PROGRAM KERJA IT CLUB SMA NEGERI 65 JAKARTA

BAB I Pendahuluan Program Kerja IT Club SMA Negeri 65 Jakarta Pada tahun Ajaran 2010-2011 masih berorientasi pada Program Kerja tahun sebelumnya yaitu tahun ajaran 2009-2010 guna menuntaskan beberapa program yang belum sempat dijalankan pada tahun sebelumnya. Program Kerja ini dibuat sebagai tolak ukur untuk segala kegiatan IT Club SMA Negeri 65 Jakarta yang akan dilakukan selama kurun periode 2010-2011.

A. Maksud dan Tujuan 1. Maksud Rencana Kerja ini adalah untuk digunakan sebagai dasar dan pedoman dalam melaksanakan kegiatan IT Club 2. Tujuannya adalah untuk menghimpun Anggota IT Club dalam kegiatan yang terpola agar mudah dibina dan dikelola.

B. Penyusunan Rencana Kerja Penyusunan rencana Kerja Tahun Ajaran 2011/2012 dilakukan dengan: 1. Mengevaluasi perencanaan dan pelaksanaan Rencana Kerja Tahun Ajaran 2010/2011, 2. Program disusun berdasarkan pada kemampuan dukungan dana dan kemampuan administrasi.

BAB II RENCANA KERJA TAHUN AJARAN 2011/2012 Dari Uraian BAB I maka Ekstrakurikuler IT Club SMA Negeri 65 Jakarta berkewajiban untuk melaksanakan dan mengelola kegiatan Ekstrakurikuler IT Club di SMA Negeri 65 Jakarta. . Mengupayakan Gerakan Pembinaan dan Pengembangan IT yang dititik beratkan pada peningkatan pelatihan-pelatihan guna menyiapkan Para anggota IT Club SMA Negeri 65 Jakarta agar dapat menjadi pribadi yang mampu mengikuti arus perkembangan Tekhnologi Komputer yang terus berkembang. Susunan Program Kerja 1. Program kerja tahun 2011/2012 akan tetap berorientasi pada peningkatan kualitas pembinaan SDM. Sasaran Ekstrakurikuler IT Club SMA Negeri 65 Jakarta: 1. Perlu dijabarkan lagi secara rinci dimana program kerja ini merupakan pentahapan aktivitas bagi kesinambungan proses pelaksanaan kegiatan dalam pembinaan dan perkembangan dalam Ekstrakurikuler IT Club SMA Negeri 65 Jakarta. serta skill. 2. Evaluasi juga merupakan bagian integral dari setiap kebijakan program yang tak terpisahkan agar nantinya dapat diperoleh gambaran yang jelas tentang keunggulan. Meningkatkan rasa tanggung jawab dan kebersamaan untuk bekerja sama dalam melaksanakan seluruh kegiatan. leadership. Mengupayakan fungsi wadah-wadah pembinaan siswa yang tertarik dengan dunia Tekhnologi dan Informatika agar lebih terpadu dan terarah sehingga memantapkan organisasi dan manajemen yang tanggap. kelemahan. 4. Upaya mengadakan fasilitas penggunaan dan pengembangaan Tekhnologi komputerisasi dalam rangka menunjang gerak langkah visi awal dengan langkah IT Club SMA Negeri 65 Jakarta. peluang dan hambatan terhadap kebijakan yang telah dibuat sehingga dapat diketahui keberhasilan dan usaha yang telah dilakukan. efektif dan efisien. 3. Sasaran Pokok a. A. Rencana kerja pembinaan dan pengembangan dalam IT Club sebagai hasil musyawarah para pengurus.

c. 2. kreatif dan inovatif. Pelaksanaan Tugas 1. 3. 2.1. 4. Finansial 1. mengendalikan dan memonitor tugas sehari-hari. b. Terciptanya konsep kegiatan yang bervariasi yang mempu menarik minat anggota dan calon anggota. sebagai pengabdian kepada IT Club dan masyarakat. Mengendalikan dan memonitor mekanisme kenangan pada setiap aktivitas. e. Menyelenggarakan dana rutin untuk aktivitas diusahakan dengan maksimal kemandirian yang berkesinambungan. mengendalikan dengan mengevakuasi pelaporan keuangan. Terlaksananya perangkat pengembangan. monitoring. 3. Minimal satu tahun sekali merealisasikan satu konsep kegiatan yang bersifat positif. Bidang Evaluasi dan Pengembangan 1. Mengatur. evaluasi dan pelaporan hasil pelaksanaan pengurus. Terhimpunnya data yang akurat tentang kuantitas dan kualitas anggota IT Club guna kebutuhan perumusan kebijakan lebih lanjut. Bekerja sama dengan seluruh anggota Pengurus untuk mencari solusi pemecahan dalam penyempurnaan perubahan petunjuk penyelenggara pengurus yang baru. 3. 4. Melanjutkan upaya penyempurnaan petunjuk penyelenggaraan pendidikan dan latihan bagi anggota. 2. Tersusunnya petunjuk pelaksanaan kegiatan bagi pengurus. Melakukan upaya persiapan kaderisasi. Publikasi dan informasi kegiatan-kegiatan IT Club. 3. 5. Tersusunya perangkat supervisi. Mengatur. . Bidang Hubungan Masyarakat 1. Bidang Materi 1. 2. d. Melakukan fungsi pembinaan terhadap anggota baik secara internal maupun eksternal. Mengatur dan mengendalikan mekanisme yang berkaitan dengan penugasan seluruh anggota dan ruang lingkup tugasnya. Menyempurnakan sistem dan mekanisme kerja. 4. 2. Mengusahakan meningkatkan kualitas dan kuantitas perkembangan IT Club yang terlibat dalam upaya peningkatan IT di SMA Negeri 65 Jakarta. Sasaran Bidang a.

Melaksanakan Musyawarah untuk memilih Ketua Seksi Bidang Disain Grafis b. Mengadakan Pelatihan – Pelatihan. . Mengadakan Rapat Internal Seksi Bidang Desain Grafis d. Uraian Garapan Seksi Bidang Materi 1. Pembentukan kader Pemberi Materi e. 4. 2. Mengfungsikan perangkat organisasi sesuai dengan tugasnya c. Bidang Materi Desain Grafis a. Bidang Materi Programming a Melaksanakan Musyawarah Untuk memilih Ketua Seksi Bidang Programming b Mengfungsikan perangkat organisasi sesuai dengan tugasnya c Mengadakan Rapat Internal Seksi Bidang Programming d Pembentukan kader Pemberi Materi e Mengadakan Pelatihan – Pelatihan. Bidang Materi Animasi a Melaksanakan Musyawarah Untuk memilih Ketua Seksi Bidang Animasi b Mengfungsikan perangkat organisasi sesuai dengan tugasnya c Mengadakan Rapat Internal Seksi Bidang Animasi d Pembentukan kader Pemberi Materi e Mengadakan Pelatihan – Pelatihan. 3. Bidang Materi Web Disain a Melaksanakan Musyawarah Untuk memilih Ketua Seksi Bidang Web Disain b Mengfungsikan perangkat organisasi sesuai dengan tugasnya c Mengadakan Rapat Internal Seksi Bidang Web Disain d Pembentukan kader Pemberi Materi e Mengadakan Pelatihan – Pelatihan.B.

* Waktu : Sesuai kebutuhan * Tempat : Disesuaikan .5. C. 6. persiapan dan penyusunan konsepsi kegiatan bidang yang bersangkutan. Kegiatan Rutin a. Rapat pengurus * Maksud : Membicarakan pelaksanaan program kerja. Bidang Materi Pengetahuan Dasar a Melaksanakan Musyawarah Untuk memilih Ketua Seksi Bidang Pengetahuan Dasar b Mengfungsikan perangkat organisasi sesuai dengan tugasnya c Mengadakan Rapat Internal Seksi Bidang Pengetahuan Dasar d Pembentukan kader Pemberi Materi e Mengadakan Pelatihan – Pelatihan. Pemberian Materi * Maksud : Menambah pengetehuan para anggota IT Club seputar bidang yang diajarkan. Uraian Program Kerja 1. * Waktu : Satu Minggu Sekali * Tempat : Lab Komputer SMA Negeri 65 Jakarta b. Bidang Materi Networking a Melaksanakan Musyawarah Untuk memilih Ketua Seksi Bidang Programming b Mengfungsikan perangkat organisasi sesuai dengan tugasnya c Mengadakan Rapat Internal Seksi Bidang Programming d Pembentukan kader Pemberi Materi e Mengadakan Pelatihan – Pelatihan.

* Waktu * Tempat : 28 Mei 2011 : Lab Komputer SMA Negeri 65 Jakarta . Dr. Training Camp * Maksud : Menyiapkan para anggota agar bisa menjadi pemberi Materi sesuai dengan bidang yang sudah ditentukan. Ujian * Maksud : Memberikan ujian atau uji coba kepada anggota IT Club untuk mengukur sejauh mana pemahaman di setiap materi yang disampaikan. * Waktu * Tempat d. Lomba Internal * Maksud : Sebagai ajang untuk para anggota IT Club untuk saling mengasah kemampuannya dan untuk melihat bakat-bakat dari setiap anggota IT Club. * Waktu : 21 Mei 2011 * Tempat : Lab Komputer SMA Negeri 65 Jakarta f. * Waktu : Setiap akhir bulan : 21 April 2011 : Lab Komputer SMA Negeri 65 Jakarta * Tempat : Lab Komputer SMA Negeri 65 Jakarta e. IT *Maksud : Melatih para anggota IT Club agar bisa menyelesaikan masalah-masalah seputar Perangkat keras komputer dan perangkat lunak komputer.c.

Programming. * Waktu : 25 Juni 2011 * Tempat : SMA Negeri 65 Jakarta . Pengetahuan Dasar Komputer ke sekolah-sekolah lain.2. Kegiatan Partisipasi a. Workshop *Maksud : Memberikan pelatihan seputar Materi Disain Grafis. Web Disain. Networking. Animasi.

Kom) NIP - Ketua IT Club SMA Negeri 65 Jakarta Wakil Ketua IT Club SMA Negeri 65 Jakarta (Fariz Ardiansyah) NIS 7982 (Ridha Septiyana) NIS 8111 . Demikianlah Program Kerja memberikan kesempatan bagi IT Club SMA Negeri 65 Jakarta Tahun 2011-2012 ini disampaikan. Jakarta.BAB III Penutup IT Club sebagai Ekstrakurikuler sekolah dan sekaligus merupakan wadah pembinaan para siswa/i dengan menggunakan prinsip dasar berbagi untuk kemajuan dunia Tekhnologi. ikut serta secara aktif mendidik sumber daya manusia agar dapat menjadi kader bangsa yang bertanggung jawab atas tercapainya tujuan pembangunan Tekhologi di Indonesia. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua dalam membina dan mengembangkan sumber daya manusia melalui Ekstrakurikuler IT Club sehingga menjadi para siswa/i yang mengerti akan Tekhnologi. S. kader pembangunan yang handal serta semoga nantinya apa yang dicita-citakan IT Club dapat tercapai.28 April 2011 Pembina IT Club SMA Negeri 65 Jakarta (Ahmad Arfandi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful