BAB I PENDAHULUAN

Jembatan Suramadu adalah jembatan penghubung Surabaya dan Madura. Jembatan ini merupakan bagian dari proyek besar Tri Nusa Bima Sakti, dengan misi menghubungkan tiga pulau di Indonesia, yaitu Jawa – Sumatra, Jawa – Bali, dan Surabaya – Madura yang pada awalnya telah ditetapkan melalui instruksi presiden tahun 1986. Pengkukuhan proyek “Jembatan Surabaya Madura & Pengembangan Kawasan” sebagai proyek nasional adalah setelah diterbitkannya Keppres No. 55 Tahun 1990 tentang Proyek Pembangunan Jembatan Surabaya Madura. Faktanya, Surabaya merupakan pusat kegiatan nasional (PKN) pada skala Jawa Timur. Kegiatan perekonomian tersebut meluas dan lebih berkembang ke arah Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, Malang dan daerah sekitarnya, tapi tidak ke Madura. Hal ini dikarenakan kurang mudahnya akses ke Madura. Maka dibuatlah Jembatan Suramadu ini dengan tujuan awal
menyelesaikan masalah masalah yang terjadi pada kawasan Gerbangkertosusila – Madura.

Gambar 1.1 (Kawasan Gerbangkertosusila - Madura)1 Diharapkan pula, Rencana Tata Ruang ini mampu berperan sebagai dinamisator pembangunan Nasional dalam konteks Jawa Timur pada umumnya dan Gerbangkertosulsila 1

Diambil dari suramadu.com

BAB II PEMBAHASAN .Madura pada khususnya. serta dapat mengakomodasi berbagai Rencana Tata Ruang yang ada di wilayah Jawa Timur.

mungkin kita dapat membuat semacam perkiraan. Setelah jembatan tersebut dibuka dan beroperasi. Dengan kata lain. pasti akan terjadi social impact yang besar. atau makhluk yang selalu mempunyai kebutuhan. kebanyakan masyarakat Madura pasti keluar dari Madura dan mengadu nasib ke tempat yang mereka rasa akan lebih prospektif bagi hidup mereka. Ini dikarenakan hakekat manusia sebagai Needy Creatures tadi. apakah tujuan awal dibuatnya jembatan ini akan tercapai nantinya? Apakah masyarakat Madura sebagai masyarakat yang seharusnya diuntungkan dari pembangunan ini.Pembangunan jembatan Suramadu sudah 90% selesai. khususnya Epicurus. maupun yang lainnya. Dan tak ada manusia yang bisa memenuhi sendiri semua kebutuhannya. pastinya akan banyak dampak yang terjadi. Kesejahteraan masyarakat Madura memang seharusnya akan naik. atau mungkin sebaliknya tak akan terbendung. Maka sudah dapat dipastikan. sebelum jembatan ini ada pun. ketika jembatan ini nanti beroperasi. ekonomi. secara otomatis akan tumbuh lapangan . yang mengharuskan mereka memenuhi kebutuhannya. Arus urbanisasi dari Madura ke Jawa. sekat pembatas antara Madura dan Jawa yang tadinya menjadi penghambat generalisasi dua daerah ini akan terbuka. baik dari sektor sosial. Sumatra. akan mendapat manfaat atau dampak positif dari industrialisasi karena dibukanya jembatan Suramadu ini? Atau malah dirugikan nantinya? Tentu kita belum tahu pasti jawabanya karena jembatan tersebut belum beroperasi. Maka masyarakat tak perlu keluar pulau untuk memenuhi kebutuhannya. Hakekat masyarakat menurut sosiologi. bahkan tak sedikit yang pergi ke Kalimantan ataupun Sulawesi dan akhirnya menetap disana. menyatakan bahwa manusia adalah Needy Creatures. Mungkin ke Jawa. Tapi dengan fakta dan teori sosial yang ada. tentu kita sudah bisa membayangkan bahwa jika jembatan Suramadu ini dibuka nantinya. Lalu akan timbul pertanyaan. Seperti kita tahu. Masyarakat di sekitar jembatan pun akan banyak terserap ke sektor informal. tetapi tidak bisa mereka dapatkan di Madura itu sendiri. Dari konsep ini saja. Barang barang ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dan jasa masyarakat Madura akan masuk ke madura dengan cara yang lebih mudah dan ongkos yang jauh lebih murah daripada harus lewat jalur laut. dan akan segera dioperasikan sekitar bulan Juli tahun ini (2009).

akan mendapat banyak manfaat. Peningkatan produksi ini akan merangsang peningkatan aktivitas perekonomian di Madura yang selanjutnya akan berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi daerah yang akan semakin cepat disatu sisi. Meningkatnya jumlah penduduk merangsang naiknya permintaan barang dan jasa. yang pada gilirannya akan meningkatkan PDRB dan kesejahteraan masyarakat. Pendapatan masyarakat yang tinggi dapat mendorong permintaan atau daya beli yang lebih tinggi. Ditinjau dari beberapa sektor. mungkin inilah beberapa manfaat yang nantinya akan dapat dirasakan oleh (terutama) masyarakat Madura dengan beroperasinya Jembatan Suramadu. BAB III . antara lain sektor ekonomi dan sosial. Mempercepat informasi dan memantapkan integritas nasional sehingga tercipta situasi yang kondusif dan membuat daya tarik para investor untuk menanamkan modal. perbaikan teknologi dan manajemen di daerah Madura. sektor pariwisata. sehingga memperlancar roda perekonomian. 6. Masyarakat Madura khususnya. 4. Meningkatnya kebutuhan akan permukiman dan infrastruktur. dengan dibukanya jembatan Suramadu ini nanti. 5. dan menciptakan lapangan kerja baru yang sesuai dengan budaya masyarakat Madura (sekaligus mengurangi masalah sosial) sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan mengurangi kesenjangan pendapatan antara daerah dan antara sektor ekonomi. maupun sektor jasa seperti perdagangan (baik perdagangan besar maupun perdagangan kaki lima). 3. 2.lapangan kerja baru yang akan meningkatkan pendapatan daerah sekitar jembatan Suramadu itu sendiri. industri. dan tabungan tinggi sehingga dapat mendorong kembali investasi. Mendorong masyarakat untuk lebih meningkatkan kegiatan produksi barang pada berbagai sektor ekonomi seperti sektor kelautan. Mengurangi tingkat pengangguran tenaga kerja. Jadi bisa dikatakan secara keseluruhan. yaitu antara lain: 1. serta mengurangi terjadinya kesenjangan perkembangan wilayah di sisi lainnya. sektor perhotelan dan sebagainya. pertanian.

Dan biarkan industrialisasi menjadi bagian dari Madura. Karena akan sangat banyak kegiatan baru yang muncul dari dibukanya jembatan ini.1 Kesimpulan Dari sedikit wacana di atas. Karena selama ini. dapat kita simpulkan bahwa jembatan Suramadu ini sangat positif bagi perkembangan masyarakat Gerbangkertosusila pada umumnya dan Madura pada khususnya.dan dengan dibukanya jembatan ini nanti. madura jauh tertinggal disbanding Jawa. 3.2 Sumber Data data dan wacana sumber diambil dari : 1.com 3.suramadu. www. Penataan Ruang Wilayah Pengembangan Jembatan Jawa – Madura Bab I dan II. Dan hal ini sangat baik bagi perekonomian masyarakat madura sendiri. maka sekat pembatas itu akan hilang dan generalisasi dapat terwujud.PENUTUP 3.suarakarya-online.pdf .com 2. www. Padahal hanya terganjal masalah akses.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful