You are on page 1of 5

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Program Magang Dalam era globalisasi yang terjadi saat ini, persaingan menjadi hal yang tidak dapat dihindari. Jika dilihat dari sisi dunia usaha, arus globalisasi memicu peningkatan jumlah kompetitor, baik lokal maupun internasional. Persaingan global akan mendorong setiap perusahaan untuk mampu bersaing dan bertahan di setiap industri yang digelutinya. Hal ini tentu menuntut sumber daya manusia yang berkualitas untuk menjalankan setiap fungsi operasional perusahaan sehingga mampu meningkatkan nilai perusahaan tersebut. Namun, seiring dengan semakin terbukanya suatu negara sebagai dampak adanya globalisasi, arus tenaga kerja menjadi semakin tidak terbendung. Ketatnya tingkat persaingan dalam dunia tenaga kerja menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku dunia usaha di Indonesia untuk mengasah kemampuan dan keterampilan mereka agar mampu berkompetisi dalam memperoleh lapangan pekerjaan. Menyikapi hal tersebut, seluruh lembaga pendidikan di Indonesia harus mampu mempersiapkan para peserta didiknya untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan tenaga kerja yang terampil. Universitas-universitas di Indonesia, pada khususnya, juga dituntut untuk dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki kecakapan akademis dan teoritis, tetapi juga memiliki kemampuan teknis dan pengalaman aplikatif yang memadai sehingga dapat menghadapi persaingan dalam dunia kerja setelah masa pendidikannya berakhir. Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI), sebagai salah satu institusi pendidikan yang terkemuka di Indonesia, sangat menyadari kondisi ini dan akan selalu berusaha untuk memenuhi tuntutan dunia kerja tersebut. Pembelajaran yang terjadi dalam praktik dunia kerja menjadi suatu masukan yang berarti bagi kalangan akademisi di Departemen Akuntansi FEUI untuk memperbaharui sistem pendidikan yang selama ini digunakan.

Melihat banyaknya manfaat yang diperoleh dari program magang. kemampuan analitis dalam menyelesaikan masalah (problem solving). Melalui program magang ini. Selain ini. penulis tertarik untuk memilih program ini sebagai salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Program ini juga memfasilitasi mahasiswa untuk memperoleh gambaran yang lebih nyata mengenai kondisi lingkungan kerja yang sebenarnya sehingga dapat membandingkan secara langsung teori yang dipelajari dengan praktik yang terjadi.Dilatarbelakangi oleh hal tersebut. Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia menyelenggarakan Program Magang sebagai Mata Kuliah Pilihan untuk Prasyarat Kelulusan. penulis juga memperoleh pengalaman berharga untuk mempersiapkan diri dalam memasuki persaingan dunia kerja yang akan dihadapi setelah menyelesaikan perkuliahan di masa datang. terutama yang berhubungan dengan akuntansi dan keuangan. Selain memperoleh keterampilan yang bersifat teknis. para mahasiswa diberi kesempatan untuk mengaplikasikan teori dan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dari bangku kuliah ke dalam praktik nyata dunia kerja. serta kemampuan manajemen waktu dalam menyelesaikan pekerjaan secara profesional. seperti kemampuan bekerjasama dalam tim. mahasiswa juga dapat mengasah soft skills yang dimiliki. . dengan mengikuti program ini. akan dipraktikkan sesuai dengan teori yang dipelajari. Melalui program ini. kemampuan berkomunikasi. Program magang ini diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat akhir yang telah menempuh minimal 120 SKS dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2.75. selain skripsi. penulis akan lebih mampu memahami ilmu akuntansi yang diperoleh selama masa perkuliahan dengan cara mengaplikasikan secara langsung dalam dunia kerja. dengan bobot 6 SKS. Pengadaan program magang ini diharapkan mampu menjadi penghubung (link and match) antara dunia pendidikan dengan dunia kerja. Hal ini sangat bermanfaat karena tidak seluruh pekerjaan yang dilakukan di dunia kerja.

kerjasama tim. Program ini juga diharapkan dapat menjadi link and match antara sistem pendidikan tinggi di Indonesia dengan lingkungan kerja. . yakni studi Akuntansi. • Memberikan gambaran dan pengalaman kepada mahasiswa mengenai kondisi lingkungan kerja sebenarnya yang akan dihadapi setelah mahasiswa menyelesaikan program studinya. serta tekanan yang lebih tinggi untuk menyelesaikan pekerjaan. • Memberikan manfaat bagi organisasi dalam penggunaan sumber daya manusia yang kompeten. komunikasi. • Mengasah kemampuan mahasiswa untuk menyelesaikan masalah (problem solving) yang dihadapi perusahaan sehari-hari dengan menggunakan perangkat-perangkat akuntansi dan manajemen yang telah dipelajari. Laporan magang berisi pengalaman mahasiswa selama menjalani program magang yang disertai dengan landasan teori berdasarkan ilmu yang telah dipelajari selama masa perkuliahan. keterampilan. terutama FEUI dengan perusahaan-perusahaan yang terlibat.1. tujuan diselenggarakannya program magang oleh Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia adalah untuk menciptakan lulusan yang berkualitas pada bidangnya. • Melatih mahasiswa dengan budaya bekerja di perusahaan yang berbeda dengan budaya belajar di institusi pendidikan. tujuan dilaksanakannya program magang untuk mahasiswa antara lain: • Memberikan kesempatan bagi mahasiswa agar dapat mempraktikkan berbagai perangkat akuntansi dan manajemen yang telah dipelajari di bangku kuliah pada lingkungan kerja perusahaan tempat pelaksanaan magang. Adapun tujuan dari penulisan laporan magang antara lain: • Sebagai salah satu prasyarat kelulusan Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Sedangkan secara khusus. baik dari segi waktu.2 Tujuan Program Magang dan Penulisan Laporan Magang Secara umum.

aset yang dimiliki oleh perusahaan migas akan dikelola dan diawasi secara ketat oleh BPMIGAS selaku perwakilan dari negara. dan pengalaman dalam bentuk karya tulis. Sebagai sarana latihan bagi mahasiswa untuk menuangkan ide. seluruh aset yang digunakan untuk melaksanakan operasi perminyakan bukan milik perusahaan migas. Sebagai alat kontribusi kepada universitas dan perusahaan tempat pelaksanaan magang. Berdasarkan product sharing contract (2006). 1. Asset tetap digunakan untuk membantu perusahaan melakukan kegiatan operasional. 1. Konsekuensinya. Sebagai referensi dan bahan acuan bagi mahasiswa yang tertarik dan ingin membuat karya tulis dengan tema yang sama dengan laporan magang ini. Hal tersebut membuat perusahaan mempertimbangkan alternative baru untuk mendapatkan asset tetap. yaitu dengan cara sewa guna usaha atau yang lebih sering kita kenal sebagai leasing.5 Latar Belakang Pembahasan Setiap perusahaan pasti memiliki asset tetap. Dalam pasal Hak atas Peralatan. pengetahuan. perusahaan harus mampu mengatur cash flow perusahaan agar tidak terlalu fluktuatif.• • • • Sebagai salah satu komponen penilaian prestasi magang. Karena normalnya untuk mendapatkan asset tetap dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. semua peralatan yang dibeli sesuai dengan rencana kerja dan akan digunakan untuk operasi perminyakan akan menjadi milik negara setelah masuk perbatasan Indonesia. Oleh karena itu. BPMIGAS membagi pengadaan asuransi migas menjadi Paket Asuransi Program BPMIGAS untuk asuransi aset industri dan asuransi . perusahaan migas hanya berperan sebagai kontraktor untuk menjalan aktivitas hulu di wilayah Republik Indonesia. Pengawasan ini juga berlaku bagi pertanggungan asuransi minyak dan gas bumi yang dilakukan oleh perusahaan migas.6 Perumusan dan Pembatasan Pembahasan Aset yang dimiliki dan digunakan oleh perusahaan minyak dan gas bumi memiliki karakteristik yang berbeda dengan aset yang dimiliki perusahaan pada umumnya.

yang mencakup pengakuan. Penulis akan membahas siklus pengadaan asuransi aset program BPMIGAS dan perlakuan akuntansi. Memberikan gambaran tentang aktivitas selama program magang di PT V Indonesia.7 Tujuan Pembahasan Tujuan pembahasan dalam Laporan Magang ini mencakup: 1. 2. seperti construction all risk insurance dan third party liability insurance. Memberikan penjelasan mengenai siklus pertanggungan asuransi aset sesuai program BPMIGAS yang dimiliki oleh PT V Indonesia 3. dan pelaporan. pencatatan.aset non industri. 1. Biaya premi dari Paket Asuransi Program BPMIGAS menempati porsi paling besar dalam biaya asuransi migas yang ditanggung oleh PT V Indonesia dibanding jenis asuransi lainnya. yang dilakukan oleh PT V Indonesia terkait beban asuransi tersebut. Hal ini melatarbelakangi penulis untuk mengambil topik mengenai perlakuan akuntansi terkait Paket Asuransi Program BPMIGAS ini. serta Paket Asuransi Non Program BPMIGAS untuk seluruh asuransi migas selain kedua jenis asuransi tersebut. Memberikan penjelasan atas aspek-aspek perlakuan akuntansi atas pertanggungan asuransi aset program BPMIGAS oleh PT V Indonesia .