BAB II PEMBAHASAN

A. Konsep teori 1. Kehamilan a. Pengertian 1. Kehamilan adalah masa waktu kira-kira 280 hari (40 minggu) dan tidak lebih dari 300 hari (43 minggu). Kehamilan atterm ialahusia kehamilan antara 38 sampai 42 minggu dan ini merupakan periode dimana terjadi persalinan normal. Kehamilan antara 28 sampai 36 minggu disebut kehamilan prematur. Kehamilan ayang melewati 294 hari atau lebih 42 minggu lengkap disebut sebagai postmatur atau kehamilan lewat waktu. (Wiknjosastro, 2006). 2. Kehamilan normal ialah dimana ibu sehat tidak ada riwayat obstitrik buruk dan ukuran uterus sama/sesuai usia kehamilan. (Abdul Bari Saifuddin, 2002). 3. Kehamilan adalah pertumbuhan dan perkembangan janin intra uterin mulai sejak konsepsi sampai permulaan persalinan.

(Manuaba, 1998 hal 4). 4. Kehamilan adalah masa/waktu dari mulainya konsepsi sampai lahirnya janin dimana lamanya hamil normal adalah 280 hari (40 minggu/9bulan 7 hari) dihitung dari hari pertama haid terakhir. (Saifuddin, 2002 hal 91). Ditinjau dari tuanya kehamilan, kehamilan dibagi dalam 3 bagian antara lain: 1. Kehamilan triwulan pertama (antar 0 sampai 12 minggu) 2. Kehamilan triwulan kedua (antara 12 sampai 28 minggu) 3. Kehamilan triwulan terakhir (antara 28 sampai 40 minggu)

pembelahan/perkembagan awal embrio dan implantasi hingga menjadi janin. Kira-kira pada hari ke-5 sampai ke-6. Morula terdiri dari inner cell maas (kumpulan sel-sel disebelah dalam. disebut stadium morula (kira-kira pada hari ke-3 sampai hari ke-4 pascafertilisasi). 2. (Mochtar. Sesudah 3-4 kali pembelahan: Zigot memasuki tingkat 16 sel. Konsepsi berlangsung di pars ampularis tuba uterine (1/3 bagian luar). c. Pembelehan/perkembangan awal embrio Zigot mulai mengalami pembelahan awal metosis sampai beberapa kali. Ruang antar sel ini bersatu dan memenuhi sebagian besar massa zigot membentuk rongga blastokisa. yang akan tumbuh menjadi jaringan-jaringan embrio sampai janin) dan auter cell maas (lapisan sel disebelah luar.b. Konsepsi Konsepsi atau fertilisasi adalah suatu proses pertemuan inti ovum dengan inti spermatozoa yang kemudian akan membentuk zigot. Fisiologi Beberapa tahapan dari proses fisiologi kehamilan yaitu dimulai dari konsepsi. Ovum siap dibuahi setelah 12 jam dan hidup selama 48 jam. dirongga sela-sela inner cell maas merembes cairan menembus zona pellucida. disebut blastomer. akan dilepaskan cairan mani berisi sel sel sperma kedalam saluran reproduksi wanita. Etiologi Kehamilan terjadi jika ada pertemuan dan persenyawaan antara sel telur (ovum) dan sel mani (spermatozoon) yang dilanjutkan dengan proses nidasi dan plasentasi. Pada saat kopulasi antara pria dan wanita (senggama/coitus). sel-sel yang dihasilkan dari setiap pembelahan berukuran lebih kecil dari ukuran induknya. 1998). 1. yang akan tumbuh menjadi trofoblast sampai plasenta). dengan ejakulasi sperma dari saluran reproduksi pria didalam vagina wanita. Inner cell maas tetap terkumpul . antar sel.

Implantasi Pada akhir minggu pertama (hari ke-5 sampai hari ke-7) zigot mencapai cavum uteri. . membentuk jaringan bersama dengan pembuluh darah maternal untuk menjadi plasenta. sehingga sel-sel trofoblas zigot tersebut dapat menempel infiltrasi pada lapisan epitel endometrium uterus (terjadi implantasi). Kontak antara zigot dan stadium blatoskita dengan dinding rahim pada keadaan tersebut akan mencetuskan berbagai reaksi seluler. Setelah implantasi. yang kemudian berfungsi sebagai nutrisi dan oksigenasi bagi jaringan embrioblas yang akan tumbuh menjadi janin. Pada saat itu uterus sedang dalam keadaan sekresi lendir dibawah pengaruh progesterone dari korpus luteum yang masih aktif. dan outer cell maas kemudia disebut sebagai trofoblas. 3. Inner cell maas kemudian disebut sebagai embrioblas. Pada stadium ini zigot disebut berada dalam stadium blastula atau pembentukan blastokista. sel-sel trofoblas yang tertahan didalam endometrium terus berkembang. Sehingga lapisan endometrium dindingg rahim menjadi kaya pembuluh darah dan banyak muara kelenjar selaput lendir rahim yang terbuka dan aktif.disalah satu sisi. tetap berbatasan dengan lapisan sel luar.

bila lahir bisa bernapas tapi hanya beberapa jam saja. kuping. bila lahir dapat bernapas. verniks kaseosa banyak. organorgan baik. telinga dan hidung Hidung. Kulit licin.Umur kehamilan 4 minggu 8 minggu Panjang fetus 7. kepala menekuk ke dada. rambut kepala tumbuh baik. Kulit warna merah dan ditutupi verniks kaseosa. kulit merah dan keriput. leher mulai terbentuk namun belum berdiferensiasi Genitalia eksterna terbentuk dan dapat dikenal. Kepala besar. Daun telinga lebih jelas.5 cm 12 minggu 9 cm 16 minggu 16-18 cm 20 minggu 25 minggu 24 minggu 30-32 cm 28 minggu 35 cn 32 minggu 40-43 cm 40 minggu 50-55 cm Pembentukan organ Rudimental mata. rambut mulai tumbuh di kepala dan halus (lanugo) tumbuh di kulit.5-10 mm 2. Kedua kelopak mata tumbuh alis dan bulu mata serta kulit keriput. . bila lahir kelihatan seperti orang tua dan kecil Bayi cukup bulan. Kulit lebih tebal. nangis pelan dan lemah. kulit tipis dan berwarna merah. kelopak mata melekat. jari jemari mulai dibentuk.

Amenorhoe (tidak dapat haid) Berhentinya menstruasi pada seorang wanita yang sebelumnya telah mengalami menstruasi sangat mendukung tanda kehamilan. Oleh karena itu wanita harus mengetahui hari pertama haid yang terakhir (HPHT) untuk dapat menentukan umur kehamilan dan tanda tafsiran persalinan (HTP). tetapi tidak selalu.d. Gejala ini akan berkurang sampai hilang pada triwulan kedua dan muncul . Keadaan ini lazim disebut ³morning sickness´ c. Rumus ini tidak dapat dipakai kalau: o Ibu mempunyai riwayat haid yang tidak teratur atau tidak haid o Ibu menyusui yang biasanya tidak menstruasi dalam masa laktasi o Ibu hamil setelah berhenti mengkonsumsi pil KB dan belum haid lagi. Nausea (enek) dan emesis (muntah) Sering terjaadi pada pagi hari. Sering kencing Biasanya terjadi pada triwulan pertama disebabkan oleh penekanan kandung kencing oleh pembesaran uterus. Kalau salah satu diatas terjadi. Ngidam Ibu hamil sering menginginkan makan makanan dan minuman tertentu. Tanda dan gejala kehamilan (diagnosa kehamilan): 1. pikirlah tanggal persalinan dilakukan secara klinis (misalnya dengan melihat besarnya uterus). b. Tanda tidak pasti kehamilan: a. Rumus ini bias dipakai hanya kalau haid ibu teratur. terutama pada bulan-bulan pertama kehamilan. d. atau menggunakan ultrasound. Cara menentukan taksiran persalinan yaitu dengan menggunakan rumus neagle yaitu hari pertama haid terakhir +7 hari-3bulan +1 tahun = tanggal persalinan.

Epulis Sering terjadi pada triwulan pertama yang disertai dengan pembengkakan dan pendarahan gusi. i. Rahim membesar. . Payudara menjadi tegang dan membesar Payudara akan membesar dan tegang akibat pengaruh hormon somatomammotropin. h. Perubah pada organ pelvic Terjadinya peningkatan suplay darah ke organ pelvic. j. k. Pigmentasi kulit Terjadi penumpukan melamin pada kulit dibagian tubuh tertentu terutama dibagian pipi dan dahi yang disebut dengan claosma gravidarum. Sinkope/pingsan Terjadi karena peningkatan volume darah pencairan darah yang disebut hidremia g. estrogen. l. Kontisipasi atau obstipasibabkan karena menurunnya tonus otot khusus oleh pengaruh hormone steroid f. Setelah 12 minggu kehamilan. Pada keadaan wanita hamil yang kekurangan vitamin C juga dapat terjadi pendarahan pada gusi. Varises Sebagai pengaruh hormon pelebaran pembuluh darah juga sering terjadi. tepat diatas syimfisis sebagai sebuah tumor/massa. sesuai dengan tuanya kehamilan. dan pengaruh hormone-hormon steroid reproduksi menyebabkan adanya perubahan pada organ pelvic. dan progesterone.kembali pada akhir kehamilan yang disebabkan oleh penekanan kandung kencing oleh penurunan bagian terendah janin (bokong atau kepala) e. uterus biasanya dapat diraba melalui dinding abdomen.

Uterus membesar b. Nyeri dan pembesaran payudara c. Kelelahan yang sangat d. Gerakan janin dalam rahim o Terlihat/teraba gerakan janin o Teraba bagian-bagian janin o Gerakan janin dapat dirasakan oleh ibu pada umur kehamilan 18 minggu. Trimester 2 (14-18 minggu) a.2. Klasifikasi perubahan fisiologis pada ibu hamil sesuai umur kehamilannya. Tanda hegar dan goodell muncul pada kehamilan 8 minggu g. Leucorrhoea meningkat akibat pengaruh estrogen i. Mual muntah dimulai pada kehamilan 8 minggu dan berakhir pada kehamilan 12 minggu. Pemeriksaan dengan alat canggih. Setelah 16 minggu uterus biasanya berada pada pertengahan antara simfisi dan pusat . b. f. Pendarahan sedikit atau spoting sekitar 11 hari konsepsi (pendarahan implantasi) b. pada primigravida dan 16 minggu pada multigravida. Denyut jantung janin Dapat didengar dengan minggu. Trimester 1 (0-14minggu) a. Tanda pasti kehamilan Tanda pasti kehamilan dapat ditentukan dengan jalan a. 1. c. Sering kencing karena uterus mulai membesar dan menekan kandung kemih e. Mengalami kenaikan berat badan 1-2 kg selama trimester 1 setelah dopler pada umur kehamilan 12 2. e. Tanda Chadwick muncul pada kehamilan 12 minggu h.

Umur kehamilan 28 minggu ini tinggi fundus uteri setinggi antara pusat dan prosesus xipoid b. 2. j. Mungkin mengalami dsypnea (sesak) h.4-0. Payudara mulai mengeluarkan kolustrum pada kehamilan 20 minggu h. Sekresi vagina meningkat pada kehamilan 16 minggu d. Susah tidur karena kaki bengkak mungkin dialami g. Sakit pinggang dan serinng kencing semakin menigkat f. Antenatal Care 1. Nampak perubahan kulit: cloasma. Memantau kehamilan untuk memastikan kesehatan ibu dan tumbang bayi. Berat badan meningkat 0. Gerakan bayi dirasakan i.c.5 per minggu f. linea nigra. Payudara penuh dan nyeri tekan d. Tujuan asuhan antenatal a. areola mammae. Trimester 3 (28-40 minggu) a. . Pernafasan torak mengganti pernafasan 3. Sering kencing berkurang e. Terjadi peningkatan Braxton hicks f. Umur kehamilan 32-36 minggu tinggi xipoid setinggi xipoid c. Pengertian antenatal Care Antenatal Care merupakan pengawasan sebelum persalinan terutama ditujukan pada pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim. Umur kehamilan 20 minggu tinggu fundus uteri berada didekat pusat g. dan striae gravidarum. Kram pada kaki dan konstipasi mungkin dialami k. Sering kencing karena kepala mulai turun ke rongga panggul dan menekan kandung kemih e.

Wanita hamil dibawah usia 20 tahun mempunyai resiko komplikasi kehamilan dan persalinan yang lebih tinggi. dengan memperhatikan tanda piskacek dan tanda hegar  Perubahan warna dan konsistensi serviks . Mereka lebih mungkin menderita hipertensi yang diinduksi kehamilan atau anemia dan melahirkan bayi dengan BBLR. Meningkatkan dan mempertahankan kesehatan fisik. Deteksi dini adanya ketidaknormalan d. Mempersiapkan persalinan cukup bulan dan selamat bagi ibu maupun bayinya. g. mental dan sosial ibu c.b. Tanda objektif hamil  Pembesaran dan perubahan konsistensi rahim. Primigravida tua (diatas 35 tahun) mempunyai resiko lebih tinggi menderita diabetes hipertensi essensial. Hamil atau tidak hamil Untuk dapat menjawab pertanyaan ini perlu ditetapkan tanda-tanda kehamilan sebagai berikut:  Tanda kemungkinan kehamilan a. Tanda subjektif hamil  Terlambat dating bulan  Terdapat mual muntah  Terasa sesak  Terasa gerakan janin dalam perut  Sering kencing b. hipertensi yang diindduksi kehamilan kehamilan dan pendarahan antepartum. Kemungkinan mendapatkan bayi Down Syndrome juga lebih besar serta melahirkan dengan secio caesaria juga lebih besar.

Tunggal atau ganda Menetapkan kehamilan ganda pada umur kehamilan muda sulit dilakukan. Teraba banyaak bagian kecil d. Sering disertai hidramnion e. Teraba tigs bagian besar atau dua bagian besar yang berdampingan c. Kontraksi Braxton hicks  Terdapat ballottement  Teraba bagian janin  Terdapat kemungkinan pengeluaran kolostrum  Terdapat hipepigmentasi kulit  Terdapat warna kebiruan pada vagina/selaput lendir vulva (tanda chadwik)  Tes biologis positif  Tanda pasti kehamilan  Teraba gerakan janin dalam rahim  Terdengar denyut jantung janin  Pemeriksaan rontgen terdapat kerangka janin  Pemeriksaan USG h. Perut lebih besar dari tuanya kehamilan b. Dengan anamnesa dapat diduga hamil kembar (ganda) yaitu:  Perut cepat membesar  Gejala amesis gravidarum lebih cepat  Perut dirasakan lebih berat  Gerakan janin lebih banyak  Dapat disertai sesak napas  Pada hamil tua dengan pemeriksaan dijumpai gejala hamil ganda yaitu: a. kecuali dengan USG. Terdengar dua penctum maksimum denyut jantung janin dalam perbedaan sekitar 10 denyutan .

f. Dengan pemeriksaan USG dapat dipastikan hamil kembar. dan dua denyut jantung janin berdenyut. Denyut jantung janin tidak ada d. Kerangka janin sangat melengkung e. dimana tersdapat dua kepala dan kerangka janin. i. Terdapat gelembung gas dalam usus janin . Air ketuban berkurang b. Hidup atau mati  Janin hidup  TFU sesuai dengan umur kehamilan  Palpasi janin dalam rahim jelas  Terdengar DJJ  Terasa adanya gerakan janin  Kematian janin dalam rahim dapat dilakukan pemeriksaan:  TFU tidak sesuai dengar umur kehamilan/fundus uteri mengecil  Palpasi janin dalam rahim tidak jelas  Tidak terdengar denyut jantung janin  Tidak terasa gerakan janin  Pemeriksaan USG dan foto abdomen: a. Tanda spalding positif c.

Latar Belakang Kehamilan adalah pertumbuhan dan perkembangan janin intra uterin mulai sejak konsepsi sampai permulaan persalinan. Rumusan masalah 1. Kehamilan atterm ialahusia kehamilan antara 38 sampai 42 minggu dan ini merupakan periode dimana terjadi persalinan normal. Apa yang dimaksud dengan kehamilan ? 2.BAB I PENDAHULUAN A. Berapa waktu kehamilan normal ? . Kehamilan adalah masa waktu kira-kira 280 hari (40 minggu) dan tidak lebih dari 300 hari (43 minggu). B.

Kepada ibu hamil agar selalu menjaga kondisi kesehatan agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Kehamilan normal ialah dimana ibu sehat tidak ada riwayat obstitrik buruk dan ukuran uterus sama/sesuai usia kehamilan Kehamilan adalah pertumbuhan dan perkembangan janin intra uterin mulai sejak konsepsi sampai permulaan persalinan B. Kehamilan ayang melewati 294 hari atau lebih 42 minggu lengkap disebut sebagai postmatur atau kehamilan lewat waktu. Kehamilan atterm ialahusia kehamilan antara 38 sampai 42 minggu dan ini merupakan periode dimana terjadi persalinan normal.BAB III PENUTUP A. Saran 1. Kesimpulan Kehamilan adalah masa waktu kira-kira 280 hari (40 minggu) dan tidak lebih dari 300 hari (43 minggu). Kehamilan antara 28 sampai 36 minggu disebut kehamilan prematur. .

MAKALAH BIOLOGI TENTANG KEHAMILAN Oleh: Nama : Sipakyah Nim : Jurusan : MIPA/Matematika Semester : II (dua) FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM 2011 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful