Radioaktivitas

Fisika MoDern

Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa berkat limpahan rahmat dan bimbinganNya,kami selaku penyusun makalah, mengucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu dosen, yang telah membimbing dan mengarahkan demi penyelesaian makalah ini tepat pada waktunya . Sehingga dapat memperluas pandangan dari teman – teman mahasiswa, tentang kami menjadi makalah konsep radioaktif,demi dan lebih ini baik . Dalam banyak secara mempelancar proses mata kuliah, penambahan pengetahuan mendongkrak Apabila kekeliruan nilai – nilai makalah ini terurai tentang radioaktif secara umum . dalam penyusunan pengetikan terdapat dalam dan kesalahan – kesalahan

umum, kami selaku penyusun minta maaf kepada bapak dosen ( karena manusia tidak luput dari khilaf dan salah ), dan apabila terdapat kesalahan dalam penyusunan makalah ini, kami sebagai penyusun meminta agar dikoreksi sehingga dapat mengintrospeksi makalah selanjutnya menjadi lebih baik .

Penyusun, Kelompok 6

Daftar Isi

Kelompok 6 Property 1

11 Bab III Penutup …. Waktu Paro …. Sifat sinar Radioaktivitas …………. Peluruhan Radioaktif ………….5 Fisika MoDern …………………………………………………… …………………………………………………… …………………………………………… …………………………………………………… …………………………………………………… c. Struktur Inti …. 3 Bab II Isi Meliputi . 2 Bab I Pendahuluan …………. 13 …………………………………………………… …………………………………………………… …………………………………………………… …………………………………………… …………………………………………… BAB I Kelompok 6 Property 2 . 8 – 10 f. 7 . Asal mula Radioaktivitas…………………………………………………… ….6 d. 5 . 12 Daftar Pustaka ….Radioaktivitas Kata Pengantar ….8 e. Gaya inti …. a. 4 . 1 Daftar Isi …. 4 b.

Tentu kita sudah mendengar dan mungkin sudah membaca tentang fenomena Bom Atom yang dijatuhkan pasukan sekutu di Hiroshima dan Nagasaki pada perang dunia ke-II. Mempelajari struktur memberikan sifat – sifat atom. Hingga saat ini di Jepang masih dijumpai orang-orang yang cacat fisik akibat radiasi zat radioaktif tersebut. Terdapat kemiripan antara struktur inti dan struktur atom.Radioaktivitas Fisika MoDern PENDAHULUAN Banyak yang telah diketahui secara empiris tentang inti atom sebelum tahun 1930. sedangkan struktur inti memberikan pemahaman mengenai terduga . Kerusakan yang ditimbulkan tidak saja terhadap lingkungan tetapi juga terhadap tubuh manusia dan mahluk hidup lainnya sebagai akibat dari radiasi sinar yang ditimbulkan oleh zat-zat radioaktif. tinggi dan luas. sehingga kita agak mudah mempelajari sifat – sifat inti . Awan berbentuk cendawan tersebut efek mengandung merusak jutaan zat radioaktif yang menimbulkan sampai radius puluhan kilometer. tetapi hanya setelah penemuan neutron oleh james dari Chadwick pada tahun 1932 maka yang mendalam yang tidak pemahaman mengenai sistematik atom sifat – sifat banyak struktur inti dapat pemahaman materi baru diperoleh .keadaan tereksitasi . Inti sebagaimana atom mengikuti keadaan hukum – hukum dasar dan foton – foton fisika kuantum . Kelompok 6 Property 3 . Di samping menimbulkan bunyi ledakan yang sangat dahsyat Bom Atom juga menghasilkan awan berbentuk cendawan yang padat. Inti keadaan – keadaan ( berupa sinar juga mempunyai tejadi tereksitasi serta memancarkan gamma ) bila transisi antara keadaan.

yang terikat bersama oleh gaya – gaya inti . dari kebingungan kadang– kadang dituliskan sebagai subskrip pada lambang kimia. sedangkan netron merupakan partikel tidak bermuatan dengan massa 1. Notasi ini secara lengkap menentukan maka nomor atom Z tujuh neutron ditulis Untuk menghindarkan B. Suatu nuklida ditandai dengan nomor massa yang ditulis sebagai superskrip pada lambang kimia . Struktur inti Fisika MoDern Inti terdiri dari dua jenis partikel. sedikit lebih besar dari massa proton.602 x 10-19 C.a. Fakta menunjukkan bahwa proton-proton bersatu di dalam inti atom pada Kelompok 6 Property 4 . proton dan neutron. Secara elektrostatis proton-ptoton dalam inti atom akan saling tolak dengan gaya tolak menolak Coulomb (gaya elektrostatis) yang akan makin besar jika jarak dua buah proton makin dekat. 1 Nomor Semua massa adalah dengan nilai jumlah Z total nucleon ( neutron dinyatakan dan proton dalam inti ) . Proton adalah partikel bermuatan positif (qp = 1. James Chadwick. dan nuklida yang terdiri dari 7 proton dan N. 1932). Nomor massa suatu A = Z + N …………………Pers.m. Di atas telah dibahas bahwa inti atom terdiri atas proton dan netron. inti yang sama dengan lambang kimia dari unsur yang bersangkutan . Gaya Inti nuklida jika nomor – nomor atom dan lambang unsur diketahui . Semua inti dengan nilai – nilai Z dan A yang sama menyusun suatu spesies inti tertentu yang disebut Nuklida .007276487 sma) disebut juga inti atom hidrogen.008664891 s. Misalnya nuklida 14 inti adalah jumlah proton ( Z ) dan jumlah neutron ( N ) yang 14 tersusun dari 6 proton dan delapan neutron ditulis C. mp = 1.Radioaktivitas BAB II ISI A.

Radioaktivitas Fisika MoDern jarak yang sangat dekat ( sekitar 2x 10-15 m ). protonnetron. Untuk itu para ahli Fisika mengusulkan teori tentang Gaya Inti yaitu gaya tarik menarik antara partikel penyusun inti dengan sifat-sifat : 1. dan netron-netron. Gaya inti merupakan gaya dekat artinya gaya ini hanya bekerja jika kedua partikel dalam inti cukup dekat (berada pada jarak tertentu sekitar 10-15 m). sesuatu yang belum pernah terjadi. Selain gaya elektrostatis antara partikel penyusun inti bekerja pula gaya Gravitasi. Sehingga dapat dipastikan bahwa gaya Gravitasi bukan faktor dominan dalam mengikat partikel-partikel inti. 2. Jika gaya inti bekerja juga sampai jarak yang jauh. namun besarnya sangat kecil karena massa partikelnya juga sangat kecil. Gaya inti tidak bekerja pada jarak yang sangat dekat sekali. maka seluruh partikel di jagad raya akan berkumpul menjadi satu. Ilustrasi yang paling mendekati untuk menggambarkan gaya inti adalah menggunakan dua buah bola yang dihubungkan permanen sebuah pegas. maka semua netron akan menjadi satu. 4. Berdasarkan pemikiran jangkauan gaya inti sekitar 10-15 m maka dapat diperkirakan energi diam partikel Kelompok 6 Property 5 . Gaya inti tidak disebabkan oleh muatan partikel atau bukan merupakan gaya listrik. Artinya gaya inti terjadi pada proton-proton. karena pada keadaan ini akan berubah menjadi gaya tolak. 5. Jika gaya inti bekerja juga pada jarak yang sangat dekat. Gaya inti antara dua partikel tidak tergantung pada jenis partikelnya. Gaya harus sangat kuat atau harus jauh lebih besar dari pada gaya elektrostatis 3. di mana secara elektrostatis proton-proton tidak mungkin bersatu.

Keadaan tidak stabil dicapai apabila jumlah proton (Z) lebih besar dari jumlah netron (N). sebab eksistensi elektron baru dikietahui dua tahun berikutnya) menunmuk material tertentu. Mengapa gaya elektrostatis pada keadaan Z > N lebih besar? Karena gaya elektrostatis memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan gaya inti. sehingga dapat Kelompok 6 Property 6 . C. Keadaan stabil di capai apabila jumlah proton (Z) lebih sedikit atau sama banyak dengan jumlah netron.Radioaktivitas Fisika MoDern yang dipertukarkan. sehingga dewasa ini digunakan untuk memotret bagian dalam suatu benda yang tidak kelihatan dari luar. Sinar X ternyata mempunyai daya tembus yagn tinggi terhadap materi. Keadaan ini memungkinkan gaya inti lebih besar dibandingkan dengan gaya elektrostatis. Asal Mula Radioaktif Penemuan keradioaktif Pada tahun 1985 Wilhem Konrad Rontgen (1845-1923) dari Jerman menemukan bahwa apabila arus elektron (saat itu namanya “sinar katode”. energi inilah yang dinamakan Energi ikat inti. Bagaimana zat itu bisa terjadi ? Secara garis besar inti atom akan berada dalam dua keadaan dasar yaitu Keadaan Stabil dan Keadaan Tidak Stabil yang ditentukan oleh komposisi partikel penyusun inti. dan nama itu tertanam sampai sekarang. Radiasi yang belum pernah dijumpai sebelumnya itu dinamai sinar-X oleh Rontgen. maka akan timbul suatu radiasi fluoresensi (pendar cahaya). Hal ini akan menyebabkan gaya elektrostatis jauh lebih besar di bandingkan dengan gaya inti. misalnya anode logam.

Inti atom yang tidak stabil inilah yang dapat melakukan aktivitas radiasi (melakukan peluruhan) hingga mencapai keadaan stabil. Sifat sinar radioaktif Sebagaimana telah diketahui.Radioaktivitas Fisika MoDern pada partikel proton yang berdekatan dan berseberangan sekalipun. Inti atom seperti inilah yang akan melakukan aktivitas radiasi secara spontan sampai tercapai keadaan stabil. Jika nuklida anak (hasil peluruhan) juga radioaktif. tidak terkontrol dan menghasilkan radiasi. Nuklida tak mantap atau radiokaktif adalah nuklida yang serta merta merubah dirinya sendiri (meluruh) menjadi nuklida yang lain. D. ia meluruh lebih lanjut sampai suatu mantap dibentuk.007276 s.m. Hanya beberapa ratus dari ribuan nuklida yang telah diketahui adalah mantap. ditunjukkan oleh Gambar 2. Radioaktivitas dan Zat Radioaktif? Radioaktivitas didefinisikan sebagai peluruhan inti atom yang berlangsung secara spontan.675 × 10-24 gram (1. Jumlah netron dan proton pada Gambar 1 sama banyaknya sehingga inti bersifat stabil. Demikian dapat juga dikatakan bahwa aktivitas radiasi atau radioaktivitas merupakan aktivitas proton dan netron. sedangkan sebutir neutron memiliki massa 1.m. Inti atom mengandung proton-proton dan neutron. Sebaliknya jika jumlah proton lebih besar dari jumlah netron maka inti bersifat tidak stabil.a). Perbedaan Kelompok 6 Property 7 . suatu atom tersusun dari inti atom yang dikelilingi elektron. Unsur yang memancarkan radiasi seperti ini dinamakan zat radioaktif. a). Keadaan inti dengan jumlah proton (Z) lebih besar dari jumlah netron (N) akan menghasilkan zat radioaktif. Sebutir proton memiliki massa 1. yang dikenal sebagai nukleon.673 × 10-24 gram (1.008665 s.

000549 s. Sinar beta merupakan kumpulan partikel kumpulan partikel beta yang tidak lain adalah elektron -10e.05 MeV dibebaskan dalam bentuk radiasi elektromagnetik berupa sinar gamma. adapun sebutir elektron memiliki massa 9. Jika didalma inti atom terjadi perubahan neutron menjadi proton maka akan terciptalah elektron yang segera dipancarkan berupa partikel beta. yaitu 1 s. Sinar gamma merupakan kumpulan foton. 77 % dari inti atom memancarkan partikel alfa yang mempunyai energi 4. Muatan proton ditetapkan +1 dan muatan elektron -1. ketika atom uranium meluruh. sedangkan proton mempunyai muatan yang sama besar dengan muatan elektron tetapi berlawanan tanda. yaitu partikel yang tidak bermassa dan tidak bermuatan. yaitu 1.m. Sinar gamma dipancarkan oleh inti atom untuk mengurangi kelebihan energi. Sebagai contoh.). Kelebihan energi sebesar 0.a. maka lambang partikel alfa adalah 24He.13MeV. Oleh karena penyusun partikel alfa ini serupa dengan penyusun inti atom helium. Kelompok 6 Property 8 Lambang 11p 01n -10e . Partikel Proton Neutron elektron 1.a. Neutron tidak bermuatan listrik. Komposisi sinar radioaktif Sinar alfa merupakan kumpulan partikel alfa dan sebuah partikel alfa terdiri atas dua butir proton dan dua butir neutron.11 × 10-28 gram (0.602 × 10-19 coloumb. sehingga massa elektron dapat dianggap nol.18 MeV. sedangkan 23% sisanya memancarkan partikel alfa dengan energi 4.Radioaktivitas Fisika MoDern massa proton dan neutron begitu kecil sehingga dianggap bahwa proton dasn neutron mempunyai massa yang sama.m. massa elektron ini sangat kecil jika dibandingkan terhadap massa suatu atom.

Dari ketiga jenis sinar radiio aktif. Diatara ketiga jenis sinar radio aktif. meskipun jumlah yang cukup banyak hanya dapat membakar kulit manusia. Tergantung pada energi kinetik awalnya. E. Peluruhan radioaktif  Isotop Jumlah proton sama tapi jumlah neutron beda  Isobar Kelompok 6 Property 9 . Partikel beta. Partikel yang massanya besar memiliki daya tembus yang kecil. yang massanya hanya 1/7000 dari massa partikel alfa. Sudah tentu daya tembus ini tergantung pada massa partikel. Radiasi sinar radioaktif Lambang 24He -10e γ Fisika MoDern Sinar radioaktif memiliki daya tembus terhadap materi. parikel alfa memopunyai massa besar. Partikel alfa tidak mampu menembus kulit manusia.Radioaktivitas Partikel Alfa Beta gamma 2. sehingga hilang energi kinetiknya. sinar gama memiliki daya tembus paling besar sebab tidak bermassa seperti halnya cahaya dan dapat merusak jaringan. Jika partikel alfa dapat ditahan oleh selembar kertas dan partikel beta dapat dihadang oleh sekeping papan lapisan tipis alumunium maka diperlukan tembok beton atau logam timbal setebal 5 cm untuk menyetop sinar gamma. Ia hanya mampu terbang sejauh beberapa sentimeter. lalu bertabrakan dengan molekul diudara. Ketika dipancarkan oleh inti atom. dapat menempu jarak yang lebih jauh karena lebih sukar dicegat oleh molekul udara. Partikel beta daqpat mencapai jarak 300 cm dalam udara kering.

sedangkan neutron menyediakan gaya kuat inti untuk mengimbangi gaya tolak menolak antar proton. Jika Z>83 gaya tolak menolak antar proton sedemikan besarnya. Jika jumlah proton semakin banyak gaya tolak menolak antar proton juga meningkat sesuai dengan hukum coulomb. sehingga neutron seberapa banyaknya tidak mampu menjaga kestabilan inti atom. jumlah neutron yang diperlukan untuk kestabila inti harus sama sama dengan jumlah proton. sehingga jumlah neutron harus lebih banyak dari jumlah proton agar inti atom stabil. atau hampir A-Z Kelompok 6 Property 10 . Z>83 merupakan nuklida yang tidak stabil. Kestabilan inti Proton berfungsi menyediakan mutan Fisika MoDern positif. Bagi unsur dengan jumlah proton yang kecil. dan secara spontan mengalami peluruhan menjadi nuklida yang stabil dengan cara memncarkan sinar radioaktif.Radioaktivitas Hanya jumlah nukleon yang sama  Isoton Jumlah nuklida dan neutron sama 1.

Kelompok 6 Property 11 . dengan mengubah elektron menjadi proton. Sejak harga Z lebih dari 20 kurva ini membelok keatas dan akhirnya kurva itu terputus pada harga Z=83. mengalami peluruhan berubah menjadi nuklida yang lebih stabil. mereka berusaha mengurangi neutron dengan dua cara. 2. a. Jenis peluruhan nuklida-nuklida yang tidak stabil dengan atau sendirinya bersifat radioaktif. Unsur diseberang kurva kestabilan Unsur yang terletak diatas kurva kestabilan mempunyai harga n/p terlalu besar. Pada reaksi peluruhan inti atom berlaku hukum kekekalan massa dan muatan. Pemancaran neutron Contoh : 25He 24He + 01n 11p + -10e 714c + -10e sinar beta. Massa dan muatan sebelum dan sesudah reaksi sama Unsur radio aktif dapat dibagi menjadi 3 kelompok. Pemancaran Contoh : 01n 614c b. Unsur diatas kurva kestabilan b. Hal ini berarti bahwa semua isotop dengan Z>83 tidak stabil dan merupakan unsur radioaktif.Radioaktivitas Fisika MoDern Pada gambar terlihat bahwa pada harga Z yang rendah kurva P(Z) kestabilan inti menyatakan n/p=1. yaitu a. Unsur dibawah kurva kestabilan c.

Penangkapan elektron dari kulit K sehingga terjadi reaksi: Unsur yang terletak diseberang kurva kestabilan berusaha untuk mengurangi proton dan neutron dengan cara memancarkan sinar alfa. Contoh : 11p 611C Contoh: 11p 1223Mg + + 01n + -10e 511Be + +10e -10e -10e 01n 1123Na b. a. Pemancaran positron dengan mengubah proton menjadi neutron. Contoh: 84212Po 82208 Pb + 24He Kelompok 6 Property 12 .Radioaktivitas Fisika MoDern Unsur yang terletak dibawah kurva kestabilan mempunyai harga n/p terlalu kecil sehingga mereka berusaha untuk mengurangi proton dengan dua cara.

Z=2) dipancarkan dari (A-4. Untuk menghentikan gamma diperlukan lapisan metal tebal. unsure unsure 214 92 6 Po84 memiliki waktu paro 1. partikel beta tidak mampu menembus pelat alumunium.6 14 222 Rn86 empat hari. NtNo=(12)tt1/2 Kelompok 6 Property 13 . Sebagai contoh. unsure 214 86 1/2 ) adalah waktu yang diperlukan oleh zat radioaktif untuk berkurang menjadi separo x 10-4– detik. unsur C6 5730 tahun.Radioaktivitas Fisika MoDern Partikel Alfa tidak mampu menembus selembar kertas. Masing-masing unsur radioaktif mempunyai harga waktu paro yang 84 sudah tertentu. Z) F. sama dengan umur bumi. namun karena penyerapannya fungsi eksponensial akan ada sedikit bagian yang mungkin menembus pelat metal Peluruhan alfa Sebuah partikel alfa (A=4. waktu paro Yang dimaksud dengan waktu paro adalah (t (setengah) dari jumlah semula. dan U memiliki waktu paro 4. Zinti 2) Peluruhan beta Peluruhan gamma Sebuah inti memancarkan elektron dan sebuah antineutrino || (A.5 milyar tahun. Dengan mengetahui waktu paro suatu unsure radioaktif. Z+1) Sebuah inti yang tereksitasi melepaskan sebuah foton energi tinggi (sinar gamma) (A. kita dapat menghitung jumlah unsure itu yang masih tersisa setelah selang waktu tertentu.

Kelompok 6 Property 14 . Unsur 86222Rn mempunyai waktu paro 4 hari jika unsure ini mulamula berjumlah 64 gr. Inti terdiri dari dua jenis partikel. Unsur 55137Cs mempunyai waktu paro 30 tahun.602 x 10-19C. yang terikat bersama oleh gaya – gaya inti .007276487 sma) disebut juga inti atom hidrogen. berapa gram yang masih ada setelah 20 hari? Jawab: Nt/64 = (1/2)20/4 Nt = (1/2)5 x 64 = 1/32 x 64 = 2 gr 2.Radioaktivitas Fisika MoDern Dimana. Berapa tahun waktu paro yang diperlukan untuk menjadikan unsure tersebut tinggal 25% dari jumlah semula? Jawab: 22/100 = (1/2)t/30 ¼ t/30 = (1/2)t/30 =2 t = 60 tahun Bab III Penutup Kesimpulan 1. Nt = jumlah zat yang tersisa No = jumlah zat mula-mula t = waktu peluruhan t1/2 = waktu paro Contoh Soal: 1. 2. proton dan neutron. Proton adalah partikel bermuatan positif (qp = 1. mp = 1.

3. UI Press. 1987. Jakarta 2. 1992. Fisika Modern ( Terjemahan : Hans J. Jakarta . pokok – pokok fisika modern. Arthur Beiser. Saran 1. konsep fisika modern ( terjemahan: The Houw Liong ). Kusminarto. Wospakrik ). 4. Jakarta 3. sedikit lebih besar dari massa proton . ITB . Bandung Kelompok 6 Property 15 . Konsep radioaktif ini banyak manfaatnya sehingga kami sebagai penyusun memberikan saran agar konsep ini dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca . Erlangga. Dalam inti atom sekurang-kurangnya terdapat tiga gaya yang penting yaitu Gaya elektrostatis. H. Dirjendikti Depdikbud. Gaya Gravitasi dan Gaya Inti. 1993.008664891sma. Supangkat. DAFTAR PUSTAKA 1. Catatan Kuliah Fisika Modern . Kennet Krane. 1983.Radioaktivitas Fisika MoDern sedangkan neutron merupakan partikel tidak bermuatan dengan massa 1.

Modul Universitas . M. et . 6. Wehr . terbuka .R. Al. Y 1987 . Manila . Jakarta . 1980. addition – Wesley. Sumardi. Physics of the atom.Radioaktivitas Fisika MoDern 5. Kelompok 6 Property 16 . Modul Fisika Inti .

3. Teori pada point ke-3 yaitu unsur diseberang kurva kestabilan sudah dilampirkan dalam makalah. Unsur yang terletak di atas kurva kestabilan mempunyai harga n/p terlalu besar. Mengapa neutron harus dikurangi ? dan penjelasan teori berikutnya ? Jawab : Dimana dalam kestabilan suatu inti bagi unsur dengan jumlah proton yang kecil (sampai Z= 20). Sinar gamma dipancarkan oleh inti atom untuk mengurangi kelebihan energi. seperti dirujuk dalam kurva. sedangkan sinar X dapat ? Jawab : karena sinar alfa merupakan partikel yang memiliki panjang gelombang panjang. Sinar beta merupakan kumpulan partikel beta yang tidak lain adalah elektron (-10e). Sedangkan sinar X memiliki radiasi yang mempunyai daya tembus yang tinggi terhadap materi Kelompok 6 Property 17 . Sedangkan sinar gamma merupakan kumpulan foton. Jelaskan 2 sifat sinar radioaktif ? Jawab : 1). sehingga mereka berusaha untuk mengurangi neutron. yaitu partikel α. Dengan perkataan lain harga n/p = 1 atau mendekati 1. Mengapa sinar alfa (α) tidak dapat menembus suatu benda atau organ tubuh manusia. Jika di dalam inti atom terjadi perubahan neutron menjadi proton maka akan terciptalah elektron yang segera dipancarkan berupa partikel beta. jumlah neutron yang diperlukan untuk kestabilan harus ”sama atau hampir sama” dengan jumlah proton dalam inti.Radioaktivitas Fisika MoDern LAMPIRAN PERTANYAAN & JAWABAN 1. yaitu partikel yang tidak bermassa dan tidak bermuata. 2. Komposisi sinar radioaktif Sinar alfa merupakan kumpulan partikel alfa dalam sebuah partikel alfa terdiri atas dua butir proton dan dua butir neutron. Semakin panjang suatu geleombang (λ) maka semakin kecil daya tembusnya terhadap suatu benda atau energinya kecil.

tinggi dan luas. 5. sehingga dewasa ini digunakan untuk memotret bagian dalam suatu benda atau organ tubuh yang tidak terlihat dari luar. Hingga saat ini di Jepang masih dijumpai orang-orang yang cacat fisik akibat radiasi zat radioaktif tersebut. Berikan contoh dampak dari unsur radioaktif ? Jawab : dampaknya misalkan bom atom yang dijatuhkan oleh sekutu di Hiroshima dan Nagasaki yang menimbulkan ledakan dan awan berbentuk cendawan yang padat. Kerusakan yang ditimbulkan tidak saja terhadap lingkungan tetapi juga terhadap tubuh manusia dan mahluk hidup lainnya sebagai akibat dari radiasi sinar yang ditimbulkan oleh zat-zat radioaktif. Kelompok 6 Property 18 .Radioaktivitas Fisika MoDern yang berkaitan dengan panjang gelombangnya. 4. Mengapa harga Z pada kurva lebih dari 20 membelok ke atas sedangkan dalam makalah dibawah 20 serta dimana garis putusputusnya ? Jawab : sebenarnya dalam makalah ini khususnya pada kurva pada harga Z garisnya sudah membelok dan garis putus-putusnya terletak di pinggir garis luar kurva sebelah kanan. Awan berbentuk cendawan tersebut mengandung jutaan zat radioaktif yang menimbulkan efek merusak sampai radius puluhan kilometer.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful