BAB I PENDAHULUAN

Kehamilan merupakan suatu proses kehidupan seorang wanita, dimana dengan adanya proses ini terjadi perubahan-perubahan. Perubahan tersebut meliputi perubahan fisik, mental dan sosial. Selain kebutuhan psikologis, kebutuhan fisik juga harus diperhatikan agar kehamilan dapat berlangsung dengan aman dan lancar. Kebutuhan fisik yang diperlukan ibu selama hamil meliputi oksigen, nutrisi, peronal hygiene, pakaian, eliminasi, seksual, mobilisasi & body mekanik, exercise/senam hamil, istirahat/tidur, imunisasi, traveling, persiapan laktasi, persiapan kelahiran bayi, memantau kesejahteraan bayi, ketidaknyamanan dan cara mengatasinya, kunjungan ulang, pekerjaan, tanda bahaya dalam kehamilan. Namun pada kesempatan kali ini, kami membatasi pembahasan hanya berorientasi pada kebutuhan fisik yang mendasar, yakni oksigen dan nutrisi. Hal ini dilakukan selain merupakan judul tetap yang telah diberikan oleh dosen pembimbing, juga kami rasa merupakan hal yang sangat penting tapi sering diabaikan oleh seorang wanita hamil. Kebutuhan- kebutuhan tentang terebut diatas akan kami bahas satu persatu berikut ini.

1

kebutuhan oksigen pada manusia adalah sama. Kita bisa hidup beberapa hari tanpa makanan dan Air. Pada dasarnya. kebutuhan oksigen meningkat dari 500 milli menjadi 700 milli dan ini relatif sama dari trimester I. Hal ini dikarenakan keadaan ibu hamil harus lebih ketat diperhatikan segala sesuatu yang dikonsumsinya. Betapa pentingnya oksigen bagi kehidupan menjadikan okegen tersebut menjadi perhatian khusus terlebih pada ibu hamil. Oksigen Oksigen (O2) merupakan kunci segala kehidupan.BAB II PEMBAHASAN 1. untuk bertumbuh dan untuk sel tetap hidup. Pada ibu hamil. tetapi tidak dapat hidup selama 4 menit saja tanpa Oksigen. termasuk pada wanita yang sedang mengandung/hamil. Bahkan sel-sel Otak kita akan mati bila dalam waktu 15 detik tanpa adanya Oksigen. II dan III. Setiap sel didalam tubuh manusia membutuhkan oksigen. Oksigen yang dimaksud dalam pembahasan ini adalah oksigen yang sehat dan termasuk dalam kriteria oksigen yang baik. Adapun kriteria oksigen yang baik dan dibutuhkan oleh ibu hamil adalah sebagai berikut : 2 . karena konsumsi oksigen pada ibu hamil meningkat seiring dengan bertambahnya kebutuhan untuk dirinya dan janin yang dikandungnya. agar tidak mengganggu dan merusak kondisi janin. Hal ini merupakan hal yang wajar. untuk membelah.

hal ini dimaksudkan agar konsumsi okigen yang masih bersih dan segar dapat berlangsung. mulai dari udara yang mengandung timbel sampai yang mengandung residu. Polusi udara dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada manusia melalui berbagai cara. orang tua dan golongan berpenghasilan rendah biasanya tinggal di kota-kota besar dengan kondisi perumahan dan lingkungan yang buruk.1. Bersih dan segar Kriteria oksigen ini bisa didapatkan pada tempat yang bersih dan asri. Oleh karena itu. Oksigen kotor yang didapatkan sebelumnya bertukar dengan oksigen yang segar dan bersih. ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk berolah raga pada pagi hari ( jalan pagi). 2. Tidak berpolusi dan kotor Dengan semakin banyaknya jumlah kendaraan bermotor menjadikan semakin rentannya oksigen yang kita hirup mengandung zat yang berbahaya buat tubuh. antara lain dengan merangsang timbulnya atau sebagai faktor pencetus sejumlah penyakit. Kelompok yang terkena terutama bayi. agar tidak menghirup oksigen yang telah tercemar yang dapat mengganggu perkembangan janin didalam rahimnya. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa seorang ibu hamil dianjurkan untuk menghindari tempat yang berpolusi. 3 .

Tidak bau Adapun alas an kenapa seorang ibu hamil tidak diperbolehkan menghirup udara yang berbau dikarenakan indera penciuman seorang ibu hamil semakin sensitif yang tidak tahan terhadap bau yang kuat.Mengganti sel-sel tubuh yang rusak . Asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil berguna untuk : . Apabila berlanjut dapat mengganggu kondisi kesehatannya dan janin yang dikandungnya. Peningkatan gizi ini dibutuhkan untuk pertumbuhan ibu dan janin. Untuk itu seorang ibu hamil harus menghindari tempat keramaian yang memiliki kualitas oksigen yang buruk. ataupun ruangan yang sering digunakan untuk merokok.3. Si ibu hamil akan muntah karena tidak taan menghirup oksigen yang berbau. Nutrisi Kebutuhan gizi ibu hamil meningkat 15% dibandingkan dengan kebutuhan wanita normal. seperti terminal.Sumber tenaga . Makanan dikonsumsi ibu hamil 40% digunakan untuk pertumbuhan janin dan sisanya (60%) digunakan untuk pertumbuhan ibunya. Secara normal kenaikan berat badan ibu hamil 11-13 kg. 2.Pertumbuhan dan perkembangan janin .Mengatur suhu tubuh dan cadangan makanan 4 .

Kebutuhan protein yang dianjurkan sekitar 800 gram/hari. B.Hindari merokok Hal penting yang harus diperhatikan ibu hamil adalah makanan yang dikonsumsi terdiri dari susunan menu yang seimbang yaitu menu yang mengandung unsur-unsur sumber tenaga.Hindari makanan yang terlalu asin dan pedas . A.Hindari makanan yang mengandung lemak cukup tinggi . Dari jumlah tersebut sekitar 70 % dipakai untuk kebutuhan janin dan kandungan. Sumber Tenaga (Sumber Energi) Ibu hamil membutuhkan tambahan energi sebesar 300 kalori perhari sekitar 15 % lebih banyak dari normalnya yaitu 2500 s/d 3000 kalori dalam sehari. 5 .Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet dan zat pewarna . pembangun. antara lain : . Sumber Pembangun Sumber zat pembangun dapat diperoleh dari protein.Konsumsilah makanan dengan porsi yang cukup dan teratur . Sumber energi dapat diperoleh dari karbohidrat dan lemak. pengatur dan pelindung.Beberapa hal harus diperhatikan ibu hamil untuk menjalani proses kehamilan yang sehat.Hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol .

nafsu makan sudah pulih kembali kebutuhan makan harus lebih banyak dari biasanya meliputi zat sumber tenaga. vitamin dan mineral. yaitu : -Kalori : 2500 Kkal -Protein : 85 g -Kalsium (Ca) : 1. hal ini berhubungan dengan kondisi ibu pada setiap trimester tersebut. seperti sup. Sumber Pengatur dan Pelindung Sumber zat pengatur dan pelindung dapat diperoleh dari air. biskuit. umumnya nafsu makan ibu berkurang.C. ibu harus tetap berusaha untuk makan agar janin tumbuh baik.5 mg -As nicotin : 18 mg itamin D : 400-800 IU Pada umumnya kebutuhan makanan bagi ibu hamil untuk setiap trimester berbeda-beda. Sumber ini dibutuhkan tubuh untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit dan mengatur kelancaran proses metabolism tubuh. pelindung dan pengatur. Hal ini untuk kebutuhan janin. Makanlah makanan dengan porsi kecil tapi sering. Kebutuhan makanan sehari-hari untuk ibu hamil. Pada kondisi ini.5 g -Zat besi (Fe) : 15 mg -Vitamin A : 6000 IU -Vitamin B : 1. telur.8 mg -Vitamin C : 100 mg -Riboflavin : 2. Pada kehamilan trimester pertama (0-14 minggu). sering timbul rasa mual dan muntah. Pada 6 . pembangun. susu. Pada trimester kedua (s/d usia 28 minqgu). buah-buahan segar dan jus.

Adapun cara pengolahan makanan yang sehat dan tepat sebagai berikut : . ibu hamil dianjurkan untuk mengolah makanan secara sehat pula. tingkatkan protein. ikan asin. tetapi jangan kelebihan.trimester ketiga (sampai usia 40 minggu) nafsu makan sangat baik. tauco dan kecap asin) karena makanan tersebut akan memberikan kecenderungan janin tumbuh besar dan merangsang timbulnya keracunan saat kehamilan. kurangi karbohidrat. Untuk memperoleh asupan makanan yang sehat. lemak harus tetap dikonsumsi. telur asin. bumbu masak (vetsin) -Hindari pemakaian minyak yang sudah berkali-kali digunakan -Perhatikan tanggal kadaluarsa dan komposisi vitamin. pengawet. mineral dan tempat makanan kalengan -Simpanlah peralatan dapur dalam keadaan bersih dan aman jangan membiarkan binatang berkeliaran didapur 7 . Selain itu kurangi makanan terlalu manis (seperti gula) dan terlalu asin (seperti garam.Pilihlah sayuran dan buah-buahan yang segar dan berwarna kuning -Pilihlah daging dan ikan yang segar -Cucilah tangan yang bersih sebelum dan sesudah mengolah makanan -Cucilah bahan makanan yang bersih -Jangan memasak sayuran sampai layu -Konsumsilah makanan yang diolah sampai matang -Hindari pemakaian zat pewarna. sayur-sayuran dan buahbuahan.

BAB III PENUTUP 1. yakni : 1. Setiap sel didalam tubuh manusia membutuhkan oksigen. Bersih dan segar 2. Kesimpulan Kehamilan merupakan suatu proses kehidupan seorang wanita. untuk bertumbuh dan untuk sel tetap hidup. II. Bahkan sel-sel Otak kita akan mati bila dalam waktu 15 detik tanpa adanya Oksigen. ataupun trimester III. Ada banyak kebutuhan fisik seorang wanita hamil yang cederung berbeda dari tiap trimester I. Tidak berpolusi 3. dimana dengan adanya proses ini terjadi perubahan-perubahan. antara lain : 1. Syarat oksigen yang baik untuk dihirup oleh ibu hamil. termasuk kebutuhan fisik. Mengingat pentingnya okigen ii. maka ibu hamil harus mengkonsumsi oksigen yang cukup dan bersih. Oksigen Kita bisa hidup beberapa hari tanpa makanan dan Air. untuk membelah. 8 . tetapi tidak dapat hidup selama 4 menit saja tanpa Oksigen. Tidak berbau Ketiga syarat ini wajib di aplikasikan pada ibu hamil.

Nutrisi Nutrisi pada ibu hamil didapatkan dari asupan makanan yang bergizi. Nutrisi sama pentingnya dengan oksigen.Mengganti sel-sel tubuh yang rusak . Dan ekitar 60% untuk pertumbuhan ibunya. Asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil berguna untuk : .Pertumbuhan dan perkembangan janin .Sumber tenaga .Mengatur suhu tubuh dan cadangan makanan 9 .2. Ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang bergizi agar kebutuhan gizi untuk dirinya dan janin yang dikandungnya dapat terus terpenuhi. Hamper sekitar 40 % makanan yang dikonsumsi digunakan untuk pertumbuhan dan perkembagan janin.

Hamilton. 1995. Jakarta. Jakarta. Pengenalan Tanda Bahaya pada Kehamilan Persalinan dan Nifas. EGC Saifuddin et al. Obstetri William. EGC 10 . Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan maternal dan Neonatal. BP-SP Cuningham et al.DAFTAR PUSTAKA Mochtar. Jakarta.2001. 1998. EGC Depkes RI. Jakarta. Jakarta. Dasar-dasar Keperawatan Maernitas. Persis Mary. Sinopis Obstetri.2001. Rustam.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful