Bagian 2: Berkreasi dengan CorelDraw

Pada bagian ini anda akan berlatih membuat berbagai objek yaitu tubuh, lengan, jari tangan, kepala, mata, alis, hidung, bibir, bulu mata, rambut, dan motif body painting. Setelah berlatih membuat berbagai objek, susunlah keseluruhan objek yang telah anda buat menjadi satu penampilan model yang utuh dan lengkap dengan busananya.
A. Membuat Proporsi Tubuh 1. Klik Bezier tool 2. Klik Shape tool lalu buat titik-titik seperti gambar A. lalu drag/jaring seluruh bentuk tubuh.

3. Pilih convert Line to Curve lalu rubah garis-garis yang membentuk tubuh menjadi garis yang luwes sehingga gambar bentuk tubuh menjadi seperti gambar B.

Gambar A

Gambar B

B. Membuat Tangan
1. Klik Bezier tool 2. Klik Shape tool lalu buat titik-titik seperti gambar A. lalu drag/jaring seluruh bentuk tangan.

3. Pilih convert Line to Curve lalu rubah garis-garis yang membentuk tangan menjadi garis yang luwes sehingga gambar bentuk tangan menjadi seperti gambar B.

8

Gambar A

Gambar B

C. Membuat Jari Tangan
1. Buat bentuk seperti gambar A dengan Bezier tool.
Gambar tangan dan jari setelah disatukan

A B C 2. Klik Shape tool, jaring bentuk jari, pilih convert line to curve lalu edit hingga menjadi seperti gambar B . 3. Buat duplikat jari tangan sehingga berjumlah 3 buah, lalu atur susunan jari tangan seperti gambar C. 4. Untuk membuat tampilan jari tangan tampak bertumpuk alami, pilih Pick tool, lalu klik satu objek jari. Klik Arrange, pilih Order, klik To Back, maka gambar akan bertumpuk ke belakang. 5. Satukan jari-jari tangan tersebut ke gambar tangan lalu grouping ketiga jari tangan dan tangan tersebut dengan cara klik objek, klik kanan pilih group.

D. Menyatukan tangan ke tubuh
1. Aktifkan Pick tool, klik objek tangan. 2. Pindahkan/geser objek tangan hingga menyatu dengan tubuh. atur sedemikian rupa dengan mengeser objek tangan. 3. Klik Arrange, pilih Shaping, pilih kembali shaping, pilih Weld, klik tangan, klik Weld to, klik badan. 4. Secara otomatis tangan akan menyatu ke badan tanpa ada garis pemisah. 5. Atur bentuk tubuh dengan menghilangkan titik-titik yang tidak perlu sehingga tampak seperti gambar disamping.

9

E. Membuat Kepala
1. Klik Bezier tool 2. Klik Shape tool lalu buat titik-titik seperti gambar A. lalu drag/jaring seluruh bentuk kepala.

3. Pilih convert Line to Curve lalu rubah garis-garis yang membentuk kepala menjadi garis yang luwes sehingga gambar bentuk kepala menjadi seperti gambar B.

Gambar A

Gambar B

F. Membuat Mata
1. Pilih Bezier tool, buat bentuk ini.

2. Pilih Shape tool, jaring, pilih convert line to curve, edit objek menjadi bentuk ini.

3. Pilih Elips tool, buat bentuk lingkaran tempatkan dalam gambar bentuk 2.

4. Hilangkan gambar yang berlebih dengan pilih Arrange, pilih Shaping, pilih Intersection, pilih Intersection With, lalu klik bentuk 3, maka bulatan mata yang berada diluar bentuk 3 akan hilang dan gambar mata menjadi bentuk ini.

10

5. Beri warna bulatan mata dengan mengaktifkan fill tool, pilih texture fill dialog, pilih yellow foil, pada kotak shade pilih warna coklat tua, dan pada kotak light pilih warna coklat muda, klik ok.

6. Buat bulatan dengan ukuran lebih kecil dengan elips tool, tempatkan diatas bulatan mata. Beri warna dengan mengaktifkan fill tool, pilih fountain fill dialog, pilih radial, pilih warna coklat tua pada kotak from, dan kuning tua pada kotak to, klik OK.

7. Buat bulatan kecil dengan elips tool, beri warna putih lalu tempatkan di sisi atas atau sisi bawah bulatan mata kedua.

G. Membuat Bulu Mata
1. Buat bentuk seperti gambar menggunakan artistic media dengan bentuk preset stroke list.

2. Edit gambar menggunakan shape, convert line to curve seperti gambar.

3. Copy bulu mata lalu letakan satu persatu di garis mata atas seperti gambar.

4. Buat bulu mata bawah dari gambar 2 dengan ukuran lebih kecil dan arah/posisi bulu mata diputar seperti pada gambar.
11

5. Copy lalu letakan beberapa helai bulu mata bawah pada garis mata bagian bawah seperti gambar ini.

H. Menghias Mata dengan Eye Shadow
1. Buat bentuk seperti gambar menggunakan Bezier tool seperti gambar.

2. Lalu edit dengan shape tool, convert line to curve dan beri warna seperti gambar B.

3. Buat sudut mata dengan cara yang sama, lalu edit dan beri warna seperti gambar C.

4. Lalu buat warna highlight dan beri warna dengan efek transparan dengan klik interactive blend tool, pilih interactive transparency tool. Atur posisi geap terang warna dengan menggeser garis di tengan antara kotak warna putih yang menandakan lebih terang, dan kotak warna hitam yang menandakan lebih gelap.

12

I. Membuat Alis
1. Buat bentuk seperti gambar menggunakan Bezier tool.

2. Edit gambar dengan shape tool, Jaring/drag lalu pilih convert line to curve dan beri warna coklat kehitaman dengan menggunakan Fill tool, pilih fountain fill dialog, pilih linear, isi kotak from dengan warna coklat, dan kotak to dengan warna hitam. Klik OK.

3. Satukan alis yan telah selesai diedit dengan bentuk mata sehingga tampilan mata tampak seperti berikut. Pilik Pick tool, lalu jaring seluruh gambar, klik kanan, pilih group maka seluruh gambar akan menjadi satu. Copy objek mata dan alis untuk membuat sepasang mata.

J. Membuat Hidung
1. Buat bentuk seperti gambar A dengan Bezier tool. 2. Klik shape tool, jaring/drag gambar, klik convert line to curve, lalu edit objek seperti gambar B. 3. Copy objek untuk membuat bagian cuping hidung dan bagian bawah hidung.

13

K. Membuat Bibir
1. Buat bentuk seperti gambar A dengan Bezier tool. 2. Klik shape tool, jaring/drag gambar, klik convert line to curve, lalu edit objek seperti gambar B. 3. Satukan bagian atas dan bawah bibir, lalu beri warna.

Gambar A
Contoh bentuk bibir lainnya :

Gambar B

L. Membuat Rambut
1. Buka kembali gambar kepala yang telah dibuat. 2. Buat bentuk rambut dengan Bezier tool atau free hand tool, 3. Lalu edit dengan shape tool, jaring seluruh gambar klik conver line to curve, lalu perhalus bentuk rambut dan hilangkan titik-titik yang tidak diperlukan.

4. Beri warna rambut dengan warna sesuai keinginan, lalu tambahkan highlight pada rambut dengan menggunakan artistic media tool.

14

Contoh model-model rambut lainnya

M. Membuat Disain Body Painting
1. Disain Bunga a. Buat lingkaran dengan ellipse tool.

b. Buat mahkota bunga dengan Bezier atau free hand tool, kemudian edit garis outline dengan shape tool, dan convert line to curve.

15

c. Copy mahkota bunga dengan cara double klik pada objek, kemudian pindahkan centre di atas dan tarik searah jarum jam lalu klik kanan.

d. Untuk memperbanyak mahkota bunga klik Ctrl + D beberapa kali sesuai kebutuhan.

e. Buat objek baru untuk bayangan mahkota bunga dengan Bezier atau free hand tool, lalu edit dan hilangkan titik-titik yang tidak perlu.

f. Beri warna bayangan mahkota bunga, lalu perbanyak sesuai jumlah mahkota bunga.

g. Hilangkan garis outline bayangan mahkota bunga dengan mengaktifkan outline tool dan pilih no outline.

h. Satukan bayangan magkota dengan mahkota bunga, lalu letakan lingkaran di tengah bunga. i. Group seluruh bunga dengan cara aktifkan aktifkan pick tool, jaring seluruh objek, klik kanan pilih group.

16

2. Disain Daun a. Buat daun dan tangkai dengan Bezier atau free hand tool, lalu edit dengan shape tool. Buat tulang daun pada bagian dalam daun.

b. Beri warna bentuk daun dan tangkai. c. Atur bunga dan daun pada tangkai.

d. Gandakan seluruh objek yang telah di grouping, lalu balik hasil penggandaan dengan mengklik mirror orizontal pada property bar.

17

3. Disain kupu-kupu a. Buat badan dan sayap kupu-kupu dengan Bezier tool lalu edit dengan shape.

b. Buat bagian mata dan sungut kupu-kupu lalu edit.

c. Buat satu bentuk seperti gambar, edit lalu gandakan dengan menggeser pusat objek ke ujung seperti pada gambar lalu copy sebanyak 8 kali untuk membuat motif sayap kupukupu. d. Satukan bentuk sayap pertama dengan motif sayap kupu-kupu, lalu beri warna sesuai keinginan, hilangkan garis yang membingkai sayap dan motif kupu-kupu.

18

e. Copy sayap kupukupu lalu satukan dengan badan kupu-kupu.

4. Disain Tribal a. Buat disan bentukbentuk seperti ini. b. Edit menggunakan shape, convert line to curve menjadi bentuk seperti ini. c. Beri warna, lalu hilangkan garis tepi atau outline dari masingmasing objek. Group seluruh bagian objek menjadi satu keseluruhan.

19