Difusi kebudayaan

Sugeng

KLAIM budaya Indonesia oleh Malaysia tidak perlu ditanggapi dengan emosi. Sebab, budaya tersebut diklaim Malaysia karena difusi atau persebaran budaya. Yang menyebarkan adalah masyarakat kita yang saat ini tinggal dan menetap di Malaysia. Kondisi tersebut sebenarnya terjadi sejak beberapa abad lalu. Sebagai contoh, baju koko yang biasa dipakai masyarakat muslim Indonesia. Itu sebenarnya tidak asli dari Indonesia, tapi berasal dari Tiongkok yang dibawa ke Indonesia melalui pedagang-pedagang pedagangTiongkok. Kemudian, terjadi pecampuran budaya atau asimilasi dengan budaya Indonesia. Karena itu, masyarakat tidak perlu menunjukkan emosi berlebihan. Apalagi, kebudayaan di dunia itu pada intinya sama. Yang perlu kita lakukan adalah menjaga dan melestarikan berbagai budaya Indonesia.

difusi tak langsung terjadi apabila unsur-unsur unsurdari kebudayaan pemberi singgah dan berkembang dulu di suatu tempat untuk kemudian baru masuk ke lingkup kebudayaan penerima. Difusi tak langsung dapat juga menimbulkan suatu bentuk difusi berangkai, jika unsurunsur-unsur kebudayaan yang telah diterima oleh suatu lingkup kebudayaan kemudian menyebar lagi pada lingkup-lingkup kebudayaan lingkuplainnya secara berkesinambungan.

Koentjaraningrat menyimpulkan bahwa proses difusi tidak hanya dari sudut bergeraknya unsur-unsur unsurkebudayaan dari suatu tempat ke tempat lain di muka bumi saja tetapi terutama sebagai suatu proses di mana unsurunsur-unsur kebudayaan dibawa oleh individu-individu individudari suatu kebudayaan, dan harus diterima oleh individuindividuindividu dari kebudayaan lain, maka terbukti bahwa tidak pernah terjadi difusi dari satu unsur kebudayaan. UnsurUnsurunsur itu selalu berpindah-pindah sebagai suatu berpindahgabungan atau suatu kompleks yang tidak mudah dipisahkan.

difusi adalah: penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari satu unsurlingkup kebudayaan ke lingkup kebudayaan lainnya. Proses difusi terbagi dua macam, a) difusi langsung, jika unsur-unsur kebudayaan tersebut langsung unsurmenyebar dari suatu lingkup kebudayaan pemberi ke lingkup kebudayaan penerima b) difusi tak langsung terjadi apabila unsur-unsur dari kebudayaan unsurpemberi singgah dan berkembang dulu di suatu tempat untuk kemudian baru masuk ke lingkup kebudayaan penerima. Difusi tak langsung dapat juga menimbulkan suatu bentuk difusi berangkai, jika unsur-unsur kebudayaan yang telah diterima oleh suatu lingkup unsurkebudayaan kemudian menyebar lagi pada lingkup-lingkup lingkupkebudayaan lainnya secara berkesinambungan.

Anggapan Dasar Kebudayaan Kebudayaan dapat disesuaikan Kebudayaan merupakan suatu integrasi Kebudayaan Selalu Berubah

Asimilasi adalah pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru. Suatu asimilasi ditandai oleh usaha-usaha usahamengurangi perbedaan antara orang atau kelompok. Untuk mengurangi perbedaan itu, asimilasi meliputi usaha-usaha usahamempererat kesatuan tindakan, sikap, dan perasaan dengan memperhatikan kepentingan serta tujuan bersama. Akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri. difusi adalah: penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari satu unsurlingkup kebudayaan ke lingkup kebudayaan lainnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful