You are on page 1of 6

Bermain Biola

Ditulis oleh Ajeng Jumat, 01 Mei 2009 10:49 -

Pada suatu ketika ferlinda pun menangis terisak-risak, mama bertanya kepada ferlinda, menghapa kamu menangis ferli? Tanya mama. Aku menangis karea aku ingin beli biola ma! Jawab ferlinda. Oh kamu menangis karena itu! Mama seolah-olah mengerti apa yang diinginkan anak kesayangannya itu, iya mah aku ingin sekali mempunyai alat musik biola mah! Belikan dong mah! Ferlinda merengek-rengek dihadapan mamah. Linda harga biola itu sangat mahal, mamah belum punya uang banyak untuk membeli biola. Yaamamah, aku janji deh mah nanti kalau sudah beli biola aku akan nurut sama mamah,terus aku rawat biolanya dan aku akan belajar biola setiap hari atau aku les biola saja mah, supaya cepat bisa memainkan biola. Tapi janji ya, kalau sudah beli biola kamu mau les biola ya? Kebetulan mamah punya teman yang pintar main biola, nanti mamah minta teman mamah untuk ajarin kamu, setuju tidak? Eeee gimana ya? Jawab ferlinda, ya deh mah aku setuju.Nah gitu dong, itu namanya anak mamah!! Mamah sangat seang sekali dengan kemauan ferlinda untuk belajar biola.

Sekarang sudah malam kamu istirahat ya? Jangan lupa baca doa dan gosok gigi, besok kita beli biola, ayo cepat takut besok kesiangan, ia mah, jawab ferlinda sambil berjalan memasuki kamarnya. Bismika Allahhuma ahiya wabismika amut Amin yarobbal alamin, Ya Allah kabulkanlah doa saya, kemudian ferlinda tertidur dengan lelap. Kukuruyuuuk.kukuruyuuksuara ayam jantanpun terdengar kerastiba-tiba hah? Sudah siang?? Ferlinda kaget ferlindapun cepat-cepat mandi . Aku harus cepat-cepat mandi karena mamah janji mau membelikan biola untuk ku.Aduh senangnya hatiku. Ferlinda Linda mamah berteriak-teriak memanggil ferlinda, ada apa si mah? Kamu sudah mandi? Ya sudahlah! Ya dah kamu sarapan dulu terus kita berangkat.berangkat kemana mah? Katanya mau beli biola, jadi gak? Yaiyalah, asyikkasyik ferlinda kegirangan.

Merekapun sedang di perjalanan menuju toko musik. Huh!... akhirnya kita samapai juga di toko musik nya mah, aku ingin cepat cepat membeli biola nya! sabar dong sayang, kata mamah menenangkan ferlinda. Anak sabar kan di sayang Tuhan, setelah mereka masuk ke took nya mamahpun bertanya kepada penjualnya mas permisi di di sini ada yang menjual biola gak? Tanya mamah kepada penjaga took, ada jawab nya. Alhamdullillah kata mamah dan ferlinda bersamaan. Ayo dik di ukur dulu biola nya sesuai dengan panjang tangan adik kata penjaga took. Nah setelah di ukur ternyata ferlinda cukup dengan ukuran . Ya sudah kita beli yang ini saja kata mamah, berapa mas total nya? total nya adalah Rp550.000, aduh! Mahal amat kata mamah. Iya bu, memang harganya seperti itu. Tidak bisa ditawar?? Tidak bu, harga pas. Ya sudah ini mas uang nya makasih ya mas? Sama-sama. Setelah mereka membeli biola mereka Ferlinda ayo masuk mobil! Iya mah, tapi aku ketoilet dulu ya mah?aku sudah gak tahan ingin pipis! Ya sudah cep[at ketoilet tempatnya disebelah sana, mamah

1/6

Bermain Biola
Ditulis oleh Ajeng Jumat, 01 Mei 2009 10:49 -

menunujuk kearah kanan pojok disana ada toilet, nanti kamu kesini lagi ya?linda, ingat jangan lama-lama.Tenang saja mah hanya lima menit kok kata ferlinda, kemudian ferlindap[un masuk ke mobel. Linda kamu sudah ke toiletnya? tanya mamah, sudah mamah, beberapa jam kemudian mereka sampailah di rumah, akhirnya kita sampai juga di rumah aku lelah nih!! Kata Linda.Toktoktok Linda mengetuik pintu, bibi bibibuka dong pintunya!! Bentar non. Sahut bibi.aduh si non gak sabaran amat! Masuk non kata bibi, makasih.

Mah! Aku penasaran nih ingi cepat-cepat main biola, tapi sayangnya aku belum bisa . Linda semua itu bertahap, ia mah aku juga tahu kok! Ya sudah kjalau gitu kamu ganti baju dulu sana? Iya mah,baru saja Linda berjalan dua langkah tiba-tiba Linda.. lin ada apa lagi sih mah?sayang, mamah mau kasih tahu kalau besok kamu sudah mulai les biola, beneran mah? Kata Linda kaget, iya, tapi mulainya jam 13.00 WIB. Sudah sana ganti baju dulu . ToktoktokAssalamualaikum, ferlinda membuka pintu waalaikum ssalam, oh papah, bawa oleh-oleh apa pah?bawa dong! Apa tuh?? Ini kepiting bumbu baladowah, itukan kesukaan ku pah!!papah tahu saja kesukaan ku.Papah tahu saja ksukaanku, iya dong papah gitu lo!!! Kitapun tertawa bersama-sama. Mamahmah lihat deh aku dibelika kepiting oileh papah!!aduh, sudah bilsang terimakasih belum dengan papah? Belum mah! Bilang terimakasih dulu dong! Makasih yap ah, kata Linda. Iya iyasekarang bumbu baladonya kita makan bareng-bareng yuk!!!

Setelah mereka makan ferlinda pun bercerita kalau Linda dan mamah membeli sebuah biola. Pahpapahtahu gak tadi siang aku ke toko musik lo!! Aku membeli sebuah biola warnanya coklat dengan ukuran ! Wah, masa sih! Kok tumben tiba-tiba beli biola? Ada apa nih!aku ingi menjadi seniman, aku kan sudah pintar melukis, jadi aku ingi bisa musik, sebelumnya aku bingung ingin musik apa, aku berfikir ingin piano, tapi piano sudah banyak yang belajar, sudah gak aneh lagi, terus aku berfikir musik apa yang masih langka ya??akhirnya aku putusin ingin main musik biola, kata Linda bercerita kepada mamah dan papah.Kapan kamu mulai belajar biolanya? Besok pah,jam 13.00 WIB. Besok lesnya diantar siapa?sama ib u atau bibi saja pah!ya sudah lalu begitu diantar ibu sja, kan ibu yang kenal dengan gurun lesnya. Iya iya sekarang sudah malam, Linda istirahat dulu ya?selama malam Linda?? Malam pah, lindapun tidur dengan lelap.

Keesokan harinya ferlinda pun terbangun dari tempat tidurnya lalu linda bertanya kepada mamah, mahmamahsekarang mamah ada acara atau tidak? Memangnya ada apa? Kok tenya seperti itu? Gak ada apa-apa hanya mau ajak amma kerumah tante sopia saja, kan sudah lama kita tidak berkunjung kerumah tante sofia,tapi nanti kamu harus les jam 13.00 lo!! Tapi kan mah kita masih ada waktu lindakan libur sekolahnya ya sudah kita kerumah tante sovia terus kita makan di warung makan dkat tante sovia saja ya??gimana setuju gak?setuju,yehyehyeh..ferlindapun senang mendengar kata-kata mamah. Sepeluh menit

2/6

Bermain Biola
Ditulis oleh Ajeng Jumat, 01 Mei 2009 10:49 -

kemudianmereka pun sampai dirumah tante sovia toktoktokAssalamualaikumWaalaikumssalam .jawab tante sovia terdengar dari dalam. Eh kalian, ayo masuk!iya tante terimakasihada perlu apa nih datang kerumah?tidak ada apa-apakita hanya ingin tahu keadaan tante sovi saja kok! Ya kan lin? Kata mamah, iya tante kan kita sudah lama tidak ke sini! Allhamdullillah tante sehat dan baik-baik saja kok! Eh lupa tidak nawarin kalian minum.Kalian mau minum apa? Ayo duduk dulu! Kata tante sovi,mau minum sirup marjan?? Ya deh aku suka kata Linda, sebentar ya??lima menit kemudian tante datan dengan membawa minuman ayo diminum dulu sirupnya segar lo! Makasih tante sahut Linda dan amah, merekapun berbincang-bincang Linda nonton TV dengan asyiknya.

Setelah jam 12.00 WIB. Mamah dan Linda pun pamit, aduhburu-buru nih! Linda mau les biola, wah, tante baru tahu kalau kamu suka biola, selamat ya? Berarti tahun depan kamu bisa tampildi panggung yang mewah dan kamu bisa terkenalsebagai pemain biola cilik yang sukses!makasih tante, mudah-mudahan amin. Mereka pun menuju rumah makan yang dekat dengan rumah tante sovia kemudian mamah dan Linda puin memesan menu kesukaan mereka. Silahkan mbak, dik ini menunya! Kata pelayan makasih mbak. Mereka memilih menu yang mereka sukai.

Daftar Menu : 1. 2. 3. 4. 5. Kepiting Kepiting Kerang Udang Udang Balado Asam Manis Rebus Goreng Bakar : Rp. 25.000 : Rp. 15.000 : Rp. 50.000

:R

: Rp. 50.000

3/6

Bermain Biola
Ditulis oleh Ajeng Jumat, 01 Mei 2009 10:49 -

Mbak saya pesan kepiting bumbu balado dua dengan nasi, minumnya the hangat dua, iya mbak sebentar ya?beberapa menit kemudian pelayan membawa pesanan yang dipesan oleh mamah dan ferlinda, silahkan mbak, dik ini makannya silahkan dicicipi? Makasih mereka pun makan dengan lahapnya. Mbak semuanya berapa? Oh, sebentar ya mbak saya hitung dfulu kata pelayan. Ini mbak notanya semuanya Rp. 25.000, mamah mengeluarkan uang untuk dibayarkan terimakasih ya mbak? Kata pelayan sama- sama. Mah, kita pulang dulu tidak/ ya iyalah kan biolanya ada di rumah, kalau gak pulang dulu mau les pakai apa?kata mamah, he..he..hemamah betul juga. Ayo mah,kita berangkat ajak Linda. Mereka pun sampai di rumah, Linda cepat ambil biolanya! Ya mamahbeberapa detik kemudian Linda kembali dengan membawa biolanya. Mah, itu dia tempat lesnya namanya Unity musik! Kata Linda sambil menunjuk keluar kaca mobil, mana? Kata mamah. Itu lo mah yang dekat sorum mobil! Oh iya, kemudian mamah membelokkan mobilnya ke kiri dan memarkirkan mobil, ayo kita turun! Mamah da Linda memasuki lorong menuju ke dalam tempat les, mah, Tanya saja itu ada yang yaga! Iya sebentar. Pak, maaf kalau mau daftar les bioala di mana ya pak? Oh disi bu, kebetulan saya guru les biolanya! Oh kebetulan sekali. Adik yang mau les ya? Iya dengan malu-malu Linda menjawab, namanya siapa? tanya bapak itu. Linda pak, jawab ferlinda, kalau baspak panggil saja dengan sebutan pak Arif, kata si bapak. Oh, pak Arif ya? Iya,sekarang kamu bisa langsung les biola karena jadwal hari ini kosong, ayo masuk ruangan! Kata pak Arif kepada ferlinda. Sayang, mamah tunggu di luar ya? Kata mamah, iya mah, selamat berjuang kamu pasti bisa, mamah memberikan semanagt kepada ferlinda.Terdengar suara biola mendayu-dayu sebentar-sebentar berhenti dan terdengar lagi, kemudian Linda pun keluar dari tempat latihan. Linda sampai di sini dulu ya? Minggu depan kamu les lagi kata pak Arif kepada Linda. Lalu Linda pun pamit makasih ya pak? Kat mamah dan Linda, mere bergegas keluar ruangan dan menuju tempat parkir.Bagaimana Linda, bisa tidak tadi? Tanya mamah kepada Linda susah mah, jari Linda pada sakit nih! Ya wajar lah kan baru satu kali, nanti lama-lama

4/6

Bermain Biola
Ditulis oleh Ajeng Jumat, 01 Mei 2009 10:49 -

juga terbiasa. Iya mah, mudah-mudahan ya?

Setelah sampai di rumah Linda cepat-cepat mandi dang anti pakaian, tiba-tibaaduh Linda kamu mau kemana lagi? Tanya mamah kamu baru datang harusnya istirahat dulu! Mamah agak marah kepada Linda, sebenta mah, Linda sudah janji mau beli kado dengan teman untuk acara besok siang teman Linda ada yang ulang tahun. Memangnya kamu diundang? Ya iyalah mah! Kata Linda kalau tidak diundang buat apa aku beli kado, ya sudahlah sana cepat nanti keburu sore, ya mah. Toktoktokada orang mengetuk pintu, kemudian bibi membukakan pintu klek suara pintu terbuka, kemudian eh mira kata bibi mencari Linda ya? Iya bi, ferlindanya ada? Ada sedang ganti baju tunggu sebentar ya? Bibi panggilkan, Lindalin ada mira nih! Iya sebentar, heisudah lama ya nunggu saya? Lumayan kata mira, ayo kita berangkat nanti kebutu malam iya merekapun pamitan kepada mamah, mah! Linda berangkat ya? Iya, Assalamualaikum walaikumssalam.Mir, kita berangkatnya naik apa? Naik ojek atau jalan? Jalan saja deh kata mira, ya sudah ayo! Mereka bergegas berjalan sambil bergandengan tangan.

Setelah mereka sampai di toko ferlinda dan mira tersengal-sengal karena lelah berjalan dari rumah menuju toko buku, aduh lin! Akhirnya sampai juga ya?iya sahut Linda kepada mira mereka berdua pun masuk ke toko buku dan memilih peralatan sekolah untuk hadiah ulangtahun. Mir, kamu mau kasih kado apa?aku mau kasih kado tempat pensil saja ah! Kalau kamu mau kasih apa? Aku mau kasih kado buku tulis dan pilpen saja ah. Ya sudah ayo kita menuju kasir, mereka pun membayar barang yang sudah dibeli, kemnudian mereka bergegas untuk pulang, ayo kita pulang sudah hamper malam nih! Iya ayo cepat, mereka pun berjalan tergesa-gesa. Lin, aku langsung pulang ya? Ya sudah hati-hati aku juga mau lanmgsung pulang, mereka pun berpisah di persimpangan jalan. Tok..toktokAduh sayang, kamu sudah pulang? Sudah mah, kadonya sudah dapat, memangnya kamu tadi naik apa ke toko bukunya? Jalan kaki mah! sahut Linda,apa? Mamah kaget mendengarnya, ya sudah sana kamu minum dulu terus sholat, jangan lupa makan ya? Iya mah, kalau sudah makan jangan lupa diulang lagi main biolanya. Linda bergegas sholat dan makan, setelah makan linda ambil biola dan mencoba untuk memainkan. Setelah jam 13.00WIB ferlinda kaget mah mah ada apa sayang ayo kita berangkat les soal nya sudah jam 13.00WIB. Iya iya ayo, setelah mereka sampai di tempat les tiba-tiba ferlinda gugup ketakutan mamah pun bertanya kepada ferlinda linda kamu kenapa seperti orang ketakutan saja! mah aku takut salah mainkan biolanya! Ferlinda, sahuit mamah salah juga gak apa memangnya P..Arif menggigit kamu? Tidak sih, tapi mah P.Arif galak terus mukanya seram lagi! ferlinda kamu tidak boleh begitu P. Arif itu sebenar nya baik loh! Ferlinda cepat sana kamu masuk ke ruangan biola, iya mah. Satu jam kemudian ferlinda kembali lagi ke ke tempat mamah nya. Ferlinda kamu sudah selesai les biola nya? Sudah mah ya sudah ayo kita pulang mamah sudah lelah nih setelah mereka les ferlinda bicara kepada mamahnya mah aku ingin les lukis dong mah baru saja kamu les biola sekarang mau les lukis ya sudah kalau kamu mau les lukis nanti mamah coba telfon teman mamah yang pintar lukis. Oia saying, bsok kita beli alat-alat lukis nya ya? Iya mah, mah

5/6

Bermain Biola
Ditulis oleh Ajeng Jumat, 01 Mei 2009 10:49 -

aku istirahat dulu ya?

aku sudah mengantuk nih! ya sudah sana selamat tidur sayang selamat tidur juga mamah. Ketika istirahat, tiba-tiba P.Budi menghampiri aku linda, besok kamu tampil biola di Open Day ya? Dalam acara pentas seni se-SDIT Serang. OK pak, keesokan harinya sekolah sangat ramai sekali ferlinda sudah siap dengan biolanya untuk tampil di panggung. Tiba-tiba Inilah ferlinda!!! Akan menampilkan lagu Ibu Kita Kartini!! Dari kelas empat Amazon . Ferlinda pun memainkan biolanya di depan orang-orang dengan gesit, semua orang terpana dan bertepuk tangan. Hidup Linda hidup Linda sahut guru-guru dan siswa-siswi peradaban dan se-SDIT Serang, lalu linda menjerit aw ternyata ini hanya mimpi. Mudah-mudahan suatu saat saya jadi orang terkenal , amin sahut Linda dalam hati

keesokan hari nya ferlinda dengan gembira nya iya langsung bersiap- siap untuk membeli peralatan lukis seperti crayon, buku gambar, pensil, penghapus dan juga spidol hitam setelah ferlinda bersiap-siap iya langsung mengetuk pintu kamar mamahnya toktok.tok.iya bentar sayang mamah sedang bersiap-siap. Klek, suara pintu kamar pun terdengar kencang ada apa Linda? Mah ayo kita berangkat membeli alat-alat lukis iya sayang ayo kita berangkat setelah di perjalanan mamah bicara kepada ferlinda, linda kamu itu memang cocok menjadi seniman, iya dong aku kan cita cita nya ingin manjadi seniman yang sukses seperti orang-orang yang sudah berhasil menjadi seniman yang sudah sukses mudah-mudahan ya saying, tak terasa kita sudah sampai di toko alat-alat nya ayo mah kita pilih-pilih yang mana yang kita butuhkan untuk melukis mah itu ada crayon iya saying di sini juga ada pensil,penghapus dan spidol hitam setelah mereka belanja mereka berjalan menuju kasir tempat pembayaran mba total nya berapa bentar ya saya hitung dulu semua total nya berapa mba total nya adalah Rp.150000. Oh, ini mbak uang nya makasih ya mbak? Sama-sama setelah mereka membayar semuanya ferlinda dan mamahnya pun kembali pulang.

6/6