Tangung Jawab Sosial dan Etika Manajerial Dilema seorang manajer Menciptakan ide-ide berdasarkan komitmen yang

kuat pada tangung jawab social. Contohnya : Coco-mat,Paul dan saudara laki –lakinya Michael telah membuat matras sejak tahun 1989 mereka menemukan matras yang terbuat dari serat kelapa dan karet alam dan mendirikan perusahaan ini. Sejak saat itu usahanya berkembang. Tapi paul berkata, ‘ walaupun usahanya sangat sukses, kami lebih bangga akan nilai-nilai etika kami. Ketika Coco-Mat memproduksi matras-nya, hampir tak ada sisa dari produksinya. Selain itu untk menunjang ke praktisanya, paul menekankan keterlibatan karyawan. Karena karyawan dapat memperoleh insentif sampai 40 persen dari upah mereka, di samping itu bahan mentah haruslah mendukung demi kelancaran usaha tersebut. Apa itu tanggung jawab Sosial ? Perusahaan yang besar meminimalkan biaya dan membuat lebih mampu bersaing dengan bertempat di Negara di mana hak asasi manusia bukan prioritas dan membenarkan tindakan itu dengan mengatakan bahwa mereka memberikan lapangan pekerjaan dan membantu memperkuat perekonomian setempat.Contoh perusahaan mobil Membuat kendaraan sport berbahan bakar gas yang mempunyai potensi untuk secara serius melukai orang – orang dalam kendaraan yang lebih kecil dan efisien bahan bakar karena konsumen menginginkannya. Apakah perusahaan itu bertanggung jawab secara social ? factor apa saja yang mempengaruhi keputusan menejer dalam situasi itu ? Ada dua Pandagan tentang Tangguang jawab social Ada beberapa konsep yang telah digambarkan dalam berbagai cara yang berbeda : * Pandangan Klasik Pandangan ini berpendapat bahwa satu – satunya tanggung jawab sosial adalah Memaksimalkan laba.

* Pandangan social ekonomi Berpendapat bahwa tanggung jawab social bukan sekedar menghasilkan laba, tetapi Juga mencakup melindungi dan meningkatkan kesejahteraan social. Membandingkan Kedua Pandangan ini Perbedaan utama antara dua perspektif ini lebih mudah untuk dipahami jika kita berfikir dalam hal orang – orang di mana organisasinya bertanggung jawab. * Ada 3 tahap model model progresi dari tanggung jawab social organisasi. 1.Manajer mengikuti pandangan klasik tentang tanggung jawab social dan memenuhi Kebutuhan pemegang saham sambil mematuhi semua hukum dan peraturan 2.Manajer memperluas tanggung jawabnya kepada kelompok. 3.Manajer memperluas tanggung jawab mereka pada pemegang kuasa lain dalam Linkungan khusus. Pendapat yang mendukung dan menentang Tanggung jawab Sosial Cara memahami peran yang dimainkan tanggung jawab social dalam memengaruhi cara menejer

dan limbah beracun.pemanasan global. Ada beberapa masalah yang lebih serius mencakup menipisnya sumber daya alam. Kewajiban social adalah. Kewajiban bisnis untuk memenuhi tanggung jawab ekonomi dan hukumnya. kira-kira satu-stunya acuan popular untuk menyelamatkan lingkungan yang mungkian anda lihat pada waku itu dalah permintaan tertulis yang ada di mana-mana . tanah). memimpin dan mengendalikan adalah dengan melihat argument yang mendukung dan menentang tanggung jawab social. sebuah organisasi yang mewakili beberapa perusahaan terbesar amerika dan telah lama menantang sains dibalik pemanasan global. Tanggung Jawab Sosial dan Kinerja Ekonomi Dari sejumlah riset studi dapat membantu kita menjawab pertanyaan ini. kecelakaan industri. mengorganisasi. Sejumlah organisasi melakukan tidak lebih dari pada yang di tuntut oleh undang – undang. untuk memenuhi tujuan jangka panjang yang baik bagi masyarakat. Dengan mengevaluasi dana saham bersama (reksadana) yang sadar akn social. Cara lain untuk memandang masalah tanggung jawab social dan kinerja ekonomi adalah. Tanggung jawab social juga sebagai kewajiban bisnis. Dari kewajiban sampai Tanggapan pada Tanggung jawab Kita dapat memahami dengan lebih baik tanggung jawab social jika pertama kali kita bandingkan dengan dua konsep yang serupa. tampaknya secara besar – besaran mengubah sikapnya ketika mengumumkan bahwa ia meminta para anggotanya untuk mengukur tingkat emisi gas rumah kaca dan berjanji untuk menguranginya dengan jumlah tertentu sepanjang waktu. Studi mayoritas ini menunjukan hubungan yang positif antara kerterlibatan social dan kinerja ekonomi.di luar yang di haruskan oleh hukum dan ekonomi. udara. Masalah-masalah Linkungan Global The Busines roundtable. Tanggapan social mengacu pada kapasitas suatu perusahaan untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan social. pencemaran (air. Salah satu pendekatan terhadap peran organisasi dalam tanggung jawab lingkungan menggunakan istilah ‘nuansa hijau (shades of green)’ untuk melukiskan berbagai pendakata yang dapat di tempuh organisasi. Contohnya sebuah studi menemukan bahwa kinerja social perusahaan secara positif terkait dengan kinerja keuangan sebelum dan masa depan.mengambil keputusan ketika mereka merencana. Bagaimana organisasi menjadi hijau? Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh para manajer dan organisasi untuk melindungi dan melestarikan lingkungan alam. Meskipun itu sebetulnya tidak mengatakan banyak hal kepada kita mengenai bagaimana cara organisasi itu menjadi hijau. Manajemen yang ‘ Ramah Lingkungan ‘ Sampai akhir tahun 1960-an. Pendekatan itu merupakan contoh yang baik tentang kewajiban yang social-organisasi tersebut semata – . hanya sedikit orang (dan organisasi) yang memperhatikan Akibat keputusan dan tindakan mereka terhadap lingkungan dan sumber alamnya. Pendekatan pertama adalah hokum(atau hijau cerah) yaitu sekedar melakukan apa yang di tuntut hokum.

pemasok .mata mengikuti kewajiban hukum di bidang pencegahan polusi dan perlindungan lingkungan. Menurut pendekatan selanjutnya. Dalam bagian ini kita mempelajari dimensi etis keputusan- . investor.yakni pendekatan pemercaya.menerus Lingkungan kerja yang positif Keragaman Layanan masyarakat Kepercayaan Tanggungjawab social Keamanan / kenyamanan Pemberian wewenang Kepuasan pekerjaan karyawan Bahagia 77% 76% 61% 59% 51% 49% 47% 47% 43% 42% 41% 38% 37% 33% 33% 32% 31% 24% Etika manajerial Apa yang di maksud dengan etika manajerial ? Istilah etika mengacu pada peraturan atau prinsip yang mendefisinikan tindakan benar dan salah. Tujuan lain nilai bersama itu adalah dampaknya pada perilaku karyawan dan komunikasi apa yang diharapkan oleh organisasi terhadap para anggotanya. atau masyarakat. dan mengendalikan kegiatan organisasi.yang memproduksi berbagai furnitur kantor. Contohnya membuat produk perawatan pribadi alamiah. Nilai inti persentase Responden Nilai Inti Organisasi Kepuasan konsumen Etika / intergritas Dapatdipercaya Menhormati orang lain Komunikasi terbuka Kemampuan menghasilkan laba Kerjasama tim Inovasi / perubahan Belajar terus. rumah dan perawatan kesehatan. Nilai-nilai disuatu organisasi mencerminkan apayang di belanya dan apa yang diyakininya. memimpin. mengorganisasi. Sebuah survey di tahun 2002 tentag nilai-nilai perusahaan oleh Asosiasi Manajemen Amerika menunjukan bahwa majer pada sejumlah organisasi telah membuat komitmen untuk menetapkan intisari. memproduksi. Majemen Berbasis Nilai Majemen berbasis nilai merupakan pendekatan terhadap pengelolaan dimana para manajer menetapkan dan menguatkan nilai-nilai bersama sebuah organisasi. Intisari Nilai Bersama Perusahaan Manajer organisasi bertanggung jawab untuk menetapkan dan memelihara nilai-nilai Perusahaan yang ingin di tanamkan pada karyawan. organisaisi memilih menanggapi banyak tuntutan yang dibuat oleh para pemercaya karyawan. dan mengirimkan furniture ke seluruh dunia. Tujuan Nilai Bersama Tujuan nilai bersama yang pertama ialah bertindak sebagai pedoman bagi keputusan dan tindakan manajerial. menerapkan nilai perusahaan ketika mereka merancang. peryataan keyakinan perusahaan itu menuntun para manajer ketika mereka merencana. Contohnya karyawandi Herman Miller.

paramanajer di organisasi yang sama sering memiliki kepribadian yang sangat berbeda. deskripsi jabatan. Sudut pandang etika yang terakhir. orang – orang yang bermoral dapat menjadi jahat karena struktur dan budaya organisasi yang mengizinkan atau mendorong praktik –praktik yang tidak etis. Pada tinkat itu. Faktor – Fator yang Mempengaruhi Etika Karyawan Orang yang tidak mempunyai rasa moral yang kuat akan sangat kurang cenderung melakuan hal yang keliru jika mereka menghadapi kendala peraturan. Pandangan berikutnya adalah pandangan etika teori keadilan .keputusan manajerial. mengusulkan bahwa keputusan etika harus didasarkan pada keberadaan norma-norma etika di industri dan masyamarakat sehingga menentukan apakah undang-undang benar atu salah. Desain setruktual organisasi menolong membentuk perilaku etis para pekerjanya. Mekanis organisasi lainya yang mempengaruhi etika meliputi sitem penilaian kinerja dan prosedur pemberian imbalan. mungkin mereka tertekan untuk melakukan ‘ apapun yang diperlukan ‘ untuk terlihat baik pada. Ada dua variable kepribadian yang telah di temukan untuk mempengaruhi tindakakan individu menurut keyakinannya tentang apa yang benar atau salah: kekuatan ego dan tempat kendali. EMPAT PANDANGAN TENTANG ETIKA Empat sudut pandang mengenai etika bisnis. Banyak keputusan yang dibuat para manajer menuntut mereka untuk merenungkan yang dapat terkena yang terkait dengan hasil maupun prosesnya. Guna memahami secara lebih baik kita akan melihat empat pandangan yang berbeda mengenai etika. pandangan teori keadilan. sementara struktur lainya hanya menciptakan ketidak jelasan dan ketidakpastian. kebijakan. kemedekaan berbicara dan proses semestinya. Berdasarkan pendekatan ini para manajer harus menerapkan dan memaksakan dan mendorong peraturan secara adil dan tidak memihak dan tindakan itu dilakukan dengan mengikuti seluruh peraturan dan perundang-undangan di bidang hukum. Sudut pandang etika lain adalah etika hak yang peduli terhadap penghormatan dan perlindungan hak dan kebebasan pribadi individu.variabel hasil dan memperdulikan tentang bagaimana cara mereka . kebebasan suara hati. pandangan etika kontrak social terpadu. dan teori kontrak terpadu. Tahap pertama disebut pra-konvensional. Sebaliknya. Tahap – tahap Perkembangan Moral Tingkatan perkembangan moral. Beberapa sistem penilaian kinerja organisasi berfokus khusus pada hasil. teman. Variabel – variabel Struktual. seperti hak terhadap kerahasiaan. pandangan hak. Setiap orang memasuki suatu organisasi dengan serangkaian nilai yang relatif telah tertanam. imbalan. atu pertukaran keuntungan. atau norma budaya kuat yang tidak menyetujui perilaku tersebut. Dengan demikian. para guru. dan orang lain yang menggambarkan tentang apa yang benar atau salah. seperti hukuman badan. masing – masing terdiri dari beberapa tahap.Desain struktual yang meminimalkan ketidakjelasan dan terusmenerus mengingatkan para karyawan tentang apa yang etis lebih cenderung mendorong perilaku etis. pilihan orang benar atu salah didasarkan pada akibat-akibat pribadi yang terkait. Nilai kita –yang dikembangkan pada tahun-tahun awal kelahiran kita dari orang tua. Karasteristik individu. mencakup pandangan utilitarian. Beberapa struktur memberikan bimbingan yang kuat. Ketika karyawan dievaluasi hanya pada hasilnya.

penelitian latar belakang dan sebagainya digunakan untuk menghilangkan para pelamar yang etika kerjanya dipertanyakan. dan tinggi toleransi konfliknya. semua tingkatan manajemen harus mendukung dan secara terus-menerus menegaskan pentingnya kode eitk dan konsisten menghukum . nilai pribadi. seorang eksekutif yang mungkin tidak berfikir sedikit pun untuk membawa pulang beberapa barang kantor dan kemungkinan penggelapan dana perusahaan. Kode Etik dan Peraturan Keputusan Kode etik adalah pernyataan formal mengenai nilai utama dan peraturan etika organisasi yang diharapkan akan diikuti oleh para karyawan untuk mengurangi ketidakjelasan itu. kode etik tidak harus disusun dan diterapkan tersendiri. MENUJU PERBAIKAN PERILAKU ETIS Para manajer dapat melakukan sejumlah hal jika mereka serius mau mengurangi praktik-praktik yang tidak etis di organisasi mereka. Demikian juga. Praktik semacam itu merupakan praktik yang tidak etis. individu dengan standar benar atau salah yang dipertanyakan akan dipekerjakan. dan memberikan dukungan kepada orangorang yang menghadapi dilemma etis. memimpin dengan keteladanan. Dalam keadaan yang terbaik. Yang kedua. Intentitas Masalah Seorang mahasiswa yang tidak pernah berfikir untuk menyelinap masuk ruang dosen untuk mencuri ujian akuntansi tidaklah berfikir kedua kalinya untuk bertanya kepada teman yang telah menempuh mata kuliah akuntansi yang sama dari dosen yang sama tahun lalu. (1) jadilah warga organisasi yang dapat diandalkan. ETIKA DALAM KONTEKS INTERNASIONAL Apakah standar moral itu universal ? Sama sekali tidak ! Perbedaan soial dan buday antarnegara merupakan factor-faktor linkungan penting yang menentukan perilaku etis dan tidak etis. Budaya Organisasi Kandungan dan kekuatan budaya organisasi tertentu juga mempengaruhi perilaku etis. menentukan kode etik dan peraturan keputusan. Tetapi langkah itu merupakan langkah praktik bisnis yang biasa di Meksiko. Proses ini dianggap sebagai mempelajari tingkat perkembangan moral. (3) bersikap baiklah terhadap para pelanggan. di Amerika Serikat. kekuatan ego dan tempat kendali individu. Suatu budaya organisasi yang paling cenderung mendorong standar etika yang tinggi Adalah budaya yang tinggi dalam mentolerir risiko tinggi pengendalianya. bahkan melawan hokum. Seleksi Karyawan Proses seleksi karyawan melalui wawancara. (2) jangan melakukan apa yang melanggar hokum atau tidak pantas yang akan merugikan perusahaan. Misalnya manajer sebuah perusahaan meksiko menyuap beberapa pejabat tinggi pemerintah untuk mendapatkan kontrak pemerintah yang menguntungkan. Anjuran dari para manajer yang pertama. \informasi tentang pengharapan etika dan pengingat tentang komitmen organisasi terhadap etika tersebut harus secara terus-menerus disampaikan kepada para karyawan. melaksanakan audit social.memperoleh hasil itu. Para manajer dapat mempekerjakan orang-orang yang memiliki standar etika tinggi. Karasteristik telah diidentifikasi yang relevan dalam menentukan intentitas masalah. menyediakan pelatihan etika. namun hal itu tidak akan menimbulkan masalah jika ada Kendali-kendali yang lain. tes. Menurut sebuah survey terhadap etika bisnis menemukan kecenderungan masuk kedalam tiga kategori .

yang dilakukan secara teratur persis seperti audit keuangan. sementara 48% mengatakan baha mereka benar-benar telah melakukan kegiatan semacam itu. Tanggung Jawab Sosial dan Etika Dalam Dunia Sekarang Ini Sebuah survey terhadap para karyaan memperlihatkan baha tekanan-tekanan tempat kerja semakin mendorongmereka untuk mempertimbangkan bertindak secara tidak etis atau melanggar hokum ditempat kerja. Kepemimpinan Etika Hal terbaik yang dapat dilakukan seorang manajer adalah menjadi contoh yang baik dan berlaku etis serta jujur. atau member perlakuan khusus bagi saudara atau sahabatnya. Mekanisme Perlindungan Formal Sebuah saran bahwa sebuah organisasi menyediakan mekanisme formal untuk melindungi karyawan yang menghadapi dilema etis sehingga mereka dapat melakukan sesuatu yang benar tanpa merasaa takut dipermalukan didepan umum. lokakarya dan program pelatihan etika serupa untuk meningkatkan prilaku etis. Sasaran Tugas dan Penilaian Kinerja Pelatihan etika semakin hari semakin banyak organisasi menyelenggarakan seminar. Para manajer puncak juga menentukan irama budaya melalui barbagai praktik pemberian hadiah dan hukuman. Sesi-sesi penilaian etika dapat memberikan sejumlah manfaat. secara berkala menegaskan isinya dan secara ummum menegur para pelanggar peraturan. Misalnya. Ketika penilaian kinerja telah berfokus hanya pada sasaran ekonomis.siapa yang melanggar kode etik itu. Audit itu terdapat beberapa evaluasi rutin. dan manajemen dampak sosial. mereka menyiratkan bahwa prilaku tersebut dapat diterima bagi semua karyawan. hasil akan mulai menjadi pembenaran bagi sarana. Selain itu suatu organisasi dapat menciptakan suatu proses yang daya tarik yang khusus sehingga karyawan dapat menggunakannya untuk memunculkan hal-hal tentang etika. atau audit itu dapat dilakukan secara acak tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jika organisasi mengingatkan karyawanya untuk menjunjung tinggi standart etika. maka organisasi harus menyertakan dimensi itu kedalam proses penilaian kinerjanya. meskipun apa yang yang mereka lakukan jauh lebih penting dari pada apa yang mereka katakan. Kepemimpinan Manajemen Puncak Manajer puncak merupakan contoh peran baik perkataan maupun tindakan. Audit Sosial Independen Unsur penting prilaku yang tidak etis adalah rasa takut tertangkap. perlindungan bagi mereka yang melaporkan sesuatu yang salah. meningkatkan kemuingkinan pengungkapan itu. mengeelembungkan rekening pengeluaran mereka. hal ini harus didorong oleh . menggunakan sumber daya perusaahaan bagi kepentingan pribadi mereka. Ketika manajer telah menganggap bahwa kode etik itu penting. Hasilnya menunjukkan bahwa 56% karyawan yang disurvei itu merasa tekanan untuk bertindak secara tidak etis atau melanggar hukum ditempat kerja. Kejujuran ditempat kerja tidak dapat diatur oleh undang-undang. Apakah seseorang telah mencapai sasaran kerja atau tidak biasanya menjadi masalah utama dalam penilaian kinerja. Implementasinya pada para manajer adalah para manajer harus berfokus pada tiga hal : kepemimpinan etika. sesi-sesi itu juga bias memperkuat standart prilaku organisasi tersebut. kode etik dapat memasok dasar yang kuat bagi program etika perusahaan yang efektif. program itu merupakan program yang efektif. Audit sosial independen. Pilihan siapa yang mendapatkan hadiah dan kriteria prestasi yang bagaimana yang mendapatkan kenaikan gaji dan peningkatan pangkat member pesan yang kuat kepada para karyawan. yang mengevaluasi keputusan dan praktik manajemen berdasarkan kode etik perusahaan.

manajer harus selalu memonitor pangharapan itu. mereka akan lebih sadar tentang apakah mereka bertanggung jawab dalam keputusan dan tinakan mereka. mengolah. perayaan. Melindungi Karyawan Yang Mengatakan Masalah Etika Orang-orang yang berani meniup peluit dapat menjadi bagian penting dari program etika perusahaan manapun karena mereka mau untuk maju kedepan dan membongkar prilaku yang tidak etis. (2) inovasi. memimpin. organisasi yang mengejar peluang ditandai dengan praktik yang inovatif dan bertumbuh serta profitabilitas sebagai sasaran utama. merevolusi. karena pengharapan pada lembaganya selalu berubah. Usaha kecil (small business) di lain pihak adalah organisasi yang dimiliki. Ada beberapa perbedaan penting antara keduanya. atau memperkenalkan produk atau jasa baru. Manajemen Dampak Sosial Ketika seorang pemegang saham terus untuk menekan organisasi agar menanggapi masalah-masalah sosial. apakah yang dilakukan para wirausahawan dan tanggung jawab social serta masalah etika yang memengaruhi para wirausahawan. Usaha kecil tidak harus dianggap kewirausahaan karena dia berskala kecil. dan slogan. Apakah kewirausahaan itu? Kewirausahaan adalah proses yang dialami individu atau sekelompok orang guna mengambil risiko waktu dan uang dalam mengejar peluang untuk menciptakan nilai dan pertumbuhan melalui inovasi tanpa melihat sumberdaya yang sekarang mereka kuasai. mengatur. Hal lain yang harus dilakukan para pimpinan yang etis meliputi berbagai nilai-nilai mereka. agar menjadi kewirausahaan berarti harus inovatif dan mencari peluang baru. Para wirausahawan slkalu mengejar peluang untuk mengembangkan bisnisnya dengan mengubah. Mengapa Kewirausahaan Itu Penting ? . Banyak orang berfikir bahwa usaha keirausahaan dan usaha kecil adalah satu dan sama. Wirausahawan menciptakan usaha kewirausahaan (entrepreneuerial ventures. Tiga tema penting dalam definisi itu adalah (1) pengejaran peluang. Beberapa ahli telah menganjurkan manajer menghadapi tanggung jawab sosialnya dari sudut pandang dampak yang mereka dapatkan dalam masyarakat. dioperasikan dan dibiayai secara independen. Beberapa usaha kecil yang baru dapat bertumbuh. manajer diharapkan untuk bertanggung jawab dalam cara mereka melakukan bisnis. tetapi banyak yang terus menerus kecil. dan mengontrol.para pemimpin yang jujur dan berkemauan untuk mengakui kesalahan mereka. namun ternyata berbeda. ketika manajer merencanakan. apa yang dapat diterima sekarang mungkin merupakan pedoman yang buruk dimasa depan. Serta menggunakan system penghargaan untuk menjaga setiap orang bertanggung jawab terhadap nilai-nilai yang berarti memberi parhatian mana prilaku karyaan dihargai dan mana yang dihukum. (3) pertumbuhan. MENGELOLA USAHA KEWIRAUSAHAAN Konteks Kewiraushaan Kita akan memulai dengan menggambarkan apa yang dimaksud dengan kewirausahaan dan mengapa hal itu penting. tidak memandang apa resikonya secara professional atau pribadi. mereka akan bertanya “ bagaimana hal ini dapat berhasil ketika kita berfikir tentang konteks sosial didalamnya dimana bisnis dijalankan ?“ pada akhirnya jika manajer berfikir tentang mengelola dampak sosial sama sepertio megelola risiko atau strategi. kita akan membahas proses kewirausahaan. Walaupun usaha kewirausahaan dapat dimulai dari kecil mereka mengejar pertumbuhan. karena pilihan atau karena kesalahan. Mengelola secara bertanggung jawab dan etis tidaklah mudah. kisah. secara berkala berkomunikasi pada karyawan tentang apa yang mereka yakini tentang etika dan nilai nyata simbol.

Dalam fase in adalah mengkaji kelayakan usaha. kita juga dapat menyimpulkan bahwa kewirausahaan memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu Negara. dan Negara.. Proses penghabcuran kreatif yang menandai inovasi menghasilkan perubahan teknologi dan pertumbuhan karyawan. Ini adalah bukti lebih jauh tentang seberapa pentingnya usaha kecil bagi inovasi di Dunia usaha. Dari informasi itu wirausahawan mulai mengkaji kelayakan usaha. wirausahawan harus harus mengorganisasikan usaha yang mencakup memilih bentuk hukum organisasi bisnis sampai memunculkan desain organisasi yang memadai untuk menyusun bagaimana pekerjaan yang akan dilakukan. hukum dan peraturan masyarakat yang menyusun lingkungan hukum itu serta kenyataan perubahan dunia kerja. revolusi dan merupakan aspek kunci dari kegiatan wirausaha. Dalam menjelajahi konteks kewirausahaaan wirausaha mengumpulkan informasi. perusahaan kewirausahaan bertidak sebagai agen perubahan dengan menyediakan sumber ide kreatif dan unik yang oleh perusahaan lain mungkin diabaikan. maka kewirausahaaaaan telah menyumbang ke seluruh penciptaan perusahaan baru. perhatian wirausahawan berubah ke cara menelolanya. wilayah. Langkah berikutnya dalam proses kewirausahaan adalah memulai usaha. Hal ini penting. mengungkap ide bisnis. Jika usaha telah siap dan berjalan. karena riset telah menunjukan bahwa paten yang banyak disebutkan mewakili ppenemuan yang secara ekonomi dan teknologi yang siknifikan. Setelah usaha siap dan berjalan. pengolahan. Setelah masalah perencanaan telah matangt. merencanakan usaha. mengorganisasikan usaha dan memulai membuka usaha. Jumlah Pemula Baru Apakah semua pebisnis sudah sesuai dengan definisi wirausaha atau tidak adalah pemula baru dilain waktu. Dari prespektif global. Proses Kewirausahaan Langkah kunci yang harus diperhatikan wirausahawan ketika mereka memulai dan mengelola usaha kewirausahaannya adalah menggali konteks kewirausahaan yang meliputi kenyataan ekonomi baru. jika kita mengasumsikan bahwa pebisnis baru tersebut terlibat dalam praktik yang inovatif dan mengejar profitabilitas dan pertumbuhan.Inovasi Inovasi adalah proses perubahan. Organisasi kecil telah menciptakan pekerjaan dengan irama yang cepat walaupun banyak perusahaan global terbesar dan terkenal diseluruh dunia terus menyusut ukurannya. mengidentifikasi potensi peluang usaha dan menunjukan otensi keunggulan bersaing yang mungkin. mereka harus melihat masalah yang terkait dengan usaha mewujudkan kewirausahaannyakedalam kehidupan nyata. Angka itu mencerminkan penttingnya perusahaan kewirausahaan sebagai pencipta pekerjaan. Menurut laporan Global Entrepreneurship Monitor ( GEM ) menyimpulkan bahwa bukti terus bermunculan pada tingkat kewirausahaan nasional yang mempunyai kaitan erat secara statistik dengan tingkat pertumbuhan ekonomi berikutnya. percobaan. Setelah wirausahawan menjelajah konteks kewirausahaan. para wirausahawan menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. pengukuran yang paling nyaman kita lakukan terhadap peran yang dimainkan oleh wirausahawan pada jumlah pemula baru adalah dengan melihat perusahaan baru dari waktu ke waktu . langkah terakhir dalam proses kewirausahaan adalah mengelola usaha dengan mengelola proses. Apakah Yang Dilakukan Para Wirausahawan ? Secara umum. Kita tahu bahwa dari definisi tentang kewirausahan bahwa pengejaran peluang usaha merupakan aspek yang penting. mengelola orang dan menelola pertumbuhan. melihat pesaing dan menggali pilihan keuangan. Salah satu kegiatan yang penting dalam . Penciptaan Pekerjaan Kita tahu bahwa penciptaan pekerjaan itu penting bagi kesehatan ekonomi jangka panjang masyarakat. mengidntifikasi peluang dan keunggulan bersaing yang mungkin.

serta menjadi pemimpin yang efektif. menyusun rencana tindakan. . penilaian dan pelatihan. mengukur dan mengvaluasi kinerja dan membuat perubahan yang dibutuhkan. menganalisis lingkungan eksternal dan internal. Selain itu wirausahawan juga harus melakukan kegiatan yang terkait dengan mengelola orang-orang yang mencakup penyeleksian dan perekrutan.mengelola berbagai proses yang merupakan bagian dari suatu usaha : membuat keputusan.

.-..38.5079:2-:.3 03:7:9.50-838-.3-078.:..3/03.780990.0.3-.-078.:8.5.390.3/0503/03 &8.3.703..0/..:./...502:.20..7..7:.35007./...2030..9.8.203.3  203/391./.8.3./.7203.203./.8.3..:8.350:...39..390344/....8...34-.3-.880-.35007...70.203..5030.7.3..203.3-07.7.34-.3 -.37.3/01387.380..8:28.../.390344...5..9.59.257.:7.79....3507:-..38:2-07/070..7: ...9 .3/../80:7:/:3.3 8..334..350393/.03507:-.4390807.59..:8.39:50393-.320304..9...3/9. 20::/.2.9-079:2-: 909.3-.9/...304342 -07:93.370.3.4:8/./.980.-9.3 574/:.307.-:9907:8-072:3.3.9/03. .3!007. &8./03.9.3 90703..907-08. $090.7.307..:8.9.3.3   34..7/01389039.3 !.3..20/:5.59..907.:9/.3.47./..9..:8.  !74808503./.3 5.7:/.803.5.:8.080.:5:3:8..07..320304.07.37..3 70...3507.8/:3.750:... /...:8.902.3 0-07.3.7:   !03..3.3:8.7:8/507.3203.:8..-9.843..04342/.7....05.5/.5507.9:/..7:/.3507..89.8.3 20.907.32025:3.3 5034.:8.340 507:8.  .3.30:3:...47. 3.3..757419.2.07..../. 57419.3:8.547..307./03.7.07.3.850:3.35079:2-:.:8.:34.:8.91/.30...750:.7.3-.32:33/.3.9...304342-. 9.3-07-0/.:8..:9039.:8.4390807.380....507-0/.59.7.89.320304.. /03.3-8383.7: ::2/.:8.0/:.7:90780-:9907-. .3:8..3/.750:.502:.8.7... 20347.:20250703..4:8 2034.3/..0..33.91/.33.3 9.35039933.5007..7/.3-.38..07.3/.32:33 2070.3..3 /-.8...:5:3-.-.3-.07..35079:2-:.9:7.3-....:8.7..3/..3/..5..7:8/...393..:8..257480807..380-07.3   5.8.3::29:8079.:.3...3:8.3:3.9.2:39073..33...3.3.3043428:.9.3  03..3 .7:/.:2030. 82.7:820./.3 .32030.9/2:.3.37.5-.5... 503933.207:5./..2/01389:...50393/.. /..32...503.802:..7.38.4-.8 34.3203.8203.. %.0..750:.3 20..9: .9..-.3-079/..3203:-.3-.9507:8. 2070.3203.397057030:78543947  20325:.0./.9...2.0..7.-0-07.75079:2-:.. 2070.:2..59.3 2.850.:8.3..3507:-. :.507.380-.32030/.357.507:8.:8...202:.3 507.3202.3080:7:503.39./03..-07:93.3 . :8.08.:-..:8.304342.:8.90. .3.903.5.35.3907:820307:80.8... 503./.3203.574808 20304..59.7.7: ..32070.3.334.307.3 507:8..07.!02:..:..703.3:39:203. 20703.59.-. ..2 5079:2-:.3 0397057030:07.7:834...  7.3 203:8:33:3.2.:8.-.33.03.:2:2 5.33.3831..9.5.9: 503::7.203:3:.33.91.:8.3 .7.98:2-07/..9:0.3207:5../.7: 5..32.:8..3/03..350393..7.59. .3407..8/.350393 $090.307. .:8.7..7..:.5./.350393 .:8.7.8..80..9.3202:..9.309.203:2-...07./80-:9. 202-:..9.3907.:8./03.32030.-:83088 /.039:708 47.35079:2-:..2030.:3.:-.35.7:/.91/.3-..574808507:-.9.550302:.:8.3/2 /4507.:..   :2..92..38.9 ./. 7.:8.850:....50-8388:/.3.9.3907./ 07.5.257480807.3.3.5..8.3-079:2-:8079. 9.0723.....93.703..-.:8. . 3.7.:8.:8.38.:8./.3.7/.808:.:8.3-.3.3  507:8.7570850914-..8.202:.3:8.3 3.-:90-.:8..0.91/.7.3:9..920325:.3 .32030.:8..80-.320.35.3 $0.:8.9:0.22030.34..95079:2-:....2070.7.3:39:20302-.8..34.8./././...9..8   5079:2-:.350:..3.80./.9/..3.:8.21.39:!0393 34.0.989/03..507:8.3/:3.9:.3-0717-..33.   !7480807.907:8203:8:9::7.3/..703.3!../.9:203.3/2.8.4390807..3:8.20304.3808:.35.3205:903.3.3:8.7.  5030.70.47. -07-0/.3-07.

7:820.:8.8307.3 907.. $.7.3 203.883:3.7:8.3-07..3207:5.9:0.3.203.3..220304.30:.3.3/.25.50703../ 502253.39:7.3:.9508.347.3 $090..350.3:8..-07-.7:820347..:5202-039:::247..:5503008...8..38.:.3.3 8079.7.3089073..3 ..5/.854903850:..3/.3.203:25:.:8.3490380:3:.90.3 503..:39: 203:8:3-.:8.9.5/0-838 20.2.8-8388.3.301091  .3-078.3/.9/03.3.:.3:8..:8.3.3.3 507.3-07:-..9: :8.3 2:33 ..3.9..8.37.32:.. 203::7/.20304...350393/..:8..9.38.0.8 203/0391..8.:8.3...3/-:9:.3/.78:.3202-:..3 203.350707:9.3203..3203.30.390.:.89:7.3:8.9.203.3.3 $0.3 203.0 .8.3203:3:.574808.731472.320304.3..38.3 47.331472.3 203:8:3703...47.9.5..93/..202:3.8./.2./.2..3/.3./..3/08.39 7. ../. 203:3.:.339073.3-.5007.202-:.9507:-.3202.905:9:8.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful