P. 1
Tutorial Acid Pro Part 2 Fasilitas Dasar Acid Pro

Tutorial Acid Pro Part 2 Fasilitas Dasar Acid Pro

|Views: 27|Likes:
Published by api-3745609

More info:

Published by: api-3745609 on Oct 15, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2014

pdf

text

original

chip-dvd highlight Musik Digital

Fasilitas Dasar acid Pro
Sony Acid Pro memiliki beragam fasilitas. Dukungan fasilitas menarik inilah yang menjadikannya sebagai salah satu program pilihan bagi mereka yang gemar bergelut di bidang olah musik digital. Agus Hardiman

t

utorial ini adalah lanjutan tutorial edisi lalu yang membahas software Sony Acid Pro. Software Acid Pro memungkinkan Anda membuat musik berkualitas profesional. Ada beberapa fa­ silitas dasar Acid Pro yang akan dibahas di sini, yaitu mengatur volume dan pan; menggunakan Automation untuk volu­ me dan pan; menggunakan efek seperti EQ; Delay, dan sebagainya. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mempelajari FX automation dan fasilitas menarik Acid Pro lainnya, seperti Pitch Shift & Time Stretch. Untuk lebih jelas­ nya, silakan ikuti tutorial berikut ini. Sela­ mat mencoba!

Movie TuTorial 1

Volume, Pan, dan Automation
Saat membuat aransemen suatu musik, kadang­kadang Anda harus mengatur ba­ lance volume dan pan antartrack. Lang­ kah ini dimaksudkan agar musiknya ter­ dengar seimbang baik dalam hal volume atau panning/stereo image. Pengaturan volume bertujuan agar sua­ tu instrumen atau suatu track dapat ter­ dengar lebih keras daripada track lainnya. Misalnya, dalam suatu komposisi musik, track melodi lagu harus lebih keras daripa­

da track keyboard. Ini diatur dengan tom­ bol volume pada Acid Pro. Pengaturan panning berarti Anda me­ nempatkan suatu track pada suatu posisi di antara speaker kiri dan kanan. Settingnya adalah dari pan paling kiri (hard left) —ha­ nya speaker kiri yang berbunyi dan speaker kanan tidak berbunyi— menuju ke center dimana volume kedua speaker baik kiri maupun kanan seimbang, hingga pan pa­ ling kanan (hard right) —hanya speaker kanan yang berbunyi sedangkan speaker kiri tidak berbunyi. Setting pan setiap track dalam suatu komposisi musik yang ditang­ kap telinga kita membentuk stereo image dalam otak.

130

| CHIP | januarI 2007

Selain mengatur volume dan pan se­ cara statis atau dengan seting yang sama dari awal hingga akhir lagu, Anda pun dapat mengubah volume dan pan agar menjadi sesuatu yang dinamis. Misalnya pada awal lagu, suatu track dimulai seca­ ra ‘Fade­In’ atau dari volume nol, dan beberapa detik kemudian mencapai vo­ lume maksimal. Atau pada bagian lagu tertentu, Anda dapat mengubah panning suatu track agar pindah dari kiri ke ka­ nan, lalu kanan ke kiri secara berulang­ ulang. Hal ini dapat dicapai dengan Au­ tomation. Automation adalah perubahan seting suatu parameter secara dinamis. Automation pada Acid Pro direkam pada suatu envelope. Dengan Automation ini maka musik Anda akan terdengar lebih dinamis.
Movie TuTorial 2

si, yaitu antara frekuensi rendah (low frequency), tengah (mid frequency), dan tinggi (high frequency). Selain Automation untuk volume dan pan, Anda dapat juga membuat Auto­ mation untuk FX. Tujuannya agar Anda dapat memakai suatu FX secara dinamis. Contohnya, pada bagian lagu tertentu Anda dapat membuat teknik ‘Frequency Sweeps’ seperti yang biasa dilakukan oleh seorang DJ (melakukan Automation pa­ da FX ‘Resonant Filter’ ) (Gambar 2).
Movie TuTorial 3

Movie TuTorial 4

Time Stretch pada Acid Pro
Keunggulan Acid Pro lainnya adalah ke­ mampuannya mengubah tempo suatu au­ dioloop menjadi lebih cepat atau lambat tanpa mengubah nadanya. Kemampuan ini disebut sebagai ‘Time Stretching’. Biasa­ nya, jika suatu file audio Anda perlambat temponya, nadanya akan turun. Sedang­ kan jika temponya dipercepat, nadanya akan semakin tinggi. Hebatnya, pada Acid Pro, nada atau pitch suatu audioloop tidak akan berubah walau temponya dipercepat atau diperlambat. Contoh, Anda menggunakan suatu file Synth Lead loop dengan tempo cepat , mi­ salnya 120BPM (=Beat Per Minute), ke­ mudian Anda ingin memperlambat tem­ po lagu menjadi 100 BPM atau memper­ cepatnya menjadi 135 BPM. Anda cukup mengubah ‘Project Tempo’ pada Acid Pro. Hasilnya Synth Lead loop tersebut tidak akan berubah nadanya walau temponya menjadi lebih lambat.
iNFo
Ulasan ini merupakan penjabaran dari movie tutorial yang tersedia di CHIPDVD. Jika Anda memiliki pertanyaan dan saran seputar Digital Music dan Audio Processing silakan cantumkan dalam Forum CHIP: www.chip.co.id/forum pada kategori Special Interest.

Pitch Shift pada Acid Pro
Salah satu keunggulan Acid Pro adalah kemampuannya menaikkan atau menu­ runkan nada suatu audioloop tanpa mengubah tempo lagu. Kemampuan ini disebut sebagai ‘Pitch Shifting’. Biasanya jika suatu file audio ditinggikan nadanya, temponya akan semakin cepat. Dan jika nadanya direndahkan, temponya akan menjadi lambat. Canggihnya, pada Acid Pro, tempo audioloop tidak akan beru­ bah walau nadanya dinaikkan atau ditu­ runkan. Contohnya, Anda menggunakan suatu file bassloop. Pada bar tertentu, Anda ing­ in mengubah nada bassloop ini, misal­ nya dari nada A menjadi G. Dengan Acid Pro, Anda cukup menyisipkan suatu ‘Key Change Marker’ agar nada atau pitch dari audioloop tersebut berubah.

FX dan Automation
Selain mengatur volume, pan dan auto­ mation, Anda juga dapat menggunakan FX plug­in (Gambar 1) seperti equali­ zer (EQ), compressor, delay, reverb, dan efek lainnya. Penggunaan FX plug­in ini akan membuat musik lebih hidup. Khu­ sus equalizer, Anda dapat mengguna­ kannya untuk mengatur frekuensi mana saja yang ingin ditonjolkan dari suatu track. Dengan mengatur keseimbangan frekuensi ini Anda dapat menghasilkan musik yang seimbang dalam hal frekuen­

Gambar 1 Anda dapat menggunakan berbagai plug-in yang tersedia di sini agar musik Anda lebih hidup.

Gambar 2 Teknik Frequency Sweeps dapat Anda lakukan pada FX Resonant Filter.

januarI 2007 | CHIP |

131

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->