UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA FAKULTAS HUKUM

Tahun Akademik 2010-2011

Program Kerja

Divisi Sistem Informasi dan Manajemen (SIM)

A. Kebijakan Umum Divisi SIM
Merujuk pada Arahan Strategi Dekan Fakultas Hukum Unibersitas Islam Indonesia (FH-UII) 2006-2014 yang pada dasarnya terfokus pada tujuan Strategis yakni Penguatan keunggulan pendidikan hukum berbasis nilai-nilai ke-Islaman menuju World Class University”. Atas dasar hal tersebut, maka Program Kerja Divisi SIM FHUII dengan konsekwen mengacu pada Renstra yang telah ditetapkan oleh Fakultas Hukum UII. Berdasarkan perkembangan dan pelaksanaan kegiatannya, sebagian besar tugas Divisi SIM terfokus pada kegiatan teknis, seperti: melakukan pengawalan baik instalasi maupun up-date terhadap Sistem Informasi UII (SIMPUS, SIMAK, ADMSimak, SIMReg, SIMIN, SIMKEU, SAP, SIMPEG. LIA Akademik, Klasiber dan sebagainya), melakukan pengawalan, baik instalasi maupun maintenance sistem jaringan yang ada di FH UII (Web Filter, HotSpot Sistem, Local Area Network, Proxy Server, Microwave Sistem, Bandwidth Management kegiatan dan Ncomputing melakukan Server), administrator peralatan Reset IT di Password Unisys, mengawal integrasi dan penggunaan one account policy, membantu pendokumentasian fakultas, maintenance lingkungan FH UII baik perkantoran maupun perkuliahan serta melayani maintenance service peralatan IT milik dosen, mahasiswa dan Staff. Disamping kegiatan teknis tersebut, Divisi SIM juga tidak terlepas dari kegiatan-kegiatan administratif seperti: Pengajuan Anggaran, pengajuan pengadaan peralatan IT, pendokumentasian dokumen sebagai kelengkapan Standarisasi ISO, AMIKU dan akreditasi serta kegiatan kepanitian serta pengolahan data. Tindak lanjut dari kegiatan tersebut secara garis besar akan dituangkan dalam Matrik Program Kerja 2010-2014 serta program kerja 2010-2011 berikut ini:

net Instalasi & Up-grade: aplication tools. koneksi. Membantu mengatasi trouble yang timbul dari akses.000 Anggaran dipergunakan untuk mengganti pheripheral atau komponen yang rusak 2 (2) Bidang Software 1. Access Point Buffalo. Student Lounge. Mandiri. 2. 3. Program Kerja Matrikulasi Program Kerja Periode 2010-2014 Tahun 2010/2014 2011 2012 2013 2014 No 1 Program Kerja 2 Program Kerja Rutin Aktifitas 3 Tujuan 4 Sasaran 5 Biaya 7 Keterangan 8 6 1 (1) Bidang Hardware 1.000 Anggaran dimungkinkan untuk membeli Anti Virus berlisensi. perbaikan/penggantian peralatan yg rusak Monitoring dan Maintenance: Jaringan Internet. dsb) milik fakultas Pengadaan pheripheral unt.Dosen dan Mahasiswa Monitoring & Mantenance: Anjunga:.000. Proxy Server. Laptop. Bandwidth Limiter PacketShaper 2500. antivirus.000.Kelas Membantu Maintenance Alat-alat kelengkapan IT (LCD Projector. peraturan dan penggunaan perangkat IT baik ortu-wali. intranet dan Wireless Monitoring & Maintenance Rack Server Hardware: UPS Power supply. Pustaka. 6. Membantu melakukan maintenance: Komputer/Laptop milik Fakultas. Switch Hub. Mikrotik Router server with DOM & Harddisk storage. Ubiquity NanoStation2 serta Web Filter Monitoring bandwidth dg akses netstat. up-date dan instalasi SIM UII dan software pendukungnya Mengelola IP address bagi pengguna Kable Network Membantu mengatasi trouble yang timbul dari akses. 4. Komp.8.B. Operating System dan Hardware driver Maintenance. 5.uii. dan Komp. Karyawan. . Radio Motorolla Canopy 2. koneksi. 2. civitas Kelancaran dalam penggunaan Infrastruktur IT √ √ √ √ 2. OPAC. 7. 3. civitas akademika dan karyawan serta Perangkat IT inventaris FH UII Kelancaran dalam penggunaan Infrastruktur IT √ √ √ √ 10. Microwave Harris TRUEPoint 4000. peraturan dan penggunaan perangkat IT baik ortu-wali.

seminar. informasi ke-fakultasan dsb. Membantu menyusun rencana strategis dekan Menyiapkan Laporan pemeriksaan Program Kerja Tahunan Menyusun Rencana Program Tahunan yang berkaitan dengan Sistem Informasi dan Management serta melakukan Koordinasi secara periodik dg pimpinan fakultas dan divisi-divisi yg ada serta Intern Divisi SIM Dapat menyajikan laporan program kerja secara periodik kepada pimpinan Fakultas yang akan digunakan sebagai bahan penyusun Renstra dan terwujudnya kerjasama antar Divisi Ketersediaan Laporan program kerja secara periodik √ √ √ √ 0 . Studium Generale. 3. Up-load berita & kegiatan Fakultas ke Web Pengaturan CEO & SEF pada Content Management Web FH UII Pengelola CPanel WEB FHUII Melakukan pendaftaran dan pengamatan web FH pada webomatrik google. seperti diskusi. 3.com. 3. hard copy ataupun spanduk dan pamflet 1. 1. 2. Semua Kegiatan terdokumentasi baik melalui soft copy. 2. orang tua/wali mahasiswa. 5. Melakukan Security policy pada Content Manajemen System web FH Informasi yang disajiakan dapat lebih baik. Keamanan acount sistem √ √ √ 0 Anggaran menyesuaikan dengan jenis kegiatan 4 (4) Dokumentasi dan Publikasi Membantu mendokumenkan kegiatan fakultas. lokakarya. Keamanan Content Web Kemudahan ketersedian informasi & dokumentasi √ √ √ √ 0 Anggaran menyesuaikan dengan jenis kegiatan 5 (5) Pengelolaan Web 1. 4. Mengelola Account One Account Policy untuk mahasiswa (LIAUnisys.No 1 Program Kerja 2 4. Generale Lecture. 2. Aktifitas 3 Pengadaan Anti Virus Software Membantu processing Account email Dosen Karyawan. keamanan situs web lebih terjaga √ √ √ √ 0 Program Kerja Jangka Pendek 6 (1) Menyiapkan Usulan Rencana Strategis dan Program Kerja Fakultas di Bidang Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Up-todate berita kegiatan dan informasi Fakultas di Web FH 2. Klasiber dan HotSpot) Membantu Processing Account One Account Policy Dosen dan Karyawan (Unisys dan HotSpot) Tujuan 4 akademika dan karyawan. Membatu meningkatkan peringkat webomatrik UII 3. Membantu mengatasi trouble yang timbul pada saat penggunaan account pada layanan informasi akademik UII Sasaran 5 Tahun 2010/2014 2011 2012 2013 2014 Biaya 7 Keterangan 8 6 √ 3 (3) Pengeloaan Account 1.

dan membukukan kegiatan pengolahan data sesuai yang dibutuhkan Membantu keterselengaraan serta mempertahankan Sistem Mutu dan ISO dapat terus terus diterapkan di FH. mendokumentasika n. 4.000. 3. dsb Tujuan 4 Meningkatkan pegetahuan. Sasaran 5 Peningkatan Skill Staff √ Tahun 2010/2014 2011 √ 2012 2013 2014 √ Biaya 7 Keterangan 8 Anggaran digunakan jika ada pelatihan yang diikuti di luar UII 6 √ 5.000. 2.000 8 (3) Menyiapkan bahan dan atau data 1.No 1 7 Program Kerja 2 (2) Peningkatan Ketrampilan Aktifitas 3 Meningkatkatkan keterampilan & pengetahuan Staff melalui pelatihan & training. ketrampilan staff dibidang pengelolaan jaringan dan perangkat Informasi dan Teknologi Membantu mengolah.000 Radio wireless dari BSI Anggaran digunakan untuk membiayai infrastruktur pemasangan . Audit Mutu Internal dan ISO membantu mengolah data baik dalam bentuk tabel maupun graphics Membantu menyajikan informasi dengan lebih jelas √ √ √ √ 0 9 (4) Mengimplementasikan Sistem mutu dan Sertifikasi Membantu Menerapkan System Mutu dan International Standart Organisation (ISO) di divisi SIM dan Tingkat Fakultas Minimal system mutu dan sertifikasi ISO dapat secara baik diimplementasik an di Divisi SIM √ √ √ √ 0 Program Kerja Pengembangan 10 (1) Personal IT Out Sourcing Pembuatan MoU kerjasama dg Instansi Pendidikan bagi mahasiswa yg menempuh Kerja Praktek atau TA/Skripsi di Divisi SIM unt. Evaluasi dalam pengelolaan sistem informasi dan teknologi informasi Grant/Hibah internal maupun eksternal dalam bidang sistem informasi dan teknologi informasi Akreditasi. Dapat lebih mengembangkan Aplication System/Software maupun hardware s Untuk Membantu membuat System Aplikasi atau megaplikasikan Pheripheral System IT yang semakin berkembang kemampuan dan tingkat kesulitannya Penambahan dan perkuatan akses Hotspot di kampus FH Ada MoU sehingga pemenuhan kebutuhan Personal IT Out Sourcing dapat secara periodik terpenuhi Akses wireless dapat diakses pada setiap sudut kampus FH √ √ √ √ 0 12 (2) Perkuatan Wireless Access Penambahan kapasitas dan jumlah Radio Wireless di Lingkungan Kampus FH √ √ 2.

000x 15= 6.000 Asumsi di FH ada 60 Monitor CRT.000.000 .000 14 Penggantian monitor CRT VGA dan SVGA di lingkungan FH UII dengan teknologi LCD √ √ 60. Aktifitas 3 Penambahan Bandwidth Pemberlakukan Account akses internet dengan Local Area Network Pembakuan dan pengaturan penggunaan web fileter Tujuan 4 Bandwidth serta akses tidak digunakan oleh user yang tidak berkewenangan melakukan akses Menghemat sumber daya listrik. keterbatasan tempat Memisahkan Akses LAN dengan Kabel hanya untuk kegiatan Ofiice. Card PCI Wireless Rp. dan kesehatan √ Tahun 2010/2014 2011 2012 2013 2014 Biaya 7 Keterangan 8 peralatan Asumsi. 3.000.000 6 √ √ √ 9. 2. sedangkan wireless digunakan utk mahasiswa Sasaran 5 Kecepatan akselerasi dan keamanan penggunaan internet Efisiensi.000.No 1 13 Program Kerja 2 (3) Perkuatan Internet Access dengan Local Area Networking (4) LCD-nisasi 1.400. Harga Bandwidth 256Kbps adalah 3.000. meminimalisasi kerusakan mata akibat radiasi. jadi : 60 x 1.000 15 (5) Wireless-sisasi Melakukan perubahan Koneksi Internet untuk komputer anjungan dari Local Arena network ke Wireless Keamanan:Data -data local dalam local area network tidak dapat dishare oleh user yang tidak dikehendaki √ √ Asumsi.000.

Kelancaran dalam penggunaan Infrastruktur IT √ √ √ √ √ √ 10. Microwave Harris TRUEPoint 4000.net Instalasi & Up-grade: aplication tools. Pustaka. 2 (7) Bidang Software 1. Laptop. Bandwidth Limiter PacketShaper 2500.Dosen dan Mahasiswa Monitoring & Mantenance: Anjunga:. Membantu mengatasi trouble yang timbul dari akses. Operating System dan Membantu mengatasi trouble yang timbul dari akses. Access Point Buffalo.Kelas Membantu Maintenance Alat-alat kelengkapan IT (LCD Projector.000 No 1 Aktifitas 3 Tujuan 4 Bulan-Tahun 2010 Juli Agt Sept Okt Nov Des Biaya 7 Keterangan 8 6 2. OPAC. Radio Motorolla Canopy 2. Proxy Server. Mandiri.000. Membantu melakukan maintenance: Komputer/Laptop milik Fakultas. 4. Kelancaran dalam penggunaan √ √ √ √ √ √ 2. civitas akademika dan karyawan.Matrikulasi Program Kerja Periode Juli-Desember 2010 Sasaran 5 Program Kerja 2 Program Kerja Rutin 1 (6) Bidang Hardware 1. dan Komp.8. peraturan dan penggunaan perangkat IT baik ortu-wali. 7.000. Komp. perbaikan/penggantian peralatan yg rusak Monitoring dan Maintenance: Jaringan Internet. Switch Hub. intranet dan Wireless Monitoring & Maintenance Rack Server Hardware: UPS Power supply.uii. antivirus. koneksi.000 . Mikrotik Router server with DOM & Harddisk storage. Student Lounge. 6. dsb) milik fakultas Pengadaan pheripheral unt. koneksi. 5. 3. Ubiquity NanoStation-2 serta Web Filter Monitoring bandwidth dg akses netstat. Karyawan.

Studium Generale. seminar. 3. 5. 2. 4 (9) Dokumentasi dan Publikasi Membantu mendokumenkan kegiatan fakultas. Up-todate berita kegiatan dan informasi Fakultas di Web FH 5. Klasiber dan HotSpot) Membantu Processing Account One Account Policy Dosen dan Karyawan (Unisys dan HotSpot) Tujuan 4 peraturan dan penggunaan perangkat IT baik ortu-wali. Mengelola Account One Account Policy untuk mahasiswa (LIA-Unisys. 1. orang tua/wali mahasiswa. informasi ke-fakultasan dsb.com. Melakukan Security policy pada Content Manajemen System web FH Semua Kegiatan terdokumentasi baik melalui soft copy. Membatu meningkatkan peringkat webomatrik UII 6. Membantu mengatasi trouble yang timbul pada saat penggunaan account pada layanan informasi akademik UII Keamanan acount sistem √ √ √ √ √ √ 0 3. lokakarya. 4. Sasaran 5 Infrastruktur IT Bulan-Tahun 2010 Juli Agt Sept Okt Nov Des Biaya 7 Keterangan 8 6 3 (8) Pengeloaan Account 1. 2. 4. Generale Lecture. hard copy ataupun spanduk dan pamflet 4. Aktifitas 3 Hardware driver Maintenance. up-date dan instalasi SIM UII dan software pendukungnya Mengelola IP address bagi pengguna Kable Network Pengadaan Anti Virus Software Membantu processing Account e-mail Dosen Karyawan. Keamanan Content Web Kemudahan ketersedian informasi & dokumentasi √ √ √ √ √ √ 0 5 (10) Pengelolaan Web Informasi yang disajiakan dapat lebih baik. Membantu menyusun rencana strategis dekan Menyiapkan Laporan pemeriksaan Program Kerja Dapat menyajikan laporan program kerja secara periodik kepada pimpinan Ketersediaan Laporan program kerja secara periodik √ √ √ √ √ √ 0 . keamanan situs web lebih terjaga √ √ √ √ √ √ 0 Program Kerja Jangka Pendek 6 (5) Menyiapkan Usulan Rencana Strategis dan 1. civitas akademika dan karyawan. 3. 2.No 1 Program Kerja 2 2. seperti diskusi. Up-load berita & kegiatan Fakultas ke Web Pengaturan CEO & SEF pada Content Management Web FH UII Pengelola CPanel WEB FHUII Melakukan pendaftaran dan pengamatan web FH pada webomatrik google.

dsb Meningkatkan pegetahuan. 2. 4. 3.000 8 (7) Menyiapkan bahan dan atau data 1.No 1 Program Kerja 2 Program Kerja Fakultas di Bidang Sistem Informasi dan Teknologi Informasi.000. Minimal system mutu dan sertifikasi ISO dapat secara baik diimplementasi kan di Divisi SIM √ √ √ √ √ √ 0 Program Kerja Pengembangan 10 (1) Perkuatan Wireless Access Penambahan kapasitas dan jumlah Radio Wireless di Lingkungan Kampus FH Penambahan dan perkuatan akses Hotspot di kampus FH Akses wireless dapat diakses pada setiap sudut kampus FH √ √ 2. mendokumentasikan.000 Radio wireless dari BSI . dan membukukan kegiatan pengolahan data sesuai yang dibutuhkan Peningkatan Skill Staff √ √ √ √ √ √ 5. ketrampilan staff dibidang pengelolaan jaringan dan perangkat Informasi dan Teknologi Membantu mengolah. Menyusun Rencana Program Tahunan yang berkaitan dengan Sistem Informasi dan Management serta melakukan Koordinasi secara periodik dg pimpinan fakultas dan divisi-divisi yg ada serta Intern Divisi SIM Tujuan 4 Fakultas yang akan digunakan sebagai bahan penyusun Renstra dan terwujudnya kerjasama antar Divisi Sasaran 5 Bulan-Tahun 2010 Juli Agt Sept Okt Nov Des Biaya 7 Keterangan 8 6 7 (6) Peningkatan Ketrampilan Meningkatkatkan keterampilan & pengetahuan Staff melalui pelatihan & training. Aktifitas 3 Tahunan 3.000. Evaluasi dalam pengelolaan sistem informasi dan teknologi informasi Grant/Hibah internal maupun eksternal dalam bidang sistem informasi dan teknologi informasi Akreditasi. Audit Mutu Internal dan ISO membantu mengolah data baik dalam bentuk tabel maupun graphics Membantu menyajikan informasi dengan lebih jelas √ √ √ √ √ √ 0 9 (8) Mengimplementasikan Sistem mutu dan Sertifikasi Membantu Menerapkan System Mutu dan International Standart Organisation (ISO) di divisi SIM dan Tingkat Fakultas Membantu keterselengaraan serta mempertahankan Sistem Mutu dan ISO dapat terus terus diterapkan di FH.

No 1 11 Program Kerja 2 (2) Perkuatan Internet Access dengan Local Area Networking 1. 3. Harga Bandwidth 256Kbps adalah 3.000 serta menunggu kebijakan BSI 6 .000. Aktifitas 3 Penambahan Bandwidth Pemberlakukan Account akses internet dengan Local Area Network Pembakuan dan pengaturan penggunaan web fileter Tujuan 4 Bandwidth serta akses tidak digunakan oleh user yang tidak berkewenangan melakukan akses Sasaran 5 Kecepatan akselerasi dan keamanan penggunaan internet Bulan-Tahun 2010 Juli √ Agt Sept Okt Nov Des Biaya 7 9. 2.000 Keterangan 8 Asumsi.000.

29 Juli 2010 Ka. jangka pendek dan program kerja pengembangan.C. ) .Div. Yogyakarta. diharapkan dapat dapat digunakan sebagai acuan dan pedoman bagi staff dan personil Divsi SIM dalam melaksanakan tugas-tugasnya baik secara rutin maupun tugas-tugas pengembangan. Dengan adanya program kerja kerja yang tertuang dalam Matrikulasi Program Kerja. A. maka dapat dilakukan perubahan atas inisiatif Kepala Divisi SIM dengan persetujuan Pimpinan Fakultas serta mempertimbangan ketentuan-ketentuan dan kebijakan yang diatur dan diberlakukan oleh Badan Sistem Informasi UII. SIM ( Purwanto. Jika dalam perjalanannya nanti terjadi perubahan kebijakan terutama dalam arahan pengembangan IT di UII yang diluar prediksi ketika program kerja ini dibuat sehingga menimbulkan kendala dalam implementasinya. Penutup Program kerja divisi SIM yang dibuat untuk periode 2010-2014 dibagi menjadi tiga program kerja pokok yaitu: program kerja rutin.Md..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful