Issue Perpajakan Dlm Implemantasi IFRS Kongres XI IAI

ISSUE PERPAJAKAN DALAM IMPLEMENTASI PSAK YANG KONVERGEN DENGAN IFRS DAN KETENTUAN TRANSISI PSAK

Electricity for a Better Life

KONGRES XI IKATAN AKUNTAN INDONESIA JAKARTA 9 DESEMBER 2010

BEBERAPA ISSUE PERPAJAKAN TERKAIT KONVERGENSI PSAK KE IFRS
PSAK -IFRS PSAK 13 : PROPERTI INVESTASI DAN PSAK16 : ASET TETAP ISAK 8 DAN PSAK 30 R2007 PSAK 50 R2006 DAN PSAK 55 R 2006 CONTOH KASUS : ISAK 8 PERPAJAKAN

ELECTRICITY FOR A BETTER LIFE

UU NO.28 TH 2007 : PERUBAHAN KETIGA UU KUP UU NO.38 TH 2008 : PERUBAHAN KEEMPAT UU PPH UU NO. 42 TH 2009 : PERUBAHAN KEEMPAT UU PPN KMK NO.1169/KMK.01/1991: KEGIATAN SEWA GUNA USAHA (LEASING) PMK NO. 79/PMK.03/2008 : PENILAIAN KEMBALI AKTIVA TETAP PERUSAHAAN UNTUK TUJUAN PERPAJAKAN PERATURAN PERUNDANGAN LAINNYA.
Hal 2

1

Tranfer antara Aset Tetap dan Properti Investasi pada Nilai Wajar sehingga timbul Keuntungan/kerugian.03/2008 Revaluasi hanya diperkenankan atas ijin Menteri Keuangan. 2 Untuk Pengakuan selanjutnya selanjutnya. bagaimana perlakukan perpajakan? Harus menggunakan Appraisal Hanya Boleh dilakukan 5 tahun sekali Termasuk T h atau T T k Tanah t Tanpa T h Tanah Jika tidak diakui secara perpajakan. PERPAJAKAN Tidak d Pemisahan t Aset Tid k ada P i h antara A t Tetap dan Properti Investasi sehingga tidak ada tranfer.03/2008 sehingga dikenakan Pajak Revaluasi 10%? Jika Nilai Wajar /pasar lebih rendah dari nilai buku. Perusahaan diperbolehkan memilih METODE BIAYA atau METODE REVALUASI. Apakah keuntungan/kerugian diakui secara pajak atau sebagai ‘perbedaan temporer’? PMK NOMOR 79/PMK 03/2008 79/PMK. Revaluasi harus dil k k secara R l ih dilakukan teratur Revaluasi boleh dilakukan per kelas Aset PERPAJAKAN Apakah berlaku A k h b l k PMK NOMOR 79/PMK. Revaluasi tidak harus menggunakan Appraisal.Lanjutan Jika Memilih Metode Revaluasi.PSAK 13 DAN PSAK16 (1) ELECTRICITY FOR A BETTER LIFE PSAK -IFRS 1 PSAK memisahkan antara A t i hk t Aset Tetap dan Properti Investasi. apakah dengan demikian akan dianggap sebagai perbedaan temporer? Atau ada sanksi khusus? Hal 4 2 . Jik M ilih M t d R l i kenaikan menjadi Pendapatan Komprehensif Lain (Ekuitas). Hal 3 PSAK 13 DAN PSAK16 (2) ELECTRICITY FOR A BETTER LIFE PSAK -IFRS 2 ……. Jika lebih rendah dari nilai buku dicatat sebagai beban lain-lain.

3. Lessor harus perusahaan yang telah mendapat ijin Menteri Keuangan. Apakah diakui sekaligus atau disusutkan? Apakah merupakan ‘deductible expenses’? Apakah bisa termasuk ‘tidak taat asas’ dalam pengertian perpajakan (KUP Pasal 28 (5)? Hal 5 PSAK 30 (1) ELECTRICITY FOR A BETTER LIFE PSAK -IFRS 1 Kriteria Sewa Pembiayaan : Adalah sewa yang mengalihkan secara substansial seluruh risiko dan manfaat yang terkait dengan kepemilikan suatu aset. Masa sewa guna usaha ditetapkan sekurangkurangnya 2 tahun untuk barang modal Golongan I.1169/KMK. Jika terjadi perbedaan klasifikasi menurut fiskal dan komersial. dan 7 tahun untuk Golongan B G l Bangunan. 3 tahun untuk barang modal Golongan II dan III. Hak milik pada akhirnya dapat dialihkan. Mengakui Rugi Penurunan Nilai Review Umur harus dilakukan tiap tahun. apakah akan dikenakan sanksi atau dianggap sebagai perbedaan temporer? Hal 6 Tidak ada ketentuan mengenai perusahaan yang menjadi Lessor terkait Ijin.01/1991: ) 1.PSAK 13 DAN PSAK16 (3) ELECTRICITY FOR A BETTER LIFE PSAK -IFRS 3 PERPAJAKAN Apakah diakui k li A k h di k i sekaligus atau disusutkan? t di tk ? Perlakuan “I P l k “Inspeksi yang signifikan” ki i ifik ” sebagai Aset Kapitalisasi Penggantian Komponen tertentu dan Perlakuan Suku Cadang Utama sebagai Aset. 2. (Terdapat 5 situasi dan 3 indikator atas situasi tersebut) Sewa Operasi adalah sewa yang tidak termasuk d l sewa pembiayaan t k dalam bi PERPAJAKAN Kriteria Finance Lease (KMK No. Jumlah pembayaran sewa guna usaha selama masa sewa guna usaha pertama ditambah dengan nilai sisa barang modal. dapat juga tidak dialihkan. harus dapat menutup harga perolehan barang modal dan keuntungan lessor. 3 . Perjanjian sewa guna usaha memuat ketentuan mengenai opsi bagi lessee.

01/1991 bagaimanakah pengaturan mengenai pemisahan ini? Hal 8 4 . Alokasi Pendapatan Imbalan Sewa/Beban Bunga menggunakan Efective Interest Rate (EIR) . Hal 7 2 3 4 ISAK 8 ELECTRICITY FOR A BETTER LIFE PSAK -IFRS 1 ISAK 8 memungkinkan perjanjian yang secara kontraktual “Jual Beli” atau lainnya. pengakuan pendapatan ‘imbalan jasa sewa guna usaha’ (lessor) atau beban bunga (lessee) apakah menggunakan EIR atau menggunakan k k kontraktual? k l? Pada Finance Lease: Baik Lessor maupun Lessee tidak boleh mengakui penyusutan. Apakah dengan demikian.01/1991 Pasal 9 : Setiap transaksi sewa-guna-usaha wajib diikat dalam suatu perjanjian sewa-gunausaha (lease agreement) Pasal 13: Akuntansi transaksi sewa-guna-usaha dilaksanakan sesuai dengan standar akuntansi di bidang sewa-guna-usaha di Indonesia. PERPAJAKAN KMK No.PSAK 30 (2) ELECTRICITY FOR A BETTER LIFE PSAK -IFRS Dimungkinkan untuk perubahan klasifikasi sewa (finance leaseoperating lease) jika ada klausul dalam kontrak berubah. tapi sesuai kriteria ISAK 8 dianggap Mengandung Sewa sehingga berlaku PSAK 30.1169/KMK. Lain-lain : Pada Finance Lease: Penyusutan Dilakukan oleh Lessee PERPAJAKAN Tidak diatur dalam KMK NO.01/1991. perubahan tersebut tidak diakui? Untuk tujuan perpajakan.1169/KMK. Jika diterapkan KMK No. Apakah akan mengikuti Pasal 9 (tidak menerapkan ISAK8) atau Pasal 13 (menerapkan ISAK 8) 2 Pemisahan Pembayaran sewa dan non sewa.1169/KMK.

2 Pinjaman Pegawai dengan bunga dibawah pasar atau tanpa bunga dihitung dengan menggunakan bunga pasar. Apakah merupakan “deductible expenses” atau akan dikenakan PPH 21 karena merupakan subsidi ke pegawai/karyawan? Perlakuan amortisasi diskon piutang ke pegawai apakah merupakan objek Pajak? Hal 9 ELECTRICITY FOR A BETTER LIFE ISAK 8 DAN POWER PURCHASE AGREEMENT: SEBUAH CONTOH IMPLIKASI PENERAPAN PSAK TERHADAP PERLAKUAN TRANSAKSI DI PERUSAHAAN Hal 10 5 .PSAK 50 DAN 55 PSAK -IFRS 1 ELECTRICITY FOR A BETTER LIFE PERPAJAKAN Pengakuan Pendapatan/beban Bunga dan pengenaan PPh 23 berdasarkan kontraktual atau EIR ? Penggunaan “Efcective Interest Efcective Rate/EIR” untuk perhitungan beban bunga termasuk biaya transaksi dan diskon/premium yang sudah bercampur.

Harga yang dibayar PLN untuk listrik yang dihasilkan secara kontraktual tetap untuk setiap unit keluaran? Berdasarkan ISAK 8 (IFRIC4). sehingga pada awal sewa dapat dipastikan bahwa opsi memang akan dilaksanakan. Hal 11 KRITERIA SEWA PEMBIAYAAN ELECTRICITY FOR A BETTER LIFE Termasuk dalam SEWA PEMBIAYAAN jika sewa tersebut mengalihkan secara substansial seluruh risiko dan manfaat yang terkait dengan pemilikan aset. [par. (d) pada awal sewa. PLN mendapatkan keluaran dari pembangkit dalam jumlah yang lebih dari tidak signifikan? 4. (c) masa sewa adalah untuk sebagian besar umur ekonomis aset meskipun hak milik tidak dialihkan.6] Ada klausul Take or Pay? ELECTRICITY FOR A BETTER LIFE 1. dan (c) lessee memiliki kemampuan untuk melanjutkan sewa untuk periode kedua dengan nilai rental yang secara substansial lebih rendah dari nilai rental pasar. nilai kini dari jumlah pembayaran sewa minimum secara substansial mendekati nilai wajar aset sewaan. (e) aset sewaan bersifat khusus dimana hanya lessee yang dapat menggunakannya tanpa perlu modifikasi secara material (a) jika lessee dapat membatalkan sewa. (b) laba atau rugi dari fluktuasi nilai wajar residu dibebankan kepada lessee (sebagai contoh. PLN memiliki kemampuan/hak untuk mengoperasikan pembangkit sesuai dengan cara yang ditentukan PLN? dan PLN mendapatkan output dari pembangkit dalam jumlah yang lebih dari tidak signifikan? 2.PERJANJIAN YANG MENGANDUNG SEWA BERDASARKAN ISAK 8 Take or Pay Pemenuhan perjanjian tergantung pada penggunaan aset ? [par.8] SITUASI yang mengarah ke Sewa Pembiayaan (individual atau gabungan) (Par 10) (a) sewa mengalihkan kepemilikan aset kepada lessee pada akhir masa sewa. perjanjian PPA dan ESC hampir semuamengandung sewa sehingga berlaku PSAK 30 (Revisi 2007) . Hal 12 INDIKATOR SITUASI Sewa Pembiayaan (individual atau gabungan) (Par 11) 6 . Tidak terdapat persyaratan untuk mengganti aset lain jika aset yang disewakan (pembangkit) tidak beroperasi dengan baik? Perjanjian memberikan hak untuk menggunakan aset ?”. maka rugi lessor yang terkait dengan pembatalan ditanggung oleh lessee. (b) lessee mempunyai opsi untuk membeli aset pada harga yang cukup rendah dibandingkan nilai wajar pada tanggal opsi mulai dapat dilaksanakan. Kecil kemungkinan bagi pihak selain PLN untuk mengambil output dalam jumlah lebih dari tidak signifikan? dan 5. Aset (pembangkit) diidentifikasikan secara eksplisit dalam perjanjian? 2. [par. Pemasok (IPP) tidak mempunyai hak dan kemampuan untuk menyediakan barang atau jasa (tenaga listrik) dengan menggunakan aset lain yang tidak disebutkan dalam perjanjian? 3. PLN mempunyai kemampuan/hak untuk mengendalikan akses fisik terhadap pembangkit? Dan 3.9]: 1. dalam bentuk potongan harga rental dan yang setara dengan sebagian besar hasil penjualan residu pada akhir sewa).

01 T Berpotensi menyebabkan pelanggaran covenant. Hal 14 7 . 2.Menambah Aset Tetap +/.Meningkatkan beban Bunga +/.Rp. Untuk menghindari default.PENERAPAN ISAK 8 PLN ELECTRICITY FOR A BETTER LIFE Hal 13 ESTIMASI PENGARUH PENERAPAN ISAK 8 TERHADAP PLN  JIKA DITERAPKAN TAHUN 2010 ELECTRICITY FOR A BETTER LIFE Listrik Swasta (IPP) Power Purchase Agreement Total Pembayaran Tenor B/S : 4.Menambah kewajiban +/.04 T P/L IMPLIKASI KE PLN Laba-Rugi .d.Rp.Rp.Menambah beban (net) +/ Rp 2 56 T +/.910 MW : Fixed & Variable : 20 s. 30 tahun PLN Neraca : . memerlukan penambahan subsidi.56 .Rp. 91.48 T . 88. 9.

dll. Setelah ISAK 8. bagaimanakan pengaruh perlakuan perpajakannya? ELECTRICITY FOR A BETTER LIFE • Komponen B • Komponen C • Komponen D • Komponen Lainnya Beban Pemeliharaan-Jasa Beban Pemeliharaanpemakaian suku cadang Beban Bahan Bakar Beban Pemeliharaan Beban administrasi/selisih kurs.PENGARUH ISAK 8 TERHADAP KONTRAK JUAL BELI TENAGA LISTRIK (PPA) yang mengandung Sewa Pembiayaan SEBELUM ISAK 8 Pembelian Tenaga Listrik • Komponen A SETELAH ISAK 8 Sewa Pembiayaan Pengakuan Aset dan Liabilitas Sewa Pembiayaan Beban Bunga Beban Penyusutan PERPAJAKAN Sebelum ISAK 8 8. transaksi PPA bukan merupakan objek Pajak. Hal 15 8 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful