TIPOGRAFI MODERN HELVETICA

Sekilas Font Helvetica

Helvetica dikembangkan oleh Max Miedinger dan Eduard Hoffmann di Haas Type Foundry di Switzerland. Haas mendesain sans -serif typeface baru yang bisa bersaing di pasar Swiss. Tujuan desain baru itu untuk membuat typeface natural yang sangat jelas, tidak ada maksud intrinsik di bentuk itu, dan bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan typeface.

Tahun 1960, nama typeface diubah dari Stempel menjadi Helvetica (diperoleh dari kata Confoederatio Helvetica, bahasa latin untuk Switzerland) agar dapat dipasarkan secara internasional. Pada awalnya harus disebut Helvetica, tapi diabaikan Eduard Hoffmann karena dia pikir nama itu tidak tepat setelah kata negara. Selanjutnya, typeface tersebut diadopsi oleh Linotype, saat ini merupakan merek dagang Linotype Corp .

Gambar 1.Desainer Font Helvetica (Eduard Hoffmann dan Max Miedinger)

1

Helvetica menjadi pilihan utama yang bisa diaplikasikan dalam berbagai media dan diasosiasikan dengan modern dan progresif. Dengan karakter seperti itu. Family Font Helvetica Helvetica merupakan typeface berjenis sans serif yang berlandaskan pada prinsip Swiss style.Gambar 2. yaitu typeface dengan bentuk dan tingkat kejelasan yang nyata. bersih. Helvetica terkenal sebagai typeface berjenis sans serif yang sering dipakai di eluruh s dunia. Banyak merek ternama menggunakan Helvetica untuk wordmark komersial 2 . serta mempunyai tingkat ket erbacaan yang tinggi. tanpa adanya makna intrinsik.

Helvetica diciptakan dengan harapan mampu menyaingi huruf yang lebih dulu populer saat itu. Font Akzidenz Grotesque Gambar 4. Demikian juga dalam desain periklanan. Gambar 3. kedua jenis tersebut merupakan bentuk font secara elektronik. tahun 1991 Apple dan Microsoft merilis TrueType Font. Helvetica tidak bisa dilupakan. Desain huruf Helvetica berdasarkan huruf sans serif sebelumnya yan cukup terkenal g juga.sebagai bagian dari identitas merek.Seiring dengan kemajuan dunia tipografi pada tahun 1984 Adobe System merilis Postscript Font. Aplikasi Font Akzidenz Grotesque 3 . Akzidenz Grotesque yang dibuat tahun 1898. yaitu Akzidenz Grotesk di pasar.

membedakan antara legibility dengan komunikasi . bukan pada bentuk huruf itu engan kata lain. Sebuah font hanya membutuhkan tingkat keterbacaan tinggi. huruf haruslah bersifat netral. maka hasilnya adalah keseragaman ya ng membosankan. Sebuah font ang baik harus jelas. seorang desainer seperti keteraturan. tidak ekspresif dan tidak komunikatif. Hal lain misalnya ketika perusahaan -perusahaan multinasional dengan pemasaran globalnya yang gencar menemukan a danya identitas -identitas lokal yang sulit ditembus. 4 . Bahkan secara ideologis Hel etica. Hel etica masih terus digemari karena merupakan huruf yang bagus bentuknya. odernisme dengan fungsionalismenya mulai dipertanyakan keampuhannya. namun menurutnya sangat tidak komunikatif.P m l i Hel eti l jeni f nt ng enggambarkan ikap moderni me ang kuat ketika faktor fungsi menghasilkan larit dan legibilit tinggi. mengesankan sebuah administrasi pemerintahan yang modern. misalnya kekalahan teknologi modern Amerika Serikat dalam perang Vietnam. sebagai unsu r utama dalam desain corporate image perusahaan -perusahaan multinasional. dan mudah dipahami. avid perangnya perusahaan - arson misalnya. dapat dipercaya dan dapat diterima accessible) . Helvetica memiliki legibility tinggi. Hal ini terjadi karena berbagai hal. dikritik sebagai pendukung perang Vietnam dan perang Irak perusahaan multinasional Amerika. Sebuah font tidak membutuhkan sifat dan bentuk yang ekspresif. cukup gunakan hel etica bold. Penggunaan huruf Hel etica untuk kepentingan pemerintah an Amerika Serikat. Hel etica adalah huruf yang tidak opresif. terbaca. Itu sebabnya dalam menyusun huruf. rouwel misalnya. identitas lokal masyarakat di berbagai belahan dunia semakin mendapat perhatian dan pengakuan akan keberadaannya. menggunaan grid system untuk menciptakan akna hanya dikandung oleh k ata-kata. Bila desain hanya memandang kehidupan masyarakat semata dari kacamata fungsi dan sikap ahistoris. misalnya. Apabila hendak menyatakan sesuatu lebi h bermakna atau emosional. Hel etica sebagai representasi modernisme dalam tipografi mulai dipertanyakan keberadaannya. ataupun hel etica black. Sebagian desainer grafis menganggap Hel etica membosankan. sendiri. Ketika dunia memasuki dekade -70an.

Font Helvetica digambar ulang dengan hati -hati dan diperluas. Hasilnya adalah Helvetica Neue desain. keterbatasan ini dihilangkan.anak perusahaan Linotype's. Gambar 5. Selain itu. membolehkan kebebasan bentuk total. dari logam panas ke photocomposition ke digital. merilis desain font Helvetica Neue ®. Linotype dirilis desain Neue Helvetica Pro tahun 2004. Selain itu. Lalu mengapa ini klasik didesain ulang pada tahun 1983? Sejak diluncurkan. yang merupakan versi OpenType dengan dukungan untuk bahasa asing diperluas. lebar dan spasi tidak konsisten dan dikompromikan. sintesis dari perbaikan estetika dan teknis dan modifikasi yang menghasilkan p erbaikan. perubahan itu yang menyebabkan pengerjaan ulang . yang merupakan perubahan dari 1957 asli. Helvetica telah bekerja dengan berbagai desainer untuk beradaptasi dengan metode komposisi berturut-turut. berat karakter. penampilan keterbacaan dan kegunaan. Sewaktu teknologi bertambah baik. mengingat keterbatasan teknis dari beberapa metode. Neue Font Helvetica 5 .

memotong secara horizontal dan secara Sedangkan Arial Sangat terlihat pada huruf t. Perbandingan Helvetica Dan Arial 6 .Bagian atas huruf r yang miring berbeda. Gambar 6. sedangkan pada Arial tidak. Bentuk Q di Helvetica mempunyai bentuk cross yang lurus. dan C . sedangkan di Arial bentuk cross -nya langsing tipis seperti kurva.  Angka 1 di Helvetica mempunyai sudut kotak dibawah tonjo bagian atas. r. tapi kalau diperhatikan terdapat perbedaan-perbedaan ini :  Coretan Helvetica secara khas vertikal. menggunakan coretan yang miring.  Huruf G pada Helvetica tojokan kebawah. lan sedangkan Arial berbentuk kurva. f.Perbandingan Helvetica dan Arial Sekilas hampir sama antara font Helvetica dan Arial.

Aplikasi Font Helvetica Gambar 6. Aplikasi Helvetica Untuk Logo Dan Identitas 7 .

li i l i Si S 8 m .©§  ¦  ¡ © ©¨ §¡¦ ¥ ¤ £ ¡¢ ¡  m 7.

orang lebih mengenal Arial daripada Helvetica. ema) 9 # "!  f t standar dalam sistem operasi Windows dari icrosoft semakin menurunkan ef e yang menjadi pilihan.Kesim l unculnya huruf Kepopuleran Helvetica bukan berarti tidak mengalami kemunduran. Arial.  . merupakan faktor yang mempengaruhi kemunduran Helvetica. Akibatnya. Penggunaan Arial yang mirip dengan Helvetica dan terinstal s ecara def ult sebagai kepopuleran Helvetica. Itu karena sejarah panjang Helvetica yang membantu membentuk lansekap dunia 1. Pertanyaan : Apakah yang dimaksud dengan Helvetica presif Pertanyaan dari saudari Jawab : akna presif disini adalah bahwa huruf Helvetica dapat digunakan untuk apa erlin) merupakan huruf yang tidak saja tidak ada pembatasan atau diskrimatif terhadap orang atau lembaga atau institusi atau perusahaan untuk menggunakan huruf tersebut. 2. Walau tidak sepopuler dulu. Helvetica tetap merupakan t desain grafis abad 0. hal itu dapat dilihat dari Helvetica yang pernah dikritik sebagai pendukun g perang Vietnam dan perang Irak serta perangnya perusahaan -perusahaan multinasional Amerika . Pertanyaan Apakah Helvetica berpengaruh besar terhadap hegemoni Amerika serikat Pertanyaan dari Bapak Jawab : Ya berpengaruh besar terhadap hegemoni Amerika Serikat. yang diciptakan tahun dan mempunyai karakter huruf yang identik secara proporsi dengan Helvetica.