penelitian teknologi. Trade tentu saja menitik beratkan pada aspek ekonomi untuk membuatnya menjadi pemain terkaya pada peta dunia game. Setiap pilihan memiliki keunikan sediri sendiri, tidak seperti game sebelumnya yang biasanya mencapai kemenangan melalui penaklukkan militer. Game ini juga memiliki mode multiplayer online yang memungkinkan Anda memainkan mode co-op teamplay.
Spesifikasi Minimum: Windows XP/Vista, Processor Pentium 4 @ 2.4 GHz atau ekivalen, RAM 1 GB, Video Memory 128 MB. Sound Card DirectX kompatibel. Harga: $ 29.99 Genre: Simulation Info: http://thesettlers.us.ubi.com/the-settlers-7/

Lumines
Game puzzle ini dimainkan dengan pola cahaya dan suara. Kali pertama diluncurkan untuk Playstation Portable pada tahun 2004 silam. Cara permainannya adalah dengan menyusun balok-balok yang dijatuhkan ke area permainan. Anda dapat memutar dan mengarahkan balok tersebut untuk menjatuhkannya pada tempat yang tepat. dan menciptakan area 2 x 2 dengan warna blok yang sama.

Kereta dan sekitarnya divisualisasikan dengan tajam seperti dunia nyata

Chime
Publisher game ini, One Big Games, boleh dikatakan mengambil pendekatan yang unik ke industri dengan memproduksi game untuk amal. One Big Games berencana mem-publish sejumlah game baru inovatif dari berbagai pengembang, untuk kemudian keuntungannya disumbangkan ke yayasan Save the Children. Game pertama yang disodorkan adalah game music puzzle yang unik, Chime. Ketika kali pertama memainkan Chime, Anda mungkin sekejap akan teringat pada game lama, Lumines. Sebuah grid kosong akan tersedia untuk dipenuhi dengan blok-blok yang harus Anda susun dari kiri ke kanan dalam waktu tertentu, ditemani musik
Permainan puzzle menarik diiringi musik menghanyutkan

indah yang menghipnotis. Tujuan akhirnya adalah menutupi sebanyak mungkin grid. Permainan ini sangat sederhana dalam konsep dan presentasinya. Visualisasi yang disajikan sangat minimal, dan lagu yang tersedia pun hanya berjumlah lima. Semua ini demi tujuan One Big Games yang ingin menekan harga serendah mungkin. Namun tantangan yang diberikan game ini cukup membuat Anda penasaran.
Spesifikasi Minimum: Windows XP/Vista, Processor Pentium 4 @ 2.0 GHz atau ekivalen, RAM 512 MB, Video Memory 64 MB. Sound Card DirectX kompatibel. Harga: $ 19.99 Genre: Music Puzzle Info: www.chimegame.com

Dark Fall: The Lost Souls
Melanjutkan serial Dark Fall yang terkenal sebagai game horror adventure yang sukses membuat merinding ketika memainkannya. Lost Souls merupakan sequel terakhir dalam seri game ini, yang direncanakan rilis pada akhir tahun. Sequel kali ini menggunakan game engine baru yang membuat Anda lebih leluasa melakukan eksplorasi penuh, dan pergerakan yang dibutuhkan. Anda akan kembali ke stasiun kereta api, dan hotel di Dowerton untuk

kali keduanya. Terdapat misteri baru untuk dipecahkan. Kondisi bangunan tua yang tidak pernah mendapat perawatan sejak Perang Dunia II telah semakin memburuk dari sebelumnya. Waspadai langkah Anda, jangan pernah membalikkan tubuh ke arah kegelapan. Sesuatu bersembunyi di sana, sesuatu yang jahat, tidak dikenal, dan kelaparan. Gunakan cahaya sebagai senjata Anda untuk melawan kegelapan, dan jelajahi kenangan-kenangan yang telah mati dari mimpi buruk mereka. Informasi ini dibantu dengan sedikit keahlian detektif yang akan membantu Anda untuk mengungkap teka-teki di balik Dark Fall.
Spesifikasi Minimum: Windows XP/Vista, Processor Pentium 4 @ 3.0 GHz atau ekivalen, RAM 1 GB, Video Memory 128 MB, Sound Card DirectX kompatibel. Harga: $ 49.99 Genre: First Person Adventure Info: www.darkfallgames.com

Multiplayer Online
Apabila co-op gameplay merupakan sistem dimana beberapa pemain bermain bersama-sama dalam satu tim, maka pada mode multiplayer, sejumlah pemain akan bermain dengan tujuan kompetitif. Dimainkan dalam koneksi jaringan komputer. Game-game jenis ini seringkali merupakan game yang memiliki komunitas besar. Mode multiplayer ini tidak terbatas hanya pada satu genre saja, mulai dari First Person Shooter hingga Cross Platform dapat memiliki mode multiplayer.

Train Simulator
Simulasi yang dibuat dengan tujuan melatih, dan memberi pengalaman nyata kepada penggunanya mengenai seluk-beluk teknik menjalankan kereta. Simulator pada awalnya hanya digunakan untuk keperluan pelatihan khusus, namun seiring dengan perkembangan zaman, kini simulasi juga sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia game. Game dengan genre train simulator, pada umumnya memberikan sudut pandang dari sisi pengemudi yang mengontrol kabin lokomotif.

Pecahkan misteri yang diselimuti kengerian mencekam

24/2009

13

Aktual Freeware

Inilah Definisinya!
Exif
Standar untuk menyiman informasi yang diciptakan oleh JEIDA (Japan Electronic Industry Development Association) untuk tujuan interoperabilitas antar kamera. EXIF data sungguh sangat berguna bagi fotografer, karena tidak perlu mengingat semua setting kamera yang digunakan saat mengambil image. Dengan informasi setting atau parameter kamera yang bisa dilihat sewaktu-waktu kita bisa belajar dari pengalaman untuk menghasilkan gambar yang lebih baik. Hampir semua aplikasi pengolah gambar mampu menampilkan informasi EXIF data, bahkan beberapa diantaranya mampu melakukan editing data EXIF tersebut.

Aerofoil 1.5.0
Desain yang ringan disertai baterai menjadikan notebook praktis digunakan kapan pun, dan di mana pun. Daya tahan baterai dapat dipengaruhi oleh energi yang digunakan oleh sistem operasi, terlebih pada sistem operasi yang memiliki fitur ataupun kinerja yang memakan resource besar, misalnya pada Windows Vista ataupun Windows 7. Meskipun demikian, performa baterai masih dapat ditingkatkan dan diefisiensikan melalui penggunaan aplikasi yang dikenal dengan nama Aerofoil. Aplikasi ini dapat membantu Anda yang memiliki notebook bersistem operasi Windows Vista ataupun Windows 7.

Aplikasi ini memampukan user secara manual men-disable fitur Aero Glass, me-manage user interface Aero Glass, me-manage sound muting, manage sidebar, dan sebagainya.
Harga: Gratis Ukuran File: 399 KB Download: http://silentdevelopment.blogspot. com/2009/10/aerofoil-150-released.html

Jhead 2.88
File-file foto berformat JPEG yang dihasilkan oleh kamera digital, umumnya menyertakan exif header di dalamnya. Umumnya, exif tersebut meliputi informasi waktu dan tanggal, pengambilan foto, model kamera, integral low-res exif thumbnail, shutter speed, camera F-Stop number, flash used, distance

Disertakan di CD edisi 24/2009

camera, focal length, resolusi, data xmp, dan IPTC header. Untuk membaca informasi exif dapat melalui bantuan software. Software yang mendukung pembacaaan ataupun manipulasi exif cukup banyak, dan salah satunya adalah Jhead. Aplikasi ini melakukan proses manipulasi exif melalui command line yang diakses dari command prompt Windows. Jadi, pastikan bahwa Anda sudah memahami perintahperintah dasar di command line agar bisa menggunakan aplikasi ini.
Harga: Gratis Ukuran File: 108 KB Download: www.sentex. net/~mwandel/jhead/jhead.exe

Disertakan di CD edisi 24/2009 Hemat baterai dengan menonaktifkan Aero Glass Manipulasi exif header melalui command line

Partisi Harddisk
Atau disk partitioning adalah membagi harddisk menjadi beberapa bagian, yang biasa disebut dengan istilah partisi. Manfaat dari mempartisi harddisk antara lain memisahkan antara file-file sistem operasi dan data atau dokumen sehingga lebih aman dan mudah pengaturannya.

Photo Flash Maker Free 5.11
Kemudahan pembuatan foto slideshow telah banyak ditawarkan oleh aplikasi yang beredar di pasaran, termasuk di dalamnya penyediaan template, interface yang user-friendly, dan tahapan yang singkat berupa wizard. Format file slideshow pun beragam, dan salah satu yang populer

digunakan adalah format file Flash (.swf). Dengan format file Flash, memungkinkan file foto slideshow fleksibel didistribusikan melalui e-mail, dan ditampilkan pada halaman website. Salah satu aplikasi foto slideshow yang dapat digunakan untuk menghasilkan slideshow format swf adalah Photo Flash Maker Free. Aplikasi ini menyediakan efek transisi, zooming dan panning yang mudah diterapkan pada foto slideshow. User dapat menambahkan hyperlink pada tiap slide foto, serta file audio.
Harga: Gratis Ukuran File: 9,2 MB Download: www. photo-flash-maker.com/ setup_pfm_free.exe

Lingoes V2.6.2
Penguasaan bahasa asing oleh para pelaku pasar, tentunya penting untuk diperhatikan. Minimal satu, yaitu bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi internasional. Kendala yang sering dihadapi adalah tidak semua dapat dengan cepat menguasai bahasa asing sehingga dibutuhkan fasilitas bantuan, baik itu jasa penerjemah oleh perorangan ataupun aplikasi penterjemah. Lingoes merupakan aplikasi kamus dan translater yang mendukung lebih dari 60 bahasa. Secara otomatis, aplikasi ini dapat mengenali
Mengenali kata dalam bahasa asing beserta definisinya dengan cepat dan mudah

kata dan menampilkan definisi atas teks pada posisi cursor atau pointer dengan penekanan hotkey. Aplikasi ini cukup membantu user untuk dapat mempelajari banyak bahasa. Tidak hanya itu saja, Lingoes juga memiliki fitur lain, seperti konversi mata uang, tabel periodik, konversi ukuran, dan lain-lain.
Harga: Gratis Ukuran File: 4,8 MB Download: http://download.lingoes.cn/lingoes/ lingoes_2.6.2.exe

Disertakan di CD edisi 24/2009

SWF
Small web format merupakan format yang digunakan secara luas untuk menampilkan animasi 2D, video, suara, gambar dan aplikasi database beserta interaksinya dengan menggunakan bahasa pemrograman ActionScript.

Disertakan di CD edisi 24/2009 Menghasilkan foto slideshow berformat Flash dengan mudah

UAC
User Account Control merupakan sebuah fitur teknologi keamanan dari Microsoft yang telah ditanamkan ke dalam Windows Vista dan Windows Server 2008. Infrastruktur keamanan pada UAC yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan jaminan keamanan dalam sistem operasi Windows ini tidak terdapat pada sistem operasi Windows sebelumnya yakni Windows 3.1, 95, 98, 98SE, Me, 2000, ataupun 2003. UAC dibuat untuk mencegah terjadinya perubahan sistemik secara ilegal pada beragam konfigurasi di dalam komputer yang berbasis sistem operasi Windows Vista. Dengan kata lain, UAC yang bisa dianggap sebagai jantung keamanan sistem operasi ini ditujukan untuk melindungi beragam konfigurasi seperti konfigurasi sistem Windows, konfigurasi user, serta konfigurasi instalasi program pada komputer yang berbasis sistem operasi windows Vista dari perubahan ilegal yang tidak diinginkan oleh siapapun yang tidak mendapatkan hak Administrator.

Flickr Drive
Sharing foto secara online dengan user lainnya sudah menjadi tren saat ini. Foto-foto tersebut dapat disimpan pada banyak layanan hosting online, salah satunya adalah Flickr. User dapat mengakses, mengupload, serta me-manage koleksi file foto yang tersimpan pada layanan hosting tersebut, yang didahulu dengan proses autentifikasi account name. Untuk kemudahan dan kenyamanan user dalam mengakses file foto tersebut, dihadirkan plugin shell extension untuk user agar dapat mengakses secara langVirtual Flickr Drive yang tampil pada Windows Explorer

sung file-file foto yang tersimpan pada layanan hosting. Tampil dalam bentuk virtual drive, dan dapat diakses melalui Windows Explorer, sama halnya dengan drive logical Windows lainnya. Plugin shell extension ini dikenal dengan flickr drive. Aplikasi ini menampilkan drive baru dengan nama Flickr Drive.
Harga: Gratis Ukuran File: 234 KB Download: www.viksoe.dk/code/downloads/ flickrdrive_setup.exe

NoDrives Manager 1.1.3
Drive-drive logical di Windows secara default dapat terlihat pada Windows Explorer. Drive-drive ini mewakili device yang terpasang pada PC, termasuk di dalamnya partisi harddisk, drive optik, dan removable media. Drive tersebut tampil secara otomatis, berupa huruf alfabet yang terurut atau ter-sort ascending. Alphabet drive masih dapat berubah dan disesuaikan oleh user. Layaknya atribut file hidden, drive ini pun dapat disembunyikan sehingga tidak tampil pada Windows Explorer, melalui penggunaan aplikasi NoDrives Manager. Aplikasi ini menyembunyikan drive dengan memodifikasi registry Windows. Drive yang disembunyikan tetap dapat diakses oleh user, hanya saja tidak tampil pada Windows Explorer. Hanya user yang mengetahui ataupun mengenal alphabet drive saja yang

dapat mengakses drive tersembunyi tersebut. Aplikasi ini kompatibel digunakan pada sistem operasi Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7.
Harga: Gratis Ukuran File: 4,4 MB Download: http://kent.dl.sourceforge.net/project/ nodrvman/nodrvman-1.1.3-setup.exe

Disertakan di CD edisi 24/2009

Disertakan di CD edisi 24/2009

Menyembunyikan drive di Windows Explorer

14

24/2009

Freeware Aktual

7 Taskbar Tweaker
Tak seperti taskbar pada Windows XP, di Windows 7 aplikasi yang sedang aktif mudah untuk diakses, dan tanpa membebani ruang taskbar meskipun berjumlah banyak. Aplikasi-aplikasi yang dibuka pada beberapa jendela dikelompokkan, serta diwakili dengan penampakan icon aplikasi bertumpuk pada taskbar. User pun dapat dengan mengakses apllikasi yang sering digunakan dengan menyematkannya pada taskbar, layaknya quick link. Untuk

lebih mengefisiensikan penggunaan taskbar Windows 7, user dapat mencoba aplikasi tweaking yang dikenal dengan 7 Taskbar Tweaker. Aplikasi ini memampukan user

untuk memodifikasi beberapa option default pada taskbar Windows 7, dengan tujuan untuk mempercepat kinerja Windows 7. Beberapa fitur 7 Taskbar Tweaker ini meliputi disable thumbnail preview, disable pengelompokan jendela berdasarkan file path atau id aplikasi, dan mengganti jump list dengan menu window standar ketika di klik kanan.
Harga: Gratis Ukuran File: 48 KB Download: http://board. rammichael.com/index.php?act=atta ch&type=post&id=30

Household Register 2010
Informasi sebuah barang sudah seharusnya disimpan melalui pencatatan, agar suatu saat dibutuhkan dapat dengan mudah diketahui, terutama untuk tujuan pemeliharaan ataupun pendataan berkala. Adapun informasi tersebut termasuk tanggal pembelian, harga, masa garansi, model/tipe, serial number, lokasi penyimpanan, kategori dan gambar. Informasi tersebut sangat bermanfaat, antara lain mempermudah

klaim garansi atau asuransi. Untuk kemudahan pencatatan ataupun pencarian informasi peralatan, user dapat mempergunakan aplikasi Household Register. Aplikasi cukup efektif dan akurat digunakan, terlebih untuk pendataan peralatan dalam jumlah banyak. Laporan pun dapat dihasilkan dengan cepat dan mudah, sesuai dengan informasi yang dibutuhkan, misalnya berdasarkan informasi garansi peralatan yang diinginkan.
Harga: Gratis Ukuran File: 6,8 MB Download: www.turbosystems.com/hrw32.exe

Disertakan di CD edisi 24/2009

Tweaking default taskbar Windows 7

Disertakan di CD edisi 24/2009

ChromePlus 1.2.6.0
Tanpa disadari, penggunaan browser Google Chrome oleh user terutama yang awam, melegalkan

Google untuk menggunakan datadata privasi user untuk tujuan pengembangan software. Melalui license agreement, Google menjadikan tindakan tersebut legal, padahal seringkali diabaikan saat instalasi. Solusi atas permasalahan tersebut, tampillah varian baru dengan sebutan ChromePlus yang lebih dapat menjamin privasi user yang tetap ingin menggunakan engine browser Google Chrome. Adapun browser
Varian browser Google Chrome yang menjamin privasi data

ini telah ditambahkan beberapa fitur berguna sehingga menjamin kenyamanan user berselancar di dunia maya, beberapa di antaranya adalah mouse gesture, super drag, ie tab, dan sebagainya. Aplikasi ini dapat berjalan pada banyak sistem operasi Windows, termasuk di dalamnya Windows XP, Windows 2003, Windows Vista, dan Windows 7.
Harga: Gratis Ukuran File: 15,2 MB Download: www.chromeplus.org/update/ ChromePlus1.2.6.0.zip

Disertakan di CD edisi 24/2009

Speccy v1.00.057 Beta
Mengetahui spesifikasi komputer yang dimiliki dapat dilakukan dengan dua cara, antara lain pengecekan fisik dan pengecekan melalui sofware. Umumnya, user cenderung memilih melakukan pengecekan melalui software yang lebih mudah dan cepat dilakukan. Terlebih bila PC tersebut diperdagangkan sehingga penjual ataupun pembeli dapat segera mengetahui spesifikasi yang ditawarkan. Speccy mampu memberikan statistik secara detail atas tiap hardware yang terpasang pada PC, termasuk di

dalamnya CPU, motherboard, RAM, video card, harddisk, optical drive, dan audio device. Tentunya, aplikasi ini dapat membantu user yang mengalami masalah pada hardware-nya ataupun yang membuat daftar inventaris perangkat

PC, yang terpasang tanpa kesulitan.
Aplikasi inventaris rumah
Harga: Gratis Ukuran File: 1,1 MB Download: www.piriform.com/media/10107/ spsetup100.exe

Disertakan di CD edisi 24/2009

Default Programs Editor 2.4
Sistem operasi Windows, secara default telah menyertakan fitur-fitur yang secara otomatis merespons aktivitas yang dikerjakan user, misalnya jendela dialog yang tampil menawarkan autoplay saat membuka file audio. Aplikasi-aplikasi default yang ditawarkan sistem operasi dapat diubah dengan bantuan aplikasi khusus, dikenal dengan Default Program Editor. Aplikasi ini memberikan fasilitas tweaking pada Windows Vista/7, dan dialog file type pada Windows XP. Adapun kelompok fitur yang

dimiliki aplikasi ini, secara garis besar meliputi konfigurasi file type, autoplay, dan default program. Fitur tambahan lain pun yang powerful turut disertakan dalam aplikasi ini, antara lain dukungan UAC Windows Vista/7, Export dan edit file registry Windows, disable dialog “Search web for unknown extension”, dan standalone utility. Untuk penggunaannya, aplikasi ini membutuhkan .Net Framework terinstal pada sistem operasi. Jadi, pastikan Anda telah menginstalnya terlebih dahulu.
Harga: Gratis Ukuran File: 676 KB Download: http://defaultprogramseditor. com/files/DefaultProgramsEditor.zip

Mengetahui informasi hardware yang terpasang pada PC dengan akurat

Disertakan di CD edisi 24/2009

Pernyataan CD
Penggantian CD
Bila mendapatkan CD yang rusak saat pembelian, silakan hubungi redaksi PC Mild di Gedung Warta Lt. 4, Jl. Kramat IV No. 11, Jakarta Pusat-10430. Telp: (021) 315-3731 ext. 127131. Fax: (021) 315-3732. E-mail: pcmild@pcmedia.co.id. Untuk yang berdomisili di Jakarta, kami sarankan datang langsung ke redaksi dengan membuat perjanjian terlebih dahulu. Pelanggan yang berada di luar Jakarta, silakan kirim CD yang rusak ke alamat di atas. Cantumkan alamat lengkap serta nomor telepon Anda. Batas pengembalian CD minimal dua minggu setelah kami menerima CD Anda. lebih lanjut tentang penggunaan program tersebut, silakan kunjungi website pembuat program atau membaca file Help yang biasanya sudah disertakan masing-masing program.

Dukungan Teknis
PC Mild tidak memberikan dukungan teknis atau panduan terhadap program yang ada di dalam CD. Jika memiliki masalah atau ingin mengetahui

Bebas Virus
CD PC Mild sudah melalui proses pemeriksaan virus yang terpercaya dan bebas dari bentuk malware lain seperti spyware, adware, dan lain-lain.

Mengubah konfigurasi default program, context menu, dan autoplay

24/2009

15

Aktual Patch/Security Update

Inilah Definisinya!
Buffer Overrun
Atau buffer overflow merupakan sebuah keadaan anomali dimana sebuah proses menunjukkan perilaku yang aneh, disebabkan karena adanya data-data yang disimpan melebihi kapasitas buffer memorinya. Perilaku yang ditunjukkan oleh sebuah proses yang mengalami buffer overflow bisa jadi merupakan sebuah celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Buffer overflow seringkali dieksploitasi dengan mengirimkan input-input yang sengaja dirancang untuk memicu keadaan buffer overflow tersebut. Input-input tersebut juga dirancang sedemikian rupa sehingga saat terjadi keadaan buffer overflow maka proses tersebut akan berkelakuan seperti yang diinginkan oleh sang penyerang.

Windows XP KB969947
Microsoft belum lama ini mengupdate Windows XP-nya, dengan update KB969947. Update ini diharapkan mampu mengatasi remote code execution yang terjadi, diakibatkan exploit pada embedded opentype (EOT) font oleh cybercrime. Adapun skenarionya berbasiskan web yang menyertakan embedded

font berupa link dalam pesan email ataupun instant messenger yang meyakinkan user untuk mengklik. Celah keamanan ini sudah tergolong kritikal, karena didapati berpengaruh pada banyak varian Windows, termasuk di dalamnya Windows XP.
Spesifikasi Minimum: Windows XP SP2 Ukuran File: 1,4 MB Nama File: WindowsXP-KB969947-x86-ENU. exe Nama Pembuat: Microsoft Download: http://bit.ly/6Ld8VB

Safari 4.0.4
Tak ada satu browser pun yang sempurna. Apple Safari memberikan update terbarunya, yang dikenal dengan versi 4.0.4. Apple memberikan dua pilihan update bagi user, antara lain melalui option software update dan men-download standalone installer pada official website.

Adapun update tersebut dikhususkan untuk penanganan celah keamanan yang potensial pada webkit, antara lain HTML 5 media object handling, koneksi FTP server, dan Cross-Origin resource sharing (CORS) implementation. Tak hanya penanganan celah, performa dan stabilitas pun ditingkatkan, termasuk di dalamnya Javascript, full history search, dan plug-ins 3rd-party.
Spesifikasi Minimum: Windows XP Ukuran File: 28,26 MB Nama File: SafariSetup.exe Nama Pembuat: Apple Download: http://apple.com/safari/ download

Disertakan di CD edisi 24/2009

Disertakan di CD edisi 24/2009 Perbaikan celah keamanan yang potensial memicu arbitary code execution Mengatasi exploit embedded opentype font

Exploit
Sebuah perangkat lunak yang menyerang kerapuhan keamanan (security vulnerability) yang spesifik namun tidak selalu bertujuan untuk melancarkan aksi yang tidak diinginkan. Banyak peneliti keamanan komputer menggunakan exploit untuk mendemonstrasikan bahwa suatu sistem memiliki kerapuhan. Memang ada badan peneliti yang bekerja sama dengan produsen perangkat lunak. Peneliti itu bertugas mencari kerapuhan dari sebuah perangkat lunak dan kalau mereka menemukannya, mereka melaporkan hasil temuan ke produsen agar produsen dapat mengambil tindakan. Meskipun demikian, exploit kadang menjadi bagian dari suatu malware yang bertugas menyerang kerapuhan keamanan.

Halo: Combat Evolved 1.09
Alien dianggap manusia telah berteknologi maju sebagai mahluk yang dapat dikendalikan. Akan tetapi, suatu waktu akan lepas kendali melawan manusia, seperti yang terjadi pada game Halo: Combat Evolved. Alien-alien yang menjadi musuh dalam game ini dikenal dengan sebutan covenant dan flood. Game

ini termasuk game sci-fi first person shooter yang memungkinkan player melakukan pertempuran dengan berjalan kaki, mengendarai kendaraan, di dalam maupun di luar ruangan menggunakan senjata buatan alien ataupun manusia. Cukup lama game ini telah eksis, dan tetap aktif merilis patch. Hal ini terlihat pada kehadiran versi patch terbaru, yaitu 1.09. Patch ini dikhususkan bagi penanganan error buffer overrun dan client loop exploit.
Spesifikasi Minimum: Windows 2000, processor 733 Mhz, RAM 128 MB, VGA 32 MB, harddisk 1,2 GB Ukuran File: 2,98 MB Nama File: halopc109patch.zip Nama Pembuat: Microsoft Games Download: www.strategyinformer. com/pc/halocombatevolved/ patch/33647.html

AMD OverDrive 3.1
Tujuan dari overclock antara lain untuk mendapatkan performa yang lebih tinggi dibandingkan kemampuan standar hardware yang telah ditentukan dari pabrikan. Telah banyak produsen hardware yang menyediakan kebutuhan overclock, baik dari sisi hardware maupun software. Salah satunya adalah AMD. Produsen ini telah memiliki tool tweaking andalan bagi processor-nya yang dikenal dengan OverDrive. Dengan tool ini, user dapat meng-overclock, mengoptimasi dan memonitor performa sistem, termasuk di dalamnya processor clock frequency, memory latency, dan fan speed.
Update chipset motherboard AMD

Hingga saat ini, OverDrive telah memiliki update versi terbaru, yaitu 3.1, yang menyertakan dukungan atas chipset motherboard AMD serial 790FX/790GX/790X/785G/ 780G/770.
Spesifikasi Minimum: Windows XP Ukuran File: 7,89 MB Nama File: AOD_31_Setup_English.exe Nama Pembuat: AMD Download: http://download.amd.com/Desktop/ AOD_31_Setup_English.exe

Disertakan di CD edisi 24/2009

FTP Server
Sebuah server yang memanfaatkan File Transfer Protocol (FTP) untuk keperluan transfer file antar mesin pada jaringan TCP/IP. FTP adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan file komputer antar mesin-mesin dalam sebuah jaringan Internet atau intranet.

Disertakan di CD edisi 24/2009 Perbaikan error buffer overrun dan exploit client loop

Dragon Age Origins Patch 1.01a
Salah satu game RPG fantasi yang menghadirkan petualangan peradaban kuno yang penuh misteri adalah Dragon Age Origins. Pemain akan menghadapi peperangan melawan invasi mahluk naga yang disebut Archdemon. Tak berbeda dengan game lainnya, game ini pun juga memerlukan perbaikan dalam update terbarunya, versi 1.01a. Update ini di dalamnya menyertakan berbagai tweaking dan

Waspadai Scam Jelang Akhir Tahun
Saat ini, berbelanja tidak harus harus mendatangi tempat perbelanjaan. Salah satunya caranya adalah melalui online shopping. Kemudahan pembayaran telah ditawarkan pada penyelenggara online shopping, mulai dari cash on delivery, transfer rekening, kartu kredit hingga paypall. Meski cukup berisiko tinggi, nampaknya online shopping banyak diminati user. Meningkatnya transaksi penjualan, biasa terjadi pada hari libur ataupun hari raya. Kondisi inilah yang dimanfaatkan para cybercrime untuk mendapatkan korban sebanyak-banyaknya dalam melakukan pencurian uang ataupun informasi sensitif user, berupa scam yang berisikan malware. Perusahaan antivirus terkemuka, McAffee, berpesan kepada user-nya untuk mewaspadai 12 scam yang potensial terjadi menjelang akhir tahun, di antaranya adalah penipuan atas dana sumbangan, tagihan atas layanan pengiriman, friend request dari jaringan sosial, greeting card, tawaran perhiasan mewah untuk hadiah, tawaran latihan transaksi online secara aman, pernak-pernik christmas carol, jasa pencarian kerja, lelang, pencurian password, e-mail perbankan, dan locking data yang meminta tebusan. (news.cnet. com)
Dua belas scam yang perlu mendapat perhatian

perbaikan bugs, antara lain perbaikan karakter statistik, video pada layar wide screen, termasuk ATi Eyefinity, potrait appearance sliders di saat impor sebuah karakter dan impor bagi konfigurasi preset face. Sedangkan tweaking terletak pada tingkat kesulitan game, termasuk di dalamnya peningkatan jumlah skor penyerangan, pertahanan dan kerusakan bagi semua party member dalam format setting, serta memperingan tingkat kesulitan.
Spesifikasi Minimum: Windows XP SP3, Processor Core 2 Duo 1,4 Ghz, RAM 1 GB, Harddisk 20 GB, GeForce 6600/ATi Radeon HD3850 128 MB Ukuran File: 12,67 MB Nama File: DragonAge1.01a.exe Nama Pembuat: Bioware Download: www. strategyinformer.com/pc/ dragonage/patch/33583.html

HTML 5
Sebuah bahasa baru yang akan menjadi upgrade dan perbaikan dari generasi bahasa web sebelumnya. HTML 5 akan banyak mengalami upgrade pada spesifikasi Web presentation, dan tidak menutup kemungkinan kalau HTML 5 juga akan menjadi pengganti game untuk Web application development. Walaupun sebelumnya sudah mendukung sistem plug-in-dengan Internet application (RIA) yang kaya akan teknologi seperti Adobe Flash, Microsoft Silverlight, dan Sun JavaFX.

Disertakan di CD edisi 24/2009 Perbaikan pada statistik karakter dan tweaking tingkat kesulitan game

16

24/2009

Blog Aktual

Corel Designer
Paling tidak ada dua tool yang harus dikuasai oleh setiap orang yang mengaku dirinya desainer grafis, yakni aplikasi image editing berbasis raster dan vector. Photoshop dan GIMP adalah dua image editor berbasis raster yang paling banyak digunakan. Lantas, aplikasi apa yang paling banyak digunakan untuk mengedit

image vector? Paling tidak ada dua nama beken di sektor vector ini, yakni Illustrator dan CorelDraw. Dari kedua image editor berbasis vector tersebut, aplikasi mana yang lebih Anda sukai? Bila memilih yang kedua, Anda bisa meningkatkan skill menggocek mouse di atas kertas kerja CorelDraw dengan menilik konten blog Corel Designer. Berbeda dengan kebanyakan blog tip trik dan tutorial lainnya, di sini setiap langkah dilengkapi dengan penjelasan teoritis.
Info: http://coreldesigner.wordpress.com

Dua Pilihan StatusNet
Apa status Facebook Anda hari ini? Sudahkah Anda meng-update status Twitter hari ini? Entah sejak kapan, pesan/posting singkat di berbagai layanan online disebut status. Inilah yang mungkin dijadikan dasar oleh StatusNet Inc. merilis aplikasi dan layanan microblogging dengan nama StatusNet. Berbeda dengan kebanyakan layanan microblogging, seperti Twitter, Plurk, Yahoo! Meme, dan lain-lain, StatusNet menyediakan dua pilihan bagi penggunanya: menginstal aplikasi StatusNet di server sendiri atau memanfaatkan layanan online yang diberikannya. Dengan kata lain, StatusNet menapaki jejak WordPress yang juga menyediakan dua pilihan penggunaannya. Nah, sejauh mana StatusNet bisa meraup kesuksesan di ranah microblogging? Apakah StatusNet akan semeriah WordPress? Waktulah yang akan membuktikannya. [Info: www.techcrunch.com]

Inilah Definisinya!
GIMP
GNU Image Manipulation Program. Software image editor gratis berbasis raster. Pada awalnya, GIMP dikembangkan untuk desktop X11 yang berjalan di platform UNIX. Namun, saat ini GIMP sudah di-porting ke beberapa platform sistem operasi, antara lain Windows dan Mac OS.

Platform
Istilah komputer yang menggambarkan satu lingkungan kerja, baik hardware maupun software, yang memungkinkan software untuk berjalan di dalamnya. Platform meliputi arsitektur komputer, sistem operasi, atau bahasa pemrograman dan runtime library yang dimilikinya.

Porting
Istilah komputer yang menggambarkan proses mengadaptasi software sehingga bisa dijalankan pada platform komputer yang berbeda dengan platform asli desain awalnya (misalnya CPU, sistem operasi, atau library yang berbeda). Sebuah software dikatakan portabel jika biaya untuk melakukan porting ke platform baru lebih kecil daripada biaya untuk menulisnya dari awal.

Penjelasan teoritis di balik setiap langkah tip & trik dan tutorial CorelDraw

I Draw Girls
Tutorial menggambar komik dan manga berserakan di dunia maya. Sebagian di antaranya hanya menampilkan sebagian karya, dan memancing pengunjung untuk membeli materi tutorial offline, seperti dalam format PDF atau video yang dikemas dalam CD/DVD. Sebagian lagi hanya menampilkan deretan image yang menggambarkan sebuah karakter diciptakan mulai

dari kertas kosong (scratch) hingga hasil akhir. Lantas, adakah website atau blog yang menggabungkan kedua konsep penyajian tutorial di atas, dan memberikannya secara gratis? Blog I Draw Girls berisi tutorial menggambar komik dalam bentuk deretan image dan video sekaligus. Keduanya bisa langsung Anda akses dari halaman blog ini. Meski mengusung Girls dalam namanya, tidak semua tokoh komik yang digambarkan di sini berjenis kelamin perempuan loh...
Info: http://idrawgirls.blogspot.com

iCodeBlog
Dewasa ini, hampir tak ada lagi perbedaan antara smartphone dan PC, selain dari segi ukurannya. Apa yang bisa Anda lakukan di PC, bisa juga dilakukan di smartphone. Seperti halnya di level PC, smartphone pun bisa diklasifikasikan berdasarkan sistem operasi yang digunakannya. Katakanlah Windows Mobile sebagai padanan Windows, Android pa-

danan Linux, dan OS X iPhone padanan Mac OS. Masing-masing sistem operasi smartphone membuka diri bagi aplikasi lain untuk disematkan di dalamnya. Tertarik untuk membuat aplikasi untuk OS X iPhone? Bila ya, Anda bisa memulainya dari membaca tutorial membuat aplikasi iPhone di blog iCodeBlog. Blog ini menjabarkan apa saja yang Anda butuhkan untuk membuat aplikasi iPhone. Selain tutorial, blog ini juga menyedikan code snippet yang bisa Anda gunakan. Berani mencoba?
Info: http://icodeblog.com

Raster
Disebut juga bitmap. Gambar digital yang tersusun dari jajaran (array) titik-titik berwarna (pixel) yang membentuk baris dan kolom. Satu titik direpresentasikan oleh satu atau lebih bit data. Makin banyak bit yang digunakan untuk merepresentasikan satu titik, makin banyak warna dan bayangan abu-abu yang bisa digambarkan. Bitmap biasanya digunakan untuk merepresentasikan gambar fotografi.

Vector
Gambar digital berbasis matematika geometri, seperti titik, garis, kurva, dan bentuk atau polygon. Untuk mendapatkan sebuah objek, titik, garis, kurva, dan polygon ini, disusun menggunakan koordinat, dan diisi dengan warna. Gambar vector umumnya lebih kecil bila dibandingkan dengan gambar bitmap atau raster.

Tutorial menggambar komik plus video gratis

Tutorial dan code snippet aplikasi iPhone

All About Linux
Mencari informasi terkait Linux dan free open source software (FOSS) yang ramah dengan pengguna pemula? Bila demikian, arahkan segera web browser Anda ke blog All About Linux. Blog ini berisi berita-berita yang ringan dan gampang dicerna seputar Linux dan FOSS. Selain berita-berita renyah untuk

Berita ringan seputar Linux dan FOSS

Linux yang mana? Jika ya, Anda bisa membandingkan beberapa distro Linux dan UNIX di kanal OS Review blog ini. Meski membahas beberapa distro Linux untuk PC, blog ini mengistimewakan Ubuntu dengan menghadirkan kanal khusus untuk distro yang dikembangkan dari Debian ini. Nah, bila memilih Ubuntu, Anda bisa menelusuri lebih dalam artikel-artikel yang ada di dalam kanal Ubuntu.
Info: http://linuxhelp.blogspot.com

X11
Istilah umum yang digunakan untuk X Window System. Sistem software dan protokol jaringan yang menyediakan GUI untuk komputer dalam jaringan. X11 digunakan untuk membangun sistem GUI pada kebanyakan sistem operasi yang menyerupai UNIX dan OpenVMS, dan telah di-porting pada banyak sistem operasi kontemporer. Lingkungan desktop seperti OpenWindows, CDE, GNOME, KDE, and Xfce, menggunakan X11.

pemula, blog ini juga menyajikan resensi buku-buku Linux, desain

dan pemrograman web, dan CMS. Masih bingung memilih distro

24/2009

17

Aktual Bookmark

Inilah Definisinya!
Command Line
Prompt utama pada sebuah sistem komputer adalah command line (yang diakhiri tanda-tanda seperti $, %, atau >). Lebih luas lagi, setiap kali seorang pengguna dapat mengetikkan perintah untuk komputer, apakah pada prompt sistem operasi atau dalam program, inilah yang dimaksud sebagai “command line”. Anda dapat mengetikkan perintah pada MS-DOS prompt, command prompt, atau dalam kotak dialog Run pada Windows Explorer.

Symbols
Anda penyuka karya-karya novelis Dan Brown? Bila ya, Anda pasti kenal Prof. Robert Langdon, sosok utama dalam novel-novel Dan Brown. Langdon adalah ahli simbologi yang berusaha memecahkan sebuah misteri dari simbol-simbol yang ditinggalkan oleh sang tokoh antagonis. Simbol-simbol tidak lahir secara acak, tapi merupakan penggambaran

sebuah ide dan pemikiran. Itulah sebabnya mengapa simbol juga disebut ideogram: gambar sebuah ide dan pemikiran. Ingin tahu simbolsimbol apa saja yang digunakan manusia? Silakan kunjungi website Symbols.com. Website ini merupakan ensiklopedia simbol dan lambang yang berasal dari berbagai peradaban, khususnya peradaban Barat. Dibagi ke dalam 54 kelompok berdasarkan karakteristik grafis, terdapat lebih dari 1.600 artikel dari 2.500 simbol tersedia di sini.
Info: www.symbols.com

Logo Generator
Apa sih perbedaan antara simbol dan logo? Simbol biasanya diambil dari bentuk-bentuk kurva geometris yang telah baku, seperti lingkaran, garis, dan sudut. Sementara logo bisa menggunakan gambar-gambar nongeometris, seperti wajah, pohon, daun, serta font-font tertentu. Bila simbol mencerminkan sebuah ide, pemikiran atau ideologi, maka

logo lebih difungsikan sebagai merek dagang (trademark). Selain sebagai identitas, sebuah logo diciptakan untuk membangun kesan positif organisasi atau perusahaan yang menggunakannya. Saat ini, telah banyak website yang menyediakan layanan membuat logo hanya dengan beberapa klik. Salah satunya adalah LogoGenerator. Cukup mengikuti beberapa langkah yang disediakan di sini, Anda bisa menciptakan logo secara cepat, mudah, dan tentu saja gratis.
Info: www.logogenerator.com

Menciptakan logo dengan beberapa klik

Domain Name
Sebuah sistem pengalamatan di Internet. Alamat asli di Internet (IP address) berupa angka-angka yang sulit dihapal. Domain membuat pengalamatan tersebut menjadi lebih mudah diingat, dengan menerjemahkan IP address menjadi nama seperti www.pcmedia.co.id. Domain terdiri atas sebuah struktur hierarkis, di mana level tertinggi disebut sebagai TLD. Saat ini, terdapat lebih dari 200 TLD yang terdaftar di seluruh dunia, dan terus bertambah. Terdapat tiga TLD yang paling populer, yaitu .com, .net, dan .org.

Ide dan pemikiran di balik sebuah gambar

Primary Resource
Pemerintah, melalui Depdiknas, telah mendigitalkan dan mengonline-kan buku-buku pelajaran sekolah. Siapa saja diizinkan mendownload dan memanfaatkan bukubuku digital tersebut secara cumacuma. Ini adalah salah satu berkah teknologi informasi bagi dunia pendidikan. Selain buku-buku resmi, Internet juga merupakan gudang bagi materi

pelajaran dari berbagai bahasa bahasa dan kurikulum. Website Primary Resource misalnya, menyediakan materi-materi pelajaran tingkat dasar dalam bahasa Inggris yang juga bisa di-download secara gratis. Materi-materi yang disediakan di sini meliputi bahasa Inggris, matematika, ilmu pengetahuan alam, teknologi informasi, sejarah, geografi, kesenian, perilaku (budi pekerti), dan masih banyak lagi. Ingin tahu apa yang diajarkan di sekolah-sekolah dasar di Inggris? Di sini tempatnya.
Info: www.primaryresources.co.uk

Uniform Insignia
Simbol, logo, lencana. Ah, manusia memang tidak bisa dipisahkan dari lambang-lambang! Lencana atau tanda pangkat khusus digunakan di organisasi yang mengenal hierarki tugas dan komando seperti institusi militer. Namun, lencana juga diadopsi oleh lembaga-lembaga non-militer. Selain berfungsi sebagai penanda pangkat, lencana yang dise-

matkan di pundak serdadu juga mampu membangkitkan spirit atau kebanggaan bagi yang mengenakannya. Itulah mengapa lencana juga kadang digunakan oleh organisasi lain di luar ketentaraan. Nah, ingin tahu lencana-lencana yang digunakan oleh tentara dari seluruh dunia? Silakan arahkan web browser Anda ke website UniformInsignia. Website ini merupakan ensiklopedia tanda kepangkatan organisasi militer, kepolisian, dan penegak hukum dari seluruh dunia.
Info: www.uniforminsignia.net

GUI
Graphical User Interface. Nama generik untuk semua interface komputer yang menggunakan grafis, jendela (window), atau alat penunjuk (pointing device) menggantikan interface dengan karakter murni (command line). GUI kali pertama dikembangkan oleh Xerox, dan kali pertama digunakan pada komputer Mac OS.

Ensiklopedia tanda kepangkatan militer, polisi, dan penegak hukum Materi pelajaran tingkat dasar di Inggris

IP Address
Disebut juga alamat IP. Deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

Anagram Site
Anda mengidolakan Bob Marley? Anda sudah punya band reggae tapi belum menemukan nama yang cocok? Bagaimana kalau band Anda diberi nama Marble Boy yang merupakan anagram dari tokoh idola Anda, Bob Marley? Menarik, bukan? Anagram adalah permainan mengutak-atik huruf-huruf yang terdapat

dalam sebuah kata atau frase untuk menciptakan kata atau frase lain. Ingin tahu anagram-anagram lucu dari nama-nama terkenal? Jika ya, silakan kunjungi website AnagramSite.com. Selain kumpulan anagram-anagram lucu, website ini juga menyediakan anagram generator. Eh, ngomong-ngomong kalau Anda penggemar almarhum Mbah Surip dan ingin membuat band reggae untuk mengenang beliau, kira-kira apa anagramnya, ya? Bagaimana kalau Bumps Hair?
Info: www.anagramsite.com

Command Windows
Mana yang lebih cepat, tekan tombol winkey > R > ketikkan winword > Enter, atau klik tombol Start > Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Word? Keduanya adalah langkah untuk membuka aplikasi Microsoft Word di Windows. Silakan Anda praktikkan sendiri. Meski sama-sama empat langkah, menggunakan cara pertama sebe-

narnya jauh lebih cepat dan nyaman. Membiasakan diri menggunakan cara pertama akan membuat ketergantungan Anda dengan GUI akan sedikit menyusut. Cara inilah yang disebut dengan command line. Lantas, command line apa saja yang disediakan Windows selain winword? Banyak, beberapa di antaranya bahkan tidak disediakan di GUI, seperti dxdiag dan ipconfig. Ingin tahu lebih banyak command line di Windows? Silakan simak sajian dalam website Command Windows.
Info: http://commandwindows.com

Social Networking
Sebutan lain terhadap website komunitas. Sebelumnya website komunitas hanya didasari oleh kesamaan minat di antara para anggotanya, yang mendapatkan informasi atau berita, serta berkomunikasi melalui forum. Kemudian muncul website komunitas yang dapat menghubungkan antara satu anggota dengan anggota lainnya, yang juga dilengkapi dengan daftar kontak/teman.

Kumpulan anagram lucu dan anagram generator

Kumpulan command line di Windows

18

24/2009

Bookmark Aktual

Truth About Credit
Bila sering menyimak acara talk show yang digawangi oleh Oprah Winfrey, Anda pasti ngeh bahwa bukan sekali dua kali Oprah menyarankan pemirsanya untuk menjatuhkan talak tiga pada kartu kredit. Mengapa Oprah terlihat begitu membenci layanan kredit konsumtif yang menjadi andalan bank-bank untuk meraup profit dari nasabah perorangannya ini? Entahlah... Lupakan Oprah. Beralih ke film Confessions of a Shopaholic yang dibintangi oleh Isla Fischer tahun ini. Film yang diangkat dari best selling novel berseri Shopaholic karya Sophie Kinsella ini bertutur tentang kisah seorang jurnalis perempuan yang terjebak oleh gesekan kartu kredit. Kisah di atas tentu tidak mengadaada, sebab tidak sedikit korban

yang jatuh akibat kartu plastik yang melenakan ini. Tema jebakan kredit inilah yang menjadi bahasan utama website Truth About Credit. Website ini menyoroti kebijakan bank dan pemerintah AS yang menjebak nasabah dan warga mereka, dengan iming-iming kemudahan dalam berbelanja. Salah satu pokok bahasan di sini adalah kredit untuk mahasiswa atau student loan, yang alih-alih membebaskan, tapi justru membelenggu. Kisah terakhir ini pernah disinggung oleh Michael Moore dalam film pamfletnya Sicko, yang membongkar konspirasi pemerintah AS dalam melemahkan daya tawarnya, yakni dengan jeratan student loan. Ingin tahu lebih banyak soal macammacam jebakan ini? Silakan telusuri satu demi satu halaman di website Truth About Credit. Ingat, jangan sampai Anda jadi korban berikutnya.
Info: www.truthaboutcredit.org

Music Forte
Apa yang membedakan musik indie dengan musik label? Nasib? Mungkin, tapi yang jelas adalah perbedaan idealisme musisi dari kedua kubu cukup mencolok. Musik indie berangkat dari idealisme individu atau kelompok musisi. Tidak jarang, idealisme ini tidak

marketable alias tidak searus dengan selera pasar, namun mereka memiliki kelompok pendengar fanatik, meski jumlahnya tidaklah gigantis. Dahulu, kelompok-kelompok band yang berada di jalur indie hanya dikenal di tempat mangkal mereka masingmasing. Namun sekarang, eksistensi mereka terus meroket seiring dengan hadirnya media baru untuk saling menyapa sesama atau bertemu dengan fan mereka. Salah satu media tersebut adalah Music Forte, website social networking khusus musik indie.

Di sini, para musisi indie dari berbagai aliran bisa bertemu, menjalin pertemanan, bertukar pikiran dan mendiskusikan perkembang musik indie, hingga saling menilai karya-karya mereka. Website ini berangkat dari semangat kolaboratif dan impian yang besar untuk menciptakan industri musik indie yang mampu bersaing dengan mereka yang berada di jalur label. Website ini memperkaya perbendaharaan social networking spesialis yang sempat marak beberapa bulan terakhir, namun belakangan ini kembali teredam oleh euforia Facebook dan Twitter. Hmm... jangan-jangan persaingan antara social networking spesialis dengan mereka yang umum serupa dengan kedudukan antara musik indie dengan musik label?
Info: www.musicforte.com

Tempat kongkow musisi indie di dunia maya

Obama Tak Punya Twitter
Dalam lawatannya ke Cina barubaru ini, Barack Obama membawa misi untuk mendorong kebebasan informasi di negera dengan populasi terbesar di dunia ini. Seperti yang telah banyak diberitakan, presiden AS ini adalah pecandu berat BlackBerry. Twitter adalah salah satu aplikasi yang paling akrab dengan pengguna Internet berjalan, termasuk BlackBerry. Dalam temu wicara dengan sekelompok mahasiswa di balai kota Shanghai, Obama ditanya tentang Twitter yang diblokir oleh pemerintah Cina. Jawaban yang cukup mengejutkan meluncur dari tokoh yang pernah bersekolah di Menteng ini, bahwa dia tidak pernah menggunakan Twitter. Walah, lantas milik siapakah account di http://twitter.com/barackobama yang telah menggaet 2,7 follower selama ini? Menurut website Twitter, account tersebut diverifikasi untuk institusi atau tokoh publik, tanpa mempedulikan siapa yang sesungguhnya sedang ber-twit di belakangnya. Mengharapkan sosok sesibuk Obama untuk ber-twit sendiri memang naif, namun bukankah dia bisa mempekerjakan seseorang untuk mewakilinya di sana, seperti yang selama ini dilakukan oleh Britney Spears? [Info: www.readwriteweb.com]

Membongkar konspirasi di balik pemberian kredit

Motley Fool
Namanya unik, Motley Fool, dengan domain name generik fool.com. Website ini menawarkan sesuatu yang sama sekali tidak bodoh, yakni konsultasi keuangan dan investasi. Masih penasaran dengan nama yang tidak lazim untuk sebuah organisasi yang menawarkan jasa konsultasi keuangan? Baikah, menurut founder website ini, nama fool diambil dari petuah Shakespeare. Aha! Tidak salah lagi, pasti “What is in a name?” adalah petuah yang dimaksud, bukan? Eit, tunggu dulu, bukan kutipan di atas yang dimaksud. Tapi, perkataan Shakespeare yang menyatakan bahwa kepolosan (bukan kebodohan) adalah cara yang efektif untuk menginstruksikan sesuatu sekaligus menghibur,

dan mengutarakan kebenaran kepada sang raja. Anda tidak mengerti masalah keuangan? Tidak paham dengan dunia investasi? Tidak peduli apa latar belakang pendidikan dan ketertarikan Anda, website ini memaparkan informasiinformasi finansial yang pasti termamah oleh Anda. Apa yang harus dilakukan dengan uang Anda saat ini; Apa imbas yang akan Anda rasakan bila tidak melakukannya; dan seabreg pertanyaan masalah keuangan dibahas tuntas di sini. Mengapa pendiri Google bisa menjadi miliuner, padahal memberikan layanan gratis? Mengapa IMF menjual 200 ton emasnya ke India? Apa yang akan terjadi bila harga emas melonjak drastis? Kapan sebaiknya Anda membeli risiko? Apa yang akan dilakukan oleh Federal Reserve untuk mendongkrak nilai dollar AS? Temukan jawaban atas pertanyaanpertanyaan tersebut di website ini!
Info: www.fool.com

Cara polos bertutur soal keuangan dan investasi

24/2009

19

Aktual Linux & Open Source

Inilah Definisinya!
.NET Micro Framework
Sebuah software framework yang dapat diinstal pada komputer yang menjalankan sistem operasi Windows. Dalam .NET Micro Framework, terkandung banyak kode pustaka untuk penanganan programming umum, dan sebuah mesin virtual yang menangani eksekusi program yang ditulis khusus untuk framework ini.

Linux Mint 8 RC1
Tim Linux Mint akan merilis Linux Mint 8 RC1 yang diberikan kode nama Helena. Rilis terbaru dari Linux Mint ini dibuat berbasiskan Ubuntu 9.10. Pada versi terbaru ini, Linux Mint telah menyertakan kernel Linux 2.6.31 dan desktop GNOME 2.28, serta menyediakan X.Org 7.4. Fasilitas Software Manager mengalami peningkatan tampilan GUI dengan menyertakan beragam kemampuan terpilih. MintUpload terpisah ke dalam sebuah Upload Manager, yang menyediakan layanan upload untuk FTP, SFTP, SCP, dan sebuah File Uploader yang memiliki dukungan drag & drop, serta upload file dalam jumlah yang banyak. GNOME 2.28 yang

terpilih sebagai default desktop Linux Mint 8 RC1, juga telah menyertakan sejumlah peningkatan fitur untuk dukungan Bluetooth, integrasi PulseAudio, dan sebagainya. Linux Mint 8 RC1 disarankan tidak digunakan dalam lingkungan produksi, karena masih dalam tahap pengembangan. Bagi yang ingin mencoba Linux Mint 8 RC1, dapat men-download-nya dari http: //www. linuxmint.com.
Info: www.desktoplinux.com

.NET Micro Framework
Microsoft telah merilis bagian dari .NET Micro Framework, yakni bagian untuk peralatan canggih untuk terkoneksi ke Internet, kepada komunitas open source. Rilis source code bagian .NET Micro Framework ini dirilis ke dalam lisensi Apache 2.0. Microsoft juga sedang mengembangkan sebuah website komunitas untuk hal ini, agar anggota yang tertarik dapat turut membantu masa depan pengembangan produk ini. Meski telah terbuka, namun pengguna tidak akan mendapatkan source code .NET Micro Framework

Codec
Aplikasi ataupun program komputer yang memiliki kemampuan encoding/ decoding arus data digital atau sinyal. Kata Codec berasal dari campuran dari “compressor-decompressor” atau lebih akurat “coder-decoder”. Tidak ada kompresi dalam CODEC, hanya proses coding dan decoding.

secara utuh. Donasi kode open source Microsoft ini akan mengurangi bagian pustaka kriptografi dan TCP/IP. Microsoft beralasan bahwa pembuatnya telah dilisensikan oleh pihak ketiga, sehingga Microsoft tidak dapat memberikan source code tersebut. Microsoft juga telah merangkul komunitas open source untuk mengikuti pengumumannya pada bulan Mei lalu, yang akan mengubah model bisnis .NET Micro Framework, setelah memberitahukan pengurangan jumlah karyawan sebanyak 3000 orang. Microsoft juga akan mematikan royalti dari distribusi Framework, dan platform akan menjadi proyek yang didukung oleh komunitas.
Info: www.theregister.co.uk

Microsoft semakin membuka diri Tidak disarankan untuk lingkungan produksi

FTP
File Transfer Protocol adalah sebuah protocol jaringan standar yang dapat digunakan untuk manipulasi, menukar, atau membagi file melalui sebuah jaringan dengan dasar TCP/ IP. FTP dibuat pada arsitektur clientserver, dan memanfaatkan koneksi dan control data terpisah diantara aplikasi klien dan server. FTP juga acapkali digunakan sebagai sebuah komponen aplikasi untuk mengotomatisasi transfer file untuk fungsi internal program.

Publikasi Data Umum
Pemerintah Inggris berencana untuk membuka data peta dari Ordnance Survey, yang merupakan agen pemetaan nasional Inggris. Pemberitaan ini dibuat oleh Menteri Penerangan Inggris, pada saat seminar Smarter Government, yang

JuK
Aplikasi pemutar audio untuk desktop KDE, dan telah menjadi default aplikasi audio player sejak KDE 3.2. JuK mendukung koleksi file audio, seperti MP3, Ogg Vorbis, dan FLAC. Proyek JuK dimulai oleh Scott Wheeler pada tahun 2000, dan dikenal kali pertama sebagai QTagger. Meski dapat berfungsi sebagai pemutar musik, JuK pada dasarnya adalah sebuah aplikasi audio Jukebox dengan fokus pada manajemen musik.
Publikasi data peta dari agensi pemetaan Inggris

diselenggarakan di Downing Street. Menurut Guardian, pembukaan data peta akan menjadi bagian dari gerakan untuk mempublikasikan lebih dari 2.000 kumpulan data, yang dapat mengandung data, misal seperti harga properti, keadaan jalan raya, memonitor statik pelanggaran, dan lain-lain. Data dari Ordnance Survey merupakan sebuah subjek dari sebuah konsultasi penyediaan data peta mereka pada skala 1:10000. Konsultasi ini diharapkan akan berakhir pada April 2010. Sebelumnya, data peta hanya tersedia di bawah lisensi terbatas, yang dapat memakan biaya tidak sedikit. Namun ketetapan gratis pada data peta dari Ordnance Survey ini sering diperdebatkan. Ordnance Survey mengatakan layanan ini akan memakan biaya seharga £500m sampai £1bn selama 5 tahun untuk maju ke ketetapan peta. Namun penelitian lain mengatakan diperkirakan hanya akan memakan biaya £12m.
Info: www.h-online.com

Fedora 12
Setelah beberapa distro Linux muncul dengan rilis terbarunya, kini giliran tim Fedora yang unjuk gigi. Tidak mau kalah dengan rilis terbaru dari distro yang lain, tim Fedora telah merilis versi terbaru dari distro ini, yakni Fedora 12 yang memiliki kode nama Constantine. Untuk Fedora 12 menggunakan kernel Linux 2.6.31. Sedangkan untuk lingkungan desktop, Fedora 12 mengandung KDE 4.3, dan GNOME 2 28. Pengembangan yang dilakukan seperti pada umumnya distribusi lain, berkisar pada manajemen tenaga, dukungan untuk webcam, dan codec audio/

video yang lebih baik. GNOME Shell juga tersedia untuk percobaan, dikemas dalam repositori software secara default, dan akan menawarkan sebuah tampilan tentang bagaimana GNOME 3 yang akan datang. Fedora Project adalah sebuah kerja sama anggota free software dari seluruh dunia. Fedora Project membangun komunitas software open source, dan menghasilkan sebuah distribusi Linux yang sama dengan nama proyeknya, Fedora.
Info: http://fedoraproject.org

Tidak mau ketinggalan dengan rilis baru distro lainnya

Tambahan Bahasa pada KDE 4.3.3
Tim KDE sepertinya selalu memperbarui dirinya. Pada rilis KDE edisi November 2009, telah dilakukan perbaikan sebuah bug, dan pembaruan translasi KDE 4.3. Dengan seri KDE 4 yang semakin banyak dipakai, tim KDE bersemangat untuk semakin membesarkan KDE. Dalam rilis November 2009 ini, hanya berisi perbaikan bug dan pembaruan translasi, maka rilis ini aman untuk digunakan oleh siapa saja. Pengguna di seluruh dunia

Open Web Foundation
Open Web Foundation (OWF) yang diluncurkan pada Juli 2008 di OSCON, telah telah merilis Open Web Foundation Agreement (OWFa). OWFa sebuah lisensi open source untuk spesifikasi yang memungkinkan perusahaan untuk meletakkan spesifikasi di bawah lisensi umum yang telah diakui. Google, Microsoft, Facebook, Yahoo!, dan SafeMashUp, merupakan beberapa organisasi pertama yang menggunakan perjanjian ini. Ide di balik OWF adalah untuk mempercepat proses pengembangan standardisasi pada web, Dengan OWF Agreement, setiap orang akan
Mempercepat proses pengembangan standar web

Ordnance Survey
Agen eksekutif di pemerintahan Inggris/United Kingdom. Ordnance Survey merupakan salah satu agensi yang memproduksi peta terbesar di dunia. Nama yang diberikan merefleksikan tujuan militer pada awal organisasi ini dibangun dalam pemetaan Britain selama perang Napoleon, dimana dilakukan serangan invansi dari Prancis.

mendapatkan sebuah versi spesifikasi khusus, yang membuat perusahaanperusahaan dapat melakukan penerapan tanpa khawatir akan hak cipta ataupun penolakan paten. Sepuluh spesifikasi sekarang berada di bawah OWF Agreement, di antaranya OAuth Core 1.0, OAuth WRAP 0.9PDF, PubSubHubbub Google, dan Protokol Salmon, Simple Web Token 0.9PDF, MasSSL 1.2.0, Media RSS Yahoo 1.5.0, dan Web Slice Format 0.9 Microsoft, XML Search Suggestions Format, dan Open Service Format Specification 0.8.
Info: www.h-online.com

akan lebih menghargai KDE 4.3.3 dengan translasi yang lebih lengkap. Jumlah translasi yang ada saat ini, telah menyertakan lebih dari 50 bahasa, dan angka ini masih akan terus bertambah. KDE 4.3.3 memiliki sejumlah peningkatan yang membuatnya menjadi lebih baik. Beberapa efek KWin dibuat menjadi lebih lembut, paket aplikasi JuK kini juga menjadi lebih stabil, KDE PIM juga ikut ditingkatkan fiturnya, meski berada di belakang layar. Pengembang KDE telah bekerja keras untuk menghubungkan semua aplikasi ke cache dan penyimpanan Akonadi yang baru.
Info: www.kde.org

Telah menyertakan lebih dari 50 bahasa

20

24/2009

Liputan Harga Pasar

Aktual
Harga
50 61 82 50 66 86 50 48 49 54 51 94 98 111 68 53 286 385 229 73 255 65 118 75 235 68 125 165 235 348 275 106 465 400 127 150 103 115 146 153 168 190 196 161 144 224 215 220 269 283 200 215 54 63 186 92 94 122 125 117 308 152 158 138 159 63 67 71 71 75 77 305 106 363 145 72 125 69 145 150 145

Daftar Harga Komputer & Periferal
Produk Spesifikasi PROCESSOR Harga Produk
ASROCK 945G-DVI 71 87 66 70 106 129 179 184 205 203 243 43 51 145 113 114 113 124 149 175 203 283 1.549 169 175 199 245 245 339 235 315 595 299 585 595 55 62 62 73 68 75 87 99 ASROCK ConRoe1333-D667 R1.0 ASROCK ConRoe1333-DVI/H ASROCK ConRoe945G-DVI ASROCK ConRoe945PL-GLAN ASROCK ConRoeXFire-eSATA2 ASROCK G31M-GS ASROCK G31M-S ASROCK G31M-VS ASROCK G41M-S ASROCK N73V-S ASROCK P45DE ASROCK P45TS ASROCK Penryn1600SLI-1100DB ASROCK Wolfdale 1333-GLAN ASROCK Wolfdale1333-D667 ASROCK X48TurboTwins-WiFi ASUS Maximus Extreme ASUS Maximus II Gene ASUS P5B-MX ASUS P5E ASUS P5GC-MX ASUS P5GD2-X ASUS P5GZ-MX ASUS P5K Premium WIFI ASUS P5KPL-AM ASUS P5P43TD (Green) ASUS P5Q ASUS P5Q Deluxe ASUS P5Q Premium ASUS P5Q3 Deluxe/WiFi ASUS P5QL SE ASUS Striker II Extreme ASUS Striker II Formula 117 83 69 109 77 87 75 143 50 99 105 152 144 224 77 92 64 133 74 78 76 122 65 113 80 112 118 110 238 198 117 128 49 93 82 75 112 116 275 250 112 85 93 116 128 104 136 115 53 DFI LP UT X48-T2R DFI LP UT X48-T3RS DFI LT X38-T2R DFI LT X48-T2R ECS GF7050VT-M5 FOXCONN G31MX-K FOXCONN Mars GIGABYTE GA-EP31-DS3L GIGABYTE GA-EP41-UD3L GIGABYTE GA-EP43-DS3L GIGABYTE GA-EP43T-UD3L GIGABYTE GA-EP43-UD3L GIGABYTE GA-EP45-DQ6 GIGABYTE GA-EP45-DS3LR GIGABYTE GA-EP45T-UD3LR GIGABYTE GA-EP45-UD3L GIGABYTE GA-EP45-UD3R GIGABYTE GA-G31M-ES2C GIGABYTE GA-G31M-ES2L GIGABYTE GA-G31M-S2C GIGABYTE GA-G31M-S2L GIGABYTE GA-G41-ES2L GIGABYTE GA-P31-ES3G GIGABYTE GA-P35T-DQ6 GIGABYTE GA-P43-ES3G GIGABYTE GA-X48-DQ6 INTEL DB43LD INTEL DG31PR/B INTEL DG41MJ INTEL DG41RQ/B LGA775, ATI RS600, FSB 1333, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 6400, Dual Channel, Intel Core 2 Duo & Core Quad Support LGA 775, Intel P35, FSB 1600/1333/1066/800 MHz, DDR2 & 3 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P35, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR3/DDR2 Dual Channel Memory, USB 2.0, Audio LGA775, Intel 865GV, FSB 800, AGP 8x, VGA, SATA 150, NIC, USB 2.0, Audio, DDR400, Dual Channel INTEL DG45FC INTEL DG45ID/B INTEL DQ45CB DFI Blood Iron P45-T2RS DFI DK X38-T2R DFI LP DK P35-T2 DFI LP DK P35-T2RS DFI LP DK P45-T2RS Elite DFI LP DK P45-T2RS Plus DFI LP DK P45-T3RSB PLUS DFI LP DK X48-T2RS DFI LP DK X48-T2RSB PLUS DFI LP JR GF9400-T2RS DFI LP JR-P45-T2RS DFI LP LT X48-T3RS DFI LP UT P45-T2RS DFI LP UT P45-T3RS

Kurs US$1 = Rp9.535 per 24 November 2009
Spesifikasi

AMD
AMD Athlon 64 X2 5200+ (AM2) AMD Athlon 64 X2 6000+ (AM2) AMD Athlon II X2 240 AMD Athlon II X2 245 AMD Phenom II X2 550 Black Edition AMD Phenom II X3 720 Black Edition AMD Phenom II X4 940 Black Edition AMD Phenom II X4 955 Black Edition AMD Phenom II X4 965 AMD Phenom X4 9500 AMD Phenom X4 9600 AMD Sempron 140 Clock Speed 2.6GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB x2, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2, (Box) 3.0GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2 (TRAY) 2.8GHz, FSB 2000MT/s, 2MB L2 Cache, Socket AM3 2.9GHz, FSB 2000MT/s, 2MB L2 Cache, Socket AM3 3.1GHz, 6MB L3 Cache, Socket AM3 2.8GHz, 1.5MB L2 Cache, Socket AM3 3.0GHz, 2MB Cache, Quad Core, Socket AM2+ 3.2GHz, 6MB L3 Cache, Socket AM3 3.4GHz, 2MB L2 Cache, Socket AM3 2.2GHz, 4MB Cache, Quad Core, Socket AM2 2.3GHz, 4MB Cache, Quad Core, Socket AM2 2.7GHz 1.8 GHz, FSB 800 MHz, 512Kb Cache, Dual Core, Socket LGA 775 2.33 GHz, FSB 1333 MHz, 4 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 [TRAY] 2.66 GHz, FSB 1066 MHz, 3MB Cache, Dual-Core, Socket LGA775 2.8 GHz, FSB 1066 MHz, 3MB Cache, Dual-Core, Socket LGA775 2.8 GHz, FSB 1066 MHz, 3MB Cache, Dual-Core, Socket LGA775 (Tray) 2.93 GHz, FSB 1066 MHz, 3MB Cache, Dual-Core, Socket LGA775 3.06 GHz, FSB 1066 MHz, 3MB Cache, Dual-Core, Socket LGA775 3.0 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 3.16 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 3.3 GHz, FSB 1333 MHz, 6 MB Cache, Dual Core, Socket LGA 775 3.2 GHz, FSB 1600 MHz, 12 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA771 (No HSF) 2.33 GHz, FSB 1333 MHz, 4 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.66 GHz, FSB 1333 MHz, 4 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.66 GHz, FSB 1333MHz, 6 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.83 GHz, FSB 1333MHz, 6 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.83 GHz, FSB 1333 MHz, 12 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 3 GHz, FSB 1333 MHz, 12 MB Cache, Quad-Core, Socket LGA775 2.66 GHz, w/o QPI, w/o HT, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1156 2.80 GHz, w/o QPI, HT, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1156 2.93 GHz, w/o QPI, HT, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1156 2.66 GHz, QPI 4.8, HT, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1366 2.93 GHz, QPI 4.8, HT, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1366 3.06 GHz, QPI 4.8, HT, 8 MB Cache, Quad Core, Socket LGA1366 1.8 GHz, FSB 800 MHz, 1 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 (Tray, No HSF) 2.0 GHz, FSB 800 MHz, 1 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 2.2 GHz, FSB 800 MHz, 1 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 2.5 GHz, FSB 800 MHz, 2 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 (Tray) 2.5 GHz, FSB 800 MHz, 2 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 2.6 GHz, FSB 800 MHz, 2 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 2.80 GHz, FSB 1066 MHz, 2 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775 2.93 GHz, FSB 1066 MHz, 2 MB Cache, Dual Core, Socket LGA775

Intel
INTEL Celeron E1400 INTEL Core 2 Duo E6550 INTEL Core 2 Duo E7300 INTEL Core 2 Duo E7400 INTEL Core 2 Duo E7400 INTEL Core 2 Duo E7500 INTEL Core 2 Duo E7600 INTEL Core 2 Duo E8400 INTEL Core 2 Duo E8500 INTEL Core 2 Duo E8600 INTEL Core 2 Extreme QX9775 INTEL Core 2 Quad Q8200 INTEL Core 2 Quad Q8400 INTEL Core 2 Quad Q9400 INTEL Core 2 Quad Q9505 INTEL Core 2 Quad Q9550 INTEL Core 2 Quad Q9650 INTEL Core-i5 750 INTEL Core-i7 860 INTEL Core-i7 870 INTEL Core-i7 920 INTEL Core-i7 940 INTEL Core-i7 950 INTEL Pentium E2160 INTEL Pentium E2180 INTEL Pentium E2200 INTEL Pentium E5200 INTEL Pentium E5200 INTEL Pentium E5300 INTEL Pentium E6300 INTEL Pentium E6500

MOTHERBOARD

AMD Soket AM2
ASROCK A780FullDisplayPort ASROCK A780FULLHD ASROCK A780GM-LE ASROCK A790GXH/128MB ASROCK ALiveNF7G-FullHD ASROCK ALiveXFire-eSATA2 ASROCK AM2NF6G-VSTA ASROCK M3A790GXH/128M ASROCK N68-S BIOSTAR TA790GX XE BIOSTAR TA790GX128M DFI LP DK 790FXB-M2RS DFI LP JR 790GX-M2RS DFI LP UT 790FX-M2R ECS A780GM-A ECS A780GM-A Ultra ECS A780VM-M3 ECS A790GXM-A ECS GF8200A GIGABYTE GA-M52L-S3 GIGABYTE GA-M52L-S3P GIGABYTE GA-M57SLI-S4 GIGABYTE GA-M61PME-S2P GIGABYTE GA-M78SM-S2H GIGABYTE GA-MA74GM-S2H GIGABYTE GA-MA770-UD3 GIGABYTE GA-MA78GM-DS2H GIGABYTE GA-MA78GM-US2H GIGABYTE GA-MA790FXT-UD5P GIGABYTE GA-MA790GP-UD4H J&W JW-790GX-EXTREME J&W JW-790GXT-FUSION MANLI 6100-VALUE MSI K9AG Neo2 Digital MSI K9NBPGM ZOTAC GeForce 8200 AM2+, AMD 780G Chipset, FSB HTB 2600MHz, USB 2.0, Audio, LAN AM2+, AMD 780G + SB700 Chipset, Integrated AMD RV610 graphics, FSB HTB 2600MHz, USB 2.0, Audio, LAN AM2+, AMD 780G/SB700 Chipset, Integrated AMD Radeon HD 3200 graphics, FSB HTB 2600MHz, USB 2.0, Audio, LAN AM2+ / AM2,AMD Phenom™ FX ,DDR2 Dual Channel, SATA II, US 2.0, Audio AM2+, NVidia GeForce 7050 Chipset, FSB HT 1000MHz, USB 2.0, Audio AM2, AMD 480X CrossFire, FSB 1000, PCIe x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 800, Dual Channel AM2, NVIDIA nForce 405, FSB 1000, PCIe x16, SATAII 300, RAID, NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 800, Dual Channel AM3, AMD 790GX, FSB 5200MT/S, DDR3 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio AM2+, NVidia 7025, FSB 1000MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio, RAID AM2+, AMD 790GX AM2+, AMD 790GX, Dual Channel DDR2, SATA II, RAID, Audio, USB 2.0 AM2+, AMD 790FX Chipset, FSB Hyper Transport 3.0 & 1.0, DDR2, SATA, RAID, USB 2.0 940 AM2+, AMD 790GX Chipset, FSB Hyper Transport 3.0 & 1.0, DDR2 667/800/1066 MHz, SATA RAID 0, RAID 1 and RAID 0+1, USB 2.0 940, AMD 790FX Chipset, FSB Hyper Transport 3.0 & 1.0, Dual Channel DDR2 800, SATA 300 RAID, USB 2.0, FireWire AM2, AMD 780G, FSB 5200MT/s, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio AM2+, AMD 780G AM2, AMD 780V, FSB 5200MT/s, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, SATA, RAID, Audio AM2+, AMD 790GX, FSB 5200MT/s, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, SATA, RAID, Audio AM2+, GeForce 8200, FSB 5200MT/s, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, SATA, RAID, Audio AM2, NVIDIA® nForce 520LE, Dual Channel, USB 2.0, Audio AM2, NVidia nForce 520LE AM2, NVIDIA nForce 570 SLI, PCIe x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel AM2, NVidia GeForce 6100, FSB 1333/1066MHz, SATA 300, USB 2.0, Audio, Dual Channel AM2, NVIDIA GeForce 8200 Chipset, FSB 5200/2000 MT/s, Dual Channel DDR2, USB 2.0, RAID, Audio, LAN AM2, AMD 740G Chipset, FSB 5200/2000 MT/s, Dual Channel DDR2, USB 2.0, RAID, Audio, LAN AM2+, AMD 770, FSB 5200/2000MT/s, DDR2 Dual Channel SATA II, RAID, FireWire, USB 2.0, Audio AM2, AMD 780G Chipset, FSB 5200/2000 MT/s, Dual Channel DDR2, USB 2.0, Audio, LAN, FireWire AM2+, AMD 780G, FSB 5200/2000 MT/s, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio AM2, AMD 790FX AM2+, AMD 790GX, FSB 5200/2000 MT/s, DDR2 Dual Channel, SATA, RAID, FireWire, USB 2.0, Audio AM2+, AMD 790GX, HyperTransport 3.0/1.0, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio AM2+, AMD 790GX, HyperTransport 3.0/1.0, DDR2 & DDR3 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio AM2, Nvidia GeForce 6100, FSB 2000 HyperTransport, PCI-e x16, VGA, SATA , RAID, USB 2.0, Audio, S/PDIF, DDR2 800, Dual Channel AM2, AMD 690G, FSB 2000 HyperTransport, PCI-Express X16, VGA, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, DDR2 800, Dual Channel AM2 (BULK) AM2+ AM3, AMD 790GX, FSB 5200MT/S, DDR3 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio AM3, AMD 785G, AM3, AMD 790FX, HyperTransport 3.0, DDR3 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio AM3, AMD 790FX, FSB 5200MT/s, DDR3 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio AM3, AMD 790GX AM3, AMD 790GX, Hyper Transport 5200MT/s, DDR2 Dual Channel, SATA II, Audio, USB 2.0 AM3, NVidia nForce 720D, FSB 5200/2000MT/s, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio AM3, AMD 785G AM3, AMD 7985G

AMD Soket AM3
ASROCK M3A780GXH/128MB ASROCK M3A785GXH/128M ASUS Crosshair III Formula ASUS M4A79T Deluxe BIOSTAR TA790GX-A3+ BIOSTAR TA790GXB A2+ GIGABYTE GA-M720-US3 GIGABYTE GA-MA785GM-US2H GIGABYTE GA-MA785GT-UD3H

Intel Socket LGA775
ASROCK 4Core1333-FullHD ASROCK 4Core1600P35-WIFI ASROCK 4Core1600Twins-P35 ASROCK 775i65GV

LGA775, Intel 945G, FSB 1066, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 667, Dual Channel, Intel Core 2 Duo & Conroe Support LGA775, Intel 945GC A2, FSB 1333, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 5300, Dual Channel, Intel Dual Core & Core 2 Duo Support LGA775, Intel 945G, FSB 1333, PCI Express x16, VGA, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 667, Dual Channel LGA775, Intel 945G, FSB 1066, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, RAID, GbE, USB 2.0, Audio, DDR2 667, Dual Channel LGA775, Intel 945PL, FSB 800, PCI Express x16, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, DDR2 533, Dual Channel LGA775, Intel 945P, FSB 1066, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, GbE, USB 2.0, Audio, DDR2 667, Dual Channel LGA775, Intel G31, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio (BULK) LGA775, Intel G31, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA775, Intel G31, FSB 1333/1066/800, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA775, Intel G41, FSB 1333/1066/800/533MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA 775, NVidia GeForce 7050, FSB 1333/1066/800, DDR2 Memory, SATA, Audio, USB 2.0 LGA 775, Intel P45, Dual Channel DDR2, FSB 2000/1600/1333/1066/800MHz, SATAII, RAID, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45, FSB 2000/1600/1333/1066MHz, DDR2 & 3 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 775, NVidia nForce 650i SLI, 1600/1333/1066/800 FSB, DD2, Dual Channel Memory, Audio, USB 2.0 LGA 775, Intel 945GC, 1333/1066/800/533MHz FSB, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel 945GC A2, FSB 1333/1066/800/533 MHz, DDR2 Dual Channel Memory, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel X48, FSB 1600/1333MHz, DDR3 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel X38 Chipset, DDR3 Dual Channel, SATA II, USB, Audio, 2.0, RAID LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/1800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, FireWire, eSATA, Audio LGA775, Intel 946GZ, FSB 800, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 667, Dual Channel Intel X38 Chipset, LGA 775, Cross Fire, ATX Factor, Dual Channel 800MHz LGA775, Intel 945GC, FSB 800, PCI-e x16, VGA, SATAII 300, NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 533, Dual Channel LGA775, Intel 915P, FSB 800, PCI-e x16, SATA 150, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 667, Dual Channel (BULK) LGA775, Intel 945GZ, FSB 800, PCI-e x16, VGA, SATA 300, RAID, GbE NIC, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 553, Dual Channel (BULK) LGA775, Intel P35, FSB 1333, PCI-e x16, SATAII 300, RAID, Dual GbE, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR2 1066, Dual Channel LGA 775, Intel G31, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45 Chipset, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Dual Channel Memory, USB 2.0, Audio, Express Gate LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45, 1600/1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, RAID, Audio LGA 775, NVIDIA nForce 790i Ultra SLIâ„¢, FSB 1600/1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR3, USB 2.0, FireWire, Audio LGA 775, NVidia NForce 780i, FSB 1333/1066/800MHz, SATA 300, USB 2.0, FireWire, Audio, Dual Channel DDR2 800 LGA 775, Intel P35 Express, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, SATA, RAID LGA 775, Intel X38 Chipset, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, Dual Channel, SATA II 300 LGA 775, Intel P35 Express, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, Dual Channel, SATA II LGA 775, Intel P35 Express, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, Dual Channel, SATA II LGA775, Intel P45, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID 0, RAID 1, RAID 0+1 and RAID 5, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P45, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0 LGA775, Intel P45, FSB 1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, SATA II, RAID 0, RAID 1, RAID 0+1 and RAID 5, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel X48 Express, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, Raid, USB 2.0 LGA 775, Intel X48 Express, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, Raid, USB 2.0, FireWire LGA 775, NVIDIA GeForce 9400 chipset, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, DDR2 Dual Channel, SATA, Raid, LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel X48, FSB 1600/1333/1066/800MHz, USB 2.0, Audio, SATA II 300, RAID LGA775, Intel P45, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio, Firewire LGA775, Intel P45, FSB 1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, SATA II, RAID 0, RAID 1, RAID 0+1 and RAID 5, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel X48 Express, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, FireWire LGA 775, Intel X48, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, USB 2.0, Audio, SATA II, RAID, Firewire LGA 775, Intel X38, FSB 1333/1066/800MHz, USB 2.0, FireWire, Dual Channel, Audio LGA 775, Intel X48 Express chipset, FSB 1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR2 800, SATA II 300, USB 2.0, FireWire, Audio LGA 775, NVidia GeForce 7050, FSB 1333/1066/800/533MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, RAID, USB 2.0, Audio LGA775, Intel G31, FSB 1333/1066/800 MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P35 Chipset, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P31, FSB 1333, PCIe x16, SATAII 300, GbE NIC, USB 2.0, DES ( Dynamic Energy Saver ), Audio, S/P DIF, DDR2 800, Dual Channel LGA775, Intel G41, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, USB 2.0, Audio, SATA II 300 LGA775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR3 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 774, Intel P45 Chipset, FSB 1600/1333/1066, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066MHz, Dual Channel DDR2, USB 2.0, Audio, SATA, RAID LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR3Dual Channel, RAID, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P45 Chipset, FSB 1333/1066/800MHz, SATA, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, RAID, USB 2.0, FireWire, Audio LGA 775, Intel G31, FSB 1600(O.C)/1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR2, Audio, USB 2.0, SATA LGA775, Intel G31, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, RAID, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel G31, FSB 1333/1066/800MHz, Dual Channel DDR2, Audio, USB 2.0, SATA LGA 775, Intel G31 Chipset, FSB 1333/1066/800Mhz, Audio, USB 2.0, VGA, LAN, 6x SATA Controller LGA775, Intel G41, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P31, FSB 1333/1066/800 MHz, Dual Channel DDR2, USB 2.0, Audio, SATA, RAID LGA775, Intel P35, PCIe x16, SATAII 300, RAID, GbE NIC, Firewire, USB 2.0, Audio, S/P DIF, DDR3 1333, Dual Channel LGA775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel X48 Chipset, FSB 1600/1333/1066/800MHz, SATA 300, Dual Channel, USB 2.0, Audi LGA775, Intel B43, FSB 1333, PCIe x16, VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, 6x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support LGA775, Intel G31, FSB 1333, PCIe X16, VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, 4x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support [BULK] LGA775, Intel G41, FSB 1333, VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, 8x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support LGA775, Intel G41, FSB 1333, PCIe X16, VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, 4x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support [BULK] LGA775, Intel G45, FSB 1333, HDMI, VGA, GbE NIC, 8-ch Audio, 6x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support LGA775, Intel G45, FSB 1333, PCIe X16, HDMI+DVI, GbE NIC, 8-ch Audio, RAID, 6x USB 2.0, Firewire, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support [BULK] LGA775, Intel Q45, FSB 1333, PCIe X16, DVI-I+DVI-D, GbE NIC, 6-ch Audio, RAID, 12x USB 2.0, Firewire, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support

24/2009

21

Aktual
Produk
INTEL DQ45CB/B INTEL DQ45EK/B J&W JW-IG31-MKII J&W JW-IP43-S J&W JW-P45D2-ULTRA J&W JW-P45PRO-FUSION MANLI MCP73V MSI G31M3-LS V2 MSI G41M4-F MSI P43 Neo-F MSI P45 Neo2-2FR MSI P45 Neo3-FR MSI PM8M3-V

Liputan Harga Pasar
Spesifikasi
LGA775, Intel Q45, FSB 1333, PCIe X16, DVI-I+DVI-D, GbE NIC, 6-ch Audio, RAID, 12x USB 2.0, Firewire, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support [BULK] LGA775, Intel Q45, FSB 1333, PCIe X16, DVI-I+DVI-D, GbE NIC, 6-ch Audio, RAID, 10x USB 2.0, DDR2-800 support, Intel Core2 Duo/ Core2 Quad support [BULK] LGA775, Intel G31, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P43, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA II, USB 2.0, Audio LGA 775, NVidia nForce 610i MCP Chipset, GeForce 7050 GPU, DDR2 Single Channel, USB 2.0, Audio, RAID LGA775, Intel G31, FSB 1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA775, Intel G41, DSB 1333/1066/800Mhz, DDR2 Dual Channel, SATA, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P43, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel Memory, USB 2.0, Audio, SATA, RAID LGA775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066MHz, DDR2 Dual Channel, SATA, FireWire, USB 2.0, Audio LGA 775, Intel P45, FSB 1600/1333/1066/800MHz, DDR2 Dual Channel Memory, USB 2.0, Audio, SATA, RAID LGA775, VIA P4M800, FSB 800, AGP 8x, SATA 150, NIC, USB 2.0, Audio, DDR400 (BULK)

Harga
140 155 47 66 109 87 53 63 77 92 154 120 52

Produk
PIXELVIEW GeForce 8400GS PIXELVIEW GeForce 8400GS 512 PIXELVIEW GeForce 8500GT 1GB HDMI PIXELVIEW GeForce 8500GT 512 PIXELVIEW GeForce 8500GT Ultra 256 PIXELVIEW GeForce 8600GT PIXELVIEW GeForce 8800GT PIXELVIEW GeForce 8800GT Ultra PIXELVIEW GeForce 9400GT PIXELVIEW GeForce 9500GT PIXELVIEW GeForce 9600 GSO PIXELVIEW GeForce 9600GT PIXELVIEW GeForce 9600GT 1GB PIXELVIEW GeForce 9800GT SPARKLE GeForce 9400GT 1GB SPARKLE GeForce 9400GT 512MB SPARKLE GeForce 9500GT SPARKLE GeForce 9600GT 512MB SPARKLE GeForce GT220 SPARKLE GeForce GT220 SPARKLE GeForce GTS 250 SPARKLE GeForce GTX260 SPARKLE GeForce GTX260 ZOTAC 9600 GT 512MB Synergy ZOTAC 9800 GTX+ ZOTAC GeForce 9500GT 512MB DDR2 ZOTAC GeForce 9500GT 512MB DDR3 ZOTAC GeForce 9600GT Supreme ZOTAC GeForce 9800GT ZOTAC GeForce 9800GT ECO 512 ZOTAC GeForce 9800GT ECO SYNERGY 1GB ZOTAC GeForce GTS 250 ZOTAC GeForce GTS 250 ZOTAC GeForce GTX 275 ZOTAC GTX295

Spesifikasi
8400GS, 256MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 8400GS, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 8500GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Output, HDMI, PCI-e x16 8500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 8500GT, 256MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 8600GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 8800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 8800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9400GT, 512MB DDR2, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600 GSO, 384MB DDR3, 192-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600GT, 1GB DD3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9800GT, 512MB DD3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9400GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, Dual DVI, HDCP, HDMI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600GT, 512MB GDDR3, 256-bit, DVI, HDMI, HDCP, HDTV GT220, 1GB DDR3, 128-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 GT220, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 GTS 250, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX260, 1792MB DDR3, 448-bit, DVI, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600 GT, 512MB GDDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, PCIe x16 9800GTX+, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 GeForce 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GeForce 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI HDTV, PCI-e x16 2.0 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 9800GT, 1GB DDR3 GTS 250, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTS 250, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX 275, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX295, 1792MB DDR3, 896-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 HD4650, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4670, 1GB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4770, 512MB DDR5, 128-bit, DVI, HDMI, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4830, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV Output, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4350, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 HD4650, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4650, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 HD4650, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4350, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4670, 1GB DDR3, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 2GB DDR5, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 HD5850, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 HD5870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0 HD4770, 512MB DDR5, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD3650, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, CrossFireX HD4350, 512MB DDR2, 64-bit, PCI-e x16 2.0 HD4650, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4650, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 512MB DDR3, DVI, PCI-e x16 2.0 HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, PCI-e x16 HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI, PCI-e x16 HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0, TURBO HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 HD5770, 1GB DDR5, 128-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0 HD5850, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 HD5870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4770, 512MB DDR5, 128-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 D4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD3650, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 HD3650, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 HD3850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 512MB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 X1650PRO, 512MB DDR2, Dual DVI, TV-Out, PCIe x16 HD 2400 PRO, 512MB DDR2, VGA, TV out, DVI-I, UVD, Blu-Ray, HDMI, HDCP, HD Audio, PCI-e x16 HD 3850, 256 MB GDDR 3, 256 bit, DVI-TV-Output, PCI-e x16 2.0 HD 3870, 512MB GDDR 4, 256 bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 HD 4850, 512MB DDR3, 256-bit, HDMI, Dual DVI-I, HDTV-out, HDMI HD 4870, 512MB DDR5, 256-Bit, Dual DVI-I, HDTV, HDMI, HDCP, PCI-e x16 2.0 HD3450, 256MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 HD3650, 256MB GDDR3, 128-bit, Dual DVI, TV-Output, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD3650, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, PCI-e x16 HD3870, 512MB GDDR4, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, HDCP, PCI-e x16 2.0 HD3870 X2, 1GB GDDR3, 256-bit, Dual DVI, TV-Out, Blu-Ray, HDTV, HDCP, HDMI, HD Audio HD4550, 512MB DDR3, 64-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4650, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4650, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4650, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4670, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4670, 1GB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4770, 512MB DDR5, 128-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4830, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4850, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0

Harga
38 45 84 65 72 97 207 212 56 103 127 147 197 177 54 50 59 96 84 77 144 225 189 94 134 60 66 99 122 117 127 165 145 260 510 80 108 97 142 147 214 320 318 295 40 61 57 75 124 65 77 150 153 237 262 49 93 99 200 179 255 530 285 295 320 435 144 49 41 59 66 84 124 140 129 185 165 210 245 254 270 200 332 435 91 124 225 82 92 152 212 309 53 35 114 178 174 295 34 64 42 198 347 68 81 63 65 76 84 134 110 199

VIDEO CARD

NVIDIA PCI Express
ASUS EN8600GT MAGIC/HTP/512M ASUS EN9400GT/DI/512M ASUS EN9500GT MAGIC/DI/512M ASUS EN9500GT TOP/DI/512M ASUS EN9600GSO MAGIC/HTDP/512M ASUS EN9600GT MATRIX/HTDI/512M ASUS EN9600GT/HTDI/512M ASUS ENGTS250/DK/HTDI/512M ASUS ENGTX295/2DI/1792MD3 BIOSTAR GeForce 9400GT 1GB BIOSTAR GeForce 9400GT 512 BIOSTAR GeForce 9500GT 1GB BIOSTAR GeForce 9600GT BIOSTAR GeForce 9800GT BIOSTAR GeForce GT 210 BIOSTAR GeForce GT 220 BIOSTAR GeForce GTS 250 DIGITAL ALLIANCE GeForce 7200GS 256MB DIGITAL ALLIANCE Geforce 7300GT Sonic DIGITAL ALLIANCE Geforce 7950 GT DIGITAL ALLIANCE GeForce 8400GS DIGITAL ALLIANCE GeForce 8400GS 256MB DIGITAL ALLIANCE Geforce 8500GT Sonic 256MB DIGITAL ALLIANCE GeForce 9400GT DIGITAL ALLIANCE GeForce 9500GT DIGITAL ALLIANCE GeForce 9600GT DIGITAL ALLIANCE GeForce 9600GT Sonic 1GB DIGITAL ALLIANCE GeForce 9600GT Sonic 512 DIGITAL ALLIANCE GeForce 9800GT DIGITAL ALLIANCE GeForce 9800GT DIGITAL ALLIANCE GeForce GTS 250 Green DIGITAL ALLIANCE GeForce GTX 275 DIGITAL ALLIANCE GeForce GTX 285 DIGITAL ALLIANCE GTS 250 DIGITAL ALLIANCE GTX 260 216SP Sonic DIGITAL ALLIANCE GTX 260 216SP Sonic DIGITAL ALLIANCE GTX 295 GIGABYTE GeForce 9500GT DDR3 GIGABYTE GV-N250ZL-1GI GIGABYTE GV-N26-896H-B GIGABYTE GV-N295-18I-B GIGABYTE GV-N94TOC-1GH GIGABYTE GV-N94TOC-1GI GIGABYTE GV-N95TD3-512I GIGABYTE GV-N95TOC-512i GIGABYTE GV-N96TZL-512i GIGABYTE GV-N98TOC-1GH GIGABYTE GV-N98TZL-512H GIGABYTE GV-N98XPZL-1GH GIGABYTE GV-NX84G256H GIGABYTE GV-NX86S256H GIGABYTE GV-NX96T1GHP GIGABYTE GV-NX98X512H-B LEADTEK WINFAST GeForce GTS 250 LEADTEK WINFAST GeForce GTX 275 LEADTEK WINFAST GeForce GTX 285 LEADTEK WINFAST GeForce GTX 295 LEADTEK WINFAST GTX 280 LEADTEK WINFAST PX7200GS TDH 256MB LEADTEK WINFAST PX8400GS 256MB LEADTEK WINFAST PX8400GS 512MB LEADTEK WINFAST PX8500GT 512MB LEADTEK WINFAST PX8600GT 256MB LEADTEK WINFAST PX9400GT 512 DDR2 LEADTEK WINFAST PX9500GT 512 DDR3 LEADTEK WINFAST PX9600 GT LEADTEK WINFAST PX9600GT LEADTEK WINFAST PX9800 GT LEADTEK WINFAST PX9800 GTX+ MANLI GeForce 7200GS MANLI GeForce 9400GT MANLI GeForce 9500GT MANLI GeForce 9600GT MANLI GeForce GTS 250 MANLI GeForce GTS 250 MANLI GeForce GTX 260 MANLI GeForce GTX 275 MANLI GeForce GTX 295 8600GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDTV, PCI-e x16 9400GT, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, HDCP, HDTV, PCI-e x16 9600 GSO, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, Dual DVI, HDTV, TV-Out, HDMI GTS 250, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX 295, 1792MB DDR3, 896-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9400GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 9500GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0 GT210, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0 GT220 1GB DDR3, 128-bit, DVI, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTS 250, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 7200GS, 256MB DDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 7300 GT, 256MB DDR3, Dual DVI, TV-Out, PCIe x16 7950 GT, 512MB DDR3, Dual DVI, TV-Out, PCIe x16 (BULK) 8400GS, 512MB DDR2, 64-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 8400GS, 256MB DDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 8500 GT, 256MB DDR3, DVI, TV-Out, SLI, PCIe x16 9400GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 2.0 9500GT, 1GB DDR2, 128-bit 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600GT, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9800GT, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTS 250, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX 275, 896MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 200, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTS 250, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 260, 1792MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 200 x2, 1792MB DDR3, 896-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9500GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTS 250, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX 295, 1792MB DDR3, 2x 448-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9400GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, PCI-e x16 2.0 9400GT, 1GB DDR2, 128-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 9500GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9800 GT, 1GB DDR3, 256Bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9800 GTX+, 1GB DDR3, 256Bit, DVI, TV-Out, HDPC, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 8400GS, 256MB DDR2, DVI, TV-Out, SLI, PCIe x16 8600GTS, 256MB GDDR3, Dual DVI, TV-Out, SLI, PCIe x16 9600GT, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9800GTX, 512MB GDDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDTV, HDCP, PCI-e x16 2.0 GTS 250, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX 275, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX 285, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX 295, 1792MB, 896-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 280, 1GB DDR3, 512-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 7200 GS, 256MB DDR2, DVI, TV-Out, PCIe x16 8400GS, 256MB GDDR2, DVI, TV-Out, Fan, PCIe x16 8400GS, 512MB GDDR2, DVI, TV-Out, Fan, PCIe x16 8500GT, 512MB DDR2, DVI, TV-Out, Heatpipe, PCIe x16 8600GT, 256MB DDR3, Dual DVI, TV-Out, PCIe x16 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, HDCP, PCI-e x16 2.0 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, PCI-e x16 2.0 9600 GT, 1024MB GDDR3, 256-bit, DVI, HDTV 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDMI, PCI-e x16 9800GT, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 9800GTX, 512MB DDR3, 256-bit 7200GS, 256MB DDR2, 64-bit, DVI, TV Out, PCI-e x16 9400GT, 512MB DDR2, 128-bit, DVI, TV-Out, PCI-e x16 9500GT, 512MB DDR3, 128-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDTV, PCI-e x16 2.0 9600GT, 512MB DDR3, 256-bit, Dual DVI, TV-Out, PCI-e x16 GTX 250, 1GB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTS 250, 512MB DDR3, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 GTX 260, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, TV-Out, HDCP, PCI-e x16 2.0 GTX 275, 896MB DDR3, 448-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 NVidia GTX 295, 1792MB DDR3, 896-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 80 64 84 98 96 169 134 185 560 55 47 60 79 106 49 80 129 29 48 303 38 33 56 54 65 97 127 117 137 120 152 255 364 157 207 263 502 98 193 365 565 70 70 91 74 120 160 179 224 44 102 155 233 180 290 410 535 395 27 38 41 64 88 58 73 130 110 125 145 28 48 67 99 168 149 205 255 512

ATI PCI Express
ASUS EAH4650/DI/1GD2 ASUS EAH4670/DI/1GD3 ASUS EAH4670/DI/512M ASUS EAH4770 FORMULA/DI/512MD5 ASUS EAH4830/HTDP/512MD3 ASUS EAH4850/HTDI/512M ASUS EAH4870 DK/HTDI/1GD5 ASUS EAH4870/HTDI/512M ASUS EAH4890/HTDI/1GD5 BIOSTAR HD4350 BIOSTAR HD4650 BIOSTAR HD4650 BIOSTAR HD4670 BIOSTAR HD4850 DIGITAL ALLIANCE HD4650 DIGITAL ALLIANCE HD4670 DIGITAL ALLIANCE HD4870 DIGITAL ALLIANCE HD4870 Green DIGITAL ALLIANCE HD4890 DIGITAL ALLIANCE HD4890 Sonic GIGABYTE GV-R435OC-512i GIGABYTE GV-R467D3-512I GIGABYTE GV-R467ZL-1GI GIGABYTE GV-R485OC-1GH GIGABYTE GV-R485ZL-512H GIGABYTE GV-R487D5-1GD GIGABYTE GV-R487X2-2GH-B GIGABYTE GV-R489-1GH-B GIGABYTE GV-R489OC-1GD GIGABYTE GV-R585D5-1GD-B GIGABYTE GV-R587D5-1GD-B GIGABYTE HD4770 HIS HD3650 512MB HIS HD4350 HIS HD4650 HIS HD4650 HIS HD4670 ICEQ DDR3 HIS HD4850 512 Platinum HIS HD4850 512MB DDR3 IceQ4 HIS HD4850 iCooler IV 512 HIS HD4870 1GB DDR5 Platinum HIS HD4870 512 Platinum HIS HD4870 IceQ4+1GB HIS HD4890 HIS HD4890 Turbo HIS HD4890 Turbo+ 1GB HIS HD5770 HIS HD5850 HIS HD5870 MANLI HD4670 MANLI HD4770 MANLI HD4870 POWERCOLOR HD3650 POWERCOLOR HD3650 Extreme POWERCOLOR HD3850 POWERCOLOR HD4850 POWERCOLOR HD4870 PCS+ POWERCOLOR X1650Pro 512MB SAPPHIRE HD 2400 1GB HM SAPPHIRE HD 3850 256MB SAPPHIRE HD 3870 512MB SAPPHIRE HD 4850 (Blue PCB DUAL Slot Fan Cooler) SAPPHIRE HD 4870 TOXIC 512MB Vapor Chamber SAPPHIRE HD3450 1GB Hyper Memory SAPPHIRE HD3650 SAPPHIRE HD3650 512 DDR2 SAPPHIRE HD3870 Toxic SAPPHIRE HD3870 X2 SAPPHIRE HD4550 SAPPHIRE HD4650 1GB SAPPHIRE HD4650 HDMI HM 1GB SAPPHIRE HD4650 HM 1GB SAPPHIRE HD4670 SAPPHIRE HD4670 1GB Arctic Cooling SAPPHIRE HD4770 Arctic Cooling SAPPHIRE HD4830 SAPPHIRE HD4850 1GB

22

24/2009

Liputan Harga Pasar
Produk
SAPPHIRE HD4850 X2 SAPPHIRE HD4870 1GB SAPPHIRE HD4890 SAPPHIRE HD5750 SAPPHIRE HD5770 SAPPHIRE HD5850 SAPPHIRE HD5870 SAPPHIRE RADEON X1550 SAPPHIRE X1550 SAPPHIRE X1650 PRO 512MB DDR2 XFX HD4650 XFX HD4670 XFX HD4770 XFX HD5850

Aktual
Harga
Rp. 1,745,000 Rp. 1,895,000 Rp. 1,695,000 Rp. 2,699,000 Rp. 2,745,000 Rp. 2,745,000 Rp. 2,945,000 Rp. 2,245,000 Rp. 3,150,000 Rp. 2,250,000 Rp. 3,100,000 Rp. 1,095,000 Rp. 5,595,000 Rp. 4,895,000 Rp. 2,195,000 Rp. 2,885,000 Rp. 3,895,000 Rp. 2,915,000 Rp. 2,195,000 Rp. 3,195,000 Rp. 2,100,000 Rp. 4,950,000 Rp. 1,725,000 Rp. 1,590,000 Rp. 2,100,000 Rp. 1,775,000 Rp. 2,945,000 Rp. 4,450,000 Rp. 1,295,000 Rp. 1,245,000 Rp. 1,345,000 Rp. 2,590,000 Rp. 1,495,000 Rp. 2,145,000 Rp. 1,675,000 Rp. 2,545,000 Rp. 2,645,000 Rp. 2,195,000 Rp. 1,845,000 Rp. 1,695,000 Rp. 1,075,000 Rp. 1,790,000 Rp. 1,495,000 Rp. 1,500,000 Rp. 4,355,000 Rp. 1,230,000 Rp. 1,495,000 Rp. 2,095,000 Rp. 3,795,000 Rp. 3,685,000 Rp. 3,290,000 Rp. 4,400,000 Rp. 2,495,000 Rp. 2,695,000 Rp. 2,780,000 Rp. 2,499,000 Rp. 3,245,000 Rp. 3,565,000

Spesifikasi
HD4850, 2GB DDR3, 2x 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, TV-Out, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD4890, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDCP, HDMI, HDTV, PCI-e x16 2.0 HD5750, 1GB DDR5, 128-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0 HD5770, 1GB DDR5, 128-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0 HD5850, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0 HD5870, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0 X1550, 256MB DDR2 (HyperMemory 1GB), DVI, TV-Out, PCI-e x16 X1550, 256MB DDR2, 128-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 X1650, 512MB DDR2, 128 bit, DVI, TV-Out, PCIe x16 HD4650, 512MB DDR2, HDTV, TV Out, Dual-Link DVI, PCIe x16 HD4670, 1GB DDR3, 128-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0 HD4770, 512MB DDR5, 128-bit, DVI, PCI-e x16 2.0 HD5850, 1GB DDR5, 256-bit, DVI, HDMI, PCI-e x16 2.0

Harga
405 240 299 165 196 300 420 28 30 40 65 89 158 315

Produk
KODAK EasyShare M1073 IS Black KODAK EasyShare M1093 KODAK EasyShare M863 Black KODAK EasyShare V1073 KODAK EasyShare V1233 KODAK EasyShare V1273 KODAK EasyShare Z1012 IS KODAK EasyShare Z1085 IS KODAK Easyshare Z812 IS

Spesifikasi
10.2 Megapixel, 3x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 32MB Internal, MMC/SDHC Card Slot, USB 2.0 10 Megapixel, 3x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 3.0” LCD Color, Li-Ion Battery, 32MB Internal Memory, SD/SDHC Slot 8.2 Megapixel, 3x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 16MB Internal Memory, USB 2.0, SD/SDHC/MMC Slot, Video, 2.7” LCD. 10 Megapixel, 3x Optical Zoom, 32MB Internal Memory, SD/SDHC Slot, Li-Ion Battery, USB 2.0. 12.1 Megapixels, 3X Optical Zoom, 5X Digital Zoom, 32MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.5” LCD Display - FREE Memory 1GB, Softcase 12 Megapixels, 3x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, SD/MMC Slot,3.0” Touchscreen LCD, USB 2.0 10 Megapixel, 12x Optical Zoom, SD/SDHC Slot, 32MB Internal Memory, Li-Ion Battery, USB 2.0. 10 Megapixel, 5x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 2.5” LCD Color, 32MB Internal Memory, SD/SDHC Slot. 8.2 Megapixel, 12x Optical Zoom, 4.2 Digital Zoom, SD Slot, 32MB Internal Memory, FREE Memory 1GB & Softcase 8.1 Megapixel, 12x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 21MB Internal Memory, SD/SDHC Slot, Li-Ion battery, USB 2.0 10 Megapixels, 15x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, 44MB Internal Memory, SD Card Slot, Video Recording, 3.0” LCD Display 8.0 Megapixels, 3.6x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, 20MB Internal Memory, SD/SDHC Card Slot, Video Recording, 2.7” LCD Display 13.5 Megapixels, 4x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, 48MB Internal Memory, SD/SDHC Memory Card Slot, Video Recording, 2.7” LCD 12.1 Megapixels, 24x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, 47MB Internal Memory, SD/SDHC Memory Card Slot, Video Recording, 3” Vari-angle LCD 10 Megapixels, 3x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, 44MB Internal Memory, SD Card Slot, Video Recording, 2.5” LCD Display 10 Megapixels, 3x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, 44MB Internal Memory, SD Card Slot, Video Recording, 3.0” LCD Display 12.2 Megapixels, 4x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, 45MB Internal Memory, SD Card Slot, Video Recording, 2.7” LCD Display 10.1 Megapixels, 5x Optical Zoom, 5.6x Digital Zoom, 14.7MB Internal Memory, xD and micro SD Card Compatible, Video Recording, 2.7” LCD Display. Free Micro SD 4 gb. 10 Megapixels, 3x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 48MB Internal Memory, xD and micro SD Card Compatible, Video Recording, 2.7” LCD Display. 10 Megapixels, 7x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, xD and micro Card Compatible, Video Recording, 3.0” LCD Display. 8 Megapixels, 5x Optical Zoom, 5.6x Digital Zoom, 14.8MB Internal Memory, xD and Micro SD compatible Card Slot, Video Recording, 2.7” LCD Display. Free Micro SD 4 gb. 12 Megapixels, 3.6x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, xD and micro Card Compatible, Video Recording, 2.7” LCD Display. 8 Megapixel, 3x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, 20.5MB Internal, xD Picture Slot, 2.5” LCD USB 2.0 10 Megapixel, 3x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, 20.5MB Internal, xD and Micro SD compatible, 2.4” LCD, USB 2.0. 10 Megapixels, 3x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, xD and micro Card Slot, Video Recording, 2.7” LCD Display. 8.0 Megapixels, 5x Optical Zoom, 20x Digital Zoom, 20.5MB Internal Memory, xD Card Slot, Video Recording, 2.7” LCD Display. Free Xd card 1 GB 12 Megapixels, 5x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, xD and micro Card Slot, Video Recording, 2.7” LCD Display. 10 Megapixels, 20x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, xD Card Slot, Video Recording, 2.7” LCD Display. 8.1 Megapixel, 3x Optical Zoom, 3x Digital Zoom, 2.4” TFT LCD, 2x AA Baterries, 11MB Internal Memory, SD/SDHC Slot 8.1 Megapixels, 3x Optical Zoom, 3x Digital Zoom, 9MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, 2.5” LCD Display 10.2 Megapixels, 3x Optical Zoom, 3x Digital Zoom, 11MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, 2.5” LCD Display 8.2 Megapixels, 5x Optical Zoom, 15x Digital Zoom, 190MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 3.0” LCD Display 7.2 Megapixels, 3x Optical Zoom, 15x Digital Zoom, 16MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.5” LCD Display 7.2 Megapixels, 3.6x Optical Zoom, 18x Digital Zoom, 450MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 3.0” LCD Display 8.2 Megapixels, 3x Optical Zoom, 15x Digital Zoom, 10MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.5” LCD Display 10.1 Megapixels, 3x Optical Zoom, 15x Digital Zoom, 20MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.4” LCD Display 12.4 Megapixels, 3x Optical Zoom, 15x Digital Zoom, 20MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.5” LCD Display 8.1 Megapixels, 3x Optical Zoom, 15x Digital Zoom, 20MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.5” LCD Display 10.2 Megapixels, 3x Optical Zoom, 3x Digital Zoom, 9MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, 2.7” LCD Display 10.1 Megapixels, 3x Optical Zoom, 15x Digital Zoom, 45MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.5” LCD Display 6.0 Megapixels, 3x Optical Zoom, 15x Digital Zoom, 16MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.5” LCD Display 8.1 Megapixels, 3x Optical Zoom, 15x Digital Zoom, 20MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.7” LCD Display 8.2 Megapixels, 5x Optical Zoom, 55x Digital Zoom, 20MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.5” LCD Display 7.1 Megapixel, 3x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 2.5” TFT LCD, USB 2.0, Lithium-Ion Battery 9.1 Megapixels, 10x Optical Zoom, 30x Digital Zoom, 15MB Internal Memory, Memory Stick Pro Duo Slot, Video, 3.0” LCD 7.2 Megapixels, 3x Optical Zoom, 2x Digital Zoom, Memory Stick Duo/Memory Stick Pro Duo Slot, 2.4” LCD TFT 10.1 Megapixels, 3x Optical Zoom, 6x Digital Zoom, Memory Stick Pro Duo Slot, Video, 2.4” LCD. 12.1 Megapixels, 4x Optical Zoom, 8x Digital Zoom, Memory Stick Pro Duo Slot, Video, 2.7” LCD. 10.1 Megapixel, 5x Optical Zoom, 10x Digital Zoom, 3.5” LCD 4MB Internal, MS Duo/PRO Duo Slot, USB 2.0 10.1 Megapixel, 4x Optical Zoom, 8x Digital Zoom, 3.5” LCD, 4GB Internal, MS Duo/PRO Duo Slot, USB 2.0 10 Megapixel, 4x Optical Zoom, 3x Digital Zoom, 15MB Internal Memory, Memory Stick Pro Slot,USB 2.0 12.1 Megapixel, 4x Optical Zoom, 10x Digital Zoom, 3.5” LCD, 4MB Internal, MS Duo/PRO Duo Slot, USB 2.0 8.1 Megapixels, 5x Optical Zoom, 10x Digital Zoom, 15MB Internal Memory, Memory Stick Pro Duo Slot, Video, 2.7” LCD 10.1 Megapixels, 5x Optical Zoom, 10x Digital Zoom, 15MB Internal Memory, Memory Stick Pro Duo Slot, Video, 2.7” LCD, Free 1GB Memory 12.1 Megapixels, 4x Optical Zoom, 8x Digital Zoom, 15MB Internal Memory, Memory Stick Pro Duo Slot, Video, 2.7” LCD 12.1 Megapixels, 4x Optical Zoom, 8x Digital Zoom, 15MB Internal Memory, Memory Stick Pro Duo Slot, Video, 3.0” LCD 12.1 Megapixels, 5x Optical Zoom, 10x Digital Zoom, 11MB Internal Memory, Memory Stick Pro Duo Slot, Video, 2.7” LCD 12.1 Megapixels, 5x Optical Zoom, 10x Digital Zoom, 11MB Internal Memory, Memory Stick Pro Duo Slot, Video, 3.0” LCD

MEMORY

DDR 2
A-DATA 1GB DDR2 800 Gaming A-DATA 1GB Kit DDR2 800 Extreme A-DATA 2GB Kit DDR2 800 Extreme A-DATA 4GB Kit DDR2 800 Extreme A-DATA DDR2-800X 1GB Kit A-DATA DDR2-800X-2GB Kit CORSAIR CM2X2048-6400C5 CORSAIR TWIN2X2048-6400 Gaming Series, 1GB, DDR 800 PC2-6400 Extreme, 2x 512MB, DDR2 800 PC-6400 Extreme, 2x 1GB, DDR2 800 PC-6400 Extreme, 2x 2GB, DDR2 800 PC-6400 X Series, 2x 512MB, PC2-6400 X Series, 2x 1GB, PC2-6400 2GB Kit DDR2 800, PC-6400 2x 1024MB DDR2 800 PC2-6400, TWIN2X, Black Heat Spreader, Special Tunned for Asus A8N/P5N Series CORSAIR TWIN2X2048-6400C4DHX 2x 1GB DDR2 800 PC-6400, CL 4, XMS2 DHX Series CORSAIR TWIN2X2048-8500C5D 2x 1024MB DDR2 1066 PC-8500, TWIN2X, Dominator CORSAIR TWIN2X4096-6400C4DHX 2x 2GB DDR2 800, PC6400, CL4, XMS2DHX Series CORSAIR TWIN2X4096-8500C5DF 2x 2GB DDR2 1066 PC-8500, CL5, Dominator, Airflow Fan CORSAIR VS1GB667D2 1GB DDR2 667 PC-5300, Value Select CORSAIR VS256MB533D2 256MB DDR2 533 PC-4200, Value Select CORSAIR VS2GB667D2 2GB DDR2-667 SDRAM PC-5300 CRUCIAL Ballistix 2GB Kit PC-6400 2x 1GB DDR2 800, PC-6400, BL2KIT12864AA80A CRUCIAL Ballistix 4GB Kit PC-6400 2x 2GB DDR2 800, PC-6400, BL2KIT25664AA80A CRUCIAL Ballistix Tracer 2GB Kit PC-8500 2x 1GB DDR2 1066, PC-8500, BL2KIT12864AL1065 CRUCIAL Ballistix Tracer 4GB Kit PC-6400 2x 2GB DDR2 800, PC-6400, BL2KIT25664AL80A GSKILL 1GB DDR2 PC-6400 Value 1GB DDR2 800 PC2-6400, Value, CL 5 GSKILL 2GB DDR2 PC-6400 Value 2GB DDR2 800 PC2-6400, Value, CL 5 KINGSTON KHX6400D2K2/4G 4GB Kit DDR2 800, PC-6400, HyperX KINGSTON KVR667D2N5/1G 1024MB DDR2 667 PC-5300, Value RAM KINGSTON KVR667D2N5/2G 2048MB DDR2 667 PC-5300 KINGSTON KVR667D2N5/512 512MB DDR2 667 PC-5300, Value RAM KINGSTON KVR667D2N5K2/2G 2x1GB DDR2 667 PC-5300, Value RAM KINGSTON KVR800D2N5/1G 1024MB DDR2 800 PC-6400, Value RAM KINGSTON KVR800D2N5/2G 2GB DDR2, PC-6400 KINGSTON KVR800D2N5/512 512MB DDR2 800 PC-6400, Value RAM KINGSTON KVR800D2N6/1G 1GB DDR2 800, PC-6400 CL6 MCPRO 1GB PC-5300 1GB DDR2 667 PC-5300 MVM 1024MB PC-5300 1024MB DDR2 667 PC-5300 MVM 1024MB-PC 6400 1024MB DDR2 800 PC-6400 MVM 2048MB - PC 6400 2048MB DDR2 667 PC-6400 MVM 2GB DDR2 PC-5300 2GB DDR2 667 PC-5300 MVM 512MB PC-5300 512MB DDR2 667 PC-5300 MVM 512MB PC-6400 512MB DDR2 800 PC-6400 TEAM TEDD1024M800HC5 1GB DDR2 800 PC2-6400, Elite, CL 5, Heat Spreader TEAM TEDD2048M800HC5DC 2x 1GB DDR2 800 PC2-6400, Elite, CL 5, Heat Spreader TEAM TEDD4096M800HC5DC 4GB Kit 800 (2 x 2GB) PC2-6400, Elite, CL5, Heat Spreader TEAM TEDDD2048M800HC5 2GB DDR2 800 PC2-6400, Elite, CL 5, Heat Spreader TEAM TXDD2048M1066HC5DC 2x 1GB DDR2 1066 PC2-8500, Xtreem, CL 5, Heat Spreader TEAM TXDD2048M1200HC5DC 2x 1GB DDR2 1200 PC2-9600, Xtreem, CL 5, Heat Spreader V-GEN 1024MB PC-4200 1024MB DDR2 533 PC-4200, 16 IC V-GEN 1024MB PC-5300 16IC 1024MB DDR2 667 PC-5300, 16 IC V-GEN 1024MB PC-6400 1024 MB DDR2 800 PC-6400, 16 IC V-GEN 2GB PC-5300 2GB DDR2 533 PC-5300, 16 IC V-GEN 2GB PC-6400 2GB DDR2 PC-6400, 16 IC V-GEN 512MB PC-4200 512MB DDR2 533 PC-4200, 8 IC V-GEN 512MB PC-5300 512MB DDR2 667 PC-5300, 8 IC V-GEN 512MB PC-6400 512MB DDR2 800 PC-6400, 8 IC VISIPRO 1GB PC-5300 1GB DDR2 667 PC-5300, 8 IC VISIPRO 1GB PC-6400 1GB DDR2 800 PC-6400, 16 IC VISIPRO 2GB PC-5300 2GB DDR2 667 PC-5300, 16 IC VISIPRO 2GB PC-6400 2GB DDR2 800 PC-6400 VISIPRO 512MB PC-5300 512MB DDR2 667 PC-5300 26.50 23 49 89 28 48 56 60 75 89 126 167 30 18 52 70 100 80 115 25 41 118 29 52 20 49 30 53 20 29 19 23 21 47 44 13 13 30 55 96 51 Rp. 900000 134 Rp. 198000 Rp. 275000 Rp. 285000 Rp. 490000 Rp. 495000 Rp. 118000 Rp. 150000 Rp. 155000 Rp. 285000 Rp. 290000 Rp. 495000 Rp. 500000 Rp. 140000 Rp. 1,305,000 96 87 105 65 Rp. 750000 Rp. 975000 Rp. 3,500,000 215 103 375 88 165 38.50 125 Rp. 2,650,000 Rp. 3,195,000 Rp. 2,295,000 Rp. 3,995,000 Rp. 4,345,000 Rp. 1,675,000 Rp. 2,245,000 Rp. 2,345,000 Rp. 1,295,000 Rp. 5,545,000 Rp. 4,395,000 Rp. 3,195,000 Rp. 1,295,000 Rp. 1,150,000 Rp. 1,245,000 Rp. 2,099,000

KODAK EasyShare Z8612 IS NIKON CoolPix L100 NIKON CoolPix L19 NIKON CoolPix P6000 NIKON CoolPix P90 NIKON CoolPix S220 NIKON CoolPix S230 NIKON CoolPix S620 OLYMPUS µ 1010 Black OLYMPUS µ 1040 Black OLYMPUS µ 1060 Black OLYMPUS µ 840 Black OLYMPUS µ TOUGH 8000 Silver OLYMPUS FE-20 Black OLYMPUS FE-25 Silver OLYMPUS FE-3000 Gold OLYMPUS FE-330 Silver OLYMPUS FE-5010 Black OLYMPUS SP 570 SAMSUNG Digimax S860 Silver SAMSUNG ES10 Black SAMSUNG ES15 Silver SAMSUNG i85 Silver SAMSUNG L730 Red SAMSUNG L74 Black SAMSUNG L830 Silver SAMSUNG NV15 SAMSUNG NV20 SAMSUNG NV8 SAMSUNG PL50 Silver SAMSUNG S1030 SAMSUNG S630 Silver SAMSUNG S830 Black SAMSUNG S85 Black SANYO VPC-E760 Gold SONY CyberShot DSC-H50 SONY CyberShot DSC-S730 SONY CyberShot DSC-S930 Black SONY CyberShot DSC-S980 Silver SONY CyberShot DSC-T500 Black SONY CyberShot DSC-T700 Grey SONY CyberShot DSC-T77 Silver SONY CyberShot DSC-T900 Red SONY CyberShot DSC-W150 SONY CyberShot DSC-W170 Gold SONY CyberShot DSC-W220 Silver SONY CyberShot DSC-W230 Silver SONY CyberShot DSC-W270 Silver SONY CyberShot DSC-W290 Black

SPEAKER
ALTEC LANSING VS3251 CREATIVE Inspire T6100 CREATIVE Inspire T6160 CREATIVE Inspire T6200 CREATIVE SBS A500 DIVOOM XFORCE 1H EDIFIER M3350 EDIFIER S550 LOGITECH G51 LOGITECH X-540 LOGITECH Z-5500 SONICGEAR Blue Thunder II R SONICGEAR Enzo 7000 SONICGEAR Spectra 2000 SONY SRS-D511 CANON Digital Ixus 100 IS Red CANON Digital Ixus 110 IS Silver CANON Digital Ixus 85 IS CANON Digital Ixus 980 IS Black CANON Digital Ixus 990 IS Silver CANON PowerShot A1000 IS CANON PowerShot A2000 IS Silver CANON PowerShot A2100 IS Black CANON PowerShot A480 Black CANON PowerShot SX1 IS CANON PowerShot SX10 IS CANON PowerShot SX110 IS KODAK EasyShare C1013 KODAK EasyShare C180 KODAK EasyShare C913 KODAK EasyShare M1033 Black 5.1 Speaker System, 70 Watts RMS 5.1 Multimedia Speaker System - 8 Watts RMS + 26 Watts RMS (subwoofer) 5.1 Speaker System, 6 Watts RMS per channel (5 channels), 20 Watts RMS subwoofer 5.1 Speaker, Front/rear satellites 4x 7.5 Watts, Centre satellite speaker 18 Watts, Subwoofer 22 Watts 5.1 Multimedia Speaker System - 6 Watts RMS + 17 Watts RMS (subwoofer) 5.1 Speaker System, 100 Watts RMS 5.1 Speaker Systems, 5Wx4 + 10W + 15W 5.1 Speaker System, 32Wx5 + 120W 5.1 Gaming Speaker System with Control Pod, 155 Watts RMS 5.1 Surround Speaker System with Control Pod, 70 Watts RMS 5.1, 500 W rms, THX, Dolby Digital, DTS, digital input, optic out 5.1 Speaker System, 80 Watts RMS 5.1 Speaker System, 170 Watts RMS 5.1 Speaker System, 28 Watts RMS 5.1 Speaker System, 50 Watts RMS

KAMERA POKET
12.1 Megapixels, 3X Optical Zoom, 4X Digital Zoom, SD/MMC Card Slot, 2.5” TFT LCD. 12.1 Megapixels, 4X Optical Zoom, 4X Digital Zoom, SD/MMC Card Slot, 2.8” TFT LCD. 10.0 Megapixels, 3X Optical Zoom, 4X Digital Zoom, SD/MMC Card Slot, 2.5” LCD. 14.7 Megapixels, 3.7X Optical Zoom, 4X Digital Zoom, SD/MMC Card Slot, 2.5” TFT LCD. 12 Megapixels, 5X Optical Zoom, 4X Digital Zoom, SD/MMC Card Slot, 3.0” TFT LCD. 10 Megapixel, 4x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, SD/SDHC/MMC Slot, 2.5 TFT LCD. 10 Megapixel, 6x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, SD/SDHC/MMC Slot, 3.0 TFT LCD. 12.1 Megapixel, 6x Optical Zoom, 4x Digital Zoom, SD/SDHC/MMC Slot, 3.0 TFT LCD. 10 Megapixels, 3.3X Optical Zoom, , SD/MMC Card Slot, Video Recording, 2.5” LCD Display 10 Megapixels, 20x Optical Zoom, SD/MMC Slot, HDMI, 3.0” TFT LCD. 10 Megapixels, 4x Digital Zoom, 2.5 “ TFT LCD, SD/MMC Slot, 4x AA Baterry, USB 2.0 9 Megapixels, 4x Digital Zoom, 3.0” TFT LCD, SD/MMC Slot, USB 2.0, AA Alkaline Battery 10 Megapixel, 3x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 2.4” LCD Color, 2x Alkaline Battery, 16MB Internal Memory, SD/SDHC Slot 10.1 Megapixels, 3x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 16MB Internal Memory, SD/MMC Card Slot, 2.5” LCD Display, FREE Charger 9 Megapixel, 3x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 2.4” LCD, 16MB Internal, SD/MMC Slot, USB 2.0 HARGA kompetitif 10 Megapixel, 3x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, 3.0 LCD Color, Lithium-Ion Battery, 32MB Internal Memory, SD/SDHC Slot

—Harga diambil dari bhinneka.com. Harga dapat berubah sewaktu-waktu. Kurs US$ diambil dari klikbca.com

24/2009

23

Hardware Tes: Memory
A-DATA Vitesta Extreme Edition
Harga: Rp650.000,Info: INT’L KOMPUTER (021) 600-0358 www.adata.com.tw

untuk menghadirkan yang berKami dari produsen A-Dataprodukpengujian asal untuk hardware memory, produk ini merupakan seri Vitesta Extreme Edition 4 GB kit. Produk ini memiliki kapasitas 2048 MB untuk satu kepingnya, terdiri dari dua keping RAM dalam paket penjualannya. Dari pengujian yang kami lakukan, tentunya dengan fitur dual channel aktif, diperoleh kinerja yang terbilang baik. Kami mengujinya dengan menjalankan RAM pada clock aslinya (yang disarankan), yaitu CL5-5-5-18 dengan voltase 1.8 V, 800 Mhz. Meski dengan setting default, produk ini mampu bekerja dengan sangat baik. Paket penjualan cukup sederhana, dengan manual tercetak di bagian dalam dari kertas

Interkoneksi

Dilengkapi heatspreader, overclockable

-

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai

Performa
Quake3 Demo001, normal (fps) Memory Read (MB/s) Memory Write (MB/s) Memory Latency (ns) Super PI 2M places (s) PCMark05, Memory Test Suite Total Bobot Performa 8.00% 4.00% 4.00% 4.00% 8.00% 12.00% 40.00% 0.32% 0.32% 0.32% 6.35% 6.35% 3.17% 3.17% 20.00% 1.36% 6.82% 6.82% 15.00% 3.13% 1.88% 5.00% 14.00% 6.00% 20.00% 75.1 7594.00 6781.00 57.20 51.67 6613 Total Nilai Performa Not Supported Supported Supported 400 3 yes 4096 Total Nilai Feature & Overclocking Ya Ya Hardcase Total Nilai Handling & Dokumentasi Lifetime Powered by Manufacturer, where to buy, FAQ/Support Total Nilai Service 64.00 0.0156 Total Nilai Harga 19.97 9.98 9.99 9.72 19.98 28.98 98.62 0.00 1.59 1.59 19.07 31.75 15.87 15.87 85.73 9.09 45.45 45.45 100.00 62.5 37.5 100.00 46.98 22.97 69.95

packaging. Perlengkapan lain, ia sudah dilengkapi dengan heatspreader berbahan aluminium berwarna merah, warna khas dari Adata. Untuk Anda yang suka melakukan overclocking, tentunya menjadi nilai tambah tersendiri. Karena batasan operasional dapat lebih baik lagi bila dibandingkan dengan memory yang tidak menggunakan heatspreader. Mengingat, overclocking yang akan meningkatkan suhu chip ketika beroperasi. Dengan penawaran harga yang terbilang murah untuk ukuran paket dual channel kit, ia cukup kompetitif. Apalagi bila diperbandingkan dengan kinerja dan kapasitas yang dimilikinya. Di luar itu, garansi lifetime menjadi nilai tambah tersendiri, selain kompatibilitas yang cukup baik.

Feature & Overclocking
Analysis Probe FET Switch External Weak Driver

Spesifikasi
Model Manufaktur Memory Type Memory Module Properties: Module Name Serial Number Module Size Module Type Memory Type Memory Speed Module Width Module Voltage Error Detection Method Refresh Rate Memory Timings: @ 400 MHz @ 266 MHz @ 200 MHz Enhanced Performance Profile: Profile Name Optimal Performance Profile Memory Speed Voltage Memory Timings Adata Vitesta Extreme Edition 4GB kit A-DATA Technology Co., Ltd. DDR2 PC6400 A-Data EXTREME DDR2 800+ None 2 GB (2 ranks, 8 banks) Unbuffered DIMM DDR2 SDRAM DDR2-800 (400 MHz) 64 bit SSTL 1.8 None Reduced (7.8 us), Self-Refresh 5-5-5-18 (CL-R CD-RP-RAS) / 23-51-3-6-3-3 (RC-RFC-RRD-WR-WTR-RTP) 4-4-4-12 (CL-RCD-RP-RAS) / 16-34-2-4-2-2 (RC-RFC-RRD-WR-WTR-RTP) 3-3-3-9 (CL-RCD-RP-RAS) / 12-26-2-3-2-2 (RC-RFC-RRD-WR-WTR-RTP) High Frequency Yes DDR2-800 (400 MHz) 2.0 V 4-4-4-12 (CL-RCD-RP-RAS)

Memory Timings:
Highest Frequency Lowest CL (CAS Latency) Heat Spreader Module Size Total Bobot Feature & Overclocking

Handling & Dokumentasi
Manual Dokumentasi Dual Channel Kit Kemasan Total Bobot Handling & Dokumentasi

Service
Garansi Situs Total Bobot Servis

Harga
Harga (US$) Harga/GB (US$) Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100.00%

Total Nilai Keseluruhan

90.58

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik Sekali

90.58
Rp. 650.000,-

Spesifikasi Pengujian: AMD Phenom II X4 955 BE 3,2GHz; Gigabyte MA785GM-US2H; WD Raptor 74GB; Windows 7 Ultimate RC Build 7100

G.SKILL F2-6400CL4D-4GBHK
Harga: US$70 Info: Dinamika Perkasa Jaya (021) 601-2974 www.gskill.com

eri memory kami Sjuga produkdatang darilainnya yangG.Skill. hadirkan, produsen Ia hadir dengan seri produk dual channel kit. Terlihat dari kode nama G.Skill F2-6400CL4D- 4GBHK, ia memiliki kapasitas maksimal 4 GB, yang terbentuk dua keping modul memory. Kapasitas untuk masing-masing modul tersebut adalah 2048 MB. Performa yang dihasilkan dari produk ini cukup bagus. Tes benchmark kami jalankan dengan spesifikasi standar dari RAM ini, yaitu CL4-4-4-12, dengan voltase rujukan 1.8 V ~ 1.9 V, 800 Mhz. Dari setting ini, dihasilkan kinerja yang cukup baik. Selain itu, pada setting CL yang lebih ketat, kiranya ia akan lebih baik lagi dalam beroperasi pada aplikasi yang lebih membutuhkan latency kecil. Selain itu, juga terbukti produk ini memiliki

Interkoneksi

Heatspreader, overclockable

-

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai

Performa
Quake3 Demo001, normal (fps) Memory Read (MB/s) Memory Write (MB/s) Memory Latency (ns) Super PI 2M places (s) PCMark05, Memory Test Suite Total Bobot Performa 8.00% 4.00% 4.00% 4.00% 8.00% 12.00% 40.00% 0.32% 0.32% 0.32% 6.35% 6.35% 3.17% 3.17% 20.00% 1.36% 6.82% 6.82% 15.00% 3.13% 1.88% 5.00% 14.00% 6.00% 20.00% 75.13 7497.00 6784.00 56.10 51.61 6558 Total Nilai Performa Not Supported Supported Supported 400 4 yes 4096 Total Nilai Feature & Overclocking Tidak ada Ya Hardcase Total Nilai Handling & Dokumentasi Lifetime Powered by Manufacturer, where to buy, FAQ/Support Total Nilai Service 70.00 0.0171 Total Nilai Harga 19.98 9.73 9.99 10.00 20.00 28.32 98.03 0.00 1.59 1.59 19.07 21.16 15.87 15.87 75.15 0.00 45.45 45.45 90.91 62.5 37.5 100.00 40.44 18.41 58.85

Feature & Overclocking
Analysis Probe FET Switch External Weak Driver

kompatibilitas cukup baik terhadap berbagai tipe motherboard, sebagaimana kami juga ujikan pada board-board lain selain test-bed yang kami gunakan. Tidak ketinggalan, ia dilengkapi dengan heatspreader terintegrasi yang diberi warna biru. Tentunya menjadi nilai tambahan tersendiri bagi Anda para overclocker. Karena batasan operasi pada clock tinggi lebih terjamin lagi dengan tambahan pendingin tersebut. Paket penjualan di dalamnya tidak disertakan apapun, hanya unit RAM saja. Bahkan ia tidak menyediakan manual sama sekali. Produk ini dibanderol oleh produsen seharga US$70 untuk dual channel kit yang ditawarkan. Melihat dari performa yang dihasilkan, kelengkapan heatspreader dan kompatibilitas yang cukup tinggi, rasanya harga masih masuk akal dan kompetitif.

Spesifikasi
Model Manufaktur Memory Type Memory Module Properties: Module Name Serial Number Module Size Module Type Memory Type Memory Speed Module Width Module Voltage Error Detection Method Refresh Rate Memory Timings: @ 400 MHz @ 266 MHz Enhanced Performance Profile: Profile Name Optimal Performance Profile Memory Speed Voltage Memory Timings Gskill F2-6400CL4D-4GBHK GSkill International Enterprise DDR2 PC6400 G Skill F2-6400CL4-2GBHK None 2 GB (2 ranks, 8 banks) Unbuffered DIMM DDR2 SDRAM DDR2-800 (400 MHz) 64 bit SSTL 1.8 None Reduced (7.8 us), Self-Refresh 5-5-5-15 (CL-RCD-RP-RAS) / 24-51-3-6-3-3 (RC-RFC-RRD-WR-WTR-RTP) 4-4-4-10 (CL-RCD-RP-RAS) / 16-34-2-4-2-2 (RC-RFC-RRD-WR-WTR-RTP) High Performance Yes DDR2-800 (400 MHz) 1.9 V 4-4-4-12 (CL-RCD-RP-RAS)

Memory Timings:
Highest Frequency Lowest CL (CAS Latency) Heat Spreader Module Size Total Bobot Feature & Overclocking

Handling & Dokumentasi
Manual Dokumentasi Dual Channel Kit Kemasan Total Bobot Handling & Dokumentasi

Service
Garansi Situs Total Bobot Servis

Harga
Harga (US$) Harga/GB (US$) Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100.00%

Total Nilai Keseluruhan

84.65

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

84.65
US$70

Spesifikasi Pengujian: AMD Phenom II X4 955 BE 3,2GHz; Gigabyte MA785GM-US2H; WD Raptor 74GB; Windows 7 Ultimate RC Build 7100

24

24/2009

Tes: Power Supply Hardware
VenomRX Boomslang Hemotoxin Edition
Harga: US$85 Info: Asiaraya Computronics (021)601-9408 www.venomrxs.com

Venom berkesan nama PenamaanHemotoxin, hal ini seperti nama ular. Apalagi dengan penambahan Boomslang tampak lebih memperkuat kesan beracun dari karakter seekor ular. Produk VenomRX ini memiliki peak power sebesar 700 Watt, yang tentunya akan dapat mengakomodasi kebutuhan daya besar dari kebanyakkan komponen peripheral komputer yang ada saat ini. Dari desain enclosure, ia menggunakan bahan dasar untuk bodi SECC Steel dengan ketebalan yang cukup baik. Warnanya sendiri tampak salah satu yang membuatnya cukup unik, yaitu keseluruhan berwarna titanium. Untuk berat PSU secara keseluruhan adalah 1,8 kg. Berat ini belum termasuk dengan modular cable. Fungsi pendingin yang diterapkan cukup baik menurut kami, dengan dilengkapinya heatsink aluminium dan fan besar berukuran

Interkoneksi

Performa baik dan stabil, modular, fan besar

Paket penjualan minimalis

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai

Performa
Vcore full load (V) +3.3v full load (V) +5v full load (V) +12v full load (V) 4+4pin (CPU) full load (V) Total Bobot Performa 3.60% 6.00% 8.40% 12.00% 12.00% 42.00% 5.83% 4.67% 2.33% 2.33% 1.17% 2.33% 2.33% 1.75% 1.75% 3.50% 28.00% 14.40% 3.60% 18.00% 12.00% 12.00% 1.28 3.38 5.00 12.32 12.25 Total Nilai Performa 7 unit 6 unit 1 unit 2 unit 1 unit active no yes yes power cable Total Nilai Feature & Perlengkapan 2 tahun Info Produk, reseller Total Nilai Handling 85.00 Total Nilai Harga 6.93 14.24 19.05 28.49 28.88 97.59 14.58 12.50 2.08 4.17 2.08 8.33 0.00 6.25 6.25 2.08 58.33 80.00 13.33 93.33 65.17 65.17

Fitur
Kabel 12v Kabel SATA Kabel Floppy Kabel PCIE (6+2pin) dan 6pin Kabel 4+4pin dan 4pin PFC

13,5 cm. Uniknya, saat Anda menyalakan PSU ini, akan ada efek LED berwarna hijau pada sekeliling fan-nya, sehingga akan cocok bagi para modder. Ia sudah menggunakan fitur active PFC dan memiliki sertifikasi 80 Plus. Dari hasil tes pengujian yang kami lakukan, hasil yang diperoleh cukup baik. Dengan tidak melebihi batasan fluktuasi daya 3% untuk masing-masing rail tegangan +3.3v. +5v, dan +12v. Adanya tambahan konektor PCI-e 6+2 pin dan 6 pin memberikan penilaian tersendiri untuk produk ini, dimana tentunya dengan begitu PSU ini sudah mendukung sistem SLI ataupun Crossfire. Paket penjualan dari produk ini cukup sederhana, tidak dilengkapi manual apapun, dan hanya ditambahkan sebuah power cable di dalamnya. Namun, dengan fitur dan performanya, tetap dapat dijadikan salah satu pilihan tersendiri.

Spesifikasi
Model Manufaktur Power Rating ATX Version PFC Input Frequency Range AC Input DC Output: +3.3V +5V +12V1 +12V2 -12V +5V (standby) Jumlah / Ukuran Fan Dimensi Manajemen Fan Berat Fitur Tambahan Paket Penjualan VenomRX Boomslang 700W Hemotoxin VENOMRX 700 Watt 12V/V 2.3 Active 47Hz ~ 63Hz 100V - 240V 24 Amperes 24 Amperes 20 Amperes 20 Amperes 1 Amperes 2.5 Amperes 1 / 13.5cm fan 19cm (L) x 15cm(W) x 8,6cm(H) 1,8kg Modular, 6+2pin cable. power cable

Perlengkapan
Manajemen Fan Tombol on-off Cable Sleeve Perlengkapan Lainnya Total Bobot Feature & Perlengkapan

Dukungan
Garansi Dukungan Internet Total Bobot Handling

Harga
Harga (US$) Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100.00%

Total Nilai Keseluruhan

81.75

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

81.75
US$85

Spesifikasi Pengujian: Intel Pentium 4EE 3,4 GHz, Asus P5GD2 Premium, GeForce GT6600 128MB, 2x512MB DDR2 PC3200, Maxtor 6E030LO 30GB, Windows XP Professional SP1, Asus PC Probe

Xigmatek NRP501
Harga: US$75 Info: Dinamika Perkasa Jaya (021) 601-2974 www.xigmatek.com

bukan untuk produk PSU. Kali ini, produk uji XigmatekNRP501.pemain baruyang kamidaya Xigmatek Produk ini memiliki
Interkoneksi

Performa baik, stabil, dual video card ready

Tidak modular

Hasil Lengkap Tes Lab
Bobot Nilai

Performa
Vcore full load (V) +3.3v full load (V) +5v full load (V) +12v full load (V) 4+4pin (CPU) full load (V) Total Bobot Performa 3.60% 6.00% 8.40% 12.00% 12.00% 42.00% 5.83% 4.67% 2.33% 2.33% 1.17% 2.33% 2.33% 1.75% 1.75% 3.50% 28.00% 14.40% 3.60% 18.00% 12.00% 12.00% 1.28 3.31 5.03 12.13 12.03 Total Nilai Performa 4 unit 4 unit 1 unit 2 unit 1 unit active no yes yes Manual book, Warranty card, PSU dust bag, Cable ties, Cable power, Screw. Total Bobot Feature & Perlengkapan Total Nilai Feature & Perlengkapan 2 tahun Info Produk, reseller Total Nilai Handling 75.00 Total Nilai Harga 58.33 80.00 13.33 93.33 68.68 68.68 6.93 13.95 19.16 28.05 28.36 96.45 8.33 8.33 2.08 4.17 2.08 8.33 0.00 6.25 6.25 12.50

Fitur
Kabel 12v Kabel SATA Kabel Floppy Kabel PCIE (6+2pin) dan 6pin Kabel 4+4pin dan 4pin PFC

sebesar 500 Watt. Angka ini memang terbilang masih kecil untuk ukuran PSU saat ini, guna menggerakkan komponen komputer yang rata-rata haus daya. Namun, tetap ia lebih dari cukup untuk meng-handle komponen komputer pada kelas mainstream. Material bahan yang digunakan, yaitu dari bahan SECC Steel dengan balutan warna abu-abu di sekujur tubuhnya. Untuk ukuran berat PSU yang hanya 1,8 kg, masih cukup untuk membuktikan bahwa komponen yang digunakan juga cukup baik. Terbukti jika Anda melongok ke dalam bagian komponen, terdapat 3 heatsink aluminium yang dipasangkan, untuk membantu mendinginkan PFC circuit. Ditambah adanya fan berdiameter cukup besar dan tidak standar, yaitu 14 cm. Namun memang ukuran berat

ini masih cukup ringan, mengingat saat kami timbang, kabel terintegrasi juga ikut. Karena ia bukanlah seri dengan kabel modular. Beralih ke performa yang dihasilkan produk ini. Cukup baik kami rasa, karena saat kami uji kinerja dari masing-masing rail tegangan +3.3v, +5v, dan +12v, daya yang dihasilkan masih stabil dengan tidak adanya fluktuasi daya hingga di atas 3% untuk kinerja masing-masing rail. Pengujian kami lakukan pada posisi idle, kemudian ke posisi full load. Konektor tambahan yang dimiliki tidak banyak. Hanya kami lihat disediakan tambahan konektor 6+2-pin sebanyak dua buah sehingga PSU ini sudah bisa mendukung teknologi dual graphic card add-on, baik Cossfire ataupun SLI. Paket penjualan cukup lengkap. Manual book, kabel power, cable ties, dan dust bag yang sudah pasti ada. Hanya saja ia belum memiliki fitur cable management (modular).

Spesifikasi
Model Manufaktur Power Rating ATX Version PFC Input Frequency Range AC Input DC Output: +3.3V +5V +12V1 +12V2 -12V +5V (standby) Jumlah / Ukuran Fan Dimensi Manajemen Fan Berat Fitur Tambahan Paket Penjualan Xigmatek NRP-PC501 XIGMATEK Co., Ltd. 500 Watt 12V/V 2.2 Active 50Hz ~ 60Hz 115Vac/6.0A max. 230Vac/3.0A max. 24 Amperes 15 Amperes 18 Amperes 18 Amperes 0.3 Amperes 3.0 Amperes 1 / 14cm fan 15cm (L) x 16cm(W) x 8,6cm(H) 1,83kg Manual book, Warranty card, PSU dust bag, Cable ties, Cable power, Screw.

Perlengkapan
Manajemen Fan Tombol on-off Cable Sleeve Perlengkapan Lainnya

Dukungan
Garansi Dukungan Internet Total Bobot Handling

Harga
Harga (US$) Total Bobot Harga

Total Bobot Keseluruhan

100.00%

Total Nilai Keseluruhan

81.70

Hasil Tes
Harga berdasarkan Vendor

Baik

81.70
US$75

Spesifikasi Pengujian: Intel Pentium 4EE 3,4 GHz, Asus P5GD2 Premium, GeForce GT6600 128MB, 2x512MB DDR2 PC3200, Maxtor 6E030LO 30GB, Windows XP Professional SP1, Asus PC Probe

24/2009

25

Workshop Membuat Distro Linux

Inilah Definisinya!
EULA
Singkatan dari End User License Agreement. EULA adalah perjanjian antara pembuat aplikasi dan pengguna aplikasi tersebut. EULA sering juga disebut software license, yang menyatakan bahwa pengguna boleh menggunakan perangkat lunak ini dengan syarat ia harus setuju untuk tidak melanggar semua larangan yang tercantum pada EULA tersebut. Persetujuan ini bisa dinyatakan dengan memilih “I Accept” pada awal proses instalasi aplikasi.

IceWM
Window manager untuk X Window System yang diciptakan oleh Marko Macek dengan menggunakan C++. IceWM cenderung ringan dalam penggunaan memory dan CPU. Versi terakhirnya adalah versi 1.2.37 yang dirilis pada Januari 2009.

KOffice
Office suite untuk KDE yang semua komponennya bersifat free dan open source. KOffice menggunakan format OpenDocument bila dimungkinkan. Versi terakhirnya adalah 2.0.2 yang dirilis pada Agustus lalu.

Bila diibaratkan sebuah kue, maka distro-distro Linux seperti Slackware, Red Hat, Debian, dan lain-lain adalah adonan utamanya. Dari adonan tersebut bisa dibentuk menjadi “kue” lain yang bernama Ubuntu (turunan dari Debian), Mandriva (turunan dari Red Hat), dan OpenSUSE (turunan dari Slackware).

K

ita sebagai end user, pada umumnya menikmati distro yang sudah jadi atau istilahnya pre-built, dan baru meng-customize-nya setelah proses instalasi. Hal ini wajar saja, sebab membuat sebuah distro bukanlah perkara yang mudah. Anda harus memiliki pengetahuan yang dalam mengenai Linux, agar bisa mengompilasi sebuah distro.

Tapi itu dulu. Dalam beberapa tahun terakhir ini, membuat sebuah distro sudah menjadi lebih mudah melalui fasilitas online. Salah satu fasilitas tersebut bernama SUSE Studio yang dikembangkan oleh Novell. Melalui fasilitas ini, Anda diizinkan untuk merakit sendiri distro yang berbasis SUSE, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Di Workshop ini, kami akan memaparkan cara pembuatan distro tersebut, proses instalasi dan dual booting dengan Windows. Yang Anda butuhkan hanyalah browser, koneksi Internet, dan sebuah CD kosong. Setelah distronya dibuat, Anda bisa memamerkan distro buatan sendiri ke teman-teman.

Proses Pembuatan Distro
Pembuatan Account Sama seperti aktivitas online pada umumnya, agar bisa masuk ke dalam SUSE Studio, Anda harus memiliki account di sana. Pembuatan account-nya gratis, tapi harus melalui proses invitasi.

4Setelah invitasi Anda terima, klik link seperti yang tertera di gambar.

Shell Script
Script yang ditulis untuk shell, atau command line interpreter, pada sebuah sistem operasi. Ini terkadang dianggap sebagai bahasa pemrograman domain-spesific yang sederhana. Tipe operasi yang ditampilkan oleh shell script mengandung manipulasi file, eksekusi program, dan printing text. Terkadang juga shell script merujuk pada script yang ditulis untuk Unix shell, command.com (dos) dan cmd. exe (Windows) command line script, yang disebut dengan batch file.

1Buka http://susestudio.com/, dan klik Create account/Sign in.

Slackware
Sistem operasi yang bersifat free dan open source serta salah satu distro Linux tertua yang terus dikembangkan. Slackware diciptakan oleh Patrick Volkerding di tahun 1993. Slackware bertujuan untuk stabilitas, kesederhanaan, dan menjadi distro yang sangat mirip dengan Unix (Unix-like). Saat ini versi teranyarnya adalah 13.0 yang dirilis 26 Agustus lalu.

satu ID yang 2Di halaman selanjutnya, masukkan alamat e-mail Anda, dan klik Request 5Kemudian, klik salahcontoh, kami invitation. Anda miliki. Dalam akan menggunakan Yahoo! ID. Lalu, klik Agree.

3Selanjutnya, pilih alasan Anda, dan klik pada Send Sooner.

My Invitation

Xen
Mesin virtual untuk arsitektur x86, x64, Itanium, dan PowerPC 970. Xen mengizinkan beberapa OS dieksekusi sekaligus dalam satu lingkungan hardware yang sama. Versi pertama Xen dikembangkan oleh University of Cambridge Computer Laboratory. Di tahun 2009, Xen dikembangkan oleh komunitas dan dilepas sebagai free software dengan lisensi GNU GPL.

Display dan e-mail 6Tulisdigunakan, nameContinue. yang klik 7Distro siap dibangun. Dari sini tidak ada lagi yang bisa Anda lakukan, selain menunggu datangnya invitasi itu. Kenapa harus ada invitasi? Sebab menurut info yang ada, Novell masih dalam tahap penambahan space di server mereka. Karena nanti, distro buatan Anda itu akan disimpan di dalam server mereka. Dimana satu account diberi space sebesar 15 GB. Dalam kasus ini, kami me-request invitasi tersebut pada Jum’at pagi. Dan siang harinya, invitasi tersebut sudah kami terima. Cukup cepat. Pembangunan Distro Sebelum berlanjut ke pembangunan distro, ada baiknya Anda memperhatikan dulu berbagai base template yang ditawarkan oleh SUSE Studio. • Just enough Operating System (JeOS): dilafalkan sebagai “juice”. Sesuai namanya, JeOS ini adalah sistem operasi yang di-customize khusus untuk

26

24/2009

Membuat Distro Linux Workshop
keperluan tertentu. Biasanya, JeOS ini berisi OS core, tools maintenance, paket repositori, dan space untuk user. • GNOME desktop: sistem operasi dengan GUI yang menggunakan GNOME sebagai desktop manager-nya. • KDE 3/4 desktop: sistem operasi dengan GUI yang menggunakan KDE sebagai desktop manager-nya. • Server: sistem operasi tanpa GUI, hanya berbasis teks saja (command line), dan sudah dilengkapi firewall. Sangat tidak disarankan, kecuali Anda sudah mengerti Linux. • Minimal X: sistem operasi dengan GUI sederhana yang menggunakan IceWM sebagai desktop manager-nya. Sangat ideal bagi Anda yang menginginkan sebuah sistem operasi dengan GUI, tapi tidak selengkap KDE atau GNOME. Selain itu, jika Anda berencana untuk mendistribusikan ulang distro yang dibuat, maka Anda harus memilih OpenSUSE sebagai basisnya. Sebab SUSE Enterprise Linux tidak bersifat bebas untuk didistribusikan ulang. Ketentuan lainnya lagi, proses distribusi ulang juga mewajibkan Anda untuk me-remove berbagai artwork seperti icon dan wallpaper yang dimiliki oleh Novell. GNOME desktop. 1Sebagai contoh, kami memilih OpenSUSE 11.1 dengan Sudah puas dengan kompilasi paketnya? Jika sudah puas, pastikan lagi kapasitas akhir yang diinformasikan di bagian sebelah kiri. Bila Anda ingin distro ini dikemas dalam CD berkapasitas 700 MB, maka pastikan kapasitas total kompilasi paket tidak melebihi 610 MB. ke di Anda bisa melakukan pengaturan bersifat umum, 6Berpindah dantab Configuration yangbagian General, seperti bahasa, time zone. dan yang fungsinya sama. Sebagai contoh, seandainya Anda memilih yang KDE, lalu Anda memasukkan OpenOffice dan Koffice. Hal ini percuma karena pada dasarnya kedua aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sama. Di sini kita bertujuan menciptakan sebuah distro yang sekecil dan seefisien mungkin. Jika Anda tetap memasukkan paketpaket yang tidak diperlukan, lebih baik Anda gunakan distro yang sudah jadi (pre built). menambah paket-paket yang diinginkan, dan ternyata yang ingin dibuang 5Setelah ada paket di nama paketnya. dari kompilasi, klik tanda silang yang ada Anda bisa menambah EULA 9Pindah ke Startup, di sini apa? Terserah Anda, sebab ini bikinan Anda sendiri. Isinya distro Anda.

Untuk tab-tab lainnya, seperti Server, Desktop dan lainnya, bersifat opsional, dan sebaiknya diutak-atik apabila Anda mengerti banyak tentang Linux. Berikut adalah pembahasannya: • Server: dalam tab ini mengizinkan Anda untuk mengonfigurasikan service MySQL yang biasa dijalankan di lingkungan server. Jika tipe distro seperti yang sedang kita buat ini (desktop), pada umumnya tidak membutuhkan service ini. • Desktop: di tab ini, Anda diizinkan untuk mengatur opsi login otomatis, dan menjalankan beberapa aplikasi saat startup. Bila Anda ingin user tertentu langsung login secara otomatis saat startup, maka tinggal centang Automatically log in user.

kami memilih 2LaluMild Linux. arsitektur 32-bit, dan. memberinya nama PC Klik

Di tab Software. Di situ 3AndahalamanDiberikutnya,apapilih juga bisa melihat besarnya 7Di Usersyang dipakai sekaligusbisa memodifikasi username dan bisa melihat paket saja yang sudah secara default and groups, Anda bagian kiri, Anda password menambah jumlah user. dimasukkan.

• Storage and Memory: di tab ini, Anda bisa menentukan besarnya alokasi virtual memory bila distro Anda akan dibentuk dalam format image untuk VMware atau Xen. Tapi jika Anda ingin mengemas distro ini dalam format ISO, tidak ada yang perlu diubah.

Pindah ke bagian Personalize, di sini Anda bisa mengcustomize tampilan awal distro tersebut. Klik Upload new logo, dan Upload new background untuk memilih logo kapasitas distro ini. halaman ini, dan mengurangi 4Dimenyediakankita juga bisa menambahkandefault paketnya paket yang ada. Sebagai contoh, karena tidak OpenOffice, maka kami akan memasukkan OpenOffice, terutama Writer ke dalam paket. Geser ke • Scripts: tab Script mengizinkan Anda untuk membuat shell script. Umumnya, proyek SUSE Studio akan baik-baik saja tanpa script tambahan. Jadi sebaiknya apa yang ada di sini didiamkan saja, kecuali mengerti apa yang Anda lakukan. dan background yang Anda inginkan. di Preview. Hasilnya bisa dilihat

8

bawah, klik Office.

Lalu, klik Add

di OpenOffice_org-

Setelah Anda seperti yang 10sudah Anda SUSEpuas mengatur distropilih formatnya. diinginkan, Studio akan mengompilasi semua opsi yang buat. Pilih tab Build, dan writer. Setelah Anda klik Add, maka secara otomatis berbagai depedensi yang dibutuhkan oleh OpenOffice_org-writer juga akan disertakan ke dalam paket. Dalam penambahan paket, ada hal penting yang harus diingat di sini. Jangan memasukkan paket yang Anda tidak butuhkan, Kami ingin menjadilan distro ini menjadi sebuah Live CD.

24/2009

27

Workshop Membuat Distro Linux
Saat opsi ini dipilih, di bagian sebelah kiri muncul tip yang menganjurkan agar paket yang bernama yast2-liveinstaller juga turut diinstal agar Live CD-nya bisa stabil. 484 MB. Itulah kenapa tadi di awal, kami memperingatkan Anda untuk tidak mengisi penuh CD berkapasitas 700 MB. Mencoba Distro secara Langsung Satu lagi kelebihan yang ditawarkan oleh SUSE Studio. Mereka memiliki sebuah fitur bernama TestDrive, dimana di fitur ini Anda bisa menguji langsung distro yang dibuat, tanpa harus men-download-nya dan menginstalnya di komputer. Pada dasarnya, TestDrive adalah sebuah tool virtualisasi berbasis Flash. Jadi pastikan browser Anda sudah dilengkapi dengan Flash Player. langkah-langkah yang tadi sudah dijelaskan, dan mengompilasi ulang. Namun agar kita sungguh-sungguh mencoba distro ini dalam dunia nyata, maka sebaiknya kita download, dan diinstal di PC. Anda tinggal mengklik link Download yang tadi sudah diberikan. Distro yang sudah kita buat ini hanya disimpan

Klik tip tersebut untuk langsung menginstal paket yang dimaksud.

1Klik link TestDrive yang muncul setelah proses kompilasi selesai.
hingga semua hasilnya 2Tunggu akan seperti ini. proses loading-nya selesai, dan Silakan Anda utak-atik distro tersebut, dan jangan takut salah sebab semuanya masih berlangsung di dalam browser. Tidak akan berpengaruh apa-apa ke sistem yang ada sekarang. Dalam TestDrive ini, Anda diberikan waktu selama satu jam saja. Setelah itu, Anda harus men-download-nya. Bila ada aplikasi yang kurang dan ingin ditambahkan, Anda harus mengulang

dalam jangka waktu seminggu saja di server milik SUSE Studio, sejak tanggal pembuatan. Hal ini disebabkan karena space-nya digunakan bergantian dengan pengguna yang lain. Seandainya sudah satu minggu lewat dan Anda belum men-download-nya juga, maka Anda harus mengompilasi ulang lagi.

Klik tombol Build, dan tunggu prosesnya hingga selesai. Waktu yang dibutuhkan untuk mengompilasi distro kami yang berukuran 450 MB adalah sekitar 13 menit. Setelah dikompilasi, distro tersebut ukurannya mengembang menjadi

11

Proses Instalasi
Burning File ISO Setelah distro tadi di-download, maka Anda akan mendapat sebuah file ISO, yang dalam contoh kami file-nya bernama PC_Mild_LINUX.i686-0.0.1.iso. Agar bisa digunakan, tentu file ISO itu harus dibakar dulu ke dalam CD. Proses burning file ISO ini sebenarnya sudah pernah kami bahas, tapi sepertinya masih ada yang belum tahu bagaimana caranya membakar file ISO. Untuk aplikasi burning-nya, kami menggunakan freeware bernama ImgBurn yang bisa di-download dari www.imgburn. com, dengan file berukuran 2,06 MB. Anda boleh menggunakan aplikasi burning lain yang Anda miliki. Jalankan Distro secara Live Karena distro yang kita buat ini sifatnya Live, maka Anda memiliki keistimewaan untuk mencobanya, tanpa harus diinstal ke harddisk. Saat menjalankan Live CD, tidak ada satu file pun di harddisk yang akan diganggu gugat oleh sistem operasi yang ada di dalam Live CD. Pastikan bahwa sistem akan booting kali pertama dari CD/DVD drive. Anda bisa melakukan pengaturan ini menjalankan Live 1Lakukan langkahCD.yang sama seperti Installer. 2Setelah masuk ke desktop, klik icon Live yang sudah Anda tentukan waktu awal 3Masukkan password root, seperti pembuatan distro.

1

1Download, dan instal ImgBurn seperti biasa. 2Jalankan, lalu pilih Write image file to disc.
lewat BIOS , atau lewat fitur BBS popup, seandainya BIOS Anda sudah mendukung. tunggu hingga semua 2Masukkan CD-nya, proses selesai. Setelah itu Klik tombol browse for a file , dan arahkan ke file ISO yang tadi di-download. Di dalam YaST, lakukan berbagai pengaturan yang sifatnya umum seperti bahasa, waktu, dan sebagainya. Anda pasti sudah menguasainya.

4

3

akan muncul License Agreement, dan berbagai opsi lainnya. Anda tinggal pilih, Yes dan Next saja.

3Distro kita pun siap dijalankan.
Di Write speed-nya, usahakan me4milih kecepatan yang agar kualitas paling kecil. Hal ini dimaksudkan burning menjadi lebih bagus. Install Dual Boot dengan Windows Inilah proses pengujian yang sesungguhnya, dimana kita akan menginstal Linux ini berdampingan langsung dengan Windows di dalam harddisk yang sama. Diasumsikan Anda sudah menginstal Windows-nya di drive C, dan sudah mengalokasikan partisi yang akan ditempati oleh Linux. Dalam contoh, kami menggunakan Windows Vista sebagai sistem operasi standarnya. 24/2009

5Masukkan keping CD kosong, dan klik Write.
28

Membuat Distro Linux Workshop
Disk, pilih opsi 5Sampai di bagianPartition Setup.Partition based, dan klik Create Selanjutnya, pilih akan dilanjutkan kembali dengan setting bersifat umum. Setelah semua beres, distro kita pun siap dipakai. lagi, awal booting akan muncul GRUB untuk memilih 13Bila Anda restartsistemdioperasi yang akan diaktifkan.

8Kembali ke jendela semula, klik Accept. 9Akan ditampilkan partisi yang siap “dibantai”
Custom Partitioning.

, klik Next.

Uninstall Linux Kalau bisa diinstal, pasti juga bisa di-uninstall. Caranya mudah sekali, dan Anda tidak harus memformat harddisk, dan menginstal ulang Windows. Lakukan langkah ini di Windows: Control Panel, Administrative 1BukaComputer Management. pilih Tools, dan

10Selanjutnya, tentukan user name dan password yang diinginkan. Di jendela berikutnya masukkan password
tree Harddisk, dan 6Di sebelah kiri, expand oleh Linux. DalamEdit.pilih partisi yang ingin digunakan contoh kami, partisi tersebut ada di /dev/sda5. Lalu klik Management. 2Pilih Diskklik kanan, dan pilih Lalu pilih partisi yang dipakai oleh Linux, Delete volume.

3Sekarang, siapkan CD installer Vista. instalasi Vista sudah biasa Anda lakukan. Di Windows, 4Masuklah ke prosesjendela Installseperti yangklik Repair your computer.

untuk root.

partition, pilih file Ext3. Dan Mount 7Berikutnya didiFormat partition, pilih root (/)system sebagai

11Semua sudah benar dan siap, klik Instal. selesai, 12Setelah instalasiinstalasi restart, dan keluarkan CD dari drive. Proses

berikutnya klik Next, dan akan muncul jendela System 5Di jendela kosongRecovery Options. Pilih opsi Startup Repair.

mount point-nya.

Klik Finish.

Windows akan mencoba membetulkan kembali proses startup yang rusak. Setelah itu restart PC, dan Windows akan berjalan kembali seperti semula. 24/2009

6

29

Windows 7

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
Drive Letter
Proses penamaan disk drive atau partisi dengan alfabet yang identik dalam sistem file. Penggunaannya secara umum akan ditemukan pada sistem operasi Microsoft Windows. Tidak seperti konsep UNIX, dimana volume dinamai dalam hierarki tunggal, drive letter mengizinkan multiple namespace. Sistem operasi yang menggunakan drive letter, antara lain SymbianOS, ReactOS, FreeDOS, IBM PC-DOS, dan sebagainya.

Windows 7
Mengubah Pengaturan Instalasi Driver
Apabila Anda mengaktifkan Windows Update, maka secara otomatis sistem operasi Anda akan men-download driver, dan informasi detail yang dibutuhkan untuk device Anda melalui Windows Update.

pilih Device 4Klik kanan, dansettings. installation lakukan update secara otomatis 5Anda dapat memilih untuk medengan mengklik pilihan pertama, Yes, do this automatically.

Apabila tidak ingin menonaktifkan update otomatis tersebut, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1 2Pilih menu Devices and Printers pada kumpulan item.
Klik pada tombol Start-Control Panel.

Let me choose what to do 6Untuk sebaliknya, klik opsiyang akan memunculkan sejumlah pilihan lain.

Driver
Dalam computing, device driver atau software driver adalah program komputer yang memperbolehkan program berlevel tinggi untuk berinteraksi dengan device hardware. Sebuah driver pada umumnya berkomunikasi dengan sarana computer bus atau subsistem dimana hardware tersebut terkoneksi. Sebuah device driver secara sederhana dapat digambarkan sebagai penerjemah antara hardware dan aplikasi, atau sistem operasi yang menggunakannya.

menunjukkan PC Anda. 3Anda akan masuk ke jendela berikut, pilih device dengan username yang

7Tandai checkbox Never install driver software from Windows Update.

Libraries
Fitur baru pada Windows 7 yang bertujuan untuk mempermudah user mengakses dan mengatur data. Libraries sendiri tidak menyimpan file atau folder Anda, melainkan menunjukkan direktori-direktori berbeda pada harddisk Anda atau external drive yang terhubung dengan komputer. Karena itu, fitur ini memberi Anda akses mudah untuk kategori gambar, tidak peduli di mana pun mereka disimpan. Sebagai contoh, jika Anda memiliki file musik di harddisk dan external drive, Anda dapat mengakses mereka semua dari Music Library.

Windows 7
Save Search di Windows Explorer
Untuk mempermudah pencarian, pada sistem operasi Windows Vista dan Windows 7 telah disediakan fitur pencarian langsung di Windows Explorer.

(user-name)\Searches. 5Secara default, Saved Search akan tersimpan di direktori C:\Users\

Jika sering melakukan pencarian file dengan keyword sama, Anda juga dapat menyimpan hasil pencarian tersebut dengan Save Search, seperti yang ditunjukkan tip berikut ini:

Navigation Pane
Panel navigasi ini terdapat pada Windows Explorer, dalam sistem operasi Microsoft Windows. Sejak era Windows XP, fitur ini telah disempurnakan untuk memudahkan user melakukan browse pada user dan folder.

1 2

Tekan shortcut Windows + E untuk membuka jendela Windows Explorer. Lakukan pencarian dengan mengetikkan keyword pada kotak Search.

Sebuah shortcut juga akan ditambahkan pada sesi Favorites di panel kiri. Untuk menghilangkan shortcut tersebut, cukup klik kanan, dan pilih Delete.

6 7

Windows Update
Layanan yang disediakan oleh Microsoft ini menyediakan update untuk sistem operasi Microsoft Windows, dan komponen-komponen yang terinstal di dalamnya. User dapat memilih mengaktifkan fitur ini atau sebaliknya. Walaupun disarankan untuk meng-update security yang bertujuan menambal celah keamanan Windows.

pencarian, klik tombol Save 3Selesai melakukan Search di toolbar.

4Ketik nama di bagian File name.
24/2009

kini dapat membuka 8Anda dariingin melakukankapanSaved Search lokasi lokasi ini saja, ketika Anda pencarian dengan keyword sama.

30

Tip & Trik

Windows 7

Windows 7
Menghilangkan Folder Libraries
Ketika Libraries di-remove dari Navigation Pane, icon Windows Explorer yang terdapat di taskbar masih membuka lokasi Libraries secara default, kecuali Anda mengubah target location untuk Windows Explorer taskbar icon.

Klik kanan 3missions. direktori ShellFolder, dan pilih opsi Perakan dela ini. 4Andaberikutmasuk ke jenAdminis5Pilih group atas. trator dengan username Anda pada panel

Tip ini tidak benar-benar menghilangkan fungsi Libraries, hanya menghapus shortcut yang terdapat di Windows Explorer. reg 1Ketikdikeyword Start edit StartSearch.
-

2Navigasikan kursor menuju key berikut ini: HKEY_ 6Pada bagian PermisCLASSES_ROOT\CLSID\{031E4825-7B94-4dc3-B131E946B44C8DD5}\ShellFolder. sions for System, centang checkbox Full Control. Klik OK.
nilai 8Masukkan pada b090010d 7Kembali ke registry, klik kanan pada value Attributes, kolom Value Data. dan pilih Modify. Klik OK.

9Tutup registry, dan restart komputer Anda.
Windows 7
Memperbaiki Drive Letter yang Hilang
Ketika Anda menginstal dua sistem operasi pada satu komputer, misalnya Vista dan Windows 7, mungkin beberapa masalah kecil kadang bisa terjadi. Misalnya saja hilangnya Drive Letter sistem operasi lain, dalam kondisi ini adalah Vista.

Tools. 3Klik menu Computer Management pada Administrative letPilihlowing drive 7fol Assign the ter. Partisi HDD Vista kini akan muncul di Windows 7.

8

Tip berikut akan menunjukkan cara memperbaiki masalah ini: Buka Start-Control Panel dengan pilihan All Items View.

4Pada panel sebelah kiri di bawah Storage, pilih Disk Management.

1

2Klik menu Administrative Tools.

panel kanan, klik Vista yang kehilangan Letter, klik pada Change 5PadaLettersebelahPaths.Drive kanan pada partisi harddisk Drive and

6Klik tombol Add.
Windows 7
Hilangkan Included Folder dari Library
Libraries berfungsi untuk memudahkan Anda mengakses dan mengatur item dari satu atau lebih folder, tanpa memindahkan mereka dari lokasi asli. Pada Libraries tersebut, secara default terdapat beberapa folder yang sering digunakan, seperti Document, Music, dan Pictures.

folder yang ingin Anda hapus, misalnya Mu3Highlightklik pada tombol sic, dan Remove. juga dapat mengha4Andadirektori tersebut dari pus

5Klik toolbar button dengan tulisan locations.

Tip berikut ini akan mempraktikkan bagaimana cara menghilangkan salah satu included folder dari library: Klik Start, klik kanan pada tombol User Name, dan klik Open. folder pada library 2Pilih akan Anda hilangyang kan, klik kanan, dan pilih Properties.

dalam Library langsung, klik direktori My Music.

1

6Pilih folder yang akan Anda hilangkan, dan klik Remove.

24/2009

31

Office

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
Font
Satu paket karakter grafis dengan desain tertentu, termasuk huruf, angka, dan simbol-simbol. Desain karakter ini disebut type yang diberi nama menurut desainnya, misalnya Arial, Times New Roman, atau Courier, dan dapat ditampilkan rata (plain), miring (italic), garis bawah (underline), atau tebal (bold).

Microsoft Excel
Hadirkan Perkembangan Saham secara Langsung
Microsoft Excel digunakan baik oleh perusahaan atau individual untuk melacak dan menghitung secara virtual apapun yang berkaitan dengan angka.

refreshable stock price. jendela yang muncul, ten5Disaham itu, ditaruhnya infortukan tempat masi apakah di sheet yang sama atau sheet baru. Kami ingin menaruhnya di sheet yang sama di sel A4.

MSN Money Central
Layanan informasi finansial dan investasi dari Microsoft. Pengguna MSN Money Central bisa mendapatkan berita mengenai bisnis, perkembangan saham, riset investasi, dan lain-lain. MSN Money Central bisa diakses melalui http://moneycentral.msn.com.

Mungkin jarang yang tahu, bahwa Excel bisa melakukan pelacakan saham secara live atau detik itu juga, tanpa harus membuka website tertentu. Oleh karena itu untuk menghadirkan fasilitas ini, Anda harus memiliki koneksi Internet aktif. Fitur ini akan memanfaatkan informasi dari MSN Money Central.

Akan ditampilkan tabel saham yang informasinya diambil langsung detik itu juga dari MSN Money Central.

6

1Klik Office button, dan klik Excel Options. 2Di bagian Proofing, klik tombol Auto Correct Options.

NASDAQ
Singkatan dari National Association of Securities Dealers Automated Quotations, adalah sebuah bursa saham yang dioperasikan oleh National Association of Securities Dealers. Ketika memulai perdagangan pada 8 Februari 1971, NASDAQ merupakan bursa saham elektronik pertama di dunia. Sejak 1999, NASDAQ adalah bursa saham terbesar di Amerika Serikat dengan lebih dari setengah jumlah perusahaan yang diperdagangkan di AS dicatat di sini. NASDAQ terdiri dari NASDAQ National Market dan NASDAQ SmallCap Market. Bursa utamanya terletak di Amerika Serikat, dengan cabang di Kanada dan Jepang. NASDAQ juga mempunyai asosiasi dengan bursa saham di Hong Kong dan Eropa.

3Pilih tab Smart Tags, dan pastikan item Financial Symbol diberi tanda centang. worksheet, tulis kode perusahaan yang sahamnya ingin 4Kembali ke Sebagai contoh, (GOOG), Yahoo! (YHOO), Intel (INTC), Anda lihat. sesuai kode dari NASDAQ, kode untuk Microsoft adalah MSFT, Google
dan sebagainya. Lalu klik icon smart tag yang muncul, dan pilih Insert

Microsoft Excel
Delimiter ke Dalam Spreadsheet
Kesulitan mengubah file delimiter ke dalam spreadsheet Excel? Gampang kok. Ikuti saja triknya berikut ini.

di 4Di jendela selanjutnya, pilih Comma, karena di dalam file fiyangyangcontoh delimiter-nya menggunakan koma. Sesuaikan dengan le Anda miliki. Klik .

Smart Tags
Teknologi yang mulai diperkenalkan di Office XP. Smart Tag menyediakan interaksi lebih antara pengguna Office dengan dokumennya. Interaksi ini bisa berupa apa saja. Misalnya sebuah alamat e-mail yang ditulis di dalam dokumen dan dikenali sebagai Smart Tag, maka saat teks alamat e-mail tersebut dipilih, user akan disajikan dengan satu aksi atau lebih aksi. Aksinya bisa berupa mencari informasi tambahan, atau mengirim pesan ke alamat tersebut.

File delimiter adalah sebuah metode yang memudahkan impor-ekspor data di antara berbagai aplikasi. File delimiter memiliki arti data yang ada di dalamnya, dipisahkan oleh karakter delimited yang bisa berupa tab, koma, dan titik koma. file delimiter paste ke 1Siapkan dalam Excel. , lalu copy-

header 2Klik Column kolom ,untuk memilih seluruh kemudian klik tab Data, dan pilih Text to Columns.

Syntax
Aturan atau sistematika penulisan perintah dalam bahasa pemrograman. Mirip dengan makna aslinya dalam ilmu linguistik yang berarti sistematika atau urutan kata dalam satu kalimat agar dapat dimengerti.

3Di wizard yang muncul, pilih Delimited.

Klik

.

WorldLingo.com
Penyedia layanan penterjemah online yang didirikan tahun 1998. Saat ini WorldLingo bermarkas di Las Vegas AS.

wizard yang terakhir, 5Di jendelabisa berupa General, tentukan tipe data untuk tiap kolom. Tipenya Date atau Numeric. Klik . datanya suk ke masing6Sekarang, kolomnyasudah mamasing.

32

24/2009

Tip & Trik

Office

Microsoft Word
Ganti Warna Background Dokumen
Bosan dengan warna putih sebagai background dokumen? Berikut ini akan disajikan cara singkat untuk mengubah background dokumen di Word.

warna background yang diinginkan. 2Pilih perubahannya secara langsung.2007 adalah Anda bisa Salah satu kelebihan dari Word melihat

Putih adalah warna yang netral, dan tidak memiliki efek apapun terhadap yang melihatnya. Color. 1Buka Word, dan klik tab Page Layout, lalu pilih Page

Microsoft Word
Terjemahkan Dokumen dengan Cepat
Research Pane di Word 2007 bisa membantu Anda untuk menerjemahkan teks secara mudah dari satu bahasa ke bahasa lainnya, dengan bantuan layanan dari WorldLingo.com.

Untuk proses penerjemahan, ikuti panduannya berikut ini: yang ingin Anda bisa 1Siapkan dokumenpenerjemahan,diterjemahkan.kalimat atau melakukan proses baik itu per satu dokumen penuh. Dalam contoh ini, kami melakukan penerjemahan satu dokumen penuh.

akan Pane. Pilih 3Di sebelah kananbahasa muncul Research tanda panah bahasa asal dan tujuan, lalu klik berwarna hijau.

muncul browser 4Akanmenyajikan hasil yang terjemahannya. Dalam penggunaan fasilitas penerjemahan ini, Anda harus menggunakan koneksi Internet aktif. Dan sampai saat ini belum ada opsi untuk bahasa Indonesia.

2Klik tab Review, dan klik Translate.
Microsoft Word
Mematikan Mini Formatting Toolbar
Salah satu inovasi besar dalam Office 2007 adalah hadirnya mini formating toolbar yang muncul, saat Anda menyorot teks.

ak 2Untuk menonOftifkannya, klik fice button, dan klik Word Options. bagian 3Di tang di Popular, hilangkan tanda cen Show Mini Toolbar selection. on

-

Mini formating toolbar ini berfungsi sama seperti yang ada di dalam tab Home. Fungsinya adalah untuk mengubah elemen-elemen yang berkaitan dengan font. Jika Anda merasa kemunculan mini formating toolbar ini justru mengganggu, maka fitur ini bisa dinonaktifkan. bentuknya. 1Belum tahu yang namanya Mini formating toolbar? Inilah

Microsoft Word
Menyisipkan Teks Lorem Ipsum
Di dalam berbagai screenshot aplikasi yang ada teksnya, Anda sering melihat kata-kata Lorem Ipsum.

teks yang memiliki dan ada 2Dalam sekejap, teks Lorem Ipsum akan disisipkan secara Maka akan disajikan 3 paragraf teks yang diambilarti=rand(). otomatis. 4Tapi jika menginginkan menggunakan syntaxsecara acak pengertiannya, Anda bisa dari file Help.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Maecenas porttitor congue massa. Fusce posuere, magna sed pulvinar ultricies, purus lectus malesuada libero, sit amet commodo magna eros quis urna. Nunc viverra imperdiet enim. Fusce est. Vivamus a tellus. Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas. Proin pharetra nonummy pede. Mauris et orci. Begitulah kata-kata lengkapnya. Dan untuk menyisipkannya ke dalam Word, caranya mudah sekali. dokumen 1Buka enter. kosong, lalu tuliskan =lorem() tekan , dan

menyesuaikan dengan kebutuhan, bisa menggunakan 3Untuk ingin syntax =lorem(paragraf,kalimat). Anda berisi Contohnya jika Anda ada 6 paragraf yang masing-masing 20 kalimat berisi Lorem ipsum, maka tulis =lorem(6,20). Hasilnya akan seperti ini. Sebenarnya, apa sih Lorem ipsum itu? Lorem ipsum adalah nama yang diberikan untuk isian teks yang mendemonstrasikan elemen grafis atau presentasi visual seperti font, tipografi, dan layout. Lalu, apa arti dari kata-kata di atas tersebut? Walaupun terlihat seperti kata-kata dari bahasa Latin, kata-kata tersebut sebenarnya tidak memiliki pengertian apa-apa. Alasannya adalah saat teks muncul dalam sebuah dokumen yang lebih menonjolkan elemen grafisnya, justru orang akan lebih fokus ke isi teksnya, bukan elemen grafisnya. Karena itulah Lorem ipsum digunakan agar saat menyajikan dokumen yang berkaitan dengan elemen grafis, si pembacanya akan lebih fokus ke elemen grafis.

24/2009

33

Adobe Flash CS3

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
ActionScript
Sebuah bahasa pemrograman dalam Flash berbasis ECMAScript, digunakan pada development website dan software yang menggunakan Adobe Flash Player.

Adobe Flash CS3
Animasi Teks
{
Jika kita perhatikan situs-situs web yang penuh dengan banner iklan, ada kesamaan-kesamaan yang bisa kita lihat, dimana banner-banner iklan tersebut berupa animasi GIF atau animasi Flash.

target._xscale -= (target._xscale-100)/3; target._yscale -= (target._yscale-100)/3; target._alpha -= (target._alpha-100)/3; if (Math.abs(target._xscale-100)<1) target._xscale = 100; target._yscale = 100; target.alpha = 100; delete target.onEnterFrame; } }; }; target.intervalID = setInterval(target, “interval”, delay); target._xscale = 2000; target._yscale = 2000; target._alpha = 0; } function standUp(target:MovieClip, delay:Number):Void { target.interval = function() { clearInterval(target.intervalID); this.onEnterFrame = function() { target._yscale += 10; if (target._yscale>95) { delete this.onEnterFrame; } }; }; target.intervalID = setInterval(target, “interval”, delay); target._yscale = 0; } function placeText(target:MovieClip, x:Number, y:Number, banner:String, tFormat:TextFormat, effectFunction:Function, delay:Number):Void { for (var i = 0; i<banner.length; i++) { var char:MovieClip = target. attachMovie(“letter”, “char”+i, target. getNextHighestDepth()); char.field.text = banner.substr(i, 1); char._x = x; char._y = y; x += tFormat.getTextExtent(char.field.text).width; effectFunction(char, i*delay); } } var format:TextFormat = new TextFormat(); format.size = 40; placeText(this, 50, 100, “efek teks \”drop\””, format, drop, 500); placeText(this, 50, 200, “efek teks \”fade-in & zoom\””, format, fadeZoom, 250); placeText(this, 50, 300, “efek teks \”stand-up\””, format, standUp, 100);

Frame
Seperti layaknya film, sebuah animasi dalam Flash membagi panjangnya dalam frame-frame. Dalam timeline, isi dokumen diatur dan dikendalikan dalam masing-masing frame atau banyak frame.

GIF
Singkatan dari ‘Graphics Interchange Format’. Merupakan format standard file grafis yang pada umumnya biasa digunakan pada halaman web. GIF memiliki ukuran file yang kecil karena memiliki fitur kompresi yang builtin, namun tidak terlalu akurat karena memiliki jumlah warna yang terbatas (256 warna).

Iklam yang menampilkan gambar-gambar dan tulisan-tulisan yang dianimasikan dimaksudkan untuk menarik calon konsumen –meskipun terkadang dirasa mengganggu dan dianggap membebani resources. Setelah mengamati kesamaan-kesamaan tersebut mungkin muncul pertanyaan, bagaimana caranya membuat animasi teks seperti itu? Jika ingin mengekspornya menjadi animasi GIF, kita dapat membuatnya dengan menggabungkan beberapa Motion Tween atau Shape Tween di setiap layer yang berbeda untuk tiap gerakan yang berbeda. Namun penggunaan metode ini menjadi tidak efektif manakala tulisan-tulisannya ingin kita animasikan huruf per huruf. Cara lain adalah dengan menggunakan ActionScript yang menjadikan pembuatan animasi teks lebih fleksibel, hanya saja hasil animasi yang dibuat ActionScript hanya dapat berjalan jika diekspor berupa file SWF saja. Jika di edisi kemarin kita telah dapat menuliskan sebuah kalimat dengan animasi tulisan yang datang huruf per huruf, kali ini setiap kedatangan huruf pun akan kita berikan lagi sebuah efek. Ada 3 buah efek teks paling populer yang akan kita coba di sini: drop effect, fade-in & zoom effect, dan stand-up effect. Seperti apa saja efeknya? Untuk lebih jelasnya, mari langsung ke praktiknya. Nanti, di akhir akan terlihat perbedaan masing-masing dari ketiga efek tersebut. Buat sebuah fi 1ActionScript 2.0:le Flash baru dengan fitur File > New > Flash File (ActionScript 2.0).

Instance Name
Untuk mengendalikan sebuah symbol yang dirujuk dengan sebuah instance di ActionScript, kita perlu memberikan symbol tersebut sebuah instance name yang unik.

Layer
Layer merupakan tempat kita mengorganisir dokumen yang terdiri atas banyak frame yang memanjang. Layer berguna untuk mengorganisir elemen yang berbeda, kita dapat menggambar atau mengubah object dalam sebuah layer tanpa mempengaruhi object pada layer lainnya. Dalam sebuah dokumen flash kita dapat membuat banyak layer, ini dapat diibaratkan seperti lapisanlapisan film transparan dimana semakin atas sebuah layer maka isi dari layer tersebut akan ditampilkan paling depan pada movie. Untuk mempermudah pengeditan dokumen, setiap layer memiliki fasilitas berupa show/hide, lock/unlock, dan show as outline. Kita juga dapat membuat efek-efek tertentu dengan menggunakan tipe layer yang berupa guide layer atau mask layer.

pada frame pertama 2Klik kanankemudian pilih menu di layer 1, Actions. panel Actions berikan 3Setelah script berikut: muncul, function drop(target: MovieClip, delay:Number): Void { target.interval = function() { target._visible = true; clearInterval(target.intervalID); target.onEnterFrame = function() { target._y -= (target._y-target.startY)/3; if (Math.abs(target._y-target.startY)<1) { target._y = target.startY; delete target.onEnterFrame; } }; }; target.intervalID = setInterval(target, “interval”, delay); target.startY = target._y; target._y = 0; target._visible = false; } function fadeZoom(target:MovieClip, delay:Number):Void { target.interval = function() { target._visible = true; clearInterval(target.intervalID); target.onEnterFrame = function() {

Movieclip
Salah satu jenis symbol yang dapat menjalankan animasi dalam aplikasi Flash, dan dapat dikendalikan menggunakan fungsi dari class MovieClip.

4Selesai sampai disini, untuk melihat preview hasilnya, lakukan Test Movie lewat menu Control > Test Movie (atau
dengan menekan shortcut Ctrl+Enter).

Stage
Merupakan area yang berbentuk kotak pada layar dimana kita menempatkan konten grafis. Untuk mengubah view dalam stage kita dapat melakukan zoom in dan zoom out.

Jika tidak ada langkah yang terlewat, maka akan kita dapati 3 buah animasi tulisan dengan efek yang berbeda: drop effect, fade-in & zoom effect, dan stand-up effect. Lihat perbedaannya? dengan hanya sedikit modifikasi pada setiap fungsi efek teks, kita pun dapat menghasilkan berbagai efek yang berbeda. Selamat bereksperimen!
Disertakan di CD edisi 24/2009

5

34

24/2009

Tip & Trik

Adobe Flash CS3

Adobe Flash CS3
Animasi Menu
Membuat animasi menu merupakan suatu hal yang biasa di Flash. Hasilnya animasi seperti ini akan berguna ketika diimplementasikan pada pembuatan aplikasi yang memiliki navigasi ke berbagai macam menu, seperti untuk situs web, media interaktif, dan berbagai penggunaan lainnya.

{ play(); berhenti = true; } this.onRollOut = function() { berhenti = false; } Pada layer 3, script disimpan di frame 10 dimana kotak sedang berada di atas:

menu4.listmenu.gotoAndStop(4); menu5.listmenu.gotoAndStop(5); menu1.onRelease = function() { statusmenu.text=”menu1 diklik”; } menu2.onRelease = function() { statusmenu.text=”menu2 diklik”; } menu3.onRelease = function() { statusmenu.text=”menu3 diklik”; }

Jika mengikuti edisi-edisi sebelumnya, maka pembuatan animasi menu ini merupakan pengembangan dari pembuatan animasi yang menggunakan fitur Motion Tween. Untuk memulai, mari ikuti langkah-langkah berikut ini: sebuah file Flash 1Buat ActionScript 2.0: baru dengan fitur File > New > Flash File (ActionScript 2.0). if(berhenti) { stop(); } this.onRollOut=function() { play(); berhenti=false; } this.onRollOver=function() { berhenti=true; } klik untuk ke luar Movieclip kembali ke stage 8Doublecopy-paste Movieclipdari Movieclipkali, kemudian suutama, sebanyak 4 sun sehingga kita memiliki 5 buah yang identik.

menu4.onRelease = function() { statusmenu.text=”menu4 diklik”; } menu5.onRelease = function() { statusmenu.text=”menu5 diklik”; }

Rectangle Tool, gam 2Dengan menggunakanbarlah sebuah kotak berukuran 110 x 98. kotak tersebut, kemudian pilih menu 3Klik kanantopada kotakdengan pilihanMovieclip, lakukan Convert Symbol type symbol sebagai Movieclip. Setelah ini menjadi Convert to Symbol sekali lagi dengan pilihan type symbol sebagai Movieclip juga. Sehingga kini kita memiliki Movieclip dalam Movieclip. Double klik pada kotak untuk masuk ke Movieclip. Double klik lagi untuk masuk ke Movieclip di dalamnya. Pada Movieclip terdalam ini, buatlah 3 buah layer dengan isi layer 1 sebagai kotak tadi hanya dengan warna yang berbeda untuk setiap frame. Layer 2 diisi dengan tulisan “menu1” di atas gambar kotak pada frame 1, tulisan “menu2” pada frame 2, dan seterusnya. Sedangkan layer 3 diisi dengan script stop(); pada frame pertamanya. Susunan jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut ini. satu kali di area kotak kembali ke 5Double klikuntukatasnya, luar dalam Movieclip di klik pada kotak, kemudian berikan instance name dengan nama “listmenu”. Buat animasi ke atas frame 10, dan asal hingga frame 6dengan hinggakotak bergerak kembali ke Untuk pergerakan 20 fasilitas Create Motion Tween. yang lebih halus, berikan nilai ease 100 untuk frame 1-10, dan -100 untuk frame 10-20.

4

Selesai di sini. Un14lakukansampaipreview hasiltuk melihat nya, Test Movie lewat menu Control > Test Movie (atau dengan menekan shortcut Ctrl+Enter). instance name yang berbeda Movie9Berikan untuk setiap“menu1”, clip dengan nama “menu2”, dan seterusnya. Dengan menggunakan Text Tool, buat sebuah dynamic text di tengah-tengah stage dengan instance name “statusmenu” tidak ada langkah terlewat, maka akan kita 15Jikabuah menu interaktif yang pada gambar. dapati 5 seperti
Disertakan di CD edisi 24/2009

10

sebagai 11Buat layer baru di atasnyaagar lebihtempat khusus untuk menyimpan ActionScript apik: Insert > Timeline > Layer.

buah layer tempat script. script disimpan di 7Buat 2Pada layer 2, di atasnya sebagai frame 1: menyimpan if(berhenti) { play(); } else { stop(); } this.onRollOver = function()

baru 12Pada layer pilih tadi, klik kanan di bagian frame pertama, kemudian menu Actions. Setelah panel Actions muncul, berikan script berikut: 13 menu2.listmenu.gotoAndStop(2); menu3.listmenu.gotoAndStop(3);

24/2009

35

Freeware

Tip & Trik

Inilah Definisinya!
BSOD
Blue Screen of Death, istilah populer untuk layar yang ditampilkan Microsoft Windows ketika mengalami kesalahan sistem (atau disebut stop error oleh Microsoft). BSOD yang terjadi pada Windows NT, 2000, XP dan Vista lebih serius daripada Windows sebelumnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya BSOD ini. Diantaranya driver hardware yang tidak sempurna, kesalahan memory, registry yang rusak atau penggunaan file DLL yang tidak cocok. Berbagai bentuk BSOD terdapat pada seluruh sistem operasi Windows sejak Windows 3.1. BSOD merupakan pengganti black screen of death yang muncul pada OS/2. Dalam versi awal dari Windows Vista juga terdapat red screen of death yang digunakan pada kesalahan boot loader.

BlueScreenView v1.15
Lacak Blue Screen of Death
BSOD dapat terjadi pada PC siapapun yang crash. Pembacaan informasi BSOD sering menjadi kendala bagi user? Hal tersebut dapat teratasi dengan mudah melalui aplikasi BlueScreenView.

Untuk melihat 3sebut, klik kanan, informasi dengan lengkap atas dump file ter kemudian pilih Properties sehingga jendela Properties ditampilkan. atas dump file 4Informasi detail memilih screen dapat menampilkan blue xp style, dengan menu Options - Lower Pane Mode, kemudian Blue Screen in XP Style. Informasinya akan terlihat

BSOD dapat tampil secara tiba-tiba. User perlu memperhatikan informasi yang ditampilkan pada layar BSOD. Penyebab BSOD yang terjadi berkali-kali dapat saja berbeda-beda, meskipun tampil pada PC yang sama ataupun waktu yang hampir bersamaan. Untuk lebih jelas membaca informasi terjadinya BSOD pada PC, dapat menggunakan bantuan aplikasi BlueScreenView. Untuk penggunaannya, Anda dapat download terlebih dahulu dari www. nirsoft.net/utils/bluescreenview.zip dengan file berukuran 54 KB.

seperti ini. kan. 1Download, dan ekstrak bluescreenview.zip ke folder yang Anda ingin- 5Secara default, fiinformasi dump diambil dari le dump yang Jalankan file BlueScreenView.exe yang terdapat di dalam folder hasil tersimpan dalam folder C:\WinPC. 2ekstrak. Jendela utama dari dump file, sedangkan dalam dua bagian. dows\MiniDump pada lokaldump bluescreenview tampil di bagian bawah Anda dapat menyeleksi file Bagian atas berisikan daftar informasi detail atas masing-masing dump file yang terseleksi. Apabila sistem sebelumnya mengalami crash BSOD, jendela BlueScreenView akan menampilkan informasi crash yang berasal dari file dump secara langsung. Informasi ditampilkan per kolom, layaknya sebuah tabel. yang tersimpan dalam folder yang berbeda maupun pada remote komputer lain yang dicantumkan dalam file teks, klik menu Options, ke-

Dump File
File yang digunakan untuk tujuan pengamanan (security), mencatat tentang kegiatan peng-update-an, sekumpulan transaksi yang telah diproses, atau sebuah program yang mengalami kekeliruan/kesalahan. File dump berisikan informasi petunjuk-petunjuk yang amat berharga bagi user untuk perbaikan kesalahan atau error.

Remote Komputer
Teknologi yang memampukan user mengendalikan sebuah komputer dari komputer lain. Syarat utamanya adalah harus ada jaringan yang menghubungkannya baik melalui LAN, WAN, maupun Internet dan juga komputer tersebut harus dalam kondisi menyala. Biasanya Remote Computer merupakan solusi yang digunakan seseorang ketika ingin menjalankan komputer lain yang berada di tempat yang berjauhan. Maka manfaatnya adalah penghematan biaya dan waktu.

mudian seleksi Advanced Options...
Disertakan di CD edisi 24/2009

PC Decrapifier v2.1.0
Bantai Aplikasi yang Susah Di-uninstall
Sistem operasi Anda dipenuhi dengan software yang tak berguna, termasuk di dalamnya toolbar pada browser ataupun versi trial? Kini software tersebut dapat dibasmi tuntas sekaligus, dengan aplikasi PC Decrapifier.

PC sulit 5Selanjutnya,secaraDecrapifier menampilkan daftar item aplikasi yangperlu di-uninstall manual terseleksi melalui checkbox yang dianggap

Restore Point
Merupakan representasi dari status file sistem komputer yang tersimpan di harddrive. Restore Point tercipta dari penggunaan System Restore pada jarak jarak waktu tertentu dan ketika System Restore mendeteksi perubahan penting pada komputer yang mempengaruhi file sistem seperti penginstalan program. Anda juga dapat menciptakan restore point secara manual dan mengembalikannya seperti sebelum di-restore.

Proses uninstall pada beberapa aplikasi tak semudah proses instalasinya sehingga dapat menyulitkan user. Tak sedikit aplikasi sampah tersebut turut disertakan secara default pada instalasi aplikasi tertentu yang Anda butuhkan, misalnya aplikasi burning, aplikasi komunikasi online, dan browser. Untuk mengatasinya, Anda dapat menghapus aplikasi sampah tersebut dengan bantuan PC Decrapifier. Untuk dapat menggunakannya, download terlebih dahulu PC Decrapifier yang berukuran 1,2 MB dari http://dl.pcdecrapifier. com/pc-decrapifier-2.1.0.exe.

untuk di-remove. Pastikan Anda menyortir kembali atas daftar tersebut, sebelum mengklik tombol Next dan Ok pada jendela konfirmasi.

Beberapa aplikasi yang dapat di-uninstall secara manual pun ditampilkan 1Download, dan jalankan file pc-decrapifier-2.1.0.exe. Jendela wizard pun 6PC Decrapifier berupa daftar item yang dapat diseleksi melalui checkbox tampil. 2Klik tombol Next untuk melanjutkan tahapan wi zard. Anda akan menemui
-

beragam informasi berupa peringatan, serta beberapa pertanyaan berupa pilihan terkait dengan proses PC Decrapifier. No, jika PC 3Pilih instalasi baru. yang Anda gunakan bukan merupakan

Toolbar
Bar menu pada bagian atas layar yang berisi daftar perintah yang diasosiasikan dengan tombol bergambar. Toolbar dapat berisi tombol bergambar, menu, atau kombinasi tombol dan menu.

sehingga dapat sekaligus diproses. dan proses pun dimulai.
Disertakan di CD edisi 24/2009

Klik Yes pada konfirmasi uninstall

,

4KliktombolCreatesisrestore point jika ingin membuat backup tem,
untuk antisipasi bilamana Anda membuat kesalahan dalam pemilihan aplikasi yang di-remove.

36

24/2009

Tip & Trik: Ubuntu 9.10

Linux & Open Source

Ubuntu 9.10
Instalasi Ubuntu 9.10
Ubuntu 9.10 telah dirilis! Untuk menyambut versi terbaru dari distro Ubuntu, berikut akan dijelaskan proses instalasi Ubuntu 9.10.

- Langkah 3: pemilihan keyboard layout. Pada pemilihan keyboard layout, Anda dapat memilih default keyboard yang diinginkan. Karena kebanyakan default keyboard layout menggunakan USA, maka biarkan pilihan tetap default. - Langkah 4: pembuatan partisi untuk instalasi. Pada pemilihan tipe harddisk, Anda dapat memilih Use entire disk untuk pembuatan partisi harddisk secara otomatis atau Specify partitions manually untuk membuat partisi harddisk secara manual. Karena pada contoh ini harddisk akan dikosongkan dan memang diperuntukkan bagi Ubuntu saja, maka dipilih opsi Erase and use entire disk. - Langkah 5: pembuatan user dan jenis tipe login. Pada langkah ini, Anda dapat membuat user yang akan digunakan untuk bekerja sehari-hari di sistem Ubuntu 9.10. Isikan juga dengan password user yang Anda inginkan. Beri juga tanda centang pada opsi Log in automatically, agar Anda dapat langsung masuk ke desktop Ubuntu 9.10, tanpa perlu login terlebih dahulu. - Langkah 6: instalasi akan segera berlangsung. Pada langkah ini, akan tampil sejumlah informasi yang telah Anda lakukan selama proses instalasi. Jika sudah yakin dengan semua informasi yang diberikan ini, klik Install. - Langkah 7: proses instalasi berlangsung. Proses instalasi akan segera dilakukan. Partisi harddisk yang telah dibuat akan segera diformat, dan installer akan segera mengcopy file-file yang dibutuhkan pada saat instalasi. Tunggu beberapa menit hingga proses instalasi selesai. Setelah selesai, klik Restart Now untuk me-reboot PC. restart, maka PC akan secara otomatis masuk 7Setelahdapat segeratelah Anda instal sebelumnya.9.10. ke sistem operasi Ubuntu 9.10 yang Tunggu beberapa saat, dan Anda menikmati desktop Ubuntu

Inilah Definisinya!
Boot
Dalam istilah komputer, booting (booting up) atau disingkat boot, merupakan proses bootstrapping yang memulai sistem operasi, pada saat user menyalakan sistem komputer. Boot sequence merupakan sekumpulan operasi yang tampil pada saat power komputer dinyalakan. Bootloader biasanya meload sistem operasi utama yang akan digunakan oleh komputer.

bulan setelah rilis Ubuntu Oktober tim pengembang Ubuntu telah versi terbaru Ubuntu, 1Berselang 69.10 (Karmic Koala).merilis9.04, pada 29dari distro2010 lalu, yakni Ubuntu proses Ubuntu 9.04, proses Ubuntu 9.10 dapat dengan dengan 2Hampir sama dengandilakukaninstalasidan dua cara. Pertama, instalasi menggunakan CD installer Ubuntu 9.10, kedua dengan menggunakan LiveUSB Ubuntu 9.10. Untuk cara kedua, Anda dapat membuat LiveUSB install Ubuntu 9.10 terlebih dahulu. Selain itu, pastikan seluruh data penting Anda telah di-backup terlebih dahulu untuk menghindari kehilangan data. CD, download dan burn iso 9.10 3Untuk instalasi melaluiAnda download Berikutnya,fileAnda Ubuntumemdesktop. File ini dapat dari url: ftp://repo.ugm.ac.id/iso/ ubuntu/9.10/ubuntu-9.10-desktop-i386.iso. dapat burn file iso tersebut dengan menggunakan aplikasi CD/DVD burning kesayangan Anda. memiliki 4SetelahUbuntudalamLiveCD instalasi 9.10, masukkan CD tersebut ke CD-ROM drive, dan ubah urutan boot BIOS agar urutan first boot dimulai dari CD-ROM. Simpan hasil perubahan dan keluar dari BIOS. halaman pembuka Ubuntu 9.10, pilih menu 5Pada untuk masuk ke Install Ubuntu halaman instalasi Ubuntu 9.10.

FAT32
File Allocation Table 32 atau biasa disingkat FAT 32, merupakan tipe filesystem yang dibuat sebagai perluasan dari tipe filesystem sebelumnya, yakni FAT 16. FAT32 kali pertama disertakan pada Windows 95 OSR2. Maksimum ukuran file yang dapat diletakkan dalam tipe filesystem FAT32 adalah 4 GB minus 1 byte.

ISO
ISO atau ISO image merupakan format file yang telah didefinisikan oleh International Organization for Standardization (ISO). Format ini sudah dapat didukung oleh banyak vendor software. Nama ISO sendiri diambil dari ISO 9660 file system, yang banyak digunakan oleh media CD-ROM.

Portabel
Aplikasi portabel atau sistem operasi portabel, merupakan aplikasi atau sistem operasi yang dapat langsung dijalankan dari USB Flash Drive, tanpa perlu dilakukan instalasi terlebih dahulu ke dalam harddisk. Dengan sifatnya yang portabel, maka aplikasi atau sistem operasi ini dapat mempermudah para penggunanya untuk dapat langsung menjalankan aplikasi atau sistem operasi bersangkutan.

6

Tahapan instalasi Ubuntu 9.10 terdiri atas 7 langkah sebagai berikut: - Langkah 1: pemilihan bahasa. Pada halaman awal, pilih bahasa instalasi yang diinginkan, lalu klik Forward. - Langkah 2: penentuan zona waktu. Pada pilihan Time Zone, pilih zona waktu yang sesuai dengan lokasi tinggal yang Anda kehendaki. Setelah itu, klik Forward.

Rescue Disc
Rescue Disc atau Data recovery, merupakan proses untuk menyelamatkan data dari kerusakan, kesalahan, corrupt atau tidak dapat diakses dari media penyimpanan kedua secara normal. Data yang terdapat pada media penyimpanan ini, membutuhkan proses recovery, baik melalui software ataupun secara hardware, jika data tersebut ingin dapat diselamatkan kembali.

Ubuntu 9.10
LiveUSB Ubuntu 9.10
Jika PC Anda tidak memiliki CD-ROM, namun dapat boot melalui USB Flash Drive, Anda dapat membuat LiveUSB install dari LiveCD Ubuntu 9.10.

halaman utama Make USB Startup 4Daripastikan telah terDisk, dapat source disc image (.iso) atau CD, dan USB Flash Drive yang akan digunakan untuk dijadikan LiveUSB Ubuntu 9.10. Setelah itu, klik Make Startup Disk untuk segera memulai pembuatan LiveUSB Ubuntu 9.10. LiveUSB Ubuntu 9.10 akan segera berlangsung. 5Proses pembuatansaat hingga proses pembuatan LiveUSB Ubuntu 9.10 Tunggu beberapa selesai dilakukan.

Drive 1Siapkan USB Flashter- yang memiliki filesystem FAT32 dan sudah dalam kondisi format, dan sudah diset agar dapat bersifat bootable.

2

Boot komputer dengan LiveCD Ubuntu 9.10 yang sebelumnya telah Anda buat. Pada halaman awal proses boot, pilih opsi Try Ubuntu without any change to your computer.

Ubuntu 9.10
Ubuntu 9.10 dengan kode nama Karmic Koala, merupakan versi kesebelas dari distro Ubuntu yang telah dirilis pada April 2011, dan mendapat dukungan sampai April 2011. Pada pengumuman yang dibuat untuk komunitas pada 20 Februari 2009, Mark Shuttleworth menjelaskan kalau Ubuntu 9.10 akan berfokus pada peningkatan komputasi awan di server menggunakan Eucalyptus.

masuk 3Setelahdesktop ke halaman Ubuntu 9.10, jalankan aplikasi USB Startup Disk Creator, dari menu System | Administration | USB Startup Disk Creator. Setelah selesai, reboot PC Anda, dan lakukan boot awal dari USB Flash Drive. Kini, Anda dapat menggunakan LiveUSB Ubuntu 9.10 tersebut untuk melakukan instalasi, rescue disc, atau sekedar menjadikan USB tersebut sebagai portabel Ubuntu 9.10.

6

24/2009

37

Pemrograman

Tip & Trik: PHP

Inilah Definisinya!
Color Picker
Tool yang digunakan untuk memilih warna aktif untuk diterapkan di atas kanvas/kertas kerja.

PHP
Menggambar Peta Menggunakan Google Maps API
Pada situs sebuah perusahaan, umumnya diberikan informasi singkat tentang lokasi atau alamat perusahaan tersebut. Dengan menggunakan Google Maps API, Anda dapat memberikan sentuhan dengan menggambarkan lokasi perusahaan.

break; }

4Lalu, kita memanggil Google Maps API dengan cara menyimpan ke dalam suatu variable:
Masih mengupas kemampuan Google Web API, kali ini kita akan bermainmain dengan menggunakan Google Maps. Seperti namanya, Google Maps akan memetakan jalan, rute atau lokasi tertentu dari suatu wilayah dan menampilkannya secara visual, lengkap dengan fasilitas zoom dan foto satelit. Langkah-langkah untuk membuatnya adalah: Membuat header utama untuk kode HTML: //plot map $str = ‘<script> var map = new GMap2(document. getElementById(“map”)); map.addControl(new GLargeMapControl()); map.addControl(new GMapTypeControl()); map.addControl(new GScaleControl()); map.setCenter(new GLatLng(‘.$latlonArr[‘lat’].’, ‘.$latlonArr[‘lon’].’), 6); // Creates a default marker whose info window displays the given number function createMarker(point, number) { var marker = new GMarker(point); // Show this markers index in the info window when it is clicked var html = number; GEvent.addListener(marker, “click”, function() {marker.openInfoWindowHtml(html);}); return marker; };’; $str .= “var point = new GLatLng(“ . $latlonArr[‘lat’] . “,” . $latlonArr[‘lon’] . “);\n”; $str .= “var marker = createMarker(point, ‘” . addslashes($address).”’);\n”; $str .= “map.addOverlay(marker);\n”; $str .= “</script>\n”; ?>

End If
Menandai akhirnya struktur If. Setiap langkah If harus memiliki End If pada struktur program yang sama.

End Sub
Harus diawali dengan Sub, berfungsi seperti subrutin pernyataan yang disebut dengan prosedur atau subprogram, yang dipanggil oleh statement CALL.

1

Event
Fungsi yang akan dijalankan oleh tombol perintah (command button). Pada saat tombol ditekan, komputer akan melaksanakan event yang didefinisikan dalam command button.

<script src=”http://maps.google.com/maps?file=api&amp;v= 2&amp;key=your gmap api key here” type=”text/javascript”> </script> <html> <head> <title> Google Map </title> </head> <body>

Google Maps
Sebuah layanan peta virtual gratis dan online yang disediakan oleh Google. Layanan ini dapat ditemukan di http:// maps.google.com. Google Maps menawarkan peta seluruh dunia, dan juga menawarkan fitur perencanaan rute dan pencari lokasi bisnis di Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Hong Kong, Cina, Inggris, Irlandia (hanya pusat kota) dan beberapa bagian Eropa.

2

Berikutnya adalah meng-generate map dengan menggunakan JavaScript. Namun untuk inisialisasi data, kita dapat lakukan dengan menggunakan PHP: <?php $KEY = “Google Key Here”; $MAPS_HOST = “maps.google.com”; $delay = 0; $base_url = “http://” . $MAPS_HOST . “/maps/geo?output=xml” . “&key=” . $KEY; $geocode_pending = true; $address = “Malang, Indonesia”; $latlonArr = array();

5Proses penggambaran peta adalah sebagai berikut:
<div id=”map” style=”width: 500px;height:400px”></div> <?php // plot the map with default marker icon echo $str; ?> </body> </html>
Disertakan di CD edisi 24/2009

Textbox
Field yang digunakan untuk memasukkan teks. Text box dapat dibiarkan kosong dan pengisiannya diserahkan sepenuhnya kepada user, atau diprogram untuk mengisi teksteks tertentu sesuai dengan pilihan pengguna.

mendefi area yang dipetakan, ditentukan 3Setelahgaris bujurnisikangaris lintang.hendak Mapsbujur perlugaris lintang 6Berikut adalah contoh tampilan yang didapatkan: lokasi dan Lokasi garis dan inilah yang akan menjadi parameter bagi Google untuk menggambarkan peta: while($geocode_pending) { $request_url = $base_url . “&q=” . urlencode($address); $xml = simplexml_load_ file($request_url) or die (“url not loading”); $status = $xml->Response->Status>code; if (strcmp($status, “200”) == 0) { // Successful geocode $geocode_pending = false; $coordinates = $xml->Response>Placemark->Point->coordinates; $coordinatesSplit = split(“,”, $coordinates); // Format: Longitude, Latitude, Altitude $lat = $coordinatesSplit[1]; $lng = $coordinatesSplit[0]; $latlonArr[‘lat’] = $lat; $latlonArr[‘lon’] = $lng; } else if (strcmp($status, “620”) == 0) { // sent geocodes too fast $delay += 100000; } else { // failure to geocode $geocode_pending = false; } usleep($delay);

Trackbar
Control yang menyediakan interface sederhana dan mengizinkan penggunanya untuk mengatur value dari range nilai tertentu. Caranya adalah dengan memanipulasi slider dengan mouse atau keyboard. Trackbar memiliki dua bagian, slider dan tanda indikator.

Variabel
Simbol atau nama yang berfungsi sebagai nilai. Contohnya, dalam ekspresi x+y, x dan y adalah variabel. Variabel bisa mewakili nilai numerik, karakter, string atau alamat memory. Variabel memegang peranan penting dalam pemrograman karena programmer bisa membuat program yang lebih fleksibel. Daripada langsung memasukkan data ke program, programmer dapat menggunakan variabel untuk mewakili data. Lalu saat program dieksekusi, variabel akan diganti oleh data asli. Hal ini membuat program yang sama bisa mengakses kumpulan data yang berbeda.

38

24/2009

Tip & Trik: Visual Basic .net

Pemrograman

Visual Basic .net
Color Picker untuk Web & RGB
Dalam desain web, format warna yang digunakan adalah format warna RGB. Untuk memberi nilai warna pada komponen (latar belakang, tabel atau teks), format yang digunakan adalah #RRGGBB yang berlaku standar untuk seluruh web.

Format #RRGGBB adalah format yang menunjukkan intensitas merah, hijau, dan biru dalam format bilangan heksa. Nilainya mulai dari 00-FF (atau dalam desimal adalah 0 sampai 255). Pada tip kali ini, kita akan membuat color picker yang dapat menunjukkan format RRGGBB untuk suatu warna. Langkah-langkah untuk membuatnya adalah: Kita buat terlebih Form 1a. Panel dengan namadulu sebuah form.penunjukyang akan digunakan terdiri dari komponen-komponen: pnlColor sebagai warna. b. Tiga buah Textbox dengan nama txtRed, txtGreen dan txtBlue. c. Tiga buah Trackbar dengan nama tbarRed, tbarGreen, tbarBlue. Merupakan slider untuk menambah atau mengurangi intensitas warna. d. Dua buah Textbox bernama txtWebColor, dan txtRGB. e. Sebuah button Exit bernama btnExit.

txtRed.Text = tbarRed.Value mRed = tbarRed.Value pnlColor.BackColor = System.Drawing.Color. FromArgb(mRed, mGreen, mBlue) txtWebColor.Text = GetWebColor() txtRGB.Text = “RGB(“ & mRed & “, “ & mGreen & “, “ & mBlue & “)” End Sub Private Sub tbarGreen_Scroll(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles tbarGreen.Scroll txtGreen.Text = tbarGreen.Value mGreen = tbarGreen.Value pnlColor.BackColor = System.Drawing.Color. FromArgb(mRed, mGreen, mBlue) txtWebColor.Text = GetWebColor() txtRGB.Text = “RGB(“ & mRed & “, “ & mGreen & “, “ & mBlue & “)” End Sub Private Sub tbarBlue_Scroll(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles tbarBlue.Scroll txtBlue.Text = tbarBlue.Value mBlue = tbarBlue.Value pnlColor.BackColor = System.Drawing.Color. FromArgb(mRed, mGreen, mBlue) txtWebColor.Text = GetWebColor() txtRGB.Text = “RGB(“ & mRed & “, “ & mGreen & “, “ & mBlue & “)” End Sub berikutnya adalah event 5Event jika user langsung memasukkan angka pada textbox serta event, jika btnExit diklik: Private Sub txtGreen_ KeyPress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms. KeyPressEventArgs) Handles txtGreen. KeyPress If Char.IsNumber(e. KeyChar) Or e.KeyChar = ControlChars.Back Then Else e.KeyChar = Nothing End If End Sub Private Sub txtGreen_TextChanged(ByVal sender As Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles txtGreen.TextChanged Try

If (Convert.ToInt32(txtGreen.Text) >= 0 And Convert.ToInt32(txtGreen.Text) <= 255) Then tbarGreen.Value = Convert.ToInt32(txtGreen. Text) mGreen = tbarGreen.Value pnlColor.BackColor = System.Drawing.Color. FromArgb(mRed, mGreen, mBlue) txtWebColor.Text = GetWebColor() txtRGB.Text = “RGB(“ & mRed & “, “ & mGreen & “, “ & mBlue & “)” Else txtGreen.Text = mGreen.ToString() End If Catch ex As Exception End Try End Sub Private Sub txtBlue_KeyPress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms. KeyPressEventArgs) Handles txtBlue.KeyPress If Char.IsNumber(e.KeyChar) Or e.KeyChar = ControlChars.Back Then Else e.KeyChar = Nothing End If End Sub Private Sub txtBlue_TextChanged(ByVal sender As Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles txtBlue.TextChanged Try If (Convert.ToInt32(txtBlue.Text) >= 0 And Convert.ToInt32(txtBlue.Text) <= 255) Then tbarBlue.Value = Convert.ToInt32(txtBlue. Text) mBlue = tbarBlue.Value pnlColor.BackColor = System.Drawing.Color. FromArgb(mRed, mGreen, mBlue) txtWebColor.Text = GetWebColor() txtRGB.Text = “RGB(“ & mRed & “, “ & mGreen & “, “ & mBlue & “)” Else txtBlue.Text = mBlue.ToString() End If Catch ex As Exception End Try End Sub Private Sub btnExit_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnExit.Click Application.Exit() End Sub End Class

variabel menyimpan intensitas merah, hijau, dan 2Deklarasi awalnya adalah menyiapkanbiru: untuk Public Class frmColorPicker #Region “Declarations” Private mRed As Integer Private mGreen As Integer Private mBlue As Integer #End Region

6Tampilan untuk program ini adalah sebagai berikut.
Disertakan di CD edisi 24/2009

3Event untuk form_load adalah sebagai berikut:
Private Sub frmColorPicker_Load(ByVal sender As Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Me.Load mRed = 0 mGreen = 0 mBlue = 0 pnlColor.BackColor = System.Drawing.Color. FromArgb(mRed, mGreen, mBlue) txtWebColor.Text = GetWebColor() txtRGB.Text = “RGB(“ & mRed & “, “ & mGreen & “, “ & mBlue & “)” End Sub

4Event untuk scroll slider adalah sebagai berikut:
Private Sub tbarRed_Scroll(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles tbarRed.Scroll

24/2009

39

Hardware

Processor 32-bit vs. 64-bit

Processor 32-bit vs. 64-bit
Windows 7 diluncurkan pada tanggal 22 Oktober 2009 lalu. Versi Windows ini diharapkan dapat menjadi versi yang jauh lebih baik ketimbang versi sebelumnya, Windows Vista. Menurut Microsoft, pengembangannya akan berjalan selama 3 tahun. Namun yang menarik, semua edisinya mendukung prosesor 32-bit dan 64-bit.

pa bedanya? Apakah Windows 7 yang dijalankan di processor 64-bit akan bekerja dengan lebih cepat ketimbang yang bekerja di processor 32-bit? Apa yang terjadi jika processor 64-bit diinstal dengan Windows 7 edisi 32-bit atau sebaliknya? Apakah processor 64-bit akan menjalankan aplikasi lebih cepat ketimbang processor 32-bit? Kebingungan tentang 32-bit dan 64-bit tidak berhenti sampai di situ. Seringkali ketika men-download suatu software, kita sering dihadapkan dengan pilihan apakah men-download software dalam edisi 32bit atau software dalam edisi 64-bit.

A

Pengaruh yang signifikan adalah pada register. Register merupakan unit penyimpanan data terkecil dalam CPU. Register dalam sebuah processor berdiri pada tingkat tertinggi dalam hierarki memory, yang artinya kecepatan aksesnya adalah yang paling cepat (dibandingkan RAM, cache ataupun harddisk) walaupun kapasitasnya adalah paling kecil. Pada CPU, register terdiri dari berbagai macam, misalnya register data (digunakan untuk menyimpan bilangan bulat), register alamat (untuk menyimpan alamat memory atau mengakses alamat memory di RAM), register general purpose (dapat digunakan untuk menyimpan angka maupun alamat memory), register floating point (digunakan untuk menyimpan bilangan pecahan), register konstanta (merupakan register read-only untuk menyimpan nilai yang pasti, seperti phi, null, true), register vektor, dan register special purpose (menyimpan data internal processor). Salah satu kegunaan dari register adalah saat processor memerlukan untuk melakukan operasi aritmatika. Nilai-nilai yang hendak diproses akan disimpan terlebih dulu pada register (misalnya pada register data atau register general purpose), demikian juga hasil dari operasi tersebut, akan diletakkan pada register. Register pada processor 64-bit tentunya akan menghasilkan presisi yang lebih tinggi daripada processor 32bit, terutama untuk bilangan pecahan (sebagai perbandingan,

dapat mendukung hingga 128 GB RAM sehingga waktu yang diperlukan untuk input dan output menjadi lebih cepat. Lebar dari data bus juga bergantung pada processor, apakah 32-bit atau 64-bit. Secara sederhana, data bus adalah kabel yang membawa informasi keluar-masuk memory menuju processor. Data bus pada processor 64-bit, tentu dapat membawa informasi lebih banyak dibandingkan data bus pada processor 32-bit. Sistem Operasi 32-bit atau 64-bit? Sebelum membahas tentang software 32-bit dan 64-bit, ada pertanyaan yang seringkali muncul, yaitu bagaimana saya tahu apakah processor pada komputer saya 32-bit atau 64-bit? Pengujian dapat dilakukan dengan menggunakan program kecil bernama securable.exe, yang dapat di-download pada alamat http://www.grc.com/files/securable.exe. Saat program ini dijalankan, akan ditampilkan apakah processor merupakan processor 64-bit atau 32-bit.

Tentang Processor 32-bit dan 64-bit Yang dimaksud 32-bit atau 64-bit sebenarnya mengacu pada arsitektur processor yang merupakan kemampuan processor dalam melakukan pengolahan data. Kata bit di sini berarti binary digit (digit biner). Digit biner merupakan digit dasar yang dikenal oleh komputer. Digit biner hanya mengenal angka 0 dan 1 (angka dasar yang digunakan untuk memproses semua data di komputer). Istilah byte mengacu pada 8 buat digit biner. Processor 32-bit, berarti processor tersebut mempunyai pengelolaan data selebar 32 digit biner (binary digit). Sedangkan untuk processor 64-bit, pengelolaan datanya lebih lebar, yaitu 64 digit biner. Hal ini berpengaruh terhadap besarnya data yang dapat diolah. Karena processor 32 bit hanya punya “space” sebesar 32 untuk digitnya, maka angka yang dapat diolah adalah 2^32 atau antara 0 sampai dengan 4.294.967.295. Sedangkan untuk processor 64-bit, angka yang dapat diolah adalah 2^64 atau antara 0 sampai dengan 18.446.744.073.7 09.551.615. Mungkin hanya para ilmuwan yang benar-benar membutuhkan angka sebesar. Namun tunggu dulu! Kita tidak dapat menarik kesimpulan tentang processor 32-bit dan 64-bit hanya berdasarkan hal tersebut. Hal tersebut juga bukanlah satu-satunya yang membedakan antara processor 32-bit dan 64-bit.

processor pertama dari Intel adalah processor 4004 yang merupakan processor 4-bit). Pengaruh lainnya ada pada pengalamatan. Salah satu register untuk menunjuk pada alamat tertentu di memori adalah register alamat. Pada arsitektur 32 bit, alamat memori yang dapat ditunjuk sebesar 2^32 alamat yang unik (atau 4GB). Hal ini menyebabkan prosesor 32 bit hanya dapat mengacu pada alamat memori sebanyak 4GB. Pada komputer berbasis Windows memori sebesar 4GB ini akan terbagi untuk penggunaan kernel dan aplikasi, masing-masing 2GB, sehingga aplikasi hanya dapat mengakses maksimal 2GB. Penambahan memori di atas 4GB menjadi tidak berguna jika menggunakan prosesor 32 bit. Untuk processor 64-bit, pengolahan memory dapat dilakukan hingga 2^64 atau 16 Eksa Byte (lebih dari 16 miliar GiB). Pada Windows 7, edisi 64-bit (dan dijalankan pada processor 64-bit)

Jika processor adalah processor 32-bit, maka dapat dipastikan sistem operasinya adalah sistem operasi 32-bit. Namun pada processor 64-bit, sistem operasi yang digunakan bisa sistem operasi 32-bit atau sistem operasi 64-bit. Pertanyaan berikutnya

40

24/2009

Processor 32-bit vs. 64-bit
adalah bagaimana mengetahui apakah sistem operasi yang digunakan 64-bit atau 32-bit? Untuk Windows XP, awalnya Microsoft merilis hanya versi 32-bit. Kemudian di tahun 2005, muncul Windows XP 64bit. Untuk mendapatkan informasi 32-bit atau 64-bit pada Windows XP, dapat dilihat pada Control Panel – System. Jika versi Windows adalah 64-bit, maka akan tertulis 64-bit edition di bawah versi Windows Namun jika versi Windows adalah akan muncul di bawah keterangan jumlah RAM dan Windows 7. Keterangan bisa didapatkan melalui Control Panel – System and Security – System. Informasi apakah sistem operasi adalah 32-bit atau 64-bit dapat dilihat di bawah informasi jumlah RAM.

Hardware

Selain Windows, beberapa versi Linux juga mendukung versi 32-bit dan 64-bit, seperti SuSE, Fedora, dan Debian. Namun menggunakan sistem operasi 64-bit tidak serta merta membuat semua aplikasi yang dijalankan menjadi lebih cepat. Hal ini dikarenakan kebanyakan software yang ada, saat ini ditulis dan dioptimasi pada lingkungan 32-bit. Diperlukan softwaresoftware yang khusus ditulis pada lingkungan 64-bit untuk dapat benar-benar memanfaatkan keuntungan processor 64-

nampak pada aplikasi sehari-hari. Saat mengakses Internet, penggunaan processor 64-bit tidak meningkatkan kecepatan akses. Demikian juga menjalankan aplikasi Office di processor 64-bit, tidak akan lebih cepat dibandingkan dijalankan pada processor 32-bit. Keuntungan dari processor 64-bit akan terasa saat digunakan untuk aplikasi-aplikasi, seperti CAD, video encoding, pemodelan 3D, penghitungan yang membutuhkan ketelitian angka, pencarian data pada sebuah database dengan ukuran yang besar, atau tugas-tugas lain yang memerlukan untuk menampung data dalam jumlah besar ke memory. Demikian pula agar kita bisa mendapatkan perbedaan yang signifikan antara Windows 64-bit dengan Windows 32-bit, maka selain Windows dijalankan pada processor 64bit, software-software penunjangnya pun juga harus software 64-bit. Dengan kemampuan akses memory di atas 4 GB, processor 64-bit dapat memberikan dampak secara signifikan ketika dijalankan pada PC dengan RAM lebih dari 4 GB. Jika tidak, maka kemampuannya tidak lebih dari processor 32bit. Pertimbangan lain sebelum beralih pada sistem operasi 64-bit adalah driver. Pada Windows 64-bit, semua driver 32-bit tidak akan dapat dijalankan sehingga untuk hardwarehardware yang usianya lebih dari 7 tahun dengan driver 32bit, kemungkinan besar tidak dapat dijalankan pada Windows 64-bit. Termasuk aplikasi 16-bit (aplikasi pada era DOS), tidak dapat berjalan pada Windows 64-bit. Namun dengan semakin maraknya processor 64-bit dan semakin murahnya harga RAM, tren sistem operasi dan aplikasi berbasis 64-bit akan semakin tumbuh di tahun-tahun ke depan.
Penulis, Windra Swastika, merupakan dosen tetap Sistem Informasi di Universitas Ma Chung, Malang

32-bit, maka tidak muncul keterangan apapun di bawah versi Windows. Kedua screen shot di atas adalah untuk versi Windows XP.

bit. Beberapa game, seperti Lost Coast , Codename: Panzers (Phase one) , dan Half Life 2 telah dirancang khusus untuk memanfaatkan fitur dari processor 64-bit.

Untuk Windows Vista, keterangan bisa didapatkan melalui Control Panel – System. Keterangan 64-bit atau 32-bit

Informasi Lebih Lanjut

Penutup Secara umum, semua keuntungan penggunaan processor 64-bit dibandingkan dengan processor 32-bit tidak terlalu

• http://support.microsoft.com/kb/946765 • http://www.techsupportalert.com/content/32-bit-and-64-bitexplained.htm

24/2009

41

Software

Mengenal Software-software 64-bit

Mengenal Software-software 64-bit
Untuk benar-benar dapat memanfaatkan secara optimal processor 64-bit, diperlukan sistem operasi 64-bit dan memory di atas 4 GB. Namun hal tersebut menjadi sia-sia, ketika software-software yang ada merupakan software 32-bit. Artikel berikut akan mengulas beberapa kategori software gratis yang khusus didesain untuk berjalan pada processor 64-bit dan sistem operasi Windows 7 64-bit.

HTTP. FTP Client lain yang dapat dipertimbangkan untuk lingkungan 64-bit adalah SmartFTP. Dengan SmartFTP,

B

eberapa kategori software yang dibahas adalah kategori browser, e-mail client, FTP client, security, audio video, CAD dan 3D, serta tool lain-lain. yang masih dalam pengembangan adalah Thunderbird 3 , yang punya codename Shredder. Aplikasi e-mail client ini dapat di-download di http://wiki.mozilla-x86-64.com/Thunderbird: Download. Sayangnya, untuk bermigrasi dari Thunderbird 2.0 ke Thunderbird 3 64-bit cukup merepotkan, karena memerlukan aplikasi tambahan seperti MozBackup dan MailStore Home. Migrasi dari Outlook di bawah sistem operasi Vista 64-bit relatif lebih mudah, dengan menggunakan fungsi import yang disediakan oleh ThunderBird 3.0. Namun fungsi ini tidak dapat digunakan pada Windows 7, karena adanya perubahan registrasi dari entri MAPI. FTP Client Untuk FTP Client, salah satu yang dirilis dalam versi 64-bit adalah Null FTP dari Vision Works. Selain memiliki free

Browser Berbicara tentang browser, Internet Explorer sebagai browser bawaan dari Windows telah disediakan, baik untuk versi 32-bit maupun 64-bit. Satu-satunya free web browser yang menyediakan baik 32-bit maupun 64-bit adalah Mozilla Firefox. Versi 3.5.5 disebut-sebut sebagai versi 64-bit yang

memungkinkan transfer file baik secara lokal maupun melalui jaringan Internet. Beberapa fitur lain dari SmartFTP adalah SFTP over SSH, Thumbnail view, dan preview untuk Remote Browser, Improved Usability, notifikasi e-mail, serta kompatibel dengan Windows 7. Security Tiga software dasar untuk keamanan PC adalah Antivirus, Anti-spyware, dan Firewall. Untuk Anti-virus adalah kecepatan dalam melakukan scanning dan kemampuan deteksi virus yang akurat menjadi pertimbangan utama saat memilih software Antivirus. Untuk software Antivirus 64-bit yang memenuhi kriteria tersebut adalah Avira Antivir Personal Edition.

paling stabil. Sementara untuk versi 3.7 yang dirilis pada bulan November 2009, masih merupakan versi alpha. Ada beberapa yang masih perlu diperhatikan saat menggunakan Mozilla Firefox versi 64-bit, yaitu: 64-bit juga 1Dukungan terhadap Java. Browserjuga 64-bit. memerlukan Java Runtime Environment yang masih belum merilis 64-bit, 2Adobedijalankan di WindowsFlash PlayerWindowsdan untuk Flash Player 32-bit tidak dapat digunakan pada browser 64bit yang Vista atau 7.

edition, baik untuk penggunaan pribadi maupun komersial, keunggulan interface Null FTP adalah dukungan drag and drop pada Windows Explorer dan sebaliknya. Protokol yang didukung oleh Null FTP adalah FTP, FTPS, SFTP, dan

3Ada beberapa situs yang menolak ketika diakses dengan browser 64-bit. Beberapa on dari Firefox, tidak kompatibel 4Jika hal-haladd atas 32-bit mengganggu, ada baiknya versi dengan Firefox 64-bit. di dirasa
Firefox 32-bit tetap digunakan. E-mail Client Windows Mail merupakan satu-satunya e-mail client 64bit yang disertakan di Vista, sementara Windows 7 tidak dilengkapi dengan e-mail client. Proyek e-mail client 64-bit Sedikit kekurangan dari Antivirus ini adalah tidak adanya fitur scanning terhadap e-mail. Namun hal tersebut dikompensasi dengan kecepatan dalam real-time protection terhadap segala bentuk ancaman, termasuk attachment e-mail yang bervirus dapat dideteksinya, ketika attachment tersebut dijalankan. Komponen Anti-spyware dan Anti-adware ditambahkan pada versi terakhirnya, yaitu versi 9.0. Opsi Antivirus yang lain adalah

42

24/2009

Mengenal Software-software 64-bit
terakhir untuk lingkungan 64-bit adalah versi 3.141 yang dirilis 16 November 2009. iTunes adalah salah satu software untuk mengorganisasi

Software

adalah salah satu software CAD untuk mendesain rekayasa mekanik. Desain dapat dilakukan dengan drafting 2D, dan dimodelkan menjadi 3D. Sedangkan salah satu software 3D yang mendukung lingkungan 64-bit adalah LightWave 3D.

Symantec AntiVirus for 64-Bit Windows Clients. Menurut Symantec, program ini khusus didesain untuk melakukan perlindungan terhadap virus di lingkungan 64-bit.

musik, film, TV show, dan podcast yang cukup populer. iTunes 9.0.2 untuk Windows dapat di-download pada: http://support. apple.com/kb/DL925. Microsoft juga merilis software serupa Lightwave 3D merupakan solusi terlengkap untuk pemodelan, animasi, dan rendering. Tool Lain-lain Untuk tool lain-lain yang mendukung lingkungan 64-bit adalah Registry Defragmenter & Compactor. Seperti yang

SUPERAntiSpyware (SAS) dapat dikatakan sebagai Antispyware yang terbaik. Di pasaran hanya tersedia versi 32-bit, sementara versi 64-nya masih dalam tahap pengembangan. Anti-spyware 64 bit buatan Microsoft adalah Windows Defender Beta 2 build 1051 x64.

bernama Microsoft Zune yang juga tersedia dalam edisi 64bit. Versi terakhirnya adalah versi 4.0.

kita ketahui, ketika software diinstal pada komputer, maka data pada registry akan bertambah, namun seringkan tidak berkurang ketika melakukan uninstall. Akibatnya registry akan bertambah besar. Software Registry Defragmenter & Compactor akan melakukan rebuild dan re-index registry untuk mengeliminasi kesalahan struktur registry. Dukungan 32-bit dan 64-bit menjadi software ini cukup baik untuk digunakan sebagai perangkat maintenance. Untuk video capture dan editing, VirtualDub adalah salah satu software video capture dan editing yang mendukung lingkungan 64-bit. Di dalamnya telah tersedia built-in codecs dan filter yang dapat dikembangkan dengan menggunakan plugins. Meskipun dirilis secara free, namun software ini dapat menjadi kompetitor bagi software-software video capture yang komersial. Alamat untuk men-download VirtualDub ada di: http://www.virtualdub.org/download CAD dan 3D Dari berbagai kategori, CAD dan 3D merupakan kategori software yang dapat memanfaatkan keuntungan processor dan sistem operasi 64-bit secara optimal. Di area CAD, VariCAD Untuk tool virtualisasi, VirtualBox yang merupakan produk virtualisasi x86 dapat digunakan pada lingkungan 64-bit. Sejak versi 2.1, VirtualBox dapat berjalan sebagai 64-bit guests pada sistem operasi 32 bit, tentu selama kita memiliki processor 64-bit. Membuat file PDF pada dokumen Office dapat mudah dilakukan dengan adanya dukungan Save As PDF file, sejak Office 2007. Namun untuk software-software pengolah citra atau dokumen yang lain, opsi penyimpanan sebagai file PDF seringkali tidak disediakan. Solusinya adalah dengan menggunakan printer driver untuk mencetak ke dokumen PDF. DocuCom PDF Driver – 64-bit merupakan salah satu printer driver yang mudah digunakan dalam membuat file PDF. Salah satu tool yang disediakan di dalamnya adalah PDF Direct! yang membuat proses konversi menjadi lebih mudah. Selain itu, ada eDocPrinter PDF Pro 64-bit yang juga merupakan printer driver untuk menghasilkan file PDF.
Penulis, Windra Swastika, merupakan dosen tetap Sistem Informasi di Universitas Ma Chung, Malang

Fitur utamanya adalah perlindungan secara real-time, monitoring system, dan meminimalkan interupsi. Update secara online dimungkinkan, untuk memastikan bahwa aplikasi ini selalu ter-update dan berhasil menangkap spyware terbaru. Firewall merupakan tool yang disediakan oleh Windows. Firewall ini memberikan perlindungan pada level tertentu, tapi kemungkinan tidak cukup jika komputer digunakan secara terus-menerus. Jika Anda memerlukan firewall dengan proteksi yang efisien serta kemudahan dalam penggunaan, maka Tiny Firewall 64 merupakan pilihan yang cukup bagus untuk lingkungan 64-bit. Software firewall di lingkungan 64-bit yang lain adalah XP Firewall control, dan ZoneAlarm 64-bit.

Audio Video REAPER (Rapid Environment for Audio Production, Engineering, and Recording) merupakan aplikasi Windows yang andal dalam melakukan proses perekaman ataupun pengeditan secara multitrack. Versi

Informasi Lebih Lanjut

• www.techsupportalert.com/best-free-windows7-vista64-bit-software.htm • www.start64.com

24/2009

43

Kuis

TTS
Kupon Kuis TTS PC MILD 24/09

Mendatar 1. Format file yang dikembangkan Microsoft dan IBM untuk audio 3. Proses otentikasi pengguna dalam sebuah sistem 6. Istilah untuk e-mail sampah 9. Program yang bisa disisipkan ke dalam web 11. Pesaing Intel 12. Country code top-level domain untuk Belize 13. Yang dianut oleh Linux 15. Bukan northbridge 18. Country code top-level domain untuk Kepulauan Turks and Caicos 19. Biasa juga disebut dengan smiley 21. LInux LOader Menurun 1. Wireless Application Protocol 2. Vi IMproved 3. Menunjuk kepada lokasi sistem yang sedang digunakan 4. Gigabyte 5. Monitor layar datar 6. Paket Office dari Sun Microsystems yang bersifat propietary 7. Aplikasi yang menyimpan informasi alamat e-mail, nomor telpon, dll 8. NetBIOS Extended User Interface 10. Country code top-level domain untuk Peru 14. Konsep user interface di Office 2007 16. Membongkar isi file ZIP 17. Dynamic Hypertext Markup Language 20. Country code top-level domain untuk Oman

Setelah TTS dilengkapi dengan benar, susunlah huruf dari kotak-kotak berwarna kuning secara berurutan sesuai abjad yang tersedia di bawah ini. Susun menjadi
Nama sebuah OS untuk smartphone :
A B C D E F G H

[A]

CARA MENJAWAB (Pilih Salah Satu): Pelanggan Indosat (Matrix, IM3, Mentari, StarOne); Telkomsel (Halo, Simpati, As); XL (Xplor, Bebas, Jempol); Flexi; Mobile-8 (Fren); Esia kirim SMS ke 7669: MILD<spasi>24<spasi>JAWABAN<spasi>NAMA Contoh: MILD 24 KOMPUTER BUDI

Untuk kartu pos Redaksi PC [B] Jakarta 10430,dikirim kekupon kuisMILD,diJl. Kramat IV No.11, sertakan TTS pojok kanan atas. SMS dan kartu pos diterima selambat-lambatnya 17 Desember 2009. Nama pemenang diumumkan pada PC Mild 26/2009 yang terbit 31 Desember 2009. Tarif premium Rp2.000++ per SMS. Gunakan pulsa Anda secara bijak. Jawaban TTS edisi 22/2009 Mendatar 1. ST 3. IPHONE 6. OPERA 7. CD 9. CC 10. ASYNCHRONOUS 12. HM 13. INFO 14. WEBHOST 15. TW 16. WF 17. NTLDR 19. MACRO 20. EMF Menurun 1. SCREENSHOT 2. DOTMATRIX 3. INTERPRETER 4. OM 5. ECC 8. MONOCHROME 9. CPU 11. SOFTWARE 17. NF 18. LI PENGUMUMAN PEMENANG EDISI 21/2009 Jawaban: CODERED Masing-masing pemenang mendapatkan 1 unit microSD VenomRX 512 MB yang dipersembahkan oleh Asiaraya Computronics: Gideon 085754196xxx Brainanda 085725776xxx Hwijanto 081330778xxx B.Joseph.P Riyanto 08111800xxx 085659367xxx

Dapatkan!
1 buah printer dan 2 buah Refill Kit untuk 1 orang pemenang yang dipersembahkan oleh DataPrint --- www.dataprint.co.id

Pemenang harap menghubungi sekretariat PC Mild di Telp. 0213153731 ext. 127 atau e-mail ke evawani.putri@pcmedia.co.id untuk konfirmasi pengambilan hadiah paling lambat 3 Januari 2010. Hadiah yang tidak diklaim dinyatakan hangus.

44

24/2009

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful