erdasarkan nilai gizi dan kemampuan saluran pencernaan manusia untuk mencernanya, karbohidrat dapat dikelompokkan menjadi karbohidrat

yang dapat dicerna dan karbohidrat yang tidak dapat dicerna. Karbohidrat dari kelompok yang dapat dicerna, bisa dipecah oleh enzim a- amilase untuk menghasilkan energi. Monokasarida, disakarida, dekstrin dan pati adalah kelompok karbohidrat yang dapat dicerna. Karbohidrat yang tidak dapat dicerna (juga dikelompokkan sebagai serat makanan/dietary fiber) tidak bisa dipecah oleh enzim a-amilase. Contohnya adalah selulosa, hemiselulosa, lignin dan substansi pektat.

sumber karbohidrat Disamping sebagai sumber pemanis, fungsi penting karbohidrat dalam proses pengolahan pangan adalah sebagai bahan pengisi, pengental, penstabil emulsi, pengikat air, pembentuk flavor dan aroma, pembentuk tekstur dan berperan dalam reaksi pencoklatan. Komponen ini juga digunakan sebagai bahan baku proses fermentasi. 2 Kentang Stabilkan Tekanan dan Gula Darah Natural Healing Tue, 01 May 2007 15:00:00 WIB Selain sebagai sumber karbohidrat, kentang juga mengandung sejumlah mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Antara lain bisa membantu menstabilkan tekanan darah dan gula darah, serta menurunkan berat badan. Sumber karbohidrat ini mengandung sejumlah mineral dan vitamin. Hasil uji laboratorium, karbohidrat pada kentang mencapai sekitar 18 persen, protein 2,4 persen, dan lemak 0,1 persen. Total energi yang diperoleh dari 100 gram kentang adalah sekitar 80 kkal. Selain itu, kentang merupakan satu-satunya jenis umbi yang kaya vitamin C. Kadarnya mencapai 31 miligram per 100 gram bagian kentang yang dapat dimakan. Umbi-umbian lainnya sangat miskin akan vitamin C.

untuk memenuhi kebutuhan vitamin C sehari sebesar 60 mg cukup dengan mengosumsi 200 gram kentang. Berbagai penelitian juga mengungkapkan. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga elastisitas dan kelenturan kulit. radang otot. 49. . 49: 1. Ampasnya dapat digunakan untuk masker muka dan mengobati luka kecil atau luka terbakar ringan karena sifatnya yang mendinginkan luka. Vitamin B Dalam 100 gram kentang terkandung vitamin B1 sebesar 0.4 mg/100 g. dan rematik. dan kalium (K).1. Vitamin C Kandungan vitamin c dalam 100 gram kentang sekitar 31 miligram. 1. Di lain pihak. kentang merupakan sumber berbagai mineral. seperti kalsium (Ca). Pemberian minuman kentang yang disiapkan dengan cara melarutkan konsentrat karbohidrat kentang dengan sejumlah air. khususnya sebagai pencegah timbulnya penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi). minuman kentang tersebut dikenal sebagai "PMS Escape". Kentang dipilih sebagai sumber karbohidrat pengganti beras. seperti kalsium (Ca). Rasio kalium terhadap natrium yang tinggi pada kentang sangat menguntungkan bagi kesehatan. yaitu 0. kandungan natriumnya sangat rendah. Di lain pihak. Vitamin C juga dipercaya berkhasiat mengurangi keluhan yang berhubungan dengan alergi atau rasa tidak nyaman (panas) di kulit.1. Beragam Mineral Selain karbohidrat. Artinya. Kentang yang telah dijus ternyata juga efektif untuk meredam asma kulit (sejenis alergi pada kulit). Selain biasa dikonsumsi langsung setelah direbus. dan Kalium (K). kentang juga dapat diolah menjadi minuman. kandungan natriumnya sangat rendah. masing-masing 26. Fosfor (P). diyakini dapat memperbaiki mood wanita yang sedang menstruasi dalam waktu 30 menit setelah mengonsumsinya. Vitamin B1 (thiamin) dibutuhkan tubuh untuk membantu melepaskan energi dari makanan serta mempertahankan kesehatan susunan saraf.6 mg vitamin B2. dan 449 mg per 100 g. masing-masing 26. Vitamin B2 (riboflavin) diyakini dapat mempertahankan kesehatan kulit dan rambut. fosfor (P). dan 449 mg/100 g.4 mg/100 g. dapat membebaskan seseorang dari gejala PMS.Kentang juga merupakan sumber potensial berbagai mineral. Minuman tersebut dipercaya dapat menghilangkan gejala premenstrual syndrome (PMS). Besi (Fe). besi (Fe).12 mg (sama dengan beras) dan 0. irisan kentang mentah dan jusnya dapat mengurangi rasa sakit pada sendi. terutama bagi mereka yang ingin mengontrol kadar gula darah. Karena itu. yaitu 0. Kandungan karbohidrat kompleks dan fiber kentang dipercaya mampu membantu menekan laju gula dan tekanan darah (hipertensi). yaitu keluhan sebelum dan saat menstruasi. Gangguan kulit yang pernah dialami Kris Dayanti ini biasanya menyerang kulit sekitar mata dan bibir karena daya tahan turun akibat alergi terhadap sesuatu.

terutama bagi kulit. Sebaiknya kentang direbus dulu agar lebih bersih dan lunak saat diblender. Luka Ringan dan Nyeri Sendi .Air Seratus gram kentang mengandung air 77.Sediakan beberapa buah kentang ukuran sedang (kurang lebih 100 gram). konsumsi kentang juga baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. kentang dapat dijadikan masker wajah atau untuk mengurangi risiko infeksi pada kulit yang terluka. Masukkan ke dalam blender untuk dibuat jus. Hipertensi .Ampas ramuan di atas juga dapat dimanfatkan untuk masker.Ambil kentang ukuran sedang (kurang lebih 150 gram).8 persen. sebaiknya ramuan ini jangan diberikan pada luka lama (lebih . pengganti roti atau beras.Selain untuk diabetesi.Rebus kentang ukuran sedang (kurang lebih 300 gram) untuk dikonsumsi setiap hari sebagai menu sarapan pagi.Jus kentang dapat dimanfaatkan sebagai solusi alami untuk meredakan nyeri haid dan memperbaiki mood wanita menjelang menstruasi. Berikut beberapa contoh ramuan ubikumandur atau kentang: Diet Gula Darah dan Berat Badan . potong kecil-kecil lalu campur dengan segelas air. Dari penelitian di Malaysia seperti ditulis dalam jurnal Vegetables for Health. Cara lain. lalu tumbuk sampai halus untuk dibuat adonan (bobok). sedangkan beras hanya 13 persen. Untuk mengetahui berapa porsi tepatnya. . Akibatnya. Tak heran. rendam selama beberapa jam.Konsumsi kentang rebus secara rutin dipercaya mampu membantu menahan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi. air kentang diyakini bersifat antiseptik dan antiinflamasi yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri pada kulit dan sendi. Namun. Biasanya digunakan untuk mengurangi sakit pada kulit wajah atau bagian tubuh yang terasa panas karena alergi (ruam-ruam). Meramu Ubikumandur Ubikumandur merupakan sebutan kentang bagi masyarakat Palembang. Saring. rendam selama dua jam. dalam bentuk jus kentang. Sebaiknya pilih kentang non organik agar terbebas dari racun/pestisida. Ramuan kentang dalam bentuk bobok inilah yang digunakan untuk mengobati luka ringan di kulit (goresan atau melepuh karena panas) dan bagian sendi yang terasa sakit. penderita diabetes sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan ahlinya. Setelah dibersihkan. . kemudian airnya diminum. kentang bersifat dingin. Asma Kulit (Alergi Kulit) . Cuci bersih. Nyeri Haid .

minum juga jus kentang. sebaiknya kentang jangan dikupas karena kulitnya mengandung mineral yang baik untuk kesehatan. sebaiknya kentang direndam selama beberapa jam. Khusus jus. Meski tidak menarik. jus kentang terbukti menyehatkan. Catatan : Untuk menghindari pengaruh buruk pestisida dan racun. . 3 VIT C VIT A . pilih kentang yang masih segar atau organik.dari dua hari) karena dapat menimbulkan infeksi. Sebelum diolah.Agar lebih efektif menyembuhkan dari dalam.

LEMAK .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful