Laporan Pengamatan Gerak pada Tumbuhan Putri Malu

SMP Negeri 1 Tabanan Jln. Diponegoro No.26 Tabanan Tlp. 811533

Kelompok 4 Nama Anggota : - Bayu Darmawan (08) - Cahyadi Agastya (10) - Inten Kusuma Dewi (18) - Niasari Devi (23)

Tumbuhan putri malu merupakan herba memanjat atau berbaring atau setengah perdu dengan tinggi 0. LATAR BELAKANG MASALAH Tumbuhan putri malu sering dijumpai di sekitar sawah.3-1.PENDAHULUAN A. B. . TUJUAN Untuk memahami adanya gerak pada tumbuhan khususnya gerak seismonasti. Tumbuhan liar di tempat terbuka. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropis yang ditemukan pada ketinggian 1200 meter di bawah permukaan laut.5 meter. kebun. rerumputan.

percobaan dan membuat laporan tentang perbedaan gerak tropisme dan gerak nasti I. pangkal tangkai anak daun Menguncup b. anak daun Menguncup 2. anak daun b. Cara Kerja 1 Carilah tempat atau daerah tumbuh tanaman putri malu 2 Lakukan sentuhan dengan pensil runcing dan dengan lidi yang membara secar berturut-turut pada anak daun. Pertanyaan 1 Dari hasil pengamatan kalian. 3 Amati arah gerak yang terjadi 4 Catat waktu yang diperlukan oleh daun tersebut untuk membuka kembali 5 Isikan hasil pengamatan ke dalam table di bawah ini. Perlakuan yang diberikan Perubahan yang terjadi Saat Waktu untuk disentuh membuka 1 menit 2 menit 40 detik 4 menit 4 menit 20 menit 16 menit a. pangkal tangkai daun Menguncup 3. pangkal tangkai anak daun Menguncup IV. pangkal tangkai daun c. Sentuhan dengan lidi yang membara pada: 1. pangkal tangkai anak daun 3 Berdasarkan pengamatan kalian. pangkal tangkai daun Menguncup 3. pangkal tangkai anak daun dan pangkal tangkai daun. anak daun Menguncup 2. Sentuhan dengan pensil runcing pada : 1. apa yang terjadi pada bagian-bagian yang disentuh setelah 10 menit kemudian? . Tujuan Untuk memahami adanya gerak pada tumbuhan khususnya gerak seismonasti II. apa yang terjadi bila daun putri malu disentuh dan dikenai panas? 2 Bagaimana perbedaan arak gerak tanaman putri malu jika disentuh pada : a.Indikator : 1 Mendeskripsikan macam-macam gerak pada tumbuhan 2 Memberi contoh-contoh macam gerak dan macam tumbuhan yang melakukannya 3 Mengadakan pengamatan. Alat dan Bahan a) Tanaman putri malu b) Pensil runcing c) Lidi d) Korek api e) f) g) h) Pulpen Penggaris Kertas Jam III.

Waktu untuk menutupnya daun setelah diberi rangsangan sentuhan. Berbagai rangsangan yang diberikan (yaitu: sentuhan. Pangkal tangkai daun : menguncup cepat dan secara bersamaan c. lebih singkat dibandingkan waktu untuk menutupnya daun setelah diberi rangsangan yang lain.4. Putri malu yang disentuh dengan pensil lebih cepat membuka daunnya kembali daripada putri malu yang disentuh dengan bara api. Anak daun : menguncup dengan perlahan-lahan (secara tidak bersamaan) b. Dari hasil pengamatan kami. Dan kecepatan menutup daun putri malu lebih cepat pada saat pangkal tangkai daun yang disentuh setelah itu pangkal tangkai anak daun dan yang paling lambat yaitu anak daun. Tanaman putri malu kembali ke keadaan semula karena sentuhan atau karena panas? 5. a. Putri malu kembali ke keadaan semula karena panas. Rangsangan sentuhan merupakan rangsangan yang dapat diterima oleh tumbuhan putri malu dengan peka. Perilaku yang ditimbulkan akibat diberi rangsangan yaitu menutupnya daun putri malu. jika daun putri malu disentuh dan dikenai panas maka putri malu akan menutup / menguncup 2. Buatlah simpulan dari hasil kegiatan tersebut! Jawaban 1. 5. Setelah 10 menit kemudian putri malu akan membuka daunnya kembali. 4. . Kesimpulan dari kegiatan ini : Tumbuhan putri malu adalah tumbuhan yang sangat peka terhadap rangsangan. diberi hawa panas.) kepada putri malu memberikan pengaruh pada perilaku tanaman ini. Pangkal tangkai anak daun : menguncup lebih lambat dari pangkal tangkai daun tetapi lebih cepat dari anak daun 3.

Kemudian masukan-masukan yang tidak kalah pentingnya untuk membangun laporan kami ini. Sekian dan Terima kasih. Dimungkinkan dari permasalahan yang kita anggap sepele ternyata di dalamnya terkandung suatu ilmu yang sangat bermanfaat bagi kita. .PENUTUP Laporan ini masih dirasakan banyak kekurangan. Semoga pada penelitian-penelitian yang akan datang kami dapat melakukannya dengan lebih teliti dan lebih baik lagi. Sebisa mungkin kita harus berusaha untuk peka dan tanggap akan keadaan lingkungan disekitar kita.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful