You are on page 1of 4

A. Pengertian Kata “Wakaf” berasal dari bahasa Arab “Waqafa”.

Asal kata “Waqafa” berarti “menahan” atau “berhenti” atau “diam di tempat”. Kata al-Waqf dalam bahasa Arab mengandung beberapa pengertian. Wakaf uang Wakaf uang (cash waqf/waqf al-nuqud) adalah wakaf yang dilakukan seseorang, kelompok orang, lembaga, atau badan hukum dalam bentuk uang. Dengan kata lain, wakaf uang merupakan perbuatan hukum Wakif untuk memisahkan dan/atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya yang berupa uang untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu, sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum menurut syariat B. Dasar hukum wakaf                        

                  
“kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. dan apa saja yang kamu nafkahkan Maka Sesungguhnya Allah mengetahuinya.”

  

             

                                      

   
perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.

C. Rukun dan syarat wakaf

o • Kadar benda yang diwakafkan : maksimal sepertiga dari jumlah harta Syarat shighat : o o Menggunakan kata yang jelas yang menunjukkan pemberian wakaf Menyebutkan objek wakaf . bukan milik bersama.Rukun wakaf Para ulama berbeda pendapat dalam menentukan rukun wakafperbedaan tersebut merupakan implikasi dari perbedaan mereka dalam memandang substansi wakaf. zadiyah dan hanabilah memandang bahwa rukun wakaf terdiri dari : • • • • Waqif (orang yang berwaqaf) Mauquf ‘alaih (orang yang menerima wakaf) Harta yang diwakafkan Sighat (Lafal yang nenunjukkan proses terjadinya wakaf) Syarat wakaf • Syarat wakif : merdeka. dewasa (baligh). tidak berada dibawah pengampuan (boros/lalai) • Syarat mauquf ‘alaih : harta wakaf harus dimanfaatkan dalam batas-batas yang sesuai dan diperoleh syariat islam • Syarat harta yang diwakafkan : o Syarat sahnya harta wakaf : mutaqawwam (). diketahui dengan yakin ketika diwakafkan. Pengikut hanafi memandang bahawa rukun wakaf hanya sebatas pada sighat (lafal) yang menunjukkan makna/substansi wakaf Berbeda engan hanafiyah. milik wakif. pengikut malikiyah. berakal sehat. syafi’iyah.

Selain al-Zuhri. lembaga-lembaga tersebut telah mendapatkan legitimasi dari fatwa MUI. Dan sebagian ulama mazhab al-Syafi’i juga ada yang memfatwakan tentang kebolehan wakaf dinar dan dirham/uang (al-Mawardi: 1994). generasi awal ulama mazhab Hanafi juga telah membolehkan wakaf uang dinar dan dirham sebagai pengecualian atas dasar Istihsan bi al-’Urfi. . wakaf uang telah dipraktikkan sejak awal abad kedua Hijriah. berdasarkan atsar Abdullah bin Mas’ud ra: “Apa yang dipandang baik oleh kaum Muslimin maka dalam pandangan Allah adalah baik. E. dan apa yang dipandang buruk oleh kaum Muslimin maka dalam pandangan Allah buruk”. Hal tersebut dilakukan berdasarkan pendapat beberapa ulama. MUI memutuskan bahwa hukum wakaf uang hukum adalah jawaz (boleh). yaitu setelah keluarnya fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang Wakaf Uang. MUI pada tahun 2002 mengeluarkan fatwa tentang Wakaf Uang yang isinya. karena secara syariat. Sejak itulah terdapat beberapa lembaga yang mulai mengimplementasikan fatwa tersebut dengan melakukan penghimpunan wakaf uang. di antaranya adalah pendapat Imam alZuhri (wafat 124 H) yang telah memfatwakan bahwa mewakafkan dinar hukumnya boleh.o o o Menyebutkan keterangan yang jelas Tidak perlu menyebutkan kalimat “saya lepaskan dari milik saya Memperhatikan empat syarat-syarat wakaf D. praktik wakaf uang di Indonesia sudah berlangsung sejak tahun 2002. dengan cara menjadikan dinar tersebut sebagai modal usaha kemudian keuntungannya disalurkan pada mauquf ‘alaih (Abu Su’ud: 1997). Dalam fatwa tersebut. Dalam sejarah. Fatwa DSN MUI tentang wakaf Berdasarkan pendapat ulama-ulama di atas pula. Sejarah wakaf uang Sebenarnya.

Nilai pokok wakaf uang harus dijamin kelestariannya.. Mekanisme wakaf uang G.-. 2. Pengelolaan wakaf . tidak boleh dijual. Wakaf uang (cash wakaf/wagf al-nuqud) adalah wakaf yang dilakukan seseorang. Wakaf uang hukumnya jawaz (boleh).000. 3. Ph.. Termasuk ke dalam pengertian uang adalah surat-surat berharga. F.Rp 1..1. dikarenakan. atau badan hukum dalam bentuk uang tunai. Nasution. Wakaf uang hanya boleh disalurkan dan digunakan untuk hal-hal yang dibolehkan secara syariat.000.000. 5. dan atau diwariskan. Mustafa E. kelompok orang.50. Sertifikat Wakaf Tunai dapat dibuat dalam berbagai macam pecahan yang disesuaikan dengan segmen muslim yang dituju yang kira-kira memiliki kesadaran beramal tinggi.000. Potensi wakaf uang Dengan adanya lembaga yang concern dalam mengelola wakaf uang .000.000. Hal ini. Apalagi sebagaimana yang telah dihitung oleh seorang ekonom.000.D.000. maka diharapkan kontribusi dalam mengatasi problem kemiskinan dan kebodohan yang mendera bangsa akan lebih signifikan.Rp 2. Jika jumlah umat Islam yang berwakaf 26 juta saja. maka bisa dihimpun dana lebih dari 22 triliun lebih. lembaga.000. Misalkan Rp 10. Rp 100. Rp 25. lingkup sasaran pemberi wakaf uang (wakif) bisa menjadi sangat luas dibanding dengan wakaf biasa. potensi wakaf tunai umat Islam di Indonesia saat ini bisa mencapai Rp 3 triliun setiap tahunnya.Rp 500. 4. dihibahkan.-. H. Bahkan bisa jauh bisa lebih besar.