SISTEM DATA-BASE Suatu dasar dara (data base) dapat diartikan sebagai serangkaian arsip (file) data

yang saling berhubungan yang disimpan sedapat mungkin dengan kelimpahan data yang sedikit mungkin dan yang dapat dimasukkan oleh satu lebih program aplikasi. Program computer yang khusus yang menangani data dan hubungan antara data dan program aplikasi disebut sebagai sistem menajamen dasar data )data base management system = DBMS). Kombinasi dasar data, DBMS dan program aplikasi yang memasukkan dasar data melalui DBMS disebut sebagai system daar data (data base system).

File 1 Barang A Barang B Barang C

Program = 1

File 2 Barang A Barang B Barang C

Program = 2

Pendekatan Tradisional

File 3 Barang A Barang B Barang C

Program = 2

Program = 1 Dasar Data Barang A Barang B Barang B Barang D Barang E Barang F

Sistem Manajemen Dasar data

Program = 2

Program = 3

Gambar. Pendekatan tradisionil dibandingkan dengan pendekatan dasar data

1

SISTEM DATA-BASE A. Beberapa Konsep Data Base yang Fundamental Beberapa konsepsi yang diperkenalkan dalam bab-bab sebelumnya adalah relevan dengan studi system dasar data – konsepsi catatan (record), file, bidang (field), satuan, attribute (cirri), kunci (key) primer dari kunci sekunder. Suatu satuan (entity) adalah suatu butir (item) dari data yang disimpan dalam suatu sistem, sedangkan suatu attribute adalah suatu property atau karaketistik yang mungkin dimiliki oleh uatu satuan tertentu. Sebagai contoh, satuan “mobil” memiliki karakteristik (cirri) “warna”. Satuan dan attribute adalah dalam dunia fisik mengenai barang-barang berwujud dan akan terus demikain walaupun tidak ada sistem informasi sebagai kontras. Suatu file adalag suatu grup catatan untuk smeua satuan jenis tertentu Perbedaan yang penting dalam studi system dasar data adalah anrara organisasi data secara fisik dan organisasi data yang logis. Organisasi data secara fisik (physical data organization) adalah cara di mana data disusun secara fisik dan disimpan pada media storage data. Orgaisasi data yang logis (logical data organization) menyangkut cara di mana para pemakai data memandang hubungan antara bagian. 1. Struktur Data yang logis Maka kita akan menemukan, tiga jenis pokok dari struktur data yang logis. Ketiga jenis ini disebut: struktur file dasar (flat file structure), strutur pohon (tree structure) dan struktur jaringan (network structure), masingmasing dari struktur ini dibahas dalam bagian ini. a. Struktur file flat Suatu strutur file dimana tiap catatan adalah identik (sama) dnegan uap catatan lain dalam hal ciri-cirinya (attribute) dan panjang field, disebut suatu file flat/daftar (file flat).

2

Nomor Stock 1036 1038 1039 2061 2063 3541 3544 3785 3787

Uraian Lemari es Lemari es Lemari es Pengukur Pengukur Mesin Cuci Mesin Cuci Pengering Pengering

Warna Putih Kuning Coklat Putih Coklat Putih Kunig Putih Kuning

Nama penjual Gibman Gibman Gibman Hotspot Hootspot Whirlaway Whirlaway Whirlaway Whirlaway

Kuantitas yang ada 12 07 05 06 05 15 10 12 08

Harga $ $ $ $ $ $ $ $ $ 349.99 359.99 379.99 489.99 499.00 349.99 349.99 279.99 259.99

Gambar Sutau file flat/datar b. Struktur pohon Sutu pohon dalam pengertian adalah syatu strutur data dimana hubungan antara bagian-bagian dapat dapat dinyatakan dalam bentuk suatu strutur hierathis. Pohon ini terdiri dari empat node (bengkol/simpul) yang meurpakan catatan jenis data langganan, transaksi kredit, factor dan bagian data jenis barang yang ada fraktur (invoice line items). Jenis catatan paling atas yang adlaam kasuus ini berisi data langgan disebut sebagai akar pohon (root of the tree). Tetapi tiap bengkol dapat mempunyai satu atau lebih bongkol (node) yang dihubungkan padanya dengan tingkat yang lebih rendah yang disebut sebagai anak-anaknya (its children).

Data Langganan
Nomor Langganan Nama Langganan Alamat Langganan Golonagn Kredit Saldo Perkiraan

Faktur-faktur

3

Transaksi kredit Kode jenis Tanggal traksaksi

Jumlah uang

Nomor Faktur

Tanggak Fraktur

Jumlah Faktur

Kode barnag

Uraian Barang

Kuanitas yang di jual

Harag barang

Jumlah jenis barang (nilai total)

Data Perkiaraan langganan dalam suatu struktur pohon c. Struktur jairngan (network structure) Suatu jaringan (network) dapat diartikan sebagai struktur data yang menyangkut hubungan antara berbagai jenis catatan yaitu: 1) Tiap induk dapat mempunyai lebih dari jenis catatan anak (seperti dalam sbeuah pohon) 2) Setiap anak dapat mempunyai lebih dari satu jenis catatan induk (tidak mungkin dalam sebuah pohon). Satu karakteristik tambahan yang mmebedakan struktur jaringan dari struktur pohon adalah bawah struktur jairngan dapat memuat satu atau lebih banyak hubungan (many-to-many relationship).
Produk (Product)

Sub perakitan (subassembly)

Suku cabang (part)

Gambar. Suatu struktur yang melibatkan “banyak terhadap banyak hubungan”. 2. Organisasi Data Base secara fisik Software menajemen data base (dasar data) menyediakan hubungan antara organisasi yang sebenanrya dari data pada media penyimpanan file dan berbagai pandangan logis mengenai data pada pikiran para pemaikainya.

4

• • • •

Metode pemberian alat catatan File berurutan (sequential files) File berurutan yang diberi indeks Pemberian alat langsung (direct addressing) untuk beberapa cataan

mungkin dapat menetapkan suatu ekuivalen antara kunci catatan dan alamat mesin. Metode ini disebut pemberian alamat langsung (direct addressing)

Gambar Suatu File berurutan yang diberi indeks • Randomizing Untuk mengikhtisarkan pembahasan ini, dapat ditegaskan bahwa penggunaan file berurutan adalah tepat di mana hanya menyangkut pengolahan batch dengan tidap perlu pemasukan langsung. Pointers. Suatu butir data dalam satu catatan yang menunjukkan atau “point to” lokasi dalam storage dari catatan lain yang ada hubungannya disbeut pointers atau penunjuk.

5

Schema dan serangkaian kjaidan catatan yang berhubungan • Naims (ranca daftar) Serangkaian data yang secara fisik dapat dihamburkan ke seluruh file, tetapi yang satu samal lain dihubungan (intercomected) dnegan alat dari suatu penggantian penunjuk disebut sebagai chain atau llist (rantai atau daftar) E B A C D Gambar Suatu ranatai (chain) F

Gambar catatan parts yang dirantai pada dua kunci sekunder yang mempergunakan pentunjuk yang dikeliling (embedded pointers) Pembuatan rantai (pengikat) catatan-catatan mmepunyai beberapa keuntungan-keuntungan yang utama adalah bahwa hal ini memungkinkan pengurangan yang cukup berarti terhadap kelompahan

6

catatan, karena suatu catatan yang secara fisik disimpan hanya sekali dapat menjadi anggota beberapa rantai. • • Daftar yang dibalikkan (inverted list) Pencarian infromasi (information retrieval)

Dalam system pengolahan data tradisional, kemampuan para manajer untuk memperoleh informasi dari file data sering dipaksa oleh pembatasna-pembatasan sistem • Sistem Manajemen Data Base Fungsi DBMS , fungsi DBMS dapat dibagi dalam tiga katagori yang luas yaitu: kreasi/ penciptaan dasar ata, pengolahan dasar datar an pencarian infromasi dari daar data. Penciptaan dasar data menyangkut: 1. Penentuan struktur data dan hubungannya dan 2. • Pengisian/pemuatan nilai-nilai data dalam fasiitas dasar data secara fisik. Laporan DBTG CODASYL. CODASYL Data Base task Group (DBTG) adalah suatu grup yang terdiri dari pata penjual system dan pemakai yang telah bekerja sejak tahun 1969 pada pengemabngan spesifikasi untuk DBMS. • Penerapan Konsep Data Base Secara singkat keuntungan-keuntungan system dasar data yang telah disebutkan pada berbagai uaraian dalam bab ini aalah sebagai berikut: 1) Minimisasi (menurunkan hingag paling sedikit) kelimpahan data yang disimpan did alam suatu system dan inkosistensi yang berhubugan antara data yang disimpan yang mungkin dihaislkan dari kelimpahan data 2) 3) Penetapan independent data yang menunjang pengembangan dan pemeliharaan program aplikasi computer Pengakuan hubungan data secara eksplisit dalam suatu cara yang memungkinkan integrasi prosedur-prosedur pemutakiran file yang secara tradisioil dipisahkan

7

4)

Peningkatan tersedianya infromasi bagi para manajer

yang disediakan oleh bahasa pertanyaan, kemampuan pembuatan laporan yang sederhana dan dukungan untuk analisa data fungsional silang. a. b. data inisial c. Melakukan survey menegnai software DBMS yang tersedia dan memilih suatu paket yang paling memenuhi persyaratan d. e. f. g. h. Menentukan suschem,a untuk aplikasi yang khusus Mmebuat/menulis program aplikasi baru atau Memuat data ke dalam dasar data Mengolah data transaksi untuk memutakirkan isid Memelihaar schema-schema, subschema-subshema Melakukan inventarisasi elemen-elemen data yang Mendesain schema-schema untuk aplikasi dasar dipergunakan pada seluruh oganisasi

memodifikasi program aplikasi yang telah ada

asar data dan dan program-rogram aplikasi Kamu data, suatu system dasar data tidak dapat diterpakan secara memuaskan dalam suatu organisasi, kecuali jika orang yang di mengimplementasikannya mempunyai pengertian/pemahaman yang menyeluruh mengenai elemen-elemen data tang dipegrunakan oleh siapa data tersebut dipakai. dalam organisasi, dari mana data tersebut datang dan bagaimana serta

Penyajian suatu struktur data jairngan dnegan cara struktur pohon

8

Gambar Suatu Dasar Data Hubungan • Implikasi system dasar data untuk akuntansi Did lam beberapa tahun terkahir sebagian terbsar atau semua data akuntansi dalam banyak organisasi yang besar disimpan dalam system dasar data. Hal ini mempunyai beberapa impikasi yang menarik untuk akuntansi. Salah satuny dia ntaranya kebutuhan untuk akuntan dilibatkan dalam proses implementasi system dasar data telah selesai diamati.

9

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful