Tahu adalah makanan yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya.

Berbeda dengan tempe yang asli dari Indonesia, tahu berasal dari China, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Tahu adalah kata serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) (Hanzi: 豆腐, hanyu pinyin: doufu) yang secara harfiah berarti “kedelai yang difermentasi”. Tahu pertama kali muncul di Tiongkok sejak zaman Dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi: 劉安) yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan Dinasti Han. Di Jepang dikenal dengan nama tofu. Dibawa para perantau China, makanan ini menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia. Sebagaimana tempe, tahu dikenal sebagai makanan rakyat. Beraneka ragam jenis tahu yang ada di Indonesia umumnya dikenal dengan tempat pembuatannya, misalnya tahu Sumedang dan tahu Kediri. Sejarah Tahu (Asal-usul) Report By kontekaja on Apr-1-09 10:07pm From: kontekaja.com TAHU dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Berbeda dengan tempe yang asli dari Indonesia, tahu berasal dari China seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Tahu adalah kata serapan dari bahasa Hokkian, tauhu (Hanzi: 豆腐, hanyu pinyin: doufu) yang secara harfiah berarti "kedelai yang difermentasi". Di Jepang dikenal dengan nama tofu. Dibawa para perantau China, makanan ini menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia. Tahu pertama kali muncul di Tiongkok sejak zaman Dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi: 劉安) yang merupakan seorang bangsawan, cucu Kaisar Han Gaozu, Liu Bang, yang mendirikan Dinasti Han. Liu An adalah ilmuwan dan filosof, penguasa dan ahli politik. Ia tertarik pada ilmu kimia dan Meditasi Tadiom. Para ahli sejarah berpendapat bahwa kemungklinan besar Liu An melakukan pengenalan makanan non daging melalui tahu. Kemungkinan besar Liu An memadatkan tahu dengan nigari atau air lant dan menjadi kental seperti tahu saat ini. Beberapa Teori Ada beberapa teori bagaimana tahu pada awalnya terbentuk: Teori pertama kemungkinan besar proses pengumpalan tahu terjadi secara kebetulan. Bila membuat sup dari puree kedelai biasanya harus diberi bumbu. Bila sup tersebut diberi

1127). dan dalam ajarannya telah melibatkan dengan tahu dalam Dharma Combat. para politisi dan ekonomi yang saat itu banyak berhubungan antara Cina dan Jepang. Untuk memperdalam penyertaan mengenai cara-cara atau jalan Budha. Dengan adanya garam biterrn (nigari) maka penggumpalan tahu segera terjadi. Karena alasan tersebut.1333) terjadilah gerakan besar-besaran untuk memopulerkan tahu di antara penganut agama Budha bagi masyarakat Jepang. Teori kedua mengusulkan bahwa karena tidak menernakkan sapi atau kambing untuk produksi susu. yang ditulis sewaktu Dynasti Sung (960 .garam kemungkinan besar mengandung nigari (garam alami). Kedua negara tersebut biasa membuat gumpalan susu dan keju. lebih dari 1000 tahun setelah penemu tahu itu sendiri. Para Bhiksu Budha sendiri makanan sehari-harinya adalah tofu. yang berisi ceritera Lord Liu An dan Tofu jaman itu. agar mendapat tahu yang lebih lembut dengan tekstur yang indah. Di Jepang khususnya di zaman Kamakura (1185 . yang hidup di China dari tahun 500 sampai 528 telah mendirikan sekolah Chinesse Ch'an (Zen). kemungkinan besar masyarakat Cina tidak familiar dengan cara menggumpalkan susu atau proses pengumpalan secara umum. . dan mencerminkan warna sebagai jubah yang putih dan agung. sarang burung walet. Di buku-buku yang diterbitkan di jaman Dynasti Sung. Di daerah sekitar candi Budha yang besar terdapat kedai-kedai tahu dan diorganisasi atau dikelola oleh para bhiksu Budha. Dari Kamakura berkembang merambat ke Kyoto dan dari Kyoto menyebar ke seluruh negeri Jepang. kemungkinan besar mereka belajar dari orang India di daerah Cina selatan atau dari Monggolia bagian Utara Cina. Prasasti tertua yang menyebut tofu adalah Saiinoku. membantu makan lebih tahan segar dalam waktu yang cukup lama. Kata tofu atau tahu muncul pertama kali dalam sejarah China sekitar 800 tahun kemudian. Teori teknologi import dari negara tetangga di anggap masuk akal karena Cina sangat mengemari delicacy yang beraroma ringan seperti "shark pin". garam yang sengaja ditambahkan ternyata dapat menggumpalkan tahu. Tahap berikutnya adalah dengan pengepresan. dan teripang yang juga di import dari negara lain. Para tukang masak kemudian mengambil ampas tahu. Tofu atau tahu menyebar ke Jepang pada abad ke delapan dan barangkali dibawa dari daratan China oleh beberapa pendeta Budha (Bhiksu) yang berkelana mondar-mandir antara Jepang dan China. Budi dharma kemudian mengagungkan dan merefleksikan tahu sebagai sumber dari sesuatu yang sederhana. Dikatakan bahwa Budhi Dharma. Masuknya tahu ke Jepang melalui jalur keluarga istana. Banyak buku kuno atau prasasti pada zaman itu menunjukan karya yang ditulis sekitar 60 sampai 100 BC. terdapat deskripsi atau uraian yang menunjang bahwa tahu sering disajikan bagi santapan raja-raja di zaman itu. sifat jujur. jalan alam pintas.

garam yang sengaja ditambahkan ternyata dapat menggumpalkan tahu. grilled tofu dan nigari kinugoshi. tiba di Jepang di tahun 1661. Para tukang masak kemudian mengambil ampas tahu. Bersamaan dengan menyebarnya tahu di Jepang. Ketika seorang Zen Master China. 1. Shikaku de 3. Sejarah Tahu Salah satu teori yang menjelaskan bagaimana tahu pada awalnya terbentuk adalah proses pengumpalan tahu terjadi secara kebetulan. yang bernama Ingen. Bila sup tersebut diberi garam kemungkinan besar mengandung nigari (garam alami). tahu yang diproduksi semakin lebih lunak. agar mendapat tahu yang lebih lembut dengan tekstur yang indah. Bila membuat sup dari puree kedelai biasanya harus diberi bumbu. membantu makanan lebih tahan segar dalam waktu yang cukup lama. maka kehadiran tahu tentu saja di sambut dengan gembira sebagai sumber makanan kaya protein dan gizi yang murah dan lezat rasanya. . age. lebih putih dan dengan citarasa yang lebih nyaman. Dari Jepang tahu berkembang dan maju sehingga timbullah inovasi baru dibidang produksi tahu termasuk di dalamnya: tahu beku kering (dried frozen tofu). ia sangat terperanjat saat menemukan tofu yang tidak lagi seperti tahu yang terdapat di China saat ia meninggalkan China.Karena masyarakat Jepang mengikuti kehidupan para pemeluk agama Budha. Mame de 2. Yawazaka de Setiap baris dalam perubahan tersebut memiliki arti ganda sehingga dapat dibaca sebagai berikut: 1. 3. Dengan adanya garam biterrn (nigari) maka penggumpalan tahu segera terjadi. Di tangan para ahli seni masak dan keterampilan. Tahap berikutnya adalah dengan pengepresan. sifat dasar tahu setahap demi setahap mengalami perubahan. Lembut atau dan memiliki hati yang baik. Namun demikian tahu yang di produksi di kawasan pedesaan ternyata masih tetap mempertahankan tingkat kepadatan yang lama serta kaya citarasa seperti tahu dari daratan Tiongkok. Dibuat dari kedelai atau berbuatlah sesuatu yang lurus 2. Dalam memuja jenis makanan baru ia menyusun dan mengukir kalimat sederhana yang merupakan perubahan yang masih sangat terkenal hingga saat ini. yaitu menghindarkan diri dari konsumsi daging "dari ternak yang berkaki empat". Empat segi. dipotong rapi atau jadilah orang baik dan jujur.

Selain mencegah kanker payudara. . mulai dari kacang almond. tahu. Penurunan ini dapat mencapai 10-20 persen. partisan tersebut diikutkan pada pola makan beragam. Selain menurunkan kolesterol. dengan harga yang lebih murah. riboflavin. fosfor. tahu merupakan makanan andalan untuk perbaikan gizi karena tahu mempunyai mutu protein nabati terbaik karena mempunyai komposisi asam amino paling lengkap dan diyakini memiliki daya cerna yang tinggi (sebesar 85% -98%). dengan kandungan sekitar 80% asam lemak tak jenuh tahu tidak banyak mengandung kolesterol. Mereka yang mengonsumsi tahu 25 persen lebih banyak mengalami peningkatan pembentukan estrogen dibanding yang tidak. kalori dan mineral. Hasilnya. memang masih kalah dibandingkan lauk pauk hewani. susu kedelai. lemak. Tekanan darah mereka juga lebih rendah ketimbang kelompok yang tidak mengonsumsi tahu. Sebuah studi oleh tim medis dari Kanada membuktikan bahwa tahu dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Dan paling penting. kecap. dan jenis makanan kedelai lain. dan sejenisnya. seperti telur. (dari berbagai sumber). sayuran mentah. vitamin B12. Di balik kelezatannya. karbohidrat. tahu menyimpan khasiat medis tersendiri. Setelah setahun. tahu merupakan salah satu menu diet rendah kalori. Setelah mengikuti diet sehat. vitamin B-kompleks seperti thiamin. Isoflavon bukan hanya terkandung dalam tahu melainkan juga pada semua makanan berbahan dasar kedelai seperti tempe. Kandungan gizi dalam tahu. mereka yang mengonsumsi tahu mengalami penurunan kolesterol lebih besar dibanding kelompok pengonsumsi makanan lain. vitamin E. Studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition dilakukan pada 55 orang lelaki dan perempuan usia setengah baya yang mengidap kolesterol tinggi. seperti protein. sehingga sangat aman bagi kesehatan jantung. kalium dan kalsium (yang bermanfaat mendukung terbentuknya kerangka tulang). Bahkan karena kandungan hidrat arang dan kalorinya yang rendah. masyarakat cenderung lebih memilih mengkonsumsi tahu sebagai bahan makanan pengganti protein hewani untuk memenuhi kebutuhan gizi. Pada tahu terdapat berbagai macam kandungan gizi. Namun. Rahasia khasiat tahu ternyata ada pada kandungan isoflavon yang mengandung hormon estrogen.KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT TAHU Sebagai hasil olahan kacang kedelai. daging dan ikan. kolesterol mereka diukur. isoflavon juga memperlambat proses penuaan pada perempuan. tahu juga terbukti dapat mencegah kanker payudara.

sedikit bukti atau fakta yang bisa membuktikan atau tidak membuktikan bahwa asal usul pembuatan tahu memang melalui cara seperti ini. Yang dikenal sekarang adalah bahwa pembuatan tahu merupakan teknik kuno. Tahu pun kemudian menjadi salah satu produk pangan populer di masyarakat Asia. Meski secara teknis masuk akal. Seperti halnya asal usul keju dan mentega. berbagai penemuan penting seringnya dihubungkan dengan para pemimpin dan figur penting (dan berkuasa) pada zaman itu. Teori ini sangat mungkin lebih diterima sebab sejak zaman kuno susu kedelai sudah dikonsumsi sebagai sajian sup lezat seperti halnya di era modern sekarang. Teori ketiga memercayai bahwa orang Cina kuno mempelajari metode membekukan susu kedelai dengan cara meniru teknik pembekuan susu yang dimiliki orang-orang Mongol dan India Timur. Meski ada banyak teori yang diajukan mengenai asal usul tahu. asal usul tahu dan cara produksinya belum diketahui secara pasti dan kurang bukti. bercampur dengan susu kedelai sehingga membeku dan menghasilkan bahan gel seperti tahu. Yang paling umum dari tiga teori itu menyebutkan tahu ditemukan di Cina utara sekitar tahun 164 sebelum Masehi oleh Lord Liu An. dalam sejarah Cina. informasi sejarahnya masih langka. kurangnya informasi yang konkret mengenai periode ini menjadikannya teori ini agak sulit untuk menentukan apakah memang yang menemukan metode pembuatan tahu itu adalah Lord Liu An atau bukan. Garam laut yang mengandung kalsium (Ca) dan magnesium (Mg). Meski ini mungkin. Bukti utama teori ini adalah adanya persamaan etimologis antara istilah . Tahu secara luas dikonsumsi pada masyarakat Cina Kuno dan teknik pembuatan dan penyajiannya kemudian tersebar luas di banyak negara Asia. seorang pangeran pada masa Dinasti Han. Alasannya. Saat ini ada tiga teori mengenai asal usul tahu.SANGAT sedikit pengetahuan secara eksak mengenai sejarah asal usul dan metode pembuatan tahu. metode pembuatan tahu ditemukan secara tidak sengaja ketika bubur kedelai yang mendidik tumpah dan bercampur dengan air laut yang tak murni. karena kebanyakan bersifat spekulasi dan legenda. Teori kedua menyebutkan.

Meski cukup menarik dan mungkin. Bung Keng kemudian melanjutkan usaha kedua orang tuanya yang sampai keduanya memilih kembali ke tanah kelahiran mereka di Hokkian. Thailand. seperti Vietnam. Melalui alih generasi Ong Bung Keng. Sejak saat itu. Meski jenis tahu di zaman dulu tidak sama dengan yang sekarang. Republik Rakyat Cina. Penyebaran ini mungkin bersamaan waktunya dengan penyebaran ajaran Buddha karena tahu menjadi bahan penting dalam memenuhi kebutuhan protein para imam Buddha yang menerapkan diet vegetarian. dengan variasi regional dalam hal metode pembuatan. tidak ada bukti untuk memperkuat teori ini. Meski demikian. kontak budaya yang meningkat dan adanya minat terhadap vegetarian. tahu menjadi bahan pokok di sejumlah negara. dan Korea. terus melanjutkan usaha yang diwariskan dari kedua orang tuanya hingga akhir hayatnya di usia 92 tahun. Tahun demi tahun. rasa. Meski pengembangannya sudah terjadi sebelum Pangeran Liu An hidup. . Jika pun ada. Tahu dan teknik pembuatannya lalu diperkenalkan ke Jepang pada periode Nara (akhir abad ke-8). tahu telah dikenal secara umum diproduksi dan dikonsumsi sebagai bahan pangan di Cina sejak abad ke-2 M. deskripsi dari beberapa tulisan dan puisi pada era Dinasti Song dan Yuan memperlihatkan teknik pembuatan tahu telah distandardisasi pada saat itu. Tahu belum dikenal sebagai bahan pangan bagi masyarakat Barat sebelum medio abad ke-20. yang memang semenjak awal sebagai orang yang pertama kali memiliki ide untuk memproduksi Tou Fu (dari bahasa Tionghoa yang berarti sama) yang lambat laun menjadi berubah nama menjadi "Tahu". bentuk tekstur. tak lebih dari spekulasi para akademisi. dan penggunaan. Ongkino beserta istri tercinta terus menggeluti usaha mereka hingga sekitar tahun 1917 anak tunggal mereka Ong Bung Keng menyusul kedua orang tuanya ke tanah Sumedang. menjadikan tahu sebagai salah satu produk yang kini lebih familiar di kalangan orang Barat. hingga tingkat di mana tahu sama dengan yang ada pada zaman sekarang.iss: Sejarah Tahu Posted in Label: Sumedang 15:59:00 "hanya pengen sekedar share ajja buat temen-temen yang belum tau sejarah tahu sumedang " Bermula dari kreativitas yang dimiliki oleh istri Ongkino.Cina untuk menyebut produk susu terfermentasi di masyarakat Mongol (rufu yang berarti "susu rusak") dan istilah doufu atau tofu. seperti juga ke negara-negara di kawasan Asia Timur. anak tunggal Ongkino.

Setelah mencicipi sesaat. dengan wajah puas. Sejarah Singkat Tahu : Dari Tiongkok Ke Seluruh Dunia Author // Huang Dada 0 Comments Share Budaya-Tionghoa. Sang kakek berusaha menjawab sebisanya dan menjelaskan bahwa makanan yang ia goreng berasal dari Tou Fu China. produksi kacang kedelai di Tiongkok mencapai hampir setengah produksi dunia. 1996][1]. Brazil dan Afrika Selatan . negara seperti Argentina . konon suatu hari tempat usaha sang kakek buyutnya. Kebetulan. Sekira tahun 1928. Pangeran Soeria Atmadja langsung turun begitu melihat bentuk makanan yang amat unik serta baunya yang harum. Di tahun 1960 . Tahu Sumedang digemari oleh penduduk Sumedang dan kemudian sampai ke seluruh Indonesia.Net | Tahu adalah bahan makanan yang kaya protein . Ong Bung Keng. Tak lama setelah kejadian ini. jenis koagulan.Di balik kemasyhuran tahu Sumedang ada pula kisah yang berbau mistik. Tahu dibawa masuk ke Jepang pada masa Dinasti Tang [618-907] [Watanabe . Selain Tiongkok . pasti laris!". Pangeran Soeria Atmadja kemudian bertanya kepada sang kakek. lemak nabati dan kalsium dan mudah menyerap rasa dari berbagai bumbu masakan. Artikel Terkait : Tahu Pong Semarang Tahu Aromatik Beijing ala Wang Zhihe Makanan Berwarna Kuning Bagi Kesehatan Tubuh Tahu dapat dibedakan dalam beberapa kategori berdasarkan raw material . didatangi oleh Bupati Sumedang. Karena penasaran. Material utama tahu adalah kacang kedelai yang menentukan kualitas tahu. sang bupati langsung mencoba satu. Tofu sendiri diturunkan dari kata doufu. Kata Inggris untuk tahu . hardness . adalah tofu yang berasal dari Jepang. "Maneh keur ngagoreng naon? (Kamu sedang menggoreng apa?)". seperti apa yang diceritakan cucu dari Ongkino. Pangeran Soeria Atmadja yang kebetulan tengah melintas dengan menggunakan dokar dalam perjalanan menuju Situraja. bupati secara spontan berkata "Enak benar masakan ini! Coba kalau kamu jual. Sang bupati. sang Pangeran melihat seorang kakek sedang menggoreng sesuatu. Suryadi.

merupakan penghasil soybean.[9] Teori lain menyatakan bahwa metode produksi untuk tahu itu ditemukan secara tidak sengaja saat bubur kedelai tercampur dengan garam laut murni. Air juga merupakan bahan utama pembuatan tahu.3. soaking . Tahu Selatan dan Tahu GDL.[3] Spesifikasi air ideal menurut Watanabe adalah hardness dibawah 50 .3 ppm dan nilai PH 7-7. tetapi secara umum dapat dibedakan menjadi tiga jenis utama : Tahu Utara . Tahu masuk ke Jepang di periode Tang . 1994]. Jenis koagulan yang digunakan adalah air asin. Air berguna untuk proses clearing . Kandungan Kalsium dalam air merubah nilai penyerapan air pada kacang kedelai yang juga akan berpengaruh pada rasa tahu. tahu telah dikenal masyarakat dan telah dikonsumsi bahan makanan di Tiongkok di abad 2 SM .Dalam sejarah Tiongkok .[2] Kacang kedelai yang terbaik untuk proses pembuatan tahu memiliki usia panen 3-9 bulan. seorang pangeran dari kota Huainan selama Dinasti Han[8]. magnesium khlorida [MgCl2 •6H 2 O] . Yang paling umum adalah tahu diciptakan di Tiongkok Utara sekitar 164 SM oleh Pangeran Liu An 劉安 [179-122SM]. bersamaan dengan masuknya pengaruh Buddhism di Jepang. Garam laut mengandung garam kalsium dan garam magnesium.Huainan merupakan daerah penghasil kedelai yang penting dan air bawah tanah mengandung banyak mineral yang cocok sebagai koagulan [Yang. Tahu juga . milling dan cooling.[11] Selain di Jepang . Ini mungkin mungkin menjadi cara Tahu ditemukan. magnesium sulfat (MgSO4 •7H2O) yang menghasilkan tekstur lembut. Glucono delta-lactone [GDL. Tahu jenis selatan disiapkan dengan bahan gypsum-calcium sulfate sebagai koagulan. Meskipun demikian . Jenis utara dapat di ambil dengan mudah oleh sumpit. Bukti utama untuk teori ini terletak pada kesamaan etimologis antara istilah Tiongkok untuk Mongolia fermentasi susu (rufu) dan dòufu istilah atau tahu . memungkinkan campuran kedelai mengental dan menghasilkan gel tahu. C6H10O6]. Tahu kemudian menyebar keluar wilayah Tiongkok. [5] Di Tiongkok ada ratusan jenis tahu . Ada tiga macam pendapat tentang asal tahu itu. kalsium khlorida [CaCl 2 •2H 2 O] . Tahu adalah sumber penting protein dalam diet vegetarian kaum religius. kandungan besi dibawah 0. karena susu kedelai telah dimakan sebagai sup lezat di kuno. [6] [7]Tahu Utara jenis yang dikeringkan dan di-press walaupun masih memiliki kelembaban yang sama dengan “momen tofu” di Jepang. Tahu Selatan mengalami proses press dan pengeringan yang mirip dengan jenis utara tetapi dengan proses yang lebih ringan daripada di utara.[10] Teori ketiga menyatakan bahwa orang Tionghoa kuno belajar metode untuk mengentalkan susu kedelai dengan meniru teknik susu mengental dari Mongol atau India. Buku Tofu Hyakuchin ["Seratus Jenis Tahu"] diterbitkan di tahun 1782 periode Edo.[4] Koagulan yang biasa digunakan adalah kalsium sulfat [CaSO 4 •2H 2 O] yang populer digunakan dan cocok untuk Tahu selatan . penemuan penting sering dikaitkan dengan tokoh-tokoh penting .Fakta lain bahwa untuk waktu yang lama kota Huainan telah merayakan festival tahu setiap tahun.

Tahu menjadi bahan penting dalam masakan Melayu . Dokumen Amerika yang menyebut Tofu muncul dalam sebuah surat Benjamin Franklin yang sedang berada di London kepada John Bartram di Philadelphia. Korea. A Collection of Voyages and Travels. Sementara Tofu muncul dalam dokumen Jepang dalam catatan harian Hiroshige Nakaomi di tahun 1183 M . masa Dinasti Song dalam Ching I Lu yang ditulis oleh Tao Ku. “Food In World History” . Production and Research Progress”. Di tahun 1704 . Di Semarang terkenal Tahu Pong [12]yang berasal dari “phong 胖” dalam dialek Banlam. buku Friar Domingo Navarrete diterbitkan dalam bahasa Inggris. Thailand . yang merupakan pendeta Shinto di sebuah kuil di Nara.masuk ke Vietnam . deskripsi dari tulisan-tulisan dan puisi dari Song dan Dinasti Yuan menunjukkan bahwa teknik produksi untuk tahu sudah distandarisasi.[16] REFERENSI : Jeffrey Pilcher . And His Political Career in China and Taiwan” . “History of His Work with Soyfoods and Soybeans in France . Di Korea . bahkan digunakan oleh masyarakat India di wilayah Malaya. Tahu muncul pertama kali dalam jurnal ilmiah di American Scientific Journal [American Journal in Pharmacy] melalui karya tulis Henry Trimble dengan judul . Paillieux. Perusahan yang membuat tahu pertama kali di Amerika Serikat adalah Wo Sing & Co berdiri di tahun 1878 di San Fransisco. California sebagai perusahaan pertama yang didirikan oleh orang Jepang di Amerika. Baru pada catatan Domingo Fernandez de Navarrete dalam bukunya . masuk juga ke Indonesia .” Traditional Chinese Foods . Tahu memperkaya budaya Indonesia dan melahirkan berbagai jenis Di Sumedang .[13] Doufu muncul dalam dokumen pertama kali di tahun 965 M. [15] Tahu diproduksi pertama kali di Barat pada tahun 1880 . Di tahun 1896 . Ong Kino merintis usaha Tahu yang kemudian diteruskan oleh anaknya Ong Bun Keng . selain Vietnam dan Thailand yang berbatasan langsung dengan Tiongkok . [1] Li Zaigui . Meskipun varietas tahu yang diproduksi di zaman kuno tidak mungkin telah identik dengan hari ini. Malaysia. Di Asia Tenggara . dari sini muncul Tahu Bungkeng yang terkenal dan identik dengan Tahu Sumedang.[14] Tetapi dalam catatan itu tidak secara langsung menyebut tofu. Demikian sejarah singkat perjalanan Tahu ke seluruh dunia. Chapter 5 . 2009 Li Shizeng . Buku ini menjadi dokumen Inggris pertama kali yang menyebut Tofu Jepang dan koneksinya dengan Tiongkok . Tan Hongzhuo . perusahaan Hirata & Co berdiri di Sacramento . Tofu telah menjadi bagian dari persembahan di altar. Di tahun 1895 . Tahu menjadi bahan penting dalam variasi masakan khas Korea. Routledge . Di Indonesia . oleh orang Perancis . 2006 Li Zaigui . Navarrete yang mengabdi pada misi Dominikan. “Recent Literature On The Soja Bean] . Tofu tercatat pertama kali dalam dokumen Barat pada catatan Kapten John Saris selama perjalanannya ke Jepang. seorang Tionghoa .

[3] Bi Haiyan et al [2007] [4] Li Zaigui .budaya-tionghoa. Artikel Terkait: Tahu Pong Semarang .Net | Doufu (tahu/tofu) aromatik atau "bahu" adalah penganan Tionghoa unik yang beraroma kuat. asaman-asaman amino ini memberi doufu baunya yang khas. USBC: International Data Base. keunikannya tiada tandingannya.[2] Data Sources: USDA: PS&D Online July 2008. p40 [12] http://web. p196 [8] Li Zaigui . August 2006. Pada doufu ini bertumbuhlah jamur yang menghasilkan enzim protease yang memecahbelahkan protein menjadi asaman amino.net/budaya-tionghoa/seni-makanan/310-tahu-pongsemarang [13] ibid [14] Li Shizeng . p200 [5] ibid [6] GDL = glucono-delta-lactone [7] Li Zaigui . p194 [9] ibid [10] ibid [11] Pilcher . p135 [15] ibid [16] ibid Tahu Aromatik Beijing ala Wang Zhihe Author // Soetiono 0 Comments Share Budaya-Tionghoa.

ia berpikir: "Oh ini benar-benar penganan yang murah-meriah dan lezat". majikannya puas. isi nutrisionalnya (pergizian) dapat dicerna dan diserapkan tubuh manusia pada laju yang lebih cepat. keenam ekor babi saya kabur! Bantu saya menangkap mereka! Kalau kamu mampu melakukannya.Tiba-tiba majikannya berteriak: "Wang Zhihe. "Saya menjual doufu selama beberapa dasawarsa. ceritanya adalah sebagai berikut. biji merica merah dan minyak wijen. menurut mana ia memberi Wang Zhihe doufu gratis dengan imbalan doufu aromatik untuk tujuan eksperimental. Bahan. sedangkan ada juga sebagian yang suka menggoreng doufu dalam minyak goreng dengan cabe merah dalam jumlah besar agar terasa pedas.. bawang hijau pada doufu. ia mengatakan kepada Wang Zhihe bahwa saking sibuknya. kamu akan saya beri imbalan yang bagus" Wang Zhihe segera meninggalkan dapur agar perintah majikannya terpenuhi. Lalu Bapak Hu membuat sebuah perjanjian dengan Wang Zhihe. Wang Zhihe lantas mendatangi toko Bapak Hu diamana ia membeli 10 potong doufu.Sejarah Singkat Tahu : Dari Tiongkok Ke Seluruh Dunia Makanan Berwarna Kuning Bagi Kesehatan Tubuh Sebagian orang Tionghoa suka menyantap doufu aromatik ini dengan biji merica atau minyak wijen. Ia berpikir: "Emm menarik sekali.dua potong doufu seperti ini mengandung isi protein yang sama seperti sebuah telur. doufu aromatik ala Wang Zhihe dari Beijing adalah salah satu yang paling terkenal. Wang Zhihe mencium bau aneh yang sepertinya berasal dari doufu yang tengah ia siapkan. ia tidak dapat mengawasi babi-babi piaraannya sebab semua karyawan telah pergi ke tempat lain. Setiba di rumah. jadi rasanya pasti enak. Sekembali ke dapur. Wang Zhihe memotong doufu menjadi potongan kecil yang ia tambahi garam. Beberapa waktu setelah itu. Dari semua jenis doufu aromatik yang ada. Wang Zhihe kembali dengan keenam ekor babi itu.. Karena ia difermentasi mikro-organisme. Wang Zhihe tengah asyik menambah garam.bahan itu ia campur dengan doufu dalam sebuah tembikar dan membiarkannya selama satu bulan setelah mana Bapak Hu amat sangat terkesan oleh hasil yang diperolah.. Nilai nutrisional doufu aromatik itu tinggi . meski baunya tidak begitu enak tapi rasanya enak lho". "Bagaimana mungkin anda memakan doufu yang begitu banyak?" tanya Bapak Hu. Wang Zhihe menjawab: "Saya menyimpan doufu itu hingga terdapat bau yang tertentu... tetapi sekarang baru saya cicipi doufu yang selezat ini!" . Pada suatu hari.

Net | Dengar tahu pong. dari Semarang. menemui jawaban bahwa tahu pong sudah luama sekali eksis di Semarang. dan mulai kapan ada. sejak tahun 1930’an. yang mengerti pasti langsung ngeh ini “Semarang”.budaya-tionghoa.Kemudian. semua menemui jalan buntu. Doufu Wang Zhihe menjadi terkenal di Beijing dan seluruh negeri Tiongkok. Hanya hasil “interview” jalanan sambil menyantap sang tahu pong. . Penelusuran yang saya lakukan. bisa dikatakan khas. bahkan ia menikahkan anaknya dengan Wang yang mengabdikan sisa kehidupannya pada doufu dan perkembangan usaha ayah mertua.net/budaya-tionghoa/seni-makanan/701-tahu-aromatikbeijing-ala-wang-zhihe Tahu Pong Semarang Author // AK Bromokusumo 0 Comments Share Budaya-Tionghoa. http://web. Bapak Hu menyediakan tempat di tokoknya agar Wang Zhihe bisa menjual doufu bikinannya. tidak jelas lagi. mencari literatur dan referensi. bagi yang pertama kali dengar kata ini. Sejak kapan. mikirnya: “apa ini?” Tahu Pong adalah nama makanan.

Berlawanan dengan tahu pong. mungkin karena proses pembuatan yang sedikit berbeda. Itu adalah kependekan dari kata tahu kopong... kenyal sekaligus lembut di lidah. Tahu Emplek .Kenapa disebut tahu pong?.. Bedanya. Lha kok bisa tahu kosong? Inilah kenapa disebut tahu kopong. bagian tengahnya menyusut dan menjadi kopong seperti itu. Dalam bahasa Jawa. sehingga walaupun digoreng. tapi setelah digoreng. Tahu emplek ini. tingkat kepadatan akhir yang berbeda menyebabkan kopong begitu.. keliatan jelas di foto. Tahu ini sebenarnya tahu biasa. Tahu Pong Tahu yang tengahnya kosong. luarnya matang coklat keemasan yang mantap.. tidak menjadi kopong seperti saudaranya.. Sewaktu mentah bentuknya juga sama seperti tahu biasa. tapi dalamnya masih padat. ada yang namanya Tahu Emplek... kopong artinya kosong.. seperti tahu-tahu yang lain yang kita kenal. Tahu emplek adalah tahu yang padat dan kenyal. tekstur ke-tahu-annya masih padat dan kenyal.

saya mendapati orang yang sudah berbeda. berhelm. dan tak lupa jepret sana jepret sini. bersama teman lama. Mampir ke warung yang sama sejak 20 tahun yang lalu. berjaket. Ada tumpukan gimbal di dalam rak. lengkap dengan acar lobak. Inilah menu Tahu Komplit. betul-betul membawa balik kenangan masa kecil sewaktu sering diajak Papa beli tahu pong di Depok untuk dibawa pulang dan dinikmati bersama keluarga. ada tahu pong. ada juga bumbu petis yang legit nan gurih di situ. Menelusuri jalan-jalan di kota Semarang dengan brompit. Tahu Pong Team Tak menunggu terlalu lama. tampilan warung yang sudah berbeda pula. tahu komplit saya pesan. Sambil memperhatikan cara Tahu Pong Team menyiapkan sajian menggoda ini. Gimbal Akhirnya selesailah pesanan saya tersaji manis di depan mata. membuat jalanan di kota Semarang basah merata dan hawa jauh lebih sejuk daripada biasanya. ada tahu emplek dan gimbal udang….Malam itu hujan turun sejak sore. ada telor. . dan cabe mantap terpisah.

serombongan pengamen memasuki tenda warung itu. Terkejut saya mendengar alunan suara merdu dan vokal yang mantap diiringi dengan musik lengkap. ternyata malam itu saya cukup beruntung…. Tak segan saya memberi Rp. 5000 untuk mereka. Special request saya Country Road dibawakan dengan apik sekali malam itu…. dan berturut-turut ada lagu Let It Be. Perkusi. kualitas vokal yang luar biasa untuk ukuran pemusik jalanan. dengan alat musik yang tidak murah sama sekali. dan beberapa lagu lain. . pengamen canggih bermodal layak. mereka mulai bernyanyi..Gimbal Yummy Duh. di bawah gerimis yang masih turun. cello. biola dan gitar mengiringi lagu Stoney yang populer oleh Lobo.

(David Kwa) Selain di Semarang. sebab umumnya tahu gejrot is a cold dish dimakan ketika sudah dingin. Tahu Sumedang yang asli (Bung Keng. keluar suara jrotjrot-jrot.Selain dari bahasa Jawa. benernya di Kediri . Tahu gejrot di Cirebon. “menggembung”. walau gak pernah nemuin yang masih buncit ketika baru diangkat dari penggorengan. Salah satu makna phong 胖 adalah “melembung” at. disiram saus encer yang mirip-mirip dengan tahu pong ala Semarangan. jeh! . misalnya dalam kata “phongtua 胖大” membesar dan “phonghong 胖風” perut membesar (akibat masuk angin?). ada kemungkinan “pong” dari nama Tahu Pong berasal dari “phong 胖” dalam dialek Banlam (Hokkian selatan). juga ada dibuat tahu khusus yang kalau digoreng ya jadi buncit dan kopong juga.Dinamai tahu 'gejrot' sebab konon itu adalah tiruan bunyi sound effect ketika simamang atau abang yang jual mengucurkan saus dari dalam botol.. menyebut dua nama yang lumayan top) juga kalau baru digoreng akan jadi buncit dan kopong juga sih. yakni dialek mayoritas kakekmoyang orang Tionghoa peranakan di Semarang khususnya. sama kopongnya. Bung Seng. jadi aksinya disebut nge-gejrot-in tahu dengan saus dalam botol tsb.produsen tahu yang mayan besar untuk Jawa Timur.

dalam keadaan masih buncit.Standar Unit Bau-nya mungkin cuma sekitar 20%an saja dari Zoudoufu.Sepertinya memang cuma wong Semarang yang menamai secara khusus tahu buncit dan kosong dalemnya itu dengan Tahu Pong. Memang sih SUB .budaya-tionghoa. tahu gejrot itu bisa dibilang 'adik'nya Zou-doufu aka stinky tofu. melembung gendut sesaat setelah diangkat dari penggorengan yang berlimpah minyaknya itu. kenapa Zou-doufu aka tahu mambu ini gak ada yang jual di Indonesia ya? Atau barangkali ada yang tahu ada yang jual di Jakarta? Salam makan enak dan sehat. Ophoeng http://web. sebab baunya memang ndak enak kalau anda menyentuh tahu dengan jari-jari tangan anda. tapi tetep saja itu termasuk golongan stinky tofu dong? Agak penasaran dikit nih. Eh.net/budaya-tionghoa/seni-makanan/310-tahu-pong-semarang . by the way. Sebab memang mereka biasanya makan tahu pong tsb.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful