You are on page 1of 5

Petunjuk Pengoperasian DVD Player

• Menghidupkan : Hubungkan steker kabel daya ke sumber tegangan sesuai dengan spesifikasi perangkat. Tekan tombol “POWER” pada panel depan untuk menghidupkan DVD Player dan perangkat siap dioperasikan. Ditandai dengan tampilnya kata “HELLO” pada layar display. Standby : Tekan tombol “ ” pada remote control saat DVD Player dalam kondisi hidup, dan karakter “OFF” akan tampil sesaat pada layar display kemudian “Standby” sebagai indikasi bahwa perangkat dalam kondisi standby. Dengan kondisi ini masih ada arus yang mengalir di dalam perangkat. PAL/NTSC : Tekan tombol “P/N” untuk mengubah keluaran video ke PAL, NTSC, AUTO, PAL-PSCAN, NTSC-PSCAN, AUTO-PSCAN. Pengaturan Volume : Volume dapat diatur menggunakan tombol “VOL -/+” pada remote control untuk mengurangi dan menambah volume. Anda perlu menaikkan volume lebih dari kondisi normal dikarenakan DVD direkam tidak seperti acara TV atau pita VHS. Jika anda ingin mematikan sementara volume, tekan tombol “MUTE” pada DVD Player anda jika ingin mengembalikan seperti semula tekan tombol “VOL -/+” pada remote control.

• •

Menghubungkan DVD Player dengan AV Receiver

Menghubungkan USB ke DVD Player

Anda dapat memainkan file berformat JPEG, MP3, MPEG4 dan file-file tertentu yang anda simpan di USB Flashdisk, mp3/mp4 player dengan memasangnya pada port USB pada panel depan perangkat.

Memainkan Disc
• • Tekan tombol “ ” (open/close) untuk membuka disc tray. Dan masukkan disc yang ingin anda mainkan. Tekan tombol “ ” (open/close) untuk menutup disc tray. Dan player akan langsung memainkan disc. Untuk disc DVD akan muncul pada layar symbol DVD akan menyala sedangkan untuk VCD akan muncul pada layar symbol VCD yang menyala, dan untuk CD pada loading track pertama akan langsung dimainkan. Untuk menghentikan sementara video yang sedang dimainkan tekan tombol “ ” (play/pause) dan jika anda ingin mengembalikan seperti keadaan normal tekan tombol “ ” (play/pause) ini lagi. Untuk menghentikan video yang sedang dimainkan tekan tombol “ ” (stop) sekali maka player akan mengingat posisi terakhir anda, menekan tombol “ ” (stop) resume. Dilayar muncul ikon “ ” dan “PRESS PLAY KEY TO CONTINUE”, tekan tombol “ ” untuk play mulai dari titik saat tombol “ ” (stop) ditekan. Untuk benar-benar berhenti tekan tombol “ ” (stop) 2x (Menghilangkan fungsi RESUME).

Memainkan Disc MP3/MPEG4/JPEG
MP4 adalah sistem kompresi data video digital dengan menggunakan standar internasional MPEG4 dan menggunakan format audio MP3/AC3 atau yang lain. MPEG4 sendiri adalah sistem kompresi data video digital yang dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang hampir sama dengan MPEG2 (DVD) dengan ukuran file yang lebih kecil. Contoh extension yang dipakai adalah “*.avi”. MP3 adalah sistem kompresi data audio digital dengan format MPEG audio layer 3 yang menghasilkan penyimpanan data 12-14 kali lebih banyak daripada sistem konvensional dengan kualitas setara CD audio yang mencakup lebih dari 600 menit waktu play. Sedangkan disc JPEG adalah disc yang berisi kumpulan gambar yang berformat JPEG (Joint Photographic Expert Group).

Tipe Operasi Disc MP3/MPEG4/JPEG
Saat memainkan disc MP3/MPEG4/JPEG, ada 3 tipe operasi, yaitu operasi FILELIST, FOLDER dan PLAYLIST. Saat stop tekan tombol “PROG” berulang untuk berpindah ke salah satu operasi tersebut.

Operasi Filelist Digunakan untuk memainkan disc MP3/JPEG secara terus menerus dari awal hingga akhir, tidak per folder. Tekan tombol “ ” untuk memilih track, lalu tekan tombol “ ” untuk memainkannya. Track dapat juga dipilih dengan menekan tombol angka “0-9”, tekan tombol Angka sesuai nomor track yang diinginkan.

Operasi Folder Saat operasi FOLDER, layar akan menampilkan menu dari isi disc. 1. Untuk memilih direktori yang anda inginkan, tekan tombol “ ” untuk menyoroti, lalu tekan tombol “ENTER” untuk memilih. Atau dengan cara menekan tombol angka “0-9” untuk memilih nama folder secara langsung. Contoh : Untuk memilih “01” tekan tombol “1”, lalu tekan tombol “ENTER”. 2. Setelah folder anda pilih, maka akan tertampil isi dari folder itu. 3. Tekan tombol “ ” untuk memilih track, tekan tombol “ ” untuk memainkan. Track juga dapat dipilih langsung menggunakan tombol angka “0-9”. Tekan tombol ANGKA sesuai dengan nomor track yang diinginkan. Contoh : Untuk memilih track ke-4 “DISCO INFERNO - 50 CENT” tekan tombol “5” satu kali (sesuai urutan baris dari atas), lalu tekan tombol “ ”. Untuk memilih track 135, tekan tombol “1”, “3”, dan “6” secara berurutan. 4. Tekan tombol “ ” untuk kembali ke folder asal.

Operasi Playlist Jika anda telah menyimpan beberapa track/file anda bisa mengaksesPlaylist. Untuk menyimpan track/file, masuk ke operasi Folder atau Filelist, tekan tombol navigator “ ” untuk memilih track lalu tekan tombol “CLEAR”. Dengan operasi ini, anda dapat memainkan track-track yang sudah tersimpan dalam Daftar file di Playlist. Untuk menjalankan operasi ini, saat stop tekan tombol “PROG” beberapa kali sampai muncul Playlist. Untuk menghapus track/file, masuk ke operasi Playlist, tekan tombol navigasi “ untuk memilih track, lalu tekan tombol “CLEAR” sekali. Untuk memainkan ”

track/file, masuk ke operasi Playlist, tekan tombol navigasi “ ” untuk memilih track, lalu tekan tombol “ ” pada remote control atau pada panel depan pesawat. Untuk menghapus semua track/file sekaligus, saat kondisi stop tekan tombol “ZOOM”.

Memainkan file MP3/MPEG4/JPEG melalui terminal USB
Anda dapat memainkan file MP3/MP4/JPEG/file-file tertentu yang sebelumnya sudah anda simpan pada USB Flashdisk/MP3 MP4 player dengan konektor USB melalui pesawat ini. Hubungkan media yang anda gunakan untuk menyimpan file MP3/MPEG4/JPEG ke terminal USB.

1. Pasang USB Flashdisk/MP3/MP4 player yang berisi file MP3/MPEG4/JPEG/filefile tertentu ke terminal USB. Untuk MP3/MP4 player dengan konektor berupa kabel data mini USB, hubungkan kabel yang telah anda hubungkan dengan MP3 player/MP4 player ke terminal USB pesawat. 2. Tekan tombol “USB” pada remote control untuk memilih masukan USB, kemudian pada layar TV akan menampilkan USB READ. Pesawat akan membaca beberapa saat perangkat yang telah anda hubungkan tersebut. 3. Untuk operasional selanjutnya lihat pada subjudul “Memainkan disc MP3/MPEG4/JPEG”. Catatan : Untuk keamanan data, sebelum mencabut USB Flashdisk dari terminalnya pindahkan fungsi terlebih dahulu ke mode DVD.