PANDUAN PENULISAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH ALQURAN FESTIVAL ILMUWAN MUSLIM

KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum Wr.Wb. Segala puji hanya bagi Allah yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga buku panduan penulisan

“Perkembangan Ilmu Pengetahuan Membuktikan Kebenaran Alquran “
                    SERAMBI RUHIYAH MAHASISWA FMIPA INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2010

Lomba Karya Tulis Ilmiah Alquran dapat diselesaikan dengan baik. Shalawat serta salam tercurahlimpahkan kepada nabi Muhammad SAW. Buku panduan ini disusun untuk memberikan informasi kepada peserta tentang Lomba Karya Tulis Ilmiah Al Quran dan memudahkan dalam melakukan penulisan karya tulis. Semoga dapat membantu peserta dalam mengikuti kegiatan ini. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses penyusunan buku panduan. Saran dan masukkan senantiasa penulis nantikan. Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Bogor, September 2010 Penulis

peningkatan kreativitas. 3.BAB I PENDAHULUAN mengikuti kaidah ilmiah baik secara tertulis maupun lisan. kemampuan berkomunikasi secara ilmiah. Mengembangjan iklim akademis yang kondusif untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam bentuk karya tulis yang komunikatif yang disampaikan perguruan tinggi melalui penggalian ide. Hasil yang Diharapkan Hasil yang diharapkan dari Lomba Karya Tulis Al Qur’an ini adalah : 1. Terpilihnya karya tulis yang membuktikan kebenaran Al Quran . berpikir secara kritis dan analitis. mahasiswa maupun siswa. kami menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Al Quran dan mengangkat tema “Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alquran Membuktikan KebenaranAl Quran” untuk kalangan mahasiswa. Tujuan Tujuan diadakannya Lomba Karya Tulis Ilmiah Al Quran ini adalah : 1. Latar Belakang Penulisan karya tulis ilmiah telah dilakukan oleh banyak kalangan baik di tingkat dosen. perkembangan ilmu pengetahuan alam telah banyak membuktikan kebenaran alquran dan mulai diangkat di berbagai media. sikap professional dan kepedulian terhadap permasalahan yang berkembang di masyarakat dan kearifan/keunggulan lokal. 2. Oleh karena itu. C. Berbagai bidang pengetahuan diangkat berdasarkan penelitian atau pun hasil penelitian untuk dipublikasikan di khayalak. Selain itu. Mengembangkan penalaran mahasiswa agar mampu A. Mengkaji lebih dalam kebenaran Al Qur’an untuk dipublikasikan di khalayak. 2. menemukan permasalahan yang berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan serta menggagas berbagai alternatif penyelesaian masalah dengan mengoptimalkan pertimbangan terhadap kearifan lokal. Terwujudnya suasana akademik yang kondusif di B.

Proses Seleksi Seleksi peserta akan dilakukan melalui 2 tahap A. Definisi Lomba Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an merupakan tulisan ilmiah dari kajian pustaka bersumberkan Al Qur’an yang berisi solusi kreatif dari permasalahan yang dianalisis secara runtut dan tajam serta diakhiri kesimpulan yang relevan. Tema Tema yang diangkat dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an ini adalah “Perkembangan Ilmu Pengetahuan Membuktikan Kebenaran Al Qur’an “ E. 2 dan 3 D. Presentasi karya tulis yang lolos seleksi tahap 1 untuk mendapatkan juara 1. Tahap Presentasi B. Peserta LKTIA adalah mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta yang sedang mengikuti program S1/D3 2. Tahap Seleksi Seluruh karya tulis peserta yang masuk diseleksi oleh 10 dewan karya juri tulis untuk untuk mendapatkan dipresentasikan dihadapan dewan juri 2. Peserta baik perorangan maupun kelompok hanya boleh nengirimkan satu karya tulis 5. Peserta belum pernah menpresentasikan karya tulis di kompetisi lain. Sifat dan Isi Tulisan . Persyaratan Peserta 1. yaitu : 1. Peserta dapat perorangan atau berkelompok 2-3 orang 3.BAB II PENJELASAN UMUM C. Anggota peserta kelompok dapat berasal dari disiplin ilmu yang berbeda 4.

Materri yang ditulis tidak harus sejalan dengan bidang ilmu yang ditekuni para penulis/mahasiswa b.Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syaratsyarat sebagai berikut. Isi Tulisan Berdasarkan Telaah Pustaka 4. Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut b. Tulisan didukung oleh data dan atau informasi terpercaya d. Pada dasarnya karya tulis ilmiah memuat unsure-unsur identifikasi masalah. Kreatif dan Objektif a. Bersifat asli (bukan karya jiplakan) dan menjauhi duplikasi 2. b. Sistematika Penulisan . Tulisan berisi gagasan yang kreatif umtuk memberikan solusi atas a. Materi karya tulis merupakan isu permasalahan yang sedang berkembang. Materi Karya Tulis BAB III RAMBU-RAMBU PENULISAN KARYA TULIS A. 1. Kesempatan ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki ide kraetif dan mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan walau yang bersangkutan tidak sedang belajar formal di bidang tersebut c.   mutakhir atau aktual 5. Pembimbing a. Setiap kegiatan baik penulisan yang oleh bersifat mahasiswa perorangan maupun kelompok perlu mendapat bimbingan dari dosen secara intensif analisis-sintesis kesimpulan dan sedapat mungkin memuat saran-saran 3. Tulisan tidak bersifat emosional atau tidak meonjolkan permasalahan subjektif c. Logis dan Sistematis a.

Kata Pengantar d. landasan teori yang mendukung.Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan teratur sebagai berikut : 1. dosen pembimbing dan ketua jurusan ketua mengangkat masalah tersebut menjadi . Bagian Inti mahasiswa ditulis dengan jelas 3) Perguruan tinggi asal ditulis dengan jelas 4) Tahun penulisan 5) Kulit muka luar menggunakan kertas buffalo berwarna h b. Halaman Judul 1) Judul diketik dengan huruf besar kelompok atau penulis inti lengkap dengan nama dan nomor induk pegawai dan stempel jurusan 3) Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan c. Lembar Pengesahan 1) Lembar Pengesahan memuat judul. Daftar isi atau daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar. Pendahualuan Bagian pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut : 1) Perumusan masalah yang mencakup latar belakang tentang alasan nama penulis dan nomor induk 2) Lembar pengesahan ditandatangani oleh ketua kelompok jika berkelompok atau penulis inti jika perorangan. kesimpulan dan rekomendasi 2. a. Ringkasan (bukan abstrak) karya tulis disusun 2-3 halaman yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis mulai dari latar belakang . sesuai dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda 2) Nama penulis dan nomor induk e. Bagian Awal a. tujuan. metode penulisan. pembahasan. daftar tabel atau daftar lampiran hendaknya ekspresif.

Simpulan dan Saran 1) Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan dan menjawab tujuan 2) Saran disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan adopsi teknologi 3. Metode Penulisan Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat masalah tersebut untuk informasi serta analisis-analisis d. Bagian Akhir a. Telaah Pustaka Telaah pustaka berisi : 1) Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan maslah yang dikaji 2) Uraian mengenai pendapat terdahulu yang berkaitan dengan masalah yang dikaji 3) Uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan c.karya tulis (dilengkapi dengan data atau informasi yang mendukung) dan cara/ prosedur pengumpulan data dan atau informasi. pengolahan data dan atau penjelesan tentang makna penting serta menariknya ditelaah 2) Uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan 3) Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan b. Analisis dan Sintesis 1) Analisis permasalahan didasarkan pada data dan atau informasi serta telaah pustaka 2) Sintesis untuk menghasilkan alternative model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif e. Penulisan daftar pustaka untuk . Daftar Pustaka ditulis untuk member informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan.

tsb. tempat tanggal lahir.dgn. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat IV. b. tahun. RAMBU-RAMBU PELAKSANAAN PRESENTASI . Tanya jawab dilakukan maksimal 15 menit 3. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan tersebut dapat mengurangi penilaian 3. penghargaan-penghargaan ilmiah kesatuan. mengutamakan istilah yang mudah dimengerti. tidak menggunakan singkatan seperti tdk. yg. Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis.sbb yang pernah diraih c.dll. Petunjuk penulisan dan pengetikkan karya tulis dapat dilihat pada lampiran 1 2. Daftar riwayat hidup peserta minimal mencakup nama lengkap. Naskah mulai pendahuluan sampai dengan kesimpulan dan saran ditulis minimal 20 1. judul tulisan. volume dan nomor halaman. karya-karya ilmiah yang pernah dibuat. satu – pengarang. Persyaratan Penulisan 1. dokumentasi. nama jurnal. Lampiran jika diperlukan seperti foto. Selama presentasi peserta diwajibkan untuk berada dalam ruangan presentasi 5. data dan informasi lainnya yang mendukung isi tulisan Pelaksanaan presentasi mengacu pada ketentuan sebagai berikut : B. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan. jelas. tahun penerbitan.buku dimulai dengan menulis nama halaman dan maksimal 30 halaman. judul buku. Karya tulis disajikan dalam waktu 15 menit 2. Pertanyaan hanya dilakukan oleh dewan juri 4. tempat terbit dan nama penerbit. sederhana. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis website-nya.

6. Semoga pedoman ini membantu peserta dalam melakukan penulisan karya tulis. Batas Pengetikkan 1) Samping kiri 4 cm . Karya tulis yang dihasilkan perlu disebarluaskan dan dibaca oleh masyarakat luas sebagai karya pikir mahasiswa muslim Indonesia yang mampu membuktikan kebenaran Al Times New Roman dengan ukuran huruf 12 kecuali ringkasan diketik satu spasi. Peserta yang lolos ke tahap presentasi diwajibkan menyerahkan bahan presentasi dalam Power Point Quran. Tata Letak a. PENILAIAN DAN PENGHARGAAN Penilaian Lomba Karya Tulis Ilmiah dan presentasi karya tulis dilakukan oleh tim Juri.5 spasi dengan menggunakan huruf Pedoman ini diharapkan menjadi acuan bagi seluruh mahasiswa di setiap perguruan tinggi yang akan mengikuti LKTIA. Lampiran 1 Petunjuk Teknik Penulisan dan Pengetikkan VI. Penulisan Huruf Naskah diketik 1. Bagi peserta yang berhasil mencapai urutan tertinggi dalam pelaksanaan Lomba Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an akan diberi penghargaan berupa sertifikat dan hadiah lainnya. Adapun kriteria dan jumlah tim juri telah ditentuka oleh panitia kegiatan. Tim juri terdiri oleh 3 orang terdiri dari 2 orang juri dari dosen dan 1 orang mahasiswa. 2. V. PENUTUP 1.

nama/daftar anggota kelompok. kata pengantar dan daftar isi memakai angka romawi kecil dan diketik sebelah kanan bawah ( i.5 spasi 2) Judul bab diketik di tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak 4 cm dari tepi atas tanpa digaris bawahi 3) Judul subbab ditulis dimulai dari sebelah kiri huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (kapital) . Bagian tubuh/pokok sampai dengan bagian penutup memakai angka arab dan diketik dengan jarak 3 cm dari tepi kanan 1.5 cm dari tepi atas (1.2. kecuali kata-kata tugas seperti yang. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital) kecuali kata-kata tugas seperti yang. dari. Kebahasan a. Bagian pendahuluan yang meliputi halaman judul.ii dan seterusnya) b.2) Samping kanan 3 cm 3) Batas atas 3 cm 4) Batas bawah 3 cm b. Jarak pengetikkan Bab .3 dan seterusnya) c. ditulis seperti pada butir (3) diatas lalu diikuti oleh kalimat berikutnya 3. Huruf Miring (Italic) Huruf miring digunakan untuk menulis beberapa hal sebagai berikut : 1) Kata dan ungkapan asing yang ejaanya bertahan dalam banyak bahasa . dari. Penomoran Halaman a. subbab dan kalimat dibawahnya 1. Nomor halaman petama dari tiap bab tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan 5. Pengetikkan kutipan langsung yang lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjaorok ke dalam dan semuanya tanpa diberi tanda petik 4. dan 5) Jika masih ada subjudul dalam tingkatan yang lebih rendah . Pengetikkan Kalimat Alinea baru diketik sebaris dengan baris diatasnya dengan jarak 2 spasi. dan 4) Judul anak subbab ditulis dari sebelah kiri dengan indensi 1(satu) cm yang diberi garis bawah. subbab dan perinciannya 1) Jarak pengetikkan antara bab dan subbab 3 spasi.

6. sebagai penulisan bilangan ribuan atau kelipatannya yang menunjukkan jumlah b. peristiwa sejarah. Huruf Kapital 1) Digunakan untuk huruf pertama pada awal kalimat 2) Setiap kata dalam judul kecuali kata tugas yang tidak terletak pada posisi awal 3) Nama bangsa. Tanda Baca a.) geografi yang digunakan sebagai jenis (misal : badak sumatera) . agama . gelar dan pangkat yang diikuti nama orang atau tempat 4) Nama-nama geografi. tarikh. dalil. varietas dan forma makhluk b. bulan. spesies. Tata Bahasa a. variasi bahasa Indonesia dan bahasa asing yang belum dianggap sebagai unsure bahasa Indonesia kecuali untuk istilah bidang ilmu tertentu 7. Fungsi tata bahasa digunakan dengan taat asas dan tegassehingga subyek dan predikat harus selalu ada b.) Digunakan pada akhir kalimat. Huruf Tebal Huruf tebal digunakan untuk judul atau tajuk (heading) disebutkan dalam tubuh tulisan 6) Nama ilmiah seperti genus. bahasa. Tanda Titik (. pada singkatan jabatan. Tanda Koma (. orang. tetapi bukan nama tertentu. uji teori dan metode c. lembaga. Penggunaan ejaan dan istilah resmi c.2) Tetapan dan pengubah yang tidak diketahui dalam matematika 3) Kata atau istilah yang diperkenalkan untuk diskusi khusus 4) Kata atau frase yang diberikan penekanan 5) Judul buku atau terbitan berkala yang 5) Penulisan nama orang pada hokum. hari. Bahasa yang digunakan bersih dari unsur dialek daerah.

Tanda Hubung (-) Digunakan untuk menyambung bagian-bagian keragu-raguan dalam suatu 8. Tanda Petik (“…”) Digunakan untuk petikkan atau kutipan pembicaran langsung.. Tanda Titik Dua (:) Digunakan untuk menandakan pengutipan yang panjang. Tanda Garis Miring (/) Digunakan untuk menggantikan tanda bagian atau menunjukkan bilangan pecahan sintaksis yang setara atau dalam deret yang sudah mengandung tanda baca lain d. angka perbandingan. jilid dan halaman daftar pustaka e. Gambar tanggal dan menghubungkan dua kata yang sama g. Tanda Tanya (?) Digunakan pada akhir pertanyaan langsung untuk menunjukkan pertanyaan f.) Digunakan untuk memisahkan unsure-unsur h. memisahkan nomor. Penulisan Tabel dan Gambar a. Tanda Kurung ((…)) Digunakan untuk mengapit tambahan keterangan atau penjelasan yang bukan bagian integral pokok pembicaraan . petunjuk catatan kaki diletakkan pada bagian tabel yang memerlukan informasi tambahan tersebut b. Tabel 1) Judul ringkas tabel yang merupakan berdiri pernyataan sendiri dan secara dapat menerangkan arti tabel 2) Judul tabel diletakkan di atas tabel dengan diawali huruf kapital 3) Setiap tabel yang ada harus dirujuk atau dibahas di dalam kalimat 4) Catatan kaki pada tabel merupakan symbol non numeri seperti *. istilah yang kurang dikenal atau kata yang mempunyai arti khusus i. untuk memisahkan unsur-unsur sisteksis dalam kalimat c. dan . Tanda Titik Koma (. pemisah unsure-unsur dalam suatu deret.Digunakan untuk memisahkan angka decimal.

Ukuran symbol dan keterangannya harus proporsional dengan ukuran gambar dan dapat dibaca dengan jelas 4) Setiap gambar yang terdapat dalam tulisan harus dirujuk dalam teks     . Untuk itu setiap symbol harus diberikan keterangan.1) Judul gambar dapat berupa satu kalimat atau lebih 2) Judul gambar diletakkan di bawah gambar dan diawali oleh huruf kapital serta diakhiri dengan tanda titik 3) Setiap gambar biasanya mempunyai simbol .