Business Model Canvas®

Visualisasi dan Analisa Model Kewirausahaan Sosial
Disarikan oleh Fajar Anugerah dari presentasi Alex Osterwalder, PhD (www.businessmodelgeneration.com)

1

Matriks Potensi Penghasilan dan Dampak Sosial/Lingkungan Hidup Potensi Pendapatan Perusahaan Komersil Kewirausahaan Sosial Potensi Dampak Sosial/Lingkungan Hidup Geng Bermotor? Pendukung Sepakbola yang rusuh? Kegiatan Sosial Konvensional 2 .

Apa hubungan antara memberikan dampak sosial /dan lingkungan hidup dengan model bisnis? 3 .

Kenapa harus memakai ‘model bisnis”? 4 .

Apakah organisasi berikut memiliki model bisnis? bisnis NGO? Lembaga Zakat? Bisnis? Koperasi? 5 .

YA. SEMUA ORGANISASI TERSEBUT MEMILIKI MODEL BISNIS MASING-MASING 6 .

Apa sih Model Bisnis itu? 7 .

Sebuah model bisnis adalah gambaran logis mengenai bagaimana sebuah organisasi menciptakan. menghantarkan dan menangkap sebuah nilai 8 .

Business Model Canvas Barang/Jasa /Nilai Kegiatan Produksi Bina Relasi Segmentasi Klien/Pasar Mitra Materi Produksi Jalur Distribusi Struktur Biaya Sumber Penghasilan Developed by : Alex Osterwalder Images by JAM 9 .

Jejaring Aktivitas Penawaran:Produk/ Jasa & Manfaat Sosial/Lingkungan Hidup Bina Relasi Segmentasi Pasar Sumber Daya Distribusi Struktur Biaya Sumber Penghasilan 10 .

Contoh Kasus LSM Tradisional 11 .

Contoh Kasus Grameen Bank 12 .

Berikut adalah karakteristik dan konteks produknya sebagai pertimbangan untuk mengembangkan model bisnisnya: •Produk: Kantong toilet sekali pakai. •Dikembangkan untuk mengatasi masalah sanitasi (ketiadaan infrastruktur dan perilaku) di negara berkembang atau tertinggal.Studi Kasus: PeePoo Bag Mari gunakan contoh kasus produk PeePoo Bag. berbagai usia dan efektif mencegah bau yang mungkin muncul. dibuat dari bioplastik yang dapat terurai dengan cepat dana alami •Ongkos produksi $15 per kantong. •Memiliki mikro organisme (bakteri) yang ‘mematikan’ bakteri penyakit di kotoran manusia. Dirancang nyaman digunakan oleh laki-laki dan perempuan. mengolah secara biokimia kotoran di dalamnya menjadi pupuk dengan nilai ekonomis yang tinggi (pupuk organik) •Dapat terurai secara biologis. •Di beberapa negara berkembang sudah ada praktek orang membayar untuk mendapatkan akses ke fasilitas sanitasi (misal WC umum di pemukiman kumuh) Silakan diskusikan model bisnis yang paling sesuai menurut Anda untuk mencapai tujuan awal produk ini dikembangkan! 13 .

Beberapa Alternatif Model Bisnis bagi Peepoo Bag 14 .

15 .Alternatif 1 model bisnis Peepoo Bag Not-for-Profit Model: Secara tradisional. Anda dapat mencari donor yang bersedia mendanai produksi dan distribusi PeePoo Bag ke masyarakat yang membutuhkannya.

kita juga memberikan mereka penghasilan. Sales/Retail Model: Menjual secara eceran dengan sistem paket (bundling) dengan perlengkapan mandi (sampo atau sabun cair). Sanitasi adalah kebutuhan dasar.Alternatif 2 model bisnis Peepoo Bag • • Cross-Subsidy Model: Peepoople dapat menjualnya ke segmen premium (contoh: pendaki gunung Alpen. Resource Model (Fertilizer): Pupuk organik merupakan komoditas yang bernilai ekonomi tinggi. jadi model ini bisa sekaligus proses rekayasa sosial (social engineering) untuk merubah perilaku buang air masyarakat sasaran. • • 16 . militer. atau membuat mekanisme waralaba sehingga bisa meningkatkan skala ekonomi. Kita bisa membagikan kantongnya secara gratis. RS Internasional) untuk mensubsidi produksi dan distribusi gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. Bukan hanya kita memperbaiki perilaku sanitasi masyarakat tersebut. membayar masyarakat yang mengembalikan kantong yang sudah digunakan dan menjual kantong yang sudah terpakai sebagai pupuk organik kepada pertanian organik. Licensing/Franchising Model: Kita bisa saja menjual paten/lisensi produksi Peepoo Bag kepada organisasi lain yang akan memproduksinya.

Tugas Mandiri • Silakan buat Model Wirausaha Sosial sekolah Anda dengan alat BMC ini • Presentasikan hasilnya kepada peserta lain pada sesi World Café • Berdasarkan masukan dan kritikan peserta lain. apa yang dapat Anda tingkatkan di Model Wirausaha Sosial sekolah Anda? 17 .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.