You are on page 1of 1

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS MULAWARMAN SAMARINDA 2011 SARI NURLAILA ABSTRAK Pemanfaatan Posyandu oleh ibu balita

Di Puskesmas Loa bukit Desa Loa ulung Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kertanegara Tahun 2011.(Annisa Nurochmawati, SKM. M.kes Pembimbing I, Ratno Adrianto, SKM, M.Kes Pembimbig II).
. Puskesmas Loa Bukit merupakan Puskesmas yang memiliki 2 posyandu diwilayah kerjanya posyandu di desa loa ulung sendiri termasuk kedalam katagori posyandu tingkat Purnama. Kendala di posyandu tidak adanya dukungan dari pemerintah desa selain itu pengetahuan ibu balita yang kurang terhadap pemanfaatan posyandu itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mendalam mengenai perilaku ibu balita terhadap pemanfaatan posyandu di wilayah kerja Puskesmas Loa Bukit desa loa ulung tahun 2011. Jenis penelitian adalah jenis penelitian kualitatif. Variable yang diteliti yaitu pengetahuan, dukungan sosial dan Pelayanan Kader Posyandu. Informan yang diteliti adalah sebanyak 11 orang adalah ibu-ibu yang memiliki anak dan masih memanfaatkan posyandu, serta dengan 3 orang informan kunci yakni kader posyandu yang dapat memberikan keterangan data yang diinginkan serta 2 orang informan pendukung. Hasil penelitian menunjukan Beberapa informan pengetahuannya hanya sebatas mengenai pengertian posyandu dukungan sosial yang didapat oleh ibu balita dari lingkungan sekitar terhadap pemanfaatan posyandu juga msih kurang sama halnya dengan pelayanan kader posyandu juga masih perlu peningkatan dalam hal meningkatkan pelayanan posyandu. Disarankan kepada pihak kader posyandu selalu memotivasi ibu-ibu balita untuk ke posyandu setiap bulannya selain itu perlu diadakannya pertemuan rutin antara toma, kader posyandu dan petugas kesehatan lainnya.

Kata Kunci

Kepustakaan

: Pengetahuan,Dukungan sosial, dan Pelayanan kader posyandu desa Lao ulung kecamatan tenggarong Seberang tahun 2011 : 16 (1989 2010)

ii