You are on page 1of 24

Pertumbuhan pada Tumbuhan

Pertumbuhan Primer : pertumbuhan yang terjadi pada jaringan meristematik dari hasil pembelahan selsel jaringan meristem primer. Pertumbuhan primer terjadi pada embrio, ujung akar dan ujung batang.

‡ Angiospermae mengalami pembuahan

ganda ‡ Pembuahan ganda menghasilkan zigot dan endosperm ‡ Bakal biji akan berkembang menjadi biji, bakal buah akan berkembang menjadi buah

makanan cadangan diberikan kepada Cotyledon (daun biji) sebelum biji tumbuh dan berkembang lebih lanjut .Perkembangan Bakal Biji y Endosperm tumbuh dan berkembang lebih dahulu dibanding embrio y Endosperm kaya makanan cadangan y Makanan cadangan digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan embrio y Pada sebagian besar Monocotyledon makanan cadangan pada endosperm dapat digunakan hingga terjadinya perkecambahan y Pada beberapa Dicotyledon.

penghubung embrio dengan kulit bakal biji. menghasilkan sel terminal dan sel basal y Sel basal suspensor. mengalirkan nutrien dari tumbuhan induk atau dari endosperm y Sel terminal proembrio yang melekat pada suspensor y Kotiledon mulai berkembang membentuk tonjolan pada proembrio y Embrio bekembang membentuk membentuk ujung batang dan ujung akar .Perkembangan Embrio y Pertumbuhan dan perkembangan embrio diawali dengan pembelahan zigot secara mitosis.

biji mengalami pengurangan kandungan air sampai tersisa 5% . endosperm atau keduanya y Biji dilindungi oleh kulit biji .15% dari berat biji y Selanjutnya embrio berhenti berkembang hingga biji mengalami perkecambahan (masa dorman) y Biji yang matang mengandung embrio yang dikelilingi kotiledon.Struktur biji yang matang y Selama pematangan biji.

yaitu berupa ujung batang dan sepasang calon daun y Hipokotil terletak di bawah kotiledon. berujung di calon akar (radikula) .y Tumbuhan Dikotil memiliki 2 kotiledon y Pada Dikotil akan terbentuk epikotil dan hipokotil y Epikotil terletak di atas kotiledon y Di ujung epikotil terdapat plumula.

kotiledon disebut skutelum y Skutelum sangat tipis dan letaknya tertekan oleh endosperm y Skutelum menyerap nutrien dari endosperm selama perkecambahan y Embrio pada rumput-rumputan dikelilingi oleh koleoriza dan koleoptil y Koleoriza melindungi calon akar y Koleoptil melindungi calon batang .y Pada Monokotil hanya terdapat satu kotiledon y Pada beberapa Monokotil.

bagian-bagian bunga yang lain gugur y Jika tidak terjadi penyerbukan pada bunga.Perkembangan Bakal Buah y Buah berfungsi melindungi biji ketika biji dipencarkan oleh angin atau hewan y Buah mulai berkembang setelah penyerbukan y Penyerbukan merangsang perubahan hormon yang menyebabkan bakal buah berkembang y Dinding bakal buah berkembang menjadi perikarp (bagian dinding buah yang paling tebal) y Pada saat bakal buah berkembang. buah tidak akan berkembang dan semua bagian bunga gugurdari tangkainya .

dikarenakan tidak cocoknya kondisi lingkungan. artinya biji tersebut tidak tumbuh dan berkembang.Perkecambahan y Beberapa biji segera mengalami perkembangan jika berada pada kondisi lingkungan yang sesuai y Namun beberapa biji yang lain berada dalam masa dormansi. y Awal perkecambahan dimulai dengan berakhirnya masa dormansi. Berakhirnya masa dormansi ditandai dengan masuknya air ke dalam biji melalui proses imbibisi y Proses tersebut menginduksi suatu enzim sehingga perkecambahan dimulai .

tumbuhan sudah mampu melakukan fotosintesis. y Selanjutnya tumbuhan akan melakukan differensiasi dan organogenesis y Apabila daun sudah terbentuk. Fotosintesis akan menghasilkan energi dan energi itu digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan y Embrio tumbuhan memiliki 3 bagian : Akar lembaga/calon akar(radikula) Daun lembaga(kotiledon) Batang lembaga (kaulikulus) .y Setelah masa dormansi berakhir tumbuhan akan melakukan proses perbanyakan sel secara mitosis.

akar tumbuh menembus kulit biji dan ke luar melalui liang tersebut .Akar Lembaga (Radikula) y Akan tumbuh dan berfunsi sebagai akar y Ujung akar lembaga menghadap ke arah liang biji y Pada saat berkecambah.

Daun Lembaga(Kotiledon) y Daun pertama suata tumbuhan y Memiliki fungsi : Tempat menimbun makanan Alat untuk melakukan fotosintesis Alat penghisap makanan untuk embrio pada monokotil .

Batang Lembaga(Kaulikulus) y Dibedakan menjadi : Epikotil Ruas batang di atas daun lembaga yang akan tumbuh menjadi batang dan daun Hipokotil Ruas batang di bawah daun lembaga yang akan tumbuh menjadi akar .

Perkecambahan Epigeal y Ditandai dengan bagian hipokotil terangkat ke atas permukaan tanah y Kotiledon sebagai cadangan energi akan melakukan proses pembelahan sangat cepat untuk membentuk daun y Contoh : Perkecambahan Kacang Hijau (Phaseolus radiatus) .

sedangkan kotiledon tetap berada di dalam tanah (hipokotil tetap berada di dalam tanah) y Contoh : Perkecambahan Kacang Kapri (Pisum sativum) .Perkecambahan Hipogeal y Ditandai dengan terbentuknya bakal batang yang muncul ke permukaan tanah.

Pertumbuhan pada Ujung Akar Terdapat 3 daerah titik tumbuh : Daerah pembelahan Daerah pemanjangan Daerah differensiasi .

Pertumbuhan pada Ujung Batang Terdapat 3 daerah titik tumbuh : Daerah pembelahan Daerah pemanjangan Daerah differensiasi .

Teori Titik Tumbuh y Teori Histogen dari Hanstein Titik tumbuh batang dibedakan menjadi 3 bagian : Dermatogen Lapisan luar Setebal satu sel Akan menjadi epidermis Periblem Lapisan tengah Setebal beberapa lapis sel Akan menjadi korteks Plerom Lapisan dalam Akan membentuk silinder pusat .

y Teori Tunika Korpus dari Schmidt Titik tumbuh dibedakan menjadi 2 bagian : Tunika Lapisan pinggir Terdiri atas sel-sel yang membelah Mengakibatkan bertambah luasnyapermukaan titik tumbuh Korpus Bagian yang terdapat di sebelah dalam tunika Terdiri atas sel-sel yang membelah ke segala arah .

Pertumbuhan sekunder : Hanya terjadi pada tumbuhan Dikotil dan Gymnospermae Terjadi pada : Jaringan meristem sekunder (kambium dan kambium gabus .

Kambium y Pada awal pertumbuhan. y Tumbuh menjadi : Ke arah luar membentuk floem Ke arah dalam membentuk xyleum y Pertumbuhan jaringan parenkim yang berada di antara berkas pembuluh angkut akan tumbuh dan berubah menjadi kambium intervasikuler . kambium hanya terdapat pada berkas pembuluh angkut (vasis) yang disebut kambium vasikuler/kambium intravasikuler.

y Selanjutnya kambium intervasikuler akan tersambung dengan kambium intravasikuler membentuk suatu lingkaran konsentris (lingkaran tahun) .

sel-selnya hidup Ke arah luar menjadi felem. sel-selnya mati y Membentuk celah batang yang disebut Lentisel .Kambium Gabus (felogen) y Untuk mencegah kerusakan kulit pada batang y Tumbuh menjadi : Ke arah dalam menjadi feloderm.

temperatur udara. angin. bahan organik. ketersediaan nutrien dan pH Biologis : gulma. mikorhiza y Faktor internal Gen Hormon : auksin. asam absisat. Giberelin.Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan y Faktor eksternal Iklim : cahaya. gas etilen. asam traumalin dan kalin . serangga. mikroorganisme. air. cahaya matahari dan gas Tanah : tekstur dan struktur tanah. sitokinin.