BENTUK KERJASAMA INTERNASIONAL

Tugas PKN Semester Genap Kelas XI Tahun Pelajaran 2010/2011 Kompetensi Dasar: Hubungan Internasional dan Organisasi Internasional

Kelas/ Kelompok: XI IPA 5/5 Aliya Gista Makrifat Octa Ninda Ardhani Ririn Indrianing Putri Afifah Cholid Gatri Wulandari (01) (05) (10) (18) (30)

SMAN 1 YOGYAKARTA April 2011

2011 AT 15:18 TOKYO. Keduanya diperkirakan akan menegaskan kembali kerjasama Jepang-AS dalam upaya membangun kembali negara yang porak poranda dilanda bencana dan mengatasi krisis nuklir yang sedang berlangsung di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi. Sementara itu. Menteri Luar Negeri Jepang Takeaki Matsumoto. untuk melihat bahwa mesin ekonomi Jepang bekerja pada kinerja puncak secepat mungkin.com ± Jepang dan Amerika Serikat Minggu (17/4/2011) mengumumkan suatu kemitraan yang melibatkan para pebisnis untuk membantu memelopori rekonstruksi setelah gempa dan tsunami menghancurkan negara kuat Asia itu. Sementara rincian yang jelas saat ini. dalam pertemuan dengan Menteri Luar negeri AS Hillary Clinton. ARTIKEL I Jepang dan AS Pelopori Rekontruksi MANCANEGARA | APRIL 17.A. "Jepang akan merumuskan rencana rekonstruksi dan. mengatakan para pebisnis dari kedua negara akan bertemu untuk mencari cara-cara membantu Jepangmembangun kembali wilayah pantai timur lautnya yang diamuk bencana alam itu. kami ingin bekerja sama dengan AS dan negara-negara lain di dunia sehingga kita dapat melaksanakan rekonstruksi dengan cepat. Menlu Hillary Clinton bertemu Menlu Jepang Takeaki Matsumoto pada Minggu. yang tampil di samping Ny Clinton. kepala Kamar Dagang Amerika Serikat. berdasarkan rencana tersebut. KOMPAS. kantor berita Jepang Kyodo mengatakan. yang tiba di Tokyo Minggu pagi untuk kunjungan setengah hari. "Hal ini adalah demi kepentingan komunitas bisnis Amerika. Tom Donohue." katanya." kata Donohue. para pemimpin kelompok bisnis utama kedua negara ± Kamar Dagang AS dan Keidanren (Kadin) Jepang ± menyelenggarakan pembicaraan untuk meletakkan dasar bagi prakarsa itu. Ny Clinton. mengatakan ia akan memberitahu para pebisnis AS bahwaJepang sedang dalam perjalanan untuk pemulihan dan mendorong mereka untuk tetap aktif dalam mengembangkan perekonomian kedua terbesar di dunia itu. diharapkan untuk berjanji mendukungJepang pasca gempa bumi dan tsunami besar 1 .

upaya mengatasi krisis nuklir. Banyak masalah atau peristiwa yang dapat diselesaikan bersama dengan negara lain. 2 pantai timurnya yang hancur . tetapi juga demi kepentingan komunitas bisnis Amerika. Dalam hal ini. 24 April 2011.11 Maret. dan untuk berdiskusi dengan Matsumoto dan Perdana Menteri Naoto Kan mengenai cara-cara untuk lebih memperkuat persekutuan keamanan Jepang-AS. B. mengatakan akan memberi tahu para pebisnis AS bahwa Jepang sedang dalam perjalanan untuk pemulihan dan mendorong mereka untuk tetap aktif dalam mengembangkan perekonomiannya. Jepang berencana bekerjasama dengan AS dan beberapa negara lainnya untuk membantu pembangunan rekonstruksi agar berjalan lebih cepat. para pemimpin kelompok bisnis utama kedua negara ± Kamar Dagang AS dan Keidanren (Kadin) Jepang menyelenggarakan pembicaraan tentang dasar bagi prakarsa itu. Kunjungan Hillary Clinton pada hari Minggu itu juga diharapkan agar AS berjanji untuk bersedia membantu Jepang mengenai cara-cara untuk lebih memperkuat persekutuan keamanan Jepang-AS. Hubungan antara AS-Jepang yang semakin membaik membawa keuntungan bagi kedua negara tersebut. terdapat beberapa bentuk kerjasama internasional yaitu dalam bidang bisnis. maka negara yang lain pasti akan membantu. Tom Donohue. Selain bertemu untuk menegaskan kembali kerjasama antara AS dan Jepang. Hillary dijadwalkan menghadiri minum teh yang diselenggarakan oleh Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko sebelum mengakhiri kunjungan ketiganya di Jepang sebagai menlu. ANALISA Pada hari Minggu. Ketika salah satu mengalami bencana atau kesulitan. Kemudian pada hari itu pula. Kepala Kamar Dagang AS. Hal itu tidak hanya bertujuan untuk membangun kembali perekonomian Jepang yang diharapkan bisa mencapai kinerja puncaknya kembali. dan bidang keamanan. Menlu Hillary Clinton dan Menlu Jepang Takeaki Matsumoto juga membicarakan kerjasama dalam upaya mengatasi krisis nuklir yang sedang berlangsung di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi. Menteri Luar Negeri Jepang Takeaki Matsumoto dalam pertemuannya dengan Menteri Luar negeri AS Hillary Clinton mengatakan bahwa pebisnis dari kedua Negara akan bertemu untuk mencari cara membantu Jepang membangun kembali wilayah terkena Tsunami. Untuk itu.

a. tetapi juga demi kepentingan komunitas bisnis Amerika. Tom Donohue dan membicarakan tentang kerjasama dalam bidang bisnis. Hillary Clinton juga bertemu dengan Kepala Kamar Dagang AS. Pertemuan itu tidak hanya bertujuan untuk membangun kembali perekonomian Jepang yang diharapkan bisa mencapai kinerja puncaknya kembali. yang diharapkan agar pebisnis AS tetap aktif dalam mengembangkan perekonomiannya di Jepang. Bidang Keamanan Amerika Serikat berjanji untuk membantu Jepang mengenai cara-cara untuk lebih memperkuat persekutuan keamanan Jepang-Amerika Serikat. Takeaki Matsumoto membahas beberapa hal. Selain itu Jepang berharap agar AS berjanji untuk bersedia membantu Jepang mengenai cara-cara untuk lebih memperkuat persekutuan keamanan Jepang-AS. Salah satu tujuan dari berlangsungnya hubungan ini adalah saling menguntungkan bagi kepentingan nasional masingmasing negara yang melakukan hubungan internasional. KESIMPULAN Pertemuan antara Menlu AS. b. Hal yang dibahas antara lain tentang kerjasama antara kedua negara dalam upaya merekonstruksi dan membangun kembali wilayah Jepang yang porak poranda akibat Tsunami. 3 . Bidang Ekonomi Bisnis Jepang berencana bekerjasama dengan Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya untuk membantu pembangunan rekonstruksi agar berjalan lebih cepat. c. Bidang Lingkungan Kerjasama dalam upaya mengatasi krisis nuklir yang sedang berlangsung di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi. Hubungan internasional sangat dibutuhkan setiap negara untuk menjamin berlangsungnya kehidupan negara tersebut. Hal ini sangat menguntungkan dalam mengurangi dampak radiasi nuklir bagi penduduk di sekitar PLTN. Kedua negara sama-sama diuntungkan karena bisnis antara kedua negara tetap berlangsung dalam keadaan apapun. C. Hillary Clinton dengan Menlu Jepang.

³Pemerintah Korea Selatan memiliki program pembangunan berbasiskan `green growth project`.A. Upaya mediasi yang dilakukan belum mencapai titik terang. ³Korea Selatan mengharapkan Indonesia memberikan dukungan untuk bisa menjadi Presiden COP 18 dalam penyelenggaraan UNFCC 2012 mendatang. 2011 AT 13:03 Pemerintah Korea Selatan memiliki program pembangunan berbasiskan `green growth project`. Han Seung Soo. Rabu. selain Korsel memang ada Qatar yang juga memiliki keinginan yang sama. Selain itu juga memiliki kerjasama di bidang lingkungan dengan Pemprov Kalimantan Timur. keduanya mencalonkan untuk UNFCC pada 2012. Pemerintah Indonesia memandang Korsel sebagai sebuah negara yang berhasil dalam upaya melestarikan lingkungan termasuk usaha-usaha menghijaukan negara tersebut.´ katanya. usai mendampingi Presiden Yudhoyono bertemu utusan khusus Presiden Korsel untuk bidang perubahan iklim DR. Ditambahkannya.´ kata Staf khusus Presiden bidang hubungan internasional Teuku Faizasyah dalam keterangan pers di kantor Presiden Jakarta. Ia menjelaskan pada Presiden Yudhoyono mengenai komitmen pemerintah Korea Selatan mengenai pembangunan berwawasan lingkungan serta langkahlangkah negara tersebut di bidang lingkungan. ARTIKEL II Pimpin UNFCC. Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 1 jam tersebut. ³Sejak 2006 Indonesia telah diminta menjadi mediasi pencalonan Korsel dan Qatar. kerjasama pemerintah Korsel dengan Pemprov Kaltim antara lain pelatihan kesiapan pemda dan masyarakat di kawasan itu dalam mekanisme Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation (REDD). Mengenai pencalonan Korsel untuk menjadi ketua UNFCC pada COP (Center of Orang utan Protection-Pusat Perlindungan Orang utan) 18 mendatang. Han Seung Soo didampingi sejumlah pejabat kedutaan besar Korsel di Jakarta. 4 . Faizasyah mengatakan.´ kata Faizasyah. Korsel Minta Dukungan RI PUBLIK | MARCH 30.

Indonesia menyambut positif presentasi dari Korea Selatan karena Korsel termasuk salah satu negara yang berhasil dalam upaya melestarikan lingkungan termasuk usaha-usaha menghijaukan negara tersebut. 5 . Menhut Zulkifli Hassan.Faizasyah menekankan Indonesia belum pernah menyampaikan dukungan terhadap salah satu pihak. Seskab Dipo Alam. Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta dan sejumlah pejabat terkait. Korea Selatan akan mencalonkan diri sebagai negara ketua UNFCC (United Nation Framework Convention on Climate-Organisasi PBB dalam Bidang Kerjasama Pemeliharaan Lingkungan) dengan salah satu program andalannya yaitu pembangunan berbasiskan `green growth project`. Duta Besar Korsel bidang perubahan iklim Son Seung Hwan. ada pula Qatar yang ingin mengajukan diri. Sementara terkait pertemuan dengan utusan khusus Presiden Korsel. Charge d`affairs kedubes Korsel di Jakarta Lee Hee Sup. Kerjasama antarbangsa sangat diperlukan terutama dalam kerjasama memperbaiki lingkungan karena saling menguntungkan dan membawa dampak yang positif bagi bumi ini dan umat manusia. Tetapi Indonesia juga belum memutuskan negara mana yang akan dipilihnya karena sejak 2006 Indonesia menjadi mediator bagi kedua negara tersebut dan belum mendapat titik terang. ANALISA Pada tahun 2012 mendatang. Faizasyah mengatakan Presiden dan pemerintahIndonesia menanggapi positif paparan dari pihak Korea Selatan. Korea Selatan mempresentasikan programnya di hadapan para pejabat RI agar mendapat dukungan dalam pencalonannya di Jakarta. konsul ekonomi kedubes Korsel di Jakarta Kwon Ki Chang dan Deputi Direktur Kementerian Luar Negeri Korsel Bak Ggochnim. Dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor Presiden tersebut. Presiden Yudhoyono didampingi Mensesneg Sudi Silalahi. Selain itu korea selatan juga telah bekerjasama dengan Indonesia di Provinsi Kalimantan Timur antara lain dalam bentuk pelatihan kesiapan pemda dan masyarakat di kawasan itu dalam mekanisme Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation (REDD). Selain Korea Selatan. Sementara Han Seung Soo didampingi oleh diplomat Korsel Kim Young Sun. B.

Di artikel ini dijelaskan salah satu hubungan diplomasi antarnegara dalam menyukseskan program-program yang ada di salah satu negara tersebut.C. Untuk melancarkan tujuannya maka dibutuhkan kerjasama yang baik antarnegara tersebut. KESIMPULAN Setiap negara tidak dapat berperan penting bagi dunia tanpa dukungan dari negara lain. 6 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful