LAPORAN KERJA PRAKTEK

SISTEM HARDWARE KWH METER PRABAYAR PT. PLN (Persero) UPJ Jatiwangi
Diajukan untuk memenuhi salah satu Syarat Mata Kuliah Kerj a Praktek

Oleh:

Arief Amirrudin
1.31.06.032

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA BANDUNG

2009

download

the free trial online at nitrcpdf.ecmzprofeesiona

I

LEMBAR PENGESAHAN SISTEM HARDWARE KWH METER PRABAYAR

Oleh:

Arief Amirrudin
1.31.06.032

Disetujui dan disahkan di Majalengka pada tanggal :

Mengetahui, Manajer UPJ Jatiwangi

Pembimbing Lapangan

Aep Sujana
NIP. 5778031 L

Abdul Gani
NIP. 6586080 L

download the free trial online at nitrcpdf.ecmzprofeesiona

I

LEMBAR PENGESAHAN SISTEM HARDWARE KWH METER PRABAYAR

Oleh: Arief Amirrudin
1.31.06.032

Disetujui dan disahkan di Bandung pada tang gal :

Ketua Jurusan Teknik Elektro

Dosen Pembimbing

Muhammad Aria, ST., MT.
NIP. 4127.70.04.008

Tri Rahajoeningroem, MT.
NIP. 4127.70.04.015

download

the free trial online at nitrcpdf.ecmzprofeesiona

I

DAFTARISI

LEMBAR PENGESAHAN DAFTAR ISI DAFTAR GAMBAR KATA PENGANTAR BABIPENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang 1.2 Maksud dan Tujuan 1.3 Rumusan Masalah 1.4 Batasan Masalah 1.5 Metodologi Penelitian 1.6 Sistematika Penulisan BAB II SEJARAH PERUSAHAAN 2.1 Sejarah Singkat PT PLN (Persero) di Indonesia 2.2 Sejarah Singkat PT PLN (Persero) Distribusi Jabar dan Banten 2.3 Visi, Misi Dan Motto Perusahaan 2.4 Ruang Lingkup UPJ JTW A. Cakupan Tugas dan Wewenang B. Cakupan Pekerjaan 2.5 Struktur Organisasi BAB III DASAR TEOR! 3.1 KWh Meter Mekanis 3.2 KWh Meter Prabayar 14 15 5 6 8 12 12 12 13 1 2 2 3 3 4 i iii v

download

the free trial online

at nitrcpdf.ecmzprofeesiona

I

6 Mikrocontroller 3.7 Pengkawatan 16 18 18 20 22 download the free trial online at nitrcpdf.5 Relay 3. 3.ecmzprofeesiona I .4 Sensor.3.3 Pengukuran Listrik 3.

.2 Cara Menginstalasi Meter Temper 4.3 Type Token 4. BAB V PENUTUP 5.1 Fitur .Fitur KWh Meter Prabayar 4.6 Blok Diagram KWh Meter Prabayar 4.2 Kritik dan Saran DAFTAR PUSTAKA 39 39 40 23 25 26 27 39 32 37 download the free trial online at nitrcpdf.4 Instruksi Kerja 4. 4.ecmzprofeesiona I .BAB IV KWH METER PRABA YAR ACE9000 IBS 4.5 Tampilan LCD KWh Meter Prabayar.7 Perbandingan antara KWh Meter Mekanik dengan Prabayar.1 Kesimpulan 5.

Gambar 3.4 Cover terminal.1 Sistem KWh Meter.DAFTAR GAMBAR Gambar 2.8 Menunjukkan sisa kredit yang ada di meter Gambar 4.11 Keterangan apabila Token telah diterima Gambar 4.9 Keteranga ketika kita salah memasukkan Token Gambar 4.4 Simbol Relay Gambar 3.5(a) Pengkawatan Symmetrical (BS) Gambar 3.1 Struktur Organisasi PLN UPJ Jatiwangi Gambar 3.5 Menunjukkan kondisi siap di operasikan Gambar 4.1 KWh Meter Prabayar merk Actaris type ACE9000 IBS Gambar 4.ecmzprofeesiona I .7 Keterangan KWh yang tersedia di meter adalah '0' kredit Gambar 4.10 Menunjukkan apabila Token yang dimasukkan sama Gambar 4.3 Skala pada Multimeter Gambar 3.3 Posisi kabel VDR Gambar 4.13 Main PCB KWh Meter Prabayar Gambar 4.5(b) Pengkawatan Asymmetrical (DIN) 13 15 16 17 19 22 22 23 27 28 29 30 30 30 31 31 31 31 32 33 Gambar 4.2 Blok Diagram Sistem KWh Meter Prabayar.12 Blok Diagram KWh Meter ACE9000 IBS Gambar 4. Gambar 3. Gambar 4. "Resistor Network" dan "Metering Interface 34 download the free trial online at nitrcpdf.14 Hubungan antara "SHUNT"..6 Keterangan kondisi tidak siap di operasikan Gambar 4.2 VDR (Klem tegangan) Gambar 4.

Gambar 4.ecmzprofeesiona I .16 Downloader 35 36 download the free trial online at nitrcpdf.15 Kontaktor (Limit Switch) sebagai Klem tegangan Gambar 4.

saran dan kritik yang membangun untuk kami sebagai penyusun agar hasil karya kami selanjutnya lebih baik lagi. Tentunya kami berharap hasil laporan ini sebagai lahan informasi juga bagi masyarakat pada umumnya. Tujuan kami menyelesaikan laporan ini adalah selain untuk memenuhi salah satu tugas KP (Kerja Praktek). sangat kami nanti. PLN adalah salah satu BUMN yang bergerak di bidang ketenagalistrikan. Shalawat serta salam selalu tercurah pada Nabi besar kita Muhammad SAW. Untuk itu. Untuk itu kami sangat tertarik untuk menjadikan PLN sebagai objek penelitian kami. Agar kami mengetahui bagaimana PLN menjalankan prosedur kerja sebagai penyedia listrik di Indonesia.KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. sekaligus merupakan induk dari beberapa anak perusahaan yang menyelenggarakan pengadaan listrik di Indonesia. Terimakasih kepada dosen pembimbing dan pembimbing di lapangan yang telah sepenuh hati memberikan curahan ilmunya untuk kami dan kepada semua pihak yang telah membantu sehingga laporan ini telah rampung tepat waktu. Lalu bagaimana tanggapan dan opini masyarakat tentang kinerja PLN ini. Agustus 2009 Penyusun download the free trial online at nitrcpdf. juga untuk pemenuhan ladang ilmu bagi kami pribadi. karena hanya dengan ridha dan rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan laporan ini. Majalengka.ecmzprofeesiona I .

ecmzprofeesiona I .BABI PENDAHULUAN 1. Hampir di setiap sudut rumah di lingkungan kita menggunakan sistem elektronik dan dipergunakan untuk kemudahan kita. salah satunya di bidang elektronika dan komputer. yang dengan perangkat lunak dan kecil yang didesain dan dirancang sedemikian rupa sehingga sangat mudah untuk dioperasikan ataupun memberikan informasi yang akurat. Salah satu contohnya adalah hadirnya KWh Meter Prabayar dengan sistem pengisian menggunakan pulsa seperti layaknya handphone. Semakin lama peralatan-peralatan mekanis yang bekerja dengan sistem manual yang digerakkan atau dijalankan oleh tangan manusia. Semua peralatan elektronik atau pun peralatan mekanis sudah digeneralisir untuk kemudahan pemakaian. tetapi dengan menggunakan peralatan elektronik tersebut. Agar kita bisa download the free trial online at nitrcpdf. telah berganti dengan sistem serba otomatis yang tidak perlu oleh tangan manusia lagi. Diharapkan bagi pembaca dan pengguna untuk dapat belajar dan memahami seluk beluk setiap peralatan yang akan kita pakai. Atas dasar itulah yang menjadi latar belakang bagi kami untuk mempelajari dan menggali tentang software dan hardware dari alat pengukur daya listrik tersebut. Salah satunya peralatan elektronik.1 Latar Belakang Teknologi semakin canggih dan perkembangan jaman pun semakin maju pesat.

sangat apresiatifterhadap penerapan tekhnologi ini. 1.menyikapi permasalahan yang hadir berkaitan dengan peralatan elektronika tersebut pada khususnya dan teknologi pada umumnya.2 Maksud dan Tujuan Maksud dan tujuan dalam penelitian kerja praktek ini adalah untuk memahami ilmu dan teknologi terkini tentang KWh Meter Prabayar yang berkembang di masyarakat. BUMN dan BUMS-BUMS salah satunya. diharapkan PLN dapat meminimalisir kesalahan pencatatan meter pada setiap bulannya dan masyarakat bisa mengontrol penggunaan listriknya. 1. masyarakat senng di rugikan dengan pembayaran yang tidak terduga. Karena KWh Meter Prabayar download the free trial online at nitrcpdf. Salah satu BUMN yang sudah mengaplikasikannya adalah PLN dengan KWh Meter Prabayar. Penelitian yang dilakukan meliputi penelitian tentang prinsip kerja dari KWh Meter sebagai alat pengukur daya listrik. Dengan mengaplikasikannya kepada pelanggan. Semoga apa yang telah kami lakukan memberi manfaat pada kami selaku penulis dan kepada pembaca. 1.4 Batasan Masalah Dengan mengetahui prinsip kerja dari KWh Meter Mekanis. Sebelum menggunakan KWh Meter Prabayar ini. kita juga akan mengetahui prinsip kerja dari KWh Meter Prabayar.3 Rumusan Masalah Penerapan tekhnologi saat ini sangat banyak macam dan jenisnya.ecmzprofeesiona I .

1.1. prabayar.ini hanya dimodifikasi sedemikian rupa menggunakan beberapa sensor dan disimpan di dalam sebuah memori pada Mikrocontroller.ecmzprofeesiona I . 1. baik studi kasus ke APJ Sumedang. 1. dengan tujuan komponen dengan apa saja yang ada di dalam sebuah KWh sistem mekanis ataupun dengan sistem download the free trial online at nitrcpdf.5 Metodologi 1. Selain itu dapat mengurangi resiko tunggakan listrik bagi pelanggan.2 Studi kasus ke APJ (Area Pelayanan Jaringan) Melakukan mengetahui Meter.1 Penelitian Kerja Praktek UPJ (Unit Pelayanan Jaringan) Mengikuti melakukan instruksi dari pembimbing terhadap di lapangan untuk yang pembongkaran KWh Meter Mekanis sudah rusak. Kemudian kita bongkar untuk mengetahui komponen yang ada di dalamnya. karena memiliki yang lebih baik dari pada KWh Meter Mekanis. dapat mengurangi tingkat keakuratan KWh Meter Prabayar ini kesalahan pencatatan pada meter langganan.

maksud dan tujuan dari pelaksanaan Kerj a Praktek ini. download the free trial online at nitrcpdf. Bab III Dasar Teori Berisi tentang teori dasar dan pnnsrp kerja dari KWh Meter sebagai alat pengukur daya listrik.6 Sistematika Penulisan Bab I Pendahuluan Berisi tentang latar belakang. kritik dan saran dari Kerja Praktek yang telah dilakukan.1. dari jaman penjajahan Belanda sampai dengan sejarah PLN di daerah Jawa Barat. Bab II Sejarah Perusahaan Berisi tentang sejarah perusahaan (PLN) .ecmzprofeesiona I . Bab IV Analisis Data Penjelasan tentang keuntungan dan kerugian antara KWh Meter Mekanis dengan KWh Meter Prabayar. Bab V Penutup Berisi tentang kesimpulan.

BABII SEJARAH PERUSAHAAN 2. dengan kapasitas pembangkit tenaga listrik hanya sebesar 157. perusahaan-perusahaan listrik tersebut dikuasai oleh Jepang dan setelah kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 27 Oktober 1945. gas dan kokas. 2. ketika beberapa perusahaan Belanda mendirikan pembangkit tenaga listrik untuk keperluan sendiri.5 MW saja. Tanggal 1 Januari 1965. Jawatan Listrik dan Gas diubah menjadi BPUPLN (Badan Pimpinan Umum Perusahaan Listrik Negara) yang bergerak di bidang listrik.1 Sejarah Singkat PT PLN (Persero) di Indonesia Sejarah ketenagalistrikan di Indonesia dimulai pada akhir abad ke-19. Selama Perang Dunia II berlangsung.2 Sejarah Singkat PT PLN (Persero) Distribusi Jabar dan Banten download the free trial online at nitrcpdf. Pengusahaan tenaga listrik tersebut berkembang menjadi untuk kepentingan umum. NIGM yang memperluas usahanya dari hanya di bidang gas ke bidang tenaga listrik. perusahaan-perusahaan listrik tersebut direbut oleh pemuda-pemuda Indonesia pada bulan September 1945 dan diserahkan kepada Pemerintah Republik Indonesia. Tanggal 1 Januari 1961. Presiden Soekamo membentuk Jawatan Listrik dan Gas. BPU-PLN dibubarkan dan dibentuk 2 perusahaan negara yaitu Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang mengelola tenaga listrik dan Perusahaan Gas Negara (PGN) yang mengelola gas. tanggal 17 Agustus 1945.ecmzprofeesiona I . diawali dengan perusahaan swasta Belanda yaitu NY.

Sejalan dengan itu.ecmzprofeesiona I . Nama perusahaan itu Bandungsche Electriciteit Maatschaappij (BEM). di luar DKI Jaya dan Tangerang. BEM pada tanggal 1 January 1920 berubah menjadi Perusahaan Perseroan menjadi Gemeenschapplijk Electriciteit Bedrijf Voor Bandoeng (GEBEO). 67 dibentuk Badan Pimpinan Umum Perusahaan Listrik Negara (BPU-PLN) sebagai wadah kesatuan pimpinan PLN. Selanjutnya di tahun 1961 melalui Peraturan Peerintah No. PLN Bandung pun berubah menjadi PLN Exploitas XI sebagai kesatuan BPU-PLN di Jawa Barat. Andriaan Hendrik Van Ophuisen dengan Nomor : 213 pada tanggal 31 Desember 1949. Awal kelistrikan di Bumi Parahyangan sudah ada semenjak Pemerintah colonial Belanda masih bercokol di tataran tanah Sunda di tahun 1905.Perjalanan PT PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten cukup panjang. Dalam perjalanannya. 18 Tahun 1959. download the free trial online at nitrcpdf. berdiri perusahaan yang mengelola penyediaan tenaga listrik bagi kepentingan public. Setelah Indonesia merdeka. GEBEO diambil alih oleh Pemerintah Indonesia yang kemidian dikukuhkan lewat Peraturan Pemerintah No. Setelah kekuasaan penjajahan beralih ke tangan Pemerintah Jepang.o Peraturan Pemerintah No. Di Jawa Barat khususnya di kota Bandung. tahun 1957 menjadi awal penguasaan pengelolaan penyediaan tenaga listrik di seluruh tanah air yang ditangani langsung oleh Pemerintah Indonesia. pendistribusian tenaga listrik dilaksanakan oleh Djawa Denki Djigyo Sha Bandoeng Shi Sha dengan wilayah kerja di seluruh Pulau Jawa. yang pendiriannya dikukuhkan melalui akta notaris Mr. diantara rentang waktu 1942-1945. 86 Tahun 1958j. Pada 27 Desember 1957.

28. dengan adanya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. hingga saat ini.120.Pada tahun 1970-an. 18 Tahun 1972 tentang Perusahaan Umum Listrik Negara yang menyebutkan status PLN menjadi Perusahaan Umum Listrik Negara. dikeluarkan Peraturan Pemerintah No. 05/DIII/Sek!1975 tanggal14 Juli 1975. PLN Exploitasi XI diubah namanya menjadi Perusahaan Umum Listrik Negara Distribusi Jawa Barat.ecmzprofeesiona I . PT PLN (Persero) Unit Bisnis Distribusi Jawa Barat berubah lagi namanya menjadi PT PLN (Persero) Distribusi Jawaq Barat dan Banten. 23 Tahun 1994 pada tanggal 16 Juni 1994 Perusahaan Umum Listrik Negara Distribusi Jawa Barat diubah lagi menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) dengan nama PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat sejak tanggal 30 Juli 1994.KlOI0/DIRl2002 tanggal 27 Agustus 2002. maka keluarlah keputusan Direksi PT PLN (Persero) No. download the free trial online at nitrcpdf. berdasarkan Pengumuman PLN Exploitasi XI No.KlOI0/DIRl2001 tanggal 20 Februari 2001 yang menjadi landasan hokum perubahan nama PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat menjadi PT PLN (Persero) Unit Bisnis Distribusi Jawa Barat. dengan mengacu pada keputusan Direksi PT PLN (Persero) No. Dimana wilayah kerjanya meliputi Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten. Kemudian. Pada akhirnya. Untuk memenuhi tuntutan perubahan dan perkembangan kelistrikan yang dari tahun ke tahun cenderung mengalami peningkatan. Memasuki era 1990-an.

Misi Dan Motto Perusahaan A. Diakui oleh pelanggan dan mitra kerja sebagai perusahaan yang mampu memenuhi standar mutakhir dan paling baik. 2. Menunjukkan kinerja yang melebihi ekspektasi pihak-pihak yang berkepentingan. Antisipasif terhadap perkembangan lingkungan usaha dan selalu siap menghadapi berbagai tantangan. Diakui: Mencerminkan cita-cita untuk meraih pengakuan dari pihak luar yang menunjukkan bahwa PLN pantas dipandang sebagai perusahaan kelas dunia. Menjalin hubungan kemitraan yang akrab dan setara dengan pelanggan serta mitra usaha nasional dan intemasional. Visi Diakui sebagai perusahaan kelas dunia yang bertumbuh-kembang. unggul dan terpercaya dengan bertumpu pada potensi insani. 3. Kelas Dunia : a.2. e. b.ecmzprofeesiona I . Secara konsisten menunjukkan kinerja yang lebih baik. Memberikan layanan yang mudah. b. Bertumbuh . Bekerja dengan pola pikir prima (Mindset Of Excellence). download the free trial online at nitrcpdf. c. d.Kembang : a. terpadu dan tuntas dalam berbagai masalah kelistrikan.3 Visi. Penjabaran : 1.

Potensi insani diperkaya dengan kompetensi yang terbentuk dari pengetahuan substansial. Keberhasilan perusahaan lebih ditentukan oleh kesadaran anggota perusahaan untuk memunculkan seluruh potensi mereka dalam wujud wawasan aspiratif dan etikal. Potensi Insani : a. semangat belajar inovatif dan semangat bekerja sama. Mengelola usaha dengan mengedepankan pemberdayaan potensi insani secara maksimal. b. produk dan pelayanan secara berkesinambungan. keterampilan. Unggul: a. Menghasilkan kinerja terbaik secara konsisten. Menjadi yang terbaik dalam bisnis kelistrikan dan memenuhi tolak ukur mutakhir dan terbaik. kemampuan. download the free trial online at nitrcpdf. motivasi kerja. b. 5. sistem.ecmzprofeesiona I . rasa kompeten. c. Meningkatkan kualitas proses. c. Memegang teguh etika bisnis yang tertinggi. b. pengetahuan kontekstual. 6. Memposisikan diri sebagai Perusahaan yang terkemuka dalam percatura bisnis kelistrikan dunia. Terpercaya: a. pengalaman danjenjang kerja sama. d. Menjadi Perusahaan Pilihan.4.

anggota perusahaan dan pemegang saham. Misi Menjalankan bisnis kelistrikan dan bidang lain yang terkait. Konsekuensi Misi terhadap strategi korporat : a. c. 3. 2. berorientasi pada kepuasan pelanggan. 1. e. B. Menerapkan prinsip-prinsip penyelenggaraan perusahaan yang baik (Good Coorporate Governance). b. Membangun lingkungan kerja yang memungkinkan anggota perusahaan mentransformasikan potensi mereka menjadi kinerja perusahaan yang dihargai tinggi. Menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk menungkatkan kualitas kehidupan masyarakat. 2. Berusaha secara konsisten untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kelistrikan. Mewujudkan kinerja perusahaan engan kualitas setarap kelas dunia dalam usaha bisnis kelistrikan.Konsekuensi Visi terhadap strategi korporat : 1. Mencari dan memanfaatkan peluang usaha secara berkesinambungan di bidang bisnis kelistrikan dan usaha lain yang trerkait. Berfokus pada peningkatan kualitas proses secara terus-menerus untuk memperoleh hasil yang maksimal.ecmzprofeesiona I . Mengembangkan budaya pelayanan. Anggota perusahaan perlu menyadari bahwa bisnis kelistrikan adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. d. download the free trial online at nitrcpdf.

ecmzprofeesiona I . Memacu pemanfaatan energi listrik secara tepat guna dan memberikan nilai tambah bagi sektor ekonomi. Mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi. 4. 3. c. b. b. Menjaga dan memelihara semua fasilitas kelistrikan sehingga tidak mencemari lingkungan. Mengembangkan usaha kelistrikan yang selaras dengan kebutuhan pertumbuhan ekonomi di pasar yang kompetitif. c. Konsekuensi Misi terhadap strategi korporat : a. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan produktif. Motto: "Listrik Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik (Electricity For A Better Life)" download the free trial online at nitrcpdf. b. Mengembangkan dan menjalankan bisnis kelistrikan sesuai dengan harapan dan aspirasi masyarakat. Menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan. Menjadi pelopor dalam membangun masyarakat yang sadar dan cinta lingkungan.Konsekuensi Misi terhadap strategi korporat : a. Membangun dan mengoperasikan fasilitas kelistrikan yang akrab dengan lingkungan alam dan lingkungan sosial. Konsekuensi Misi terhadap strategi korporat : a.

Mengawasi dan melaksanakan pemutusan bagi pelanggan yang menunggak download the free trial online at nitrcpdf. Melayani pengaduan pelangganlcalon Melaksanakan pemeriksaanlmencatat pelanggan. 2. Pelayanan di Bidang Teknik.4 Ruang Lingkup UPJ Jatiwangi A. 4.ecmzprofeesiona I . dan pelanggan.33 KW. maka secara langsung akan dilakukan oleh UPJ-UPJ. barulah pemasangan dilakukan oleh UPJ. apabila pelanggan in gin melakukan perubahan daya berkisar antara 0 . Artinya. Melayani pemasangan baru dan rubah daya. B. Pelayanan di Bidang Jasa. 2. Cakupan Tugas dan Wewenang 1. 5. Setelah itu. meliputi : Pemasangan baru dan rubah daya. Namun ketika pelanggan in gin merubah daya yang berkisar antara 33 . Cakupan Pekerjaan 1.2. meliputi : Pelayanan dan Pemliharaan terhadap keluhan pelanggan dan calon pelanggan. stunt KWh meter pada konstruksijaringan 6. maka UPJ meminta rekomendasi dari APJ-APJ untuk ditindak lanjuti. Merencanakan dan melaksanakan pekerjaan pemeliharaan PLN.66 KW. Melayani gangguan. 3.

Dal Lossis (Pengendalian Lossis) I Spy. & Keuangan I Spy. Harkon (Pemeliharaan dan Konstruksi) I Spv.5 Struktur Organisasi Manajer UPJ Jatiwangi I Spy. Catter (Pencatatan Meter) Spy. Adm.1 Struktur Organisasi PLN UPJ Jatiwangi download the free trial online at nitrcpdf. Pelayanan Pelanggan Spy.ecmzprofeesiona I .2. Pengendalian dan Penagihan (Dalgih) I I Spy.Opdist (Operasi dan Distribusi) I Spy. Penyambungan dan Pemutusan (Bungtus) Gambar 2.

Hal ini tampak dari cepatnya garis penanda ini melintas. maka piringan mendapat torsi yang membuatnya berputar seperti motor dengan tingkat kepresisian yang tinggi. sehingga mikrokontroler dapat menghitung jumlah download the free trial online at nitrcpdf. Semakin besar daya yang terpakai. Besar tagihan listrik biasanya berdasarkan pada angka-angka yang tertera pada KWh Meter setiap bulannya untuk saat ini. Saat beban banyak memakai daya listrik. KWh Meter Induksi adalah satu-satunya tipe yang digunakan pada perhitungan daya listrik rumah tangga. kumparan arus. Bagian-bagian utama dari sebuah KWh Meter adalah kumparan tegangan. Jika meter dihubungkan ke daya satu fasa.BAB III DASAR TEORI 3. maka putaran piringan KWh ini akan semakin cepat. demikian pula sebaliknya. Untuk 1 KWh biasanya setara dengan 900 putaran (ada juga 450 putaran tiap KWh). dan sebuah gir mekanik yang mencatat banyaknya putaran piringan. Pada piringan KWh Meter terdapat suatu garis penanda (biasanya berwama hitam atau merah). sebuah piringan aluminium.1 KWh Meter Mekanis (Pengukur Daya Listrik) KWh Meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur daya listrik. sebuah magnet tetap. Sensor infrared dan photodiode dipakai untuk mendeteksi lewatnya garis penanda ini. Karena itulah alat yang digunakan untuk mengukur energi pada industri dan rumah tangga dikenal dengan watthourmeters.ecmzprofeesiona I . mengakibatkan kecepatan piringan semakin besar. Alat ini sudah dioperasikan penggunaannya oleh PLN sudah sejak lama. Pemakaian energi listrik di industri maupun rumah tangga menggunakan satuan kilowatthour (KWh). Garis ini berfungsi sebagai indikator putaran piringan.

download the free trial online at nitrcpdf. terlebih dahulu dialirkan rnelalui MCB yang berfungsi sebagai pernbatas arus sekaligus pengarnan bila terjadi short circuit.putaran piringan KWh Meter. perhatikan garnbar di bawah ini : cara kerja dari e- Garnbar 3. Hal ini bertujuan untuk lebih rnendayagunakan peralatan KWh Meter yang sudah ada. Sistern prabayar dengan ini tetap rnernpergunakan untuk rnernasang KWh Meter yang sudah ada sedikit rnodifikasi sensor dan unit sistern. Kernudian dialirkan juga ke dalarn KWh Meter yang berfungsi untuk rnenghitung daya yang terpakai.ecmzprofeesiona I .1 Sistern KWh Meter 3. Garnbar di bawah ini rnenunjukkan sebuah KWh Meter.2 KWh Meter Prabayar Listrik dari PLN yang akan dialirkan ke rurnah tangga (beban).

Semua sudah tahu bahwa tegangan listrik yang ada pada jala-jala PLN pada umumnya.3 Pengukuran Listrik Yaitu mengukur tegangan listrik pada instalasi listrik yang telah dihubungkan dengan jala-jala listrik PLN. Kalau biasanya menggunakan testpen untuk mengetahui pass atau ground dalam listrik atau ada tidaknya tegangan listrik. Dengan multimeter kita dapat mengukur tegangan listrik PLN pada sumber listrik pada stop kontak. Mengukur tegangan listrik pada instalasi dapat dilakukan dengan cara mengukur tegangan listrik yang ada pada stop kontak sebagai port atau terminal sumber tegangan bolak-balik ini. Dengan demikian saklar pemilih download the free trial online at nitrcpdf. ll0I127V atau 2201227V.ecmzprofeesiona I .2 Blok Diagram Sistem KWh Meter Prabayar 3.Blok diagram sistemnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini : Tombol lsi Ulang Display LED Power Supplay Relay KARTU CHIP Gambar 3.

Jadi pada stop kontak tersebut terdapat tegangan listrik 220 VAC. bila jarum penunjuk menunjuk pada angka 110 pada bagian bawah skala ACV. sebab bila lebih kecil dari yang akan diukur besar kemungkinan meter akan rusak atau terbakar). berarti besarnya tegangan yang diukur adalah : 5001250 x 55 VAC. berarti skala VAC. Kemudian probe warn a merah (+) dimasukkan ke dalam salah satu lubang pada stop kontak dan probe warna hitam (-) ke lubang satunya lagi (bila terbalik diperbolehkan). Gambar 3. Jadi pada stop kontak tersebut terdapat tegangan listrik 110 VAC = 110 download the free trial online at nitrcpdf.diputar dan diletakkan pada posisi batas pengukuran ACV pada skala pengukuran 500 VAC (skala pengukuran harus lebih besar dari yang akan diukur. Selanjutnya bila jarum menunjuk angka 55 pada bagian bawah skala VAC.ecmzprofeesiona I . Besar batas pengukuran yang tercantum biasanya 10 . seperti terlihat pada daftar skala meter. maka besarnya tegangan yang diukur adalah : 5001250 x 110 = 220 VAC.500 .3 Skala pada Multimeter Perhatikan daftar skala meter.1000V.

Prinsip kerja hambatan adalah menghubungkan bawah dengan titik bagian atas yaitu terletak gulungan spool dialiri arus listrik yang timbul elektromagnet. maka arus tidak akan mengalir.ecmzprofeesiona I . Pada sistem juga dipasang LED sebagai display indikator dan tombol untuk proses isi ulang. Jika sensor mengenai wama perak pada piringan yang berarti ada pemantulan cahaya ke penerima. Bagian titik kontak dibagi menjadi 2 bagian yaitu bagian kontak utama dan kontak bantu yaitu : download the free trial online at nitrcpdf. untuk AT89C2051 jumlah 'Kartu Chip' dan informasi yang berupa serial EEPROM dipakai menyimpan jumlah putaran piringan KWh Meter yang masih diperbolehkan.3.5 Relay Relay merupakan bentuk hambatan tidak bergerak terdiri atas titik-titik kontak bawah dengan gulungan spoolnya dan titik kontak bagian atas yang titik-titik kontak bagian bergerak. jika sensor mengenai wama hitam pada piringan yang berarti penerima tidak mendapat cahaya. yang mengakibatkan timbulnya logika '0' pada output sensor. Hal ini akan menyebabkan transistor saturasi sehingga timbullogika '1' pada output sensor. Dan sebaliknya.4 Sensor Sensor infrared dan photodiode dipasang pada KWh Meter sedemikian rupa sehingga dapat mendeteksi garis penanda pada piringan KWh Meter. Output sensor ini dihubungkan dapat menghitung memory ke mikrokontroler. Sensor digunakan sebagai sarana untuk menghitung jumlah perputaran KWh Meter. maka arus akan mengalir. putaran piringan supaya mikrokontroler KWh Meter. 3.

Dengan prinsip elektromagnetic. Relay sangat berguna dalam kinerj a diskrit pada industri.balik. 2.ecmzprofeesiona I .1. Adapunjenisnya Relay ada 2 yaitu : 1. Bagian kontak utama gunanya untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik bagian yang menuju beban/pemakai. Relay yang bekerja dari arus rata. Bagian kontak bantu gunanya untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik ke bagian yang menuju bagian pengendali. Gaya magnet akan menarik kontak relay dan memberikan fungsi download the free trial online at nitrcpdf. coil relay akan menjadi magnet bila dikenai polaritas kerja pada kutub-kutubnya. Kontak Bantu mempunyai 2 kontak yaitu kontak hubung (NC) dan kontak putus (NO) menandakan masing-masing kontak dan gulungan spool. Gambar 3. Relay yang bekerja dari arus bolak .4 Simbol Relay Relay merupakan sebuah saklar magnet yang dapat memutuskan dan menutup sirkuit darijarakjauh. 2.rata.

dan Anda pun bisa pula menulis hal-hal sebaliknya. Begitu pula jika Anda sudah mahir membaca dan menulis data maka Anda dapat membuat otomatik menggunakan program untuk membuat suatu sistem pengaturan Anda. Sekedar contoh. bayangkan sebenamya membaca dan menulis dan diri Anda saat mulai belajar membaca menulis. Mikrokontroler mikrokontroler sesuai keinginan merupakan komputer didalam elektronik. cara kerja mikrokontroler data. cerpen. download the free trial online at nitrcpdf. Relay sangat luas penggunaanya mengoutputkan sinyal diskrit. artikel dan sebagainya. Sistem elektronik akan menjadi lebih ringkas. Rancang bangun sistem elektronik akan lebih cepat karena sebagian besar dari sistem adalah perangkat lunak yang mudah dimodifikasi. ketika Anda sudah bisa melakukan hal itu Anda bisa membaca tulisan apapun baik buku.ecmzprofeesiona I . yang menekankan chip yang digunakan untuk mengontrol peralatan efisiensi dan efektifitas biaya. Secara harfiahnya bisa disebut "pengendali kecil" dimana sebuah sistem elektronik yang sebelumnya banyak memerlukan komponen-komponen dapat direduksi/diperkecil ini. dan akhimya pendukung seperti IC TTL dan CMOS terpusat serta dikendalikan oleh mikrokontroler Dengan penggunaan mikrokontroler ini maka : 1. 2. khususnya dalam 3.normal open dan normal close.6 Mikrokontroler Mikrokontroler adalah suatu alat elektronika digital yang mempunyai masukan dan keluaran serta kendali dengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus.

lsi dari memory ini dapat ditambah dengan melakukan proses isi ulang. hingga habis. port serial. kedua type tersebut download the free trial online at nitrcpdf. Pada dasamya. Jika unit nominal pada memory telah habis. Sistem siap untuk mendeteksi jumlah putaran piringan KWh Meter.ecmzprofeesiona I . misalnya port paralel.3. Kondisi unit nominal yang masih ada dapat dilihat melalui LED indikator. Relay akan aktif kembali jika memory tersebut telah diisi ulang. Untuk sejumlah putaran tertentu maka unit yang ada di memory akan dikurangi satu unit. Namun demikian tidak sepenuhnya mikrokontroler bisa mereduksi komponen IC TTL dan CMOS yang seringkali masih diperlukan untuk aplikasi kecepatan tinggi atau sekedar menambah jumlah saluran masukan dan keluaran (I/O). mikrokontroler adalah versi mini atau mikro dari sebuah komputer karena mikrokontroler sudah mengandung beberapa periferal yang langsung bisa dimanfaatkan. konversi digital ke analog (DAC). Pada saat awal di mana unit yang tersimpan di memory masih noI.7 Pengkawatan Pengkawatan untuk KWh Meter Prabayar ada 2 type. Pencarian gangguan lebih mudah ditelusuri karena sistemnya yang kompak. mikrokontroler AT89C2051 menunggu adanya penekanan tombol isi ulang. Dengan kata lain. konversi analog ke digital dan sebagainya hanya menggunakan sistem minimum yang tidak rumit atau kompleks. yaitu type Symmetrical (BS) dan Asymmetrical (DIN). Bila tombol tersebut ditekan. maka mikrokontroler akan mematikan relay sehingga aliran listrik terputus. komparator. maka unit yang ada di 'Kartu Chip' dipindahkan ke memory (sekaligus meng-nol-kan kartu) dan relay-pun diaktifkan. 3.

narnun ada beberapa keuntungan dan kerugian yang berbeda antara satu dengan yang lainnya..... N~~~..5(b) Pengkawatan Asymmetrical (DIN) download the free trial online at nitrcpdf...ecmzprofeesiona I .III l.adalah sarna. Baik yang dipakai pada KWh Meter Mekanis rnaupun KWh Meter Prabayar. L -___..I========I l.oad Garnbar 3.5(a) Pengkawatan Symmetrical (BS) IIInICIO m~~11191 SlUllP'pl~ l'-~ 1l'. 111nI(IO m~mllgl SlUllPpl~ .oad Garnbar 3.

1000 puis a/KWh : Informasi untuk mengetahui ketika pulsa hampir habis. download the free trial online at nitrcpdf.Fitur KWh Meter Prabayar Sebelum kita membahas satu persatu dari bagian komponen-komponen KWh Meter Prabayar merk Actaris ACE9000 IBS lebih dalam lagi.1 Fitur . kita hams mengetahui bagian-bagian paling luar dari KWh Meter Prabayar ini. A. Fitur Standar : Gambar 4. daya maksimal. 2. Karena bagian ini sangat mudah dikenali dan secara signifikan bisa membedakan antara satu type dengan tipe yang lainnya. Indikator LED Rate.BABIV KWH METER PRABAYAR TYPE ACE9000 IBS 4. Label Informasi : Informasi umum untuk mengetahui nomor meter.ecmzprofeesiona I .1 KWh Meter Prabayar merk Actaris type ACE9000 IBS 1.

untuk 8 karakter Informasi untuk pengisran 6. Range Arus Imin= 1OA dan Imax=60A. download the free trial online at nitrcpdf. TOKEN: memanggil kembali 5 token terakhir yang 1. 5.3. Keypad dengan lapis karet. Indikator light. 2. Satu fasa 2-kawat. 2. Fitur Teknis : 1. Indeks Proteksi IP54. 6. STS compliant. 3. Range Voltage: 230V 50Hz atau 120V 60Hz. LCD 7 segment TOKEN. Fitur Programmable: Berikut ini programmable pada saat manufacturing time (saat pemesanan KWh Meter Prabayar) : 1. Tamper Switch: Micro Switch untuk merubah status saat terminal cover dibuka. External (remote) disconnection: via serial port atau POD. c. PLN LMK. Segel Metrologi metrology. : Informasi untuk mengetahui segel tera dan segel 5. Fitur Tambahan : Terdapat temper switch. D. yaitu 1 kawat Fasa dan 1 kawat Netral. Contactor ON/OFF Informasi untuk mengetahui status 4. 4. Penyimpanan diterima. 3. B. Kualifikasi akurasi Class 1.ecmzprofeesiona I .

ecmzprofeesiona I . Dengan menggunakan keypad. 2. Display 4. Tambahan juga LCD berkedip (flashing). Dapat disetting dengan kenaikan + lOs. Level Batas low credit warning dapat diprogram dilapangan dengan menggunakan STS TOKEN. 1. download the free trial online at nitrcpdf. Audible Low Credit Warning: Audible Low Credit Warning adalah fitur yang terprogram. 2. posisi temper switch di bawah cover harus tidak terhubung dengan beban. dimana akan memberikan peringatan kepada pelanggan untuk memberitahukan sisa pulsa yang mendekati nol berupa suara "beep". 3. Pertama-tama kita nyalakan KWh Meter Prabayar dengan switch ON. Tamper Disconnect. 3. Pada saat menginstalasi KWh Meter Prabayar temper. Reconnection Time-Out: Waktu dalam detik (s) yang diperlukan oleh Contactor untuk open (memberi listrik kepelanggan) setelah power-up.Tersedia 2 konfigurasi : 1. Tamper Logging. 2. Pastikan tidak ada beban yang terhubung dengan KWh Meter Prabayar. (Default dan Minimum adalah 30s). masukkan kode "08" lalu di ENTER.2 Cara Menginstalasi Meter Temper Perlu diingat.

set power limit dan clear temper. Token Spesifik : 1. display tarif index dan set low kredit threshold. Tidak dapat dimodifikasi selama atau setelah transfer antara oleh kredit dispensing unit atau Vending system yang untuk melakukan vending berdasarkan meter tertentu vending system dan meter. Token Non Spesifik: 1. contohnya test display. prosedur instalasi normal dapat 4. maka ulangi langkah 1 sampai dengan 4. Dapat diterima oleh setiap meter. yaitu : A. Seri). 6. 2. Hanya bisa diterima oleh meter yang sesuai (No. B.ecmzprofeesiona I . Dihasilkan diautorisasi (No. 3. LCD akan menampilkan bahwa temper switch berada pada kondisi operasi normal.4. 5.3 Type Token Terdapat 2 type token yang dapat digunakan untuk mengkonfigurasi KWh Meter Prabayar. Jika temper dilanjutkan. download the free trial online at nitrcpdf. Dihasilkan oleh setiap kredit dispensing unit atau Vending system yang diautorisasi untuk memberikan kredit. 2. 3. Seri). contohnya kredit token. Dapat digunakan berulang kali. Jika LCD mengindikasikan bahwa temper switch TIDAK dalam kondisi operasi normal. switch telah di aktifkan.

4. download the free trial online at nitrcpdf. Lihat gambar di bawah ini : Gambar 4.ecmzprofeesiona I . Pada saat pemasangan VDR.4 Instruksi Kerj a 1. langkah selanjutnya adalah pemasangan VDR (Voltage Dependent Resistor) atau Klem Tegangan.2 VDR (Klem tegangan). Pasang VDR ke terminal meter dengan mengginakan obeng. Setelah selesai pemasangan kabel SR (Sambungan Rumah) yaitu kabel jenis TIC 2XIO 0mm terpasang ke terminal meter. 2. pastikan kabel VDR dari terminal netral (terminal nomor 4) melewati posisi depan temper switch.

Setelah tutup cover dipasang. download the free trial online at nitrcpdf.. Apabila cover dalam keadaan terpasang.Perhatikan gambar di bawah ini : Gambar 4. maka kita tinggal menikmati listrik dan kemudahannya dalam pembayarannya. maka limit switch itu akan tertekan sehingga mengakibatkan posisinya menjadi terhubung. karena akan mengakibatkan loss contact dengan jala-jala PLN karena tegangan terputus oleh limit switch yang terputus tadi. Jangan sekali-kali mencopot atau membuka cover tersebut.ecmzprofeesiona I .3 Posisi kabel VDR Salah satu ujung dari kabel VDR itu terhubung dengan Limit Switch.

bahwa belum terdapat download the free trial online at nitrcpdf. atau ada gangguan alam seperti pohon dan lain sebagainya. juga bisa dianggap sebagai tindak pencurian. karena di ibaratkan listriknya mati mendadak. maka selain bisa merusak alat itu sendiri.4 Cover terminal Tutup cover inijangan pemah dibuka. kecuali oleh petugas PLN apabila ada keluhan atau kerusakan dalam instalasi listrik di rumah kita. maka KWh Meter itu siap di pasang pada pelanggan.ecmzprofeesiona I . juga dapat merusak peralatan yang ada di rumah kita. Juga kita akan mendapat denda dari PLN. Gambar 4.5 Tampilan LCD KWh Meter Prabayar Setelah dikalibrasi oleh petugas di UPJ-UPJ. karena disamping merusak alat. Apabila kita membukanya dengan sembarangan.Terakhir tutup dengan terminal cover. Gambar di bawah ini menunjukkan kredit pada KWh Meter Prabayar. 4.

o. akan selalu tampil dalam LCD sebagai peringatan. __I<_Wh_ download the free trial online at nitrcpdf. maka akan muncul seperti yang ditunjukkan bawah ini: Gambar 4. penambahan ataupun pengurangan kredit. II: 51: RI: Jika LCD mengindikasikan 01 Gambar 4. bahwa kredit akan segera habis dan hams di isi ulang. bahwa temper switch berada pada kondisi operasi normal.LCD akan menampilkan gambar seperti dibawah ini.6 Menunjukkan kondisi tidak siap di operasikan Setelah dikalibrasi oleh petugas di UPJ-UPJ.7 Keterangan KWh yang tersedia di meter adalah '0' kredit Setiap pemakaian.ecmzprofeesiona I .5 Menunjukkan kondisi siap di operasikan bahwa temper switch TIDAK dalam kondisi oleh gambar di operasi normal.DD Gambar 4. maka KWh Meter itu siap di pasang pada pelanggan. dan akan menampilkan kredit yang tersisa masih nol.

Apabila Token yang dimasukkan telah berhasil diterima..t: r ) . _.10 Menunjukkan apabila Token yang dimasukkan sarna. Gambar 4. maka akan muncul di layar seperti gambar di bawah ini : ...:" kWh Gambar 4. Apabila Token yang dimasukkan sudah pemah di gunakan atau sarna.11 Keterangan apabila Token telah diterima download the free trial online at nitrcpdf.ecmzprofeesiona I .8 Menunjukkan sisa kredit yang ada di meter Lakukan pembelian Token dan masukkan 20 digit angkanya ke dalam KWh Meter menggunakan keypad yang sudah tersedia. Gambar 4._' _ '-'. yang berarti sudah digunakan... _c.-. .' . maka di layar LCD akan muncul kata "USED ".c.. maka akan muncul seperti yang tertera pada gambar dibawah ini : Gambar 4. . Apabila salah dalam memasukkan Token atau bukan untuk meter yang sesuai....9 Keteranga ketika kita salah memasukkan Token x.1.

Setelah muncul di layar "Accept". Matikan listrik ketika tidak digunakan dan berhematlah demi masa depan. Agar tidak terjadi pemborosan pemakaian. Selanjutnya kita bisa menikmati listrik di rumah kita dengan se-efektif dan se-efisien mungkin. maka selesailah pengisian ulang Token ke dalam KWh Meter Prabayar tersebut. barang elektronuk atau pekerjaan apa saja yang perlu menggunakan listrik dan yang tidak menggunakan listrik. lakukan dengan pememilihan.6 Blok Diagram KWh Meter Prabayar L" Ive IN I I I I [ I • Neutral IN I I I I I I Capasitor Dropper Power Supply I ~N S u N T H I I ~.ecmzprofeesiona I . ~ t5V (Jl1 -'-~ [ r ~ Metering Interface ILCD diSPlayl Keypad Interface <: QoI wI 0 <I I I C fo0 N L! NuetralOUT ~ J I -- 0 R I I Mikro controller and Non Votable Memory I . Is TO I OR I RK I I I I I I I sE . 4.12 Blok Diagram KWh Meter ACE9000 IBS Rxl Tx' I I download the free trial online at nitrcpdf. Rx & Tx referenced to Nuetral I SERIAL INTERFACE I L ~I ICOMMSPCB Gambar 4.J ~ TTX F-- JRX Live OUT I I I I ---------------~ Optic Isolation 3kV I I .

. Namun untuk perincian dan penjelasan dari masing-masing bagian akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini : . Setelah semuanya terpenuhi dengan baik dan benar..Secara umum dan keseluruhan.ecmzprofeesiona I ...f. blok diagram dari sebuah KWh Meter Prabayar ini adalah seperti gambar diatas. I I I I Capasitor Dropper Power Supply I I I RN I EE I ST IW I So TR I I ~K I I I I I I I . Untuk power supply matering interface hanya membutuhkan 5V saja.:'"'$ :'"'$ < s.. ---+ + 5V .-Mainpc1f .. juga sebagai power supply untuk kemudian di berikan kepada Matering Interface dan juga kepada Microcontroller sebagai otak dari system jaringan KWh Meter Prabayar ini.---.. sementara untuk LCD display dan Keypad hanya 5V. sedangkan Microcontroller sampai 30V.13 Main PCB KWh meter LPB Capasitor Dropper Power Supply berfungsi sebagai pengaman dan pembagi tegangan. maka semua komponen tersebut akan berjalan dengan baik dan terotomatisasi dengan sendirinya..IO U'I Metering Interface w ww- a < J I I I Mikro controller and Non Votable Memory ILCD display I Keypad Interface ~--~----+---------Gambar 4. ini berkat kinerja dari Microcontroller yang download the free trial online at nitrcpdf.

. co1 Gambar 4. Begitu juga dengan peran dari "SHUNT" dan "Resistor Network" ini.ecmzprofeesiona I .. maka Microcontroller akan menerima settingan yang sama untuk menjalankan perannya sebagai otak dari KWh Meter Prabayar ini. Apabila tidak sesuai...14 Hubungan antara "SHUNT". "Resistor Network" dan Metering Interface ini perbandingannya telah sama. tidak kurang atau tidak lebih. Ketika "SHUNT". Dari Power Supply Metering Interface hanya di set untuk SV.. yaitu sebagai pembatas dan pengukur daya dari listrik yang di pakai oleh pelanggan. "Resistor Network" dan "Metering Interface.sekaligus otak dari semua komponen ini.-"'T'""-----~---. maka Microcontroller tidak akan berfungsi dengan baik karena tidak sesuai dengan settingan awalnya yang hanya dapat bekerja dengan tegangan sv. Semua ini akan berkerja dengan baik apabila semua komponen pendukung bekerja dengan baik pula. .I RN 1 1 1 1 1 1 1 (T gW EE +5V {)11 !(ol <I <I1 1 0.....~ Capasitor Dropper Power Supply L..-Main "Pc"Ef .. Hubungan antara "SHUNT" dan "Resistor Network" adalah sebagai pembanding tegangan antara masukan dari kabel SR (Sambungan Rumah) dengan Metering Interface. download the free trial online at nitrcpdf...

Ketika cover ditutup dan akan dipasang ke rumah pelanggan. maka ketika kita buka atau mengubahnya menjadi terbuka. Itu dikarenakan tegangan netral dari "SHUNT" tidak bisa terdeteksi oleh Microcontroller dan membuatnya error.15 Kontaktor (Limit Switch) sebagai Klem tegangan Limit switch ini dapat juga dikatakan sebagai pengaman tegangan yang dalam keadaan belum terpasang di rumah pelanggan pengaman atau Klem tegangan tersebut bersifat NO (Normaly Open). Karena berfungsi sebagai pengaman tegangan. Ketika arus yang masuk dapat ditahan sesuai kebutuhan.Semua bergantung pada resistor "SHUNT" dan "Resistor Network" sebagai tahanan dan pembanding dari arus yang masuk. Ketika ada trouble. Mikro controller and Non Votable Memory ILCD display I Keypad Interface __________ I I I I I I I NuetralOUT _j Rx Live OUT Gambar 4. Karena apabila dilepas sembarangan. Microcontroller tidak bisa mengalirkan tegangan keluaran. maka semua kebutuhan dari komponen pun pasti terpenuhi.ecmzprofeesiona I . download the free trial online at nitrcpdf. maka Klem tegangan tersebut menjadi NC (Normaly Close) dengan kata lain terhubung atau connect. maka akan terjadi loss tegangan yang berakibat KWh Meter Prabayar itu tidak akan berfungsi. jangan sekali-kali cover ini di lepas. Setelah itu pelanggan dapat menikmati listrik.

download the free trial online at nitrcpdf.ecmzprofeesiona I . harus dimasukkan kode Clear Temper oleh petugas PLN.16 Downloader Sebelum digunakan dan dipasang ke rumah-rumah oleh UPJ-UPJ. Kemudian barulah sistem ini bisa dijalankan dan digunakan oleh PLN dan pelanggan.Untuk menyalakannya kembali. Kemudian oleh UPJ-UPJ di setting ulang. Clear kredit untuk meng-nolkan pulsa atau nilai rupiah. settingan itu meliputi Clear Temper untuk meng-nolkan sisa KWh. karena perannya hanya sebagai pengisi program pada Microcontroller. I r--------------I-----I~ I Mikro controller and Non Votable Memory : J I I I ILCD display I Keypad Interface : ~-- Rx ----------~ I I I I Gambar 4. Downloader ini tidak berfungsi kembali. downloader ini berfungsi untuk meng-instal Microcontroller di dalam KWh Meter Prabayar. Setelah dikirim ke UPJ-UPJ untuk didistribusikan dan di pasang di rumahrumah pelanggan. daya maximum untuk kekuatan daya pemakaian dan serial number dari KWh Meter Prabayar tersebut.

ecmzprofeesiona I . Keuntungan : Keuntungan bagi konsumen. Perbaikan sistem pengukuran karena perangkat elektronik yang digunakan adalah elektronis dengan ketelitian dan keamanan yang lebih tinggi. pada KWh Meter Prabayar terdapat sebuah limit switch yang berfungsi sebagai klem tegangan tersebut.4. sistem ini juga dapat menguntungkan karena: 1.7 Perbandingan antara KWh Meter Mekanik dengan Prabayar Perbedaan: Pada dasamya pengkawatan KWh Meter Mekanis dan KWh Meter Prabayar sarna. namun ada satu yang menonjol dari klem tegangan. download the free trial online at nitrcpdf. Mengurangi kesalahan penagihan yang disbabkan human error. maka limit switch dalam keadaan bebas dan tidak terhubung. ketika cover KWh Meter Prabayar sudah tertutup dan telah terpasang. Maka pelanggan sudah bisa menggunakan listrik di rumahnya masing-masing sampai pulsanya berkurang dan habis. Pengendalian penggunaan listrik dapat lebih baik. akibatnya listrik padam. karena pembayaran yang dilakukan diawal dapat digunakan untuk membatasi konsumsi 2. Prinsip kerjanya sederhana. Sebaliknya. Yaitu. yaitu ketika cover KWh Meter Prabayar dalam keadaan terbuka. maka limit switch tersebut tertekan oleh cover dan mengakibatkan keadaan limit switch tersebut menjadi tertutup atau terhubung. 3.

Keuntungan lain menggunakan KWh Meter Prabayar adalah kendali pemakaian listrik di rnmah kita adalah di pegang oleh kita sendiri. download the free trial online at nitrcpdf. maka kita memutuskan untuk memadamkan listrik di rnmah kita sementara waktu dengan menghabiskan sisa pulsa atau dengan tidak mengisi ulang KWh Meter Prabayar kita. Hanya saja untuk pembelian token sebagai pengisian pulsa untuk sementara masih terbatas. Kerugiannya : Untuk pelanggan sendiri sama sekali tidak mendapat kerngian apaapa. Saat ini token barn bisa dibeli di ATM Bank Bukopin. Pos dan outlet-outlet mitra PLN. Kita hanya membayar untuk pulsa yang kita beli saja. Dengan begitu kita tidak harns membayar sedikit pun untuk listrik yang tidak kita pakai tersebut karena kesalahan pencatatan KWh Meter Prabayar oleh petugas PLN. Karena itu pun privasi kita sebagai pelanggan tidak terganggu. Kapan kita ingin listrik di rnmah kita menyala ataupun kapan kita ingin listrik di rnmah kita padam. Salah satu contoh ketika kita hendak berpergian jauh atau keluar kota sampai berhari-hari. PT.ecmzprofeesiona I .

pelanggan dapat membayar listrik tanpa harns pergi ke loket pembayaran.ecmzprofeesiona I .2 Kritik dan Saran Ketika mempelajari KWh Meter Prabayar terdapat sedikit kesulitan.1 Kesimpulan KWh Meter Prabayar mernpakan alat pengukur daya listrik yang menggunakan sistem pulsa. Selain itu. 5. dalam mengetahui cara kerja dari KWh Meter Prabayar tersebut. Dengan sistem ini. download the free trial online at nitrcpdf. pelanggan dapat memilih jumlah pulsa dengan nominal yang berbeda sesuai dengan konsumsi daya yang dibutuhkan. KWh Meter Prabayar ini sangat baik digunakan untuk efektifitas dan efisiensi penggunaan listrik maupun anggaran rnmah-tangga. Hal ini pun mempermudah pihak PLN dalam melakukan pengecekan atau pun pendataan.BABV PENUTUP 5. Dengan menggunakan KWh Meter Prabayar mi. Oleh karena itu. untuk itu penulis sarankan bagi para konsumen agar menggunakan KWh Meter Prabayar ini. pelanggan diuntungkan karena dapat meminimalisir kesalahan dalam pencatatan ketika kita akan membayar listrik. pelanggan dapat mengontrol sendiri penggunaan listrik yang telah ataupun yang akan kita pergunakan. Disamping itu. penulis menyayangkan tidak dapat mempelajari KWh Meter Prabayar ini lebih dalam lagi.

ecmzprofeesiona I .com PT Mecoindo.com PT Actaris. www.com APP APJ Depok PT PLN (Persero) Distribusi Jabar & Banten APJ SUMEDANG UP J Jatiwangi download the free trial online at nitrcpdf.mecoindo.DAFTAR PUSTAKA Itron International. www. www.actaris.itron.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful