KLASIFIKASI TUMOR Jenis Jenis tumor berdasarkan sifatnya diklasifikasikan menjadi

:
y y

Jinak Ganas

Tumor Jinak. Tumor jinakmerupakan suatu kelainan dengan pertumbuhan yang lambat, yang biasanya tidak menembus jaringan sekitarnya aau menyebar ke bagian lain dalam tubuh. Pada waktu tumor jinak timbul pada epitel atau permukaan mukosa, tumor akan tumbuh menjauhi permukaan,karena tumor tidak dapat mengadakan infasi,sehingga sering kemudian terbentuk polip yang bentuknya bertangkai atau tonjolan datar Walaupun tumor jinak ,sesuai dengan definisi,letaknya terlokalisir dan terbatas tegas dengan jaringan asal tumor jinak dapat menyebabkan masalah /kesulitan klinis yang di sebabkan oleh:  Tekanan/desakan pada jaringan sekitarnya (misalnya tumor jinak menigan menyebabkan epilepsi)  Obstruksi aliran cairan (misalnya tumor jinak epitel dari suatu saluran akan menutup aliran)  Produksi hormon (misalnya tumor jinak tiroid menyebabkan tiroksikosis)  Tranformasi menjadi neo plasma ganas (misalnya polip adenomatosa menjadi adeno karsinoma)  Ketakutan (kekawatiran penderita karena memperkirakan penyakitnya dapat menyebabkan kemtian) Ciri tumar jinak : Bersinpai dan tumbuh mendesak jaringan sekitar disebut juga ekspansif

Tumor ganas  Infasif,jadi mampu menyebar secara langsung atau metatasis  Pertumbuhan relatif cepat  Bermacam-macam kemiripan bentuk histologinya dengan jaringan asal Jaringan/sel tumor ganas,secara histologi mempunyai lebih sedikit kemiripan dengan sel/jaringan induk(asal) di banding dengan tumor jinak. Tumor ganas tumbuh magnifiltrasi dan merusak jaringan sekitarnya,dan memungkinkan sel neplastik menembus dinding pembuluh darah dan pembuluh limpe,dan dengan demikian menyebar kesisi yang lain. Proses penting ini disebut metastasis dan tumor sekunder yanga dihasilkan disebut metatases. Penderita dengan metatases yang luas sering disebut menderita carsino matosis.

biasanya baik Normal buruk biasanya Bentuk inti sering normal hiperkromatik.inti banyak.ireguler.Ciri-ciri tumor ganas :         Tumor ganas tumbuhnya infiltratif Residif (kambuh) Metatastasis (anak sebar) Tumor ganas tumbuhnya cepat Perubahan inti sel Anaplasi Kehilanga ploralitas Tumor ganas jika tdk di obati Penyebaran tumor ganas Di bedakan penyebaran setempat dan penyebaran jauh/metatasis.dan pleomorfik Invansi tidak ya Metastasis tidak pernah sering batas Pembatasan batas tidak tegas/ireguler tegas/berkapsul Nekrosis jarang sering sering pada kulit/permukaan Ulserasi jarang mukosa Arah pertumbuhan pada sering eksofitik sering endofitik kulit/permukaan mukosa . Kejadian pada penyebaran tumor ganas:  Adanya pelepasan sel tumor yang dapat hidup autonom  Adanya jalan penyebaran  Adanya lingkungan yang memberikan kemungkinan untuk hidupnya sel tumor pada tempat yang baru. Karateristik tumor jinak dan ganas Sifat jinak ganas Kecepatan tumbuh lambat relatif cepat Aktifitas mitosis rendah tinggi Kemiripan dengan jaringan bermacam-macam.