PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS 2B SMP MUHAMMADIYAH 2 BATU DALAM MENULIS NASKAH DRAMA

SKRIPSI

Oleh: LIANI SETYO CANDITYO ANGGRETA SANTOSO NIM : 01340021

PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG 2006

PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS 2B SMP MUHAMMADIYAH 2 BATU DALAM MENULIS NASKAH DRAMA SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Oleh : LIANI SETYO CANDITYO ANGGRETA SANTOSO NM: 01340021 PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG 2006 .

M.Si Dra. pada tanggal 29 April 2006 Dosen Pembimbing II. 29 April 2006 Dosen Pembimbing I Drs. Malang.LEMBAR PERSETUJUAN Skripsi yang berjudul “Penerapan Strategi Kooperatif untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas 2B SMP Muhammadiyah 2 Batu dalam Menulis Naskah Drama” ini telah disetujui oleh Dosen Pembimbing Skripsi. Ribut Wahyu Eriyanti. Joko Widodo. M.Si. M.Pd . H.

3……………………. Drs. M. Fauzan. M. 2……………………. Ribut Wahyu Eriyanti.Si 2.Pd. Dra... Hum 3.. Ajang Budiman. . Hari Sunaryo. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang Dekan.LEMBAR PENGESAHAN Dipertahankan di Depan Dewan Penguji Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang dan Diterima untuk Memenuhi Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tanggal 01 Mei 2006 Mengesahkan.. Pd Dewan Penguji 1. Drs. Si 4. M. M.Si Tanda Tangan 1……………………. M. 4…………………. Drs. Dra. M. JokoWidodo.

M. kecuali dalam bentuk kutipan yang telah disebutkan sumbernya. M. H. 29 April 2006 Yang Menyatakan.Pd . saya bersedia mendapat sanksi akademik. Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sebenar -benarnya dan apabila pernyataan ini tidak benar. Dosen Pembimbing II Drs. Joko Widodo.SURAT PERNYATAAN Yang bertanda tangan di bawah ini. Malang. M. Liani Setyo Candityo AS Mengetahui: Dosen Pembimbing 1. Nama Tempat/tanggal lahir NIM Fakultas/jurusan : Liani Setyo Candityo AS : Bangkalan. 27 Juli 1982 : 01340021 : KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Menyatakan bahwa skripsi yang berjudul “ Penerapan Strtegi Kooperatif untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas 2B di SMP Muhammadiyah 2 Batu dalam Menulis naskah drama” adalah bukan merupakan karya orang lain baik sebagian maupun keseluruhan.Si. Si Dra. Ribut Wahyu Eriyanti.

. Buat almarhum nenekku terima kasih atas bimbingannya dari aku bayi sampai aku dewasa. dorongan yang bapak berikan sampai aku menja di seperti sekarang ini. Aku sayang Bapak. Ilham terima kasih atas semua kalianlah yang aku sayangi. Terima kasih juga atas semangat.MOTTO DAN PERSEMBAHAN “ Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu. Buat ibu yatie dan adikku Angga. terima kasih atas semangat dan dorongan yang kalian berikan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar (Al Baqarah:154)” “ Kebenaran itu adalah dari Tuhanmu. mas Yudi dan semuanya. Hanya engkaulah yang selalu di hati aku.” Kupersembahkan karya yang telah kususun dengan p enuh perjuangan ini kepada orang-orang yang berarti dalam hidupku. Doa yang selalu bapak panjatkan menyadarkan aku betapa besar dukunganmu dan perjuanganmu dalam mengantarkanku ke masa depan. kekurangan harta. Engkaulah orang selalu mengerti apa yang aku kerjakan. • Buat Bapakku Imam Santoso yang tercinta. Engkaulah sosok seorang ibu yang aku dampakan selama ini. jiwa dan buah-buahan. Bekal yang engkau berikan melebihi apapun di dunia. dengan sedikit ketakutan. Buat Bapak meddu. Aku sayang kalian semua. • Buat Bude Munati terima kasih atas doanya dan nasehat-nasehat yang engkau berikan. Dan engkaulah orang yang selama ini aku dambakan. sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu (Al Baqoroh:147). terima kasih atas semua perhatian dan kepercayaan yang bapak berikan. kelaparan.

Teruslah berjuang gapa ilah semua yang kalian inginkan. kalian semua adalah sahabat sejatiku. Kamulah satu-satunya orang yang tanpa kenal menyerah memberikan semangat dikala aku jenuh dan putus asa. Semangat !!!! • Buat teman-teman kost: Mbak Yuni. terima kasih atas semua perhatianmu. • Buat sahabat-sahabatku angkatan 2001. Ayo damai…. terima kasih atas bantuan dan kerjasamanya sehingga proses pengambilan data dalam penelitian ini berjalan lancar • Buat Ibu Ribut Wahyu Er iyanti selaku pembimbing 1 dan Bapak Joko Widodo selaku pembimbing 2 terima kasih atas bantuannya dalam membimbing saya sehingga skripsi ini dapat terselesaikan. • Buat yang orang yang special Sidik. Endang.!!! . Nasehat-nasehatnya. Nur. Kesabaranmu dan ketulusanmu membuatku aku selalu bahagia. Verti dan semuanya yang tidak bisa saya sebutkan satu-satu terima kasih atas semuanya.• Buat tim peneliti : Bapak kepala sekolah SMP Muhammadiyah 2 Batu dan Bapak Kastowo.

Pd Selaku pembimbing 1 yang membimbing terselesaikan 5.Si Selaku pembimbing 2 yang membimbing dan mengarahkan penulis. 2. Fauzan. Muhajir Effendy.Si. dalam kesempatan ini penulis bermaksud menyampaikan terima kasih kepada : 1. Daroe Iswatiningsih. Selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Malang. sehingga skripsi ini dapat . sehingga skripsi ini dapat terselesaikan 6.W.M. Joko Widodo. Bapak Drs.Ap. M. H. Selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang 4. M.T yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik Penyusunan skripsi ini dapat diselesaikan berkat bantuan dan kerjasama penulis dengan berbagai pihak.Si.Si. dan mengarahkan penulis. Oleh karena itu. M.KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah S.M. Ibu Dra. Selaku Dekan Fakultas Kguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang 3. Bapak Drs. Bapak dan Ibu Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang telah membina penulis selama studi di Universitas Muhammadiyah Malang. Ribut Wahyu Eriyanti. Bapak Drs. Ibu Dra. M.

Oleh karena itu. Akhirnya. 29 April 2006 Peneliti . peneliti berharap semoga penelitian ini dapat bermanfaat. Malang.Penulis menyadari bahwa penelitian ini masih sangat banyak kekurangan dankelemahan. penuls mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun.

4 Rumusan Masalah……………………………………………………..... i iii iv v vi viii x xii BAB I PENDAHULUAN ………………………………………... LEMBAR PENGESAHAN ……………………………………………... 2..7 Unsur-unsur Penting dalam Kreativitas …………………....8 Tahapan Kreativitas ………………………………………………….DAFTAR ISI Halaman HALAMAN JUDUL……………………………………....3 Batasan Masalah ……………………………………………………. BAB 11 KAJIAN PUSTAKA ……………………………..……...3 Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif ………………….2 Unsur-unsur Pembelajaran Kooperatif ……………………………….6 Batasan Kreativitas ………………………………………..1 Pengertian Umum Strategi Kooperatif ……………………………….6 Manfaat Penelitian …………………………………………………… 1..... ABSTRAK…………………………………………………….. MOTTO DAN PERSEMBAHAN……………………………………… KATA PENGANTAR…………………………………………………… DAFTA R ISI……………………………………………………………....2 Jangkauan Masalah ………………………………………………….9 Pengertian Prosa Fiksi ………………………………………………....1 Latar Belakang………………………………………………. 2.... SURAT PERNYATAAN………………………………………………. 1..…………........………… 2. 2................... 2.......7 Penegasan Istilah ………………………………………………….……………... 2.... 1. 2.. 1........ 2...... 1.......5 Pengaruh Pembelajaran Kooperatif …………………………. 1...……….........4 Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif ………………………………. 1 1 5 7 8 9 9 10 12 12 13 14 16 18 19 21 22 24 .... LEMBAR PERSETUJUAN …………………………………….... 1.. 2...5 Tujuan Masalah ………………………………………………………...

... 3.6 Hasil Pengamatan dan Refleksi ……………………………………….3....2 Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Tindakan 1 Siklus 2…….2.…… 4..2.. 3.. 2...1.1 Perencanaan Pembelajaran kooperatif Tindakan 1 Siklus 1 ……….. 4.………………… 3..2.2 Refleksi …………………...….2 Perencanaan Pembelajaran Strtegi Kooperatif …………………….1.6.5 Peningkatan Kreativitas Siswa Menggunakan Strategi Kooperatif .1 Pendekatan dan Jenis Penelitian ………………………….2 Lokasi Penelitian dan Subjek Penelitian ………………………...3..2.………………………………………… 4. 4..3. 3...1 Hasil Observasi ……………………………………..11 Pengertian Drama…………………………………………………….… 4.2 Pertemuan Kedua ………………………………………………… 4.……………………………………… 24 27 28 28 29 30 30 33 33 35 38 38 39 39 41 43 43 43 47 50 50 50 53 53 53 54 55 63 63 63 66 ..6..3 Data dan Sumber Data …………………………….1 Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Tindakan 1 Siklus 1 ……….6.1 Pengantar ………………….4.5 Teknik Analisis Data ……………………..2..3.. 2.13 Pengertian Naskah Drama…………………………………………… BAB III METODE PENELITIAN…………………………………….…………… 4...… 4..........1 Pertemuan Pe rtama……..4 Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Kooperatif …………………. BAB IV HASIL PENELITIAN…….12 Jenis-jenis drama …………………………………………………….………………………………… 4.. 4.1 Pertemuan Pertama ………………..… 4..…………………………..…… 3.4 Teknik Pengumpulan Data dan Instrument ……………..10 Unsur-unsur yang mempengaruhi dalam Prosa Fiksi …………...2 Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Tindakan 1 Siklus 2 ………..……………………………… 4. 4.. 2.1...2 Pertemuan Kedua………………...1 Pelaksanaan Pembelajaran Kooperetif Tindakan 1 Siklus 2 ……..3 Pelaksanaan Pembelajaan Strategi Kooperatif….………….………………………………………… 4.3.4.1 Hasil Pengamatan dan Refleksi Tindakan 1 Siklus 1 ……………… 4.3.1..2 Perencanaan Pembelajarn Kooperatif Tindakan 1 Siklus 2 …....3 Pertemuan Ketiga ………………………………………………… 4.… 4.…………………………………… 4.1.…………………… 4..3.. 4.

. Lampiran 9 : Contoh Instument 5………………………………………...... 74 LAMPIRAN – LAMPIRAN ………………………………. 4... 68 68 70 71 71 73 DAFTAR PUSTAKA …………………………………... Lampiran 17. 5. Lampiran 13: Lembar Aktivitas Selama Diskusi………………………….......………………. Lampiran 7 : Contoh Instrument 3………………………………………. Lampiran 10 : Lembar Pengamatan Aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar Pertemuan 1……………………………………. Lampiran 11 : Lembar Pengamatan Aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar Pertemuan 2…………………………………….1 Kesimpulan…………………………………………………………… 5.....………… Lampiran 1 : Silabus Pembelajaran ……………………………………… Lampiran 2 : Desain Pembelajaran pertemuan 1 Siklus 1………………..6....6.1 Hasil Oservasi ……………………………………………………..2 Saran …………………………………………………………………...4.2. 4. Lampiran 4 : Desain Pembelajaran Pertemuan 1 Siklus 2………………...... Lampiran 14 : Lembar Daftar Nilai Evaluasi ……………………………..6. Lampiran 8 : Contoh Instument 4………………………………………..2 Refleksi…………………………………………………………… BAB V PENUTUP ……………………………………………………….. Lampiran 5 : Contoh Instrument 1………………………………………. 76 76 77 79 81 83 85 86 87 90 91 93 95 98 100 101 102 103 ..2.. Lampiran 16 : Lembar Daftar Nilai Tes Akhir Tindakan 1 Siklus 2……... Lampiran 3: Desain Pembelajaran Pertemuan 2 Siklus 1……………….. Lampiran 12 : Lembar Pengamatan Aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar Pertemuan 4……………………………………...: Dokumenter…………………………………………….. Lampiran 6 : Contoh Instrument 2 ………………………………………. Lampiran 15 : Lembar Daftar Nilai Tes Akhir Tindakan 1 Siklus 1……..2 Hasil Pengamatan dan Refleksi Tindakan 1 Siklus 2 ……….

2002. E. 2002. Arikunto. Kurikulum dan Pembelajaran. Dkk. Karateristik dan Implementasi. SDLB. Bandung: Remaja Rosdakarya Mulyasa. 2004. 2001. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . 2000. Jakarta:Deptikbud Dimyati dann Mudjiono. 2005. Malang: Y A 3 Malang. Surabaya: University Negeri Surabaya Moleong. Dkk. 1990. Metodologi Penelitian Kualitatif. 1990. MPd. Terampil Berbahasa Indonesia untuk SMP Kelas VIII. Hamalik. O. 2001. Muksin. Jakarta: Rineka Cipta. 2000. Dahar. Jakarta: Rineka Cipta.DAFTAR PUSTAKA Ahmadi. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK Malang: Universitas Negeri Surabaya. 1991. Jakarta: Erlangga. Pembelajaran Kooperatif. Malang: Sinar Baru Algensindo Anggraini. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep. Bandung: Rosda Nurhadi. Jakarta: PT Bumi Aksara. R. Hamalik.S. Departemen Pendidikan Nasional. Ismono. Jakarta: Erlangga.L. Depdiknas. Bandung: Sinar Baru Algensindo. 1990. J. Psikologi Belajar dan Mengajar. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi. Jakarta: Direktor Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.W. S. Oemar. 1998. Aminuddin. Psikologi Belajar dan Mengajar.N. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Teori-teori Belajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. SLB Tingkat Dasar dan MI.2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Darf Final). Petunjuk Pelaksanaan Penilaian Kelas di SD. 2002. Hamalik. Oemar. . Belajar dan Pembelajaran.

Bandung: Angkasa Bandung.H. .Roekhan. Malang: University Negeri Malang. Menulis Kreatif Dasar-dasar dan Petunjuk Penerapannya. 2003.d. 1998. Malang:YA3 Malang. Yogyakarta: Hanindita Yulanti. Ph. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. 1986. Sukardi. 2001. 1991. J. Endah. Waluyo. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Skripsi tidak dipublikasikan. . Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Bumi Aksara Tarigan. prof. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMU Kelas 1 Melalui Pembelajaran Kooperatif Model STAD.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful