DEFINISI Trombolitika atau fiblinolitika Berkhasiat melarutkan trombus dengan cara mengubah plasminogen menjadi plasmin, yaitu suatu

enzim yang dapat menguraikan fibrin (zat pengikat dari gumpalan darah) Trombolitik digunakan untuk infark jantung akut untuk melarutkan trombus yang telah menyumbat arteri koroner. Efek samping yang serius dari obatobatan ini adalah meningkatnya kecenderungan perdarahan terutama perdarahan otak khususnya pada Manula. Juga harus di waspadai pada pasien yang mengalami perdarahan misalnya yang baru saja mengalami pembedahan atau yang menderita luka besar. PENGGOLONGAN TROMBOLITIKA a. Fibrinolysin adalah enzim fibrinolitis yang langsung merombak jaringan fibrin dari thrombus dan protein plasma lainnya seperti fibrinogen,faktor pembekuan darah 5 dan 8 b. Zat-zat aktifator plasminogen : streptokinase, alteplase, urokinase, dan reteplase obat-obat ini bekerja tidak langsung dengan jalan menstimulasi pengubahan plasminogen menjadi plasmin

Obat obat antitrombolitika 1. Reteplase (Retavase®)

Merupakan bentuk TPA nonglikosilat yang diperoleh dari teknologi rekombinan DNA dengan menggunakan bakteri E.coli a. Mekanisme : dimulai dengan terjadinya fibrinolisis lokal dengan mengikat fibrin pada trombus dan mengubah bentuk plasminogen menjadi plasmin b. Farmakokinetik  Waktu mulai timbul efek terapi ( onset of action) pada trombolisis : 30 – 90 menit Waktu paruh eliminasi (t ½ ) : 13 – 16 menit

Heparin dan aspirin telah diberikan bersamaan dengan reteplase dalam percobaan klinik.  c. Efek Samping Hemorrhagic dapat terjadi hampir di semua bagian. dan hal ini dapat dibandingkan dengan efek trombolitik. terutama hepatik . perikarditis. Farmakokinetik  Durasi : > 50 % terdapat pada plasma dibersihkan 5 menit setelah infus dihentikan Ekskresi : clearance dengan cepat pada sirkulasi plasma (550 – 650 ml/menit). 2. Alteplase a. kemudian diberikan 10 unit IV setiap 2 menit. Efek Samping Perdarahan merupakan efek yang paling sering dari reaksi obat yang tidak dikehendaki dari reteplase. Lisis yang cepat pada trombi arteri koroner. reinfark kardiak. edema pulmonari. embolisme. hipotensi. Timbulnya efek samping dapat dilihat pada terapi kombinasi ini. Dosis IV . Mekanisme kerja : Merangsang atau mengaktifkan fibrinolisis lokal dengan cara mengikat pada fibrin dalam sebuah trombus dan mengubah plasminogen yang terperangkap menjadi plasmin b.dan tamponade ( kompresi jantung akut karena curahan darah kedalam kantung jantung) d. shock kardiogenik. > 50 % terdapat dalam plasma dibersihkan dalam 5 menit setelah infus dihentikan. jantung oleh pembawa trombosit dapat dihubungkan denga atrial fusi terbalik dan ventrikulat aritmia d. Efek samping lain yang juga termasuk antara lain aritmia.  Diekskresikan melalui feses dan urin Clearance plasma antara 250 ml – 400 ml/menit c. Dosis   Tidak dianjurkan untuk anak-anak Pada orang dewasa : 10 unit IV setiap 2 menit dan kemudian dosis berikutnya ( dosis ke2) diberikan dalam rentang 30 menit.

fibrinogen dan protein prokoagulan lain menjadi fragmen yang larut.5 mg/kg setelah 60 menit berikutnya ( tidak lebih dari 35 mg) 3. Streptokinase ( Streptase ®) a. terbukanya plasminogen pada bagian pengaktifan dan terpotongnya rantai peptida yang merubah plasminogen menjadi plasmin Plasmin mendegradasi fibrin. Farmakokinetik   Onset : aktivitas dari plasminogen hampir terjadi dengan segera Durasi . efek fibrolitik : dalam beberapa jam efek koagulan : 12 – 24 jam t ½ eliminasi : 83 menit  Ekskresi : pertukaran antibodi dan sistem retikulo endotelial Efek Samping     Dengan semua obat yang memiliki efek hemostasis Efek samping yang utama terkait dengan streptokinase adalah perdarahan Hemorrhage dapat terjadi di semua tempat Resiko atau efek samping ini bergantung pada banyak faktor termasuk pemberian dosis.5 jam. Mekanisme  Perubahan aktivitas plasminogen menjadi plasmin dalam bentuk kompleks. lalu dengan infus 0. Pemberian infus alteplase sisanya 35 mg diberikan 1 jam setelahnya  Pasien ≤ 67 kg Infus 15 mg IV bolus 1 – 2 menit.75 mg/kg ( tapi tidak lebih dari 50 mg) setelah 30 menit lalu diikuti 0. penggunaan bersama obat atau zat lain yang dapat merubah hemostasis dan kecenderungan pasien (misal terhadap hipertensi) . Infus 15 mg setelah 1-2 menit. Keduanya efektif dalam bentuk trombus atau embolus  b.Trombus arteri koroner (berdasarkan BB)  Pasien > 67 kg dosis total 100 mg setelah 1.

Pemberiannya memerlukan penggunaan infus Pada tes kulit intra dermal pada 100 unit telah diramalkan terjadi respon alergi dari streptokinase jika reaksi positif tidak terlihat setelah 15-20 menit. dosis terapeutik dapat di berikan. tetapi obat lain dapat melakukan hal yang sama. Menurut American Heart Association. Informasi obat trombolisis disetujui untuk pengobatan segera stroke dan serangan jantung. Idealnya. UNTUK SERANGAN JANTUNG Sebuah gumpalan darah dapat memblokir arteri ke jantung. yang merupakan penyebab utama dari kedua serangan jantung dan stroke.  TERAPI TROMBOLITIK Terapi trombolisis adalah penggunaan obat untuk memecah atau melarutkan bekuan darah. menurut penelitian digunakan 3500-4000 unit/ kg selama lebih dari 30 menit diikuti dengan 1000-1500 unit/kg/jam Dewasa :  Antibodi streptokinase 3 – 6 bulan setelah dosis awal.Obat yang paling umum digunakan untuk terapi trombolitik adalah jaringan plasminogen activator (TPA). . Kecepatan lisis dari arteri thrombi koroner oleh agen atau obat thrombolitik dapat berhubungan dengan reperfusion terkait dengan atrial atau aritmia ventrikular d. Dosis IV Anak-anak : Keamanan dan efikasinya tidak dapat ditetapkan. ketika bagian dari otot meninggal karena kekurangan oksigen yang disampaikan oleh darah. Anda akan menerima obat trombolitik dalam 90 menit pertama setelah tiba di rumah sakit untuk perawatan. Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bertahan dan pulih dari serangan jantung jika Anda menerima obat trombolitik dalam waktu 12 jam setelah serangan jantung mulai. Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung.

Trombolitik dapat digunakan untuk membantu melarutkan bekuan dengan cepat. Faktor-faktor ini termasuk riwayat nyeri dada dan hasil tes EKG. Ini membantu restart aliran darah ke jantung dan membantu mencegah kerusakan pada otot jantung. Trombolitik dapat menghentikan serangan jantung yang sebaliknya akan mematikan. Trombolitik tidak akan diberikan jika Anda memiliki: Cedera terakhir kepala Pendarahan masalah Pendarahan borok Kehamilan Operasi Diambil obat pengencer darah seperti Coumadin Trauma Yang tidak terkontrol tekanan darah tinggi Untuk stroke Kebanyakan stroke terjadi ketika gumpalan darah pindah ke pembuluh darah di otak dan aliran darah ke daerah blok itu.Namun. obat-melarutkan bekuan biasanya tidak diberikan jika Anda memiliki salah satu masalah medis lainnya yang tercantum di atas. diabetes. Untuk stroke tersebut (stroke iskemik). seperti kateterisasi jantung atau angioplasti. atau peningkatan denyut jantung) Umumnya.Memberikan Trombolitik dalam waktu 3 jam setelah gejala stroke pertama dapat membantu membatasi kerusakan stroke dan cacat. Obat mengembalikan beberapa aliran darah ke jantung pada kebanyakan pasien. . Keputusan untuk memberi obat didasarkan pada: A CT scan otak untuk memastikan tidak ada perdarahan Sebuah ujian fisik yang menunjukkan stroke signifikan Anda medis sejarah Seperti pada serangan jantung. Faktor lain yang digunakan untuk menentukan apakah Anda adalah seorang calon yang baik untuk Trombolitik meliputi: Umur Gender sejarah medis (termasuk riwayat serangan jantung sebelumnya. Dokter akan mendasarkan keputusan tentang apakah akan memberikan obat trombolitik untuk serangan jantung pada banyak faktor. aliran darah mungkin tidak sepenuhnya normal dan mungkin masih ada sejumlah kecil otot yang rusak. mungkin diperlukan. tekanan darah rendah.Trombolitik bekerja dengan melarutkan gumpalan besar dengan cepat. terapi tambahan.

RISIKO Ada berbagai obat digunakan untuk terapi trombolitik.05 .Mereka bisa memperburuk stroke dengan menyebabkan perdarahan meningkat.Trombolitik tidak diberikan kepada seseorang yang mengalami stroke hemoragik. DAFTAR PUSTAKA : Dari ppt angkatan atas Dari scribd…terapi trombolitik di akses jam 19. tetapi Trombolitik paling sering digunakan. Obat lain meliputi: Lanoteplase Reteplase Stafilokinase Streptokinase (SK) Tenecteplase Urokinase Perdarahan atau perdarahan adalah risiko yang paling umum. Hal ini dapat mengancam jiwa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful