BAB 11 PEMBAHASAN KEBUTUHAN NUTRISI DAN CAIRAN PADA ANAK A .

Pengertian Nutrisi Nutrisi adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tumbuh dan berkembang. Menurut Narcy Nuwer Konstantinides, nutrisi adalah proses pengambilan zat-zat makanan penting. Menurut Cristian dan Gregar; 1985, nutrisi adalah jumlah dari seluruh interaksi antara organisme dan makanan yang dikonsumsi. Dengan kata lain nutrisi adalah apa yang manusia makan dan bagaimana tubuh menggunakannya, masyarakat memperoleh makanan dan nutrisi esensial untuk pertumbuhan dan pertahanan dari seluruh jaringan tubuh dan menormalkan fungsi dari semua proses tubuh. Nutrisi adalah zat kimia organic dan anorganik yang ditemukan dalam makanan dan diperoleh untuk penggunaan fungsi tubuh. Setiap anak mempunyai kebutuhan nutrien yang berbeda dan karakteristik yang khas dalam mengkonsumsi makanan. B. Jenis Jenis Nutrisi 1. Karbohidrat Merupakan sumber energi yang tersedia dengan mudah disetiap makanan, komposi si terdiri dari elemen karbon,hidrogen dan oksigen, karbohidrat harus tersedia dalam jumlah yang cukup sebab kekurangan karbohidrat sekitar 15 % dari kalori yang ada maka dapat menyebabkan terjadinya kelaparan dan berat badan menurun,demikian sebaliknya. Karbohidrat dibagi atas 3 macam yaitu sebagai berikut : a. Karbohidrat sederhana ( gula ) Bisa berupa monosakarida atau molukel tunggal yang terdiri dari glukosa, fruktosa dan galaktosa . juga berupa disakarida ( molukel ganda ).contoh : sukrosa ( glukosa + fruktosa ), maltose ( glukosa + glukosa ), laktosa ( glukosa + galaktosa ). b. Karbohidrat kompleks ( amilum ) adalah polisakarida karena disusun banyak molekul glukosa. c. Serat adalah jenis karbohidrat yang diperoleh dari tumbuh tumbuhan tidak dapat dicerna oleh tubuh dengan sedikit atau tidak menghasilkan kalori tetapi dapat meningkatkan vol feses 2. Lemak Merupakan sumber energy yang dipadatkan dan zat gizi yang berperan dalam pengangkatan vit A,D,E,K yang larut dalam lemak ,komponen lemak terdiri dari lemak alamiah sekitar 98% diantaranya trigliserida dan gliserol sedangkan 2 persen nya adalah asam lemak

bebas diantaranya monogliserida, digliserida, kolesterol dan fosfolipid termasuk lesitin , sefalin, sfingomekelin dan serebrosid. Fungsi lemak terdiri dari ; a. Sebagai sumber energy merupakan sumber energy yang dipadatkan dengan memberikan 9 kal /gr b. Ikut serta membangun jaringan tubuh c. Perlindungan d. Penyekat atau isolasi lemak akan mencegah kehilangan panas dari tubuh e. Perasaan kenyang ,lemak dapat menundu waktu pengosongan lambang dan mencegah timbul rasa lapar kembali segera setelah makan . f. Vitamin larut dalam lemak 3. Protein Merupakan konstituen penting pada semua sel ,jenis nutrisi ini berupa struktur nutrisi komplek yang terdiri dari asam asam amino .protein akan dihidrolisis oleh enzim-enzim proteolitik untuk melepaskan asam-asam amino yang kemundian akan diserap oleh usus. Fungsi protein terdiri dari : 
Protein mengantikan protein yang hilang selama proses metabolism y ang normal dan proses pengausan yang normal  Protein menghasilkan jaringan baru  Preotein diperlukan dalam perbuatan protein protein yang baru dengan fungsi khusus dalam tubuh yaitu enzim hormon dan hemoglobin  Protein sebagai sumber energi.

4. Vitamin Bahan organik yang tidak dapat di bentuk oleh tubuh dan berfungsi sebagai katalisator metabolisme sel yang dapat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan serta dapat mempertahankan organisme di dalam tubuh. Ada 2 jenis vitamin yaitu : 
Vit yang larut dalam lemak yaitu vit A,D,E,K  Vit yang larut dalam air yaitu B dan C ( tidak disimpan dalam tubuh jadi harus di dalam diet setiap harinya)

5. Mineral dan air Merupakan unsur esensial bagi fungsi normal sebagai enzim dan sangat penting dalam pengendaliaan sistem cairan tubuh . mineral merupakan konstituen esensial pada jaringan lunak, cairan dan rangka. rangka mengandung sebagian besar mineral, tubuh tidaak dapat mensintesis sehingga harus di sediakan lewat makanan .

Air merupakan kebutuhan nutrisi yang sangat penting ,mengingat kebutuhan air pada bayi relative tinggi 75- 80 % berat badan, di bandingkan dengan orang dewasa yang hanya 55 60% Fungsi mineral terdiri dari : 1. Konstituen tulang dan gigi ,Contoh : kalsium , magnesium , fosfor 2. Pembentukan garam garam yang larut dan mengendalikan komposisi cairan tubuh, contoh : Na,Cl ( extra seluler ), k,mg,p( intra seluler) 3. Bahan dasar enzim dan protein C. Dampak Nutrisi Pada Tumbuh Kembang Anak a. dampak psikologis mencakup 3 aspek yaitu ; 1.Psikodinamika ( freud ) 
Pada usia bayi, pembunuhan kebutuhan yang uatama adalah kebutuhan dasar melalui oral  Fase oral berhasil dilalui apabila anak mendapat kepuasan dalam pemenuhan kebutuhan oral saat makan  Dampak psikodinamika yang diperoleh bayi adalah kepuasan

2 . psikososial ( erikson ) 
Dampak psikososial yang diperoleh adalah tercapainya rasa pe rcaya dan tidak percaya sebagai kegagalan dalam pemenuhan kebutuhan tersebut  Makanan dapat merupakan stimulasi yang dapat meringankan rasa lapar anak , dan pemuasan yang konsisten terhadap rasa lapar dapat mempengaruhi kepercayaan anak pada lingkungannya, terutama keluarga.

3.malturasi organik ( piaget ) 
Perkembangan organik yang dialami anak melalui makanan adalah pengalaman mendapatkan beberapa sensoris , seperti rasa atau pengecapan , penciuman , pengerakan , dan perabaan .  Dengan makanan anak akan dapat meningkatkan ketrampilan , seperti memegang botol susu , memegang cangkir, sendok ; dan ketrampilan koordinasi gerak , seperti : menyapu dan menyendok makanan .

b. Dampak Fisiologis Asupan nutrisi yang tepat untuk bayi , toddler, prasekolah , usia sekolah, dan remaja akan sangat berdampak pada pertumbuhan fisik , yaitu anak akan bertambah berat dan bertambah tinggi.

E. Kebutuhan Nutrisi Berdasarkan Usia Tumbuh Kembang Anak Kebutuhan nutrisi pada setiap anak berbeda, mengingat kebutuhan untuk pertumbuhan dan perkembangan sel atau organ pada anak berbeda . dan perbedaan ini yang menyebabkan jumlah dan komponen zat gizi berlainan. Secara umum kebutuhan nutrisi pada anak dapat dikelompokkan berdasarkan usia anak , mulai dari bayi umur 0 12 bulan, usia toddler atau prasekolah , usia sekolah , dan usia remaja . a. Bayi 0 12 bulan  Memerlukan jenis susu ASI atau susu formula. Kebutuhan kalori bayi antara 100 200 kkal /kgBB. Pada 6 bulan pertama lebih baik bayi mendapatkan ASI tampa memberikan susu formula.  Pada usia 6 bulan mulai memperkenalkan dengan nasi tim saring dengan bahan makanan yang lebih bervariasi dengan jenis protein hewani , protein nabati , kandungan serat yang kaya akan vitamin dan mineral,diberikan 1x / hari.  Pada usia 8 atau 9 bulan nasi tim tidak lagi disaring tapi dibuat dengan tekstur agak kasar . diberikan 3x /hari . 7 keajaiban menyusui dengan ASI a. Antibody Melindungi bayi dari infeksi b. Ikatan Memupuk ikatan emosional yang kuat antara ibu dan bayi c. Kemudahan Tidak memerlukan persiapan untuk membuat susu dan mensterilkan botol susu. d. Mudah dicerna nutrisi yang dikandung ASI mudah dicerna oleh system pencernaan bayi yang belum matang. e. Menambah kesehatan bayi yang diberikan ASI lebih jarang mengalami elergi dikemudian hari. f.gratis ASI adalah hadiah alam yang dapat diberikan pada bayi anda. g. Ibu lebih cepat kembali kebentuk semula Memberi ASI memerlukan banyak kalori dan membuat rahim lebih cepat mengecil. Kandungan zat gizi ASI ( setiap 100 gram ) 1. Kalori : 68 kalori 2. Protein : 1,4 gram

3. 4. 5. 6. 7. 8.

Lemak Karbohidrat Zat kapur Fosfor Vitamin A Tiamin

: 3,7 gram : 7,2 gram : 30 gram : 20 gram : 60 gram : 30 gram

Zat kekebalan yang terdapat dalam ASI 1. Immunoglobulin , yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi . 2. Lisozim , yang dapat menghancurkan dinding sel bakteri 3. Laktoperoksidase , yang dapat membunuh streptococcus. 4. Laktoferin , yang dapat membunuh beberapa jenis organisme. 5. Sel darah putih ( leukosit ), yang dapat berfungsi sebagai fagositosis. 6. Zat anti staphylococcus. b. Pada Anak Usia Toddler dan Prasekolah pada usia ini kemandirian dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi sudah mulai muncul, kebutuhan nutrisi pada usia ini sebaiknya penyediaan menunya bervariasi untuk mencegah kebosanan ,berikan susu dan makanan yang dianjurkan antara lain : daging , sup , sayuran , buah buahan , pada anak ini perlu makanan padat sebab kemampuan untuk mengunyah sudah mulai kuat. Karakteristik pemenuhan kebutuhan nutrisi pada anak usia toddler dan pra sekolah antara lain : 1 . nafsu makan berkurang 2 . anak lebih tertarik pada aktivitas bermain dengan teman atau lingkungannya dari pada makan . 3 . anak mulai senang mencoba jenis makanan baru 4 . waktu makan merupakan kesempatan yang baik bagi anak untuk belajar dan bersosialisasi dengan keluarga Rata rata anak toddler dan prasekolah umumnya membutuhkan : 1. Susu : 2/3 kali dalam 1 hari . dalam 1 kali minum kira kira ½~ gelas 2. Daging : 2 kali / lebih dalam 1 hari 3. Sereal dan roti : 4 kali / lebih dalam 1 kali pemberian kira kira ½` 1 potong roti / 1/2 gelas bubur 4. Sayur dan buah buahan , 4 x/ lebih dalam 1 hari. Itu meliputi sekurang- kurangnya 1 kali / lebih pemberian jeruk dan 1 kali pemberian sayuran hijau / kuning. C. Anak Usia Sekolah Pada usia sekolah ini kebiasaan pada anak tergantung pada kehidupan sosial disekolah, kadang anak malas makan dirumah karena kondisi yang tidak disukai,seperti

kadang

mengunakan sendok, piring , dan tata cara makan pun sudah mulai teratur seperti makan dengan duduk , mencuci tangan makan dan lain lain. Anak sekolah membutuhkan jumlah yang sama dengan penyediaan makanan dasar yang dibutuhkan oleh anak usia pra sekolah , tetapi kebutuhannya lebih banyak dari anak pra sekolah. Contoh: susu satu gelas, daging 6-8 potong, sayur 1/3 ½ gelas , roti 1-2 iris , sereal ½ - 1 mangkok. Pada anak usia sekolah anak mempunyai karakteristik terkait dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi yaitu : 
Anak dapat mengatur pola makannya sendiri.  Adanya pengaruh teman atau jajanan dilingkungan sekolah serta adanya reklame ditelevisi dapat mempengaruhi pola makan untuk mencoba makanan yang belum dikenalnya .  Kesukaan menyukai satu makanan tertentu berangsur angsur hilang.  Pengaruh aktivitas bermain dapat menyebabkan keingina bermain lebih besar dari n makan.

d. Usia Remaja pada masa remaja kebutuhan kalori semakin meningkat karena perubahan menjadi pubertas dan aktivitas . pada masa remaja sangat menyadari akan gambaran diri sehingga perlu pemantauan diet dalam makanan, seperti takut akan obersitas dan takut timbulnya akne atau jerawat akibat makanan. Pada masa ini terjadi pertumbuhan yang cepat baik tinggi maupun berat badan sehingga kebutuhan gizi pun meningkat. ( Behrman,RE dkk,1996 ) . karakteristik pemenuhan kebutuhan nutrisi pada anak usia remaja yaitu : 
Besarnya pengaruh kelompok atau geng,akan mempengaruhi pola kebiasaan makan.  Anak sering kali tidak sempat makan karena banyak aktivitas diluar rumah : dikub olahraga, pramuka.  Karena perubahan aktivitas yang lebih banyak memakan waktu diluar rumah , biasanya anak lebih menyukai makanan ringan  Anak mulai memperhatikan bentuk badannya : takut kegemukan

Remaja membutuhkan energi untuk kebutuhan mereka dan didalam makanannya membutuhkan susu, daging, sayuran hijau dan kuning. Orang tua dianjurkan memberikan sayur dan buah. D. Gizi Lengkap dan Seimbang a. Gizi seimbang keadaan yang menjamin tubuh memperoleh makanan yang cukup mengandung semua zat gizi dalam jumlah yang dibutuhkan . 
Gizi lengkap dan seimbang harus mengandung :

a. Bahan makanis protein sumber tenaga yang berfungsi untuk beraktivitas. Contoh;beras,roti,kentang, dan mie b. Bahan makanan sumber zat pembangun, berfungsi untuk pembentukan pertumbuhan dan pemeliharaan sel tubuh.contoh : daging , ikan , telur ( protein hewani ),tempe , tahu ( protein nabati ). c. Bahan makanan sumber zat pengatur berfungsi untuk mengatur proses metabolism contoh : sayuran : bayam,buncis,wortel,tomat, buah buahan : pisang , jeruk , apel. F. Fungsi Pemberian Makan 1. Fungsi fisiologis Yaitu memberikan nutrisi sesuai kebutuhan agar tercapai tumbuh kembang yang optimal. 2. Fungsi psikologis Yaitu penting dalam pengembangan hubungan emosional ibu dan bayi sejak awal. 3. Fungsi sosial atau edukasi Yaitu melatih anak mengenal makanan , ketrampilan makan. G. Masalah Sulit Makan Penyebabnya adalah : 1. Penanganan ibu  Kurangnya pengertian ibu  Proteksi dan perhatian berlebihan  Jadwal tidak sesuai dengan kebutuhan anak  Ketegangan ibu  Kurangnya kasih sayang 2. Kesukaran dari anak sendiri  Penyakit  Iseng  Memilih milih  Takut terhadap makanan  Anak lelah  Anak tidak lapar  Bosan dengan makanan  Porsi terlalu banyak H. Cara Mengatasi Kesulitan Makan pada Anak Berikan makan pada saat anak tidak lelah Porsi disesuaikan dengan kebutuhan anak, kecil tapi sering Jadwal disesuaikan Tunggu anak lapar Berikan kasih sayang Variasikan makana Berikan bersama makanan kesukaannya

Ajak makan dengan keluarga Berikan makan sambil bermain Biarkan anak belajar makan sendiri Tempatkan makanan pada wadah yang menarik Berikan pujian bila anak menghabiskan porsinya Berikan sugesti bahwa makanan yang diberikan enak Ibu harus rileks

I. Cairan Pada Anak

Air merupakan komponen utama dalam tubuh manusia. Pada pria dewasa 55-60% berat tubuh adalah air, pada perempuan dewasa air meliputi 50-60% berat tubuhnya. Air juga merupakan kebutuhan & bagian dari kehidupan manusia sehingga asupan air pun sebaiknya seimbang dengan jumlah yang dikeluarkan. Asupan air yang kurang akan menimbulkan masalah kesehatan, begitupun sebaliknya asupan air yang berlebih juga dapat menimbulkan masalah kesehatan, khususnya pada mereka yang menderita penyakit ginjal & gagal jantung serta pada orang lanjut usia.

a. Rentang kebutuhan air harian pada BB yang berbeda dalam kondisi normal y Metode holliday ± segar Untuk setiap 100 kkal yang dimetabolisme, dibutuhkan 100 ml air ( H2O ) BB ( kg ) Penggunaan kalori / hari sampai 10

11-20 Diatas 20 100 kkal/kg. 1.000 kkal + 50 kkal/kg untuk setiap kg diatas 10 kg. 1.500 kkal + 20 kkal/kg untuk setiap kg diatas 20 kg

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah, tuhan semesta alam yang telah memberikan karunia dan kekuatan kepada kita semua sehingga kami dapat menyelesaikan tugas kami yang berjudul : KEBUTUHAN NURISI DAN CAIRAN PADA ANAK Shalawat dan salam semoga selalu dicurahkan kepada baginda kita nabi besar muhammad SAW, yang telah menunjukan kepada kita pentingnya ilmu pengetahuan. Mengingat pesatnya ilmu pengetahuan dimasa sekarang ini , mendorong semua pihak untuk berubah ke yang lebih maju. Perubahan ini tidak mungkin bisa dicapai kecuali dengan peran serta pemuda, dalam hal ini mahasiswa dapat memperdalam ilmu nya dibidang masing masing . tugas yang kami buat bertujuan untuk mendapatkan ilmu yang berguna bagi penulis dan bagi pembaca dimana pun makalah ini berada. Akhirnya terima kasih kami ucapkan kepada dosen yang telah membimbing kami dalam menyelesaikan makalah ini yaitu ibu NS. asniah syamsuddin, S.Kep,M.Kep. serta kepada seluruh pihak yang telat berpartisipasi sehingga makalah makalah ini selesai kami kerjakan. Kami yakin bahwa makalah kam i ini masih sangat jauh dari kata kesempurnaan, karena kami masih dalam tahap pembelajaran. Oleh karena itu kami sangat berharap saran dari dosen kami, p embaca dan teman teman sekalian. Harapan kami mudah mudahan tugas yang telat kami susun ini bermanfaat adanya. terima kasih atas saran dan kritikan , semoga Allah menerimanya sebagai amal saleh danmengampuni kita semua, amin .

Banda aceh 21 april 2011 Penulis

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ................................ ................................ ................................ ................... DAFTAR ISI ................................ ................................ ................................ ............................... BAB I PENDAHULUAN ................................ ................................ ................................ ......... A. Latar Belakang ................................ ................................ ................................ ...... B. Tujuan ................................ ................................ ................................ .................. BAB II PEMBAHASAN ................................ ................................ ................................ ........... A. B. C. D. E. F. G. H. Pengertian Nutrisi ................................ ................................ ................................ . Jenis Jenis Nutrisi ................................ ................................ ............................... Dampak Nutrisi Pada Tumbuh Kembang Anak ................................ ....................... Kebutuhan Nutrisi Berdasarkan Usia Tumbuh Kembang Anak ............................... Gizi Lengkap dan Seimbang ................................ ................................ ................... Fungsi Pemberian Makan ................................ ................................ ...................... Masalah Sulit Makan ................................ ................................ ............................. Cara Mengatasi Masalah Sulit Makan ................................ ................................ ...