TUGAS LITERRATURE REVIEW STRUMA

Ujian Mini CEx Divisi Onkologi Departemen Bedah
T. M. Haykal Putra 0606028754 1.Kista Duktus Thyroglossus
Thyroglossal duct cysts (TGDCs) adalah salah satu massa kongenital tersering yang dapat ditemukan pada leher. TGDCs adalah massa yang ditemukan pda midline leher. Kista ini terbentuk akibat kegagalan involusi dari duktus tiroglossus. Pada proses perkembangannya, kelenjar tiroid turun ke tempatnya yang seharusnya melalui suatu duktus bernama tiroglossus. Normalnya, duktus ini akan berinvolusi. Patensi dari duktus ini menimbulkan potensi besar terbentuknya kista duktus tiroglossus. Munculnya kista di leher pada penyakit ini baru terbentuk bertahun-tahun setelahnya (biasanya usia kurang dari 30 tahun). Biasanya kemunculannya diasosiasikan dengan infeksi saluran pernapasan atas. Massa yang muncul dapat berlokasi mulai dari batas bawah tulang hyoid sampai setinggi tiroid. Kista yang muncul biasanya tidak menimbulkan gejala apapun selain pembesarannya namun pada beberapa kasus dapat menimbulkan gangguan tiroid. Kista ini juga dapat terinfeksi dan menimbulkan abses dan reaksi radang. Tata laksana penyakit kongenital ini adalah reseksi bedah.

Sumber: Smith JC, Meyers AD. Neck, cysts. Medscape.com. [updated Aug 5,2009]. Retrieved on 22nd June 2011.

Philadelphia: McGraw-Hills. Kelenjar tiroid pada orang dewasa berwarna cokat. 2010.2. et al. Kapsul pembungkus yang sebenarnya dari kelenjar tiroid adalah lapisan fibrosa yang tipis dan berinvaginasi ke dalam kelenjar membentuk pseudolobulus. P. Kelenjar tiroid dilapisi oleh jaringan ikat longgar yang terbentuk dari pemisahan Deep Cervical Fascia. Sumber: Brunicardi. Kelenjar tiriod normal memiliki berat 20 gram. Kapsul tiroid ini memadat ke posterior suspensor dari Berry’s ligament dekat kartilago cricoid. Schwartz’s principles of surgery. 1344-69. bervariasi tergantung berat badan dan jumlah konsumsi iodium. .Anatomi Kelenjar Tiroid (khususnya perlekatan) Gambar di bawah memperlihatkan struktur kelenjar tiroid dan jaringan sekitarnya. 9th ed. padat dan berlokasi di bagian posterior otot sternotiroid dan sternohyoid. Kelenjar tiroid mendapat perdarahan dari arteri tiroidea superior yang berasal dari arteri karoti eksterna ipsilateral dan arteri tioridea inferior yang berasal dari trunkhus tiroservikal dari arteri subklavia. Lobus kelenjar tiroid melekat pada tulang rawan tiroid dan dihubungkan satu sama lain melalui isthmus yang berlokasi pada inferior dari tulang rawan cricoid. Charles.

Keringat berlebihan d. Efusi pleura u. Lecture: Kelainan pada tiroid. 4.com. Medscape. Depresi o. Penurunan nafsu makan d. Muka kemerahan p. Lee SL. Rambut rontok e. Diare q. Hipotiroidisme a. Hipertensi sistolik l. Gangguan haid s. Finger clubbing b.[updated May 23. Usia saat manifestasi muncul (> 60 tahun atau < 30 tahun) c. Peningkatan Berat Badan q. Hiperaktivitas g. Takikardia k. Gangguan mental n. Penurunan Berat badan i. Tidak tahan panas e. Eksoftalmus o. Edema lokal r. Suara serak m.Gejala neoplasma pada struma Risiko ganas pada pembesaran tiroid: a.com. June 2011. Gangguan menstruasi j. Cemas c. Nyeri sendi dan otot g. Briani F. FKUI – RSCM. Progresivitas pembesaran nodul (rapid growth) d.2011]. Sulit berkeringat i.3. Sesak napas dan tersedak Sumber: . Pandangan berkabur k.2011]. Lekas lelah Sumber: Bharaktiya S. Suara serak e. Retrieved on 22nd June 2011. Gelisah b. Painless nodule b. Mixedema B. Konstipasi r. Disfagia f. Medscape. Hypothyroidism slinical presentation. Retrieved on 22nd June 2011. Kulit hangat dan lembab m. Kulit kering f.[updated May 23. Gangguan pendengaran l. Kelemahan otot n. Kesemutan j. Berdebar-debar h. Bradikardia t. Mengantuk c. Tidak tahan dingin p.Manifestasi Klinis Hipertiroid dan Hipotiroid A. Gangguan fungsi memori dan konsentrasi h. Hipertiroidisme a. Tremor f. Hyperthyroidism.

.Brunicardi. Charles. et al. 9th ed. Schwartz’s principles of surgery. 2010. Philadelphia: McGraw-Hills.

Graves disease. Hashimoto thyroiditis clinical presentation. [updated Mar 12. gelisah. psikosis. Medscape. Schwartz’s principles of surgery.com . Pankreatitis. aritmia Sumber: .[updated June 2. dyspnea.com . Batu ginjal (poliuri. Riedel thyroiditis clinical presentation. 6. fixed and painless goiter Sudden (rapid growth) – gradual onset Unilateral . dysphagia. Lee SL. Medscape. Boone J. et al.com . nokturi. penurunan nafsu makan. Hipertensi. lobulated and painless enlarged thyroid Gradual onset (months to years) Hypothiroidism(rarely hyperthiroidysm) Pressure symptoms: Hoarseness and neck thightness Epidemiology women 30 – 50 years old Riedel Thyroiditis Hard (woody / stony). Kelemahan otot & fatigue d. Yeung SJ. 2008]. Kelainan hipoparatiroidisme biasanya diakibatkan kelainan kongenital ataupun iatrogenic. colic ginjal) b. Retrieved on 22nd June 2011. Tulang keropos c. hoarseness. batu saluran empedu. konstipasi f. Depresi. Medscape. 9th ed. mual. 2011]. Oleh karena itu manifestasi klinik khas dari pembesaran kelenjar paratiroid adalah gejala-gejala hiperparatiroidisme yang selalu dihubungkan dengan hiperkalsemia.[updated Sep 5. sakit kepala e. 2010]. Philadelphia: McGraw-Hills.Metode eksklusi differential etiologi autoimun Grave’s Disease Diffusely symmetrical enlarged thyorid Epidemiology women 40 – 60 years old Hyperthiroidism Hashimoto Thyroiditis Firm. and cough Epidemiology women 30 – 60 years old Hipoparathyroidism Sumber: Brunicardi. 2010. Gejala-gejala tersebut yaitu: a. Retrieved on 22nd June 2011. choking. Metode eksklusi differential organ paratiroid Pembesaran kelenjar paratiroid biasanya diikuti khas dengan keadaan hiperparatiroidisme. muntah.5.bilobar Hypothyroidism (rarely hyperthiroidysm) Compressive symptoms: neck tightness or pressure. Retrieved on 22nd June 2011. Charles.

Keberadaan sebuah benjolan harus diinvestigasi. Lansford CD. simterisitas. . Pemeriksa lalu memeriksa leher bagian anterior pasien dengan menggunakan kedua tangan. pasien sebaiknya berada pada posisi duduk atau berdiri dengan kedudukan leher sedikit ekstensi atau rileks. Pelaporan yang harus disampaikan adalah: • Lokasi (termasukbatas-batasnya pada 4 posisi) • Bentuk • Jumlah • Ukuran • Mobilitas • Konsistensi • Permukaan • Batas • Nyeri tekan • Keterlibatan KGB pada 7 level • Bruit sound Sumber: Smith TJ. Pemeriksa memastikan kedudukan kartilago tiroid. Retrieved on 22nd June 2011. Medscape.Essig GF. Evaluation of thyroid nodule. Massa yang tidak bergerak naik saat pasien menelan dapat diidentifikasikan sebagai massa lain. Pada palpasi. Retrieved on 22nd June 2011. 7. Neck and thyroid examination. 2010]. Identifikasi tiroid juga termasuk deskripsi mengenai permukaan kelenjar. Massa tiroid akan bergerak naik pada saat pasien menelan. Sinar cahaya jenis ini akan memperlihatkan adanya benjolan dan membantu kita mengidentifikasi kartilago cricoid dan thyroid. konsistensi dan ukuran. Ketika tiroid telah teridentifikasi pasien diminta menelan.com . Medscape. Keberadaan benjolan dilaporkan sesuai dengan deskripsikan yang dapat diperoleh pada pemeriksaan fisik. Pada Inspeksi.[updated 2006]. Pemeriksaan inspeksi dilakukan pada posisi anterior dan lateral. Saat palpasi. pemeriksa berada di belakang pasien. jauhnya infiltrasi massa tersebut hingga kecurigaan diagnosis yang dapat dtimbul.[updated June 30. batas.[updated 1990]. Parathyroid physiology. kartilago cricoid dan suprasternal notch. Medscape. Hasil investigasi tersebut dapat menyimpulkan banyak hal termasuk jenis organ yang membesar. Metode palpasi tiroid pada PF Periksaan fisik tiroid terdiri dari inspeksi dan palpasi. Retrieved on 22nd June 2011. sinar cahaya yang diharapkan berupa tangensial yang diarahkan ke dagu pasien. Pemeriksa meraba ke lateral hingga muskulus sternokleidomastoideus untuk mengidentifikasi kebradaan massa tiroid.com .com .

P.Bickley LS. 239-43. Bates’ guide to physical examination and history taking. 2008. . Lippincott williams and wilkins. Szilagyi PG.

Resume Pasien Ujian Identity Ny. et al. Serum TSH a. Distribusi aktivitas fungsional tiroid (menentukan cold nodule atau hot nodule) h. Assessment T4 replacement & suppressive therapy b. Lecture: Kelainan pada tiroid. Diagnosiss hipertiroidisme atau hipotiroidisme b. Deteksi awal hipertiroidisme d. 9th ed. 2010. Philadelphia: McGraw-Hills. TRH e. Briani F. Membedakan massa kistik dan padat c. T4 Total & T3 Total c. June 2011. FT4 & FT3 a. Menilai kelenjar tiroid dan struktur di sekitarnya j. Pemeriksaan penunjang untuk struma Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan pada pembesaran tiroid: a. serum throglobulin a. FNAB a. Ngadini 46 tahun 418 467-64-77 20 juni 2011 Keluhan Utama Benjolan pada leher kanan dan kiri sejak 2 tahun yang lalu . Deteksi tioriditis g. Radionuclide Imaging a. Schwartz’s principles of surgery. Menilai ekstensi ukuran kelenjar tiroid b. Evaluasi nodul tiroid (ukuran) b. Deteksi tiroiditis autoimun f. 9. Memandu FNAB i. CT Scan & MRI a.8. FKUI – RSCM. Tiroid antibodi a. Charles. Ultrasound a. Menilai sitologi sel tiroid Sumber: Brunicardi. Imaging of the tiroid (ukuran dan bentuk) b.

Gangguan menelan -. Bruit -.50C 153 cm 59 kg Inspeksi  tampak massa multipel pada colli anterior dan lateral dextra dan sinistra dengan warna kulit sesuai dengan sekitarnya. PF Kesadaran HR RR Suhu Tinggi Badan Berat Badan Eksoftalmus-. Keluhan hipertiroid tidak nyata kata pasien mengonsumsi PTU 3 x 100 mg dan thyramizole 1 x 10 mg. 3x3x2 cm anterior dan 6x2x2 cm sinistra. Sulit tidur -. Benjolan tersebut membesar secara perlahan.0020 (low) USG thyroid (11/10) : Struma multi nodusa tiroid kanan – kiri disertai pembesaran KGB colli Thyroid Scan (12/10) : Cold nodule kanan – kiri. Demam -. Pembesaran KGB -. Obat tersebut diminum sejak 9 bulan yang lalu. Working Diagnosis Struma Multi Nodusa Toksik kecurigaan jinak Pemeriksaan penunjang FT3 (12/5) : 2. Jantung berdebar -. Metastasis -. Banyak berkeringat +. Sistem pembiayaannya adalah jamkesda. Mobile. Benjolan ikut bergerak naik saat pasien menelan. Benjolan di tempat lain -. Riwayat Sosial Pasien seorang Ibu Rumah tangga dengan 2 orang anak.Riwayat penyakit sekarang Sejak 2 tahun yang lalu diketahui bahwa terdapat benjolan di kanan dan kiri leher. Thoraks (31/3) : Kardiomegali. DM -. Permukaan licin. Riwayat tumor -. Riwayat operasi -. Nyeri -. Status lokalis : : : : : : : CM 90 x/min 20 x/min 36. Palpasi  Teraba benjolan padat multipel berukuran 6x4x2 cm dextra. Riwayat Penyakit Dahulu & keluarga Hipertensi -. Batas tegas.820 (low) TSH (19/5) : 0. Pertama kali disadari benjolan tersebut seukuran kelereng. Sesak napas-. Suara serak-. Thyroid uptake dbn.770 (N) FT 4 (19/5) : 0. Treatment Pro subtotal thyroidectomy + VC . Nyeri -.

Bed rest total Thyrax 3 x 100 mg Thyramizole 1 x 10 mg .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful