GLOBALISASI DALAM KEHIDUPAN

Dosen Pengampu : M. Rudi, H. SH

Kelompok 1:
Afrizal Nehemia Toscany Elly Gustiyani S. Wulan Puspita Sari Rahmat Tri Santoso Jati Sukma Wijaya (8040100033) (8040100050) (8040100009) (8040100032) (8040100173)

STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI 2011

Akhir kata.Selain itu. makalah ini diharapkan agar dapat menjadi bacaan para pembaca agar menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab karena materi ini disajikan mengarah pada terbentuknya arah globalisasi yang berpengaruh terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Makalah ini diharapkan mampu membantu saya dalam memperdalam mata kuliah Kewarganegaraan dalam kegiatan belajar.Semoga makalah ini bermanfaat. dan bernegara yang selalu berubah. Oleh karena itu. berbangsa. makalah ini diharapkan agar bangsa Indonesia memiliki sikap yang kritis terhadap situasi dan kondisi kehidupan bermasyarakat. Jambi. khususnya bagi saya dan pembaca. 17 Juni 2011 Penulis i .PRAKATA Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah Kewarganegaraan ini dengan baik. saya ucapkan terima kasih kepada para pembaca yang sudah berkenan membaca makalah ini dengan tulus ikhlas.

.......... PEMBAHASAN .................. A....................... Proses Globalisasi .............................................DAFTAR ISI PRAKATA ....................................... Ciri-Ciri yang Menandai Berkembangnya Globalisasi dalam Berbagai Aspek ................................................................... D.......................................................................................................................... 16 ii ..................................... BAB I BAB II PENDAHULUAN .......... Konsepsi Penanggulangan Dampak Negatif dari Globalisasi..... B............................................................ 13 5 7 i ii 1 2 2 4 BAB III PENUTUP ............................. DAFTAR ISI ............ 12 F...... C.......................................... Antisipasi Pengaruh Negatif Negatif Globalisasi Terhadap Nilai Nasionalisme .................................................................................................. 15 DAFTAR PUSTAKA .... E............ Pengertian Globalisasi ............................................................. Pengaruh yang Timbul dari Adanya Globalisasi ...................................................

Apa Itu Globalisasi ? b. kita mesti berhadapan dengan globalisasi.Ada pula dampak negatifnya.Justru sebaliknya. Bagaimana Proses Globalisasi ? c.Ibaratnya. siap atau tidak siap.BAB I PENDAHULUAN 1. arus globalisasi ternyata tidak selamanya berdampak positif. Bagaimana cara menanggulangi dampak negatif globalisasi ? 1 .2. Bagaimana cara mengantisipasi dampak negatifglobalisasi? f.1. Apa dampak globalisasi? e.Namun demikian.Untuk kesuksesan dan kesejahteraan umat manusia di seluruh dunia. 1. RUMUSAN MASALAH a. kita harus mempunyai penyaring (filter) untuk menghadapinya agar kita tidak terlindas oleh jaman.Oleh karena itu. LATAR BELAKANG Globalisasi tampaknya telah menjadi bagian dari kehidupan kita. kita harus tetap menjadi manusia yang berjiwa manusiawi.Kita tidak dapat melepaskan diri dari globalisasi. Apa saja ciri-ciri yang menandai berkembangnya globalisasi dalam berbagai aspek.? d.

dan kegiatan di salah satu bagian dunia menjadi suatu konsekuensi yang signifikan bagi individu dan masyarakat di daerah yang jauh.BAB II PEMBAHASAN A. Dalam hal ini masing-masing negara tetap mempertahankan identitasnya masing-masing. kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain yang akhirnya sampai pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersama bagi bangsa. yang maknanya ialah universal. namun menjadi semakin tergantung satu sama lain.Kewarganegaraan.bangsa di seluruh dunia. 2 . kita pun memandang globalisasi di dalam kemajemukan. "globalisasi" diambil dari kata global. PENGERTIAN GLOBALISASI Menurut asal katanya. masyarakat global.2005Globalisasi pada hakikatnya adalah suatu proses dari gagasan yang dimunculkan. Scholte melihat bahwa ada beberapa definisi yang dimaksudkan orang dengan globalisasi: y Internasionalisasi: Globalisasi diartikan sebagai meningkatnya hubungan internasional. Edison A. Globalisasi Menurut para ahli : Menurut John Huckle. keputusan. globalisasi adalah suatu proses dengan mana kejadian. Sementara itu. Albrow mengemukakan bahwa globalisasi adalah keseluruhan proses di mana manusia di bumi ini diinkorporasikan (dimasukkan) ke dalam masyarakat dunia tunggal. Jamli dkk. Karena proses ini bersifat majemuk.Theodore Levitte merupakan orang yang pertama kali menggunakan istilah Globalisasi pada tahun 1985.

Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan. budaya populer. maupun migrasi. dan antar negara saling berinteraksi. perjalanan. Dan Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu. dunia global memiliki status ontologi sendiri. Pada pengertian yang kelima. antar kelompok. lalu lintas devisa. bergantung. dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. Kesimpulan Dari pengertian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa. Pada empat definisi pertama. y Universalisasi: Globalisasi juga digambarkan sebagai semakin tersebarnya hal material maupun imaterial ke seluruh dunia. y Hubungan transplanetari dan suprateritorialitas: Arti kelima ini berbeda dengan keempat definisi di atas. misalnya hambatan tarif ekspor impor. y Westernisasi: Westernisasi adalah salah satu bentuk dari universalisasi dengan semakin menyebarnya pikiran dan budaya dari barat sehingga mengglobal. Pengalaman di satu lokalitas dapat menjadi pengalaman seluruh dunia.y Liberalisasi: Globalisasi juga diartikan dengan semakin diturunkankan batas antar negara. masingmasing negara masih mempertahankan status ontologinya. investasi. terkait. dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara 3 . bukan sekadar gabungan negara-negara.

dan transportasi. PROSES GLOBALISASI Globalisasi sebagai suatu proses bukanlah suatu fenomena baru karena proses globalisasi sebenarnya telah ada sejak berabad-abad lamanya. proses globalisasi yang berupa pemikiran atau sistem nilai kehidupan mulai diadopsi dan dilaksanakan sesuai dengan kondisi di Indonesia. Globalisasi secara fisik ditandai dengan perkembangan kota-kota yang menjadi bagian dari jaringan kota dunia. Hal ini dapat dilihat dari infrastruktur telekomunikasi. proses globalisasi telah begitu terasa sekali sejak awal dilaksanakan pembangunan. Dengan kembalinya tenaga ahli Indonesia yang menjalankan studi di luar negeri dan datangnya tenaga ahli (konsultan) dari negara asing. perusahaan-perusahaan berskala internasional serta cabang-cabangnya. informasi. Bagi Indonesia. jaringan transportasi.B. Di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 arus globalisasi semakin berkembang pesat di berbagai negara ketika mulai ditemukan teknologi komunikasi. 4 . Loncatan teknologi yang semakin canggih pada pertengahan abad ke-20 yaitu internet dan sekarang ini telah menjamur telepon genggam (handphone) dengan segala fasilitasnya.

y Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa (terutama televisi. inflasi regional dan lain-lain. dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya. saat ini. misalnya dalam bidang fashion. misalnya pada bidang lingkungan hidup. televisi satelit. film. y Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional. 5 . dan makanan. kita dapat mengonsumsi dan mengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yang melintasi beraneka ragam budaya. dan transmisi berita dan olah raga internasional). musik. y Meningkatnya masalah bersama.C. krisis multinasional. sementara melalui pergerakan massa semacam turisme memungkinkan kita merasakan banyak hal dari budaya yang berbeda. Perkembangan barangbarang seperti telepon genggam. literatur. CIRI-CIRI YANG MENANDAI BERKEMBANGNYA GLOBALISASI DALAM BERBAGAI ASPEK 1. Aspek Ekonomi Hilir mudiknya kapal-kapal pengangkut barang antar negara menunjukkan keterkaitan antar manusia di seluruh dunia y Perubahan dalam Konstantin ruang dan waktu. peningkatan pengaruh perusahaan multinasional. dan dominasi organisasi semacam World Trade Organization (WTO).

Penyebaran prinsip multikebudayaan (multiculturalism). Berkembangnya mode yang berskala global. film dan lain lain. Aspek Sosial Kebudayaan y y Berkembangnya pertukaran kebudayaan internasional. seperti pakaian. Semakin banyaknya imigrasi dari suatu negara ke negara lain. y y y Berkembangnya turisme dan pariwisata. Persaingan bebas dalam bidang ekonomi Meningkakan interaksi budaya antar negara melalui perkembangan media massa 6 . seperti Piala Dunia FIFA. dan kemudahan akses suatu individu terhadap kebudayaan lain di luar kebudayaannya.2. y y y Bertambah banyaknya event-event berskala global.

bersih dan dinamis tentunya akan mendapat tanggapan positif dari rakyat. terbukanya pasar internasional. Pizza Hut. Dengan adanya hal tersebut akan meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan nasional bangsa. c.D. jika pemerintahan djalankan secara jujur. Dari aspek globalisasi ekonomi.dll. Tanggapan positif tersebut berupa rasa nasionalisme terhadap negara menjadi meningkat. Karena pemerintahan adalah bagian dari suatu negara. Dilihat dari globalisasi politik. Jika hal tesebut terjadi akibatnya rasa nasionalisme bangsa akan hilang b. Coca Cola. Dari globalisasi sosial budaya kita dapat meniru pola berpikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi dan disiplin dan Iptek dari bangsa lain yang sudah maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa yang pada akhirnya memajukan bangsa dan akan mempertebal rasa nasionalisme kita terhadap bangsa. hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyaknya produk luar negeri (seperti Mc Donald. Globalisasi mampu meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa liberalisme dapat membawa kemajuan dan kemakmuran.) membanjiri di Indonesia. Sehingga tidak menutup kemungkinan berubah arah dari ideologi Pancasila ke ideologi liberalisme. b. meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara. pemerintahan dijalankan secara terbuka dan demokratis. PENGARUH YANG TIMBUL DARI ADANYA GLOBALISASI 1) Pengaruh positif globalisasi terhadap nilai-nilai nasionalisme a. 2) Pengaruh negatif globalisasi terhadap nilai-nilai nasionalisme a. Dengan hilangnya rasa 7 . Dari globalisasi aspek ekonomi.

Dampak Positif  Makin mudahnya memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa  Lebih mudah dalam meningkatkan hasil produksi  Lebih mudah dalam memasarkan hasil produksi ke kancah internasional  Membuka lapangan kerja baru bagi yang memiliki keterampilan  Mempermudah proses pembangunan industri  Mendorong pertumbuhan ekonomi nasional  Munculnya perusahaan multinasional dan transnasional  Munculnya berbagai lembaga ekonomi dunia seperti World Bank. 3) Pengaruh Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi : a. e. karena adanya persaingan bebas dalam globalisasi ekonomi. Dengan adanya individualisme maka orang tidak akan peduli dengan kehidupan bangsa. karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagai kiblat. Mayarakat kita khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia.  Produksi global dapat ditingkatkan  Liberalisme pasar telah menawarkan alternatif bagi pencapaian standar hidup yang lebih tinggi 8 . d. c. Hal tersebut dapat menimbulkan pertentangan antara yang kaya dan miskin yang dapat mengganggu kehidupan nasional bangsa. IMF (International Monetary Fund) ¸ dan WTO. Munculnya sikap individualisme yang menimbulkan ketidakpedulian antarperilaku sesama warga.cinta terhadap produk dalam negeri menunjukan gejala berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia. Mengakibatkan adanya kesenjangan sosial yang tajam antara yang kaya dan miskin.

 Tidak stabilnya harga saham dan mudah bergejolaknya keadaan moneter dunia 4) Pengaruh Globalisasi dalam Bidang Sosial Budaya a. seni. sehingga produk dalam negeri kurang berkembang. Dampak Positif  Mempercepat perubahan pola pikir masyarakat  Melahirkan pranata-pranata atau lembaga-lembaga social yang baru  Perkembangan pakaian. dan ilmu pengatahuan yang turut meramaikan kehidupan masyarakat  Menjamurnya produksi film dan musik dalam bentuk kepingan VCD/CD dan DVD 9 .b.  Memperburuk neraca pembayaran karena masyarakat cenderung menyukai barang import sedangkan hasil eksport dalam negeri kalah bersaing dengan perusahaan raksasa dunia. Dampak Negatif  Munculnya persaingan yang tidak sehat  Menumbuhkan sikap konsumtif pada masyarakat  Pemilik modal kuat akan menguasai pemilik modal yang lemah  Menculnya kapitalisme dalam perdagangan  Meningkatkan resiko perdagangan gelap atau illegal  Membuka peluang terjadinya penumpukan kekayaan dan monopoli  usaha dan kekuasaan ekonomi pada segelintir orang  Semakin melebarnya ketimpangan distribusi pendapatan antar negara negara kaya dengan negara-negara miskin  Liberasisasi ekonomi global yang menyebabkan barang-barang import mendominasi dalam negeri.

 Memberikan nilai-nilai dan pola baru dalam masyarakat  Menumbuhkan budaya kerja keras  Makin meragamnya kebudayaan dunia  Timbulnya assimilasi dan akulturasi budaya b. Dampak Negatif  Meningkatnya individualisme  Perubahan pada pola kerja  Pergeseran nilai kehidupan dalam masyarakat  Masyarakat yang cenderung meniru budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa  Dengan semakin merebaknya budaya asing yang masuk menyebabkan banyak masyarakat yang kehilangan jati diri bangsanya  Munculnya berbagai masalah social dan gerakan social  Semakin melebarnya ketimpangan atau kesenjangan social diantara Negara maju dan berkembang  Timbulnya distregrasi/disorganisasi dalam masyarakat 5) Pengaruh Globalisasi dalam Bidang politik a. Dampak Positif  Terjadinya perubahan system ketatanegaraan  Dengan perubahan system kepartaian yang dianut. sehingga memunculkan adanya partai-partai baru  Kesadaran akan perlunya jaminan perlindungan Hak Asasi Manusia  Gerakan demokrasi yang semakin dianut tinggi oleh Negara-negara di dunia  Membuat Negara-negara melaksanakan kerja sama ekstradisi untuk menjaga keamanan masing-masing 10 .

Dampak Negatif  Munculnya paham baru dalam system pemerintahan yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa  Negara tidak lagi dianggap sebagai pemegang kunci dalam proses pembangunan  Dengan semakin majunya teknologi.b. Negara lain dapat melakukan spionase terhadap yang lain dengna menebarkan virus untuk merusak database dan mengambil file-file rahasia Negara  Perang dengan menggunakan rudal dan nuklir yang sanat membahayakan umat manusia  Sulitnya Negara mengatur keadaan dan eksistensi di daerah perbatasan 11 .

nilai Pancasila dengan sebaik.baiknya.langkah antisipasi tersebut diharapkan mampu menangkis pengaruh globalisasi yang dapat mengubah nilai nasionalisme terhadap bangsa.E. ideologi.benarnya dan seadil. misal semangat mencintai produk dalam negeri.adilnya. Mewujudkan supremasi hukum. ekonomi. menerapkan dan menegakkan hukum dalam arti sebenar. Antisipasi Pengaruh Negatif Globalisasi Terhadap Nilai Nasionalisme Langkah-langkah untuk mengantisipasi dampak negatif globalisasi terhadap nilai.baiknya. Sehingga kita tidak akan kehilangan kepribadian bangsa. 2. Menanamkan dan mengamalkan nilai. 5. Menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh. sosial budaya bangsa. 4. Dengan adanya langkah. 12 . 3. Selektif terhadap pengaruh globalisasi di bidang politik.nilai nasionalisme antara lain yaitu : 1. Menanamkan dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik.

13 . kerakyatan dan keadilan. KONSEPSI PENANGGULANGAN PENGARUH NEGATIF GLOBALISASI Konsepsi Penanggulangan Pengaruh Negatif Globalisasi pada Nilai-nilai Budaya Bangsa Indonesia dirumuskan sebagai berikut : 1. Regulasi dan deregulasi untuk mengatur dan mengatur kembali undang-undang yang sesuai dengan perkembangan lingkungan. kerakyatan dan keadilan. khususnya bidang pertahanan negara.F. Pengembangan budaya nasional melalui pendekatan multi kulturalisme berdasarkan nilai ketuhanan. Terealisasinya. Strategi Sasaran terwujudnya pengembangan budaya nasional melalui pendekatan multi kultural yang berdasarkan nilai ketuhanan. kesatuan. Selalu bercermin pada sejarah dan perjuangan Bangsa. 3. kesatuan. Terealisasinya sosialisasi dan pencarian solusi pengaruh negatif globalisasi pada nilai-nilai budaya bangsa. sosialisasi dan pencarian solusi pengaruh negatif globalisasi pada nilai-nilai budaya bangsa Indonesia. kemanusiaan. Konsolidasi peningkatan pemahaman dan kesadaran tugas dan fungsi yang diemban guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pemahaman budaya kepemim-pinan yang diharapkan mampu mewujudkan tujuan pembangunan. Kebijakan Peningkatan pemahaman dan analisis terhadap informasi dari media massa sebagai filtrasi nilai-nilai budaya asli Indonesia. Metoda Akulturasi budaya asli dan budaya asing untuk pembentukan budaya nasional yang mendukung pembangunan nasional. kemanusiaan. 2. Koordinasi antar berbagai pihak yang terkait guna memperoleh visi yang sama untuk mencapai keselarasan tindakan dalam upaya penanggulangan pengaruh negatif globalisasi.

Upaya-upaya Meningkatkan pemahaman dan analisis informasi didasarkan pada nilai-nilai budaya asli Indonesia dengan peningkatan kemampuan logika. pemahaman terhadap nilai-nilai budaya asing dan analisis kesesuaiannya dengan nilai budaya asli.Pendidikan dan latihan untuk meningkatkan kemampuan SDM dalam hal analisis pengaruh negatif globalisasi. pancasila dan kewarganegaraan dengan meningkatkan pemahaman dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dalam rangka internalisasi nilai-nilai budaya nasional. Pemahaman budaya kepemimpinan yang diharapkan mampu mewujudakan tujuan pembangunan khususnya di bidang pertahanan negara. Filter untuk mewujudkan budaya nasional yang dinamis dan stabil. 4. Filter terhadap budaya asing dengan meningkatkan internalisasi budaya asli. analisis bahasa dan analisis wacana. 14 . Meningkatakan pembinaan terhadap pendidikan agama.

masyarakat transisi. 2. Saran Untuk Menghadapi Globalisasi ini agar kita sabagai warga tidak terkena dampak negatif.Bangsa Indonesia telah menerapkan kehidupan berdemokrasi yang telah membawa perubahan-perubahan yang besar. misal semangat mencintai produk dalam negeri. hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut : 1. Dampak positif dan negatif pada pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara pun ada. 3. 15 . mereka dapat dipastikan akan terlindas oleh jaman serta terpuruk pada era keterbelakangan dan kebodohan. secara langsung. maupun masyarakat yang masih rendah taraf hidupnya.nilai Pancasila dengan sebaikbaiknya. Menanamkan dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik. suatu masyarakat/negara tidak mungkin dapat mengisolasi diri terhadap proses globalisasi. Kesimpulan Globalisasi merupakan suatu gejala wajar yang pasti akan dialami oleh setiap bangsa di dunia. baik pada masyarakat yang maju.Salah satunya era globalisasi pada sistem politik. Menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh.Itu dampak B. masyarakat berkembang. diantaranya pelaksanaan pemilu legislatif dengan sistem multipartai dan pemilihan presiden dan wakil presiden positifnya.BAB III PENUTUP A.baiknya. Jika suatu masyarakat/negara mengisolasi diri dari globalisasi. Menanamkan dan mengamalkan nilai. Dalam era global.

wikipedia.org/wiki/Globalisasi16 Mei 2011 Dampak Globalisasi. 2005. Adeng.html. Muhlisin dan Sujiyanto.com/2009/01/dampak-globalisasi.Bandung : Benang Merah Press. Praktik Belajar Kewarganegaraan. Civic Education.blogspot.DAFTAR PUSTAKA Ghazali. From http://bukucatatanpart1.Jakarta : Ganeca Exact Globaliasasi. 16 Mei 2011 16 .Fromhttp://id. 2004.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful