You are on page 1of 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) I. Identitas Satuan Pendidikan Kelas / Semester Mata Pelajaran Jumlah pertemuan II.

Stándar Kompetensi Menerapkan konsep besaran fisika, menuliskan dan menyatakannya dalam satuan SI dengan baik dan benar III. Kompetensi Dasar Membedakan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya. IV. Indikator a. Membandingkan besaran pokok dan besaran turunan serta dapat memberikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari b. Menerapkan satuan besaran pokok dalam sistem internasional V. Tujuan Pembelajaran Setelah pembelajaran siswa diharapkan dapat:  Menjelaskan pengertian besaran dan satuan  Menjelaskan pengertian besaran pokok dan besaran turunan  Menyebutkan perbedaan besaran pokok dengan besaran turunan  Menyebutkan contoh dari besaran pokok dan satuannya  Menyebutkan contoh dari besaran turunan dan satuannya VI. Materi Ajar Besaran dan Satuan VII. Alokasi Waktu : SMA : X / I (Ganjil) : Fisika : 1 kali

o Guru memberikan tugas kepada siswa Kegiatan Akhir ( 3 menit ) o Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya o Guru Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari o Guru menutup kegiatan pembelajaran . Model dan Metode Pembelajaran a. Bagaimanakah cara kalian menyatakan tinggi badan teman kalian? Memberikan motifasi Guru bertanya kepada siswa. o Guru menyampaikan materi tentang besaran dan satuan o Guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 3-4 orang. Model Generatif b.1 x 15 Menit VIII. Memberikan apersepsi Guru o bertanya kepada siswa. Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Awal ( 2 menit ) o o o o Salam pembuka Guru mengabsen siswa Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin di capai. Metode ceramah. tanya jawab dan pemberian tugas D. apakah sama kata yang digunakan untuk menyatakan banyaknya jumlah beras dengan tinggi badan teman kalian? Kegiatan Inti ( 10 menit ) o o Guru membuat gambar penggaris dan termometer di papan tulis Siswa memperhatikan gambar tersebut dan memberikan tanggapan berupa jawaban terhadap beberapa pertanyaan guru.

Contoh Besaran pokok: 40 ditentukan berdasarkan satuan30 acuan yang digunakan dalam Jumlah Skor 30 Instrumen Penilaian Tes tertulis berupa pemberian tugas rumah (terlampir) Pedoman Penskoran : penilaian pemahaman : penilaian sikap Teknik Penilaian satuan besaran pokok (kombinasi dari besaran- . 1. Aspek kognitif No 1. 3. skor 15 Besaran turunan besaran pokok) skor 15 3. Perbedaan besaran pokok dan besaran turunan: Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu.Besaran Besaran Pokok Besaran Turunan IX. Kunci Jawaban Besaran adalah hasil pengukuran yang dapat dinyatakan dengan angka skor 15 Satuan adalah pengukuran skor 15 2.. Penilaian Hasil Belajar o Aspek kognitif o Aspek afektif 2.

suhu (Kelvin).. 2004. intensitas cahaya (Kandela) dan jumlah zat (Mol) skor 20 Contoh Besaran turunan: Luas (m2). dan gaya (kgm/s2) skor 20 Skor maksimum = 100 Nilai = jumlah skor yang benar x 100 jumlah skor maksimum Aspek Afektif No Nama Nilai 1 1 2 3 4 5 .. Nilai huruf A : ≥ 80 B : 70 – 79 C : 60 – 69 D : 50 – 59 E : ≤ 50 Keterangan : 1 : Kehadiran 2 : Aktif bertanya 3 : Kerja sama dengan teman 4 : Memperhatikan penjelasan 5 : Sikap X. Sumber Belajar dan Media / Alat  Buku : .Panjang (meter)..Bob Foster. Jakarta : Erlangga Hal 2-7 .. kuat arus (Ampere). massa (Kilogram). massa jenis (kg/m3). Terpadu Fisika SMA Kelas X. waktu (Sekon). kecepatan (m/s). percepatan (m/s2). 2 3 4 5 Skor total Nilai huruf .

Maret 2010 Mengetahui. Sains Fisika SMU Kelas 1. penghapus. Stepanus Sahala Arjuna Lampiran 1 : Uraian materi ajar Besaran dan Satuan . Instruktur Peer Teaching Peserta Peer Teaching Dr.Papan tulis. 2003.. 19-25  Media / Alat : . PT. Bumi Aksara Hal. spidol Pontianak.Agus Taranggono dan Hari Subagya.

massa. Contoh satuan-satuan besaran turunan dapat dilihat pada tabel di bawah ini. Suatu perjanjian internasional telah menetapkan satuan sistem internasional (Internasional System of Units) disingkat satuan SI. dll. volume. Warna.Besaran merupakan segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka. berat. misalnya panjang. kecepatan. Ada tujuh besaran pokok dalam sistem Satuan Internasional dan dapat dilihat pada tabel di bawah ini : Besaran Pokok Satuan panjang meter massa kilogram waktu sekon kuat arus listrik ampere Suhu Kelvin jumlah zat mol intensitas cahaya candela Besaran Turunan Singkatan m kg s A K mol cd Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok atau besaran yang didapat dari penggabungan besaran-besaran pokok. Besaran dibagi menjadi dua yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Satuan SI ini diambil dari sistem metrik yang telah digunakan di Perancis. cantik. bukan merupakan besaran karena tidak dapat diukur dan dinyatakan dengan angka. Besaran Pokok Besaran Pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain. Besaran Turunan Luas Volum Massa jenis Kecepatan Percepatan Gaya Rumus Satuan dan Singkatan Panjang x lebar m2 Panjang x lebar x tinggi m3 massa/volum kgm-3 perpindahan/waktu ms-1 kecepatan/waktu ms-2 massaXperpindahan kgms-2 = newton (N) . indah. luas. waktu.

................. ......... : ....Usaha dan Energi Tekanan Daya Impuls dan Momentum gayaXperpindahan gaya/luas usaha/waktu Gaya x waktu kgm2s-2 = joule (J) kgm-1s-2 = pascal (Pa) kgm2s-3 = watt (W) kgms-1 = Ns Lampiran 2: Instrumen Penilaian Lembar Kerja Siswa Nama Kelas : .....................

Sebutkan contoh dari besaran pokok dan besaran turunan serta satuannya? Selamat Bekerja Lampiran 3: Pembelajaran Kooperatif Langkah – langkah : 1. Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok – kelompok belajar 4.Kerjakan soal – soal berikut dengan tepat dan benar ! 1. Menyajikan informasi 3. Evaluasi . Apa yang dimaksud dengan besaran dan satuan? 2. Menyampaikan tujuan dan memotifasi siswa 2. Apa perbedaan besaran pokok dan besaran turunan? 3. Membimbing kelompok bekerja dan belajar 5.