SMA - 1

LOGIKA MATEMATIKA
• Ingkaran, Disjungsi, Konjungsi, Implikasi, Biimplikasi

Tabel Kebenaran : p B B S S q B S B S ~p S S B B ~q S B S B p∨ q B B B S p∧ q B S S S p→q B S B B p⇔ q B S S B

Keterangan : 1. ~ p = ingkaran/negasi dari p ~ q = ingkaran/negasi dari q 2. p ∨ q = Disjungsi Bernilai Benar jika ada yang benar (jika salah satu dari p dan q benar atau kedua-duanya benar) 3. p ∧ q = Konjungsi Bernilai salah jika ada yang salah (jika salah satu dari p dan q salah atau kedua-duanya salah) 4. p → q = Implikasi Bernilai salah jika p benar dan q salah (jika tidak memenuhi kriteria ini nilainya benar) 5 . p ⇔ q = Biimplikasi Bernilai benar jika p dan q kedua-duanya bernilai benar atau kedua-duanya bernilai salah (kedua-duanya mempunyai nilai yang sama)

Ingkaran/negasi Pernyataan p∨ q p∧ q p→q p⇔ q Ingkaran/Negasinya ~p ∧ ~q ~p ∨ ~q p ∧ ~q (p ∧ ~q) ∨ (q ∧ ~p)

WWW.BELAJAR-MATEMATIKA.COM Diperbolehkan memperbanyak dengan mencantumkan sumbernya

BELAJAR-MATEMATIKA. Kontraposisi p B B S S q B S B S ~p Negasi S S B B ~q Negasi S B S B p→q Implikasi B S B B q→p Konvers B B S B ~p → ~q Invers B B S B ~q → ~p Kontraposisi B S B B Ekuivalen (sama) Ekuivalensi : p → q = ~q → ~p = ~p ∨ q Ingkaran/negasi Pernyataan p→q q→p ~p → ~q ~q → ~p Ingkaran/Negasinya p ∧ ~q q ∧ ~p ~p ∧ ~q ~p ∧ q Negasi kalimat berkuantor : ~(semua p) ~(ada/beberapa p) = ada/beberapa ~p = semua ~p Penarikan Kesimpulan : 1. Modus Sillogisme p → q (Benar) q → r (Benar) ∴ p → r (Benar) WWW. Modus Ponens p → q (Benar) p (Benar) ∴ q (Benar) 2 Modus Tollens p → q (Benar) ~q (Benar) ∴ ~p (Benar) 3.COM Diperbolehkan memperbanyak dengan mencantumkan sumbernya .SMA .2 • Konvers. Invers.

Budi belajar dan ia tidak lulus E. Diberikan premis-premis berikut : 1. maka ia tidak lulus D. saya tidak lulus ujian Kesimpulan dari pernyataan tersebut : A. Budi tidak belajar tetapi ia lulus Jawab: Pernyataannya sama dengan no 1 di atas p → q ingkarannya p ∧ ~q → = ⇒ = identik dengan kata “ maka “ ∧ = identik dengan kata “dan” . Jika Budi lulus. “walaupun”. Jika Budi tidak lulus. Negasi dari pernyataan “ Jika Budi belajar. maka ia lulus” adalah : A. ”hanya saja” p = Budi belajar q = lulus ~q = tidak lulus p ∧ ~q = Budi belajar dan ia tidak lulus 3.BELAJAR-MATEMATIKA. E. Jika Budi tidak belajar.COM Diperbolehkan memperbanyak dengan mencantumkan sumbernya . Saya belajar matematika Saya tidak belajar matematika Saya tidak belajar matematika tetapi tetap tidak bisa Saya tidak belajar tetapi lulus ujian Saya tidak belajar matematika dan lulus ujian D WWW. “meskipun”. maka ia tidak belajar C. Ingkaran dari (p ∧ q) → r adalah : Jawab : Dari table di atas didapatkan p → q ingkarannya p ∧ ~q Anggap (p ∧ q) = p tidak berubah r =q ~q = ~r sehingga ingkaran dari (p ∧ q) → r adalah p ∧ q ∧ ~ r 2. “tetapi”. Jika saya belajar matematika maka saya lulus ujian 2. D. maka ia belajar B. B.SMA .3 Contoh Soal : 1. C.

D. Ada siswa yang mengikuti upacara Ada siswa yang tidak mengikuti upacara Semua siswa mengikuti upacara Semua siswa tidak mengikuti upacara Beberapa siswa mengikuti upacara Jawab: Lihat teori sebelumnya: Negasi kalimat berkuantor : 1. Negasi dari pernyataan “Beberapa siswa tidak mengikuti upacara” adalah: A.4 Jawab : p = saya belajar matematika ~p = saya tidak belajar mateamtika q = saya lulus ujian ~q = saya tidak lulus ujian premis 1 : Jika saya belajar matematika maka saya lulus ujian : p ⇒ q premis 2 : Saya tidak lulus ujian ~q ∴ ~p Kesimpulan Modus Tollens Maka kesimpulannya = ~p = saya tidak belajar matematika B 4. E. C. ~(ada/beberapa p) = ada/beberapa ~p = semua ~p Soal no.BELAJAR-MATEMATIKA. ~(semua p) 2. B. 4 memenuhi teori 2 jawabannya adalah semua ~p Step 1 : misal : p = tidak mengikuti upacara maka ~p = mengikuti upacara Step 2 : ada/beberapa ingkarannya adalah semua Sehingga jawabannya adalah = semua ~p = semua siswa mengikuti upacara C WWW.SMA .COM Diperbolehkan memperbanyak dengan mencantumkan sumbernya .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful