You are on page 1of 12

SILABUS SISTEM EKONOMI INDONESIA

SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI (STIA )PAGARUYUNG BATUSANGKAR MATAKULIAH NAMA DOSEN JURUSAN NO 1. POKOK BAHASAN Sistem Ekonomi : SISTEM EKONOMI INDONESIA : EDISUSANTO.SH.MM : ILMU ADMINISTRASI NEGARA/ S1 METODE Ceramah EVALUASI Diskusi dan tanya jawab LITERATUR Prof.Mubyarto, Drs.Subandi.MM

-

2. 3.

Perkembangan Sistem ekonomi Indonesia Tahap_tahap Pertumbuhan Ekonomi

-

4.

Perubahan struktur Ekonomi Indonesia,

-

SUB POKOK BAHASAN Pendahuluan Sistem Ekonomi dan sitem politik Macam _macam sitem Ekonomi yang pernah ada Perbedaan sistem ekonomi Praktek sistem ekonomi yang diterapkan dalam suatu negara Pembangunan sosial adalah pembangunan Eknomi Sejarah gagasan ekonomi Indonesia Globalisasi Keajaiban Ekonomi Asia Sistem eknomi transisi atau reformasi Sistem Ekonomi dan pengalaman sejarah Kinerja Ekonomi Sistem Indonesia Implikasi Globalisasi pada perekonomian Indonesia

Ceramah Ceramah

Diskusi dan tanya jawab Diskusi, tanya jawab dan tugas.

Prof.Mubyarto, Drs.Subandi.MM Prof.Mubyarto, Drs.Subandi.MM

Ceramah

Diskusi dan tanya jawab

Prof.Mubyarto, Drs.Subandi.MM

tanya jawab d an tugas Diskusi dan tanya jawab Prof.MM Ceramah Ceramah Diskusi.Mubyarto.Subandi. Drs.5. Subandi. Investasi 9.Mubyarto. 7.MM Ceramah Diskusi dan tanya jawab Prof. Perencanaan Pembangunan Ekonomi 6.Subandi.MM Ceramah Diskusi .Mubyarto.MM .Mubyarto.Subandi. Drs. Subandi. Drs. Masalah Pertanian dan Pangan Masalah Industrialisasi 8. Drs. Drs. Kebijakan moneter dan Fiskal - Mencari bentuk Sistem Ekonomi Indonesia Studi kasus Perubahan Perpolitikan dan Perekonomian Indonesia Ekomi-politik kenaikan harga BBM Otonomi daerah dan Upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Nasionalisme dan Demokrasi Utang dan Pembangunan Jaring Pengamanan Sosial (JPS) Bank Dunia dan kemiskinan Strategi lain menanggulangi krisis ekonomi Kapitalisme perkebunan dan Kemiskinan Kaji ulang program JPS JPS sebagai program Darurat Skenario pesimistik Krisis Ekonomim Indonesia Mawas diri pembangunan Pedesaan Pembangunan ekomi dan kesenjangan sosial Peran negara dalam perekonomian Ideologi dan pembangunan ekonomi Ceramah Diskusi dan tanya jawab Prof. tanya jawab dan tugas Prof.MM Prof.Mubyarto.

Mubyarto. Drs.MM Ceramah Ceramah Ceramah Ceramah . Neraca Pembayaran - 11 Kependudukan dan tenaga Kerja Pembangunan Daerah Ekonomi - 12. Drs.Subandi .MM Ceramah Diskusi dan tanya jawab Diskusi. pembiayaan pembangunan.Mubyarto.Mubyarto.MM Prof.Mubyarto. 12 13 Pemberdayaan Ekonomi Rakyat Mengelola system Pembangunan Partisipatif Review Semua Bahan Mata Kuliah dan Persiapan UAS 14 - Ekonomi kerakyatan sebagai sistem ekonomi Ekonomi kerakyatan dan globalisasi Ekonomi kelembagaan dan ekonomi kerakyatan Peran pemerintah dalam ekonomi kerakyatan Ketidak pastian proses pemulihan Kemungkinan ancaman embargo ekonomi Indonesia Studi kasus Utang luar negeri.MM Prof.Mubyarto. Subandi. Diskusi dan tanya jawab Prof. Drs. tanya jawab dan tugas Diskusi dan tanya jawab Diskusi dan tanya jawab Diskusi dan tanya jawab Prof. Drs.Mubyarto.10. Subandi. Subandi. Drs.Subandi.MM Prof. dan beban bunga dan cicilan utang Kasus-kasus utang luar negeri Ekonomi Konglomerasi Sistem Ekonomi bagi sebesarbesarnya kemakmuran rakyat Sistem Ekonomi Indonesia : Kerakyatan Sistem Ekonomi Menurut GBHN 1999-2004 Seluruh Materi Ceramah. Subandi. Drs.MM Prof.

Juga membahas mengenai permasalahan-permasalahan ekonomi dan kasus-kasus yang terjadi.Sistem Ekonomi dan politik . III. TUJUAN INSTRUKSIONAL Dengan mengikuti mata kuliah ini. Bobot penilaian Nilai 80 ≤NA≤100 68 ≤NA≤ 79 56 ≤NA≤ 67 45 ≤NA≤ 55 0 ≤NA≤ 44 V. termasuk sistem ekonomi yang berlaku di Indonesia.Macam-macam Sistem ekonomi PENDAHULUAN Menjelaskan kepada mahasiswa tentang arti pentingnya pemilihan sistem ekonomi yang tepat yang dapat menunjang proses pembangunan suatu bangsa.MM II. DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH Mata kuliah ini membahas mengenai gagasan-gagasan teori yang membahas tentang sistem-sistem ekonomi. MATERI PERKULIAHAN MINGGU KEGIATAN DOSEN KE1.SH.Pendahuluan . Berikutnya mahasiswa diharapkan dapat mengerti dan menganalisa serta belajar mencari jalan keluar bagi permasalahan yang dihadapai bangsa Indonesia. JUDUL : Sistem Ekonomi Indonesia SUB JUDUL : . kurang baik Tidak lulus - . latar belakangnya dan bagaimana pemecahan. Sangat baik Lulus.SATUAN ACARA PERKULIAHAN I. serta sejarah dan perkembangan sistem ekonomi Indonesia. MEDIA ESTIMASI WAKTU Indeks A B C D E Predikat Lulus. baik Lulus. IV. Nilai Akhir (NA) = 10 % Absensi + 20% Tugas + 30% UTS + 40% UAS b.Pengertian Sistem . IDENTIFIKASI MATA KULIAH Nama Mata Kuliah : Sistem Ekonomi Indonesia Kredit : 3 (tiga) SKS Waktu pertemuan : 90 menit Semester : (1)/Ganjil Program Studi : S1 Jurusan : Administrasi Negara Dosen : Edisusanto. diharapkan mahasiswa mampu mengerti tentang bagaimana sistem ekonomi di Indonesia dan masalah apa yang terjadi dewasa ini dalam kaitannya dengan sistem ekonomi. SISTEMATIKA PENILAIAN a. cukup baik Lulus. khususnya dalam masalah ekonomi dan sosial dalam konteks sistem ekonomi.

Perkembangan pemikiran Sitem Ekonomi Indonesia . JUDUL : Perkembangan Sistem Ekonomi Indonesia SUB JUDUL : .Pelaku Ekonomi di Indonesia .Reformasi menuju Sistem Ekonomi Pancasila . Dan memberikan tugas yang berhubungan dengan materi. PENUTUP Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya mengenai materi yang baru dijelaskan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengeluarkan pendapat tentang materi yang telah diajarkan. 3.sistem ekonomi dan & infocus sistem politik.Sistem Ekonomi Pancasila .perbandingan sistem ekonomi liberal-kapitalistik dan sistem ekonomi sosialis-komunistik dan Mixed Ekonomi serta praktek sistem ekonomi yang dijalankan suatu negara. 2.Pendahuluan .Reformasi ekonomi menuju ekonomi Pancasila serta pelaku-pelaku ekonomi yang ada diIndonesia.Peranan Aparatur Perekonomian Indonesia 90 menit - PENDAHULUAN Membahas tentang Perkembangan Sistem White board Ekonomi Indoesia & infocus PENYAJIAN Membahas tentang perkembangan pemikiran Sistem Ekonomi Indonesia.PENYAJIAN Menjelaskan kepada Mahasiswa.beberapa White board pengertian tentang sistem. JUDUL : Tahap-tahap pertumbuhan Ekonomi SUB JUDUL : .. PENUTUP kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya mengenai materi yang baru dijelaskan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengeluarkan pendapat tentang materi yang telah diajarkan.Beberapa teori pertumbuhan ekonomi 90 menit - .Pendahuluan .system ekonomi campuran dan ekonomi Pancasila.sistem ekonomi yang pernah ada dan berkembang saat ini.

periode pertumbuhan ekonomi Indonesia dan faktorfaktor yang mempengaruhinya. PENUTUP Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya mengenai materi yang baru dijelaskan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengeluarkan pendapat tentang materi yang telah diajarkan. PENYAJIAN Memberikan pemahamana tentang beberapa teori pertumbuhan Ekonomi. JUDUL : Perencanaan pembangunan Ekonomi SUB JUDUL : .Plan Mengatur Ekonomi Indonesia - 4.Pendahuluan .- Pertumbuhan ekonomi Indonesia Faktor-faktor yang mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 90 menit PENDAHULUAN Memberikan gambaran tentang kondisi yang White board dialami Indonesia dewasa ini dan masa-masa & infocus sebelumnya dalam kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi. 5.Pendahuluan . 90 menit .Struktur Ekonomi Indonesia PENDAHULUAN Membahas tentang kondisi struktur ekonomi di indonesia dan perkembangannya secara umum PENYAJIAN Membahas tentang beberapa teori terjadinya perubahan struktur ekonomi.termasuk struktur ekonomi indonesia PENUTUP Memberikan kesempatan kepada mahasiswa White board untuk bertanya mengenai materi yang baru & infocus dijelaskan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengeluarkan pendapat tentang materi yang telah diajarkan. JUDUL : Perubahan Sturktu Ekonomi Indonesia SUB JUDUL : .Perubahan Struktur Ekonomi .Perencanaan Pembangunan di Indonesia ..

sistem perencanaan pembangunan yg pernah diterapkan di Indonesia. & infocus PENYAJIAN Menerangkan kepada mahasiswa tentang kebijakan ekonomi Indonesia dibidang Pertanian dan Paangan.stabilisasi pangan melalui peran Bulog serta pentingnya arti tanaman Industri sebagai pendukung serktor Pertanian.Panca Usaha Tani .Peran Bulog .Kebijakan Pangan . 6.Tanaman industri 90 menit PENDAHULUAN Membahas tentang kebijakan dibidang White board pertanian dan pangan yang ada di Indonesia.Swasembada Pangan dalam Pembangunan .swasembada pangan. PENUTUP Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya mengenai materi yang baru dijelaskan dan memberikan tugas yang berhubungan dengan materi yang telah diajarkan.- Rencana kasimo Rencana Urgensi Perkembangan Industri dan industri Kecil Repelita Garis-garis besarpola Pembangunan Nasional semesta Berencana Tahapan pertama Pembangunan Jangka Panjang Tahap Pertama dan Kedua (PJP ) Program Pembangunan Nasional (PROPENAS) - PENDAHULUAN Membahas tentang sistem perencanaan White board pembangunan yang pernah diterpkan di & infocus Indonesia PENYAJIAN Menjelaskan kepada mahasiswa tentang arti pentingnya perencanaan pembangunan. JUDUL Masalah pertanian Dan pangan 90 menit - SUB JUDUL : . PENUTUP Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya mengenai materi yang baru dijelaskan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang - .

Kebijakan Industrialisasi Indonesia . JUDUL : Masalah Industrialisasi SUB JUDUL : .investasi swasta dan pemerintah serta deregulasi yang pernah diambil oleh pemerintah Indonesia PENUTUP Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya mengenai materi yang baru dijelaskan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang telah diberikan - 90 menit .Sejarah sektor industri di Indonesia .materi yang telah diberikan.Keterbelakangan Industrialisasi di Indonesia . Dan memberikan tugas sehubungan dengan materi.Perkembangan Investasi di Indonesia .Permasalahan dalam Investasi .. 7.masalah pembentukan & infocus modal domestik bruto. JUDUL : Investasi SUB JUDUL : .Pembentukan Modal Domestik Bruto .Peranan sektor Industri dalam Pembangunan PENDAHULUAN Membahas tentang perkembangan sektor industri Indonesia. PENUTUP Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya mengenai materi yang baru dijelaskan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang telah diberikan 8.Deregulasi investasi PENDAHULUAN Menjelaskan selintas kepada mahasiswa tentang sistem investasi di Indonesia 90 menit PENYAJIAN Membahas tentang bagaimana permasalahan White board investasi di Indonesia.kebijakan dan peranan sektor Industri dalam Pembangunan.lambannya & infocus perkembangan Industrialisasi Indonesia. PENYAJIAN Membahas tentang perkembangan White board industrialisasi diIndonesia.

PENUTUP Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya mengenai materi yang baru dijelaskan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang telah diberikan.fiskal yang pernah diambil pemerintah Indonesia. Serta memberikan beberapa tugas sehubungan dengan materi yang telah diberikan 10.Unsur-unsur Neraca Pembayaran .Neraca modal dan cadangan devisa .Kelembagaan dan Instrumen Kebijakan Moneter .Kebijakan Fiskal PENDAHULUAN Menerangkan kepada mahasiswa tentang White board sistem Moneter dan Fiskal di Indonesia dan & infocus perkembangannya. JUDUL : Kebijakan Moneter dan fiskal SUB JUDUL : .neraca modal dan cadangan devisa serta kebijakan neraca pembayaran yang harus diambil pemerintah Indonesia setiap penyusunan APBN.9. PENUTUP Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya mengenai materi yang baru dijelaskan dan memberikan kesempatan - 90 menit .Kebijakan neraca Pemabayaran PENDAHULUAN Membahas tentang dilema yang terjadi dalam hal neraca pembayaran Indonesia 90 menit - PENYAJIAN Menjelaskan kepada mahasiswa tentang White board pengertian dan unsur-unsur neraca & infocus pembayaran. PENYAJIAN Menjelaskan kepada mahasiswa tentang kelembagaan dan instrumen kebijakan moneter. JUDUL : Neraca Pembayaran SUB JUDUL : .

- PENDAHULUAN Menjelaskan kepada mahasiswa tentang White board perlunya pemberdayaan ekonomi Daerah & infocus dalam pemerataan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. 11.Peran Pemerintah dalam pembangunan ekonomi daerah .masalah Urbanisasi.kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang telah diberikan.Pembangunan Ekonomi Daerah . PENUTUP Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya mengenai materi yang baru dijelaskan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang telah diberikan. .masalah ketenagakerjaan dan pembangunannya.Permasalahan dalam pembangunan Ekonomi Daerah. SUB JUDUL : .Masalah Urbanisasi . masalah White board masalah & infocus 90 menit PENYAJIAN Menjelaskan tentang gambaran pertumbuhan penduduk Indonesia dan permasalahannya.Ketenagakerjaan dan .Paradigma baru Pembangunan ekonomi daerah .Strategi pembangunan ekonomi daerah. PENYAJIAN Menjelaskan kepada mahasiwa Peranan pertumbuhan ekonomi tentang Daerah 90 menit - . JUDUL : Kependudukan dan tenaga kerja SUB JUDUL : . JUDUL : Pembangunan ekonomi Daerah. 12.Pembangunan ketenagaakerjaan Indonesia - PENDAHULUAN Menjelaskan bagaimana pertumbuhan penduduk dan ketenagakerjaan di indonesia. ..Penduduk Indonesia dan perkembangannya..

JUDUL : Mengelola system Pembangunan Partisipatif SUB JUDUL : .. & infocus PENYAJIAN Menjelaskan kepada mahasiswa Apa yang dimaksud dengan Sistem Ekonomi Kerakyatan Indonesia. Yang merupakan & infocus pokok bahasan selama satu semester dan membahas materi UAS. JUDUL : Review seluruh mata kuliah SUB JUDUL : .model pembangunan ekonomi daerah. PENUTUP Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya mengenai materi yang baru dijelaskan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengemukakan pendapat.Materi keseluruhan mata kuliah PENDAHULUAN Membahas tentang materi-materi yang telah dibahas dalam perkuliahan sebelumnya.paradigma dan strategi pembangunan ekonomi daerah. - - 14 PENYAJIAN Membahas tentang pokok-pokok pelajaran White board sistem ekonomi Indonesia.Sistem Ekonomi Indonesia : Kerakyatan .Sistem Ekonomi Menurut GBHN 1999-2004 90 menit PENDAHULUAN Membahas tentang perkembangan sistem White board ekonomi di Indonesia. dalam sistem ekonomi di Indonesia.13. Sumber : - 90 menit . dan sistem Ekonomi menurut GBHN 1999-20004 PENUTUP Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya mengenai materi yang baru dijelaskan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengemukakan pendapat.. PENUTUP Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya mengenai materi yang baru dijelaskan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengemukakan pendapat.

.Mubyarto. Prof Dr.2006 . 2000 .Sistem Ekonomi Indonesia.MM. Membangun Sistem Ekonomi.Drs.Subandi. Jogjakarta.Jakarta.