DAFTAR ISI Halaman Judul Kata Pengantar Daftar isi BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang 1.2 Rumusan Masalah 1.

3 Tujuan Penulisan 1.4 Manfaat Penulisan 1.5 Sistematika Penulisan BAB II PEMBAHASAN 2.1 Pentingnya Gizi 2.2 Ciri-ciri Obesitas 2.3 Akibat Diet yang Salah 2.4 Cara Diet yang Sehat BAB III PENUTUP 3.1 Kesimpulan 3.2 Saran-saran Daftar Pustaka

KATA PENGANTAR .

Diet yang dilakukan sangat tergantung pada usia. kesehatan. vitamin. kondisi kesehatan.1 Latar Belakang Masalah Masa muda adalah masa transisi yang sangat penting untuk kehidupan selanjutnya. seperti menurunkan berat badan atau menaikkan berat badan. Selain itu ada kurang gizi atau malnutrisi. suasana dan banyaknya kegiatan yang dilakukan sehari-hari. dan membuat mereka . Sub bab ini antara lain : Diet adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi seseorang secara teratur setiap hari. dan nutrisi. Banyak penelitian menunjukkan bahwa obesitas mempunyai resiko untuk menderita kardiovaskular dan anemia yang bisa mengakibatkan hambatan dalam berkonsentrasi saat belajar.BAB 1 PENDAHULUAN Dalam bab ini kami menguraikan tentang kondisi umum dari topik uang kami bahas dan berdasarkan info – info yang didapat dari buku yang telah kami baca. Kedua masalah gizi ini bisa berakibat fatal. Masalah gizi ganda terjadi akibat kesalahan dalam memilih makanan. namun banyak remaja yang tidak melewati masa mudanya secara optimal. Dalam menentukan jenis makanan sangat dipengaruhi oleh keuangan. Makanan makanan yang biasa dikonsumsi anak muda memiliki sifat tinggi lemak namun rendah serat. Salah satunya adalah masalah gizi sehat. Diet dapat juga berarti jumlah dan jenis makanan yang dibutuhkan dalam situasi tertentu. Seperti contohnya fast food atau junk food. 1. Banyak anak muda sekarang yang tidak perhatian terhadap makanan yang dikonsumsi. Adanya pembahasan ini diharapkan dapat membantu dalam memahami makalah ini. Salah satunya adalah obesitas atau kegemukan. berat badan. lingkungan dan gaya hidup telah kekurangan atau kelebihan gizi.

Untuk mengetahui cara mengatur gizi yang baik 2. yang sebenernya sangat merugikan bagi kesehatan Walaupun kita tahu bahwa terlalu gemuk kurang baik bagi kesehatan. Dewasa ini banyak anak muda yang ingin terlihat cantik dan sexy. Melalui pembahasan kita kali ini kami mengharapkan agar para remaja bisa memahamiarti diet sesungguhnya dan mau mempraktikan pola makan gizi seimbang sehingga mereka dapat tumbuh optimal menjadi manusia dewasa yang sehat dan sejahtera.penulis merumuskan beberapa masalah. Agar pembaca dapat mengetahui makanan seperti apa yang harus dikonsumsi. Untuk mengetahui akibat dari diet yang salah 1. namun cara mereka seringkali lebih banyak merugikan dari pada menguntungkan. Salah satunya dengan cara berdiet.3 Tujuan Penulisan Berdasarkan latar belakang di atas. Bagaimana pentingnya gizi? 2. diantaranya: 1. Untuk mengetahui apa itu obesitas 3. Adapun manfaat dari penulisan makalah ini adalah : . 2. Apa sajakah akibat dari diet yang salah? 1. tetapi terlalu kurus juga kurang baik. Banyak yang tidak menyadari bahwa kekurusan dapat berdamapak buruk bagi kesehatan tulang dan reproduksi.mineral mereka.4 Manfaat Penulisan 1. penulis dapat mengambil tujuan penulisan. 1.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas. diantaranya: 1. Agar pembaca dapat mengetahui cara diet yang sehat. Apa itu obesitas? 3.

1. lemak. Supaya pertumbuhan optimal kita membutuhkan zat gizi yang seimbang.2 Rumusan Masalah 1.1 Kesimpulan 3.2 Saran-saran Daftar Pustaka BAB II PEMBAHASAN 2.2 Ciri-ciri Obesitas 2. Harus diketahui bahwa pertumbuhan itu hanya terjadi .1 Pentingnya Gizi 2. Pada saat inilah tubuh kita tumbuh lebih cepat.1 Latar Belakang 1.4 Manfaat Penulisan 1.1 Pentingnya Gizi Saat remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa.4 Cara Diet yang Sehat BAB III PENUTUP 3. otot. dan juga bermacam – macam organ didalam tubuh kita bakal berkembang tidak sesuai dengan keinginan kita.5 Sistematika Penulisan Sistematika penulisan dalam karya tulis ini adalah sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN 1.3 Akibat Diet yang Salah 2. Semua bagian dalam tubuh seperti tulang.3.5 Sistematika Penulisan BAB II PEMBAHASAN 2.3 Tujuan Penulisan 1. Agar pembaca dapat mengetahui akibat dari diet yang salah.

zat gizi bisa dianggap sebagai bahan untuk membangun sebuah rumah agar rumah tersebut dibangun menjadi besar dan kokoh. Zat besi berfungsi sebagai penyusun sel darah merah (pengangkut oksigen keseluruh tubuh. Energi dapat diperoleh dari karbohidrat dan lemak. ikan laut. kita harus makan makanan yang tinggi protein. Pada saat ini kebutuhan kalsium paling banyak dibuthkan karena pembentukan tulang terjadi apda umur 18 tahun. Untuk mencukupi kebutuhan protein. Ibarat rumah. Sebagai remaja kita membutuhkan protein kira-kira 0.2 Ciri-ciri Obesitas Apa itu Obesitas? . kalsium. 2. dan zinc.sekali dalam seumur hidup. Manusia membutuhkan energi unutk proses pertumbuhan. teri. pendewasaan. Kita bisa memperoleh Zinc dari daging sapi. Selain zat gizi kita juga perlu olah raga untuk memaksimalkan pertumbuhan dan mencegah kegemukan. menjaga system imun atau pertahanan tubuh kita terutama dari serangan virus dan bakteri pengganggu. Zat gizi yang dibutuhkan oleh remaja antara lain adalah energi.8 gr per kilo berat badan . Zat besi juga penting untuk komponen dalam berbagai reaksi yang ada ditubuh kita. Materialnya juga harus cukup dan berkualitas baik. zat besi. ayam. Salah satu pendukung pertumbuhan tubuh kita yaitu protein yang sangat dibuthkan makhluk hidup untuk tumbuh dan berkembang. Kita bisa memperoleh kalsium dari mengkonsumsi susu. daging. dan sayuran. dan susu. dan menjaga kesehatan untuk melakukan berbagai aktivitas. Zinc berperan besar dalam pertumbuhan. protein. Zat gizi memang penting untuk menambah berat dan tinggi badan. Pada saat remaja kita butuh kalsium lebih banyak karena tulang bertambah panjang selama masa remaja.

juga lebih memiliki yang praktis. Akibat dari obesitas Obesitas dapat dinyatakan sebagai penyakit yang maksudnya kelebihan lemak dan gula. Obesitas juga dapat terjadi karena energi yang kita makan tidak semuanya dikelola dalam bentuk aktivitas. dan globalisaasi. Kalau lemak dalam tubuh kita berlebih maka sel – sel dalam tubuh tidak dapat menerima gula darah dengan baik. Jika ini terjadi terus menerus dapat menyebabkan diabetes. Pada intinya 2 hal yang bisa menyebabkan obesitas adalah kebanyakan makan dan kurangnya beraktivitas fisik. Hal ini membuat kita semakin malas yang menyebabkan terjadi penimbunan lemak. ternyata kasus obesitas itu paling banyak ditemukan di negara kepulauan Pasifik. Dampak dari kebiasaan buruk itu adalah bertambahnya berat badan mereka. penyakit jantung. atau main video game tanpa ada kegiatan fisik yang berarti. Kita sebagai remaja dituntut lebih bergerak aktif jangan sampai mempunyai gaya hidup yang pasif atau sedentari. Hasilnya tubuh menyimpan cadangna energy dalam bentuk lemak berlebih. Sebagai contohnya sekarang orang yang bertransportasi menggunakan sepeda sangatlah jarang. trnasportasi. hipertensi. Selain tekanan darah yang meningkat orang yang obesitas juga mempunya kadar lemak . Untuk menentukan apakah seseorang itu obesitas atau tidaka da patokannya sendiri. Mereka sukanya nonton televise. Orang yang sedentari itua dalah orang yang hidupnya suka bermalas – malasan. Penyakit-penyakit kronis yang ditimbulkan seperti diabetes.Obesitas adalah suatu keadaan dimana terjadi penimbunan jaringan lemak seara berlebihan pada tubuh seseorang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di banyak negara. internetan. dan kanker. Patokannya adalah sebagai berikut : Obesitas bisa terjadi karena kemajuan teknologi. Jika kita ingin menonton televise kita tidak perlu bolak – balik akrena sudah ada remot control. Obesitas yang terjadi terus menerus dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Tetapi cara makan yang tidak benar dapat dikatakan sebagai suatu penyakit.3 Akibat Diet yang Salah Setiap orang pasti memiliki kegemaran sendiri – sendiri. mereka cenderung makan terlalu banyak dan tak lama setelah itu mereka akan pergi ke kamar mandi dan memuntahkan makanan yang telah mereka konsumsi karena mereka tidak ingin menjadi gemuk. Jika kondisi ini terjadi terus-menerus bisa menyebabkan gangguan pada jantung dan sel otot. begitu juga dengan cara mengkonsumsinya. dan Anoreksia Nervosa. Jenis – jenis penyakitnya adalah Bulimia Nervosa. 2. Kekurangan kalium yang disebabkan karena makanan biasanya jarang terjadi.darah atau profilipid yang jelek sehingga mudah terserang penyakit jantung. hypokalemia. tetapi mereka cenderung untuk menahan atau mengontrol nafsu makan mereka. Seseorang yang menderita penyakit Bulemia Nervosa memiliki nafsu makan normal. dan alkalosis Hipokalemia adalah kekurangan kalium (potassium) dalam tubuh yang penting unutk mejaga keseimbangan elektrolit. kebanyakan karena muntah dan diare. Erosi pada enamel gigi Pembesaran apda kelenjar ludah dan parotid Gangguan penyerapan makanan .Selama periode tersebut orang yang mengalami Bulimia Nervosa menghadapi kekurangan gizi dan juga tubuhnya menjadi kurus hingga ukuran yang tidak normal ( terlihatnya tulang rusuk ). Komplikasi yang terjadi dari Bulimia adalah : Gangguan elektrolit seperti hiponatremia. Bulemia Nervosa Bulemia Nervosa adalah gangguan psikologi pada pola makan uyang ditandai degan gangguan makan akibat perasaan yang tidak nyaman secara fisik dan emosional. Namun untuk menahan nafsu makan itu sangatlah sulit.

bisa mengalami gangguan hormone reproduksi seperti ekstrogen. mengurangi merupakan Anoreksia Nervosa adalah sejenis gangguan yang menyebabkan orang penyakit berusaha Nervosa makannya berlebihan dan biasanya penderita memiliki rasa takut yang akan kegemukan. Pada remaja putri penderita Bulemia yang cenderung parah. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa remaja penderita Bulemia cenderung memisahkan diri dari keluarganya - Gangguan psikologis Kelaparan yang terjadi pada penderita Bulemia sering juga menyebabkan maslah psikologis. - Gangguan Sosial Makan adalah suatu aktivitas sosial. Tidak hanya itu. Mungkin saja karena mereka punya pilihan makan sendiri dan cenderung berbeda dengan makan orang apda umunya.- Lazy bowel syndrome (gangguan apda usus) Kelelahan Gangguan konsentrasi Gangguan menstruasi (pada remaja putri) Masalah ini sebenarnya bisa lebih parah dari sekedar ganguan pola menstruasi. mereka juga memiliki rasa rendah diri yang belebihan. biasanya cenderung terisolasi dari lingkungan. dan luteinizing homone yang dapat menyebabkan masalah perkembangan seksual. yang memuntahkan. sendiri. Sebagian juga malu karena perilaku mereka sedikit menyimpang. apatis. karena biasanya kita makan bersama orang lain atau setidaknya butuh orang lain untuk menemani. mengalami dan olahraga ini yang berlebihan). Mereka biasanya memiliki mood yang rendah. Anoreksia Nervosa Beda dengan Bulemia Nervosa yang memancing tubuh untuk mengeluarkan makanan dan energy dengan cara yang tidak wajar ( pencahar. Anoreksia . folliclestimulating homone. mirip dengan gejala pada penderita depresi. Ketika seseorang menderita Bulemia. dan kehilangan energy.

Komplikasi yang terjadi akibat Anoreksia Nervosa adalah : Pengurangan Masa Tulang Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menunjukkan bahwa remaja yang mengalami Anoreksia masa tulangnya akan berkurang secara signifikan. Jangan sampai dikemudian hari terjadi osteoporosis atau pengeroposan tulang.masalah psikologis yang mempengaruhi pola makan seseorang. Dalam pemikiran penderita. Mereka tidak memikirkan bahwa apabila menggunakan cara seperti itu tidak hanya kurus yang didapat. Gangguan Fungsi Otak Remaja yang mengalami masalah psikologis seperti Anoreksia Nervosa dan Bulimia Nervosa sudah terbukti mengalami gangguan otak. tetapi mereka tidak mengetahui cara diet yang sehat. Hormone adalah zat yang berfungsi mengatur metabolism dan kerja sel-sel tubuh kita. Apabila hormone si pengatur sudah kacau. Banyak remaja yang tidak menginginkan kegemukan. sebenernya tidak jauh berbeda dengan Bulemia. Stunting of Growth Penderita Anoreksia beresiko tinggi mengalami stunting of growth (pertumbuhan terlambat). Berdasakan penelitian yang dilakukan setiap . Alasan utama mengapa banyak sekali remaja yang mengalami Anoreksia. ternyata beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa gangguan pertumbuhan ini berkaitan dengan perubahan system hormone pada pertumbuhan. bisa dipastikan pertumbuhan akan bermasalah. Misalnya beragam penyakit dan gangguan pertumbuhan yang seharusnya tidak kita alamai apabila kita makan dengan teratur. tetapi efek samping lainnya juga banyak. dengan dia mengurangi makan dia akan menjadi kurus. Tidak hanya itu. Hambatan ini terjadi karena tubuh kita mengalami kekurangann bahan baku zat gizi unutk proses pertumbuhan.

• Kekerasan fisik dan seksual Kurang percaya diri dengan fisik dan kemampuannya 2. Berikut ini merupakan 8 langkah unutk menurunkan berat badan : Perbanyak makan sayur dan buah Sayuran untuk dan buah memang juga baik. Jika ada yang menanyakan mengapa seseorang dapat menderita Anoreksia atau Bulimia jawabannya sangatlah beragam. dan zat fitokimia yang baik kesehatan. Ditemukan fungsi otak yang up-normal dan gangguan pada fungsi otaknya. Sebagai contohnya modeling dan senam lantai • Masalah personal. misalkan orang tersebut memiliki tipe yang perfeksionis.4 Cara Diet yang Sehat Setelah kita membahas dan mengalami cara-cara diet yang salah. Maslah seperti Bulimia dan Anoreksia memang mengganggu. Berikut ini adlaah faktor – faktor yang dapat memicu pola makan yang salah : • • • Riwayat keluarga mengalami masalah yang sama Keluarga yang mengalami obesitas Mengikuti olahraga atau kegiatan yang mengharuskan kita untuk menjaga stabilitas berat badan kita. karena faktor yang membuat seseorang mengalami Bulemia dan Anoreksia berbeda-beda. pada bagian ini kita akan menjelaskan bagaimana cara diet yang sehat. tetapi menjegah .remaja pasti pernah mengalami Anoreksia. bisa Karena banyak kita dari memengandung vitamin. mineral.

kegemukan. Jika seseorang sudah terlanjur gemuk. Bahkan amarican academy of pediatrics menyarankan agar kita maksimal mengkonsumsi 100% jus buah sebanyak 224-336 gram. tidak ada salahnya jika di coba dari sekarang. mulai dari minuman iso tonik. inilah salah satu faktor terjadinya obesitas. kebanyakan remaja yang kegemukan ternyata jarang mengkonsumsi sayur dan buah. Semuanya menambahkan gula didalamnnya. Tetapi masalahnya adalah berapa banyak serat yang kita . Anjuran untuk menjaga kesehatan diantaranya makan minimal 5 porsi sayuran dan buah dalam sehari. Hati – hati dengan minuman manis Diseluruh dunia produk – produk minuman manis memang sudah mewabah. Bagaimana dengan jus buah ? penting untuk diketahui bahwa jus buah berbeda dengan buah aslinya karena biasanya dalam pembuatan jus buah ditambahakan pemanis seperti gula. Ternyata kebanyakan minum jus buah dapat menyebabkan kegemukan. minum teh sampai minuman berkarbonasi. Meskipun terdengan ringan. Berdasarkan benelitian di negara – negara barat. minuman vitamin c . Tambah serat Sebagai remaja kita mememerlukan serat untuk tetap sehat. Hal ini sudah terbukti dari beberapa penelitian. Kali ini terbukti dari beberapa penelitian yang menyebabkan bahwa. dna memang jarang mengkonsumsi buah. namun ternyata tubuh kita mengolah minuman ini sebagai makanan yang manis. Jika ingin menurunkan berat badan porsi buah dan sayuran yang lebih banyak akan lebih baik. minuman manis terbukti berkaitan dengan terjadinya kegemukan pada anak. Yang berarti tidak ada gunanya menghindari makanan manis tetapi menjadi lebih sering minum minuman manis sering disebut sebagai sumber minum yang miskin zat gizi.

Mulai berolahraga Sudah menjadi rahasia umum seseorang yang aktif berolahraga akan memilki tubuh yang lebih baik. Produk itu kita bisa temukan dalam sereal untuk sarapan. Tidak sarapan adalah salah satu penyebab mengapa anak zaman sekarang lebih banyak yang mengalami obesitas dan kegemukan. Masalahnya adalah kita kurang makan kedua makanan tersebut. Unutk memenuhi kebutuhan sehari. Alasanya . ice cream. roti dan biscuit kacang –kacangan dan biji –bijian dapat diandalkan sebagai sumber serat dan baik. tetapi jumlahnya terbatas. mungkin ini terdengar tidak masuk akal tetapi pernytaan ini dibuat berdasarkan hasil penelitian dan telah teruji kebenarannya. Cobalah kurangin cemilan . produk makanan yang sekarang ini banyak dijual. Tidak hanya itu terdapat fakta baru jika anak yang tidak sarapan akan lebih banyak saat jam –jam berikutnya.butuhkan untuk mencukupi kebutuhan sehari. untuk anak yang berusia harus memperoleh serat setidaknya 10 gram sehari. Sebenarnya nasi yang kita makan sehari –hari mengandung serat. Untuk usia 15 tahun keatas kebutuhan serat harian adalah 20-25 gram. Tetapi tidak hanya itu. selalu sarapan Anak – anak dan remaja yang mengalami obesitas lebih jaran sarapan untuk sarapan lebih sedikit dari pada anak yang punya beratbadan ideal. dll) dapat menghambat keinginan kita untuk menurunkan berat badan. ganti sayur dan buah kegermaran mu. juga bisa menambah asupan serat harian kita. cookies. Kurangi cemilan Dalam hal ini kita perlu mengetahui jika semua makanan (kripik kentang. Jadi sarapan itu sangat baik untuk enurunkan berat badan. sebenarnya tidak terlalu sulit jika kita rajin makan dan buah.

2. olahraga dirasa sudah terlambat. . tetapi olahraga itu sebenarnya menyenangkan .karena saat berolah raga kita membakar energy lebih banyak sehingga simpanan lemak tidak sempat terbentuk. Meningkatkan mood . 3. berat badan kita akan lebih mudah terkontrol. Dengan olahraga tubuh kita akan terlihat menarik dan segar. Pada awalnya olahraga memang terlihat tidak menarik. Dengan berolahraga kita dapat bersosialisasi dengan orang lain. 6. 5. Menghilangkan stress. 4. 7. Tetapi hasil –hasil penelitian eksperimental telah membuktikan bahwa orang gemukpun masih bisa menurunkan berat badan. Menyehatkan jantung. Alasan – alasan mengapa kita harus berolahraga yaitu : 1. Masalahnya bagi sebagian orang yang terlanjur gemuk.

sehingga mereka dapat tumbuh secar optimal. Pembaca juga diharapkan bisa lebih memahami jenis makanan yang akan di konsumsi agar gizi yang mereka butuhkan tercukupi. Sebenarnya banyak sekali cara sehat dalam mempercantikdiri seperti berolahraga secara teratur. memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi ( mengurangi makanan manis dan berminyak ). Mereka cenderung menyiksa diri mereka sendiri untuk mendapatkan kecantikannya. kami menyimpulkan bahwa banyak sekali remaja masa kini yang melakukan banyak kesalahan dalam mempercantik dirinya.PENUTUP Kesimpulan Dari data-data dan informasi yang telah kami baca. Seperti menahan nafsu makan dan memuntahkan makanan ang telah mereka konsumsi agar makanan tersebut tidak tertimbun menjadi lemak dalam tubuh mereka. . Saran-saran Kami mengharapkan dari makalah yang telah kami buat ini. dan cara-cara lain yang telah kami bahas dalam makalah kami ini. pembaca bisa mendapatkan informasi yang bisa mereka praktikan untuk mempercantik dirinya.

Gz dan Oktaviani.. and David Guido. Harry L M. 2003..2009.org. Litt and Robert Marcus. Bachrach. Arisman.Gz. 86. S. . Laura K. S. Provided by Indonesia: AAP Sponsored on November 27.pediatrics. Downloaded from www. Prima H.DAFTAR PUSTAKA Freitag. Pediatrics 1990. Yigyakarta : GREAT Publisher 2010. Gizi dalam Daur Kehidupan: Buku Ajar Ilmu Gizi. 440-447. Debra Katzman. Decreased Bone Density in Adolescent Girls with Anorexia Nervosa. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC. Iris F. DIET Seru ala Remaja.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.