RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Ketrampilan Komputer Pengelolaan Informasi (KKPI)
TAHUN PELAJARAN 2011 - 2012

Nama Sekolah : SMK YP 17 -1 Madiun Standar Kompetensi : Mengetik 10 Jari Kode Kompetensi : TIK. OP01.001.01 Kelas/ Semester : X / 1 Durasi Pembelajaran : 2 jam pelajaran @ 45 menit Banyak Pertemuan : 5 x @ 2 jam pelajaran

No. Kompetensi Dasar Banyak 1. 1.1 Mengetik pada papan ketik (keyboard) standart Jumlah 5 10

Pertemuan 5 10

Jam Pembelajaran

Guru / Pengajar : AGUS WIJANARKO NUPTK : 3446757659200043

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN YP 17 -1 MADIUN
Jalan : Gajah Mada No. 25 – 41 Kota Madiun

e-mail : smkyp171ae@gmail.com

KOTA MADIUN

k. 3. berseragam rapi dan senantiasa mengoperasikan komputer sesuai prosedur (SOP) yang benar.s. Siswa dapat membedakan macam-macam jenis keyboard . Siswa membangun karakter disiplin. Materi Pembelajaran Organisai keyboard Keyboard Struktur tombol pada keyboard .d. kerjasama dan toleransi pada diri II.f.l dan . 5.5 ( satu s. lima) Alokasi Waktu : 10 x 45 menit (450 menit) Standart Kompetensi (SK) : Mengetik 10 jari Kompetensi Dasar(KD) : Mengetik pada papan ketik (keyboard) standart Indikator : Membedakan 4 Macam jenis keyboard menurut fisik dan sistim koneksi. Siswa dapat berintegrasi dengan teknologi yang telah dikembangkan di Industri 3.menurut fisik dan sistim koneksinya. Siswa membangun karakter disiplin.5 Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan : 1. siswa dapat menggunakan tombol pangkal yakni : a. Siswa dapat menggunakan tombol keyboard sesuai dengan fungsinya 2. 6. I. kerjasama dan toleransi pada diri Pertemuan 2 . Tujuan Pertemuan I Pembelajaran Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan : 1. Siswa dapat mengidentifikasi struktur keyboard sesuai dengan fungsinya. Siswa dapat mengembangkan kemampuan diri secara mandiri untuk mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat 4.d.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran : KKPI Kelas/semester : X / 1 Pertemuan : 1 . j. Siswa dapat memahami pengertian komputer dan bagian-bagiannya 2. Menjelaskan pengertian keyboard Pengamatan 4 macam keyboard Menjelaskan pemasangan keyboard : Mengidentifikasi Struktur tombol keyboard sesuai dengan fungsinya : Menggunakan Tombol keyboard sesuai dengan fungsinya Fungsi dan penggunaan keyboard : Mengetik 10 jari dengan menggunakan keyboard Mengetik 10 jari Indikator Karakter : Terbiasa datang tepat waktu. Siswa dapat menggunakan tombol pengetikan yang lain 4.

tanpa campur tangan dari manusia. komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital.menyediakan output dalam bentuk informasi.memproses input tadi sesuai dengan programnya. . Menurut Hamacher [1]. dan seluruh bagian ini saling berkaitan satu sama lain. . INPUT DEVICE PROCESS DEVICE Gambar 1. . para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.Uraian Pertemuan 1 Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer. kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya.1 Bagian-bagian Komputer OUTPUT DEVICE . dan menghasilkan output berupa informasi.menerima input. komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: . Sedangan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat. Sistem kerja komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian.menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan. Menurut Blissmer [2]. termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika.

Penguasaan pengetahuan 6. Kecakapan hidup yang dikembangkan : 1. Disiplin Pribadi dan Kelompok . Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Ceramah 2. Metode dan Pembelajaran : Pendekatan a. Demonstrasi 3. Strategi/pendekatan : Direct Learning Teknik : Expositori (ceramah bervariasi) c. Interaksi personal 4. Keterampilan belajar kooperatif 2.2 Satu unit komputer Input device atau alat masukan adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam kom puter Process device atau alat pemroses adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data atau perintah yang diterima oleh alat masukan dan memberikan hasil pengolahan data tersebut kepada bagian output Output device atau alat keluaran adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh bagian proses Keyboard Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Tanggung jawab individual. Penugasan d. Pelatihan 5.18 Pertemuan 2. 3.36 III. Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output. Kerjasama tim 5.Gambar 1.5 Lihat Modul 1 Mengetik 10 Jari tahun 2008 hal 19 . Tanya Jawab 4. Model : PAIKEM b. Metode : 1. Selengkapnya lihat modul 1 mengetik 10 jari tahun 2008 hal 8 .

2. mengerjakan tugas pelatihan yang diberikan 1. 1. 2. Mendengarkan penjelasan pengertian komputer Mendemontrasikan pemahaman penjelasan jenis keyboard berdasarkan fisik dan jenis konektor Latihan Terbimbing 1. Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan. 3. . salam dan sapa serta mengingatkan siswa agar berpaikan rapi Menyampaikan Tujuan Pembalajaran Memempersiapkan peserta didik dengan memberikan preview tentang matreri pertemuan yang lalu Menjelaskan pengertian Komputer Menjelaskan jenis keyboard berdasarkan fisik dan jenis konektor keyboard dengan benar pemecahan kasus perkasus terkait dengan perkembangan komputer dan perkembangan IT Pemberian latihan soal Membuat kesimpulan hasil diskusi Memberikan waktu bertanya pada siswa tentang materi yang belum dimengerti Memberikan Post Test dengan lisan Guru mempersiapkan kesempatan melakukan pelatihan lanjutan dg perhatian khusus pd 1. Membuka kelas dengan senyum. 3. 3.IV. Kegiatan Inti Menyajikan Informasi dan Prosedur. Kegiatan Akhir & Evaluasi 1. 2. 1. 2. 2. Bertanya tentang materi yang belum jelas dan dimengerti menjawab post test yang diberikan Mencari keterkaitan materi dengan penerapan situasi pada kehidupan seharihari. 3. 2. 2. LangkahPembelajaran 1 Pertemuan No Fase Peran guru Siswa 1. Refleksi 1. Memberikan kesempatan unt pelatihan lanjutan & penerapan 1. Kegiatan Awal Menyampaikan Tujuan Pembelajaran & mempersiapkan peserta didik langkah Peran 1. Menjawab salam guru dan mengkoreksi kerapian seragam Mendengarkan Penjelasan tujuan pembelajaran Menjawab dan bertanya tentang materi lalu yang belum dimengerti 2. 1.

Akhir Kegiatan . . salam dan sapa serta mengingatkan siswa agar berpaikan rapi 2. Mencari Informasi dari internet tentang materi pertemuan berikutnya.Komputer berasal dari bahasa asing yaitu . 1. Mendengarkan penjelasan tata cara mengetik 10 jari yang benar 2. 3. Jelaskan perbadaan mendasar dari type tersebut ! 5. Memempersiapkan peserta didik dengan memberikan preview tentang matreri pertemuan yang lalu 1. . penerapan situasi lebih kompleks & kehidupan seharihari Membuat Kesimpulan TP Menginformasikan materi berikutnya pada pertemuan selanjutnya Memberikan Tugas Rumah yang soalnya diambil dari soal yang ada pada database yang ada pada situs blog sekolah 1. Menyampaikan Tujuan Pembalajaran 3. . Contoh Post test . menjelaskan penggunaan jari pada tombol pangkal dan tombol yang lain Pemberian latihan soal 2. Mendengarkan penyimpulan TP 2. . . Sebutkan pengertian komputer . Menjawab salam guru dan mengkoreksi kerapian seragam 2. . Kegiatan Awal Menyampaikan Tujuan Pembelajaran & mempersiapkan peserta didik 1. Kegiatan Inti Menyajikan Informasi dan Prosedur. . . Menjelaskan tata cara menetik 10 jari yang benar 2. 2. . Mendengarkan Penjelasan tujuan pembelajaran 3. Mengembangkan kemampuan pribadi berdasar tugas yang ada. type model 4. Menjawab pertanyaan yang diberikan guru 2. 3.Latihan Mandiri 1. Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan. mendengarkan penjelasantombol pangkal dan tombol yang lain 1. Membuka kelas dengan senyum. Keyboard terbagi atas . Latihan Terbimbing 1. 1. . . . 2. Membuat kesimpulan hasil diskusi 1. Pertemuan 2 – 5 No Fase Peran guru Peran Siswa 1. . . . . 3. mengerjakan tugas yang diberikan 3.

. . .Mengecek pemahaman. VI. . 3. Lembar kerja 5. Refleksi & Evaluasi Memberikan kesempatan unt pelatihan lanjutan & penerapan Latihan Mandiri 1. Mendengarkan penyimpulan TP 2. Soal teori 3. V. Memberikan Tugas Rumah yang soalnya diambil dari soal yang ada pada database yang ada pada situs blog sekolah 1. 1. Menginformasikan materi berikutnya pada pertemuan selanjutnya 3. 1. Jelaskan perbadaan mendasar dari type tersebut ! 5. . . . . 3. Soal Praktik 4. Ranah Soal : Kognitif . Contoh Post Test Tombol Pangkal untuk jari telunjuk sebelah kiri adalah . . Penilaian Hasil Belajar 1. Alat/Bahan/Sumber belajar lat : A 1. Mengembangkan kemampuan pribadi berdasar tugas yang ada. Mencari Informasi dari internet tentang materi pertemuan berikutnya. . . Perangkat penilaian. menjawab post test yang diberikan 1. Modul 1 Mengetik 10 Jari Edisi III-2008 2. Teknik Penilaian : Tes tertulis dan praktik 2. . LC D Bahan : 1. Bertanya tentang materi yang belum jelas dan dimengerti 2. . Sebutkan pengertian komputer . Software Pengolah kata Sumber Belajar : 1. type model 4. Seperangkat Unit PC 2. Guru mempersiapkan kesempatan melakukan pelatihan lanjutan dg perhatian khusus pd penerapan situasi lebih kompleks & kehidupan seharihari Membuat Kesimpulan TP 2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian dan unjuk kerja 3. . . . 1. Bahan tayangan (presentasi Close source modul 1) 2. 2. memberi umpan balik. Memberikan Post Test dengan lisan 1. Network (Jaringan) 3. Keyboard terbagi atas . Mencari keterkaitan materi dengan penerapan situasi pada kehidupan seharihari. Memberikan waktu bertanya pada siswa tentang materi yang belum dimengerti 2.

Komputer berasal dari istilah asing yakni . . komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital.menyimpan perintah . 3. Tes praktik untuk melihat keterampilan dan sikap yang ditunjukkan saat melaksanakan praktik. . Soal latihan praktik 1. kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya. Menurut Hamacher [1]. Function keys. 2.Avektif . Kunci jawaban 1. Jumlah kesalahan huruf : ……… .Psikomotorik 1. Ketik dua paragraph yang ada di halaman 19 modul Mengetik 10 Jari. . INPUT DEVICE PROCESS DEVICE OUTPUT DEVICE 4. . 4. a.menyediakan output dalam bentuk informasi. komputer adalah suatu alat r elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: . dan menghasilkan output berupa informasi. . . yaitu: Typing keys.. Keyboard terdiri atas 4 bagian utama. Tes teori (tertulis) bentuk essay a. 2. Gambarkan sistematika kerja komputer ! Sebutkan 4 bagian utama dari keyboard! computare yang Hamacher Blissmer Fuori b. Komputer berasal dari istilah asing yakni artinya menghitung 2.memproses input tadi sesuai dengan programnya. Numeric keypad. termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika. 2 dan hasil dari pengolahan. . . tanpa campur tangan dari manusia. yang artinya . Soal 1.menerima input. Hasil ketikan (terlampir) b. Control keys. . Sebutkan pengertian komputer dari pakar berikut ini : - 3. Menurut Blissme [2]. Sedangan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat. . Waktu yang dibutuhkan ……… menit c. .

Berapa jari yang anda gunakan untuk mengetik? 2. jaksa jajal fasal fasal gaf gad gal gas gaj gagak gagad jagad gagal lagak galak gaja jaga gasak gadak gasal gajak gagak gafa gagal gafa hajag gadah halal hagal lafah halal kalah lajah sadah hafal hafas hajag jadah asah gajah jaha jasad gajah akal dede keke dekdek kedked dedak ledas sedak dedes ledas kekal sedah lekah gede jedah lelah gedek saleh hehe lili leli sisi lidi asih gigi gigih jika alih kaki daki jikil didik didi lihai sedih siji gili gila hilaf fisik sedih lihai raki rika geri heri jeri feri seri lira sari deras jari deras era eri geri risa riri kera dera liar riak rial rias rere eri fuju guju huju kuku duduk susu lusu suku ujuk juri juju ujud sujud kuah sauh guruh deru jeruk deruh ragu sagu jama jamu jemu mimis mila mimic demi semir mile limau ramah samak lemak mika. ka da ja f. Juli 2011 Kepala sekolah Guru Mata pelajaran SURJANTO BUDIWALUJO AGUS WIJANARKO . . aj aj aj f. kakak ada dada... a. . aa aa . a. a.Jumlah kesalahan kata : ……… d... gama jamak maka mamuk vuvu vulva vis vulva vikda vules veksi viksa vulva veve gavur haver juvel livak kurva larva serva vivi vasu suva gung gunung junan fanni nisan hiasan human nunuk nava niur sana sini mina vandal mannen nama nenek nanu niru baris bala baker badu babi basi bari bisul beruk babak bani bakmi bendi badak barak benak bivak beruk busuk cece cuka ceki cucu caca cici cari cicil curi ceri carilah cadu cuad cecis nacis leces lecet licu macu baca ceceb Mengetahui Madiun. jaf faj dak kad jad dal lad sad sak kas dak kal jak lak daka kada lasa sala fasa asaf asal sadal akal adas jala jasa lasak falak salak jalak fasal jasad kadal kakak jajal jakad sakal kadas kasad kasal kas dadak sadak saja alas jaksa ada kala. ff ff ff ff jj jj jj jj fj fj fj jf jf ff jj fj fj jf jf dd dd dd kk kk kk dk dk kd dk dd kk fk jd kj jk kj ss ll ss ll ss ll sl ls ls ls js fl fl dl dl ld js lf ld aa aa .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful