Untung

1.

Pada gelas ukur berisi air 20 cm³ (gambar I), kemudian dimasukkan benda, permukaan permukaan air naik seperti gambar II. Apabila massa benda 30 gram, maka massa jenis batu tersebut adalah ........ A .0,33 gram/cm³ C . 2 gram/cm³ B . 1,5 gram/cm³ D .3 gram/cm³ Kunci : D Penyelesaian : Diketahui : - Volume air (Gambar I) = 20 cm³ - Volume air dan Batu = 30 cm³ - Massa batu = 30 gram Maka : Volume batu = Volume air dan batu - Volume air = 30 - 20 = 10 cm³ Massa jenis = = = 3 gram/cm³

2 . Zat yang merupakan senyawa adalah .... A .kapur dan belerang C . air dan oksigen B . gula dan kapur D .oksigen dan air gula Kunci : B Penyelesaian : Zat merupakan sesuatu yang mempunyai ruang dan memiliki massa. Zat menurut bahan kimianya dibagi menjadi 2 : 1. Unsur, yaitu zat tunggal yang tidak dapat direaksi kimia secara sederhana. Contohnya: emas, perak, besi, aluminium, belerang, oksigen, karbon, hidrogen, helium, silikon,kalsium, klor, dan sebagainya, 2. Senyawa, yaitu gabungan beberapa unsur. Contohnya : - kapur terdiri dari kalsium dan klor. - gula terdiri dari karbon hidrogen dan oksigen - karbohidrat terdiri dari karbon, hidrogen, dan oksigen - karbondioksida terdiri dari karbon dan oksigen dan sebagainya Jadi dari pilihan jawaban yang termasuk senyawa adalah gula dan kapur
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

1

Untung

3 . Periode bumi mengelilingi matahari adalah ........ A .27 hari C . 365 hari B . 27½ hari D .365¼ hari Kunci : D Penyelesaian : Periode atau waktu yang ada kaitannya dengan bumi : 1. Revolusi bumi (mengelilingi matahari) 365 hari 2. Rotasi bumi (berputar pada porosnya) 23 jam 56 menit 3. Bulan sideris 27,5 hari 4. Bulan sinod 29,5 hari Jadi periode bumi mengelilingi matahari 365¼ hari. 4 . Empat benda bergerak selama 20 detik dan masing-masing menempuh jarak yang berbeda, yaitu: benda A menempuh jarak 80 m, benda B menempuh jarak 100 meter, benda C menempuh 120 m dan benda D menempuh 150 m. Benda yang kecepatannya paling kecil adalah ........ A .A C .C B .B . D .D Kunci : A Penyelesaian : Kecepatan adalah jarak persatuan waktu : v= - Kecepatan A = - Kecepatan B = - Kecepatan C = - Kecepatan D = = 4 m/detik = 5 m/detik = 6 m/detik =7 m/detik

Jadi benda yang kecepatannya paling kecil adalah A = 4 m/detik 5 . Berikut ini yang tergolong gaya tak sentuh adalah ........ A .gaya gesek C . gaya magnet B . gaya otot D .gaya dorong Kunci : C Penyelesaian : Gaya dapat berupa dorongan atau tarikan. Gaya terdiri dari : 1. Gaya sentuh, terdiri dari gaya gesek, gaya otot, gaya dorong, gaya pegas, gaya mekanik, dan sebagainya. 2. Gaya tak sentuh, terdiri dari gaya magnet, gaya listrik, dan gaya gravitasi. Jadi gaya tak sentuh terdapat pada gaya magnet. 6 . Perhatikan gambar!

Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

2

Untung

Jika balok-balok tersebut diberi gaya sama pada bagian atasnya, maka balok yang memiliki tekanan paling besar adalah ........ A .1 C .3 B .2 D .4 Kunci : C Penyelesaian : Tekanan adalah gaya per satuan luas bidang tekan. Atau dirumuskan sebagai berikut : Tekanan (P) = Jadi semakin besar luas alas benda yang ditekan, besar tekannya akan semakin kecil. Dari gambar soal dapat diurutkan dari mulai yang tekannya terkecil adalah 4,2,1,3. Jadi balok yang tekannya paling besar adalah balok nomor 3. 7 . Perhatikan gambar di bawah ini !

Keuntungan mekanik dari penggunaan bidang miring di atas adalah ........ A .25 C .6 B . 12 D .4 Kunci : D Penyelesaian : Diketahui : F = 50 N, s = 8 m, dan h = 2 m Pada bidang miring berlaku : Beban x Tinggi = Gaya x Jarak M x h = F x s M x 2 = 50 x 8 M x 2 = 400 M = 400 : 2 M = 200 Jadi keuntungan Mekaniknya = 8 . Bila suhu benda 15°C, maka dalam skala Kelvin adalah ........ A .258° K C . 288° K B . 273° K D .320° K Kunci : C Penyelesaian : Hubungan derajat Celcius dan Kelvin : K = 273 + C K = 273 + 15 K = 288 ° Kelvin Jadi suhu benda itu 288° Kelvin 9 . Faktor yang mempengaruhi banyaknya kalor yang diterima benda untuk mengubah suhunya adalah ........
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

3

Untung

A .massa dan suhu zat C . jenis dan volume zat B . massa dan jumlah zat D .suhu dan volume zat Kunci : A Penyelesaian : Perhatikan persamaan di bawah ini : Q=m.c. t Dimana : m = massa, c = kalor jenis, dan t = perubahan suhu Jadi benda untuk mengubah suhunya dipengaruhi oleh : 1. Massa benda, semakin besar massanya, semakin besar kalornya 2. Suhu, semakin tinggi suhunya maka kalornya semakin besar 3. Kalor jenisnya, semakin tinggi kalor jenisnya maka kalornya pun semakin besar. 10 . Pada saat menyetrika pakaian terjadi perpindahan kalor secara ........ A .radiasi C . konduksi B . konveksi D .aliran Kunci : C Penyelesaian : Perpindahan secara kalor dapat terjadi melalui cara : 1. Radiasi, yaitu perpindahan kalor secara langsung tanpa perantara. Contohnya: sinar matahari ke bumi, panasnya api pada perapian. 2. Konveksi, yaitu perpindahan kalor secara aliran atau perpindahan bagian zat yang dipanaskannya. Contohnya: pada pemanasan air, menanak air, terjadinya angin laut, angin darat, angin gunung, dan angin lembah. 3. Konduksi, yaitu perpindahan kalor secara hantaran/merambat tanpa perpindahan zat Contohnya: pemanasan logam. Pada setrika, energi listrik berubah menjadi energi panas. Panas dari elemen pemanas merambat ke logam setrika, sehingga bagian logam setrika panas. Pada logam setrika merambat ke pakaian yang sedang disetrika. Cara perpindahan dengan merambat itu termasuk konduksi. 11 . Empat benda melakukan getaran dengan periode masing-masing, benda A .0,20 sekon, benda B 0,25 sekon, benda P 0,40 sekon, dan benda Q 0,50 sekon. Perbandingan frekuensi benda yang benar sesuai pernyataan di atas adalah ........ A .A : B adalah 4 : 5 C . A : P adalah 25 : 50 B . B : Q adalah 1 : 2 D .B : P adalah 40 : 25 Kunci : A Penyelesaian : Diketahui : Periode A = 0,30; B = 0,25; C = 0,40; dan D = 0,50 Perbandingan periodenya : A : B : P : Q = 0,20 : 0,25 : 0, 40 : 0,50 Untuk menghilangkan tanda komanya kita kalikan dengan 20 !
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

4

Untung

A : B : P : Q = 0,20 x 20 : 0,25 x 20 : 0, 40 x 20 : 0,50 x 20 = 4 : 5 : 8 : 10 Jadi dari pilihan yang benar adalah A : B = 4 : 5 12 . Perhatikan gambar!

Jika panjang AB = 20 cm dan periode gelombang 4 sekon, maka cepat rambat gelombang tersebut adalah ........ A .80 cm/s C . 10 cm/s B . 40 cm/s D .5 cm/s Kunci : C Penyelesaian : Diketahui :

Panjang satu gelombang sinus dibentuk oleh dua satu gelombang atas dan satu gelombang bawah atau pada gambar adalah jarak dari A ke C. Panjang AB = 20 cm, jadi Panjang AC = 2 x AB = 2 x 20 = 40 cm. Rumus : Cepat rambat (v) = cm/s

13 . Periode sesuatu bunyi 0,025 sekon, frekuensi bunyi tersebut termasuk ........ A .audiosonik C . infrasonik B . ultrasonik D .supersonik Kunci : A Penyelesaian : Bunyi menurut frekuensinya dibagi menjadi 3 : 1. Infrasonik, yaitu bunyi yang frekuensinya kurang dan 20 Hz 2. Audiosonik, yaitu bunyi yang frekuensinya antara 20 Hz sampai 20.000 Hz 3. Ultrasonik, yaitu bunyi yang frekuensinya lebih dari 20.000 Hz Diketahui : t = 0,025 detik Rumus :

Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

5

Untung

f =

= 40 Hz

Jadi frekuensi tersebut termasuk audiosonik karena terletak di antara 20 Hz sampai 20.000 Hz. 14 . Perhatikan gambar !

Sifat bayangan yang dihasilkan lensa cembung berikut adalah ........ A .nyata dan terbalik C . maya dan diperkecil B . nyata dan tegak D .maya dan terbalik Kunci : A Penyelesaian :

Pencerminan benda yang berada antara f dan m pada lensa cembung memiliki sifat nyata, terbalik dan diperbesar. 15 . Jalannya sinar pada cacat mata miopi ditunjukkan pada gambar ........ C. A.

B.

D.

Kunci : D Penyelesaian : Jalannya sinar pada mata : - Mata Normal bayangan jatuh tepat di retina mata.

- Mata miopi (rabun jauh), bayangan di depan retina.

Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

6

Untung

- Mata hipermetrop (rabun dekat), bayangan di belakang retina

16 . Perhatikan gambar !

Partikel neutron ditunjukkan oleh kedudukan nomor A .1 C .3 B .2 D .4 Kunci : A Penyelesaian : Pada suatu atom akan terdapat : 1. Inti atom Di dalam inti atom terdapat: - Proton, yaitu bagian inti atom yang bermuatan listrik positif (+) - Neutron, yaitu bagian inti atom yang tidak bermuatan listrik lambangnya (o) 2. Kulit atom, yaitu bagian atom yang mengelilingi inti atom Pada kulit atom terdapat elektron, yaitu bagian atom yang bermuatan listrik negatif (-) Jadi pada gambar di soal, neutron digambarkan dengan nomor 1. 17 . Pemasangan Voltmeter yang benar adalah ........ A. C.

B.

D.

Kunci : B
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

7

Untung

Penyelesaian : Voltmeter adalah alat untuk mengukur tegangan listrik atau beda potensial listrik. Voltmeter dipasangkan paralel dengan benda yang akan diukur. Jadi pilihan yang benar adalah :

18 . Pada setrika listrik tertulis 400 watt, 200 volt. Hambatan listrik pada alat tersebut adalah........ A .2 ohm C . 200 ohm B . 100 ohm . D .400 ohm Kunci : B Penyelesaian : Diketahui : Daya (P) = 400 watt, Tegangan (V) = 200 Volt. Ditanyakan : Hambatan (R) ?

19 . Data hasil percobaan :

Dari data hasil percobaan, dapat dibuat pernyataan sebagai berikut: 1. Tegangan listrik sebanding dengan kuat arus listrik 2. Tegangan listrik berbanding terbalik dengan kuat arus listrik 3. Hasil bagi antara tegangan dan kuat arus sama besar 4. Nilai hambatan listrik bergantung pada kuat arus Pernyataan yang benar sesuai tabel di atas adalah ........ A .1 dan 3 C . 2 dan 4 B . 1 dan 2 D .3 dan 4 Kunci : A Penyelesaian : Berdasarkan hukum Ohm: Tegangan = Kuat arus x Hambatan V=I.R Dari rumus tersebut dan dibuktikan dengan hasil percobaan maka : - Tegangan listrik sebanding dengan kuat arus listrik - Hasil bagi antara tegangan dan kuat arus sama besar (R) 20 . Perhatikan gambar di bawah ini !
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

8

Untung

Lampu yang memiliki kuat arus sama besar dengan yang masuk adalah ........ C . L 3 dan L 2 A .L 1 dan L 2 B . L 2 dan L 4 D .L 4 dan L 1 Kunci : D Penyelesaian : Berdasarkan hukum Kirchoff : Kuat arus yang masuk = Kuat arus yang keluar Lihat gambar :

Kuat arus L 1 = Kuat arus L 2 + Kuat arus L 3 Kuat arus L 2 + Kuat arus L 3 = Kuat Arus L 4 Kuat arus L 1 = Kuat arus L 4 21 . Perubahan energi yang terjadi pada alat pengering rambut (hair dryer) adalah ........ A .Energi kalor menjadi energi C . Energi listrik menjadi kalor listrik D .Energi kimia menjadi energi B . Energi listrik menjadi listrik energi kalor Kunci : B Penyelesaian : Beberapa macam perubahan energi listrik : 1. Energi listrik menjadi energi kimia. Contohnya: penyetruman akumulator, pelapisan logam, dan penguraian air 2. Energi listrik menjadi energi kalor. Contohnya : hair dryer, setrika, kompor, dan solder listrik. 3. Energi kimia menjadi energi listrik. Contohnya: penggunaan baterai, dan akumulator 4. Energi kinetik menjadi energi listrik. Contohnya: dinamo dan generator Jadi pada hair dryer terjadi perubahan energi listrik menjadi energi kalor. 22 . Suatu alat listrik dipasang pada tegangan 200 volt. Jika dialiri arus listrik 500 mA selama 5 menit, maka besar energi listrik yang dibutuhkan adalah ........ A .300 joule C . 30.000 joule B . 500 joule D .500.000 joule Kunci : C Penyelesaian : Diketahui: - Tegangan (V) = 200 volt
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

9

Untung

- Arus Listrik (I) = 500 mA = 0,5 A - Waktu (t) = 5 menit = 5 x 60 = 300 detik Rumus Energi : W = V. I . t = 200 x 0,5 x 300 = 30.000 joule Jadi besarnya energi listrik yang dibutuhkan 30.000 joule 23 . Perhatikan gambar di bawah ini !

Setelah magnet digosok berulang-ulang, batang besi AB bersifat magnet bila ........ A .A kutub magnet utara C . A kutub magnet selatan B . B kutub magnet utara D .A dan B magnetnya sama Kunci : A Penyelesaian : Salah satu cara pembuatan magnet diantaranya melalui penggosokkan magnet kepada besi atau baja. 1. Penggosokkan pada besi

Hasilnya : - A menjadi kutub utara - B menjadi kutub selatan - Besi menjadi magnet sementara 2. Penggosokkan pada baja

Hasilnya : - A menjadi kutub selatan - B menjadi kutub utara - Baja menjadi magnet tetap Jadi pada gambar itu. A menjadi kutub utara 24 . Letak kutub-kutub kemagnetan bumi adalah ........ A .Kutub utara terletak di kutub utara bumi dan kutub selatan
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

10

Untung

A .terletak. di kutub selatan bumi B . Kutub utara terletak di sekitar selatan bumi dan kutub selatan terletak di sekitar kutub utara bumi C . Kutub utara terletak di timur dan kutub selatan terletak di barat D .Kutub utara terletak di barat dan kutub selatan terletak di timur Kunci : B Penyelesaian : Pada bumi terdapat magnet yang disebut kemagnetan bumi. Kedudukan atau letak kutub-kutub kemagnetan bumi : - Kutub utara magnet bumi terletak di sekitar kutub selatan bumi. - Kutub selatan magnet bumi terletak di sekitar kutub utara bumi. 25 . Kuat medan magnet di sekitar kawat berarus dapat diperbesar bila ........ A .kawat diperbesar C . arus diperkecil B . daya listrik diperkecil D .arus diperbesar Kunci : D Penyelesaian : Berdasarkan percobaan bahwa di sekitar kawat berarus listrik terdapat medan magnet. Medan magnet di sekitar kawat yang berarus listrik dapat diperbesar dengan cara: - Memperpanjang kawat - Memperbesar arus listrik Jadi kuat medan magnet itu diperbesar bila arus diperbesar 26 . Motor listrik, merupakan alat yang bekerja berdasarkan ........ A .elektromagnet C . gaya Lorentz B . ggl induksi D .induksi elektromagnet Kunci : C Penyelesaian : Alat-alat yang ada kaitannya dengan kemagnetan : 1. Elektromagnetik, yaitu magnet yang terbuat dari arus listrik. Contoh : bel listrik, telepon, telegraf, dan relai. 2. GGL Induksi, yaitu listrik yang terbuat dari magnet atau induksi elektromagnetik Contoh : generator dan dinamo 3. Gaya Lorentz, yaitu gaya atau gerakan kawat yang berarus listrik di dalam medan magnet. Contoh : motor listrik dan alat ukur listrik Jadi motor listrik itu menggunakan prinsip Gaya Lorentz. 27 . Perhatikan gambar!

Bila magnet dimasukkan kemudian didiamkan di tengah-tengah, maka
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

11

Untung

jarum galvanometer bergerak.... A .ke kanan selanjutnya bergerak ke kiri ke kanan B . ke kiri selanjutnya diam C . ke kanan selanjutnya diam D .ke kiri selanjutnya bergerak ke kanan ke kiri Kunci : B Penyelesaian : Pergerakan jarum Galvanometer jika magnet dimasukkan ke dalam kumparan : 1.

- Kutub utara masuk, jarum Galvanometer bergerak ke kanan. - Diam di dalam jarum galvanometer diam. - Bila dikeluarkan, jarumnya bergerak ke kiri. 2.

- Kutub selatan masuk, jarum Galvanometer bergerak ke kirim. - Diam di dalam jarum galvanometer diam. - Bila dikeluarkan, jarumnya bergerak ke kanan. Jadi berdasarkan gambar pada soal (2) jarum bergerak ke kiri kemudian diam. 28 . Sebuah trafo tegangan input 220 volt dan arus input 0,5 A, maka daya input trafo tersebut adalah ........ A .440 Watt C . 240 Watt B . 280 Watt D .110 Watt Kunci : D Penyelesaian : Diketahui : Tegangan (V) = 220 V. Kuat Arus (I) = 0,5 Ampere. Maka :
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

12

Untung

P = V . I = 220 x 0,5 = 110 Watt 29 . Perhatikan gambar !

Fungsi D 1 adalah ........ A .Penurun tegangan C . Penghambat arus AC B . Penyearah AC menjadi DC D .Penyimpan muatan listrik Kunci : B Penyelesaian : Gambar pada soal merupakan gambar trafo. Dimana D 1 merupakan Diode yang berfungsi sebagai penyearah Arus Listrik (AC) menjadi DC. 30 . Perhatikan gambar resistor !

Nilai R maksimum resistor tersebut adalah ........ A .108.000 Ohm C . 126.000 Ohm B . 114.000 Ohm D .132.000 Ohm Kunci : D Penyelesaian : Perhatikan warna pada Resistor ! - Gelang pertama berwarna coklat = 1 - Gelang kedua berwarna merah = 2 - Gelang ketiga (jumlah nol) berwarna kuning = 4 (0000) - Gelang keempat (toleransi) berwarna perak = 10% Maka nilai maksimumnya = 120.000 + (10% x 120.000) = 120.000 + 12.000 = 132.000 Ohm 31 . Organ jantung dibentuk oleh jaringan ........ A .otot, pembuluh darah, dan C . pembuluh darah, otot, dan syaraf lemak B . otot, tulang, dan lemak D .jaringan ikat, lemak, dan epitel Kunci : A Penyelesaian : Organ adalah kumpulan dari jaringan yang bekerja sama. Contoh organ: 1. Kulit, terdiri dari jaringan epitel, jaringan ikat, dan lemak 2. Lambung, terdiri dari jaringan epitel, otot, saraf, dan pembuluh darah
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

13

Untung

3. Usus, jaringannya sama dengan lambung 4. Lidah, terdiri dari jaringan berupa syaraf, otot, epitel, dan kelenjar lidah 5. Rangka, terdiri dari jaringan berupa otot, tulang, dan lemak 6. Jantung, terdiri dari jaringan berupa otot, pembuluh darah, syaraf, dan epitel. Jadi jaringan penyusun organ jantung adalah otot, pembuluh darah, dan syaraf 32 . Untuk beradaptasi dengan lingkungannya tumbuhan kaktus memiliki ........ A .daun yang lebar C . batang yang berongga B . daun yang tipis D .daun berbentuk duri Kunci : D Penyelesaian : Ciri-ciri kaktus: - Hidup di daerah kering sehingga disebut xerofit - Daunnya berbentuk duri untuk mengurangi.penguapan. Jadi kaktus beradaptasi dengan memiliki daun berbentuk duri. 33 . Lumut dan alga memiliki kesamaan dalam hal ........ A .memiliki jaringan pembuluh B . membentuk fitoplankton di laut C . memiliki klorofil untuk fotosintesis D .menempelkar tubuhnya dengan rhizoid Kunci : C Penyelesaian : 1. Ciri-ciri lumut: - Lembaran serupa dengan daun - Lembaran itu berwarna hijau sehingga berkhlorofil - Dapat berfotosintesis - Memiliki rhizoid serupa dengan akar 2. Ciri-ciri ganggang: - Bersel tunggal dan bersel banyak - Berkhlorofil - Dapat berfotosintesis - Berkoloni membentuk benang Jadi persamaan lumut dan ganggang (alga) adalah dalam hal memiliki khlorofil untuk fotosintesis. 34 . Pernyataan manakah yang menunjukkan ciri-ciri tumbuhan dikotil ? A .Memiliki akar tunggang, tulang daun, bagian bunga berjumlah lima atau kelipatannya. B . Memiliki akar tunggang, pembuluh kayu dan pembuluh tapis letaknya menyebar, bagian bunga berjumlah tiga atau kelipatannya C . Memiliki akar serabut, tulang daun sejajar, bagian bunga berjumlah tiga atau kelipatannya D .Memiliki akar serabut, pembuluh kayu dan pembuluh tapis letaknya teratur, tulang daun menyirip Kunci : A Penyelesaian :
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

14

Untung

Tumbuhan biji tertutup terdiri dari monokotil dan dikotil. 1. Ciri-ciri monokotil : akar serabut, batang beruas-ruas, tulang daun sejajar atau melengkung, biji berkeping satu, bagian bunga berjumlah kelipatan tiga (3), serta pembuluh tapis dan kayu menyebar tidak beraturan. 2. Ciri-ciri dikotil : akar tunggang, batang bercabang, tulang daun menjari, biji belah dua, bagian bunga kelipatan 2, 4, 5 serta berbuluh tapis dan kayu teratur. Jadi pernyataan yang tepat tentang ciri-ciri tumbuhan dikotil adalah : Memiliki akar tunggang, tulang daun, bagian bunga berjumlah lima atau kelipatannya. 35 . Penutup tubuh yang tepat pada hewan-hewan berikut adalah ........

A .A C .C B .B D .D Kunci : B Penyelesaian : Beberapa ciri hewan vertebrata : 1. Reptil : tubuh ditutupi kulit dan sisik, bernapas dengan paru-paru, bergerak dengan kaki, serta suhu tubuh berubah-ubah (berdarah dingin). 2. Amphibia : tubuh ditutupi kulit yang berlendir, bernapas dengan paru-paru, bergerak dengan kaki, dan suhu tubuh berubah (berdarah dingin) 3. Aves : tubuh ditutupi bulu, bernapas dengan paru-paru, bergerak dengan kaki dan sayap, serta suhu tubuh tetap (berdarah panas) 4. Pisces : tubuh ditutupi kulit yang bersisik, bernapas dengan insang, bergerak dengan sirip dan ekor, serta suhu tubuh berubah (berdarah dingin) Jadi penutup tubuh yang tepat terdapat pada pilihan B. 36 . Contoh kelompok hewan karnivora adalah ........ A .musang, ular, dan.tikus C . katak, cicak, dan kupu-kupu B . kambing, kerbau, dan D .harimau, serigala, dan kelinci buaya Kunci : D Penyelesaian : Dalam ekosistem terdapat produsen, konsumen, dan pengurai. Konsumen terdiri dari : 1. Herbivora, yaitu hewan pemakan tumbuhan. Contohnya: belalang, ulat, kupu-kupu, ayam, tikus, kambing, kerbau, kelinci, dsb.
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

15

Untung

2. Karnivora, yaitu hewan pemakan daging. Contohnya: musang, ular, harimau, serigala, buaya, katak, kucing, dsb. 3. Omnivora, yaitu hewan pemakan daging dan tumbuhan. Contohnya: tikus, beruang, ayam dan sebagainya. Jadi kelompok karnivora yang ada pada pilihan jawaban adalah harimau, serigala dan buaya. 37 . Perhatikan bagan jaringan jaringan kehidupan berikut :

Bagian yang ditunjukkan oleh nomor 1, 2, dan 3 adalah ........ A .belalang, elang, dan musang B . ulat, ayam, dan elang C . belalang, katak, dan musang D .ayam, elang, dan musang Kunci : A Penyelesaian : Lihat gambar pada soal ! - Katak pemakan serangga seperti Nyamuk, dan belalang kecil, karena Belalang juga pemakan tumbuhan maka nomor 1 adalah Belalang. - Hewan yang memakan Ayam dan Ular adalah burung Elang (nomor 2) - Sedangkan Ayam dimakan oleh Musang (nomor 3) Jadi pilihan yang benar : nomor 1 = Belalang, nomor 2 = Elang, dan nomor 3 = Musang. 38 . Bentuk hubungan yang termasuk simbiosis parasitisme adalah ........ A .anggrek, dan pohon pinang C . cacing perut dan manusia B . bunga berwarna dan D .burung pemakan kutu dan kupu-kupu kerbau Kunci : C Penyelesaian : Hubungan dua makhluk hidup yang berbeda disebut simbiosis. Simbiosis terdiri dari : 1. Simbiosis parasitisme, yaitu simbiosis yang satu untung dan yang lainnya rugi. Contoh : benalu dengan inangnya, tali putri dengan inangnya, kulit manusia
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

16

Untung

dengan jamur, cacing perut dalam tubuh manusia, dan sebagainya, 2. Simbiosis komensalisme, yaitu simbiosis yang satu untung dan yang lainnya tidak untung dan tidak rugi. Contoh : anggrek dengan inangnya, tumbuhan paku dengan inangnya, ikan remora dengan hiu, dan sebagainya. 3. Simbiosis mutualisme, yaitu simbiosis yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Contoh : bunga dan kupu-kupu, burung pemakan kutu dengan kerbau, dan sebagainya. Jadi yang termasuk simbiosis parasitisme di antaranya cacing perut dengan manusia. 39 . Peristiwa keluarnya air melalui ujung daun berupa tetesan air disebut ........ A .respirasi C . gutasi B . transpirasi D .ekskresi Kunci : C Penyelesaian : Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada tumbuhan : 1. Respirasi yaitu proses pernapasan atau pengambilan oksigen 2. Transpirasi yaitu proses penguapan atau pengeluaran uap air. 3. Gutasi yaitu proses pengeluaran air melalui ujung daun berupa tetesan air. 4. Ekskresi yaitu proses pengeluaran zat sisa berupa CO 2 dan H 2 0. Jadi peristiwa keluarnya air melalui ujung daun berupa tetesan air disebut Gutasi. 40 . Perhatikan tabel di bawah ini!

Pada tabel di atas, sistem pencernaan hewan yang benar adalah ........ A .1 dan 2 C . 2 dan 3 B . 1 dan 4 D .2 dan 4 Kunci : B Penyelesaian : Sistem pencernaan pada makhluk hidup terdiri dari : 1. Sistem pencernaan intrasel, yaitu sistem pencernaan yang dilakukan di dalam sel. Contohnya: - Tumbuhan tingkat tinggi/bersel banyak, seperti monokotil, dikotil, tumbuhan biji terbuka, lumut, dan tumbuhan paku. - Hewan tingkat rendah/bersel satu, seperti amuba, paramaecium, suglena, dan, berbagai protozoa lainnya. - Tumbuhan kantung semar (pemakan serangga) 2. Sistem pencernaan ekstrasel, yaitu sistem pencernaan yang
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

17

Untung

dilakukan di luar sel. Contohnya: - Tumbuhan tingkat rendah, seperti jamur, bakteri, dan berbagai tumbuhan bersel satu. - Hewan tingkat tinggi, seperti cacing, belalang, mamalia, reptil, burung, ikan, dan amphibi. Jadi yang benar adalah Belalang (1) dan Paramecium (4) 41 .

Berdasarkan tabel di atas, alat pernapasan yang benar untuk hewan tersebut adalah ........ A .1 dan 2 C . 2 dan 3 B . 1 dan 3 D .3 dan 4 Kunci : A Penyelesaian : Daftar alat pernapasan : 1. Insang luas : berudu atau kecebong. 2. Insang dalam : berudu berkaki belakang. 3. Insang : ikan 4. Kulit : Amoeba paramaecium, katak, cacing 5. Paru-paru : burung, katak, kadal, mamalia, manusia 6. Trakhea : belalang Pilihan yang benar : - berudu bernapas dengan insang luar (1) - katak bernapas dengan kulit dan paru-paru (2) 42 . Perbedaan antara sel darah merah dan sel darah putih adalah ........

A .A B .B Kunci : A Penyelesaian : Susunan darah manusia :

C .C D .D

- Ciri-ciri plasma darah : 90% air, sari makanan, zat sisa, fibrinogen, protombin dan hormon
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

18

Untung

- Ciri-ciri sel darah merah (eritrosit): bentuk pipih, bulat, cekung, tidak berinti, ada hemoglobin, dibuat di hati, limpa dan sumsum merah, O 2 , dan CO 2 . - Ciri-ciri sel darah putih (lekosit): berbentuk tidak tetap, berinti, tidak ada hemoglobin, tidak ada O 2 dan CO 2 , membunuh kuman, dibuat di limpa dan sumsum merah, dan dapat membentuk nanah. - Ciri-ciri keping darah (trombosit): bentuk tidak teratur, dibuat di sumsum merah, dan hati, mudah pecah, untuk pembekuan darah. Jadi perbedaan sel darah merah dan sel darah putih terdapat pada pilihan A. 43 . Fungsi darah pada belalang adalah ........ A .mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh B . membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh C . mengedarkan sari makanan ke seluruh tubuh D .mengangkut karbon dioksida ke alat-alat pengeluaran Kunci : C Penyelesaian : Sistem pengangkutan zat pada belalang : - Oksigen dan karbondioksida diangkut menggunakan sistem trakhea. - Sari makanan dan zat sisa dari makanan diangkut dengan sistem darah, sehingga darah belalang tidak merah. Jadi fungsi darah belalang untuk mengangkut sari makanan. 44 . Gambar beberapa jenis kelainan tulang punggung lordosis ditunjukkan oleh gambar ........

A .1 C .3 B .2 D .4 Kunci : D Penyelesaian : Tulang belakang dapat mengalami kelainan, akibat kebiasaan duduk. Berikut ini kebiasaan duduk : 1. Kebiasaan yang benar

Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

19

Untung

Sikap duduk yang benar ini tidak akan menimbulkan kelainan pada tulang belakang, punggung, bahu, dan pinggang. 2. Skeliosis

Kebiasaan duduk ini dapat menimbulkan bahu yang satu lebih tinggi dari pada bahu yang lainnya dan tulang punggung berbelok-belok seperti huruf S. 3. Kiposis

Kebiasaan duduk ini menyebabkan bungkuk Kelainan bungkuk ini disebut kiposis 4. Lordosis

Kebiasaan duduk ini menyebabkan tulang belakang bagian pinggang atau perut lebih maju ke arah vertikal yang disebut lordosis Jadi lordosis itu ditunjukkan oleh gambar nomor 4. 45 . Beberapa ciri sel otot sebagai berikut : 1. bentuk panjang 4. berinti banyak 2. bentuk pendek 5. tidak berwarna 3. berinti tunggal 6. warna merah muda/tua Ciri yang dimiliki sel otot lurik adalah nomor ........ A .1, 3, 5 C . 2, 3, 5 B . 1, 4, 6 D .2, 4 Kunci : B Penyelesaian : Otot manusia terdiri dari :
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

20

Untung

1. Otot polos. - Bentuk gelondong, tengah besar, dan ujungnya runcing dan pendek - Satu inti lambat menerima rangsang - Saraf tak sadar/tanpa perintah - Terdapat pada dinding saluran pencernaan, pembuluh darah, dan kelenjar - Berwarna putih 2. Otot lurik - Terdiri dari serabut otot yang panjang - Bentuk/warna lurik/belang dan merah - Beberapa inti - Cepat menerima rangsang - Saraf sadar/diperintah - Untuk menggerakkan rangka - Terdapat pada rangka 3. Otot jantung Otot ini istimewa, karena bentuk otot lurik cara kerja otot polos. Jadi ciri-ciri otot lurik di antaranya panjang (1), berinti banyak (4), dan warna merah muda/tua (6). 46 . Warna urine menjadi kuning karena adanya ........ A .sisa-sisa metabolisme C . garam-garam mineral B . zat warna empedu D .zat warna dari ginjal Kunci : B Penyelesaian : Darah disaring oleh ginjal, maka zat sisanya berupa urine. Pada urine mengandung : a. Urea; asam urine, dan amoniak yaitu sisa pembongkaran protein. b. Zat warna empedu dari hati, sehingga urine berwarna kuning. c. Zat sisa pada darah berupa vitamin, obat, dan hormon d. Garam mineral/garam dapur Jadi penyebab warna kuning pada urine adalah zat warna empedu. 47 . Sisa metabolisme pada serangga yang berupa zat lemas (nitrogen) digunakan untuk membentuk .... A .amonia C . zat kitin B . zat kapur D .urin Kunci : C Penyelesaian : Ekskresi pada serangga menggunakan buluh malpighi berwarna kuning menyerap zat sisa Nitrogen dari darah untuk membentuk kitin. Zat kitin berupa zat tanduk yang diperkeras adanya zat kapur untuk membentuk kerangka luar. 48 . Sistem saraf pada ubur-ubur adalah ........ A .diffus C . saraf pusat B . tangga tali D .saraf tepi Kunci : B Penyelesaian : Beberapa sistem saraf pada makhluk hidup :
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

21

Untung

1. Manusia menggunakan saraf pusat dan saraf tepi 2. Burung, reptil, amphibi, ikan, dan mamalia menggunakan saraf pusat berupa otak 3. Cacing, belalang, dan molusca menggunakan saraf tangga tali atau ganglion atau simpul saraf 4. Protozoa tanpa alat khusus, tapi memiliki kepekaan terhadap rangsang 5. Hewan berongga memiliki sel saraf seperti saraf tangga tali 6. Profera peka terhadap rangsangan Ubur-ubur merupakan contoh hewan berongga, sehingga ubur-ubur memiliki sistem saraf yang berupa tangga tali. 49 . Pernyataan manakah yang menunjukkan cara pengangkutan hormon di dalam tubuh? A .Hormon diedarkan ke seluruh tubuh melalui jaringan saraf dan berlangsung cepat B . Hormon diangkut dari kelenjar buntu dan diedarkan ke seluruh tubuh oleh darah, berlangsung lambat C . Hormon beredar bersamaan peredaran darah menuju jaringan dan organ-organ tertentu D .Hormon diedarkan oleh pembuluh limfe dari kelenjar buntu menuju jaringan dan organ tertentu Kunci : B Penyelesaian : Hormon adalah zat cair yang dihasilkan kelenjar buntu (endokrin). Sekalipun endokrin buntu tanpa saluran, hormon dapat keluar dari kelenjar melalui proses diserap darah dan diedarkan darah ke otot yang peka terhadap hormon itu. Tiap jenis hormon mempengaruhi jaringan dan organ tertentu. Hormon bekerja secara perlahan dan kecepatan yang lambat, berbeda dengan syarat yang bekerjanya sangat cepat. 50 . Cara beradaptasi ikan yang hidup di air laut terhadap kadar garam tinggi adalah dengan........ A .banyak minum, urine sedikit dan pekat B . banyak minum, urine banyak dan pekat C . sedikit minum, urine sedikit dan encer D .sedikit minum, urine banyak dan encer Kunci : D Penyelesaian : Cara adaptasi ikan : 1. Ikan yang hidup di laut sedikit minum tetapi mengeluarkan urine yang banyak dan encer. Melalui proses ini kadar garam yang terdapat pada ikan akan seimbang sehingga ikan dapat hidup di laut. Ikan laut tidak dapat hidup di air tanah, karena kadar garam yang ada di lingkungan tidak seimbang dengan kebutuhan hidup ikan laut. 2. Ikan yang hidup di air tawar banyak minum tetapi mengeluarkan urine sedikit dan cukup pekat. Melalui proses ini kadar garam yang terdapat di air tawar seimbang
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

22

Untung

dengan kebutuhan tubuh ikan air tawar. Ikan air tawar tidak dapat hidup di air laut, karena kadar garam di lingkungan air laut terlalu tinggi. Jadi cara adaptasi ikan laut melalui sedikit minum, urine banyak dan encer 51 . Perhatikan data berikut ! 1. kelapa 3. tebu 5. pisang 2. jagung 4. ketela pohon 6. kentang Organisme yang dikembangbiakkan secara vegetatif adalah ........ A .1-2-3-4 C . 2-3-5-6 B . 1-3-4-6 D .3-4-5-6 Kunci : D Penyelesaian : Berkembang biak adalah cara memperbanyak diri makhluk hidup. Cara berkembang biak itu pada umumnya melalui generatif dan vegetatif. Berikut ini cara perkembangbiakan pada tumbuhan : - Vegetatif : tebu, ketela pohon, pisang, kentang, jahe, lumut, paku-pakuan, jamur, mangga, rambutan - Generatif : kelapa, jagung, kedelai, padi, melinjo, mangga, rambutan, sawo, nangka Jadi vegetatif terjadi pada tebu (3), ketela pohon (4), pisang (5), dan kentang (6). 52 . Berikut ini pernyataan yang tepat tentang penyerbukan, kecuali ........ A .peristiwa meleburnya inti serbuk sari dan inti sel telur B . dapat berlangsung dengan bantuan faktor lain C . merupakan proses melekatnya serbuk sari pada kepala putik D .disebut juga dengan persarian Kunci : A Penyelesaian : Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan proses penyerbukan. Penyerbukan adalah melekatnya serbuk sari pada kepala putik. Penyerbukan disebut juga persarian. Penyerbukan dapat terjadi dengan bantuan faktor lain seperti manusia, air, angin, serangga, dan burung. Jadi pernyataan yang tidak termasuk pada penyerbukan adalah peristiwa meleburnya inti serbuk sari dan inti sel telur 53 . Kelompok hewan yang hermaprodit adalah ........ A .Planaria, lebah, bekicot, dan Hydra B . Planaria, cacing tanah, siput, dan Hydra C . cacing tanah, bekicot, rayap, dan Planaria D .siput, Paramecium, cacing tanah, dan Planaria Kunci : B Penyelesaian : Cara perkembangbiakan pada hewan tingkat rendah terdiri dari : 1. Konjugasi, yaitu perkawinan yang belum jelas jenis kelaminnya. Contoh: spirogyra, paramaecium, dan chlamidomonas. 2. Hermaprodit, yaitu perkawinan pada hewan yang memiliki dua alat kelamin.
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

23

Untung

Contoh : cacing tanah, planaria, siput, bekicot, dan hydra. 3. Membelah diri, pada amuba, paramaecium, dan euglena 4. Tunas, pada hydra, obelia, dan porifera. 5. Fragmentasi, pada.cacing tanah, planaria, dan volvax. Jadi hermaprodit terjadi pada cacing tanah, planaria, siput, dan hydra 54 . Contoh penulisan genotip homozigot dominan adalah ........ A .AA C . AB B . Aa D .aa Kunci : A Penyelesaian : Dominan yaitu sifat yang muncul atau mengalahkan sifat lain. Contoh : Merah dikawinkan dengan putih menghasilkan merah. Maka dominannya itu merah. Penulisan lambang genotif yang dominan dengan huruf besar. Contoh: MM, BB, AA, CC, DD, EE, dan sebagainya. Dari pilihan soal jawaban yang benar AA, dua huruf besar yang sama, berarti homozigot dominan. 55 . Persilangan antara individu bergenotip Bb dengan Bb dinyatakan dalam diagram papan catur berikut!

Sifat (bulat) dominan terhadap b (keriput). Berdasarkan diagram di atas, perbandingan fenotip pada persilangan di atas adalah ........ A .1 bulat : 2 bulat keriput: keriput B . 3 keriput : l bulat C . 3 bulat : 1 keriput D .1 bulat keriput : 3 bulat Kunci : C Penyelesaian : Perhatikan gambar diagram di bawah ini.

B = bulat dominan, dan b = keriput resesif. Maka hasilnya : BB = Bulat-Bulat = Bulat Bb = Bulat-keriput = Bulat Bb = Bulat-keriput= Bulat bb = keriput-keriput keriput Bulat ada 3 buah dan keriput 1 buah Jadi perbandingannya 3 bulat : 1 keriput 56 . Jika genotip P 1 adalah BBHH x bbhh, maka kemungkinan yang bergenotip BBHH pada F 2 adalah ........ A. B. Kunci : A Penyelesaian :
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

C. D.

24

Untung

P1

BBHH XX bbhh BH F1 : BbHh X X F1 BbHh BH,Bh,bH,bh bh

P2

F1 BbHh

BH,Bh,bH,bh F 2 (dengan papan catur)

Dari tabel di atas BBHH ada 1 buah dari 16 buah = 57 . Perhatikan cara-cara berikut! 1. memperhatikan bentuk 3. memasukkan ke dalam air 2. keadaan tanah di sekitarnya 4. pemberian pupuk dengan teratur Cara memilih bibit dengan teknologi sederhana adalah ........ A .1 dan 2 C . 2 dan 3 B . 1 dan 3 . D .2 dan 4 Kunci : B Penyelesaian : Untuk meningkatkan produksi pangan diperlukan pengelolaan pertanian. Pengelolaan pertanian yang baik meliputi pengolahan lahan, penggunaan bibit unggul, pemupukan, pengairan, dan pemberantasan hama serta penyakit. Pengadaan bibit dapat menggunakan teknologi nuklir, bioteknologi, dan teknologi sederhana. Teknologi sederhana dilakukan bila bibit unggul hasil teknologi modern tidak tersedia. Cara memperoleh bibit unggul tanaman dengan teknologi sederhana dapat dilakukan dengan cara : 1. Memperhatikan bentuk biji. Biji yang padat berisi dipisahkan dari biji yang keriput, kecil. Biji yang terpilih biji yang padat berisi. 2. Biji yang terpilih direndam ke dalam air. 3. Biji yang terapung dibuang. Biji yang tenggelam inilah sebagai bibit yang akan ditangani 58 . Makanan seimbang yang mempunyai kandungan karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin adalah .... A .jagung, bayam, pepaya B . nasi, telur, ikan, kacang C . singkong, ikan, sayur, pisang ambon D .lontong, daging ayam, telur, kerupuk udang Kunci : C Penyelesaian : Zat makanan yang sehat dan dibutuhkan tubuh terdiri dari :
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

25

Untung

1. Karbohidrat, contohnya: nasi, jagung, singkong, roti, lontong, dan berbagai umbi-umbian 2. Lemak, contohnya : ikan, daging, minyak goreng, kemiri, kelapa, dan kacang-kacangan. 3. Protein, contohnya : ikan, daging, susu, telur, tahu, dan tempe. 4. Mineral, contohnya : bayam, kangkung, dan sayur mayur. 5. Vitamin, contohnya: pepaya, pisang, jeruk, dan berbagai buah-buahan. Jadi makanan seimbang yang mengandung karbohidrat: singkong; lemak: ikan; protein: ikan; mineral: sayur, dan vitamin: pisang ambon. 59 . Rokok mengandung nikotin yang dapat mengganggu ........ A .pencernaan makanan C . kerja urat saraf B . pertukaran zat-zat D .kerja alat-alat tubuh Kunci : C Penyelesaian : Kebiasaan orang yang dapat mengganggu kesehatan adalah merokok. Hal ini dikarenakan rokok mengandung zat yang dapat menimbulkan gangguan dan penyakit, seperti : 1. Rusaknya sel organ pernapasan akibat rokok mengandung racun nikotin, CO 2 , CO, HCN, dan NO 2 . 2. Kanker paru-paru akibat dari endapan tar dan nikotin pada alveolus. 3. Darah tidak dapat mengikat oksigen akibat endapan tar dan nikotin. 4. Ketagihan dan gangguan kerja urat saraf akibat dari nikotin. 5. Bronkhitis akibat nikotin yang mengganggu saraf-saraf bronkhus. 6. Jantung akibat nikotin dapat menimbulkan lemak dalam pembuluh darah sehingga menyempitnya pembuluh darah dan meningkatnya denyut jantung. Jadi dari pilihan jawaban yang benar adalah nikotin dapat merusak kerja urat saraf. 60 . Usaha yang menyebabkan merosotnya kualitas sumber daya alam adalah ........ A .reboisasi tanah gundul, ekstensifikasi dan intensifikasi B . eksplorasi minyak bumi secara besar-besaran C . ekstensifikasi sawah ladang yang terencana D .eksploitasi tambang gas alam yang terencana Kunci : B Penyelesaian : Pertumbuhan penduduk yang pesat dan cepat dapat menimbulkan ledakan penduduk. Salah satu dari akibat ledakan penduduk di antaranya merosotnya kualitas sumber daya alam. Berikut ini aktivitas manusia terhadap sumber daya alam : 1. Reboisasi yaitu penghijauan pada tanah gundul sehingga sumber daya alam dapat berfungsi kembali, khususnya hutan. 2. Ekstensifikasi yaitu perluasan lahan pertanian contohnya membuka hutan menjadi
Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

26

Untung

ladang. Apabila pola ini tidak direncanakan dan pengaturan yang matang dapat merusak sumber daya alam. Sebaliknya bila direncanakan dengan pengaturan yang tepat tidak begitu merusak sumber daya alam. 3. Intensifikasi yaitu peningkatan pertanian melalui ilmu dan teknologi yang tepat dan modern. Pola ini tidak akan merusak sumber daya alam. 4. Eksplorasi minyak bumi yaitu pengambilan minyak bumi secara besar-besaran di berbagai tempat. Hal ini dapat merusak sumber daya alam. Jadi salah satu penyebab merosotnya sumber daya alam di antaranya eksplorasi minyak bumi secara besar-besaran.

Ebtanas/Ilmu Pengetahuan Alam/Tahun 2002

27

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful