Object 1

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK--Universitas Indonesia (UI) terpilih sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometric yang dikeluarkan pada 31 Juli 2011. "UI menduduki peringkat pertama di Indonesia dan ke-12 di Asia Tenggara," kata Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono, di Depok, Senin. Selain UI, beberapa perguruan tinggi Indonesia yang masuk ke dalam Top South East Asia versi Webometric yaitu Institut Teknologi Bandung (peringkat 16), Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (peringkat 18), Universitas Gunadarma (peringkat 19), Institut Pertanian Bogor (peringkat 31). Webometric merupakan sistem perankingan universitas sedunia berbasis website. Pemeringkatan dilakukan oleh Cybermetric lab Spanyol dengan menilai lebih dari 20.000 website perguruan tinggi di dunia. Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi Web, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya. Berdasarkan penilaian Webometrics Ranking of World Universities yang dikeluarkan pada 31 Juli 2011, Universitas Indonesia (UI) adalah peringkat Pertama di Indonesia dan ke-12 di Asia Tenggara sebagai perguruan tinggi dengan website terbaik. Vishnu mengatakan, website www.ui.ac.id berhasil memenuhi penilaian Webometric Ranking of World Universities yang terdiri dari empat indikator yaitu Size (bobot 20 persen) berupa jumlah laman yang terhubung oleh 4 search engines yaitu Google, Yahoo, Live Search/Bing dan Exalead. Indikator berikutnya adalah Visibility (bobot 50 persen) yang mengukur jumlah total tautan eksternal yang diterima. Indikator ketiga adalah Rich files (bobot 15 persen), dilihat dari jumlah muatan file (seperti Adobe Acrobat, PostScript, Microsoft Word dan Microsoft Power Point) dalam website universitas dan terindeks oleh Google. Indikator keempat adalah Scholar (bobot 15 persen) yang mengukur jumlah karya ilmiah dan rujukan di Google Scholar. Dikatakannya, keberhasilan UI dalam meningkatkan kualitas website diharapkan dapat mendukung perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia yang berbasis Teknologi Informasi serta dapat diakses oleh masyarakat Indonesia dan dunia. Pada tahun 2011, selain sebagai peringkat pertama laman terbaik perguruan tinggi di Indonesia versi Webometric, UI juga satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang masuk dalam 10 perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara dengan menempati peringkat keenam versi lembaga pemeringkatan kelas dunia, QS Asian Top Universities pada bulan Mei 2011.

Website Perguruan Kepercayaan Publik

Tinggi

Indikator

Dimuat pada Senin, 01 Agustus 2011 oleh Yully. pada kolom Hot News JAKARTA(Diksia.com) - “Website” memiliki peran yang cukup penting dalam pengembangan perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta dan sampai saat ini Website Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat pertama katergori Rangking Web versi Webometrics untuk Juli 2011. Peringkat ini dilihat bedasarkan eksistensi laman universitas di Indonesia. Staf Ahli Rektor Bidang Hibah, Penelitian, dan Pengembangan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Nafi Ananda mengatakan bahwa selain berfungsi untuk menunjukkan apa saja kegiatan yang diselenggarakan universitas, `website` juga dinilai merupakan salah satu indikator kepercayaan publik terhadap perguruan tinggi. Menurut dia, banyaknya pengakses “website” juga menunjukkan adanya kepercayaan dari masyarakat. “Website” dapat menunjukkan apa yang terjadi di universitas seperti berbagai kegiatan

Institut Pertanian Bogor 6. Universitas Teknologi Sepuluh November 10.” katanya. Universitas Muhammadiyah Malang 9. Institut Teknologi Bandung 3.yang dilakukan. latex atau tex dengan sistem daring di bawah domain situs universitas. Adobe PostScript (. “UMY mengalami peningkatan peringkat dalam versi Webometrics. Komponen berikutnya yakni scholar yang merupakann jumlah paper dan jumlah sitasi (kutipan) yang tertangkap di Google Scholar untuk setiap dokumen website universitas. `Website` perguruan tinggi yang banyak diakses masyarakat tentu akan memiliki pengaruh pada pengembangan perguruan tinggi itu sendiri. Prestasi tersebut menunjukkan bentuk kepercayaan masyarakat terhadap universitas dari banyaknya masyarakat yang mengakses website UMY. UMY juga menjadi peringkat pertama PTS se-DIY berdasarkan penilaian 4-ICU.ps). dan tidak termasuk jenis file xls. indikator ini menyiratkan besarnya faktor efek terhadap sebuah laman atau repositori. Selanjutanya rich files yang merupakan jumlah file dokumen seperti Adobe Acrobat (pdf). Selain itu.ppt). Universitas Gajah Mada 4. juga menunjukkan naiknya peringkat UMY menjadi ke-51 se-Asia Tenggara dan peringkat 16 di antara PTN dan PTS se-Indonesia.doc). Universitas Gunadarma 5. Jika sebelumnya peringkat UMY adalah 2.587 sedunia. Survei yang dilakukan Webometric di jagad pendidikan tinggi tidak hanya berkisaran di biaya pendidikan. hasil karya ilmiah yang dipublikasikan. Hal itu berdasarkan situs elektronik versi Webometrics edisi Juli 2011. di antaranya peringkat dunia versi Webometrics dan peringkat berdasarkan penilaian 4-International Colleges and Universities (4-ICU). Adapun pengertian size yakni jumlah halaman website yang tertangkap oleh search engines seperti Google. Menurut dia.540 sedunia. “`Website` yang baik tidak semata-mata tampilannya yang menarik tetapi bagaimana isi `website` tersebut. Yahoo!. visibility dengan bobot 50 persen. Kepala Biro Humas dan Protokol (BHP) UMY Ahmad Ma`ruf mengatakan “website” berperan penting di perguruan tinggi terbukti dalam beberapa prestasi yang berhasil diraih UMY. Ada pun empat komponen yang menjadi indikator dari penilaian Webometrics yaitu size dengan kuota persentase 20 persen. Universitas Diponegoro . Berikut 10 daftar peringkat laman yang sering dikunjungi seperti dikutip Webometrics Minggu (31/7/2011): 1. rich files sebanyak 15 persen. maka pada edisi Juli 2011 UMY menempati 1. dan scholar dengan kuota nilai 15 persen. kualitas kurikulum. Universitas Kristen Petra 8.” katanya. Universitas Negeri Malang 7. Universitas Indonesia 2. dan hasil penelitian. Microsoft Word (. Visibilitas yakni merupakan jumlah eksternal pranala yang unik (backlink) yang diterima oleh domain web universitas yang dipindai oleh search engine (mesin pencari). dan Mirosoft Powerpoint (. dan kans lulusannya mendapat pekerjaan saja namun juga dari segi publikasi universitas melalui website. dan Live Search (Bing).