PELATIHAN DAN PEMGEMBANGAN

KELOMPOK 4

Mengapa dilakukan Training/pelatihan? ‡ SDM memiliki kekurangan dalam keahlian atau ketrampilan tertentu atau ‡ Apabila terdapat perubahan dalam system ‡ Diperlukannya suatu keahlian baru untuk kepentingan perusahaan .

OJT.4 LANGKAH DASAR PELATIHAN PENYELIDIKAN KEBUTUHAN PELATIHAN Apakah karena tidak bisa atau tidak mau mengerjakan? MENENTUKAN TUJUAN PELATIHAN Tujuan training harus dapat dilihat atau diukur PELATIHAN Teknik pelatihan. Pembelajaran Perilaku. Dikelas. dsb EVALUASI Terhadap reaksi. dan Hasil Pelatihan .

Meningkatkan moral anggota. Mendukung perencanaan SDM. ‡ Meningkatkan perkembangan kemampuan dan keahlian personil. ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ . Meningkatkan kesehatan dan keamanan. Mencegah kadaluarsa kemampuan dan pengetahuan personil.TUJUAN PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN Meningkatkan produktivitas. Meningkatkan kualitas. Memberikan kompensasi yang tidak langsung.

etc .Tipe Training ‡ On The Job Techniques ± On The Job Training ± Job Rotation ± Magang ± Coaching by superiors ‡ Off The Job Techniques ± Vestibule ± Simulasi ± Studi Kasus.

4 UKURAN UTAMA HASIL PELATIHAN REAKSI Apakah mereka menyukai pelatihan tersebut? Apakah mereka menganggap pelatihan itu bermanfaat PEMBELAJAR AN Apakah mereka berhasil memahami prinsip-prinsip. keterampilan/pengetahuan. dan fakta fakta yang mereka peroleh dari pelatihan itu? PERILAKU Apakah perilaku mereka berubah setelah mengikuti pelatihan itu? Contohnya sikap yang sesuai dengan yang diharapkan perusahaan HASIL Apakah kinerja organisasi atau perusahaan meningkat pada bagian yang telah mengalami pelatihan? .

PELATIHAN PEMELIHARAAN MESIN DIESEL (PLTD KECIL < 1 MW((II) OLEH PUSDIKLAT PLN (Persero) ‡ TUJUAN ± Untuk menjamin kesiapan dan keandalan operasi alat pembangkit listrik tenaga diesel agar tidak mengganggu proses produksi yang dapat mengganggu kerugian financial dan citra perusahaan.PLN (Persero) unit khusus PUSDIKLAT PLN ‡ PESERTA PELATIHAN ± Petugas atau calon petugas yang akan mengoperasikan sistem bahan bakar. .501 (2) A. ‡ PELAKSANA TRAINING ± PT. ‡ MANFAAT PELATIHAN ± Diharapkan peserta mampu melaksakanan pemeliharaan PLTD kecil dari 1 MW dengan benar dan sesuai ketentuan perusahaan dan petunjuk pemeliharaan pabrik serta menunjang standard kompetensi perusahaan DPI (3) Pemeliharaan Pembangkit Diesel /Diesel Power Plant Maintenance dan standar kompetensi personal Departemen ESDM : Memelihara Mesin Diesel KDM.HMD.

sesuai standard kompetensi perusahaan dan personal. MENENTUKAN TUJUAN PELATIHAN PELATIHAN In Class Training dan On The Job Training EVALUASI Penentuan keberhasilan melalui evaluasi assesment yang hasilnya berupa sertifikat kelulusan IC Training serta sertifikat OTJ training dan rekomendasi dari mentor peserta training .LANGKAH . Kesiapan dan keandalan operasi. sistem pemeliharaan mesin PLTD yang efektif dan efesien Diharapkan peserta mampu melaksanakan pemeliharaan PLTD kecil dari 1 MW dengan benar dan sesuai ketentuan dan petunjuk pemeliharaan pabrik.LANGKAH PELATIHAN ANALISA KEBUTUHAN PELATIHAN Pembangkit tenaga listrik sebagai alat produksi utama perusahaan.

Alat Ukur. Peralatan.501 (2) . Sistem Bahan Bakar.PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN In Class Training On The Job Training Dilakukan selama 5 hari Materi : Teori pembakaran.HMD.ESDM Memelihara Mesin Diesel KDM. Pengoperasian Sistem Bahan Bakar Dilakukan selama 8 hari Materi : Melaksanakan tugas dan aktifitas OJT sesuai standard kompetensi personal Dept.

‡ PT. ‡ Untuk mencapai tujuan tersebut PLN menyusun 2 metode yaitu pelatihan dalam perusahaan yang merupakan kombinasi dari In Class Training dan On The Job Training.salah satu upaya pengembangan SDM adalah dengan adanya pelatihan dan pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM suatu organisasi atau perusahaan. . ‡ Penentuan keberhasilan peserta pelaksanaan training dilaksanakan melalui evaluasi assessment yang hasilnya berupa sertifikat kelulusan in class training.KESIMPULAN ‡ Pengembangan SDM merupakan salah satu upaya perusahaan untuk memanfaatkan potensi sumber daya manusia secara maksimal. sertifikat kompetensi on the job training dan rekomendasi dari mentor pesertaa pelatihan. PLN (Persero) melakukan pengelolaan SDM salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas SDM melalui pelatihan dan pendidikan yang dilaksanakan oleh unit Pusdiklat PLN.

TERIMAKASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful