Laporan

STUDI BANDING PENDIDIKAN SMA NEGERI 5 SURABAYA DAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Disusun sebagai bentuk laporan telah dilaksanakannya studi banding di kedua instansi pendidikan tersebut untuk Drs. MH Soekarno M,Pd.

Disusun oleh kelompok X Erma Yunita Paramitha Hardiyanti Amigo Rama M Tri Lestari WH Luluk Inayati Dwi S

PROGRAM STUDI SOSIOLOGI ANTROPOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2010

1

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL. ..............................................................................................1 DAFTAR ISI............................................................................................................2 PENDAHULUAN I.PENGANTAR.......................................................................................................4 II. TUJUAN..............................................................................................................5 III. WAKTU PELAKSANAAN..............................................................................5 IV PESERTA PELAKSANAAN............................................................................5 HASIL OBSERVASI I. PROFIL SMA NEGERI 5 SURABAYA SEJARAH.........................................................................................................6 WEBSITE.........................................................................................................8 LOKASI SMA NEGERI 5 SURABAYA.......................................................8 II. INOVASI PENGELOLAAN SEKOLAH EFEKTIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA N 5 SURABAYA FILOSOFI........................................................................................................9 MISI................................................................................................................10 VISI.................................................................................................................10 III. PROGRAM RSBI................................................................................................................10 AKSELERASI................................................................................................10 IV. UPAYA YANG DILAKUKAN KEGIATAN KURIKULER............................................................................10

2

KEGIATAN CHAMBRIDGE INTERNATIONAL EXAMINATIONS.......11 KEGIATAN KESISWAAN KEGIATAN KESISWAAN KEGIATAN........11 PEMBINAAN KETENAGAKERJAAN........................................................12 BIDANG SARANA........................................................................................13 V. GURU DAN KARYAWAN STRUKTUR ORGANISASI.....................................................................13 KOMITE SEKOLAH................................................................................14 VI. PROFIL SISWA SMA NEGERI 5 SURABAYA PRESTASI SISWA....................................................................................15 EKTRAKURIKULER...............................................................................15 PERFORMANSI SISWA YANG DIHARAPKAN.................................17 PEMBAHASAN........................................................................................19 VII.UNIVERSITAS UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA SEJARAH UNNESA SECARA UMUM..................................................27 LOGO.........................................................................................................28 VISI............................................................................................................29 MISI...........................................................................................................30 ALAMAT UNESSA.................................................................................31 VII. FAKULTAS ILMU SOSIAL SEJARAH FAKULTAS ILMU SOSIAL..................................................32 VISI DAN MISI.........................................................................................33 ALAMAT...................................................................................................34 PROGRAM STUDI SOSIOLOGI.............................................................34 PENUTUP..............................................................................................................36 DAFTAR PUSTAKA............................................................................................37

3

Yang mana Studi banding ini merupakan suatu bentuk menumbuhkan cara pandang dari berbagai sudut mengenai pendidikan. Dalam SBI kita dapat belajar banyak mengenai standar sekolah berbsis internasional. Pengantar Studi Banding adalah salah satu kegiatan wajib yang harus dilaksanakan setiap mahasiswa semester V program studi sosiologi Antropologi UNS. Untuk mencapai tingkatan itu haruslah menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan. dalam bidang non akademik ataupun bidang lain. dimana prodi sosiologi murni dari Fakultas Ilmu Sosial UNNESA ini 4 . Studi banding juga merupakan upaya yang dilakukan untuk melakukan pembelajaran diluar universitas dengan tujuan pencapaian akreditasi yang lebih baik dan membangun. Disini kami melakukan studi banding dengan 2 tempat tujuan yaitu SMA negeri 5 Surabaya yang notabene adalah sekolah terfavorit dan sudah merupakan sekolah m\yang mencapai taraf SBI dan ke UNNESA yang melahirkan Program Studi baru yaitu Program Sosiologi Murni. Dari UNESSAkita dapat belajar mengenai kegigihan akan suatu perjuangan. Selain itu studi banding digunakan sebagai upaya memperbaiki diri dan prestasi atas pencapaian yang selama ini telah dilaksanakan oleh prodi sosiologi antropologi. Dari SMA 5 Surabaya kita dapat belajar banyak mengenai media dan pembelajaran yang diterapkan didalam SBI. yang mana ternyata memang berbeda jauh antara sekolah unggulan dan sekolah biasa. baik itu dalam bidang akademik siswa ataupun guru.BAB I PENDAHULUAN 1.

Pd 5 . Mempelajari manajemen sekolah SBI 4. Dari hal itulah kita harus belajar dan mencontohnya. 1. 3.merupakan prodi yang baru lahir dan baru didirikan. Peserta Diikuti oleh : seluruh Mahasiswa Prodi Sosiolodi Antropologi FKIP Jumlah Mahasiswa Dosen Pendamping UNS angkatan 2008 : 03. Tujuan tujuan laporan ini adalah untuk berbagi sedikit pengalaman dan kegiatan yang kami laksanakan selama studi banding yang nantinya mungkin dapat diambil sedikit hal-hal positif yang kami dapatkan selama disana. 2. Sedangkan tujuan pelaksanaan Studi Banding ini adalah sebagai berikut. M.00 WIB : 90 mahasiswa : 4 orang 1. 2. Pelaksanaan Dilaksanakan pada Tanggal : 3-4 November 2010 Jam berangkat : 22. Melakukan perbandingan dengan universitas lain. Melihat bagaimana Media pembelajaran yang dikelola oleh SBI 3. Mendapatkan pengalaman melakukan observasi ke instansi pendidikan lain. Drs MH Soekarno.00 WIB Jam pulang 4.

Kemudian pada tanggal 12 Oktober 1957 terbentuklah Persatuan Pelajar yang sekarang disebut OSIS yang sekaligus pada tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari kelahiran SMA Negeri 5 Surabaya. M. 6 . PROFIL SMA 5 SURABAYA 1. & K tanggal 18 Desember 1956 No.2. SMA Negeri 5 Surabaya dibuka pada tanggal 1 Agustus 1957 sebagai pecahan dari SMA II/B berdasarkan Surat Keputusan Menteri PP.Sos. Drs Soeparno M. Sejak dibukanya SMA V/B pada tanggal 1 Agustus 1957 yang dipimpin oleh Bapak Ibnu Darmawan sampai dengan 1966. pada waktu itu SMA V/B dimulai 10 kelas yang terbagi atas 4 kelas I. Pada tahun 1963/1964 mulai ada penjurusan Pasti/Alam dan Sosial Budaya sekaligus perubahan nama SMA V/B menjadi SMA Negeri 5 Surabaya sampai Sekarang. Yosafat Tri Nugraha S. 3 kelas II dan 3 kelas III dengan 25 orang guru dan karyawan.1 SEJARAH SINGKAT SMA N 5 SURABAYA.Ant.Si 3.Hum BAB II HASIL OBSERVASI 1. 6738/B III yang pada waktu itu masih bernama SMA V/B (Jurusan Pasti/Alam) ditempatkan pada gedung yang sama dengan SMA I/A dan SMA II/B. H. MA 4. Siany Indriyani S.

K. Pada tahun 1983 karena Bapak Aris Moenandar dipindah di SMA Negeri 4 Surabaya maka SMA Negeri 5 Surabaya dipimpin oleh Bapak Soehartojo sampai dengan tahun 1989. Dalam kepemimpinan beliau.Bapak Ibnu Darmawan digantikan oleh Bapak Soepeno yang menjabat sampai tahun 1978. SMA Negeri 5 Surabaya dipimpin oleh Bapak Aris Moenandar sampai tahun 1983. Pada Tahun 1978 setelah Bapak Soepeno pensiun.d. Trioka Adjana memasuki masa pensiun dan tugasnya digantikan oleh Bapak H. beliau berkerjasama dengan pengurus BP-3 pada tahun 1994 berhasil membangun 8 lokal di areal bekas asrama. Juni 1992. Selain itu berhasil membangun Perpustakaan dan Masjid yang dananya mendapatkan bantuan dari pemerintah dan bekerja sama dengan BP-3.K. Dalam kepemimpinan beliau karena jumlah siswa semakin bertambah maka dibukalah kelas pagi dan siang. Pada tahun 1997 Bapak I. dan juga membangun Aula yang dananya dari bantuan Gubernur Jawa Timur. Pada tahun 1992 Bapak Achmad Rohadi mendapat tugas menjadi Kepala Sekolah di Riyard. 7 . Dalam kepemimpinan beliau. pada tahun 1991 beliau berhasil memindahkan para penghuni asrama yang terdiri dari 21 Kepala Keluarga untuk pengembangan SMA Negeri 5 Surabaya. beliau sempat merubah bentuk fisik SMA Negeri 5 Surabaya yang semula beralamat di Jalan Wijaya Kusuma 48 berubah menjadi Jalan Kusumabangsa 21. kemudian secara resmi pimpinan SMA Negeri 5 Surabaya diganti oleh Bapak I. maka kepemimpinan SMA Negeri 5 Surabaya diganti oleh Drs. Abdul Mukti. sehingga mulai saat itu sekolah bisa masuk pagi semua. Dalam kepemimpinan beliau. Soeparto sebagai PLH sejak bulan Januari s. Pada tahun 1989 Bapak Soehartojo memasuki masa pensiun dan kepemimpinan SMA Negeri 5 Surabaya diganti oleh Bapak Achmad Rohadi. Trioka Adnjana. Di dalam kepemimpinan beliau karena kebutuhan kelas makin bertambah akhirnya pada tahun 1974 SMA Negeri 5 Surabaya mendapat bantuan tambahan kelas sebanyak 4 lokal dari pemerintah.

sma5_sby.Si. beliau memimpin SMA Negeri 5 Surabaya dari tahun 1997 sampai dengan Juli 2002 memasuki masa pensiun. http://sman5surabaya.com dan principal@sma5_sby.deteksiblog. M. Abdul Latif sebagai pengganti beliau sebagai PLH sejak Juli s. Oktober 2002.(031)5345155. Pemerintah Kota menunjuk Bapak Drs. M.2 WEBSITE SEKOLAH Email principal_smalabaya@yahoo.Pd. Sarana Prasarana Teknologi Informasi hingga Website Sekolah yang bertujuan untuk peningkatan pelayanan Publik. mulai pemanfaatan DataBase. 1. H. Sejak kepemimpinan beliau Teknologi Informasi dan komunikasi mulai dikembangkan. 5469721 Fax.d.M.com/ adalah salah satu blog yang didirikan oleh AHA Deteksi-Convention 2k10 seabagi suatu bentuk kerjasama antara pihak AHA dengan para alumni serta para siswa yang bersangkutan guna sebagai sarana komunikasi. Kusumabangsa 21 Surabaya Tel. Suhariono.S. www. (031)5479254 8 . Wahid Abdul Rachman.net Website.net Blog. 1.3 LOKASI SMA NEGERI 5 SURABAYA Jl. Dan akhirnya pada tahun 2007 digantikan oleh Drs. maka untuk mengisi kekosongan kepemimpinan di SMA Negeri 5 Surabaya. Kemudian pada Oktober 2002 SMA Negeri 5 Surabaya dipimpin oleh Bapak Drs.

1 FILOSOFI “Tuhan YME telah menganugrahkan kepada setiap manusia jenis kecerdasan dan potensinya masing-masing.kewajiban kita semua untuk mengembangkannya” “Berkembangnya manusia unggul berwawasan luas dan mampu bersaing di era baru” 2. INOVASI PENGELOLAAN SEKOLAH EFEKTIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA N 5 SURABAYA 2.2.2 MISI 9 .

Mengembangkan manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME.Pendidikan KWN dengan portofolio.yang di adaptasi dengan kurikulum Cambridge terutama IPA. 5. PROGRAM.dimana seharusnyaproses belajar selama 3 tahun bias ditempuh dengan waktu 2 tahun. Mode lPembelajaran Mengarah pada optimasi.Pembelajaran berbasis TIK menggunakan bahasa inggris dan Indonesia.dll. memenfaatkan kemajuan tehnologi informasiuntuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Mengembangkan dasar dan program belajar menuju belajar mandiri. 4.kimia.sikap/ketrampilan. 3. Kurikulum Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Nasional atau KTSP.diikutioleh siswa kelas X dengan tes psikologi dan akademik. 3.fisika. Meningkatkan pembelajaran yang menghasilkan SDM yang unggul baikpengetahuan. 10 .dimana SMA 5 ditunjukdan di undang oleh direktorat pembinaan SMA untuk menyusun program kerja RSBI. mengembangkan life skills melaluikegiatan intra maupun extrakulikurer.2 Akselerasi Akselerasi adalah program percepatan belajar.1. 4. UPAYA YANG DILAKUKAN 4.untukkelas XII.biologi.RSBI bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetens isesuai standar kompetensi ( OECD).persiapan masuk PT. 2).PROGRAM 3. 3.1 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional ( RSBI) Dibuka sejak tahun 2006.upayapeningkatan nilai UAS dan ujian Standard Internasional.Pembelajaran teamteaching untuk mata pelajaran matematik.pembelajaran yg bersifat joyfull learning dikondisikan dengan diskusikelompok dan presentasi.1 KEGIATAN KURIKULER 1). 2.

Mengikutsertakan OSIS dan MPK mengikuti Training For The Winning Team. 4.hak azasi manusia dan pembangunan berkelanjutan bagi mata pelajaran yang relevan. Pendalaman Materi Untuk kelas XII. 2.yang masih membutuhkanpengayaanmateri.3).bahasa asing yang diterapkanadalah bahasa mandarin. 11 . Bahasa Asing Selain bahasa inggris. Memfasilitasi kegiatan PERISAI. Penghargaan Penghargaan untuk siswa yang memilikiprestasi di tingkat nasional. 4. 4). 4.3 KEGIATAN KESISWAAN 1. Memfasilitasi kegiatan SMALA CUP. 6).pesertanya adalah siswa SMA 5 Surabaya dan SMA lainnya. Studi Lapangan Melakukan studila pangan ditempat yg memiliki nilai sejarah dan tradisi yang khas.jerman dan jepang. Penanaman nilai .regionalmaupun internasional.2 KEGIATAN CHAMBRIDGE INTERNATIONAL EXAMINATIANS SMA N 5 Surabaya mengadakan tes atau ujian internasional Chambridge 2x dalam satu tahun.siswakelas X dan IX diwajibkan memilih salah satu bahasa asing tersebut. 5). 7). Memfasilitasi kegiatan PHPRI.nilai Mengintegrasikan nilai perdamaian. Memfasilitasi kegiatan LDKMS( Latihan dasar kepemimpinan dan managemen siswa ) 5.demokrasi. Olimpiade Sains Mengikut sertakan siswa yang mmiliki potensi dibidang akademik untukmengikuti lomba olimpiade 8). 3.

kantin kejujuran. 2.1 STRUKTUR ORGANISASI 12 . KepSek secara aktif mengikuti kegiatan MKKS.fisika. adanya Central Audio Visual Integratif. Memfasilitasi kegiatan S2EC. 4. 3. 5. 5. 6. pemanfaatan lab.dll 2. 7. penambahan bukudiperpustakaan.biologi. pemanfaatan lab bahasa oleh muriddan guru. Mengirim guru keluar negri untukmenambah pengalaman.6. Meningkatkan kemampuan ICT guru.5 BIDANG SARANA 1. Memfasilitasi kegiatan student day. Memfasilitasikegiatan ekstrakurikuler. KepSek melakukan kegiatan Banchmarking ke sekolah luar negri. 8. Memfasilitasi kegiatan MPDK. Pemberdayaan lab kimia. 13. Memfasilitasiguruikut MGMP. 12. Memfasilitasi kegiatan 3DG.4 KEGIATAN PEMBINAAN KETENAGAKERJAAN 1. 10. 4. 5. 4. Mengirimkan siswake luar negri untukberkunjung. 3. 7. Training Quantumteaching untuk guru. 11. 6. Memfasilitasi kegiatan baksos. 9. KepSek secara rutin melakukun kunjungan ke sekolah diluar negri. memfasilitasi guru melanjutkan pendidikan S2. Memfasilitasi kegiatan CEMOL ( Class meeting smala) 8. 4.komputeroleh guru dan murid. GURU DAN KARYAWAN 5.

2 KOMITE SEKOLAH Semenjak diluncurkannya konsep Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah dalam sistem manajemen sekolah.5. Komite Sekolah sebagai organisasi mitra sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya turut serta mengembangkan pendidikan di sekolah. namun lebih jauh Komite Sekolah harus dapat menjadi sebuah organisasi yang benar-benar dapat mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa dari masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program 13 . Kehadirannya tidak hanya sekedar sebagai stempel sekolah semata. khususnya dalam upaya memungut biaya dari orang tua siswa.

maka dalam pembentukan pengurus pun harus dapat memenuhi beberapa prinsip/kaidah dan mekanisme yang benar. Soehardjoepri. Sarana/Prasarana : 1. Soepriyo Soebroto 6.pendidikan di sekolah serta dapat menciptakan suasana dan kondisi transparan. Sekretaris 1 : Ir. Ach. Drg. 2. H. Ars. Mamik Slamet Riadi Ketua 3 : Ir.Pd. Wiwin Kwintadi Sekretaris 2 : Drs.Si. Sunardhi 2. Jazidie 2. MT. serta dapat dikelola secara benar pula. H. Ketua 2 : Ir. S. MM. Ir.1 Prestasi Siswa 14 . Ir. PROFIL SISWA SMA NEGERI 5 SURABAYA 6. Drs. IGN. akuntabel. Agar Komite Sekolah dapat berdaya. PENGURUS HARIAN KOMITE SEKOLAH Ketua 1 : Widoyoko Harumbintoro. Berikut ini Pengurus Komite Sekolah SMA Negeri 5 Surabaya : I. Akil Qaudry. H. Poerwadibroto. Wanti WS. Mohammad Najikh Seksi Pengembangan Bidang Akademik 1. Seksi Monitoring 1. II. Dr. SE. Bendahara 2 : Sulistianah. Abdul Latif Bendahara 1 : H. dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di sekolah. SEKSI – SEKSI Seksi Pengembangan Bidang Dana. 3. M. Wahyono Soekotjo. M. SH. SE.

Selain OSIS sebagai induk kegiatan ektrakurikuler di sekolah. Futsal. dan Koperasi Sekolah (Kopsis) • • 15 . Badminton) Kerohanian / SSKI. di SMA Negeri 5 Surabaya diselenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Berangkat dari pemikiran tersebut. Di dalamnya terdapat pendidikan pengenalan diri dan pengembangan kemampuan selain pemahaman materi pelajaran. Bola Basket.2 Ektrakurikuler Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu alat pengenalan siswa pada hubungan sosial.Peraih Medali Perunggu Olimpiade Astronomi Internasional XII dan XIII nama : Anas Maulidi Utama lahir : prestasi : medali perunggu di Olimpiade Astronomi Internasional XII (kategori yunior) Ukraina 29 September-7 Oktober 2007 dan Peraih Perak pada tahun berikutnya di Italy 6.Pencak Silat. Karate. kegiatan ektrakurikuler lainnya adalah: • • • • • Robotika Paskibra Palang Merah Remaja (PMR) Pecinta Alam (PA) Olahraga (Bola Voli.

Berbagai prestasi telah ditelurkan oleh siswa-siswinya. nilai masuk minimal untuk masuk seringkali menjadi yang tertinggi di Surabaya. yang juga dikenal dengan SMA Negeri 5 Surabaya. Sekolah ini berlokasi di pusat kota tepatnya Jalan Kusumabangsa no. adalah sebuah Sekolah Menengah Atas Negeri favorit di Surabaya. Aspek 1. Hubungan antar-Manusia (Human Relationship) 3. dan SPMB. Kepercayaan Diri (Self Confidence) 4. Kepemimpinan (Leadership) . termasuk prosentasi tertinggi dalam penerimaan Sipenmaru. bersama SMA Negeri 1 Surabaya. 21 dan dikenal luas dengan istilah SMA kompleks. Akademik Indikator Prestasi Hasil Belajar 2. SMA Negeri 2 Surabaya. Performansi Siswa Yang Diharapkan No. 2. UMPTN.Foto kegiatan SMA N 5 SURABAYA: Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Surabaya. Mulai tahun 1989. Keberanian (Bravery) 16 Non-Akademik 1. SMU Negeri 5 Surabaya atau Smalabaya. dan SMA Negeri 9 Surabaya.

Mengembangkan Budaya Hidup Sehat (Develop Culture of Healthy). Kreatifitas (Creativity) 7. SMA Negeri 5 Surabaya sebagai Anggota Jaringan Proyek Sekolah Ber-Asosiasi dengan UNESCO (ASP-Net) secara konsisten akan menerapkan Strategi dan Rencana kerja ASP-Net (Dakar Framework of Action) yang menekankan kepada Life Long Education dengan memakai Empat Pilar Pendidikan untuk abad ke-21. Disiplin (Discipline) 6. sekolah memilih 3 tema yang paling dimungkinkan untuk diimplementasikan dan disesuaikan dengan kondisi yang ada. Konsistensi (Istiqomah) 10. dll. Vokasional • • • Selain itu .5. Melestarikan Warisan Dunia (Preserving of World Heritage). 17 . 3. Salah satu keterampilan: • Komputer Bahasa asing Seni dll. yakni: • • • • Learning to Know Learning to Do Learning to Be Learning to Live Together Untuk mencapai ke arah itu. yakni: • • • Mengembangkan Budaya Damai (Develop Culture of Peace). Kemampuan Mengatasi Kesulitan (Adversity) 9. Integritas (Integrity) 8.

Spiritualitas 7. Cinta Sesama 2. Penghormatan atas Martabat Manusia 4. Toleransi 4. Harmoni 3. Kewarganegaraan aktif bertanggung jawab • Hak-Hak Asasi Manusia 1. Kejujuran 6. disamping menanamkan Pengertian Internasional (International Understanding) juga menanamkan Pendidikan Nilai (Value Education) yang meliputi nilai-nilai inti yang terkait: • Perdamaian 1. Berpikir keras 5. Disiplin diri 4. Perasaan berterima kasih • Demokrasi 1. Penghormatan atas hukum dan ketertiban 2. Kerjasama 18 . Kebebasan dan tanggung jawab 3. Integritas 5. Solidaritas 6. Saling perhatian dan berbagi 5. Interdependensi 6. Kebenaran 2. Kesamaan dan Keadilan 3.Pengembangan Budaya Damai yang dimaksud.

Kreatifitas 6. membuat kawasan bebas merokok untuk seluruh area.• Pembangunan Berkelanjutan 1. Sekolah yang berhasil secara bertahap meningkatkan mutu pelayanannya sehingga mendapat penghargaan yang tinggi dari masyarakat. Kesederhanaan Disamping itu juga sekolah secara berkelanjutan mengajak seluruh siswa untuk melestarikan warisan budaya serta menghargai sesuatu yang mengandung nilainilai sejarah. Sejak awal kita dapat mendengar keunggulannya sebagai sekolah yang paling diminati masyarakat. 1). Penglolaan Sumber Daya 5. termasuk kekayaan budaya bangsa yang telah menjadi Warisan Dunia dengan melakukan aktivitas yang bersifat aplikatif. Kemudian yang tidak kalah penting adalah mengembangkan budaya hidup sehat. penyuluhan tentang bebas narkoba dan HIV/AIDS serta bakti sosial kesehatan sampai donor darah. Mereka berlomba-lomba untuk diterima di sini. Sekolah yang paling diminati lulusan berpotensi dan berprestasi dari SMP. Orientasi Masa Depan 3. Efisiensi 2.3 Pembahasan Melihat dari dekat SMA 5 Surabaya mempertahankan citra terbaiknya adalah pengalaman yang sangat berharga. Perhatian pada Lingkungan 4. 6. Strategi Mewujudkan Keunggulan 19 . Untuk menanamkan hal tersebut sekolah melakukan kegiatan mulai dari yang sederhana sampai yang menantang misalnya mulai dari menjaga lingkungan bersih. sampai mengadakan seminar.

Sekolah ini sedang giat meningkatkan mutu pelayanannya dengan berbagai strategi sekali pun telah banyak hal yang sekolah lain dambakan mereka dapat mewujudkannya. Tidak saja pada saat menerima saya sebagai tamu. ia sangat rendah hati terlihat. Keberhasilannya ditunjukkan dengan tampilan taman dan lantai koridor sekolah tidak kalah dengan hotel. Bersih dan sejuk. Mengelola kebersihan. dan produktif. akar semangat anti kolonialisme dan semangat mencerdaskan bansa yang tumbuh subur di sekolah ini. Suhariono. namun ia bersikap sama kepada yang lain. ia menjadi mitra kerja yang baik bukan saja di lingkungan sekolahnya namun juga menjadi figur utama di lingungan SMA di Kota Surabaya. Model interaksi yang ia tunjukkan pula dalam interaksi kerja dengan pendidik dan para staf. MM. Pergerakan sekolah pada saat ini dikendalikan kepala sekolah Drs. Pada saat tertemu dengannya. 20 . Bung Karno salah satu alumninya. Untuk sekolah ini pula ia menulis bahwa Surabaya bagian sejarah perjuangan. Sitem pengelolaan berhasil menetapkan prosedur tiap helai sampah dan debu. Mulai dari hal yang sederhana Dalam meningkatkan mutu sebagai sekolah bertaraf internasional sekolah menata hal yang oleh semua sekolah hadapi. Akrab. Kepala sekolah adalah kunci pergerakan dari seluruh perubahan. 2). Seorang pemimpin sekolah yang sangat padat acara. Cara komunikasi dengan siswa tidak memperlihatkan kewibawaannya dari jaga jarak tetapi dari kedekatannya sebagai bapak bagi para siswa. ia menyelesaikan pendidikan di sini pada saat sekolah masih dalam status HBS pada 20 Juni 1920. Tiap siswa yang dilaluinya pada saat berada di sekolah. juga dalam berkomunikasi dengan para siswa. Sebagai salah satu kado dari perjalanan sejarahnya. namun tetap menunjukkan sikap ketegasan sebagai pimpinan. tak ada satu pun siswa yang tidak bertegur sapa dengannya. interaktif. Lima belas tahun kemudian Ruslan Abdul Gani menyelesaikan pendidikan di sini.

Sistem penataan dokumen pernangkat administrasi masih belum setara dengan model penampilan pada sekolah yang telah moderen dengan dukungan sistem informasi yang efektif.tak ada sudut sekolah yang tidak mendapat sentuhan pengelolaan. pemeliharaan peralatan kerja. Di seputar yang dapat dilihat tak ada carut marut tulisan di atas meja siswa. kerindangan. 21 . Seperti dalam standar kebersihan sekolah. Dalam kepadatan kegiatan pada areal yang tidak begitu padat manusia. Tantangan untuk mewujudkan kriteria pada berbagai standar yang ditetapkan menjadi prioritas adalah pekerjaan yang tidak pernah selesai. Sistem tata kelola di dalamnya telah diaudit dan telah mendapat sertifikat ISO. namun keasriannya adalah keindahan pada peradaban masa kini. siklus kegiatannya selalu tanpa ujung. 3). Keberhasilan sekolah ini tampak penataan kebersihan. Taman sekolahnya terawat baik. Kekokohan bangunan bersinergi dengan padatnya aktivitas siswa. namun penampilannya tentu belum sempurna. hingga ke ruang kelas. Sekali pun bangunan lama yang mengingatkan bahwa sekolah ini telah berkembang sejak jaman penjajahan Belanda. dan di sayap kiri dengan model fisik masa kini. Untuk menjadi sekolah yang benar-benar efektif sekolah ini masih perlu melakukan peningkatan dalam pengembangan sistem manajemen informasi dan dokumentasinya. atau kamar mandi yang tidak beres. Sekolah mempertahankan fisik warisan masa lalu di sayap kanan. Fisik Sekolah Fisik sekolah berkomposisi antara peninggalan masa lalu dan produk peradaban masa kini. berkilau. Ujung daun begitu dekat dengan tempat warga beraktivitas. nyaman dan aman sebagai temapat belajar siswa yang terintegrasi pada peradaban moderen.Bukan hanya bersih. berulang tiap saat sampai seluruh sudut sekolah terpelihara dengan baik. tumbuhan dan ikan hidup berdampingan pada ritme kehidupan kota yang dinamis namun tetap harmonis.

meraih prestasi dalam perlombaan tingkat provinsi. berpengalaman mengajar 25 tahun. Ia menyatakan berkesan mengajar di SBI. Semangat melakukan perubahan diperlihatkan guru-guru. nasional dan internasional juga lulus ujian Cambride. Artefak dari kultur sekolah sebgaimana diuraikan di atas telah bersinergi dalam memfasilitasi dan sekaligus menjadi pendukung sistem pembenaan dalam budaya belajar yang bermutu. mengulang kebiasaan baik. Mengajar dengan pengangar bahasa Inggris. Guru SBI Sekolah ini didukung guru=guru yang berdedikasi dan staf administrasi yang sigap. Kerapihan berpakaian terpelihara dari mulai guru-guru dan staf tata usaha dan memberikan keteladanan kepada para siswa. masuk PTN pada perguruan tinggi ternama. Pelayanan belajar di samping diarahkan keberhasilan siswa mendapatkan UN terbaik. Komposisi guru pada sekolah ini menunjukan ciri yang khas pula. 4). yang menjadi bagian dari strategi pelaksanaan program pelayanan bertaraf internasional. seluruh kelas terkoneksi dengan akses internet. Dalam aktivitas guru-guru senior dan berpengalaman aktif menudukung proses pembaharuan secara langsung.Terdapat 100 guru tetap dan 20 guru tidak tetap yang bekerja di sini. Di antaranya Joko Srihadi. membuat wawasan siswa lebih 22 . guru kimia kelas 3 IPA dan 2 pada kelas SBI.Sekolah ini berhasil menerapkan kaidah bahwa mutu itu melakukan pekerjaan hari ini harus lebih baik daripada yang lalu. menurutnya membuat lebih bersemangat. Jumlah rombongan belajar sebanyak 30. Iteraksi antara seluruh unsur warga sekolah memberikan dukungan pada terciptanya lingkungan yang sehat dan interaksi sosial yang sehat terpadu dengan penampilan sekolah yang asri menjadi salah satu variabel mengapa sekolah ini bercitra tinggi di masyarakatnya. dan memenuhi kriteria yang ditetapkan secara konsisten setiap saat. staf tata usaha dan siswa. Tenaga ahli dari perguruan tinggi juga didatangkan untuk meningkatkan mutu kopetensi guru.

menurutnya. mengikuti proses belajar yang aktif dan dinamis. Semangat yang sama ditunjukkan pula Clara Sri Sudarmi yang akan pesiun dua bulan lagi. apalagi dihadapkan pada tantang ujian bertaraf internasional seperti ujian Cambrigde. Guru harus sebagaimana siswa menggunakan pikiran.Ia perpendapat bahwa kunci sukses mengajar ialah berusaha fokus pada dasar-dasar pengetahuan. Teknologi Sistem pengelolaan sekolah dan kegiatan pembelajaran telah terintegrasi dalam jaringan teknologi informasi dan komunikasi. Penngelolaan administasi akademik telah dikembangkan dengan dukungan seluruh komputer sekolah terkoneksi pada jaringan lokal. 5). akuntabel. dapat disebabkan guru menghendaki siswa berpikir seperti dirinya. Oleh karena itu. Pusat belajar guru didukung dengan sistem jaringan komputer yang keseluruhannya terkoneksi pada jaringan internet. Lebih juah ia menyatakan bahwa menjadi guru harus memiliki cita-cita yang tinggi dan berusaha mewujudkannya. Konsistensinya pada cita-cita itu. Ia menyatakan bahwa siswa RSBI lebih bersemangat belajar bahasa Inggris. Siswa memiliki motivasi belajar yang baik. selain mengantar muridnya meraih sukses ia juga berhasil mendorong anak-anaknya belajar di pendidikan Obseitri dan Genekologi pada Fakultas Kedokteran UI. Pendeknya RSBI membangun semangat kami berjuang membantu siswa berkembang. Di samping itu. guru hendaknya berlaku seperti siswa. penggunaan yang memadai membuat semua pengguna internet dapat 23 . PSB online telah mendukung sistem penerimaan siswa baru yang lebih transparan. Akses dapat diperoleh dengan mudah . Kegagalan. Clara. dan ketiga kuliah di Perbanas. selain mengajar ia juga menjadi salah seorang aktivis Cambride yang siap memberikan pelayanan kepada sekolah yang memerlukannya. sistem administrasi berbasis jaringan telah lama diterapkan.terbuka. kedua telah menyelesiakan S2. dan praktis. Ia belajar bahasa Inggris melalui lagu-lagu yang disukainya. Pengelolaan data. Ia juga senang mengajar di SBI karena siswanya selektif.

Tanpa membimbing dengan sungguh-sungguh pun siswa akan berhasil dengan sendirinya. sekolah meregulasi kegiatan siswa secara maksimal dalam tiap hari dilaksanakn sampai pukul 19 petang. Tahun ini sekolah telah mengantarkan siswa meraih prestasi bidang Fisika dan Astronomi menjadi juara nasional yang akan menjadi duta Indonesia dalam olimpiade internasional. Pak Suhariono. 24 .memperoleh dan mengirim informasi dengan cepat. 6). Pengembangan pilar prestasi belajar siswa diprioritaskan pada optimalisasi pelayanan belajar melalui peningkatan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan. Mereka yakin bahwa hasil studi yang menyatakan bahwa komponen proses memiliki signifikansi tinggi dalam menentukan nilai output. Persepsi seperti itu sama sekali tidak tercermin pada pendidik di sini. Prestasi Siswa Terhadap sekolah sekelas SMAN 5 Surabaya dipersepsikan banyak pihak bahwa mutu input yang baik menentukan segalanya. Meningkatkan sistem penjaminan mutu menjadi prioritasnya. Guru diatur bergantian mendampingi siswa berkolaborasi. menyatakan bahwa mengantarkan siswa masuk ke perguruan tinggi tidak menjadi tantang besar. Karena itulah semangat seluruh staf dalam melaksanakan proses pelayan tampak nyata. Jika ada siswa yang tidak masuk perguruan tinggi negeri pada dasarnya karena pilihan siswa. Sebagian besar lulusan pada tiap tahun hijrah ke ITS. Keunggulan dalam mengembangkan mutu output di antaranya melalui pemberian tambahan waktu layanan sehingga proses pelayanan menjadi lebih panjang dan aktivitas bimbingan yang intens dalam menjaga siswa berinteraksi dalam bangun sosial sekolah. Hasil perpaduan input yang baik dengan proses pelayanan belajar yang lebih lama dan lebih efektif telah menghasilkan output yang bermutu bahkan kompetitif. Kepala sekolah. Selain jumlah pelayanan belajar intra. Pusat belajar guru dan nyaman serta didukung dengan teknologi yang sangat baik telah mendukung optimalisasi kerja sama guru dalam belajar dan bekerja.

Keberhasilan yang telah diwujudkan sebelumnya dengan mengatarkan banyak alumni yang sukses telah menjadi landasan kokoh dalam mengembangkan keyakinan yang sangat kuat bahwa mereka dapat menjadi yang terbaik. Secara umum guru-guru selama ini belum mendokumentasikan indikator pencapaian target dengan standar yang terukur. 25 . Bimbingan teknis juga telah membangkitkan semangat baru untuk mendefinisikan mutu yang hendak diwujudkan dan sekaligus menjadi target pada tiap kelompok mata pelajaran. Indikator target guru-guru tetapkan yang meliputi target output dan proses.Prestasi sekolah juga dikembangkan dengan dukungan kultur sekolah dengan spirit untuk menjadi yang terbaik menjadi bagian penting dalam mendorong seluruh warga sekolah. Kelamahan ini tanpaknya menjadi perhatian para guru sehingga diskusi mengarah pada bagaimana guru-guru mengelola standar melalui penetapan indikator target pada delapan standar nasional pendidikan menjadi salah satu topik yang mendapat perhatian mendalam. Poros diskusi berpusat pada bagaimana sekolah mencapai target tertinggi dalam membina dan membantu siswa mencapai prestasi yang terbaik. Tantangan ini masih perlu ditindaklanjuti. Bimbingan Teknis Bimbingan teknis tahun ini mendapat sambutan yang baik terutama untuk mendorong motivasi guru-guru dengan menetapkan target yang lebih tinggi dan lebih baik untuk para siswa. Menentukan indikator keberhasilan kinerja berikutnya dan menentukan target pencapaian yang diharapkan. 7). Dalam pertemuan yang paling dekat sekolah akan menganalisis lebih lanjut dan menetapkan kebijakan mutu dan sasaran mutu pada tiap mata pelajaran. Meninjau ulang prestasi yang telah diwujudkannya. Pelaksanaan bimbingan teknis telah membantu pada guru untuk memahami secara seksama tentang kondisi nyata sekolah maupun dalam bidang studi yang diampunya.

1. Penetapan indikator keberhasilan pada tiap kegiatan strategis. Universitas Negeri Surabaya (UNESA) berawal dari cikal bakal intergrasi kursus B-I dan B-II yang ada di Surabaya ke dalam FKIP pada tahun 1960. Pada tahun 1963 FKIP Airlangga Surabaya diintergrasikan lagi dengan IPG menjadi IKIP. 5. 4. Mengolah hasil pemantauan untuk mengetahui peta pencapian kinerja dalam penerapan standar. 3. 7. 6. adanya indikator proses dan hasil. 2.Palaksanaan bimbingan juga diakui para guru lebih meningkatkan pemahaman tentang pentingnya melakukan monitoring dan evaluasi sebagai bagian dari penjaminan mutu. Dengan demikian sekolah yang menerapkan standar memiliki data yang hasil pemantauan atau evaluasi. serta adanya kriteria keberhasilan.1 SEJARAH UNNESA SECARA UMUM Dari sejarah institusinya. Menerapkan instrumen. Tanpa salah satunya sekolah berarti belum menerapkan standar secara konsekuen. UNIVERSITAS UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 7. Penentukna target hasil. Rekomendasi Dalam penerapan standar nasional pendidikan. Menyusun intrumen pemantauan. penetapan kriteria target pencapaian dan proses pengukuran merupakan dua kebutuhan dasar. Terutama monitoring pada proses pelaksanaan kegiatan. Pada penerapan sistem standar sekolah ini masih perlu meningkatkan. Kemudian pada tahun 1961 FKIP diintegrasikan dengan PTPG menjadi FKIP Universitas Airlangga di Malang Cabang Surabaya. Bukti dalam pelaksanaan keduanya harus ada indikator keberhasilan pada tiap program. 8). Penentuan standar prosedur sebagai dasar penentuan standar proses. Sekolah mengakui bahwa penjaminan mutu proses pelaksanaan kegiatan merupakan sisi terlemah sekolah dalam penerapan stadar yang perlu mendapat perhatian lebih serius. 26 .

IKIP Surabaya berubah menjadi Universitas Negeri Surabaya. Pada saat itu IKIP memiliki banyak cabang. Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS). Cabang Madiun. berdirilah IKIP Surabaya. Saat itu IKIP Surabaya memiliki lima fakultas. Dalam bahasa Inggris. dan pendidikan menengah. 93 Tahun 1999. terjadi perkembangan dan mengalami perubahan nama menjadi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE). Berdasarkan Keppres RI No.00 WIB. UNESA tetap menyelenggarakan misi utama. Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 182 Tahun 1964. 93 Tahun 1999. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS). disepakati penyebutannya adalah State University of Surabaya. Peresmiannya dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 1964 pukul 08. Fakultas Keguruan Ilmu Teknik (FKIT). yaitu menyelenggarakan program kependidikan dan program non kependidikan. Kemudian bertambah satu fakultas lagi. FKIP Malang Cabang Surabaya menjadi IKIP Malang Cabang Surabaya. UNESA merupakan lembaga yang mempunyai misi ganda yang tetap memiliki basis sebagai LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan). pendidikan dasar. sehingga UNESA tetap bertugas sebagai penghasil tenaga kependidikan untuk pendidikan prasekolah. Cabang Singaraja. UNESA mempunyai tugas: 27 . Fakultas Keguruan Sastra Seni (FKSS). di jalan Kayoon 72-74 Surabaya. berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 042/O/1977 Sekolah Tinggi Olahraga (STO) berintegrasi ke IKIP Surabaya dengan nama Fakultas Keguruan Ilmu Keolahragaan (FKIK).Setelah IKIP berdiri. dan Cabang Kupang. dan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK). antara lain Cabang Surabaya. Fakultas Pendidikan Teknik dan Kejuruan (FPTK). Selanjutnya. yang menyepakati bahwa nama IKIP Surabaya pasca-konversi adalah Universitas Negeri Surabaya yang disingkat UNESA. Fakultas Ilmu Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA). yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Sesuai hasil keputusan rapat senat pada tanggal 12 Oktober 1998. FKIP Malang menjadi IKIP Malang dan melepaskan diri dari Universitas Airlangga. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS). Sesuai Keppres RI No.

Visi dan Misi 1).03. UNESA membuka satu fakultas baru. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). UNESA tetap memiliki enam fakultas yang juga mengalami perubahan nama. Pada tahun 2006 atau tujuh tahun pasca konversi.01. Perisai segilima beraturan berwarna biru laut melambangkan falsafah Pancasila sebagai pandangan hidup sivitas akademika Unesa. warna biru melambangkan ketulusan sikap dalam mendidik mahasiswa menjadi sarjana dan tenaga profesional yang bermoral tinggi tanpa membeda-bedakan 2. LOGO UNESA Arti lambang Universitas Negeri Surabaya sebagai berikut : 1. golongan. ras dan agama. dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). yaitu Fakultas Ekonomi.2 Logo. Sayap burung garuda berwarna kuning berjumlah sembilan yang terdiri dari 28 .23/PP. Hal itu sesuai Surat yang dikeluarkan Dirjen Dikti Nomor 761/D/T/2006 tentang Pembukaan Fakultas Ekonomi Unesa tertanggal 16 Februari 2006. Fakultas Bahasa dan Seni (FBS). 7. 050/J37/HK. Sehingga saat ini UNESA memiliki tujuh fakultas. Fakultas Ilmu Sosial (FIS).Berdasarkan perluasan mandat dan perubahan tersebut. dan Surat Keputusan tentang Rektor Unesa No.02/2006 Pemisahan Jurusan Pendidikan Ekonomi dan Program Studinya dari Fakultas Ilmu Sosial dan Pembukaan Fakultas Ekonomi tertanggal 16 Maret 2006. Fakultas Teknik. suku. yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).

I. dan bunga teratai apabila dirangkai menunjukkan angka 1998 sebagai tahun kelahiran Unesa. Kuning berarti keluhuran budi. Berkaitan dengan itu Unesa mempunyai tugas: 1. Merah berarti keberanian membela kebenaran. mempunyai visi. dalam mengabdi kepentingan bangsa dan negara. VISI UNESA UNESA sebagai institusi yang bergerak di dalam pendidikan. 2). teknologi dan kesenian Wujud lambang tugu pahlawan. Bunga teratai berwarna merah. menyelenggarakan program kependidikan akademik dan/atau pendidikan profesional dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan. misi. dalam mengembangkan Tri Darma Perguruan Tinggi. 4. dan lima bulu sayap kecil. sayap. fungsi. Buku berwarna putih sebagai dasar. melambangkan semangat yang kuat sivitas akademika Unesa 4. 2. Biru laut berarti ketulusan sikap. dan tujuan yang jelas dipaparkan dalam buku statuta dan Rencana Strategis (Renstra) Unesa 2005-2015. keluhuran budi dan keberanian membela kebenaran bagi seluruh sivitas akademika Unesa 5. Nomor 93 tahun 1999 tentang perubahan IKIP Surabaya menjadi Universitas Negeri Surabaya. pada pasal 2 dokumen tersebut dinyatakan bahwa Unesa menyelenggarakan program kependidikan dan nonkependidikan (multi mission institution).empat bulu sayap besar. melambangkan semangat '45 yang melandasi sikap dan perubahan seluruh sivitas akademika Unesa 3. 3. Biru tua berarti keteguhan tekad. 6. teknologi. melambangkan bahwa Unesa sebagai tempat menimba ilmu pengetahuan. Tugu pahlawan berwarna putih terdiri atas tiga pilar sebagai ciri khas kota Surabaya. dalam berperan mewujudkan tujuan pembangunan nasional. Putih berarti kesucian hati. Arti warna dalam lambang tersebut : 1. dan atau 29 . melambangkan kesucian hati. 5. Berdasarkan Surat keputusan Presiden R.

manajemen administrasi dan keuangan. pengembangan SDM. berwawasan Teknologi Informasi untuk menghasilkan lulusan yang religius dan menguasai Teknologi Informasi. Profesional: Artinya mempunyai kompetensi yang sesuai dengan bidang keahliannya dan memiliki kemampuan daya saing secara komparatif dan kompetitif di tingkat nasional dan internasional. sehingga mampu melaksanakan otonomi perguruan tinggi. pengembangan Ipteks. memiliki kesehatan organisasi yang baik. mandiri dan berkemampuan wirausahaan verjiwa pemimpin serta profesional. Penjelasan kata kunci dari visi Unesa ialah sebagai berikut: Mandiri: Artinya Unesa siap menyongsong menjadi universitas berbadan hukum yakni badan Hukum Pendidikan Tinggi (BHT).seni. Berbasis penelitian: Artinya semua aktivitas Unesa yang berupa kegiatan tridarma. b. dan pengambilan keputusan didasarkan pada hasil penelitian. mengembangkan ilmu pendidikan. ilmu keguruan. Mengembangkan penelitian di bidang pendidikan dan pengajaran. dan profesional dalam bidang kependidikan. Mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi. visi UNESA dirumuskan sebagai berikut: UNESA menjadi Universitas mandiri yang berbasis penelitian dalam pengembangan ipteks serta tenaga kependidikan dan non kependidikan yang profesional. 3). Terkait dengan tugas dan amanah tersebut. 2. c. unggul. dan seni (Ipteks) yang 30 . serta mendidik tenaga akademik. MISI UNESA a. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bernuansa religius.

6).unesa. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 4). transparan. Program Pascasarjana. 8280675 (hunting) Fax : (031) 8280804 Kampus LIDAH WETAN Kampus Lidah Wetan Surabaya 60213 Telp : (031) 7532160 Fax : (031) 7532112 Alamat website http://www. efisien. dan mandiri. Fakultas Ilmu Pendidikan 2). efektif.4 Fakultas dan Jurusan 1). Fakultas Ilmu Keolahragaan.dilandasi profesionalisme. Menghasilkan tenaga kependidikan dan non kependidikan yang profesional. Ketintang. g. 7.3 Alamat UNESSA Kampus KETINTANG Jln. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga/instansi terkait dan stakeholders untuk keberlanjutan pelaksanaan program studi dan/atau pembukaan program studi baru. Fakultas Ilmu Sosial. d.ac. e.5 FAKULTAS ILMU SOSIAL 31 . f. 8280803. Menjadikan Unesa pusat pengembangan pendidikan dasar dan menengah. Surabaya Telp : (031) 8280009.id/ 7. 7. Menyelenggarakan perguruan tinggi yang akuntabel. Fakultas Bahasa Dan Seni 3). 5).

dan Pendidikan Sejarah. yaitu Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial (FPIPS). Dua program non-kependidikan yang saat ini ada di FIS adalah Administrasi Negara (D3) dan Sosiologi (S1). Pendidikan Geografi. Berdasarkan SK Menteri PTIP yang disahkan dengan SK Presiden RI tentang pendirian IKIP Surabaya.1). Semula FIS terlahir dengan nama Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial (FPIPS). Ada dua program yang selenggarakan di FIS yaitu kependidikan dan nonkependidikan. yaitu Jurusan Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan Negara (PMP-KN). Program kependidikan yang diselenggarakan di FIS adalah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Program ini dimaksudkan untuk menghasilkan calon-calon guru di tingkat SMP dan SMA. Sejak tahun 2006 Jurusan Pendidikan Ekonomi memisahkan diri menjadi Fakultas Ekonomi. FIS terletak di Kampus Ketintang Surabaya. nama tersebut berubah menjadi Fakultas Keguruan Ilmu Pengetahuan Sosial (FKIS). meskipun di luar kelas. Setelah IKIP Surabaya berubah menjadi UNESA nama tersebut berubah menjadi Fakultas Ilmu Sosial (FIS). kampus FIS ditumbuhi dengan pepohonan yang rimbun. Jurusan Pendidikan Geografi. sehingga kegiatan perkuliahan dapat dilaksanakan dengan nyaman. Di tengah panasnya kota Surabaya. 2). Saat ini FIS sedang mengajukan usulan untuk membuka program S1 Administrasi Negara. SEJARAH FAKULTAS ILMU SOSIAL FIS berdiri pada 1964. namun akhirnya berubah lagi seperti semula. FIS mempunyai empat jurusan. Kegiatan perkuliahan dan administrasi FIS dilaksanakan di gedung I1 sampai dengan I8. dan Pendidikan Ekonomi. Jurusan Pendidikan Sejarah. VISI DAN MISI VISI 32 .

Selain itu.new. 3).net/index. untuk mewujudkan visi dan misi FIS juga mekembangkan pusat-pusat kajian antara lain pusat kajian Pendidikan IPS. Perkuliahan dirancang dengan mengedepankan partisipasi aktif mahasiswa dalam proses belajar. serta pusat kajian Pendidikan Gender dan Multikultur. ALAMAT Kampus KETINTANG Jln. perpustakaan. serta dilaksanakan baik di dalam kelas maupun di luar kelas. keahlian dan perilaku berkarya. dan vokasional MISI a. kecakapan sosial. Menghasilkan lulusan yang professional di bidang kependidikan dan nonkependidikan Mewujudkan FIS sebagai lembaga yang terpercaya. Menjadikan FIS sebagai tempat pengembangan ilmu pendidikan dan ilmuilmu social dengan berbasis penelitian. serta keilmuan. pusat kajian Pendidikan HAM dan Demokrasi. serta internet. 8280675 (hunting) Fax : (031) 8280804 Alamat website http://www.fisunesa. b. matakuliah yang ada ditujukan untuk mengembangkan aspek kepribadian. Meningkatkan daya saing FIS di tingkat nasional.FIS sebagai tempat pengembangan ilmu kependidikan dan ilmu-ilmu Sosial serta sumber daya manusia yang berkualitas secara intelektual. mengintegrasikan kecakapan hidup (life skill). Untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran dan berbagai aktivitas yang dilaksanakan oleh segenap civitas akademika di setiap jurusan dilengkapi dengan laboratorium. Ketintang. sosial. Untuk mencapai visi dan misi tersebut. dan global. Surabaya Telp : (031) 8280009. 8280803. moral. regional. c.php? option=com_content&view=section&id=7&Itemid=51 33 .

meliputi Ekonomi dan Tehnik. Sosiologi Industri. Tujuan dari terbentuknya program studi sosiologi murni ini adalah untuk membentuk tenaga ahli penelitian dan pengembangan kebijakan. yang dan alasan mengambil ilmu murni karena Program studi non kependidikan untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Sosiologi Pendidikan. Dalam program studi sosiologi terbagi menjadi 3 konsentrasi antara lain sebagai berikut. Program studi sosiologi ini masih terakreditasi C. meliputi Olahraga. 1. selain itu kemungkinan untuk program kependidikan sudah diambil oleh universitas lainnya sehingga UNESSA lebih mengembangkan Prodi Sosiologi sebagai Prodi ilmu murni daripada keendidikan. Perlu untuk diketahui bahwa program studi sosiologi ini baru dibentuk pada tahun-tahun ini sehingga sebagai anak bungsu. meliputi kebijakan pendidikan dan pengembang pendidikan sosiologi 3. Program studi Sosiologi ini belum mempunyai surat keputusan dari kementerian ataupun negara sehingga masih dalam tahap pencapaian. kesehatan jasmani dan rekreasi. program studi ini terus berupaya membangun prodi nya dengan berbagai upaya untuk mencapai surat keputusan yang diinginkan.4). Sosiologi Olahraga. PROGRAM STUDI SOSIOLOGI Program Studi sosiologi masuk dalam Fakultas Ilmu Sosial. 34 . 2.

35 . Sosiologi murni UNNESA merupakan salah satu prodi baru di Fakultas Ilmu Sosial UNNESA yang mana mereka mempunyai perjuangan yang kuat dalam membangun dan melahirkan prodi baru. Hal ini dicapai melalui berbagai upaya peningkatan dan pengembangan mutu sekolah. Serta berupaya sekuat tenaga untuk memenuhi mutu pendidikan agar nantinya mendapatkan SK atau Surat Keputusan mengenai keberadaan Prodi Sosiologi Murni. Dan hal ini patut untuk dicontoh oleh berbagai institusi pendidikan mengenai peningkatan mutu dan prestasi. baik itu dari segi siswa ataupun guru.BAB III PENUTUP Kesimpulan SMA Negeri 5 Surabaya merupakan salah satu SMA yang terfavorit di surabaya. dimana SMA ini merupakan SMA yang bertaraf SBI atau internasional. bidang akademik ataupun non akademik.

fisunesa.ac.php? option=com_content&view=section&id=7&Itemid=51 36 .com/ http://www.net/index.deteksiblog.unesa.sma5_sby.net http://sman5surabaya.DAFTAR PUSTAKA www.new.id/ http://www.