P. 1
Lucy Silabus

Lucy Silabus

|Views: 11|Likes:
Published by Frans Sianturi
silabus
silabus

More info:

Published by: Frans Sianturi on Aug 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/17/2013

pdf

text

original

Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester Standar Kompetensi Kode Kompetensi Alokasi Waktu Kompetensi Dasar 1.

Menyiapkan  peralatan dan bahan untuk mengerjakan proses fermentasi  pada media padat.

 

2. Memulai dan memantau pelaksanaan operasi fermentasi.

SILABUS : SMK Negeri 2 Berastagi : Pengolahan Hasil Pertanian dan Pangan : XI/4 : Mengoperasikan Proses Fermentasi pada Media Padat : AGICORFTSF 071.A : 36 x 45 menit Materi Indikator Kegiatan Pembelajaran Pembelajaran Bahan baku atau media  Jenis bahan  Mengajukan apersepsi dan pra test tentang fermentasi serta biakan baku dan proses fermentasi. (inokulum) ditetapkan dan inokulan dalam  Menjelaskan tentang jenis bahan baku dan memenuhi persyaratan operasi. proses inokulan dalam proses fermentasi. fermentasi. Pembersihan dan persyaratan  Menjelaskan tentang cara pembersihan kondisi peralatan fermentasi  Cara peralatan fermentasi. dikenali dan ditetapkan pada pembersihan  Menjelaskan tentang parameter operasi yang kondisi aseptis. peralatan sesuai dengan syarat keamanan produksi. fermentasi. Komponen mesin  Menugaskan peserta diklat dalam kelompok peralatan/perlengkapan yang  Parameter untuk menyiapkan peralatan dan bahhan menyertai disiapkan dan operasi yang untuk proses fermentasi pada media padat. disesuaikan untuk memenuhi sesuai dengan  Memantau aktifitas peserta diklat selama persyaratan operasi. syarat keamanan kegiatan. produksi. Kinerja peralatan diperiksa dan  Mengumpulkan laporan, evaluasi disesuaikan. melakukan penilaian hasil dan tindak lanjut. Pengecekan awal operasi dilakukan seperti yang dipersyaratkan Proses fermentasi pada media  Tahapan  Mengajukan apersepsi dan pre-test tentang padat dimulai dan dijalankan memulai proses fermentasi media padat. sesuai tahapan proses yang fermentasi.  Menjelaskan tentang tahapan proses diperlukan dan disesuaikan  Langkahfermentasi. dengan prosesdur yang berlaku langkah  Menjelaskan tentang langkah-langkah ditempat kerja. perawatan perawatan peralatan. Proses fermentasi pada media peralatan.  Menjelaskan tentang cara memantau proses padat dan kondisinya dipantau  Manfaat fermentasi. untuk mengenali variasi kondisi perawatan  Menjelaskan syarat-syarat tempat kerja yang atau perubahan yang terjadi pada peralatan. memenuhi standar. operasi berjalan.  Cara memantau  Menugaskan peserta diklat dalam kelompok Variasi kondisi proses dari proses operasi untuk mengumpulkan laporan evaluasi , kondisi peralatan dikenali untuk fermentasi. penilaian peserta diklat dan tindak lanjut. keperluan pemantauan jalannya proses fermentasi pada media

Penilaian  Lisan.  Tulisan.  Observasi.

Alokasi Waktu TM PS PI 3 6

Sumber Belajar  Modul.  Referensi tentang fermentasi.

 Lisan.  Tulisan.  Observasi.

2

4

 Modu  Referensi tentang pengemasan.

PROGRAM KEAHLIAN: PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN PANGAN

Kompetensi Dasar 3. Mengendalikan proses dan menilai mutu hasil.

Indikator padat.  Proses produksi dijalankan sesuai dengan persyaratan perusahaan dan kapasiatas yang diperlukan.  Titik pengendalian dipantau untuk memastikan bahwa kinarja proses berada pada kendalli sesuai dengan spesifikasi.  Proses produksi pati mencapai spesifikasi dan dipertahankan sesuai persyaratn produksi.  Proses produksi siap dioperasikan sesuai dengan kapasitas yang telah diperhitungkan.  Proses produksi dilanjutkan apabila mutu hasil sesuai dengan kriteria mutu.  Kinerja peralatan, proses dan produk serta penyimpanannya diidentifikasi, dipastikan dan atau dilaporkan.  Proses produksi dihentikan sesuai dengan tata cara (prosedur) perusahaan.  Limbah hasil dikumpulkan, ditangani atau didaur ulang sesuai tata cara menajemen limbah yang ditetapkan perusahaan.  Hasil produksi disimpan pada tempat higienis sebelum dikemas.  Informasi proses dicatat pada barang yang sesuai.

Materi Pembelajaran  Tahap proses produksi.  Parameter penetu keberhasilan pengolahan pati.  Titk pengendalian yang harus dipantau.  Spesifikasi pembuatan pati  Manfaat penanganan limbah.  Cara penyimpanan limabh.  Cara penyimpanan pati.  Cara mengenali produk yang sesuai spesifikasi.  Cara memperbaiki produk agar sesuai spesifikasi.  Cara merawat tempat kerja.

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu TM PS PI 4 8

Sumber Belajar

 Mengajukan apersepsi dan pre-test tentang  Lisan. memproduksi pati.  Tulisan.  Menjelaskan tentang:  Observasi.  Langkah-langkah, proses, parameter penentu keberhasilan pengolahan yang harus dipantau, spesifikasi proses pembuatanpati dan persyaratan produksi, prosedur penghentian proses produksi pati, manfaat penanganan limbah, cara penyimmpanan pati, cara mengenali produk yang sesuai spesifikasi dan cara memperbaiki prosu tersebut, cara merawat tempat kerja.  Menugaskan peserta diklat membuat dormat pemantauan proses.  Menugas peserta diklat dalam kelompok untuk:  Mengolah pati.  Memantau jalannya proses.  Membuat catatan kejadian sebelum proses.  Menangani produk yang tidak memenuhi standar hasil.  Menghentikan proses.  Menangani hasil pati pra kemas.  Menangani limbah.  Menjaga lingkungan kerja.  Memantau aktifitas peserta diklat selama kegiatan proses.  Mengumpulkan laporan evaluasi, penilaian peserta diklat dan tindak lanjut.

PROGRAM KEAHLIAN: PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN PANGAN

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->