Kelompok 12 Ilmu Kependudukan

‡Rohana Fazrika T (25010110130218) ‡Septy Indah W (25010110130219) ‡Jauharotin N A (25010110130220) ‡Denny Rachmawan (25010110130221) ‡Agus Iskandar (25010110130222) ‡Pawit Sumiyati (25010110130223) ‡Meuthika N F (25010110130224) ‡Christina HN Damanik (25010110130225) ‡Susanti Handayani (25010110130226)

Banyaknya bayi yang lahir hidup.FERTILITAS ( FERTILITY) ‡ Pengertian Hasil reproduksi yang nyata dari seorang wanita atau sekelompok wanita. berperan dalam perubahan penduduk .

Sumber Data Fertilitas ‡ Registrasi Data yang tersedia : data statistik kelahiran (birth statistic) Kelemahan o Ketepatan defenisi yang dipakai dan aplikasinya o Kelengkapan registrasi o ketepatan alokasi tempat o Ketepatan alokasi waktu o Ketepatan pengelompokan kelahiran berdasarkan karakteristik ekonomi/ demografi .

komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin b.‡ Sensus Data yang tersedia : a. Data penduduk yang berhubungan dengan variabel fertilitas (mis. Penduduk usia kawin) . Jumlah anak yang dilahirkan dalam suatu periode yang lalu (mis. 1 tahun yang lalu) d. Jumlah anak yang pernah dilahirkan hidup c.

kelemahan o Keterangan jumlah anak yang pernah dilahirkan tergantung pada daya ingat si ibu o Keterangan fertilitas bergantung pada ketepatan dalam memperkirakan jangka waktu 1 tahun sebelum sensus o Keterangan penduduk yang dikaitkan dengan fertilitas juga menanggung kesalahan pelaporan umur oleh penduduk .

Data penduduk yang berhubungan dengan variabel fertilitas (mis. Jumlah anak yang pernah dilahirkan hidup c. Komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin b. Penduduk usia kawin) . Jumlah anak yang dilahirkan dalam suatu periode yang lalu d.‡ Survei Data yang tersedia: a.

‡ kelemahan Kelemahan-kelemahan yang ditemui pada sensus juga berlaku dalam survei .

Angka Fertilitas Umum (General Fertility Rate) c. Angka Fertilitas Kasar (Crude Birth Rate) b. Angka Fertilitas Total (Total Fertility Rate) .Ukuran Fertilitas a. Angka Fertilitas menurut Umur (Ages Spesific Fertility Rate) d.

Angka Fertilitasb Kasar/ CBR  Menggambarkan angka kelahiran hidup dalam waktu 1 tahun  Intepretasi : tingginya angka CDR menggambarkan bahwa jumlah wanita subur yang melahirkan pada periode dan wilayah tertentu tinggi  Rumus CBR = (Jumlah kelahiran 1 tahun ÷ jumlah populasi pertengahan tahun) × K .

‡ Rumus : GFR = (Jumlah kelahiran 1 tahun ÷ Jumlah wanita reproduksi tahun yang sama) × K . ‡ Intepretasi : angka kelahiran yang dikaitkan dengan tingkat reproduktivitas wanita dalam status mampu hamil.Angka Fertilitas Umum ( General Fertility Rate) ‡ Menggambarkan tingkat reproduksi aktual dari seluruh wanita dalam masa mampu hamil(15-49 thn).

‡ Intepretasi: tingginya angka kelahiran menurut umur menggambarkan bahwa tingkat kelahiran pada wanita usia tertentu atau golongan usia tertentu tinggi pula.Angka Fertilitas Menurut Umur (Age Specific Fertility Rate) ‡ Menggambarkan jumlah kelahiran dari wanita pada kelompok umur tertentu. ‡ Dengan ASFR dimungkinkan pembuatan analisa perbedaan fertilitas menurut berbagai karakteristik wanita dan study fertilitas menurut Kohort. ‡ Rumus : (Jumlah kelahiran wanita kelompok umur tt ÷ jumlah penduduk wanita pada kelompok umur tt) × K .

‡ Rumus : ‡ TFR = C × ASFR .Angka Fertilitas Total (Total Fertility Rate) ‡ Menggambarkan keadaan fertilitas yang sebenarnya pada waktu tertentu. ‡ Mengetahui rata-rata jumlah anak yang dilahirkan oleh wanita pada waktu wanita tersebut memasuki usia subur hingga melampaui batas usia reproduksinya(15-49 thn) ‡ Intepretasi : makin tinggi angka TFR menggambarkan bahwa rata-rata jumlah anak yang dilahirkan tinggi pula.