Kode Etik Jurnalistik

ETIKA JURNALISME

Lembaga Pers Mahasiswa Department of Industrial Engineering Islamic University of Indonesia
1 triyudantoo Lpm Profesi

akurat dan berimbang • Jurnalis dituntut independen dari sumber yang diliputnya 2 triyudantoo Lpm Profesi .Kode Etik Jurnalistik KENAPA ETIKA JURNALISME ADA? • Jurnalis bukan malaikat • Juranlis punya tanggung jawab sosial pada warga • Tujuan utama jurnalisme adalah menyediakan informasi yang dibutuhkan warga agar mereka bisa hidup bebas dan mengatur diri sendiri • Jurnalisme dituntut terbuka untuk dikontrol masyarakat • Kewajiban pertama jurnalisme adalah pada kebenaran • Akurasi data diperlukan untuk menyusun bangunan kebenaran • Masyarakat perlu informasi yang jelas.

• Independensi jurnalis sangat dipertaruhkan di sini. Ini bukan pertimbangan ekonomi atau etis-tidak etis.Kode Etik Jurnalistik Amplop / Hadiah • Jurnalis tidak menerima amplop. Jurnalis dituntut dapat menolak dengan sopan SEGALA pemberian narasumber. • Dimaksudkan agar berita yang ditulis nantinya tidak mempengaruhi independensi si jurnalis. 3 triyudantoo Lpm Profesi .

Belakangan mereka terpaksa minta maaf dan membayar denda. Mereka juga disalahkan karena menyadap telepon seorang eksekutif perusahaan daging tersebut. ABC mendapat pujian. Perusahaan itu memang menghasilkan beberapa potong daging yang busuk namun jumlahnya sangat kecil. • 4 triyudantoo Lpm Profesi . Lalu terjadi perubahan besar besar-besaran aturan pemerintah soal rumahsakit anak-anak cacat. anak Rumahsakit itu terpaksa mengubah kebijakan mereka. Pemerintah setempat juga minta maaf. Ada kasus lain. juga terjadi pada televisi ABC. Penyamaran mereka tentang pabrik pengemasan daging berbuah gugatan hukum. contoh kasus • Stasiun televisi ABC bikin penyamaran tentang perlakuan buruk terhadap anak-anak cacat mental di sebuah rumahsakit.Kode Etik Jurnalistik cokas. Mereka terbukti bersalah karena data dan gambar yang mereka tampilkan tidak proporsional.

Secara umum harus diketahui lebih dahulu bahwa rencana penyampaian informasi secara off the record harus disepakati lebih dulu oleh reporter. Tapi bisa menimbulkan kesan bahwa si wartawan tak menghormati kesepakatannya dengan sumber pertama-sampai ada pihak lain yang mengeluarkannya sampai dengan nama lengkap. • • • • Informasi yang diberikan secara off the record hanya diberikan kepada reporter dan tidak boleh disebarluaskan dengan cara dan alasan apa pun. Informasi itu juga tak boleh dialihkan kepada narasumber lain dengan harapan informasi itu bisa dikutip. Risiko menyetujui informasi off the record adalah si wartawan terikat untuk tidak menggunakan informasi tersebut –termasuk kemungkinan bahwa informasi itu diperoleh dalam bentuk yang lain dari narasumber lain. 5 triyudantoo Lpm Profesi .Kode Etik Jurnalistik off the record.

tapi esensinya lebih kecil. seberapa besar ia mau percaya pada suatu keterangan. • 6 triyudantoo Lpm Profesi . Ini praktek yang harus kita hindari karena kita harus bisa memberi kesempatan kepada pembaca untuk menentukan sendiri. sensasional. Sumber anonim cenderung lebih sering “bernyanyi” – kedengarannya merdu. pendengar) untuk menentukan seberapa besar derajat kepercayaan mereka pada sumber bersangkutan. wartawan harus ingat bahwa sumber yang anonim tak memberi kesempatan pada audiens kita (pemirsa. Seorang sumber anonim juga punya kecenderungan lebih kurang bertanggungjawab ketimbang sumber yang sama tapi identitasnya disajikan dengan lengkap.Kode Etik Jurnalistik Sumber anonim • Pada dasarnya. pembaca.

2. atau terlibat langsung dalam peristiwa tersebut. dia menyaksikan sendiri.Kode Etik Jurnalistik 7 Kriteria Sumber anonim 1. Unsur keselamatan itu secara masuk akal bisa diterima akal sehat audiens kita. Sumber tersebut berada pada lingkaran pertama “peristiwa berita” yang kita laporkan. 4. . 5. atau pernah menyalahgunakan status sumber anonim. Keterangan berasal dari sumber anonim minimal dua. Motivasi sumber anonim memberikan informasi murni untuk kepentingan publik. 3. Kita harus mengukur apa motivasi si sumber memberi informasi. Orang yang sering mengarang cerita atau terbukti pernah berbohong . tentu saja jangan diberi kesempatan jadi sumber anonim lagi. Artinya. Keselamatan sumber tersebut terancam bila identitasnya kita buka. Harus seizin redaktur. 7 triyudantoo Lpm Profesi . Integritas sumber utuh. Perjanjian keanoniman akan batal dan nama sumber dibuka bila terbukti berbohong atau sengaja menyesatkan. 6. 7.

8 triyudantoo Lpm Profesi . bukan? Satu-satunya cara untuk menghindar dari keluarnya biaya besar ini satunya adalah menjalankan prosedur jurnalisme dengan disiplin tinggi. Kita tak ingin keluar uang banyak untuk membayar pengacara atau denda. Banyak sumber juga tak tahu bahwa sumber anonim memiliki syarat syaratsyarat.Kode Etik Jurnalistik Tujuh syarat ini hendaknya kita perhatikan sebaik sebaik-baiknya. Sebaiknya jurnalis mau meluangkan waktu untuk menerangkan tujuh kriteria ini pada orang yang menghendaki status anonim.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful