”Koneksi Database di Flash dengan bantuan MDM ZINC V2.

5”
Banyak pertanyaan dari para member babaflash.com atau murid-murid di babastudio.com tentang bagaimana koneksi database di flash tanpa harus online. Misalkan untuk aplikasi yang menggunakan CD, atau membuat Game Offline dengan Hi-Score. Walaupun bisa saja menggunakan bantuan PHP atau ASP Script, tetapi tetap saja aplikasi tersebut tidak fleksibel dan sulit diimplementasikan bila media yang digunakan adalah CD atau ingin didistribusikan tanpa si pengguna harus repot menginstalasi software atau script tambahan. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah software Zinc v2.5 merupakan suatu software yang (http://www.multidmedia.com). Software ini merubah format Flash Movie (SWF) menjadi suatu aplikasi (EXE) – Menciptakan, Membangun dan Mendistribusikan aplikasi desktop yang berbasis teknologi Flash untuk sistem operasi Windows, Mac OSX dan Pocket PC. Dengan tambahan lebih dari 800 perintah dari Zinc v2.5, maka aplikasi anda akan mendapat fungsi tambahan dan menjadi lebih powerfull. Aplikasi Flash Movie anda bisa membaca, menulis, menghapus dan menduplikasi file dan folder, koneksi Database dan bahkan merubah format gambar.

Koneksi Database bisa langsung mengakses database Microsoft Access atau MySQL tanpa perlu lagi tambahan serverside script (PHP, ASP, CGI, etc) atau lokal server apapun. Koneksi langsung database dan menjalankan perintah SQL langsung dapat dilakukan dengan perintah (mdm)Script.

BABAFLASH.COM – Tanjung Duren Utara III A/328, Jakarta 11470 Ph. (62 21)5682713 Email. webmaster@babaflash.com Supported by BabaStudio.Com & BukuKita.Com

Jadi aplikasi yang anda buat tetap dibuat di Flash dengan script-script tambahan yang telah disediakan oleh (mdm)Zinc. Setelah itu software ini hanya merubah format flash (SWF) menjadi (EXE) dengan menyisipkan engine (mdm)Zinc agar dapat dibaca oleh aplikasi flash tersebut. Mudah Bukan?

LANGKAH 1: Persiapan Software & Contoh Proyek
Silahkan download software demonya (Zinc_v2.5_Trial_Setup_2.5.0.25.exe) sebesar 25 Mb. -> http://www.multidmedia.com/software/zinc/trial/ Kemudian download contoh proyek database yang telah disediakan oleh situs ini (ZINCv2.5_Database.zip) sebesar 2.5 Mb -> http://www.multidmedia.com/software/zinc/downloads/ZINCv2.5_Database.zip Setelah itu silahkan install software MDM Zync dan UnZip file contoh tersebut. Database yang digunakan adalah Microsoft Access.

LANGKAH 2: Membuka dan Melihat Database
1. Buka file mydb.mdb dari file contoh yang telah anda download, ini adalah format file database dari MS Access. 2. Di dalam database tersebut sudah terdapat table: mytable 3. Kemudian buka table tersebut dan kita akan menemui beberapa field (id, name, age) yang sudah terisi data.

BABAFLASH.COM – Tanjung Duren Utara III A/328, Jakarta 11470 Ph. (62 21)5682713 Email. webmaster@babaflash.com Supported by BabaStudio.Com & BukuKita.Com

LANGKAH 3: Membuka dan Melihat Source Flash Movie (FLA)
1. Buka file ZINCv2.5_Database.fla dari file contoh yang telah anda download. 2. Kita akan melihat aplikasi contoh seperti di bawah ini yang terdiri dari beberapa tombol untuk koneksi database dan menjalankan beberapa perintah SQL.

3. Sekarang klik atau pilih tombol paling kiri atas dan tekan F9 untuk menampilkan actionscriptnya.

BABAFLASH.COM – Tanjung Duren Utara III A/328, Jakarta 11470 Ph. (62 21)5682713 Email. webmaster@babaflash.com Supported by BabaStudio.Com & BukuKita.Com

Kita lihat perintah mdm.Database.MSAccess.connect(database) tidak ada dalam standar Actionscript di Flash, itu adalah tambahan perintah dari (mdm)Zincnya. Setiap tombol yang Anda lihat tersebut memiliki script tambahan dari (mdm)Zinc. Silahkan Anda melihatnya sendiri. 4. Sekarang Publish source FLA tersebut menjadi SWF (ZINCv2.5_Database.swf). Tetapi jangan berharap saat anda klik file SWF tersebut, script (mdm)Zinc dapat membaca database MS Access. Perjalanan belum selesai, mari kita lanjutkan.

LANGKAH 4: Merubah format SWF ke EXE
1. Buka software MDM Zinc dan anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini. 2. Klik icon browse pada Select an Input File, pilih file ZINCv2.5_Database.swf. Kemudian otomatis Output File yang berada di bawahnya akan menjadi ZINCv2.5_Database.exe. 3. Setelah itu tekan tombol Build untuk merubah format SWF menjadi EXE.

4. Buka file ZINCv2.5_Database.exe untuk melihat jalannya aplikasi. ****************************************************** ********** Selamat Mencoba, Be a Baba, Be Your Self ********** ******************************************************
BABAFLASH.COM – Tanjung Duren Utara III A/328, Jakarta 11470 Ph. (62 21)5682713 Email. webmaster@babaflash.com Supported by BabaStudio.Com & BukuKita.Com

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful